Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hartadi Wibowo
"ABSTRAK
Buku bacaan anak merupakan alat/sarana yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan anak dalam hal informasi, rekreasi, juga untuk memenuhi kebutuhan penemuan tokoh identifikasi, serta untuk mengembangkan minat anak. Sebagai bacaan anak, komik dan buku bergambar (picture books) adalah berdiri sendiri. Banyak pendapat yang pro dan kontra mengenai komik sebagai bacaan anak. Namun satu hal yang tidak dapat dipungkiri ialah, daya tarik komik sangat besar (lebih besar) dibanding daya tarik bacaan bergambar. Daya tarik komik dapat dimanaatkan untuk menarik minat baca anak-anak, sebagai pembaca pemula, dengan catatan ; diperlukan seleksi yang baik, antara lain dengan memperhatikan materi cerita, segi bahasa, bentuk dan ukuran huruf pada teks, serta kejelasan gambar. Bacaan bergambar memang dipersiapkan untuk konsumsi anak-anak. Namun bias mengungguli komik dalam hal daya tarik tehadap pembacanya, yaitu anak-anak. Untukitulah, maka buku bacaan bergambar ini dapat dipakai sebagai alternative komik, dan perlu penyebaran yang lebih luas(merata), serta harga yang lebih murah atau paling tidak setara dengan harga komik, yang relatif lebih murah.

"
1985
S15291
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Annisa Dwi Rahmawati
"Tujuan pencantuman Peringatan Kesehatan Bergambar (PKB) pada bungkus rokok adalah mencegah remaja dari kebiasaan merokok. Dengan melihat gambar menakutkan pada PKB, remaja perokok juga diharapkan termotivasi berhenti merokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesan persuasif yang berusaha memunculkan rasa takut berperan dalam proses penerimaan atau penolakan pesan pada siswa yang pernah mendapat intervensi program berhenti merokok bernama Not on Tobacco (NOT) dengan yang belum pernah mendapatkannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Rapid Asessment Procedures (RAP). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mendapat intervensi program berhenti merokok memiliki keyakinan diri yang lebih tinggi untuk dapat mengurangi konsumsi rokok atau berhenti merokok dengan mudah dibandingkan siswa yang tidak mendapat intervensi. Mereka yang mendapat intervensi juga menunjukkan penerimaan pesan paling baik. Hal ini terlihat dari perubahan niat, sikap, dan perilaku informan ke arah yang positif, berkaitan dengan perilaku merokok. Sementara itu, siswa yang tidak mendapat intervensi menunjukkan penolakan pesan akibat tidak dapat mengendalikan rasa takut. Hal ini tercermin dari perilaku siswa yang menghindari melihat PKB. Guna meningkatkan keyakinan perokok remaja untuk berhenti merokok, perlu ditambahkan informasi rekomendasi berhenti merokok pada PKB putaran kedua.
The purpose of Pictorial Health Warning (PHW) on cigarette packs is preventing teenagers from smoking. By looking at the scary images on PHW, teenager smokers were also expected to feel motivated on quit smoking. This research was aimed to find out how fear appeal took a role in a process of acceptance or rejection the message among student who had received intervention of smoking cessation program called Not on Tobbaco (NOT) with student who has never got it. This research was a qualitative research with Rapid Asessment Procedures (RAP) design. The method used in data collection was in-depth interview. Results showed that students who received intervention had higher self of confidence to be able to reduce cigarette consumption or quit smoking easily than students who didn’t receive the intervention. Those who received the intervention also showed a good acceptance of the message on PHW. This can be seen from intention, attitude, and behavior’s change in a positive way, related to smoke behavior. Meanwhile, students who didn’t receive the intervention showed rejection of the message because they couldn’t control the fear that aroused. This can be seen by student’s behavior which try to avoid saw the PHW. In order to increase teenager smoker’s efficacy to quit smoking, need to be added information about smoking cessation in a second round of PHW."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S58406
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tino Djumini
Jakarta : ayasan Obor, 2008
770.959 8 TIN i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Vannikov, Yuriy Vennaminovich
"Buku yang berjudul Kartynnyj slovar' Russkogo yazyka ini disusun oleh Yurij Vennaminovich Vannikov, dan Anatolij Nikolaevich Shhukin; editor, M. I. Tselkovneva, dan R. A. Kubyshkin; teknik editor I. G. Krejs, dan N. F. Makarova; korektor, R. B. Shtutman, O. S. Zakharova, dan N. A. Pashkova. Buku ini merupakan sebuah kamus Rusia yang bergambar."
