Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Astrid Nova Fortuna
Abstrak :
Latar Belakang : Rasa takut pada saat melakukan perawatan gigi menimbulkan hambatan yang signifikan untuk menerima perawatan gigi dan  hambatan bagi setiap dokter gigi dalam usaha peningkatan kesehatan gigi khususnya pada masyarakat. Hingga saat ini, masyarakat masih banyak yang menunda ke dokter gigi karena perasaan takut. jika tidak ditangani, dan dapat terus memengaruhi kesehatan mulut, sistemik, dan psikologis. Tujuan : untuk mengetahaui karakteristik rasa takut dalam perawatan gigi pada siswa SMA 64 Jakarta. Metode : Studi cross-sectional kepada 444 siswa SMA 64 Jakarta pada September hingga November 2022 menggunakan kuesioner online yang berisi 15 pertanyaan.  Hasil : nilai Cronbach Alpha adalah 0,901. hasil uji korelasi mann whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara jenis kelamin dan riwayat kunjungan ke dokter gigi pada dental fear siswa SMA 64 Jakarta (p<0.05). Hasil uji kruskall walls menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pendidikan terakhir orang tua dan frekuensi ke dokter gigi pada dental fear siswa SMA 64 Jakarta  (p>0.05). Empat faktor dengan nilai eigen di atas 1,00 diidentifikasi, yang secara kolektif menjelaskan 68,93% dari varians. Faktor-faktor tersebut adalah faktor 1 yaitu ‘takut pada prosedur gigi biasa’ yang terdiri dari 5 item, faktor 2 adalah takut prosedur gigi kurang invasif yang terdiri dari 4 item, Faktor 3, 'Ketakutan terhadap aspek medis umum pengobatan dan penyuntikan', terdiri dari 4 item. Faktor 4, 'takut pada orang asing', terdiri dari 2 item. Lebih lanjut, empat faktor juga dental fear ditemukan pada siswa perempuan dan laki-laki. Kesimpulan : Mayoritas siswa SMA 64 Jakarta yang merupakan perempuan mempunyai dental fear yang lebih tinggi daripada  laki - laki. Terdapat perbedaan yang signifikan antara jenis kelamin dan riwayat kunjungan ke dokter gigi pada dental fear siswa SMA 64 Jakarta. Serta, teridentifikasi empat faktor kekuatan berbeda yang berkaitan dengan dental fear pada siswa SMA 64 Jakarta. ......Background : Dental fear pose a significant barrier to receiving dental treatment and obstacles for every dentist in efforts to improve dental health, especially in the community. Until now, there are still many people who delay going to the dentist because they are afraid. if unaddressed, and can continue to affect oral, systemic, and psychological health. Objective : To know the characteristics of dental fear among students in SMA 64 Jakarta.  Methods : A cross-sectional study of 444 students at SMA 64 Jakarta from September to November 2022 used an online questionnaire containing 15 questions. Results : The Cronbach’s alpha was 0.901. Mann whitney correlation test shown that there was a significant difference with gender and history of visits to the dentist in dental fear of SMA 64 Jakarta students (p<0.05). Kruskall walls correlation test shown that there was no significant difference with parents' last education and the frequency of going to the dentist in dental fear of SMA 64 Jakarta students (p>0.05). Four factors with eigenvalues above 1.00 were identified, which collectively explained 68,83% of the variance. These factors were as follows: Factor 1, ‘fear of usual dental procedures’ consisted of 5 items, factor 2, ‘fear of less invasive dental procedures’ consisted of 4 items, factor 3, ‘ Fear of general medical aspects of treatment and injections’, consisted of 4 items. Factor 4, ‘fear of strangers’, consisted of 2 items. Notably, four factors of dental fear were found in girls and boys. Conclusion : the majority students of SMA 64 Jakarta who are women have higher dental fear than men. There is a significant difference with gender and history of visits to the dentist in dental fear of SMA 64 Jakarta students, and four factors of different strength pertaining to dental fear were identified in students of SMA 64 Jakarta.
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cahya Aulia Ainani
Abstrak :
