Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riry Iptaria
"PT. XYZ merupakan salah satu distributor resmi telepon selular di Indonesia. Sebagai distributor resmi, PT. XYZ bekerja sama dengan berbagai partner bisnis untuk memperluas bisnisnya. Para partner bisnis diberikan nama dengan istilah pusat layanan servis. Pusat layanan servis dikelompokkan ke dalam beberapa level, yaitu pusat layanan servis level 2, level 2.5 dan level 2.5e. Pembagian level ini merupakan aturan yang diharuskan oleh principal pusat telepon selular di Singapura. Tanggung jawab dan pembagian kerja di masing-masing pusat layanan servis adalah sesuai dengan pembagian level mereka. PT. XYZ mempunyai 25 pusat layanan servis yang berada di berbagai daerah. Untuk memudahkan proses bisnisnya dengan para pusat layanan servis, PT XYZ berusaha membuat interkoneksi sistem servis dan sales. Kemudian lahirlah sistem tersebut yang diberi nama SCOUT (Service Center Online Automation Transaction). Sistem SCOUT adalah aplikasi pertama di PT. XYZ yang membuat jalur baru proses bisnis menghubungkan kantor pusat dengan para pusat layanan servis. Sistem SCOUT dikembangkan oleh sebuah vendor yang bergerak di bidang konsultan dan pengembang e-business. Selama berjalannya sistem SCOUT, ternyata ditemukan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh pihak internal PT. XYZ dan pusat layanan servis. Permasalahan tersebut nantinya akan menjadi dasar untuk pengembangan sistem SCOUT dan menjadikan sistem yang ideal. Proyek akhir ini berusaha melakukan evaluasi terhadap implementasi sistem SCOUT, yaitu aktivitas service dan sales di PT. XYZ. Kemudian dari evaluasi tersebut akan dihasilkan suatu rekomendasi rancangan baru dan design jaringan yang baru.

PT. XYZ is an official distributor of a mobile phone brand in Indonesia. The company cooperates with a business partner to expand its business. This business partner is a service center. The service center concept is divided into three levels: level 2, level 2.5, and level 2.5e. The division of levels is based on rules created by the Singapore-based mobile phone principal. In each level the responsibilities and job specifications of a service center are specified. PT. XYZ has 25 service centers in every province. To make its business processes more efficient, PT. XYZ tries to integrate the business with a service and sales system. A system named SCOUT (Service Center Online Automation Transaction) was created. The new system makes it easier for service centers to connect with the head office and vice-versa. SCOUT system was developed by a consulting and e-business developer vendor. Many problems have been faced by PT. XYZ since the company started using the SCOUT system. Those issues created by the new system provide a basis to improve the system. This final project evaluates the implementation of the SCOUT system, the service and sales activity system at PT XYZ. Based on the result of that evaluation, recommendations for new system and network designs are discussed."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
PA-85
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Nurul Karima
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menjadi anteseden kepercayaan sekaligus mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap perilaku pengguna. Penelitian ini merupakan studi empiris mengenai prilaku pengguna layanan online restaurant search and discovery, Zomato. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa source credibility, information quality, dan customer satisfaction perlu dikelola karena signifikan mempengaruhi perceived website trust Zomato. Website quality perlu memenuhi customer satisfaction sehingga dapat mempengaruhi perceived website trust. Perceived website trust mendorong pengguna menerapkan rekomendasi yang ada di website Zomato dan menyebarkan positif word of mouth

The purpose of this study was to determine the factors that are antecedents of trust and its influence in user behavior. This research is an empirical study on user behavior of online service restaurant search and discovery, Zomato . This research uses quantitative methods with descriptive design. The results of this study suggest that the source of credibility, information quality, and customer satisfaction is important to be managed because it significantly affects the perceived website trust of Zomato. Website quality should fulfill customer satisfaction so that it can affect perceived website trust. Perceived website trust, encouraging users to adopt the recommendations in Zomato website and spread positive word of mouth"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchamad Ganda Gunawan
"Tulisan ini membahas tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan informasi pada ulasan online aplikasi kencan. Penelitian ini diadaptasi dari penelitian Filieri & McLeay pada tahun 2013 tentang adopsi informasi wisatawan dari ulasan online. Dengan menerapkan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan kuesioner online dari 127 responden yang mencari informasi tentang aplikasi kencan. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik eksplanatif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) demi membuktikan hipotesis-hipotesis penelitian. Dengan mengimplementasikan Elaboration Likelihood Model (ELM), studi ini menjadikan central route (dibagi dalam dimensi ketepatan waktu informasi, informasi yang dapat dimengerti, relevansi informasi, akurasi informasi, nilai informasi yang ditambahkan, serta kelengkapan informasi) dan peripheral route (terdiri dari dimensi kuantitas informasi dan peringkat produk) sebagai variabel induk independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan waktu informasi, relevansi informasi, dan kelengkapan informasi menjadi dimensi-dimensi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan informasi pada ulasan online aplikasi kencan. Sedangkan akurasi informasi dan kuantitas informasi tidak memiliki pengaruh yang kuat.

