Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andri Gustian
Abstrak :
ABSTRAK
Salah satu cara untuk dapat bertahan dalam era persaingan bebas adalah dengan cara meningkatkan efisiensi dan kinerja perusahaan. Lebih Ianjut untuk mengetahui performa perusahaan dan meningkatkan efisiensi perusahaan secara menyeluruh adalah dengan cara mengetahui dengan baik aktivitas yang membangun perusahaan tersebut. Dengan adanya informasi yang cukup mendetail mengenai aktivitas penyusun perusahaan akan dapat diketahui seberapa baik proses yang sedang dijalankan perusahaan.

Pada skripsi ini akan dijelaskan mengenai proses bongkar-muat petikemas di terminal petikemas secara cukup mendetail hingga dapat diketahui aktivitas apa saja penyusun proses bongkar-muat tersebut. Informasi dan data-data mengenai bongkar-muat petikemas diperoleh dari Terminal Petikemas Jakarta Intemationaf Container Terminal (JICT) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Pengambilan data diiakukan dengan cara pengamatan Iangsung ke Iapangan, wawancara dengan berbagai pihak di JICT dan juga studi terhadap dokumentasi perusahaan. Berbagai data dan informasi yang diperoleh selanjutnya diolah dan dilakukan analisis dengan menggunakan pendekatan Activity-Based Management (ABM). Hasil analisis ini selanjutnya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengurangi aktivitas yang tidak bernilai tambah.
2001
S49951
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ade Hanifa Putri
Abstrak :

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) X menghadapi masalah yaitu pertumbuhan biaya dua kali lipat dari pertumbuhan pendapatan. Kondisi ini memiliki urgensi untuk menjadi perhatian utama bagi manajemen. Biaya mengalami penurunan karena perubahan aktivitas akibat lockdown di awal tahun 2020. Oleh karena itu, aktivitas dapat dievaluasi untuk mengurangi biaya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan aktivitas dengan menggunakan ABM sebagai strategi manajemen biaya sehingga PTS X dapat menekan biaya yang dikeluarkan tanpa mengurangi kualitasnya. Data yang digunakan adalah data anggaran. Kebijakan dan SOP PTS X mungkin berbeda dengan universitas lain. Dengan demikian, daftar kegiatan yang disebutkan mungkin juga berbeda. Penelitian ini mengklasifikasikan kegiatan PTS X ke dalam tridharma. Selain itu, penelitian ini menggabungkan model rantai nilai Porter (1985) dan model rantai nilai Hutaibat (2011) untuk membuat Rantai Nilai PTS X. Penelitian ini dilakukan dengan mengelompokkan aktivitas ke dalam rantai nilai untuk membentuk rantai nilai PTS X. Setelah itu, penelitian ini mengidentifikasi aktivitas yang dapat diperbaiki. Hal ini dilakukan dengan mengamati, dan menganalisis proses aktivitas. Kemudian, aktivitas yang berpotensi untuk diperbaiki dianalisis kembali untuk menemukan saran cara perbaikan sesuai dengan pendekatan ABM. Usulan cara perbaikan menurut pendekatan ABM terdiri dari (1) mengurangi waktu/usaha, (2) menghilangkan aktivitas yang tidak perlu, (3) memilih aktivitas dengan biaya lebih rendah, dan (4) sharing aktivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pertama dapat digunakan untuk meningkatkan sembilan aktivitas, metode ketiga dapat digunakan untuk dua aktivitas, dan metode keempat digunakan untuk meningkatkan dua aktivitas. Perkiraan besaran potensi pengurangan biaya berdasarkan usulan peningkatan kegiatan adalah Rp570.456.000 atau setara dengan 0,77% dari total anggaran biaya tahun 2021-2022. ......Private Higher Education (PTS) X faces a problem where cost growth is twice the revenue growth. This condition has an urgency to be a major concern for management. Costs had decreased because of changes in activity due to the lockdown in the beginning of 2020. Therefore, activities can be evaluated to reduce costs. The aim of this research is to propose an improvement of activities using ABM as a cost management strategy so that PTS X can reduce the cost incurred without reducing its quality. The data used is budget data. The policies and SOPs of PTS X may differ from other universities. Thus, the list of activities mentioned may be also different. This paper classified PTS X's activities into the tridharma of HE. Besides that, this paper combines Porter (1985)'s value chain model and Hutaibat (2011) ’s value chain model for HE to create a PTS X Value Chain. This research is conducted by grouping activities into the value chain to create a PTS X value chain. After that, this research identifies activities that could be improved. This is done by observing, and analyzing the activity process. Then, activities that have the potential to be improved were re-analyzed to find suggestions for ways to improve according to the ABM approach. Proposed ways of improvement according to the ABM approach consist of (1) reducing time/effort, (2) eliminating unnecessary activities, (3) selecting lower-cost activities, and (4) sharing of activities. The results of this study indicate that the first method can be used to improve nine activities, the third method can be used for two activities, and the fourth method is used to improve two activities. The estimated amount of potential cost reduction based on activity improvement proposals is IDR Rp570,456,000 or equal to 0.77% of the total budget costs of 2021-2022.

Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Yanti Demsina
Abstrak :
PT ABC merupakan salah satu importir dan distributor alat kesehatan di Indonesia. Pasca pandemi covid-19 banyak pengusaha baru tertarik melakukan impor sehingga menimbulkan tingkat persaingan harga pada produk alat kesehatan yang semakin tinggi. Selain faktor persaingan, tingginya biaya-biaya operasional juga membuat laba perusahaan menurun. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja keras manajemen untuk melakukan tindakan-tindakan yang dapat melakukan strategic cost atau manajemen biaya untuk setiap aktivitas perusahaan sehingga mampu memaksimalkan profitabilitas. Mengacu pada situasi tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi dan menganalisis aktivitas yang tidak bernilai tambah dalam peningkatan efisiensi biaya operasional perusahaan. Analisis Value Chain dan Activity-Based Management digunakan sebagai kerangka penelitian ini. Studi kasus dengan metode analisis kualitatif dan dalam rangka memperkuat hasil analisis dilakukan observasi, analisis dokumen, wawancara mendalam (in-depth interview) dan diskusi internal dengan tim manajemen PT ABC. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hambatan atas supplier terkait minimal quantity order, annual target dan minimal amount order serta hambatan dari logistik berupa lokasi gudang dan proses pengiriman produk yang menggunakan berbagai jenis ekspedisi pilihan pelanggan. Hambatan-hambatan tersebut menyebabkan terdapat aktivitas yang tidak bernilai tambah (non-value added activity) pada rantai nilai PT ABC yang dapat dilakukan penghapusan, pengurangan, seleksi dan sharing aktivitas yang tidak bernilai tambah sehingga menghasilkan penghematan yang dapat mengurangi biaya operasional perusahaan untuk memaksimalkan profitabilitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan Value Chain Analysis dan Activity-Based Management maka PT ABC dapat melakukan manajemen biaya dan efisiensi biaya untuk memaksimalkan profitabilitas. ......PT ABC is one of Indonesia's importers and distributors of medical equipment. After the Covid-19 pandemic, many new entrepreneurs became interested in importation, resulting in increased price competition for medical device products. Additionally, excessive operational costs contributed to the company's profit decline. Therefore, it requires a commitment of management to implement strategic costs or cost management for each company's activities in order to maximize profitability. This study seeks to identify and analyze non-value-added activities that contribute to increasing the operational cost efficiency of the company. This study employs Value Chain Analysis and Activity-Based Management as its framework. To strengthen the results of the analysis, observations, document analysis, in-depth interviews, and internal discussions with PT ABC's management team were conducted. The results of the analysis indicate that there are obstacles for suppliers associated with the minimum order quantity, annual target, and minimum order amount, as well as obstacles from logistics in the form of warehouse locations and product delivery processes employing a variety of customer-selected expedition types. These obstacles cause non-value-added activities in PT ABC's value chain that can be eliminated, reduced, selected, and shared in order to generate savings that can reduce the company's operational costs and increase its profitability. This study concludes that by applying Value Chain Analysis and Activity- Based Management, PT ABC can maximize profitability through cost management and cost efficiency.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Parestu
Abstrak :
ABC Training Center (ATC) adalah suatu organisasi yang memfasilitasi pembelajaran personal dalam suatu kelompok pembelajaran yang dilengkapi dengan materi pendukung pelatihan sesuai topic pelatihan. ATC menghadapi dua masalah terpenting dalam perusahaan, yaitu system manajemen biaya tradisional dan materi pendukung pelatihan. Dalam penelitian ini, Activity-Based Management (ABM) akan menjadi sebuah alternative dalam manajemen biaya perusahaan dengan tujuan perusahaan dapat menghitung biaya pelatihan dengan lebih tepat dan akurat, terutama dalam perhitungan biaya overhead. Sistem ABM telah dikembangkan untuk memberikan sebuah representasi dari peran kegiatan-kegiatan operasional dalam pelatihan dengan lebih akurat. Sistem ABM menjadikan aktifitas dalam pelatihan serta pengaruh kegiatan tersebut dalam biaya pelatihan (Gupta & Galloway, 2003). Materi pendukung pelatihan di ATC tidak terintegrasi dan tidak mendukung untuk materi Olimpiade Matematika. Dalam thesis ini, peneliti akan menggunakan sebuah journal Mathematics Graph Labeling (MGL) (A. Parestu, 2008) sebagai materi pelatihan yang