Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 44 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dody Haryadi
Abstrak :
ABSTRAK
Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi (TI) mempengaruhi kegiatan manusia di berbagai bidang industri, salah satunya bidang pendidikan. Kondisi ini berdampak pada semakin ketatnya persaingan antar-Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Dengan demikian, untuk meningkatkan daya saing dan juga untuk mempercepat proses bisnis perlu adanya perubahan dari sistem yang masih dijalankan secara manual dan konvensional menjadi sistem otomasi yang terkomputerisasi. Dalam proses pergantian tersebut pasti terjadi resistensi, yang jika dibiarkan dapat berakibat terhambat atau gagalnya proses implementasi. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian strategi manajemen perubahan dalam mengimplementasikan sistem baru untuk mengatasi resistensi yang terjadi.

Saat ini Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) sedang dalam proses implementasi sistem Kartu Rencana Studi (KRS) Online yang menggantikan sistem KRS berbasis intranet. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bentuk resistensi yang terjadi dalam mengimplementasikan sistem KRS Online di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online, wawancara, dan observasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode manajemen perubahan berdasarkan teori Prosci yang bernama model ADKAR (Awareness Desire Knowledge Ability Reinforcement). Pertanyaan yang diajukan kepada responden dibuat dengan menggunakan pendekatan model ADKAR. Data yang didapat merupakan bentuk resistensi yang terjadi, kemudian untuk mengatasi resistensi tersebut dilakukan Focused Group Discussion (FGD) yang dihadiri para pakar untuk mendapatkan strategi manajemen perubahan yang perlu dilakukan.

Penelitian ini menghasilkan strategi manajemen perubahan terhadap implementasi sistem KRS Online di UAI. Secara umum, resistensi yang terjadi dikarenakan kurangnya sosialisasi terhadap implemetasi ini dan juga fitur yang ada di sistem masih belum lengkap sehingga proses bimbingan akademik menjadi terhambat.
ABSTRACT
The rapid growth of Information Technology (IT) has affected people’s activity in many industrial fields including education. This condition has made tighter competition among many private universities. Thus, to improve competitiveness level and also to fasten the business processes, changes are necessary from the manual and conventionally working system to computerized and automated system. Resistance will normally appear within the replacement process which can delay or prevent the implementation process. A management strategy of replacement is necessary to handle the upcoming resistance.

Nowadays, University of Al Azhar Indonesia is in the process of implementing KartuRencanaStudi (KRS) Online System to replace the old intranet base KRS System. This research is held to analyze any kind of emerging resistance in the KRS OnlineSystem implementation. The data collection process for this research is done by posting online questionnaire, interview, and observation. Change management based on Prosci’s theory which is called ADKAR (Awareness Desire Knowledge Ability Reinforcement) is used for designing the questionnaire. The obtained data is then discussed by the experts through Focus Group Discussion (FGD) to determine the strategy to handle occurred resistances.

The research result is the change management strategies against KRS Online system implementation in the UAI. Generally, the occurred resistanceswere caused by the lack of system socialization and the incomplete system features that impede the academic assistance process. This research produces 9 change management strategies which can be used by UAI in implementing the KRS Online.
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Suratini
Abstrak :
ABSTRAK
Salah satu perubahan yang akan dilakukan Kementerian Sosial pada tahun 2014 yaitu penerapan sistem penilaian prestasi kerja Pegawai Negeri Sipil. Sistem penilaian yang baru tersebut menggunakan penilaian Sasaran Kerja Pegawai. Kegagalan untuk menilai kesiapan organisasi dan individu dapat mengakibatkan manajer menghabiskan waktu dan energi untuk menghadapi resistensi. Oleh karena itu diperlukan adanya kesiapan dari para pegawai sendiri. Kesiapan individu untuk berubah menurut beberapa penelitian dipengaruhi oleh komitmen organisasi para pegawainya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi terhadap kesiapan individu untuk berubah pada pegawai di kantor pusat Kementerian Sosial. Responden dalam penelitian ini berjumlah 257 orang yang merupakan Pegawai Negeri Sipil di kantor pusat Kementerian Sosial. Instrumen pengukuran komitmen organisasi yang digunakan merupakan adaptasi dari Meyer & Allen (1991), sedangkan untuk instrumen kesiapan individu untuk berubah menggunakan pengukuran yang dikembangkan oleh Hanpachern (1997). Hasil penelitian membuktikan bahwa komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap kesiapan individu untuk berubah pada pegawai di kantor pusat Kementerian Sosial. Namun bila dilihat berdasarkan dimensi komitmen organisasi menunjukkan bahwa dimensi komitmen afektif dan komitmen berkelanjutan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan individu untuk berubah.
