Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Yus Rusmiyati
"Topik skripsi ini mengenal pemanfaatan buku Islam oleh mahasiswa di Perpustakaan Masjid Kampus UI (Perpustakaan Iqra') dan Perpustakaan Masjid Kampus ITB (Perpustakaan Salman). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku Islam dalam subiek apa yang paling disukai oleh mahasiswa, unsur-unsur apa yang diperhatikan oleh mahasiswa dalam memillh buku Islam, penerbit buku Islam mania yang paling disukai oleh mereka dan alasan mereka menyukai penerbit tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah koleksi buku Islam di kedua perpustakaan yang diteliti telah dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mengisi waktu luangnya, serta mengetahui apakah kedua per_pustakaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa tehadap buku Islam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa, baik di Perpustakaan Iqra' maupun di Perpustakaan Salman paling menyukai buku Islam dalam subjek Karya-karya Umum tentang Islam. Pada umumnya mahasiswa di Perpustakaan Iqra' menyukai buku Islam terbitan Gema Insani Press dengan alasan penulisnya berbobot, isinya berbobot, topiknya aktual, sampulnya/covernya bagus, terbitannya lengkap dan bahasanya mudah dipahami. Sedangkan di Perpustakaan Salman, pada umumnya buku Islam yang disukai adalah buku Islam terbitan Mizan, dengan alasan penulisnya berbobot, pembahasannya mendalam, topiknya aktual, sampul/covernya bagus dan terbitannya lengkap. Selain itu, jika mereka ingin memiliki buku sendiri, buku tersebut mudah didapat dan harganya murah. Dalam memilih buku Islam, mahasiswa pada umumnya lebih memperhatikan unsur subiek daripada unsur lainnya. Pada umumnya mahasiswa telah memanfaatkan perpustakaan masjid kampus untuk mendapatkan buku Islam. Namun sayangnya kedua belum dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15650
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Elly Faisholyah
" Penelitian tentang sikap mahasiswa Program Sar_jana Institut Pertanian Bogor terhadap fasilitas dan layanan telah dilakukan di Perpustakaan Pusat Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tanggal 24 Februari sampai 10 Maret 1994 dengan tujuan untuk memperoleh informasi tentang sikap pemakai terhadap fasilitas (lokasi ge_dung, tata ruang, penerangan, ventilasi, meja dan kur_si Baca, lemari penitipan tas dan kebersihan perpusta_kaan) dan layanan (layanan sirkulasi buku teks, laya_nan rujukan, layanan koleksi audio visual, layanan ko_leksi surat kabar, layanan tesis/disertasi, layanan penelusuran literatur secara manual dan melalui kom_puter, layanan pembuatan indeks dan abstrak serta layanan indormasi mutakhir) yang tersedia di Perpusta_kaan Pusat IPB. Tujuan lain penelitian ini adalah un_tuk mengetahui sikap pemakai tentang peranan staf per_pustakaan dalam membantu pemakai memperoleh informasi yang dibutuhkannya. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner langsung pada responden. Tipe penelitian yang digunakan, teknik pengumpulan data, pelaksanaan Prauji, populasi dan sampel penelitian serta cara menganalisa data dijelaskan. Cara menganalisa data sebagian besar dilakukan dengan berpedoman pada Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas yang tersedia di. Perpustakaan Pusat IPB baik. untuk layanan yang tersedia di perpustakaan ini, secara umum adalah baik, kecuali untuk layanan surat kabar (dengan nilai 169,2). Sikap responden bahwa fasilitas dan layanan yang tersedia di Perpustakaan Pusat IPB baik ditunjang dengan sikap mereka bahwa staf Perpustakaan Pusat IPB dalam membantu mereka memperoleh informasi juga baik (memperoleh nilai 378,4). Meskipun fasilitas dan layanan yang tersedia di Perpustakaan Pusat IPB sudah baik, untuk meningkatkan pemanfaatannya diperlukan promosi yang lebih gencar yaitu antara lain dengan menyebarkan dan menempel bro_sur panduan koleksi Perpustakaan Pusat IPB ke seluruh perpustakaan cabang yang terdapat di lingkungan IPB."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15736
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Menik Handini
