Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hartadi Wibowo
Abstrak :
ABSTRAK
Buku bacaan anak merupakan alat/sarana yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan anak dalam hal informasi, rekreasi, juga untuk memenuhi kebutuhan penemuan tokoh identifikasi, serta untuk mengembangkan minat anak. Sebagai bacaan anak, komik dan buku bergambar (picture books) adalah berdiri sendiri. Banyak pendapat yang pro dan kontra mengenai komik sebagai bacaan anak. Namun satu hal yang tidak dapat dipungkiri ialah, daya tarik komik sangat besar (lebih besar) dibanding daya tarik bacaan bergambar. Daya tarik komik dapat dimanaatkan untuk menarik minat baca anak-anak, sebagai pembaca pemula, dengan catatan ; diperlukan seleksi yang baik, antara lain dengan memperhatikan materi cerita, segi bahasa, bentuk dan ukuran huruf pada teks, serta kejelasan gambar. Bacaan bergambar memang dipersiapkan untuk konsumsi anak-anak. Namun bias mengungguli komik dalam hal daya tarik tehadap pembacanya, yaitu anak-anak. Untukitulah, maka buku bacaan bergambar ini dapat dipakai sebagai alternative komik, dan perlu penyebaran yang lebih luas(merata), serta harga yang lebih murah atau paling tidak setara dengan harga komik, yang relatif lebih murah.
1985
S15291
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tino Djumini
Jakarta : ayasan Obor, 2008
770.959 8 TIN i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Reni Ilmiasih
Abstrak :
ABSTRAK
Hospitalisasi pada anak prasekolah merupakan pengalaman yang sering membuat anak stress dan mengalami kecemasan.Tujuan penelitian untuk menganalisa pengaruh penggunaan rompi bergambar oleh perawat terhadap kecemasan anak prasekolah akibat hospitalisasi. Desain penelitian quasi eksperimen post test-only non equivalent control group. Instrumen pengukuran kecemasan anak menggunakan kuesioner yang diisi orang tua. Sampel penelitian berjumlah 34 anak terbagi dalam kelompok kontrol dan intervensi. Analisis untuk melihat pengaruh antara kedua variabel menggunakan Mann Withney test Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan rompi bergambar terhadap kecemasan anak akibat hospitalisasi dengan p value = 0,003. Penggunaan rompi bergambar dapat digunakan sebagai upaya untuk menurunkan kecemasan anak akibat hospitalisasi.
ABSTRACT
The experiences of hospitalization leaded to stress and anxiety. The aim of this research was to analyze the influence of wearing patterned vest during hospitalization by the nurses to hospital-related anxiety. The research design was quasi experiment post test-only non equivalent control group and the sample was 17 children in intervention group and 17 children in control group. Spance Children Anxiety Scale was filled out by the parents to measure the level of children?s anxiety. The data was analyzed with Mann Withney test. The research showed that there was a significant relationship between wearing patterned vest during hospitalization by the nurses and children?s anxiety (p value=0.003). Patterned vest uniform can be used to decreasing children?s hospital related anxiety.
2012
T30652
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Son, Mun-sang
Kyonggi-do Paju-si : Changbi , 2008
KOR 741.5 SON s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Vannikov, Yuriy Vennaminovich
Abstrak :
Buku yang berjudul Kartynnyj slovar' Russkogo yazyka ini disusun oleh Yurij Vennaminovich Vannikov, dan Anatolij Nikolaevich Shhukin; editor, M. I. Tselkovneva, dan R. A. Kubyshkin; teknik editor I. G. Krejs, dan N. F. Makarova; korektor, R. B. Shtutman, O. S. Zakharova, dan N. A. Pashkova. Buku ini merupakan sebuah kamus Rusia yang bergambar.
