Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Saktioko
Abstrak :
[ABSTRAK
Orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamik telah menjadi subjek penelitian yang menarik berkaitan dengan organisasi yang menghadapi ketidakpastian lingkungan eksternal. Implementasi dari orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamik diharapkan mampu mendorong kinerja organisasi ke tingkat yang lebih tinggi. Penelitian ini mengenai analisis pengaruh dari orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamik terhadap kinerja dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan eksternal. Unit analisisnya merupakan karyawan manajerial bandar udara yang dikelola salah satu Badan Usaha Milik Negara di Indonesia. Hasil temuannya adalah walaupun orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif terhadap kapabilitas dinamik, namun orientasi kewirausahaan tidak memiliki pengaruh terhadap peningkatan kinerja. Kombinasi antara orientasi kewirausahaan dan kapabilitas dinamik merupakan sumber potensial untuk menciptakan keunggulan kompetitif dan peningkatan kinerja dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan eksternal.
ABSTRACT
Orientation entrepreneurial and dynamic capability have been the subject of interesting research related to organization facing uncertainty of the external environment. Implementation of entrepreneurial orientation and dynamic capability are expected to drive performance of the organization to a higher level. This study about the effect of entrepreneurial orientation and dynamic capabilities on performance in the face of the uncertainty of external environment. The unit of analysis are airports managerial employees managed by one of the State-Owned Enterprises in Indonesia. Although its findings are entrepreneurial orientation has a positive influence on the dynamic capability, but entrepreneurial orientation has no influence on performance improvement. The combination of entrepreneurial orientation and dynamic capabilities are potential sources for creating competitive advantage and achieve higher performance dealing with external environment uncertainty, Orientation entrepreneurial and dynamic capability have been the subject of interesting research related to organization facing uncertainty of the external environment. Implementation of entrepreneurial orientation and dynamic capability are expected to drive performance of the organization to a higher level. This study about the effect of entrepreneurial orientation and dynamic capabilities on performance in the face of the uncertainty of external environment. The unit of analysis are airports managerial employees managed by one of the State-Owned Enterprises in Indonesia. Although its findings are entrepreneurial orientation has a positive influence on the dynamic capability, but entrepreneurial orientation has no influence on performance improvement. The combination of entrepreneurial orientation and dynamic capabilities are potential sources for creating competitive advantage and achieve higher performance dealing with external environment uncertainty]
2015
T43659
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rusbiansyah Perdana Kusuma
Abstrak :
Penelitian ini mengkaji pengaruh Orientasi pasar dan Orientasi Wirausaha terhadap kinerja pengembangan produk baru pada Industri fashion di DKI Jakarta. Dalam penelitian ini, peneliti juga menambahkan variabel moderasi yaitu turbulensi lingkungan dan Networking Capability untuk menguji apakah masing-masing variabel tersebut dapat meningkatkan pengaruh Orientasi pasar dan Orientasi Wirausaha terhadap kinerja pengembangan produk baru. Alat uji yang digunakan adalah SEM PLS. Penelitian ini berimplikasi secara teoritis dan manajerial. Secara teoritis, penelitian ini berkontribusi memperkaya konsep strategic entrepreneurship dan secara manajerial memberikan arah kepada manajer maupun pelaku usaha dalam menerapkan Oreintasi Pasar dan Orientasi Wirausaha dan juga factor yang mempengaruhinya terhadap pengembangan produk baru. Dengan demikian tingkat manajerial dapat menciptakan faktor-faktor pendukung yang kuat dalam rangka meningkatkan kinerja dari Pengembangan produk baru. ......This study examines the effect of market orientation and entrepreneurial orientation on the performance of new product development in the fashion industry in DKI Jakarta. In this study, researchers also added moderating variables namely environmental turbulence and Networking Capability to test whether each of these variables can increase the influence of market orientation and entrepreneurial orientation on the performance of new product development. Test equipment used is SEM PLS. This research has theoretical and managerial implications. Theoretically, this research contributes to the enrichment of the concept of strategic entrepreneurship and managerially provides direction to managers and business people in implementing Market Ore across and Entrepreneurial Orientation and also the factors that influence it on new product development. Thus the managerial level can create strong supporting factors in order to improve the performance of new product development.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T55488
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vendre Virgorita
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi kepada pelanggan dan orientasi kewirausahaan terhadap persepsi mengenai efisiensi dan efektivitas ritel kecil. Data untuk penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu penyebaran kuesioner secara langsung pada 130 pemilik ritel kecil dan diolah menggunakan program SPSS 22 dan LISREL 8.51. Penelitian ini dilakukan di Kota Depok, Jawa Barat. Setelah penelitian dilakukan selama bulan April hingga Juni 2015 didapati penerapan strategi orientasi pelanggan pada ritel kecil berpengaruh secara positif terhadap kinerja bisnis. Lain halnya dengan orientasi kewirausahaan yang tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja bisnis melainkan harus mempengaruhi orientasi pelanggan terlebih dahulu. Dimana orientasi kewirausahaan juga mempengaruhi terjadinya orientasi pelanggan. Kinerja bisnis yang dimaksudkan pada penelitian ini yakni efisiensi dan efektivitas.