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana perpustakaan kantor hukum telah melakukan usaha-usaha guna memenuhi kebutuhan informasi dan hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Pengumpulan data dilaksanakan melalui kuesioner yang dilaksanakan dari tanggal 19 Mei sampai dengan 3 Juni 1994. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan tidak selalu dapat memenuhi kebutuhan informasi pemakainya berdasarkan koleksi yang ada di perpustakaan. Apabila pustakawan tidak berhasil mendapatkan jawaban atas pertanyaan pemakai, maka pustakawan akan berusaha menghubungi unit informasi di luar perpustakaannya. Unit informasi yang banyak dihubungi adalah Pusat Dokumentasi Hukum Universitas Indonesia (PDH UI) dan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN). Dalam usaha menghubungi unit informasi tersebut, pustakawan menghadapi hambatan yang berupa kendala waktu, keengganan dari unit informasi yang dihubungi untuk memberikan informasi yang diperlukan, tarif yang tinggi, tidak lengkapnya sumber, dan prosedur yang berbelit. Walaupun semua responden setuju dengan gagasan kerjasama perpustakaan, namun usaha tersebut masih jauh dari kenyataan karena hambatan seperti : (a) pustakawan-pustakawan perpustakaan kantor hukum belum saling mengenal; (b) kantor hukum lain merupakan saingan; (c) memiliki koleksi yang merupakan dokumen rahasia; (d) kekuatan koleksi antar perpustakaan belum berimbang."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15587
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wardhani Kusumawati
"Penelitian mengenai peran perpustakaan telah dilakukan di Perpustakaan Pusat Bank Indonesia, pada bulan November 1994 dan Desember 1994. Tuiuannya ialah untuk memperoleh gambaran seberapa besar peran Perpustakaan Pusat Bank Indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi staf/karyawan. Urusan Ekonomi dan Statistik dan Urusan Sumber Daya Manusia Bank Indonesia, macam jasa yang diberikan, dan sumber-sumber informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan Pusat Bank Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Cara penyusunan kuesioner dan pemilihan sampel dijelaskan. Data populasi penelitian diperoleh dari Kepala Seksi Perpustakaan Bank Indonesia. Hasilnya menunjukkan bahwa 84,15% menyatakan Perpustakaan Pusat Bank Indonesia dengan jasa-Jasa yang diberikan dapat memenuhi kebutuhan informasi mereka, 95,12% responden menyatakan bahwa Perpustakaan Pusat Bank Indonesia dapat menunjang tugas/pekerjaan mereka sehari-hari. Jasa peminjaman adalah jasa yang paling sering dimanfaatkan oleh 73% responden. Sumber-sumber informasi yang biasa digunakan adalah buku dan majalah berita. Perpustakaan Pusat Bank Indonesia sudah cukup bermanfaat dan cukup berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi staf/karyawan, tetapi untuk meningkatkan pemanfaatan dan peranannya diperlukan usaha-usaha sebagai berikut : (1) Komputerisasi sarana pelayanan dan sistem temu kembali secara terpasang. (2) Peningkatan kualitas staf perpustakaan, terutama dengan penambahan tenaga pustakawan profesional. (3) Penyiangan koleksi secara teratur, untuk koleksi yang sudah usang dan tidak relevan. (4) Perluasan ruang perpustakaan. (5) Pembuatan katalog induk, untuk mengetahui semua koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Bank Indonesia baik perpustakaan pusat maupun. (6) Perpustakaan mini di kantor cabang dan perpustakaan kantor perwakilan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15876
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Sisca
"Kedudukan perpustakaan perguruan tinggi sangat panting karena bertugas menghimpun, mengolah dan menyebarkan infor_masi, sehingga dapat dikatakan bahwa perpustakaan adalah jantung sebuah universitas. Pentingnya sebuah perpustakaan akan dapat dirasakan jika perpustakaan tersebut dapat dipergunakan oleh mahasiswa dengan secara maksimal. Untuk itu diperlukan suatu kemampuan yang baik dalam menggunakan perpustakaan. Kemampuan ini dapat diperoleh melalui suatu program bimbingan yang disebut Program Pendidikan Pemakai, yang bertujuan memperbaiki kemampuan mahasiswa untuk menggunakan sumber-sumber dan pelayanan yang ada di perpustakaan secara efektif guna menemukan informasi yang diperlukan.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis membuat suatu penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa Unika Atma Jaya dalam menggunakan perpustakaan, sehingga dari sana akan terlihat apakah program orientasi perpustakaan yang telah dilaksanakan selama ini sudah mencukupi atau belum dalam memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk dapat menggunakan perpustakaan dengan baik dan efektif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15702