This paper discusses about analysis of the factors that influence adoption of information in online reviews of dating applications. This research was adapted from Filieri & McLeay's in 2013, research on how tourists' adoption of information from online reviews. By applying a quantitative approach, this research used an online questionnaire from 127 respondents who were looking for information about dating applications. The data analysis method was carried out using explanatory statistical analysis and Structural Equation Modeling (SEM) analysis to prove the research hypotheses. By implementing the Elaboration Likelihood Model (ELM), this study specified the central route (divided into information timeliness, information understandability, information relevance, information accuracy, value-added information, and information completeness) and peripheral route (consisted of information quantity and product ranking) as independent variables. The research results show that information timeliness, information relevance, and information completeness are dimensions that have significant influence on receiving information in online reviews of dating applications. Meanwhile, information accuracy and information quantity do not have a strong influence."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panggabean, Rehulina Aglaia
"Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan koneksi seluler di Indonesia, transformasi digital dengan cepat mengambil alih dan meningkatkan kualitas hidup dengan mengembangkan cara orang berkomunikasi, berinteraksi, dan bertransaksi. Implikasi dari kemajuan teknologi yang dibawa untuk memudahkan aktivitas sehari-hari masyarakat adalah inovasi alternatif angkutan umum, yaitu layanan ride-hailing. Dengan hadirnya beberapa penyedia jasa ride-hailing yang saling bersaing di Indonesia, loyalitas pelanggan terhadap merek tertentu menarik untuk ditelaah. Penelitian deskriptif kuantitatif ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam konteks ini. Sebanyak 398 responden yang merupakan pengguna layanan ojek online dikumpulkan secara purposive sampling dan data diolah menggunakan Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasilnya menunjukkan bahwa perceived benefits of ride-hailing app, perceived sales promotion, perceived app-related risks dan perceived vehicle and driver-related risks berperan penting dalam memprediksi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan secara langsung. Sedangkan perceived service quality tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan tetapi memiliki efek mediasi melalui kepuasan pelanggan.

With the increasing number of internet users and cellular mobile connections in Indonesia, digital transformation is rapidly taking over and improving the quality of life by evolving the way people communicate, interact, and make transactions. An implication of technological advancements that has been brought to ease people’s daily activities is the innovation in public transport alternative, ride-hailing services. With the presence of several competing ride-hailing providers in Indonesia, the loyalty of customers towards a particular brand is interesting to be explored. This quantitative descriptive research is conducted to analyze the factors influencing customer satisfaction and loyalty in this context. A total of 398 respondents who are recent customers of motorcycle ride-hailing services were collected using purposive sampling and the data was processed using Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The findings suggest that perceived benefits of ride-hailing app, perceived sales promotion, perceived app-related and vehicle and driver-related risks play a significant role in predicting both customer satisfaction and customer loyalty directly. Meanwhile, perceived service quality has no significant direct effect on customer loyalty but has a mediating effect through customer satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad M. Sjarif Hidayatullah
"Jakarta Evolution (JAKEVO) merupakan sistem pelayanan daring perizinan dan non-perizinan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui sistem satu pintu yang direncanakan dapat melayani dan memproses sebanyak 296 jenis izin dan non-izin. Berdasarkan Laporan Penyelenggaraan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020, diketahui bahwa JAKEVO baru dapat melayani 266 jenis izin dan non-izin atau sebesar 90% dari target Rencana Strategis DPMPTSP 2017-2022 pada indikator Persentase Layanan Perizinan dan Non-Perizinan secara Online untuk tahun 2020 yang sebesar 100%. Selain itu berdasarkan besarnya investasi dalam pengembangan JAKEVO, didapatkan data bahwa JAKEVO baru dapat menarik pengguna sebanyak 692.988 user. Berdasarkan penelusuran permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan layanan dari JAKEVO. Penelitian ini menggunakan modifikasi model kesuksesan Delone and McLean. Metodologi penelitian yang digunakan adalah campuran dimana data kuantitatif didapatkan melalui penyebaran kuesioner terhadap 197 responden dan data kualitatif didapatkan dari hasil wawancara. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 79.8% model yang digunakan pada penelitian ini dinyatakan fit/baik. Dari 9 faktor dan 17 hipotesis awal yang digunakan pada penelitian ini, dihasilkan 8 faktor yang terbukti signifikan mempengaruhi kesuksesan layanan dari sistem JAKEVO dan 12 hipotesis diterima. Faktor Information Quality, Service Quality, Trust, Perceived Usefulness, User Satisfaction, Intention to Use, EWOM Intention, dan Organization Performance terbukti signifikan mempengaruhi kesuksesan layanan sistem JAKEVO. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu DPMPTSP harus fokus dalam pengembangan dan peningkatan faktor kualitas sistem dari JAKEVO, DPMPTSP juga harus meningkatkan fitur keamanan informasi agar JAKEVO hanya dapat di akses oleh user yang valid saja, JAKEVO harus dapat diakses kapanpun, dan terdapat petugas stand-by 24/7 untuk membantu pengguna yang mengalami kendala dalam menggunakan JAKEVO di luar jam kantor.