Latar Belakang: Kecemasan dental merupakan suatu perasaan negatif yang tidak beralasan saat berkunjung ke dokter gigi untuk melakukan perawatan gigi. Kecemasan dental ini dapat menjadi hambatan bagi pasien anak maupun dewasa dalam melakukan perawatan gigi. Pengalaman buruk dental seperti rasa sakit saat perawatan, sikap tim dokter gigi yang kurang ramah, serta adanya rasa malu yang timbul akibat kondisi gigi geligi dapat menjadi faktor yang menimbulkan kecemasan dental. Pengalaman dental tersebut dapat terjadi pada masa anak-anak, remaja, dan dewasa. Banyak penelitian yang telah dilakukan tentang hubungan kecemasan dental dengan pengalaman dental sebelumnya, salah satunya telah dibuktikan bahwa tidak adanya hubungan antara kecemasan dental dan pengalaman dental. Tujuan: Menganalisis hubungan kecemasan dental saat ini dan pengalaman dental pada anak yang pernah berkunjung ke dokter gigi. Metode: Data diambil secara daring dengan studi potong lintang pada siswa/i Bimbingan Belajar Nurul Fikri di seluruh wilayah DKI Jakarta menggunakan alat ukur berupa kuesioner CFSS-DS (Children’s Fear Survey Schedule-Dental Subscale) yang telah dimodifikasi urutannya dengan total subjek berjumlah 82 orang. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan SPSS. Hasil:  Persentase terbesar tingkat kecemasan dental tinggi terdapat pada pencabutan gigi atau ekstraksi gigi sebesar 15,52% dan berdasarkan Uji Chi-square terlihat terdapat hubungan yang tidak bermakna (p > 0,05) antara kecemasan dental saat ini dan jenis perawatan dental yang pernah dilakukan. Kesimpulan: Pada penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan yang tidak bermakna pada hubungan antara kecemasan dental saat ini dan pengalaman dental pada siswa/i Bimbingan Belajar Nurul Fikri di seluruh wilayah DKI Jakarta. ......Background: Dental anxiety is an unreasonable negative feeling when visiting the dentist for dental treatment. Dental anxiety can be an obstacle for pediatric and adult patients in performing dental care. Bad dental experiences such as pain during treatment, the unfriendly attitude of the dental team, and the embarrassment that arises due to the condition of the teeth can be factors that cause dental anxiety. These dental experiences can occur in childhood, adolescence, and adulthood. Many studies have been conducted on the correlation between dental anxiety and previous dental experiences, one of which has proven that there is no correlation between dental anxiety and dental experience. Objective: To analyze the correlation between current dental anxiety and dental experience in children who have visited the dentist. Methods: Data were collected online by cross-sectional study on Nurul Fikri Tutoring students throughout DKI Jakarta using a measuring instrument in the form of a CFSS-DS (Children's Fear Survey Schedule – Dental Subscale) questionnaire which has been modified in order with a total of 82 subjects. Data analysis was performed by univariate and bivariate analysis using SPSS. Results: The largest percentage of high dental anxiety levels was found in tooth extraction by 15.52% and based on Chi-square tests, it was seen that there was a non-significant correlation (p > 0.05) between current dental anxiety and types of dental treatment ever performed. Conclusion: In this study, it was found that there was a non-significant correlation between current dental anxiety and dental experience in Nurul Fikri Tutoring students throughout DKI Jakarta.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zuraida Usman Bany
Abstrak :
ABSTRAK
PeneIitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam tentang pengelolaan praktek kerja lapangan siswa SPRG Depkes Banda Aceh tahun 1999. Metode penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif Informan terdiri dari kelompok siswa yang telah melaksanakan PKL pada bulan Maret tahun 1999, kelompok guru SPRG, Kepala poli gigi dan mulut lahan praktek, instruktur lahan praktek, Kepala unit pendidikan SPRG dan kepala tata usaha SPRG Banda Aceh yang berkaitan dengan administrasi surat menyurat PKL. Keseluruhannya berjumlah 26 orang.

Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam (WM) terhadap Ka. poli gigi dan instruktur lahan praktek, KTU serta Ka. unit. Pendidikan SPRG dan diskusi kelompok terarah (DKT) terhadap kelompok guru dan kelompok siswa.

Dari hasil penelitian terlihat bahwa proses pengelolaan PKL mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian belum dilaksanakan sesuai dengan pedoman PKL SPRG yang dikeluarkan oleh Pusdiknakes. Hal lain yang penting adalah pada pelaksanaan kegiatan PKL tersebut yang mengkoordinir kegiatan adalah Ka.ur.klinik dimana seharusnya adalah Ka. ur.pendidikan.

Guru penanggung jawab mata pelajaran yang berkaitan dengan PKL serta pengajar yang menjadi guru pembimbing tidak pernah terlihat dalam perencanaan PKL. Pertemuan dengan instruktur klinik pun tidak pernah dilakukan. Akibatnya koordinasi antara institusi dengan lahan praktek tidak ada, sehingga menyebabkan adanya perbedaan persepsi antara guru sekolah dengan pembimbing lahan praktek tentang tujuan yang ingin dicapai yang mengacu kepada kompetensi yang dipersyaratkan. Ternyata selama ini belum pernah dilakukan suatu evaluasi yang menyeluruh bagaimana pengelolaan pelaksanaan kegiatan PKL SPRG Banda Aceh.

Untuk mengefektifkan kegiatan, maka disarankan sebagai penanggung jawab teknis kegiatan PKL adalah kepala unit pendidikan yang sesuai dengan pedoman Pusdiknakes. Begitu juga dengan pengelolaan PKL agar berhasil dengan baik, maka pelaksanaan kegiatannya harus mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah digariskan dalam pedoman PKL bagi SPRG yang dikeluarkan oleh Pusdiknakes, dilakukan pengelolaan hubungan kemitraan antara institusi pendidikan dengan lahan praktek serta program pembelajaran tuntas.

Oleh karena masih banyak guru yang belum mengikuti pelatihan Akta mengajar III dan Akta mengajar IV disarankan kepada Kanwil Depkes D.I Aceh untuk memfasilitasi pelatihan tersebut kepala guru-guru SPRG. Guru-guru yang berkualifikasi SPRG dipersiapkan untuk mengikuti pendidikan Diploma III Kesehatan Gigi.

Agar tugas-tugas rutin sekolah dapat berjalan dengan lancar, Pemda TK I Aceh memprioritaskan pengadaan transpor untuk SPRG.

Daftar bacaan : 31 (1975 -1999)

Analysis of Field Work Management to Improve the Quality of Education of Dentists Nursery School, Banda Aceh in 1999-Academic YearThis research has been done to obtain the depth information about the field to work maintenance of the students at Dentists Nursery School (SPRG) Depkes Banda Aceh in year 1999. The design of this research is a qualitative method. Analysis unit is the group of student whom already done the field work on March I999, the teachers at Dentist Nursery School, the head of tooth and mouth clinical in practice area, the clinical instructor at the practice site, the clinical instructor at the practice site, the head of unit education at dentist nursery school, the head of administration department at SPRG and all of them are 26 persons.

The process of gathering the data has been done with the depth interview for the head of tooth and mouth clinical and clinical instructor in practice area, the head of administration department at SPRG and the head of unit education at dentist nursery school and focus group discussion technique for the teachers and student group.

From this result shows that the maintain process of the field to work since the planning, organize, realization, observing and evaluation hasn't been done according to the manual of field to work SPRG which product by Pusdiknakes (The Center of Health Man Power Education Ministry of Health). Besides that, another important thing is coordinator of fieldwork was clinical department was organized of this field to work by educational department.

The teacher who has a responsibility of that subject which related with field work and also the teacher who has been as an instructor never been involved in planning process of field work, and it made the meeting with the clinical instructor never been done. It has a consequence, that the coordination between institutions with practice area wasn't good enough. It was made a different perception between the teachers and the instructor of the practice site about the purpose, suitable to competencies which being a pre-requirement/condition. There is an evaluation hasn't been done yet to maintain the realization of the fieldwork at Dentist Nursery School Banda Aceh.

Be made more effective this activity, the man who has a responsibility of this technique should be the Head of Education department according to the rules. To obtain the success of maintenance the field site, so that realization must be follow the rules in field work manual to Dentist Nursery School which guidance from Pusdiknakes, partner relationship management education department with practice area and final education program.