ABSTRACT
One of the changes that will be made by the Ministry of Social Affairs in 2014 is the implementation of performance appraisal system of civil servants. The new scoring system using Employee Job Objective assessment. Failure to assess the readiness of organizations and individuals can lead managers to spend time and energy to deal with resistance. Therefore we need the readiness of the employees themselves. Individual readiness to change, according to some studies influenced by employees' organizational commitment. This study was conducted to determine the effect of organizational commitment on the readiness of individuals to change the employee at the Ministry of Social Affairs headquarters. Respondents in this study amounted to 257 people who are civil servants in the Ministry of Social Affairs headquarters. Organizational commitment measurement instrument used in this study is an adaptation of Meyer & Allen (1991). While individual readiness to change instrument used is an adaptation of Readiness for Change (RFC) which is developed by Hanpachern (1997). This research proves that organizational commitment does not affect the individual's readiness for change in personnel at the headquarters of the Ministry of Social. However, when viewed by the dimensions of organizational commitment suggests that the affective commitment and continuance commitment have a significant effect on an individual's readiness to change.
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Amelia Purwanti
Abstrak :
ABSTRAK
Komitmen organisasi adalah sikap yang merefleksikan loyalitas pegawai kepada organisasi dan merupakan suatu proses berkelanjutan ketika anggota organisasi mengungkapkan perhatian mereka terhadap organisasi, keberhasilan organisasi serta kemajuan yang berkelanjutan (Luthans, 2007). Zhou (2006, dalam Irawanto, 2009) berpendapat bahwa ada beberapa karakteristik gaya kepemimpinan di Asia, yaitu otoritarianisme, kebajikan, dan moralitas. Ketiga karakteristik tersebut menjadi dimensi dari kepemimpinan paternalistik. Penelitian dilakukan kepada 264 responden di KPP Jakarta Khusus dan WP Besar. Alat ukur yang digunakan untuk kepemimpinan paternalistik adalah kuesioner pengembangan dari Cheng et al. (2004) yang sudah disesuaikan oleh Irawanto (2011) untuk konteks di Indonesia, dan untuk komitmen organisasi menggunakan kuesioner Allen & Meyer (1997) yang telah dikembangkan oleh Jaros (2007). Dimensi kepemimpinan paternalistik yang memiliki pengaruh terhadap komitmen organisasi di KPP Jakarta Khusus dan WP Besar adalah kepemimpinan moral yang mempengaruhi komitmen afektif dan kepemimpinan kebajikan yang mempengaruhi komitmen normatif. Hal tersebut menunjukkan bahwa pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan kebajikan dapat meningkatkan perasaan kewajiban untuk bertahan di organisasi. Kemudian, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemimpin yang memiliki gaya kepemimpinan moral yang bersifat berani membela bawahan, kemurahan hati, tidak korupsi, bertanggung jawab, adil, dan memimpin dengan contoh dapat meningkatkan perasaan memiliki terhadap organisasi. Kantor Pusat DJP perlu meningkatkan efektifitas pelaksanaan internalisasi nilai-nilai organisasi, terutama nilai integritas dan sinergi agar lebih tercermin dalam gaya kepemimpinan moral serta menerapkan kegiatan mentoring untuk AR dan fungsional yang dilakukan oleh Kepala Seksi dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak.