baru untuk mendukung materi Olimpiade Matematika saat ini. ...... ABC Training Center (ATC) is an organizational environment that facilities individual learning in group with training package supported materials based on the subject of training project. The two problems of ATC that will be researched are traditional cost management system and existing training package support materials. In this research, Activity-Based Management (ABM) will be an alternative cost management in order to accurately calculate training project costs, especially overhead costs. ABM system was developed to provide a more accurate representation of activities performed in the training project actually its cost. ABM systems examine training activities to determine their effects on costs (Gupta & Galloway, 2003). ATC training packages support materials is not well integrated and not support Olympiad curriculum theory. In this research, researcher will use a mathematics Olympiad subject: Mathematics Graph Labelling (A. Parestu, 2008) as a new alternative training package support material in ATC training package. By viewing an ABM system as an enabler to improve the ATC training operations decision-making and using Mathematics Graph Labeling as an integrated materials to improve the ATC training support materials quality and competitiveness, researcher will give results that these systems enable an operations manager to enhance the quality of ATC training package.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrea Parestu
Abstrak :
ABC Training Center (ATC) adalah suatu organisasi yang memfasilitasi pembelajaran personal dalam suatu kelompok pembelajaran yang dilengkapi dengan materi pendukung pelatihan sesuai topic pelatihan. ATC menghadapi dua masalah terpenting dalam perusahaan, yaitu system manajemen biaya tradisional dan materi pendukung pelatihan. Dalam penelitian ini, Activity-Based Management (ABM) akan menjadi sebuah alternative dalam manajemen biaya perusahaan dengan tujuan perusahaan dapat menghitung biaya pelatihan dengan lebih tepat dan akurat, terutama dalam perhitungan biaya overhead. Sistem ABM telah dikembangkan untuk memberikan sebuah representasi dari peran kegiatan-kegiatan operasional dalam pelatihan dengan lebih akurat. Sistem ABM menjadikan aktifitas dalam pelatihan serta pengaruh kegiatan tersebut dalam biaya pelatihan (Gupta & Galloway, 2003). Materi pendukung pelatihan di ATC tidak terintegrasi dan tidak mendukung untuk materi Olimpiade Matematika. Dalam thesis ini, peneliti akan menggunakan sebuah journal Mathematics Graph Labeling (MGL) (A. Parestu, 2008) sebagai materi pelatihan yang baru untuk mendukung materi Olimpiade Matematika saat ini. ...... ABC Training Center (ATC) is an organizational environment that facilities individual learning in group with training package supported materials based on the subject of training project. The two problems of ATC that will be researched are traditional cost management system and existing training package support materials. In this research, Activity-Based Management (ABM) will be an alternative cost management in order to accurately calculate training project costs, especially overhead costs. ABM system was developed to provide a more accurate representation of activities performed in the training project actually its cost. ABM systems examine training activities to determine their effects on costs (Gupta & Galloway, 2003). ATC training packages support materials is not well integrated and not support Olympiad curriculum theory. In this research, researcher will use a mathematics Olympiad subject: Mathematics Graph Labelling (A. Parestu, 2008) as a new alternative training package support material in ATC training package. By viewing an ABM system as an enabler to improve the ATC training operations decision-making and using Mathematics Graph Labeling as an integrated materials to improve the ATC training support materials quality and competitiveness, researcher will give results that these systems enable an operations manager to enhance the quality of ATC training package.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sondang Eka Rahmawati
Abstrak :