Jakarta Evolution (JAKEVO) is an online permits and non-permits service system owned by the DKI Jakarta Provincial Government through a one-stop system that is planned to serve and process as many as 296 types of permits and non-permits. Based on the 2020 DKI Jakarta Provincial DPMPTSP Implementation Report, it is known that JAKEVO can only serve 266 types of permits and non-permits or 90% of the target of 2017-2022 DPMPTSP Strategic Plan on the Percentage indicator of Online Permit and Non-Permit Services for 2020 which by 100%. In addition, based on the amount of investment in the development of JAKEVO, data obtained that JAKEVO has only been able to attract 692,988 users. Based on these problems, it is necessary to analyze the factors that influence the success of JAKEVO’s services. This study uses a modified Delone and Mclean success model. The research methodology used is mixed methods where quantitative data is obtained from distributing questionnaires to 197 respondents and qualitative data is obtained from interviews. Quantitative data processing is done by PLS-SEM. The results showed that 79.8% of the models used in this study were declared fit. Of the 9 factors and 17 initial hypotheses used in this research, 8 factors were proven to significantly influence the service success of the JAKEVO system and 12 hypotheses were accepted. Information Quality, Service Quality, Trust, Perceived Usefulness, User Satisfaction, Intention to Use, EWOM Intention, and Organization Performance factors have been shown to significantly influence the success of JAKEVO system services. Recommendations that can be given are DPMPTSP must focus on developing and improving the quality factor of the system from JAKEVO, DPMPTSP must also improve information security features so that JAKEVO can only be accessed by valid users, JAKVEO must be accessible at any time, and there are 24/7 stand-by officers to help users who have problems using JAKEVO outside of office hours.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fira Nabilla
"Revolusi industri 4.0 pada era digital mendorong perkembangan teknologi dengan pesat. Salah satu bidang yang terus berkembang dan mengadopsi teknologi adalah e-commerce. E-commerce sendiri tidak hanya bergerak di bidang bisnis namun juga sekarang telah merambah dunia kesehatan. Salah satunya adalah Kimia Farma dengan aplikasi Kimia Farma Mobile. Kimia Farma Mobile memiliki beberapa fitur yaitu layanan klinik, layanan laboratorium dan layanan apotek. Apotek kimia farma 07 Juanda Bogor melayani resep dengan pembayaran tunai dan resep dengan pembayaran kredit (BPJS dan inhealth). Dalam fitur tebus resep pada Kimia Farma Mobile, resep yang dilayani berupa resep pembayaran tunai. Pelayanan resep kredit khususnya BPJS masih belum dapat dilakukan melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Banyaknya antrian, proses verifikasi dokumen pada saat pasien datang, penyiapan obat dan penulisan etiket secara manual, merupakan hal- hal yang mempengaruhi waktu tunggu pasien. Selain itu, pada fitur tebus resep, untuk resep tunai, pilihan yang tersedia adalah obat yang diresepkan akan diantarkan ke alamat dan tidak ada pilihan untuk pengambilan obat di Apotek apabila pasien ingin ambil obat langsung ke Apotek dengan kondisi tertentu. Hal tersebut dapat diatasi dengan dibuatnya sistem yang terintegrasi antara pelayanan resep BPJS dengan Kimia Farma Mobile sehingga mengoptimalkan pelayanan resep di Apotek Kimia Farma 07 Bogor dan penambahan pilihan pada fitur tebus resep, obat diantar ke alamat atau pasien ambil di Apotek. Perbaikan sistem secara berkala perlu dilakukan pada aplikasi Kimia Farma Mobile khususnya pada fitur tebus resep saat proses verifikasi diri.