Moskwa: Prosveshhenie, 1969
R RUS 491.73 VAN k
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Son, Mun-sang
Kyonggi-do Paju-si : Changbi , 2008
KOR 741.5 SON s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Reni Ilmiasih
"ABSTRAK
Hospitalisasi pada anak prasekolah merupakan pengalaman yang sering membuat
anak stress dan mengalami kecemasan.Tujuan penelitian untuk menganalisa pengaruh
penggunaan rompi bergambar oleh perawat terhadap kecemasan anak prasekolah
akibat hospitalisasi. Desain penelitian quasi eksperimen post test-only non equivalent
control group. Instrumen pengukuran kecemasan anak menggunakan kuesioner yang
diisi orang tua. Sampel penelitian berjumlah 34 anak terbagi dalam kelompok
kontrol dan intervensi. Analisis untuk melihat pengaruh antara kedua variabel
menggunakan Mann Withney test Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh
penggunaan rompi bergambar terhadap kecemasan anak akibat hospitalisasi dengan p
value = 0,003. Penggunaan rompi bergambar dapat digunakan sebagai upaya untuk
menurunkan kecemasan anak akibat hospitalisasi.

ABSTRACT
The experiences of hospitalization leaded to stress and anxiety. The aim of this
research was to analyze the influence of wearing patterned vest during
hospitalization by the nurses to hospital-related anxiety. The research design was
quasi experiment post test-only non equivalent control group and the sample was 17
children in intervention group and 17 children in control group. Spance Children
Anxiety Scale was filled out by the parents to measure the level of children?s anxiety.
The data was analyzed with Mann Withney test. The research showed that there was
a significant relationship between wearing patterned vest during hospitalization by
the nurses and children?s anxiety (p value=0.003). Patterned vest uniform can be
used to decreasing children?s hospital related anxiety."
2012
T30652
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Evita Ringkitan Ponto
"ABSTRAK
Buku cerita bergambar sangat bermanfaat, selain dapat menanamkan rasa cinta anak pada buku juga dapat menjalin keakraban anak dan orangtuanya. Di Indonesia, sejarah perkembangan buku cerita bergambar dimulai dari Balai Pustaka sebagai penerbit tertua dan juga pertama yang menerbitkan bacaan anak-anak. Sesudah tahun lima puluhan, barulah muncul buku cerita bergambar karya ilustrator dalam negeri. Walaupun penampilannya masih amat sederhana, namun buku-buku tersebut telah memenuhi syarat sebagai buku cerita bergambar. Selanjutnya sekitar tahun tujuh puluhan dengan munculnya penerbit-penerbit swasta yang menerbitkan bacaan anak, semakin bertambah pula buku cerita bergambar yang diterbitkan. Pada tahun tujuh puluhan ini ada beberapa buku cerita bergambar yang memiliki corak khas dari ilustrasinya, meskipun berwarna hitam-putih tetapi cukup dapat menumbuhkan imajinasi anak. Tahun delapan puluhan, adalah masa buku-buku terjemahan membanjiri bacaan anak terutama buku-buku yang memiliki ilustrasi sebagai porsi terbesar. Salah satu alasan mengapa penerbit-penerbit tersebut banyak menerbitkan buku cerita terjemahan, ialah karena masalah ongkos produksi yang tinggi unruk menerbitkan buku cerita bergambar dalam negeri. Keadaaan seperti ini tanpa disadari dapat membuat peranan ilustrator Indonesia semakin terpojok. Dalam waktu sepuluh tahun terakhir hingga pertengahan tahun 1988, tercatat jumlah buku cerita bergambar dalam negeri sebanyak 52,86% dan jumlah buku cerita bergambar luar negeri sebanyak 47,14%. Walaupun buku cerita bergambar yang diterbitkan atau yang beredar kini sudah lebih banyak dibandingkan sepuluh tahun yang lampau tetapi masih kurang baik dari segi variasi dan mutu. Beberapa masih berwarna hitam-putih. Tata letak dan ilustrasi kurang seimbang. Penggambaran karakter tokoh cerita masih lemah. Jumlah kalimat terlalu banyak. Dan penampilan ilustrasinya menunjukkan penguasaan teknik menggambar dari para ilustrator cukup baik.