ABSTRACT
Organizational commitment is an attitude that reflects employee’s loyalty towards organization and is an ongoing process when members of the organization express their interest towards organization, organizational success and continuous organizational improvement (Luthans, 2007). Zhou (2006, in Irawanto, 2009) argues that there are some characteristic of leadership style in Asia, namely authoritarianism, benevolent, and morality. These three characteristics form a dimension of paternalistic leadership. This research was conducted to 264 respondents at KPP Jakarta Khusus and Large Tax Office. The measurement used for paternalistic leadership is the questionnaire that has been developed from Cheng et al. (2004) and has been adapted by Irawanto (2011) to Indonesian’s context and organizational commitment used a questionnaire from Allen & Meyer (1997) that has been developed by Jaros (2007). Paternalistic leadership dimensions that have an influence on organizational commitment are morality leadership that influences the affective commitment and benevolent leadership that affects normative commitment. It shows that a leader who have the benevolent leadership can increase feelings of obligation to stay in the organization. Then, the results also show that a leader who have a moral leadership style that is courageous, magnanimity, incorruption, responsible, impartial, and lead by example can improve the feeling of belonging to the organization. DJP needs to improve the effectiveness of internalization of organizational values, especially the value of integrity and synergy to be more reflected in moral leadership styles and apply the mentoring activities for AR and functional conducted by Head of Unit and Head of the Tax Office.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Rahadini Sekar Hapsari
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai rancangan pelatihan change leadership pada Team Leader untuk meningkatkan komitmen afektif perubahan pada Recruitment Consultant di PT X Indonesia. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian terapan dengan jumlah partisipan penelitian sebanyak 38 Recruitment Consultant di PT X Indonesia. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah adaptasi alat ukur change leadership Liu, 2010 dengan nilai koefisien alpha ? sebesar 0.95 dan alat ukur affective commitment to change Herscovitch Meyer, 2002 dengan nilai koefisien alpha ? sebesar 0.90. Peneliti menggunakan uji korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara change leadership dengan komitmen afektif perubahan r = 0.53, p
ABSTRACT
The study was conducted to see the correlation between change leadership and affective commitment to change. This study used applied research studies with 38 Recruitment Consultants as participants. The study used change leadership measurement Liu, 2010 with coefficient alpha score 0.95 and affective commitment to change measurement Herscovitch Meyer, 2002 with coefficient alpha score 0.90. The Pearson correlation technique was used to determine the relationship between two variables. The results showed a significant and positive relationship between change leadership and affective commitment to change r 0.53, p 0.05, significant . It showed that with increasing change leadership behavior of Team Leader, affective commitment to change in Recruitment Consultant will increase. An intervention program of change leadership training to Team Leader to increase affective commitment to change of Recruitment Consultant is designed following the research result.
2016
T47414
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dofa Purnomo
Abstrak :
ABSTRAK
Bidang manajemen stratejik semakin tertarik dengan isu perubahan organisasi, terutama pada lingkungan yang saat ini semakin dinamis dan turbulen, di mana divergent organizational change yang dilakukan organisasi menentukan apakah organisasi dapat tetap eksis atau mati karena kalah dalam persaingan. Studi dilakukan untuk meneliti divergent organizational change dari perspektif influence process, yang beranggapan ada aktor dalam setiap perubahan, dan aktor tersebut memiliki kekuatan atau power yang diperlukan untuk menginisiasi dan mengimplementasikan perubahan, suatu proses yang disebut sebagai institutional entrepreneurship.Berdasarkan studi literatur tentang institutional entrepreneurship, diidentifikasi bahwa personal mastery, personality, dan network centrality adalah power yang dibutuhkan oleh aktor perubahan untuk menginisiasi dan mengimplementasikan divergent organizational change. Penelitian dilakukan pada perusahaan BUMN di sektor energi dan melibatkan 155 responden, yang mengisi kuesioner secara online. Data dianalisis dengan menggunakan structural equation modeling untuk menguji model pengukuran dan model struktural. Studi menunjukkan bahwa divergent organizational change terjadi sebagai hasil dari influence process, yang melibatkan power yang dimiliki aktor perubahan untuk menginisiasi dan mengimplementasikan perubahan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal mastery dan network centrality mempengaruhi institutional entrepreneurship, dan bahwa institutional entrepreneurship mempengaruhi terjadinya divergent organizational change. Namun demikian, hasil studi menunjukkan bahwa personality tidak mempengaruhi institutional entrepreneurship. Penelitian ini juga mengkaji peran engagement to change sebagai variabel moderasi yang mempengaruhi hubungan personal mastery, personality dan network centrality terhadap institutional entrepreneurship, dan peran engagement to change sebagai variabel moderasi yang mempengaruhi hubungan institutional entrepreneurship dengan divergent organizational change. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran engagement to change sebagai variabel moderasi tidak didukung oleh data.