The industrial revolution 4.0 in the digital era has driven technological developments rapidly. One area that continues to develop and adopt technology is e-commerce. E-commerce itself is not only engaged in business but has also now penetrated the world of health. One of them is Kimia Farma with the Kimia Farma Mobile application. Kimia Farma Mobile has several features, namely clinic services, laboratory services, and pharmacy services. Kimia Farma Pharmacy 07 Juanda Bogor serves prescriptions with cash payments and prescriptions with credit payments (BPJS and in health). In the recipe redemption feature on Kimia Farma Mobile, recipes served are cash payment recipes. Credit prescription services, especially BPJS, still cannot be done through the Kimia Farma Mobile application. The number of queues, the process of verifying documents when patients arrive, preparing medicines, and writing labels manually, are things that affect patient waiting time. In addition, in the redeem prescription feature, for cash prescriptions, the available options are that the prescribed drug will be delivered to the address and there is no option to pick up the drug at the Pharmacy if the patient wants to take the drug directly to the Pharmacy under certain conditions. This can be overcome by creating an integrated system between BPJS prescription services and Kimia Farma Mobile to optimize prescription services at the Kimia Farma 07 Bogor Pharmacy and add options to the redeem prescription feature, drugs delivered to the address, or patients picked up at the Pharmacy. Periodic system improvements need to be made to the Kimia Farma Mobile application, especially the recipe redemption feature during the self-verification process. 
 
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Nasha Dito Putri
"Aplikasi e-Open (Elektronik Online Pelayanan Kependudukan) merupakan sebuah bentuk pelayanan elektronik yang dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi. Pembentukan aplikasi e-Open ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat Kota Bekasi mendapatkan berbagai pelayanan administrasi kependudukan hanya dalam satu aplikasi. Akan tetapi, masih terdapat sejumlah permasalahan seperti sulitnya pengguna mengakses aplikasi e-Open, sistem yang tidak berjalan dengan baik saat sedang mengajukan permohonan, keterlambatan waktu proses layanan, serta informasi terbaru yang tidak sampai kepada masyarakat. Masalah- masalah tersebut dapat mempengaruhi keberhasilan penggunaan layanan e-Government pada aplikasi e-Open, sehingga dalam penelitian ini faktor-faktor yang mendeterminasi penggunaan layanan pada aplikasi e-Government menjadi fokus dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data mixed method, yaitu menggabungkan antara metode kuantitatif yakni survei dan metode kualitatif berupa wawancara mendalam dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis dari teori yang telah dikemukakan oleh Yadav et al. (2019) terkait faktor yang paling mendeterminasi penggunaan aplikasi e- Open di Kota Bekasi adalah keamanan dan privasi. Sedangkan, faktor yang terdapat pada urutan terakhir dalam mendeterminasi penggunaan layanan pada aplikasi e-Open adalah kemudahan penggunaan dalam layanan yang ditawarkan.

The e-Open (Electronic Online Population Services) application is a form of electronic service created by the Bekasi City Population and Civil Registry Service (Disdukcapil). The establishment of the e-Open application aims to make it easier for the people of Bekasi City to get various population administration services in just one application. However, there are still a number of problems such as difficulty for users to access the e-Open application, a system that does not work properly when submitting requests, delays in service processing time, and the latest information that does not reach the public. These problems can affect the successful use of e-Government services in e- Open applications, so that in this study the factors that determine the use of services in e-Government applications are the focus of this study. This study uses a quantitative approach with mixed method data collection techniques, which combines quantitative methods, namely surveys and qualitative methods, in the form of in-depth interviews and literature studies. The research results show that based on the results of the analysis of the theory proposed by Yadav et al. (2019) regarding the factors that most determine the use of the e-Open application in Bekasi City are security and privacy. Meanwhile, the last factor in determining the use of services in the e-Open application is the ease of use of the services offered."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvin Hariman
"Di era pandemi ini, banyak sekali kegiatan yang mengharuskan kita untuk dilakukan secara online. Kegiatan bisnis yang awalnya dilakukan secara tunai juga telah berubah menjadi non tunai, seperti menggunakan switching bill payment. Akan tetapi, jika terdapat banyak pengguna yang melakukan request, maka biller dapat mengalami overloaded dan menjadi tidak responsif. Oleh karena itu, penulis ingin membuat sebuah circuit breaker yang dapat menentukan kondisi dari biller kemudian memutuskan koneksi antara switching dengan biller jika biller tersebut dalam kondisi yang kurang baik. Circuit breaker yang ada akan diimplementasi menggunakan 2 service, dimana service pertama akan memiliki sebuah library circuitbreaker dalam bentuk decorator yang memiliki fungsi memutuskan atau menyambungkan koneksi antara switching dan biller. Service lainnya dari circuit breaker yaitu service model yang berfungsi sebagai penentu apakah suatu biller sedang berada dalam kondisi normal atau tidak. Cara service tersebut menentukan kondisi biller adalah dengan menggunakan sebuah dataset dummy yang kemudian dilakukan transformasi menggunakan Sequence Graph Transform (SGT). Kemudian, dataset yang telah ditransformasi tersebut akan dilakukan training menggunakan tensorflow untuk menghasilkan suatu model yang dapat melakukan prediksi terhadap kondisi biller. Penerapan circuit breaker ke sebuah switching bill payment dapat memberikan kenyamanan kepada pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran berupa layanan yang cepat dari switching tersebut.