"
1989
S15263
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liza Garnita
"Om te onderzoeken wat de Bommelstrips zowel voor' kinderen als literatuurliefhebbers interessant maakt, moeten we eerst de eigenschappen van de literaire vertel_lingen en van kinderve'rhalen kennen. Daarom begin ik met de bespreking van een aantal eigenschappen van literaire vertellingen. Daarna bespreek ik de eigenschappen van kinderverhalen. Vervolgens onderzoek ik welke van beide soorten eigenschappen we aantreffen in de Bommelstrips De kwade inblazingen, De tuttlewurm en De wisselschat. Het onderzoek laat zien dat alle drie de verhalen literaire eigenschappen hebben. We verwachten van een literair verhaal dat het ons confronteert met bepaalde thema's van algemeen of historischmaatschappelijke aard. Bij die algemene thema's kunnen we denken aan problemen die samenhangen met de grenzen van het menselijk kunnen. De drie Bommelverhalen confronteren ons met een aantal algemene thema's, zoals de vraag wat de oorzaken zijn van het goede en het kwade, en het probleem dat er tussen mensen voortdurend misverstanden zijn. Maatschappelijke thema's in de verhalen zijn het burocratische karakter van de welvaartsstaat, het autoritaire optreden van de overheid, en de rol en werkwijze. van de wetenschap. Een andere eigenschaap die de Bommelverhalen voor literatuur_liefhebbers interessant maakt, is de originaliteit van het taalgebruik, in het bijzonder het veelvuldig voorko_men van neologismen. Ook zijn de verhalen vaak humorisch en ironisch. Bommelsverhalen bezitten ook veel eigenschappen die hen voor kinderen interessant maken. De verhalen zijn relatief kart, niet meer dan 100 pagina's, en het taalge_bruik is eenvoudig. Er zitten veel dialogen in en er vinden spectaculaire gebeurtenissen plaats, zodat de verhalen heel levendig en spannend zijn. Er zijn relatief weinig beschouwingen en beschrijvingen. De acties worden door plaatjes gevisualiseerd en de conflictontwikkeling wordt eenvoudig weergegeven. Er zijn niet veel fokali-satiewisselingen, complicerende retroversies, antici_paties en open plekken. De verhalen beeindigen altijd met een 'happy end' die gevierd wordt met een gemeenschappe_lijke maaltijd. Bovennatuurlijke versehijnselen spelen bij het ontstaan en oplossen van de problemen een be_langrijk rol. In De kwade inblazingen veroorzaakt een vreemd apparaat een ramp. En in De tuttlewurm kunnen vreemde wormpjes het lot van beer Bommel beinvloeden. De setting van de gebeurtenissen is vaak misterieus, bij_voorbeeld een donker geheimzinnig bos. De personages zijn 'flat characters' die bepaalde eigenschappen representeren. Heer Bommel is meestal dom, Tom Poes is meestal slim en Super en Hyper zijn slecht. De algemene thema's zijn meestal ook vrij gemakkelijk voor kinderen om to begrijpen. Daarom zijn de verhalen ook voor hen leerzaam.;Om te onderzoeken wat de Bommelstrips zowel voor' kinderen als literatuurliefhebbers interessant maakt, moeten we eerst de eigenschappen van de literaire vertel_lingen en van kinderve'rhalen kennen. Daarom begin ik met de bespreking van een aantal eigenschappen van literaire vertellingen. Daarna bespreek ik de eigenschappen van kinderverhalen. Vervolgens onderzoek ik welke van beide soorten eigenschappen we aantreffen in de Bommelstrips De kwade inblazingen, De tuttlewurm en De wisselschat. Het onderzoek laat zien dat alle drie de verhalen literaire eigenschappen hebben. We verwachten van een literair verhaal dat het ons confronteert met bepaalde thema's van algemeen of historischmaatschappelijke aard. Bij die algemene thema's kunnen we denken aan problemen die samenhangen met de grenzen van het menselijk kunnen. De drie Bommelverhalen confronteren ons met een aantal algemene thema's, zoals de vraag wat de oorzaken zijn van het goede en het kwade, en het probleem dat er tussen mensen voortdurend