ABSTRACT
The field of strategic management has been increasingly interested in the issues of organizational change, especially in today rsquo;s more dynamic and turbulent environments. As a consequence, the outcome of divergent organizational change performed by organizations determines whether or not they can survive the competition, The study is conducted to examine divergent organizational change from the perspective of influence process, which argues that there are actors in every change who have necessary power to initiate and implement such a change. This process is called institutional entrepreneurship.Based on literature studies on institutional entrepreneurship, it is identified that personal mastery, personality, and network centrality are required to initiate and implement divergent organizational change. This research is conducted in an Indonesian energy state-owned enterprise and involves 155 respondents, who are asked to fill out the questionnaire online. Data are analyzed using structural equation modeling to examine the measurement and structural models. The study shows that divergent organizational change occurs as a result of an influence process, which involves power to initiate and implement change.Furthermore, the results of this research demonstrate that personal mastery and network centrality influence institutional entrepreneurship, and that institutional entrepreneurship influences the occurrence of divergent organizational change. Personality, however, does not influence institutional entrepreneurship. This study also examines the role of engagement to change as a moderating variable that affects the impacts of personal mastery, personality and network centrality on institutional entrepreneurship; as well as studies the role of engagement to change as a moderating variable that influences the relationship between institutional entrepreneurship and divergent organizational change. The results show that the role of engagement to change as a moderating variable is not supported by data.
2018
D2458
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abi Zulfahmi
Abstrak :
Change is unavoidable in organizations. Changes in public organizations occur to meet the internal and external demands, and to enable organizations to advance. There are several factors at individual and organizational level. These factors are affective commitment, self-efficacy, satisfaction with co-workers, satisfaction to immediate supervisor, opportunities to participate, opportunities for growth, and respect in the workplace that influence the employee’s perception about the level of success in implementing organization changes; provided they are mediated by management communication and appropriateness of the change goals. This research intends to analyze how the individual and organizational factors influence employees’ perception in the change process at Directorate General of Fiscal Balance (DJPK). Respondents of the research conducted are employees of DJPK whereby purposive sample was employed. The collected data is analyzed using Partial Least Square (PLS). This research shows that perception of success in making change effort may be influenced by opportunities for growth.
Perubahan merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh setiap organisasi, termasuk organisasi publik. Organisasi publik memerlukan proses perubahan dalam rangka memenuhituntutan internal maupun eksternal agar tetap dapat berkontribusi pada kemajuannegara. Terdapat faktor-faktor individual dan organisasional seperti keyakinan diri, komitmenafektif, kepuasan terhadap rekan kerja, kepuasan terhadap atasanlangsung, kesempatan untuk berpartisipasi, kesempatan untuk mengembangkan diri, dan rasa hormat di lingkungan kerja yang berpengaruh terhadap persepsi keberhasilan usaha perubahan dari pegawai dengan dimediasi oleh komunikasi manajemen dan kelayakan usaha perubahan. Penelitian bertujuan untuk meninjau faktor-faktor tersebut pada proses perubahan di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK). Sampel penelitian merupakan pegawai dari DJPK. Data penelitian diolah dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesempatan untuk mengembangkan diri berpengaruh terhadap persepsi keberhasilan usaha perubahan saat dimediasi oleh kelayakan usaha perubahan.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60397
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Blake, Robert R.
Houston, Texas: Gulf, 1974
658 BLA c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hayzlett, Jeffrey W., 1960-
New York: McGraw-Hill, 2012
650 HAY r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Beckhard, Richard
Reading, MA: Addison-Wesley, 1969
658.11 BEC o
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>