Moskwa: Prosveshhenie, 1969
R RUS 491.73 VAN k
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Aries Chandra Ananditha
Abstrak :
Tuna grahita adalah anak yang mempunyai kemampuan intelektual dan perawatan diri khususnya toileting lebih rendah dibanding anak normal. Untuk itu dibutuhkan metode pembelajaran yang sesuai. Peneliti ingin mengetahui pengaruh pembelajaran dengan media buku cerita bergambar terhadap activity daily living: toileting pada anak tuna grahita. Pembelajaran tersebut dilakukan dengan melakukan storytelling menggunakan buku cerita bergambar yang dibuat peneliti. Penelitian ini berdesain multiple baseline across subject dengan responden enam anak tuna grahita. Hasil analisis grafik garis setelah pemberian intervensi pada keenam responden menunjukkan adanya peningkatan pada tingkat kestabilan data,tingkat perubahan level data pada setiap dan antar fase, trend, serta analisis rerataskor sub skala pola, kemandirian, dan komponen pendukung kemampuan toiletingpada keenam responden. SLB dapat menggunakan metode pembelajaran ini. ...... A mentally disabled is children who have intellectual and self-care abilities particularly toileting lower than normal children. It needs an appropriate learning method. Researcher want to know the effect of learning with media picture bookstory to activity daily living: toileting in mentally disabled children. Learning is done through storytelling using picture storybooks which made researchers. This study has multiple baseline across subjects design with six respondents mentally disabled children. Line graphs analysis after intervention giving indicates an increase in the stability of the data, the data level change on each and between phase, trends, and the mean analysis scores on sub-scale patterns, independence, and supporting components toileting skills at the sixth respondent. SLB can use this learning method.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T34876
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lita Nurlita
Abstrak :
[ABSTRAK
Kecemasan merupakan hal yang sering dilaporkan ketika anak dihadapkan pada proses operasi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dampak penggunaan buku cerita bergambar terhadap kecemasan sebelum operasi. Design Penelitian adalah quasi eksperiment:Post test-only non equivalen control group. Sampel penelitian adalah 34 anak usia sekolah yang akan menjalani operasi, dipilih dengan teknik Consecutive sampling. Kelompok intervensi diberikan informasi dengan buku cerita bergambar dan kelompok kontrol mendapatkan informasi rutin rumah sakit. Hasil penelitian menunjukan anak yang mendapatkan persiapan dengan buku cerita bergambar mengalami kecemasan sebelum operasi lebih rendah (p=0,003). Penelitian ini merekomendasikan pemberian informasi dengan buku cerita bergambar sebagai salah satu intervensi persiapan operasi
ABSTRACT
Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34 which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention group were prepared with pictured story book, while children on control group were prepared with hospital routine information. The result showed that children whose prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative preparation;Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34 which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention group were prepared with pictured story book, while children on control group were prepared with hospital routine information. The result showed that children whose prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative preparation., Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34 which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention group were prepared with pictured story book, while children on control group were prepared with hospital routine information. The result showed that children whose prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative preparation.]
2015
T46560
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muh. Amin S
Abstrak :
ABSTRAK
Rokok merupakan faktor resiko utama dari penyakit jantung, kanker, penyakit paru kronis, kanker mulut dan tenggorokan. Perilaku merokok bahkan dapat kita jumpai pada kelompok umur yang lebih muda, yakni pelajar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peringatan kesehatan bergambar pada kemasan rokok terhadap intensi berhenti merokok Siswa SMA laki-laki dengan menggunakan studi cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan pada siswa SMA di Makassar yang dihitung berdasarkan rumus uji hipotesis beda proporsi yaitu 96 responden dari SMU, 64 responden dari SMK, 11 responden dari MA. Tingkat efektivitas pengaruh kesehatan bergambar pada kemasan rokok terhadap intensi berhenti merokok Siswa SMA laki-laki diukur dengan menggunakan kuesioner. Seluruh gambar memiliki hubungan yang signifikan dengan intensi berhenti merokok responden, yaitu gambar 1 dengan nilai p = 0,001, gambar 2 dengan nilai p = 0,001, gambar 3 dengan nilai p = 0,002, gambar 4 dengan nilai p = 0,001 dan gambar 5 dengan nilai p = 0,004. Dari keseluruhan variabel independen yang diduga paling kuat mempengaruhi intensi berhenti merokok pada responden adalah Gambar 4 dengan p value < 0,05. Dengan nilai OR sebesar 2,7 yang artinya Gambar 4 memberikan peluang 2,7 kali menyebabkan tingginya intensi berhenti merokok siswa.
ABSTRACT
Smoking is the main risk factor of heart disease, cancer, chronic lung disease, cancer of the mouth and throat. Smoking behavior can even be encountered in the younger age groups, the students of the school. This study was purposed to analyze the impact pictorial health warnings on cigarette packs toward the intentions to quit smoking of male high school students by using the cross sectional study. Sampling is done on high school students in Makassar, which is calculated based on the formula of hypothesis test different proportions of high school at 96 respondents, 64 respondents from SMK, 11 respondents from MA. The effectiveness of pictorial health effect on cigarette packs to the intention to quit smoking male high school students were measured using a questionnaire. The whole picture has a significant relationship with the intention of quitting the respondents, namely figure 1 with a value of p = 0.001, Figure 2 with p = 0.001, figure 3 with p = 0.002, Figure 4 with p = 0.001 and figure 5 with p = 0.004. The total of independent variables that suspect the most strongly influence on respondents' intention to quit smoking is Figure 4 with p value <0.05. With OR of 2.7, which means Figure 4 provides 2.7 times the chance of causing high intention to quit smoking students
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lathiffida Noor Jaswandi
Abstrak :
Penerimaan anak reguler terhadap anak dengan disabilitas sejalan dengan pengetahuan anak mengenai disbailitas. Upaya dalam menumbuhkan penerimaan terhadap anak dengan disabilitas adalah dengan memberikan pengetahuan mengenai disabilitas melalui buku cerita bergambar mengenai disabilitas. Penyusunan buku bergambar dalam penelitian ini berisi mengenai informasi yang berkitan dengan disabilitas. Tokoh dalam buku cerita bergambar yang telah disusun digambarkan sebagai tokoh disabilitas dengan memberikan karakteristik khusus pada disabilitas yang dikenalkan dalam konten buku. Pembacaan buku cerita bergambar mengenai disabilitas dengan menggunakan teknik bercerita dialog reading. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas buku cerita bergambar. Dalam meningkatkan pengetahuan anak usia 5-6 tahun mengenai disabikitas. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan berdasarkan pengetahuan yang diberikan achievement test. Pengukuran terhadap pengetahuan anak mengenai disabilitas tersebut dilakukan pada saat pretest dan posttest serta follow-up 1 minggu setelah diberikan intervensi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan pada anak usia 5-6 tahun setelah dilakukan pembacaan buku cerita bergambar mengenai disabilitas.