Many teachers have not follow the education/training of teaching's Akta III and Teaching's Akta IV yet, so I suggest to The Head of health Department. D.T. Aceh to allocate the fund in order to realize that training to dentist nursery school teacher. Qualified teachers dentists nursery school following to prepared D HI dentist nursery education.

In order to make the routine task well done, the Provincial DI Aceh government should make it as a priority for transportation.

References: 31 (1975 - 1999)

1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Wahyuni
Abstrak :
Organisasi sebagai sebuah sistem yang terbuka akan selalu dipengaruhi oleh lingkungan ekstemal dan lingkungan internal. Karena itu, setiap organisasi hams selalu menyesuaikan diri terhadap kondisi tersebut dan selalu peka terhadap perubahan apa yang sedang terjadi. Perubahan organisasi yang disebabkan akibat pengaruh faktor-faktor internal dan eksternal harus terencana dan dipersiapkan secara bail( dan menyeluruh oleh pihak-pihak terkait. Ladokgi TNI AL R.E.Martadinata merupakan organisasi yang melaksanakan tugas pokok dibidang kesehatan gigi dan mulut dinas pasien TNI AL. Selain itu, Ladokgi TNI AL REM juga memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut bagi masyarakat umum dalam rangka memperoleh dana tambahan bagi subsudi silang pasien dinas TNI AL. Adanya persaingan saat ini dan masa mendatang menuntut Ladokgi TNI AL untuk menentukan strategi apa yang tepat untuk menghadapi kondisi tersebut. Strategi tersebut kemudian diimplementasikan pada organisasi yaitu pada struktur organisasi Ladokgi yang saat ini masih belum ada kejelasan pengesahan dari pusat. Maka, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan posisi Ladokgi TNI AL REM saat ini dihadapkan berbagai faktor ekstemal dan internal yang mempengaruhi dan strategi untuk menghadapinya. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan Matriks TOWS (Treaths - Opportunitiess -- Weaknesses - Strengths) dan Analisis CPM ( Competitive Profile Matrix) dalam sebuah kelompok diskusi atau CDMG ( Conssensus Decision Making Group) yang beranggotakan pars pimpinan Ladokgi TNI AL REM. Hasil Matriks TOWS diperoleh bahwa posisi Ladokgi TNI AL REM herada pada kuadran 4 yaitu Future Quadrant dengan rekomendasi strategi yaitu divesifikasi yang masih terkait, pengembangan pasar, pengembangan produk, integrasi vertikal dan penetrasi pasar.. Hasil analisis CPM, posisi relatif Ladokgi TNI AL REM berada dibawah RSGM UI dan RSGM Trisakti dan diatas RSGM Dr.Moestopo dan Lakesgilut. Kelemahan Ladokgi dibanding RSGM UI dan RSGM Trisakti berada pada pengenalan nama dan lokasi/akses sehingga strateginya lebih menekankan pada faktor kelemahan tersebut. Strategi yang diperoleh selanjutnya diimpelementasi kedalam struktur organisasi sebagai usulan rancangan perubahan struktur Ladokgi TNI AL REM yang meliputi pembentukan RSGM sebagai strategi divesifikasi; penambahan bagian pemasaran pads struktur sebagai strategi penetrasi pasar, pengembangan pasar dan produk ; pembentukan klinik gigi satelit untuk mempermudah akses ke Ladokgi TNI AL REM sekaligus sebagai sarana pengenalan nama, integrasi, pengembangan pasar dan produk. Dari penelitian ini disarankan Ladokgi TNI AL REM meninjau ulang usulan struktur organisasi untuk disesuaikan dengan strategi, memanfaatkan kekuatan pada pembagian kerja dan fasilitas yang dimiliki serta dukungan anggaran pemerintah untuk meraih peluang banyaknya pangsa pasar dan melakukan evaluasi 1 audit internal terus menerus terhadap kinerja dan mutu pelayanan untuk mengatasi ancaman persaingan dan tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut.
Organization as an open system will always he influenced by internal and external environment. As a consequence, every organization has to adapt and be sensitive to this condition. Organizational change as a result of influence internal and external factors have to be planned and prepared well and throughout by related parties. The Institute of Dentistry R.E.Martadinata at Indonesian Navy (Ladokgi TNI AL RE.Martadinata) is an organization that provide oral and dental health care for members of the Indonesian Navy and their families. Also, Ladokgi TNI AL REM gives public services to obtain additional fund to subsidize internal patient. For present and future period, competition of oral and dental health care providers force Ladokgi TNI AL REM to determine strategy to face the competition. The Strategy will be implemented to organization in structure Ladokgi which there is no clarity until this time. So, this research has been done to get position of