Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Retno Liestyowati
Abstrak :
ABSTRACT


PT Askrindo adalah perusahaan asuransi kerugian dengan produk utamanya asuransi kredit dan mempunyai beberapa produk pendukung yaitu surety & custom bond, asuransi kredit perdagangan, penjaminan L/C dan reasuransi.

Bisnis asuransi kredit mengalami penurunan sejak tahun 1991 dan menurun drastis pada tahun 1994. Penurunan tersebut dikarenakan bank sudah tidak lagi diwajibkan oleh pemerintah untuk mempertanggungkan sebagian besar realisasi kredit programnya. Kontribusi penerimaan premi selama 2 tahun terakhir ini juga masih mengalami penurunan, dan hanya sebagian kecil jenis produk yang potensial menghasilkan premi yaitu sebagian kecil asuransi kredit program, surety & custom bond dan reasuransi.

Karya Akhir ini akan membahas bagaimana perusahaan dapat meningkatkan pendapatan preminya melalui strategi bersaing pada produk yang saat ini menunjukkan peningkatan yang potensial, yaitu Surety & Custom Bond.

Produk ini baru dikembangkan tahun 1996 dan mempunyai karakteristik yang berbeda dengan asuransi kredit, dimana dalam industri surety & custom bond persaingan harga & pelayanan yang memuaskan adalah hal yang sangat penting.

Kondisi eksternal saat ini cukup mendukung perusahaan untuk lebih meningkatkan performance bisnis ini. Berkurangnya kemampuan sejumlah pesaing karena terkena dampak krisis ekonomi dan adanya kekuatan internal perusahaan, tetah membuka peluang besar bagi perusahaan untuk lebih memperkuat posisinya dalam industri ini.

Tetapi dalam operasionalnya, bisnis ini masih mengalami hambatan karena kondisi internal perusahaan. Pola kerja produk lama yaitu asuransi kredit masih sangat mempengaruhi operasional bisnis surety & custom bond. Sebagian besar fungsi perusahaan masih berorientasi birokrasi dan belum memahami karakteristik persaingan bisnis surety & custom bond, sehingga proses operasional bisnis ini banyak mengalami hambatan.

"Dengan menganalisa lebih jauh tentang faktor internal perusahaan melalui pendekatan teori the resources based model of above average return dan menganalisa faktor eksternal perusahaan, maka dapat dipahami bahwa perusahaan mempunyai beberapa kompetensi inti yang memenuhi 4 kriteria utama untuk dapat digunakan sebagai daya saing yang unggul dan berkelanjutan ( sustanaible competitive advantage) dalam industri surety & custom bond.

Kompetensi inti tersebut adalah kemampuan melakukan analisa pertanggungan kredit dan penjaminan yang unik dan kuat, kemampuan menjalin hubungan bisnis yang unik dengan pelanggan dalam jangka panjang, kemampuan melaksanakan pembedaan produk pada bisnis penjaminan.

Beberapa elemen-elemen kompetensi tersebut berasal dari pengalaman dan kemampuan perusahaan dalam menjalankan bisnis asuransi kredit. Sedangkan pembedaan produk merupakan kompetensi inti yang ada pada produk surety & custom bond. Perusahaan dapat memanfaatkan dan mengkombinasikannya beberapa kompetensi inti untuk pengembangan produk surety & custom bond yang lebih maksimal.

Agar kompetensi inti tersebut dapat dijadikan sebagai sumber daya saing yang unggul & berkelanjutan, maka perusahaan harus dapat mengeksploitasi dan mengkonsentrasikan fungsi-fungsi internal perusahaan untuk mengelola kompetensi inti tersebut. Dengan menerapkan teori the value chain analysis dan teori membangun daya saing melalui strategi fungsional (building competitive advantage through functional/eve/ strategy), diharapkan usaha perusahaan dalam membangun keunggulan bersaing dalam bisnis surety & custom bond dapat tercapai.

Internal organisasi yang memerlukan perubahan dalam metode dan budaya kerjanya diharapkan dapat diatasi dengan pemahaman yang mendalam akan perannya & kerjasama yang kuat oleh fungsi-fungsi yang melaksanakan kegiatan utama, dimana fungsi-fungsi tersebut adalah berbeda dengan fungsi-fungsi utama pada bisnis asuransi kredit.

Untuk lebih mengefektifkan pola kerjasama antar fungsi, maka perusahaan harus menanamkan dan menerapkan kepada fungsi-fungsi inernalnya akan pentingnya pemahaman kebutuhan dan keinginan pelanggan yang tinggi, pelaksanaan inovasi yang tinggi dan meningkatkan kualitas kerja serta produk secara maksimal. Semua fungsi diharapkan dapat memahami pentingnya manajemen strategik serta melaksanakan koordinasi kerja yang saling mendukung dengan tujuan mendapatkan pendapatan diatas rata-rata, dengan cara memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan semaksimal mungkin.

