Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Doloksaribu, Hotman P.
"Dalam perencanaan transportasi, salah satu unsure lalu lintas yang perlu mendapat perhatian serius adalah pejalan kaki (pedestrian). Pejalan kaki dalam melakukan kegiatannya sebagai pejalan kaki di jalan raya sangat diharapkan untuk selalu memanfaatkan dengan sebaik-baiknya fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti trotoar yang berada pada sisi luar sepanjang jalan dan fasilitas penyeberangan jalan yakni jembatan penyeberangan, zebra cross dengan traffic light atau tanpa traffic light. Pada saat melakukan aktivitas menyusuri atau menyeberang jalan, pejalan kaki sangat rentan terhadap kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu dirasa sangat perlu menyediakan fasilitas penyeberangan jalan yang akomodatif khususnya terhadap ancaman keamanan dan keselamatan jiwa pejalan kaki, selain keselamatan pengendara atau pengemudi. Beberapa fasilitas penyeberangan jalan yang biasa dijumpai yaitu berupa jembatan penyeberangan, zebra cross tanpa traffic light, zebra cross dengan traffic light yang meliputi zebra cross dengan red traffic light, yellow traffic light, zebra cross dengan press button (PELICAN). Masing-masing fasilitas penyeberangan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Dalam kaitannya dengan hal tersebut di atas, penulis melakukan studi perbandingan terhadap beberapa fasilitas tersebut khususnya mengenai efektivitas dari fasilitas tersebut jika ditinjau dari persentase pengguna fasilitas tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S35126
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Naufal Aziz
"Pelabuhan merupakan salah satu bagian dari sistem transportasi yang berfungsi sebagai tempat bongkar muat arus barang dan penumpang. Begitu pula yang terjadi dengan pelabuhan penyeberangan Biaro. Saat ini, kondisi pelabuhan penyeberangan Biaro cukup memprihatinkan. Perlu dilakukan rehabilitasi untuk mengoptimalkan kondisi pelabuhan. Salah satu prasyarat adanya kegiatan rehabilitasi di lingkungan kementerian perhubungan adalah dengan disusunnya rencana induk pelabuhan yang didalamnya memuat zonasi wilayah daratan dan perairan pelabuhan. Pengaturan dan pengendalian operasional di Pelabuhan yang digunakan untuk melayani angkutan penyeberangan dilaksanakan dengan menggunakan sistem zonasi seperti yang ada di dalam PM. 91 tahun 2021. Hasil penentuan zonasi daratan dan perairan pelabuhan penyeberangan Biaro diuji dan dipastikan faktor keselamatannya menggunakan dua metode. Pertama, pencocokan dengan petunjuk teknis di internal kementerian perhubungan. Kedua, analisis faktor keselamatan menggunakan metode bow tie analysis. Hasil dari penentuan zonasi daratan dan perairan pelabuhan berupa gambar teknik zonasi daratan pelabuhan penyeberangan Biaro dan gambar teknik zonasi perairan pelabuhan penyeberangan Biaro.

The port is a part of the transportation system that functions as a loading and unloading place for the flow of goods and passengers. The same thing happened with the ferry port of Biaro. Currently, the condition of the ferry port of Biaro is quite worrying. Rehabilitation needs to be carried out to optimize port conditions. One of the prerequisites for rehabilitation activities within the Ministry of Transportation is the preparation of a port master plan which includes zoning of the port's land and water areas. Operational arrangements and control at ports used to serve ferry transportation are carried out using a zoning system as in the regulation number PM. 91 of 2021. The results of determining the land and water zoning of the ferry port of Biaro were tested and confirmed for safety factor using two methods. First, matching with technical instructions within the Ministry of Transportation. Second, safety faktor analysis using the bow tie analysis method. The results of determining the land and water zoning of the port are in the form of a technical drawing for the land zoning of the ferry port of Biaro and a technical drawing for the water zoning of the ferry port of Biaro.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Yulio
"Sarana angkutan laut yang popular untuk transportasi utama yaitu kapal. Kapal Eretan Muara Gembong adalah kapal penyeberangan pada perairan sungai yang menghubungkan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang. Pada penelitian ini untuk bisa mendapatkan perancangan atau desain kapal yang memenuhi persyaratan keamanan dan keselamatan penumpang dilihat dari aspek stabilitas sesuai aturan yang berlaku yaitu standar dan memenuhi kriteria keselamatan IMO guna mendapat izin kapal beroperasi. Perhitungan stabilitas yang dilakukan berupa proses pengujian kemiringan kapal (inclining test) berbasis IACS Standard. Dengan berkembangnya teknologi maka untuk mengetahui dan menghitung stabilitas kapal ini menggunakan Software HidromaxPro untuk lebih akurat hasilnya dan juga akan diperhatikan hasil pengujian apakah hasil pengujian tersebut dengan permodelan dan perhitungan dengan Software HidromaxPro memenuhi kriteria keselamatan IMO.