ABSTRACT
This study aimed to analyze the effect of orientation to customer and entrepreneurial orientation towards effectiveness and efficiency perceptions of small retail. Data for this research using quantitative methods for distributing questionnaires directly to the 130 owners of small retail and processed using SPSS 22 and LISREL 8.51. This research was conducted in Depok City, West Java. After the study was conducted during the months of April to June 2015 found the application of the strategy of customer orientation on small retail impact positively on the performance of the business. As with the entrepreneurial orientation that does not directly affect business performance, but should affect customer orientation first. The entrepreneurial orientation also affect the occurrence of customer orientation. Business performance intended in this research are effectiveness and efficiency.
2014
S59929
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Pearce, Craig L.
Jakarta: Ufuk Press, 2010
658.421 PEA dt
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
F.D. Wara Timur Hayuwardhani
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang dengan self-efficacy terhadap motivasi berwirausaha pada mahasiswa perguruan tinggi program magister. Penelitian dilakukan pada 211 orang mahasiswa program magister manajemen dengan menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel self-efficacy terhadap variabel motivasi berwirausaha lebih kecil daripada pengaruh tidak langsug self-efficacy terhadap motivasi berwirausaha melalui variabel persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang. Hasil ini sekaligus memperkuat hasil-hasil penetitian sebelumnya bahwa persepsi terhadap kemampuan mengenali peluang sebagai faktor kognitif berperan positif dalam mempengaruhi minat seseorang untuk berwirausaha. Dengan demikian, persepsi terhadap kemarnpuan mengenali peluang lebih berperan daripada self-efficacy dalarn mendorong seseorang untuk berwirausaha. Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya adalah: (1) mengingat besarnya pengaruh persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang terhadap pilihan karir usaha mandiri, perlu diberikan pelatihan-pelatihan atau materi mengenai kewirausthaan di sekotah-sekolah, (2) penelitian dapat dilakukan pada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain balk negeri maupun swasta, sehingga dapat diperoleh gambaran yang lebih komprehensif, (3) penelitian mengenai pengaruh kreativitas, pngetahuan sebelurnnya (prior knowledge) dan faktor kognitif seperti peran mental skema terhadap persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang perlu dilakukan mengingat dalam penelitian ini yang diuji hanyalah kewaspadaan (allertness), (4) penelitian lanjutan mengenai hubungan yang sating mempengaruhi antara perspesi rnengenai kernampuan mengenali petuang dan self-eficacy motivasi berwirausaha dan (5) Teknik wawancara mendalarn dan focus group discussion dapat digunakan untuk melengkapi hasil penelitian, karena dalam penelitian ini kedua hal tersebut belum dilakukan. ......The purpose of this study is to examine the influence of perception of opportunity recognition ability and self-efficacy to entrepreneurial motivation on university students of magister program. This study administered the measure of structural equation modelling to 211 students of magister management program. Results showed that the direct influence of self-efficacy variable is smaller than the indirect influence of self-efficacy to entrepreneurial motivation through variable of perception of opportunity recognition ability. The result is strengthening the prior result that perception of opportunity recognition ability as cognitive factor had positive role in influencing people's interest to entrepreneurship. Thus, perception of opportunity recognition ability has more important role than self-efficacy in pursuing individual to become an entrepreneur. Suggestions for future research are: (1) since the important role of perception of opportunity recognition ability to entrepreneurial motivation, it is recommended to have trainings and entrepreneurial material program at schools, (2) study could be conducted on student of the other private and state universities, in order to obtained more comprehensive output, (3) it is needed to study about the role of creativity, prior knowledge and other cognitive factors such as schema mental to opportunity recognition because of the only factor of allertness that has been examined in this study, (4) further research to study mutual-relationship of perception of opportunity recognition and self-efficacy, and (5) depth interview and focus group discussion techniques could be used to add the results of this study.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
T34341
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sihombing, Elysabeth
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini mengadopsi dari penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti di Malaysia. Tujuan utama skripsi ini adalah mengetahui faktor kompetensi wirausaha yang dapat berpengaruh terhadap kesuksesan wirausaha. Faktor kompetensi wirausaha antara lain adalah kompetensi strategis, kompetensi konseptual, kompetensi peluang, kompetensi hubungan, kompetensi belajar, kompetensi pribadi, kompetensi etis, dan kompetensi familiisme. Semakin banyak kompetensi yang dimiliki wirausaha, semakin besar kesuksesan wirausaha tersebut secara finansial dan non finansial. Penelitian ini juga melihat seberapa besar pengaruh lingkungan bisnis terhadap hubungan tersebut.
ABSTRACT
This research adopted studies that conducted by researches in Malaysia. This research aim to determine the entrepreneurial competency factors can be impact for entrepreneurial success. The factor is strategic competency, conceptual competency, opportunity competency, relationship competency, learning competency, personal competency, ethical competency, and familism competency. Competency of entrepreneur can increase the entrepreneurial success (financial and non-financial). This study also observe at how much business environment influence that relationship.
2013
S46871
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Katz, Jerome A.
Boston: McGraw-Hill, 2007
658.421 KAT e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Lukman Hakim
Jakarta: Buku Kita, 2008
647 LUK i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Clair, Guy St.
London: Bowker, 1996
025.1 CLA e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>