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhestari Wardhani
"Dhestari Wardhani, Pencarian Informasi Melalui Internet oleh Peneliti Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia Mengenai Study of Human Resources Management Practice in Japan and Indonesia. Skripsi di bawah bimbingan Laksmi, M.A. Depok: Universitas Indonesia, 2005. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pencarian informasi melalui internet oleh Peneliti Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia khususnya Tim II dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka pada kegiatan penelitian mengenai Study of Human Resources Management Practice in Japan and Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus terhadap Tim II Peneliti PSJ UI mengenai Studi Mengenai Praktek Manajemen Kerja Sumber Daya Manusia di Jepang dan Indonesia dengan pendekatan penelitian kualitatif Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada Tim II Peneliti Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencarian informasi Tim II Peneliti PSJ UI dilakukan karena adanya kebutuhan informasi yang hams dipenuhinya melalui sumber informasi internat. Tim II Peneliti PSJ UI melakukan formulasi kata kunci berdasarkan topik penelitiannya dan metode Fish Bone Diagram. Tim II Peneliti PSJ UI menggunakan pola pencarian informasi dari David Ellis khususnya tahapan surveying, chaining, browsing, distinguishing, filtering, extracting, dan verging melalui fasilitas search engine seperti Google, Yahoo, dan Amazon. Pencarian informasi Tim II Peneliti PSJ UI mengalami keterbatasan-keterbatasan yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan Tim II Peneliti PSJ UI dalam melakukan strategi pencarian informasi yang benar seperti Boolean Operator, penggunaan fasilitas pencarian yang hanya terbatas pada search engine Google, Yahoo!, dan Amazon, serta jaringan internet yang kurang memadai bagi kebutuhan pencarian informasi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15205
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widiastuti
"Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui penilaian responden terhadap layanan kliping elektronik Kompas yang digunakan di perpustakaan tersebut, (2) mengetahui tingkat kepuasan pemakai terhadap berbagai aspek pelayanan, (3) mengetahui produk dari kliping elektronik berupa basil temuan dan waktu penelusuran yang diberikan, (4) mengetahui jenis/kelompok pemakai yang menggunakan jasa layanan kliping elektronik Pusat Informasi Kompas. Penelitian dilakukan dengan cara evaluasi karena dengan cara ini dapat diketahui berbagai fenomena yang terjadi pada pelayanan. Subjek penelitian adalah pemakai layanan kliping elektronik pada pangkalan data Kompas, yang datang Iangsung untuk menggunakan jasa layanan ini. Data yang dikunipulkan dengan metode angket dianalisis dengan menggunakan parameter intepretasi data. Saat ini PIK menyediakan layanan informasi berupa kliping manual, kliping elektronik, biodata, hokum, dan microfilm Kompas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemakai jasa layanan kliping elektronik adalah mahasiswa dengan tujuan untuk mencari bahan togas/penelitian. Secara umum penilaian terhadap aspek Iayanan kliping elektronik Kompas adalah positif, Dari 20 aspek yang diteliti, kecenderungan penilaian negatif hanya terdapat pada aspek penggunaan kata kunci dan jumlali komputer dalam menggunakan Iayanan kliping elektronik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S14854
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nainggolan, I. Monica