Ladokgi TM AL REM with various external and internal factors and what is the strategy. The research has been done according to qualitative with TOWS ( Treaths - Opportunities - Weaknesses - Strengths ) Matrix and CPM (Competitive Profile Matrix) analysis in a discussion group or CDMG ( Conssensus Decision Making Group) from all member head of Ladokgi TNI AL REM. The result of TOWS Matrix is Ladokgi TM AL REM position at kuadran 4, Future Quadrant. Rekomendations of strategic in Future Quadrant are consentric diversification, market and product development, integration and market penetration. The result of CPM analysis is position relative Ladokgi TNI AL REM under RSGM UI and RSGM Trisakti and above RSGM Dr. Moestopo and Lakesgilut. The Weaknesses of Ladokgi TNI AL REM compared to RSGM UI and RSGM Trisakti at name recognition and location or acces. So, its strategy more is emphasizing at weaknesses factor. Implementation strategy to structure as a recommendation of design changing structure organization Ladokgi TNI AL REM. It consists are making of RSGM as strategy of diversification ; marketing division as strategy market penetration, market and product development ; satellite clinic as acces to Ladokgi and also as strategy of market and product development and name recognition. This research suggests that Ladokgi TNI AL REM has to evaluate its organizational structure to adapt with the strategy, use the strength aspects in division of labor, their facilities and use government support budget to reach opportunities in the market, to internally audit of service quality and performance continuously to increase the number of consumer.
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T20304
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessie Andrean
Abstrak :
Amanat Undang-Undang dan Peraturan Menteri Kesehatan telah mewajibkan dokumentasi data dan informasi pelayanan kesehatan beralih ke metode digital. Untuk itu praktik mandiri dokter dan dokter gigi diminta mengalihkan penyelenggaraan rekam medis dari manual menjadi elektronik. Pembinaan dan pengawasan terhadap praktik mandiri dokter dan dokter gigi tersebut mengalami beberapa kendala. Untuk mengatasi kendala tersebut maka dirancang sistem informasi untuk praktik mandiri dokter dan dokter gigi yang menggabungkan fungsi penyelenggaraan rekam medis elektronik dengan pembinaan dan pengawasannya. Identifikasi kebutuhan terhadap sistem informasi diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Sistem informasi dikembangkan dengan metode System Development Life Cycle dengan pendekatan prototipe. Pengujian terhadap prototipe dilakukan dengan metode blackbox. Umpan balik terhadap prototipe dilakukan dengan wawancara mendalam. Penelitian ini menghasilkan prototipe sistem informasi untuk praktik mandiri dokter dan dokter gigi. Sistem dapat diakses 5 level pengguna yaitu Dinas Kesehatan Provinsi, Suku Dinas Kesehatan Kota, Puskesmas Kecamatan, Praktik Mandiri Dokter atau Dokter Gigi, dan Admin. Sistem informasi dapat memfasilitasi penyelenggaraan rekam medis elektronik, pencatatan dan pelaporan pelayanan kesehatan, serta diseminasi data dan informasi. Melalui sistem informasi ini praktik mandiri dokter dan dokter gigi dapat mendokumentasikan pelayanan kesehatan secara digital serta dapat membantu pemerintah melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengawasan. ......The mandate of the Laws and Regulations of the Minister of Health has made it mandatory for the documentation of data and information on health services to switch to digital methods. For this reason, the private practice of doctors and dentists is required to shift the administration of medical records from manual to electronic. Guidance and supervision of the independent practice of doctors and dentists encountered several obstacles. To overcome these obstacles, an information system was designed for the private practice of doctors and dentists that combines the functions of administering electronic medical records with their guidance and supervision. Identification of the need for information systems is obtained through in-depth interviews, observation, and document review. The information system was developed using the System Development Life Cycle method with a prototype approach. Testing of the prototype was carried out using the blackbox method. Feedback on the prototype is done by in-depth interviews. This research produces a prototype of an information system for private practice of doctors and dentists. The system can be accessed by 5 levels of users, namely the Provincial Health Office, City Health Office, District Health Center, Private Doctor or Dentist Practice, and Admin. Information systems can facilitate the implementation of electronic medical records, recording and reporting of health services, as well as dissemination of data and information. Through this information system private practice of doctors and dentists can digitally document health services and can help the government carry out guidance and supervision activities.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septiviany Kun Prasidhati