A popular means of sea transport for the main transportation is ship. Eretan Muara Gembong boat is a ship crossing the waters of the river that connects the Bekasi regency of Karawang Regency. In this research to be able to get a ship design that meets the requirements of security and passenger safety from the aspects of stability according to the rules, namely the safety of IMO standards and criteria in order to obtain permission to operate the vessel. Stability calculations are carried out in the form of tilt testing process vessel (inclining test) based IACS Standard. With the development of the technology to determine and calculate the stability of the ship using Software HidromaxPro for more accurate results and also will be considered the results of testing whether the test results with the modeling and calculations with Software HidromaxPro IMO safety criteria.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58878
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37695
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Adanya fenomena Spontaneous Combustion pada batubara merupakan satu hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam setiap pemanfaatan batubara. Untuk maksud itu maka akan dilakukan studi pembakaran spontan pada dua
sampel batubara. Pernbakaran spontan yang terjadi pada batubara merupakan sebuah fenomena yang melibatkan banyak aspek (antara lain sifat internal maupun eksternal dari tirnbunan batubara Pada studi ini akan diteliti pengaruh dari kandungan air, dan dimensi wadah uji terhadap pernbakaran spontan batubara. Metode yang digunakan adalah metode titik potong (crossing point). Berdasarkan metode titik potong, data kinetik batubara yang beroksidasi pada suhu rendah (nilai energi aktivasi dan faktor eksponensial QA) dapat dientukan dengan mengukur laju perubahan suhu pada litik patong Titik potong yang dimaksud adalah suatu kondisi yang ditunjukkan oleh terbentuknya profit suhu datar pada daerab disekitar pusat dari wadab uji. Untuk dapat melakukan serangkaian pengujian maka diperlukan sistern uji yang rnemenuhi kebutuhan metode titik potong Sistern pengujian yang digunakan adalah oven, wadah uji, dan data log;ger yang dikoneksikan dengun komputer untuk mencatat data yang terukur. Dari hasil pmgujian ini akan dihitung parameta- kinetik oksidasi yang dapat memberikan acuan reaktivitas dan
kerentanan batubara terhadap pembakaran spontan. Nilai parameter oksidasi batubara itu kemudian diolah untuk membatu memberikan penilaian apakah sebuah sampel memiliki kecenderungan lebih tinggi dari sampel lainnya dalam pembakaran spontan. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa untuk pengujian dengan sampel sejenis dan wadah uji lebih besar maka suhu kritis untuk dapat dimulainya proses pembakaran spontan menjadi lebih rendah"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37698
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Botik Anggunmega
"Salah satu wilayah di Indonesia yang berbatasan langsung dengan Malaysia ialah Provinsi Kalimantan Barat. Kondisi infrastruktur terutama jalan yang rusak membuat masyarakat lebih berorientasi ke Sarawak- Malaysia untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti pangan, energi, pendidikan dan kesehatan, sehingga dapat mempengaruhi ketahanan daerah di wilayah tersebut.