misverstanden zijn. Maatschappelijke thema's in de verhalen zijn het burocratische karakter van de welvaartsstaat, het autoritaire optreden van de overheid, en de rol en werkwijze. van de wetenschap. Een andere eigenschaap die de Bommelverhalen voor literatuur_liefhebbers interessant maakt, is de originaliteit van het taalgebruik, in het bijzonder het veelvuldig voorko_men van neologismen. Ook zijn de verhalen vaak humorisch en ironisch. Bommelsverhalen bezitten ook veel eigenschappen die hen voor kinderen interessant maken. De verhalen zijn relatief kart, niet meer dan 100 pagina's, en het taalge_bruik is eenvoudig. Er zitten veel dialogen in en er vinden spectaculaire gebeurtenissen plaats, zodat de verhalen heel levendig en spannend zijn. Er zijn relatief weinig beschouwingen en beschrijvingen. De acties worden door plaatjes gevisualiseerd en de conflictontwikkeling wordt eenvoudig weergegeven. Er zijn niet veel fokali-satiewisselingen, complicerende retroversies, antici_paties en open plekken. De verhalen beeindigen altijd met een 'happy end' die gevierd wordt met een gemeenschappe_lijke maaltijd. Bovennatuurlijke versehijnselen spelen bij het ontstaan en oplossen van de problemen een be_langrijk rol. In De kwade inblazingen veroorzaakt een vreemd apparaat een ramp. En in De tuttlewurm kunnen vreemde wormpjes het lot van beer Bommel beinvloeden. De setting van de gebeurtenissen is vaak misterieus, bij_voorbeeld een donker geheimzinnig bos. De personages zijn 'flat characters' die bepaalde eigenschappen representeren. Heer Bommel is meestal dom, Tom Poes is meestal slim en Super en Hyper zijn slecht. De algemene thema's zijn meestal ook vrij gemakkelijk voor kinderen om to begrijpen. Daarom zijn de verhalen ook voor hen leerzaam."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S5864
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hesdanina Damly
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Aries Chandra Ananditha
"Tuna grahita adalah anak yang mempunyai kemampuan intelektual dan perawatan diri khususnya toileting lebih rendah dibanding anak normal. Untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai. Peneliti ingin mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media buku cerita bergambar terhadap activity daily living: toileting pada anak tuna grahita. Pembelajaran tersebut dilakukan dengan melakukan storytelling menggunakan buku cerita bergambar yang dibuat peneliti. Penelitian ini berdesain multiple baseline across subject dengan responden enam anak tuna grahita.
Hasil analisis grafik garis setelah pemberian intervensi pada keenam responden menunjukkan adanya peningkatan pada tingkat kestabilan data,tingkat perubahan level data pada setiap dan antar fase, trend, serta analisis rerataskor sub skala pola, kemandirian, dan komponen pendukung kemampuan toiletingpada keenam responden. SLB dapat menggunakan metode pembelajaran ini.

A mentally disabled is children who have intellectual and self-care abilities particularly toileting lower than normal children. It needs an appropriate learning method. Researcher want to know the effect of learning with media picture bookstory to activity daily living: toileting in mentally disabled children. Learning is done through storytelling using picture storybooks which made researchers. This study has multiple baseline across subjects design with six respondents mentally disabled children.
Line graphs analysis after intervention giving indicates an increase in the stability of the data, the data level change on each and between phase, trends, and the mean analysis scores on sub-scale patterns, independence, and supporting components toileting skills at the sixth respondent. SLB can use this learning method.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T34876
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>