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai faktor-faktor yang berhubungan dengan pengetahuan, sikap, dan praktik teledentistry pada dokter gigi di DKI Jakarta pada masa pandemi COVID-19. Penelitian potong lintang berbasis kuesioner ini diisi secara mandiri melalui google form. Pertanyaan yang diberikan mencakup faktor sosiodemografi, karakteristik pekerjaan, penggunaan internet, dan pelatihan teledentistry serta pertanyaan mengenai pengetahuan, sikap, dan praktik teledentistry. Sebanyak 183 dokter gigi di DKI Jakarta yang menyelesaikan kuesioner. Secara umum, responden menunjukkan pengetahuan yang tinggi, sikap dan praktik yang positif terhadap teledentistry. Hubungan yang signifikan secara statistik ditemukan antara praktik teledentistry dengan usia, status pernikahan, pengalaman bekerja, dan pengalaman pelatihan teledentistry. Terdapat korelasi positif antara pengetahuan dan sikap (r = 0.436, p-value = 0.000). Agar teledentistry dapat diterapkan secara profesional, dokter gigi harus memiliki pengetahuan, sikap, dan praktik yang baik mengenai teledentistry dan perlunya regulasi yang sesuai untuk pelayanan teledentistry. ......The purpose of research is to get information about factors that related to knowledge, attitude, and practice of teledentistry among dentists in DKI Jakarta during the COVID-19 pandemic. This cross-sectional study was using self-administered online questionnaire through google form. The questions consisted of sociodemographic factors, work-related characteristics, daily internet access, and training of teledentistry also questions regarding knowledge, attitudes, and practice. A total of 183 dentists in DKI Jakarta completed the questionnaire. Generally, the participants revealed high knowledge, positive attitude, and practicing teledentistry. A statistically significant relationship was found between practice teledentistry with age, marital status, working experience, and training of teledentistry. Spearman’s correlation test obtained a positive correlation (r = 0.436, p-value = 0.000) between knowledge and attitude. In order for teledentistry to be applied professionally, dentists must have knowledge, attitudes, and good practices regarding teledentistry and the need for appropriate regulations for teledentistry services.
Depok: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabila Madeina
Abstrak :
ABSTRAK
Latar Belakang: Lebih dari 50% kematian akibat kanker mulut di Asia Tenggara terjadi di Indonesia. Dokter gigi mempunyai peran penting untuk dapat menemukan kasus kanker mulut pada stadium awal sehingga dapat memperbaiki prognosis. Tujuan: Mengetahui kesadaran terkait pengetahuan, sikap, dan tindakan mengenai kanker mulut dokter gigi di Nusa Tenggara Timur (NTT). Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif potong lintang dengan metode convenience sampling menggunakan kuesioner tentang kanker mulut yang sudah dipakai pada penelitian sebelumnya. Dokter gigi yang menghadiri seminar yang diadakan oleh PDGI NTT menjadi populasi sampling pada penelitian ini. Hasil: Penelitian ini memperlihatkan bahwa sebanyak 23 (66%) responden memiliki pengetahuan yang baik tentang faktor risiko kanker mulut. Namun, mayoritas responden (63%) belum memiliki pengetahuan yang baik terkait kemampuan diagnosis klinis kanker mulut. Sebanyak 30 (86%) responden memiliki sikap yang positif terkait kanker mulut dan hampir seluruh responden memiliki tindakan yang baik terhadap kanker mulut. Kesimpulan: Secara umum kesadaran tentang kanker mulut pada dokter gigi di NTT sudah baik. Masih diperlukan pelatihan untuk meningkatkan hal ini sehingga pemgetahuan faktor risiko diimbangi dengan kemampuan untuk melakukan pemeriksaan klinis yang baik terkait kanker mulut.
ABSTRACT