Diharapkan operasional bisnis surety & custom bond perusahaan dapat lebih unggul dari pesaing dan bahkan dapat menjadi acuan pola kerja operasional produk lain. Dengan melakukan manajemen strategik terhadap kekuatan internal maka perusahaan diharapkan mampu menghadapi dinamika persaingan & perubahan lingkungan eksternal dengan cepat.
2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Singgih Hardjanto
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Budaya Perusahaan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan di Lingkungan PT. ASKRINDO - Jakarta. Dengan menganalisis kelemahan dan kekuatan dari setiap faktor - faktor organisasi di harapkan dapat mempengaruhi secara positif produktivitas karyawan. Penelitian ini mengajukan dua buah hipotesis, hipotesis nol dan hipotesis alternatif. Tujuannya untuk mengetahui bahwa terdapat atau tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya perusahaan dan produktivitas karyawan. Untuk menguji hipotesis asosiatif ini, metode yang dipakai adalah "Pearson Product Moment Correlation, dimana teknik statistik yang dipakai adalah korelasi ganda, persial dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan parsial antara budaya perusahaan terhadap produktivitas kerja karyawan mempunyai angka korelasi sebesar r = 0,671 pada tarap signifikansi 0,000. Sedangkan masing - masing faktor budaya perusahaan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan sebesar, faktor struktur organisasi memiliki angka korelasi sebesar r = 0,557, faktor strategi organisasi memiliki angka korelasi sebesar r = 0,702, faktor sistem organisasi memiliki angka korelasi sebesar r = 0,604, faktor SDM memiliki angka korelasi sebesar r =0,654, faktor gaya kepemimpinan memiliki angka korelasi sebesar r = 0,732, dan faktor nilai - nilai .bersama memiliki angka korelasi r = 0,666. Dari hasil analisis regresi didapatkan hasil nilai F = 83,592 pada taraf signifikansi 0,000 serta R2 = 0,901. Hal ini berarti produktivitas kerja karyawan dikontribusikan oleh persepsi terhadap faktor - faktor budaya perusahaan sebesar 90,10%, sisanya 9,90% ditentukan oleh faktor lainnya. Dengan memasukkan variabel kontrol yaitu jenjang pendidikan sebagai variabel babas, maka didapatkan F untuk jenjang pendidikan Sarjana Muda sebesar 0,895, F untuk jenjang pendidikan Sarjana sebesar 15,256, dan F untuk jenjang pendidikan Magister sebesar 0 pada taraf signifikansi 0,000 dan nilai R untuk Sarjana Muda sebesar 0,969, nilai R untuk Sarjana sebesar 0,772 dan nilai R untuk Magister 1,000. Hal ini menunjukkan bahwa variable faktor - faktor budaya perusahaan dari tiap - tiap jenjang pendidikan Sarjana Muda mempunyai produktivitas kerja sebesar 96,90% sedangkan sisanya sebesar 3,10% ditentukan oleh faktor lain, jenjang pendidikan Sarjana mempunyai produktivitas kerja sebesar 77,20% dan sisanya sebesar 22,80% ditentukan oleh faktor lain, dan jenjang pendidikan Magister mempunyai produktivitas kerja sebesar 100% dan tidak memiliki pengaruh lain.
Depok: Universitas Indonesia, 2001
T2349
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Happy Chriesnita Sari Guna
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis nilai-nilai dimensi personal karyawan PT. Askrindo Cabang Jakarta Timur terkait dengan pengembangan diri dalam meningkatkan kinerjanya. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan etnografi. Permasalahan yang hendak dicari jawabannya diperoleh melalui kegiatan observasi dan wawancara mendalam dengan partisipan atau informan penelitian yang terdiri dari pimpinan dan karyawan PT. Askrindo Cabang Jakarta Timur yang berkaitan langsung dengan subjek penelitian sehingga dapat ditarik kesimpulan yang sesuai dengan kondisi sebenarnya. Penelitian menemukan bahwa terdapat kecenderungan yang sangat tinggi terhadap karakteristik orientasi hasil pada budaya PT. Askrindo. Orientasi hasil tersebut merujuk pada toleransi yang sangat tinggi yang disebabkan oleh budaya kekeluargaan yang dibawa oleh organisasi dari awal berdirinya perusahaan. Asumsi dasar yang dimiliki PT. Askrindo Cabang Jakarta Timur adalah asumsi dasar maturitas, yang identik dengan groupism sesuai dengan model Schein. Asumsi tersebut membuat PT. Askrindo Cabang Jakarta Timur menjadi nyaman dan enggan untuk melakukan pengembangan budaya di luar yang sudah digariskan oleh PT. Askrindo sebagai perusahaan pusat. ......This study aims to uncover and analyze the values of the personal dimensions of employees of PT. Askrindo East Jakarta Branch Office is related to self-development in improving its performance. The research method used is qualitative analysis with an ethnographic approach. The problem to be answered is obtained through observation and in-depth interviews with participants or research informants consisting of leaders and employees of PT. Askrindo East Jakarta Branch Office which is directly related to the research subject so that conclusions can be drawn following the actual conditions. The study found that there was a very high tendency towards the characteristics of result orientation in the culture of PT. Askrindo. The result orientation refers to a very high tolerance caused by the family culture brought by the organization from the beginning of the company's establishment. The basic assumption of PT. Askrindo East Jakarta Branch Office is the basic assumption of maturity, which is identical to groupism according to Schein's model. This assumption makes PT. Askrindo East Jakarta Branch Office became comfortable and reluctant to carry out cultural development beyond what had been outlined by PT. Askrindo as the central company.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library