PT. S telah bergerak dalam perdagangan pewarna dan perasa makanan di Indonesia selama tujuh belas tahun. Meskipun pasar makanan dan minuman di Indonesia masih terus berkembang namun PT. S mengalami performa kurang baik selama beberapa tahun terakhir. Kegiatan operasional dan manajemen lokal yang dinilai kurang efisien mengakibatkan perusahaan harus mengubah strategi agar tetap mampu bersaing dan bertahan dalam industri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan melakukan evaluasi atas perubahan model bisnis, menggunakan studi kasus model kualitatif deskriptif, dan unit tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi data, studi dokumen dan wawancara. Metode pengolahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis rantai nilai dan manajemen biaya strategis dengan berfokus pada manajemen biaya berpusat pada aktivitas dan analisis profitabilitas pelanggan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perubahan model bisnis ini cukup berhasil untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara finansial namun ada beberapa proses yang dapat ditingkatkan. ......PT. S has been in Indonesia's food colors and flavors trade for seventeen years. PT. S has not been performing well in recent years, even though Indonesia's food and beverage market is growing. The inefficient local operational and management activities forced its head office to change its strategy to survive and remain competitive in the industry. This study aims to evaluate the impact of change in the business model. A descriptive qualitative model with the case study method and a single unit for analysis were used. Data collection is done by observation, a document study, and interviews. Furthermore, the triangulation method was used to process the data, then analyzed through value chain analysis and strategic cost management. The analysis also focuses on activity-based cost management and customer profitability. The result shows that this business model successfully improves the company's financial performance, though several processes need further attention.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Vince Nova Elfrida
Abstrak :
ABSTRAK
Saat ini managed service merupakan suatu peluang bisnis baru bagi vendor telekomunikasi dan metode strategis bagi operator untuk mengurangi biaya operasionalnya OPEX dan CAPEX Karena vendor managed service bertanggung jawab terhadap total biaya operasional seluruh jaringan operator maka vendor managed service juga harus mampu mengelola biaya operasionalnya dengan baik dan bijaksana Efisiensi biaya merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh vendor managed service untuk dapat meningkatkan profit Untuk melakukan efisiensi biaya maka vendor managed service harus mengetahui rincian biaya yang dikeluarkannya untuk setiap aktifitas yang dilakukan Activity Based Costing ABC adalah salah satu metode manajemen yang digunakan untuk menelusuri biaya berdasarkan aktifitas Sedangkan Activity Based Management ABM merupakan metode manajemen yang digunakan untuk menganalisa aktifitas untuk meningkatkan nilai Setelah biaya setiap aktifitas bisa ditelusuri dengan ABC maka dengan menggunakan ABM setiap aktifitas tersebut dapat dievaluai aktifitas mana yang memberikan nilai tambah aktifitas mana yang harus diperbaiki atau aktifitas mana yang bisa dibuang ditiadakan Dari hasi identifikasi dan evaluasi tersebut diharapkan bisa memperbaiki margin yang diperoleh yang artinya penambahan profit bagi perusahaan Tesis ini melakukan 3 perhitungan alternatif Berdasarkan hasil simulasi evaluasi aktifitas maka bisa disebutkan bahwa back to back managed service kurang efisien karena seharusnya proyek bisa menekan biaya yang dikonsumsinya minimal 8 setiap tahunnya dan bisa memperoleh margin minimal sebesar 30 pada tahun 2010 dibandingkan aktualnya yang hanya 29 tahun 2011 sebesar 25 dibanding aktualnya 23 tahun 2012 sebesar 15 dibanding aktualnya 14 dan pada tahun 2013 bisa memperoleh margin sebesar 20 dibandingkan aktualnya yang hanya sebesar 15
ABSTRACT
Currently Managed Service become a new business opportunity for telecom equipment vendors and a strategic methods for telecom operators to reduce their operational cost OPEX and CAPEX Since managed service vendors are responsible for the total cost for the whole network rsquo s operator operations so the managed service vendor should be able to manage their operational cost wisely Cost efficiency is one of ways that can be used by managed service vendor to increase the profits For cost efficiency managed service vendor must know the detail of their cost for any activities conducted related to the project Activity Based Costing ABC is one of management rsquo s methods to identified the cost based on the activities While Activity Based Management ABM is a management method that is used to analyze the activities to increase the value ABM will used information that given by ABC to identified which activities that give value added which activities that should be fixed or which activities that can be reduce or deleted The result of this identification expected could give margin improvement that means increase the company profit This thesis calculate simulation for 3 alternative condition Based on the simulation of activities evaluation can stated that back to back managed service not efficient enough since there is a possibility for project to decrease their cost at least to 8 from their current cost in every year and laso can have at least minimum margin 30 in 2010 compare to their actual margin 29 in 2011 could be have 25 compare to the actual 23 in 2012 could be have 15 compare to the actual 14 and in 2013 could be have margin 20 compare to the actual 15