In this pandemic era, there are a lot of activities that requires us to do it online. Business activity that is done by using cash has now become cashless, like for example by using switching bill payment. However, if there is a lot of users making a request, there is a chance that the switch will be overloaded and it will become unresponsive. As a result, the author tried to create a circuit breaker that is able to determine biller's condition and if it is in bad condition then the circuit breaker will cut off the connection. The circuit breaker will be implemented using 2 services in which one of the services will have a circuitbreaker library in a shape of decorator . The other service is a service model where it will decide if a biller is in a normal condition or not. The way it determines biller's condition is by using a dummy dataset that is transformed using Sequence Graph Transform (SGT). Then, the transformed dataset will be trained using TensorFlow to produce a model that can be used to predict biller's condition. Implementing a circuit breaker into a switching bill payment gives convenience to the user in doing payment transactions by giving them a fast service from the switching.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Shafira Febrianti
"Di tengah pandemi COVID-19 penyelenggaraan pelayanan publik melakukan penyesuaian berupa pemanfaatan teknologi informasi (online). Salah satunya Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Pembiayaan Kesehatan (Yankesru dan PK) Dinas Kesehatan Kota Depok yang juga melakukan penyesuaian pada Pelayanan Surat Jaminan Pelayanan (SJP) menjadi online berbasis aplikasi. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelayanan prima pada Pelayanan SJP Online saat pandemi COVID-19 sebagai perwujudan prinsip good governance. Desain penelitian berupa kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan telaah data sekunder. Model evaluasi berupa sistem IPO (Input, Process, dan Output). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan Pelayanan Surat Jaminan Pelayanan (SJP) Online sudah cukup prima sesuai standard pelayanan prima menurut UU Nomor 25 Tahun 2009 dan Permen PAN dan RB RI Nomor 15 Tahun 2014, meskipun masih terdapat kendala-kendala seperti, kurangnya Pegawai Verifikator Medis dan Penanggungjawab SJP Online, sarana dan prasarana belum memadai, belum disahkannya SOP dan perencanaan kegiatan pelayanan prima, beban moriil bagi pegawai, pemahaman SJP yang belum optimal dari beberapa Pegawai, Puskesmas, dan Masyarakat Wilayah Kota Depok, serta kurangnya sosialisasi fasilitas pengaduan. Meskipun demikian, Seksi Yankesru dan PK terus melakukan upaya perbaikan dan peningkatan pada Layanan SJP Online agar pelayanan prima dapat tercapai seutuhnya.

During the COVID-19 pandemic, many public services made adjustments to the online system, including the Service Guarantee Letters (SJP) in the Health Referral System and Health Financing Section that using application-based online. Therefore, this study aims to know the overview of excellent service evaluation in the SJP Online Services in the era of the COVID-19 to realize the principles of good governance. This research uses qualitative methods with descriptive analysis through observation, in-depth interviews, and secondary data analysis. The evaluation model is using an IPO system (Input, Process, and Output). The results found that the excellent service aspects in the SJP Online Services were quite good because most of them were relevant with Law Number 25 of 2009 and Ministerial Regulation Number 15 of 2014. However, there are still problems going on like inadequate of Medical Verification Staff, Coordinator of SJP, and facilities, not yet ratified SOP and planning of excellent service activities, the moral burden felt by officers, the understanding of users and providers are not optimal yet, and complaint facilities are less socialized. Although, the Health Referral System and Health Financing continue to improve the SJP Online Services."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library