Tujuan penelitian adalah untuk mengukur posisi strategis kawasan perbatasan serta menentukan strategi pembangunan daerah perbatasandi Kabupaten Sintang.Penelitian ini berlokasi di Desa Jasa dan Desa Nanga Bayan, karenaberbatasan langsung dengan Sarawak-Malaysia.Metode SWOT untuk mengukur posisi strategis dan AHP untuk milihdesa mana yang lebih diprioritaskanuntuk pembangunannya.

One area in Indonesia that directly adjacent to the neighboring Malaysia is West Kalimantan Province. The condition of infrastructures, especially damaged road condition make local society oriented to Sarawak- Malaysia to meet their daily needs, which finally in turn can affect regional resiliance.
The purpose in this research is to measure the strategic position in the border area and also determine development strategies in SintangProvince.Research concentration in the thesis are Nanga Bayan village and Jasa village, because both villages are directly adjacent to the neighboring Sarawak Malaysia. Using SWOT research methods to measure the strategic position and AHP to determine the border area development priorities."
Depok: Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
JJJ 27:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Marcia Belinda
"Rilis pada bulan Maret 2020 lalu, gim Animal Crossing: New Horizons dianggap sebagai salah satu gim dengan perilisan terbaik saat lockdown. Terdaftar sebagai gim dengan rating PEGI-3 dapat dimainkan dalam segala umur dari anak-anak hingga dewasa sekali pun. Hal ini menyebabkan target konsumen yang begitu luas dan komplek, sehingga sulit untuk menetapkan pesan komunikasi yang sesuai. Penelitian ini menginvestigasi profil konsumen lebih sekedar dari demografi, dan melihat dari segi motivasi dan kepribadian pemain gim. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara mendalam terhadap enam pemain Animal Crossing: New
Horizons, dengan minimal gameplay 10 jam dan pernah menggunakan fitur Nintendo Switch Online. Hasil dari wawancara menunjukkan terdapat empat tipe kepribadian: The Performer, The Warm-Hearted, The Punctilious, dan The Philomath. Dengan demikian, para pemasar dapat melakukan pesan komunikasi yang terarah sesuai dengan masing-masing tipe kepribadian.

Released in March 2020, the game Animal Crossing: New Horizons is considered to be one of the games with the best releases on lockdown. Listed as a game with a PEGI-3 rating, it can be played at all ages from children to adults. This indicates such a broad and complex target consumer that it is difficult to define an appropriate communication
message. This study investigates consumer profile beyond just demographics and looks at the motivation and personality of gamers. Data collection in this study used in-depth interviews with six Animal. Crossing: New Horizons players, with a minimum of 10
hours of gameplay and had used the Nintendo Switch Online feature. The results of the interviews indicated that there were four personality types: The Performer, The Warm-Hearted, The Punctilious, and The Philomath. Thus, marketers can carry out targeted communication messages according to each personality type.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zakiyus Shadicky
"Fenomena tabrakan orang pada perjalanan kaki di pedestrian, termasuk zebra cross, menciptakan penundaan perjalanan dan berpengaruh pada inefisiensi ekonomi. Penelitian intervensi ini mencoba untuk menguji efektivitas dari penggunaan provincial norm, sebagai jenis norma yang menggunakan identitas spasial yang lebih dekat pada subjek, dalam membentuk perilaku menyeberang di sisi kiri zebra cross, yang diaplikasikan pada sekaligus dibandingkan dengan penggunaan injunctive norm biasa. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain A-B-A time series analysis with two comparison group.
Setelah melakukan pengukuran selama tiga pekan pada empat titik penyeberangan di Universitas Indonesia, dibuktikan bahwa penggunaan teknik intervensi memanfaatkan provincial norm secara signifikan berhasil membentuk perilaku menyeberang di sisi kiri zebra cross dibandingkan penggunaan injunctive norm biasa. Pembentukan perilaku menyeberang di sisi kiri ini juga memiliki pengaruh pada pengurangan terjadinya tabrakan orang di penyeberangan zebra cross.