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42766
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Sarah
Abstrak :
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya pelayanan di gardu tol pada perusahaan jasa tol, baik pelayanan manual, pelayanan elktronik dan otomatis, dengan menggunakan activity based costing (ABC). Penelitian ini juga bertujuan untuk menentukan apakah terdapat efisiensi dalam pelayanan di gardu tol elektronik dan gardu tol otomatis. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan dengan menggunakan ABC, dapat mengklasifikasi lima jenis gardu tol dengan biaya gardu tol yang berbeda-beda sesuai dengan aktifitasnya. Kemudian dilakukan perbandingan antara gardu tol manual, elektronik dan otomatis. Sehingga dari hasil perbandingan tersebut dapat dihitung efisiensi yang dicapai perusahaan dalam penerapan gardu tol elektronik dan gardu tol otomatis. Hasil penelitian ini dapat mendukung activity based management (ABM) dalam pengambilan keputusan terutama dalam hal yang berkaitan dengan pengurangan beban, profitabilitas dan nilai tambah bagi konsumen. ......This thesis aims to find out the cost service in the highway service companies, both service manuals, as well as electronic and automated services, by using activity based costing (ABC). This study also aimed to determine whether there is efficiency in the electronic and automated services. The results show the calculation by using ABC, can classify five types of tollbooth costs which vary according to activity. Then do the comparison between manual toolbooth electronic and automatic. The result of the efficiency ratio can be calculated that the company achieved the implementation of electronic tollbooth and automatic tollbooth. The result of this research can support the activity based management (ABM) in decision making especialy in matters relatng to the reduction of expenses, profitability and added value for consumers.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T 27733
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Anregia Violla
Abstrak :
Perusahaan yang bergerak di industri pariwisata saat ini harus menghadapi berbagai tantangan eksternal. Agen perjalanan harus menghadapi persaingan yang ketat dengan Online Travel Agent, merebaknya pandemi Covid-19 yang menurunkan penjualan, serta harga yang dikendalikan oleh pihak maskapai. Sebuah studi kasus dilakukan di PT XYZ, yaitu sebuah perusahaan agen perjalanan Business-to- Bussiness (B2B) yang memberikan layanan penjualan tiket pesawat. PT XYZ sudah berdiri lebih dari 15 tahun dan memiliki lebih dari 7000 mitra kerja. Penelitian ini membahas mengenai penerapan salah satu alat lean, yaitu value stream analysis (VSA), pada PT XYZ. Penelitian berfokus pada analisis potensi implementasi value stream analysis untuk meningkatkan profit margin dan meningkatkan efektifitas penyampaian layanan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan mengimplementasikan VSA pada proses penjualan tiket pesawat PT XYZ. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan hasil studi kasus bahwa VSA dapat diterapkan di PT XYZ. Implikasi dari penelitian ini adalah PT XYZ dapat mengidentifikasi pemborosan dan mengeliminasi aktivitas yang menimbulkan pemborosan. ......Companies engaged in the tourism industry currently facing various external challenges, such as the emergence of large-scale online travel agents, the outbreak of the Covid-19 pandemic which has reduced sales, and the dynamic airline ticket prices given by the airlines. Therefore, it is vital for travel agents to achieve business efficiency. A case study was conducted at PT XYZ, a Business-to- Business (B2B) travel agent company that provides airline ticket sales services. PT XYZ has been established for more than 15 years and has more than 7000 partners. This study discusses the application of one of the lean tools, namely value stream analysis (VSA) at PT XYZ. The research focuses on analyzing the potential of applying value stream analysis to increase profit margins and increase the effectiveness of service delivery. This study uses a qualitative research methodology with a case study approach, by implementing VSA in PT XYZ’s airline ticket sales process. Data collection is done by interviews and observation. This research shows that VSA can be implemented in PT XYZ. The implication of this research is that PT XYZ can identify waste and eliminate activities that cause waste.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library