Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Djakfar
Malang: UIN-Malang Press, 2008
297.564 4 MUH e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Yunia Fauzia
"Buku ini merupakan hasil dari beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh penulis yang berkaitan dengan tema-tema kewirausahaan. Fokus dari bahasan dalam buku ini menitikberatkan pada aspek pemberdayaan. Menjadi pembeda antara kewirausahaan secara umum dan secara Islam adalah dalam perspektif Islam, seorang wirausaha harus bisa memberdayaan dirinya sendiri, agar bisa memberdayakan orang lain. Islamic entrepreneurship selalu berjalan beriringan dengan ethic, commonsence, altruism, integrity, dan lain sebagainya. Bahkan Islamic entrepreneurship harus bisa adaptif terhadap ceruk baru bisnis yang banyak memanfaatkan perkembangan teknologi.
Beberapa materi yang dibahas dalam buku ini adalah: (1) Kewirausahaan Islam; (2) Mengidentifikasi Karakter Kewirausahaan; (3) Berubah Menjadi Lebih Baik; (4) Menjadi Wirausahawan Kreatif; (5) Menemukan Gagasan dan Membangun Sebuah Usaha; (6) Berusaha Secara Halal; (7) Modal dan Pembiayaan Usaha; (8) Pemasaran Usaha Baru; (9) Pemasaran Secara Online; (10) Pengelolaan Keuangan Usaha; (11) Pengelolaan Risiko Usaha; (12) Wirausahawan, Kepemimpinan dan Organisasi Bisnis; (13) Etika dalam Kewirausahaan Perspektif Syariah, dan; (14) Zakat, Infak, Shadaqah dan Wakaf dalam Sebuah Usaha. Buku ini juga dilengkapi dengan kisah wirausaha muda yang sukses membangun usaha mereka, agar pengguna buku bisa terinspirasi dari keberhasilan wirausaha sukses tersebut.
Buku ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum yang ingin concern berwirausaha secara syariah, dan juga bisa digunakan untuk mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang sedang belajar tentang Kewirausahaan dan Kewirausahaan Syariah."
Depok: Rajawali Press, 2022
338.04 IKA i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hamdi Agustin
"Studi kelayakan bisnis syariah adalah salah satu teknik analisis yang dapat digunakan oleh manajemen dalam memutuskan suatu usulan proyek bisnis yang menguntungkan dan sesuai dengan syariah Islam. Karena kegiatan investasi syariah oleh pelaku investasi syariah (pihak terkait) harus sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dalam bermuamalah.
Buku Studi Kelayakan Bisnis Syariah merupakan multidimensi bidang disiplin ilmu ekonomi berupa bidang keuangan, pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan analisis lingkungan ekonomi. Semua pembahahasan ilmu ekonomi dalam buku Studi Kelayakan Bisnis Syariah ini menjelaskan prinsip dan teori-teori yang berdasarkan syariah Islam. Secara umum kelebihan buku Studi Kelayakan Bisnis Syariahadalah membahas berdasarkan prinsip syariah dalam setiap bab ini merupakan ada beberapa hal yang sulit atau bahkan tidak ditemukan dalam buku lain. Pembahasan berdasarkan syariah Islam dalam buku ini merupakan nilai tambah yang sangat berarti untuk perkembangan dan mendekatkan ilmu ekonomi yang berdasarkan syariah Islam."
Depok: Rajawali Press, 2022
297.63 HAM s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fordebi
Depok: Rajawali Press, 2019
297.63 FOR e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Syarifuddin
Depok: Rajawali Press, 2020
296.63 FER p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Yunia Fauzia
"Buku Etika Bisnis Islam Era 5.0 ini merupakan buku kedua Ika Yunia Fauzia yang membahas tentang Etika Bisnis Islam. Tahun 2013 ia menerbitkan buku Etika Bisnis dalam Islam yang pokok bahasannya adalah Transcendental Trust, telah dicetak dan diterbitkan beberapa kali. Buku Etika Bisnis Islam Era 5.0 menjelaskan satu gambaran utama bahwa bisnis Islam harus selalu adaptif menerima perubahan, baik perubahan teknologi, perubahan sumber daya insani, perubahan karakteristik konsumen dan lain sebagainya. Dengan mempertimbangkan good governance dan tanggungjawab sosial dalam bisnis syariah. Beberapa materi dalam buku ini adalah, (1) Revolusi Industri dari Masa ke Masa; (2) Etika dan Akhlak dalam Bisnis Islam; (3) Tauhid Sebagai Pondasi dalam Bisnis Islam; (4) Relevansi antara Etika Bisnis Islam, Ushul Fikih, Fikih Muamalat dan Hukum Komersial; (5) Etika Bisnis Islam dalam Produksi, Distribusi dan Konsumsi; (6) Etika Bisnis Islam dalam Bisnis Berbasis Teknologi; (7) Etika Bisnis Islam dan Manajemen Sumber Daya Insani; (8) Perilaku Konsumen dan Perlindungan Konsumen Perspektif Etika Bisnis Islam; (9) Etika Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Syariah Perspektif Bisnis Islam; (10) Good Governance Bisnis Syariah; (11) Tanggung Jawab Sosial Organisasi Bisnis (Perusahaan) dalam Bisnis Islam; (12) Etika Bisnis Islam dalam Bisnis Internasional. Buku ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum yang ingin concern mempelajari bisnis Islam, serta praktisi dan peneliti yang sedang bergiat di bisnis Islam. Buku ini juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang sedang mempelajari Etika Bisnis Islam, baik mahasiswa di Perguruan tinggi negeri ataupun swasta."