"Pendidikan di sekolah tidak akan pernah dapat dipisahkan dari fungsi perpustakaan. Dengan adanya perpustakaan diharapkan selain agardapat membantu murid mengikuti pendidikan formalnya, juga dapat menambah wawasan ilmu pengetahuannya. Proses belajar mengajar dapat terjadi dengan baik bila adanya dukungan dari banyak factor yaitu kualitas dan kuantitas guru dan murid, suasana lingkungan sekolah, cukupnya fasilitas belajar mengajar seperti buku-buku, kelas, dan peralatan lainnya, dan yang paling penting adalah cara mengajar yang baik. Tulisan ini pada dasarnya menerangkan hubungan antara cara belajar yang telah disebutkan diatas dengan penggunaan fasilitas perpustakaan oleh para murid dengan tujuan untuk mencari metode yang paling efektif digunakan dalam proses belajar mengajar yang mendorng murid menggunakan jasa perpustakaan. Konsepnya adalah guru memiliki tanggung jawab dalam mendorong murid menggunakan jasa perpustakaan sehingga tanggung jawab tersebut perlu diaplikasikan dalam metode belajar mengajar. Penulis tidak dapat beranggapan bahwa apabila murid tidak menggunakan jasa perpustakaan karena alas an apapun, akan menyebabkan terhambatnya proses belajarmengajar karena faktor-faktor lain seperti yang telah disebut juga sangat berpengaruh. Dari 644 siswa SMU Santa Theresia, diambil 163 sebagai sampel untuk dimintai pendapatnya. Setelah menggunakan metode statistic ternyata dapat disimpulkan umumnya mereke berpendapat bahwa tugas-tugas seperti PR, PS dan ujian kurang mendorong mereka untuk menggunakan jasa perpustakaan . Dengan adanya pendapat terebut penulis memberikan saran agar SMU Santa Theresia mulai mengembangkan sistem sistem belajar mengajar aktif. Saran tersebut sebenarnya sudah dapat dipertimbangkan mengingat penulis menerima masukan dari sampel murid dan Kepala Perpustakaan bahwa banyak murid menggunakan jasa perpustakaan untuk mengerjakan karya tulis dan kliping-klipingyang merupakan salah satu metode belajar mengajar aktif. Hal ini yang perlu dipertimbangkan adlah adanya koordinasi antara guru dengan sistem pengajarannya dan Kepala Perpustakaan. Hal ini sangat perlu terutama bila guru dan murid menggunakan sistem cara belajar mengajar aktif dimana segala nara sumber harus tersedia di perpustakaan sehingga murid tidak perlu mencari lagi ke toko buku yang tentunya menghabiskan banyak biaya dan waktu."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1996
S15568
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Adji Purbosari
" Skripsi ini membahas tentang pola kebutuhan informasi pejabat struktural pada badan Meteorologi dan Geofisika Jakarta (selanjutnya disebut BMG) melalui penentuan faktor-faktor penentu keberhasilan (Critical Success Factors atau CSF). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kebutuhan informasi, mengidentifikasi kebutuhan informasi dan menentukan faktor-faktor penentu keberhasilan (CSF) para pejabat struktural BMG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan analisa Kualitatif dengan pemaparan dan penyimpulan secara deskriptif, pengumpulan data menggunakan kuesioner (25 responden) dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat lima faktor penentu keberhasilan (CSF) yang dapat menunjang tugas sehari-hari para pejabat structural BMG, yaitu: (1)_ Faktor kemampuan star, (2). Faktor pengelolaan dan perolehan informasi; (3)_ Faktor sarana dan prasarana; (4) Faktor pendanaan; (5). Faktor Mekanisme Kerja dan Organisasi. Dilihat dari segi kebutuhan informasinya, mereka sangat membutuhkan informasi tentang peraturan (regulation) serta peta dan data resmi dan pemerintah. Dari pola kebutuhan informasi - terutama untuk pengambilan keputusan _ responden menunjukkan masih sangat mengandalkan diskusi dengan pimpinan atau rekan. Sedangkan ditinjau dan penggunaan koleksi perpustakaan BMG, perolehan nilai pemakaiannya sangat rendah. Nampaknya responden masih belum mengetahui manfaat dari berbagai koleksi perpustakaan tersebut. untuk meningkatkan pendayagunaan perpustakaan BMG sebaiknya perlu peningkatan mutu koleksi perpustakaan BMG dan kebijakan pengadaan yang disesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan BMG."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15207
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>