Background: There are more than 50% of death that caused by mouth cancer in South East Asia occurred in Indonesia. Dentists have an important role in finding the case of oral cancer in an early stage, so that can improve the prognosis. Objective: To determine Nusa Tenggara Timur dentists awareness that consist knowledge, attitude, practice on oral cancer. Method: This study used descriptive with Cross-sectional approach and convenience sampling with a questionnaire about oral cancer that has been used. Dentists who attended the seminar that held by PDGI NTT were being population sampling in this study. Result: This study shows that 23 (66%) respondents have a good knowledge about oral cancers risk factor, however the majority of respondents (63%) dont have a good knowledge about the ability to diagnose oral cancer. As much as 30 (86%) respondents have a positive attitude to against oral cancer and most of the respondents have a good practice to oral cancer. Conclusion: The awareness of the dentist in Nusa Tenggara Timur is sufficient. Still need training about oral cancer enhancement more so that knowledge of risk factors was balanced with the ability clinical examinations of oral cancer.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Darian Jaya Darfian
Abstrak :
Latar Belakang: Media di bidang kedokteran gigi dapat dimanfaatkan untuk melakukan social marketing kepada masyarakat sehingga bisa menjangkau banyak orang dalam waktu yang singkat. Tujuan: Untuk mengobservasi pola penggunaan media sosial oleh dokter gigi dan pasien. Metode: Studi deskriptif cross-sectional menggunakan alat ukur kuesioner pada 293 dokter gigi dan 282 pasien di Jakarta dengan metode non probability dengan tipe kuota sampling. Hasil: Sebagian bedar responden dokter gigi (75.6%) dan pasien (69.3%) berjenis kelamin perempuan. Menurut dokter gigi (94,5%) dan pasien (88,4%), media sosial merupakan media yang menarik digunakan untuk social marketing. Lalu instagram (67,2%) merupakan media sosial paling populer yang digunakan dokter gigi untuk social marketing dan whatsapp (93,6%) merupakan media sosial terpopuler di kalangan pasien. Reputasi yang baik (58,7%) merupakan faktor yang paling ingin dokter gigi tekankan. Sekitar 47,3% dokter gigi menganggap bahwa media sosial efektif dalam mencari pasien baru. Lalu, menurut pasien, rekomendasi dari teman dan keluarga (55%) merupakan faktor yang paling penting dalam memilih dokter gigi dan komentar yang positif (51,7%) merupakan alasan yang penting saat pasien melihat media sosial dokter gigi. Kesimpulan: Dokter gigi dapat menjadikan media sosial sebagai alternatif untuk melakukan social marketing dan pasien menjadikan media sosial sebagai alat untuk mencari dokter gigi. ......Background: Social media in the field of dentistry can be used to do social marketing to the community so that it can reach many people in a short time. Objective: To observe patterns of social media use by dentists and patients. Methods: Descriptive cross- sectional study using a questionnaire for 293 dentists and 282 patients in Jakarta using a non-probability method with a quota sampling type. Results: Most of the respondents from dentists (75.6%) and patients (69.3%) were female. According to dentists (94.5%) and patients (88.4%), social media is an attractive medium for social marketing. Instagram (67.2%) is the most popular social media used by dentists for social marketing and WhatsApp (93.6%) is the most popular social media among patients. A good reputation (58.7%) is the factor most dentists want to emphasize. About 47.3% of dentists considered that social media was effective in finding new patients. According to patients, recommendations from friends and family (55%) were the most important factor in choosing a dentist and positive comments (51.7%) were an important reason when patients viewed dentist’s social media. Conclusion: Dentists could use social media as a tool for social marketing and patients use social media as a tool to find dentists.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Greenwood, Mark
Oxford: Wiley-Blackwell, 2009
617.6 GRE t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
accounting is often implemented because it is required by regulation, but the main reason for accounting in organizations is to be able to systematically track and manage the economical activities, ever in a small institution such as dentist's practic. The decision maks are dependent on accounting, which distill all financial transactions to a report for managerial decision making. Concequently, accounting has recently a become an urgent needed information system for all institutions including dentist's. Such an information system is needed by many parties, such as internal and external management of organization, and other involved parties like investors, creditors, fescues and others.
Journal of Dentistry Indonesia, 2004
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>