Depok: Rajawali Press, 2022
297.63 IKA e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
R. Gratiyana Ningrat
"Perspektif multi-level memberikan stimulasi inovasi dalam transisi sosio-teknis dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungan seperti kemiskinan dan perubahan iklim. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan perubahan struktural yang mendalam karena mereka melibatkan perubahan dalam konfigurasi keseluruhan yang melibatkan teknologi, kebijakan, dan pasar. Elemen tersebut dikembangkan, dikelola, dan ditransformasikan oleh pelbagai aktor salah satunya perusahaan bisnis digital yang memiliki orientasi tujuan yang kuat. Bisnis sosial dan Islam memiliki keunggulan kompetitif dalam berperan di transisi sosio-teknis. Penelitian ini bertujuan untuk membangun ekosistem bisnis digital Islam untuk sektor pertanian agar dapat memberikan kontribusi pada transisi sosio-teknis dengan perspektif multi-level. Metode kualitatif pendekatan studi kasus ganda terpancang digunakan untuk membangun model ekosistem. Hasil yang didapatkan dari studi kasus ganda ini menunjukkan bahwa bisnis digital pertanian membutuhkan kolaborasi antara pelbagai aktor dari level lanskap seperti pembuat kebijakan hingga niche seperti komunitas lokal agar skalabilitas bisnis dan transisi sosio-teknis yang diharapkan dapat terjadi. Untuk mengatasi kesenjangan digital, infrastruktur sosial lokal dan institusi yang terintegrasi dengan rantai nilai bisnis pertanian dapat menjadi jembatan antara perusahaan dengan petani berskala kecil. Pengembangan transisi dengan maqasid al-syariah menjadi kerangka penting untuk bisnis digital Islam. Indikator pengukuran keberlanjutan bisnis dan pertanian untuk mencapai kemaslahatan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk memastikan transisi sosio-teknis.

The multi-level perspective provides stimulation of innovation in socio-technical transitions in addressing social and environmental problems such as poverty and climate change. To address these problems, deep structural changes are needed because they involve alterations in the overall configuration which entail technology, policy and markets. These elements are developed, managed, and transformed by various actors for instance a purposeful digital business company. Social and Islamic business have a competitive advantage in playing a role in the socio-technical transition. This research aims to build an Islamic digital business ecosystem for the agricultural sector so that it can contributes to the socio-technical transition with multi-level perspective. The embedded multiple case studies design with qualitative method has been carried out. The results obtained from this study shows that digital agricultural business requires dynamic collaboration between various actors from the landscape level such as policy makers to niches such as local communities hence that business scalability and socio-technical transition are expected to prevail. To overcome the digital divide, local social infrastructure and institutions can be embedded with agricultural business value chain to bridge the gap between companies and smallholder farmers. The development of the transition with the maqasid al-sharia is an important framework for Islamic digital business. Indicators for measuring the sustainability of business and agriculture to achieve public interest can be further developed to ensure the socio-technical transition."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Waldi Nurhamzah
Jakarta: Prenadamedia Group, 2019
346.075 98 WAL h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad
"Buku sistem keuangan islam : prinsip dan operasionalnya di Indonesia ini membahas tentang bagaimana sektor keuangan yang berorientasi keuntungan dengan sektor keuangan basis sosial memberikan kontribusi pada kestabilan sitem keuangan dan ekonomi makro suatu negara. Sistem ekonomi islam harus sejalan dengan prinsip kesamaan, kebersamaan, keadilan, kepentingan kemajuan dan kesejahteraan bersama.Sistek keuangan islam tidak boleh mengandung sedikit pun hal-hal yang merusak keadilan dan kerusakan yang lebih besar. Pelaksanaan sistem ini harus dikontrol dan diawasi secara ketat oleh suatu lembaga yang memiliki integritas dan mampu menjamin bahwa semua aturan yang menjamin terlaksananya tujuan syari'ah, yaitu kesejahteraan umat harus terjamin."
Depok: Rajawali Press, 2019
297.63 MUH s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hardius Usman
"Pemasaran syariah atau yang dikenal dengan Islamic marketing merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang sekarang mulai berkembang, walau sesungguhnya landasan keilmuannya telah ada sejak 14 abad yang lalu, yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Begitu luasnya pasar dan besarnya konsumsi kaum Muslim, yang didukung perubahan lingkungan dengan perubahan pengetahuan dan teknologi yang pesat, serta masuknya dunia ke era globalisasi dan perdagangan bebas, pasar Muslim menjadi target penting bagi industri di dunia. Untuk masuk dan bersaing di pasar negara-negara Islam atau negara yang berpenduduk mayoritas Islam, maka produsen harus mempelajari seluk-beluk tentang pasar Muslim dan perilaku konsumen Muslim. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan Pemasaran Syariah menjadi sebuah ilmu pengetahuan yang mendapat perhatian untuk dipelajari, baik dari kalangan akademisi maupun praktisi bisnis dan pemasaran"
Depok: Rajawali Press, 2020
297.63 HAR i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library