Acceptance of regular children to children with disabilities is in line with the childs knowledge of disability. Efforts to foster acceptance of children with disabilities is to provide knowledge about disability through picture books about disability. The compilation of picture books in this study contains information related to disability. The figures in the illustrated story books that have been compiled are described as disability figures by giving special characteristics to the disabilities introduced in the book content. The reading of a picture story book about disability using reading dialogue storytelling techniques. This study aims to examine the effectiveness of picture story books. In increasing the knowledge of children aged 5-6 years about disability. Measuring instrument used to measure the level of knowledge based on knowledge provided by the achievement test. Measurement of children's knowledge about disability is done at the pre-test and post-test and follow-up 1 week after the intervention is given. The results obtained indicate that there is an increase in knowledge in children aged 5-6 years after reading a picture story book about disability.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
T55072
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Yuliarti Isabella
Abstrak :

ABSTRAK
Tegel adalah sebuah benda berbentuk pipih dan tipis, terbuat dari tanah liat yang dibakar, umumnya digunakan untuk bahan atap, lantai, dan perapian, juga dapat digunakan sebagai hiasan pada dinding untuk ruang dalam dan luar dari suatu bangunan. Berdasarkan jenisnya tegel dibagi menjadi, dua yaitu tegel polos dan berhias.

Hiasan yang terdapat pada tegel ada dua jenis yaitu hiasan lepas yang terdiri dari ragam hias flora, fauna, geometris, manusia serta pemandangan. Untuk jenis kedua adalah hiasan naratif berupa hiasan berisi adegan-adegan cerita yang memperlihatkan sejumlah peristiwa dari Alkitab, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Tegel dengan hiasan naratif ini seperti yang didapati di landhuis Reinier de Klerk, Jakarta Barat.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: memperoleh gambaran tentang tegel-tegel yang berada di landhuis Reinier de Klerk beserta kisah-kisah dari Alkitab yang dimunculkan pada tegel serta maksud keberadaannya di landhuis tersebut.

Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yang dikehendaki adalah: (1) studi kepustakaan, (2) pengamatan terhadap tegel dengan memperhatikan semua yang digambarkan pada keseluruhan adegan cerita yang ditampilkan. Pada saat melakukan pengamatan yang harus diperhatikan adalah: tokoh yang dimunculkan, atribut tokoh tersebut, dan sikap tokoh sehingga dapat diketahui kisah yang digambarkan pada tegel tersebut.

Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: berdasarkan hasil identifikasi terhadap 819 buah yang menghiasi dinding landhuis Reinier de Klerk didapatkan 120 adegan cerita yang berbeda dan 1 tegel yang bukan merupakan adegan cerita, yaitu sebuah tegel yang menggambarkan sumur. Adegan cerita yang dapat diketahui kisahnya sebanyak 113 adegan, sedangkan 7 adegan cerita tidak dapat diketahui kisahnya.Berdasarkan 113 cerita yang digambarkan pada tegel, 56 kisah dari Perjanjian Lama dan 57 kisah dari Perjanjian Baru. Secara keseluruhan kisah-kisah dari Perjanjian Lama terdapat pada 394 tegel, sedangkan kisah-kisah dari Perjanjian Baru terdapat pada 392 tegel. Cerita yang tidak dapat diidentifikasi terdapat pada 31 buah tegel. 2 tegel kondisinya rusak, sehingga samasekali tidak memberi informasi apapun.
,br> Kesimpulan-kesimpulan yang dicapai dalam penelitian ini adalah: penempatan tegel-tegel yang menghiasi dinding Landhuis Reinier de FClerk tidak sesuai dengan urutan cerita yang terdapat di dalam Alkitab. Ada dua yang menyebabkannya: pertama; karena adanya perpindahan posisi tegel, yaitu scat landhuis digunakan oleh pemerintah sebagai gedung Fertambangan. Sehingga mungkin ketika perubahan terjadi, tegel tidak dipasang kembali sesuai urutan ceritanya. Kedua; karena memang tidak ada aturan yang mengharuskan tegel bergambar cerita Alkitab dipasang sesuai dengan urutan cerita.
1997
S11575
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>