The phenomenon of human collisions on pedestrian, including zebra cross, creates a locomotion delay and affects economic inefficiency. This intervention study tried to test the effectiveness of provincial norms, as a type of norm that uses identity that spatially closer to the subject, in modifying left-side crossing behavior on zebra cross, which is applied at and compared to injunctive norms. This research was carried out with A-B-A time series analysis with two comparison group design.
After measuring three weeks at four crossing points in Universitas Indonesia, it was proven that intervention technique using provincial norm significantly succeeded in modifying left-side crossing behavior compared to injunctive norms. The formation of left-side crossing behavior also had an influence on reducing the occurrence of human collisions on zebra cross.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53222
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Didik Putra Kuncoro
"Tesis ini membahas tentang penyelengaraan manajemen sekuriti fisik di PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Merak-Banten yang dikelola oleh PT. Indo Sarana Usaha sesuai dengan Addendum VIII (delapan) Surat Perjanjian tentang Perpanjangan Waktu Tenaga Ahli Daya (Outsourcing) Tenaga Pengamanan (Security) Pelabuhan Merak Nomor : Sperj.29/Add-HK.203/ASDP-CUM-2014 dan Nomor : 083/SK/ASDP-ISU/X/2014 tanggal 10 Oktober 2014 guna melindungi asset, keamanan, kenyamanan dan ketertiban bagi seluruh penumpang yang mengunakan jasa penyeberangan PT. ASDP Merak. Penelitian tesis ini dilatar belakangi oleh hasil observasi penulis terhadap penyelengaraan manajemen sekuriti di Pelabuhan Merak yang belum sesuai dengan beberapa literatur manajemen sekuriti, hal tersebut terbukti masih banyaknya tindak pidana penyelundupan. Batasan tesis ini fokus pada proses manajemen sekuriti dan upaya proses pengamanan dan pengawasan yang dilakukan oleh sekuriti PT. ISU. Penelitian tesis ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Yuridis manajerial, serta dalam penelitian ini mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui penggambaran dan penganalisaan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan penelaahan beberapa dokumen. Sumber data berasal dari informasi yang didapatkan penulis berupa data primer dan sekunder. Tinjauan pustaka yang digunakan oleh penulis merupakan beberapa konsep dan dokumen yang menunjang penulis untuk melakukan penelitian ini terhadap penyelengaraan manajemen sekuriti oleh PT. ISU di kawasan PT. ASDP Merak Banten. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelenggaraan manajemen sekuriti tidak ideal karena kurangnya inventaris dan penerapan SOP dalam pengaman dan pegawasan untuk mencegah terjadinya penyelundupan. Disarankan agar dilakukan perbaikan sistem dan sumber daya Satpam.

This thesis discusses the physical security management at PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) organization of Merak Banten managed by PT Indo Sarana Usaha in accordance with Addendum VIII (eight) Agreement on the Extension of Time Expert Power (outsourcing) Energy security (security) Merak Number: Sperj.29/Add-HK.203/ASDP-CUM-2014 and Number : 083/SK ASDP-ISU/X/2014 dated October 10, 2014 in order to protect the assets, security, comfort and order for all the passengers who use the services crossing PT. ASDP Merak. The background of this thesis research by the observation of the writer towards the organization of security management at Merak are not in accordance with some security management literature. It is evident there are many criminal acts of smuggling. Limitations of this thesis focuses on the process of security management and security and surveillance efforts processes carried out by security PT. ISU. This thesis uses qualitative research methods with managerial juridical approach, and in this study using qualitative descriptive analysis technique through the depiction and analysis. The technique of collecting data through interviews, observation and review of several documents. Source of data derived from the information obtained in the form of author primary and secondary data. Literature review used by the author are some concepts and documents that support the writer to do this research on the organization of security management by PT. ISU in the area of PT. ASDP Merak, Banten. The results showed that the implementation of security management is not ideal because of the lack of inventory and application of SOP in the safety and pegawasan to prevent smuggling. It is recommended that the system be improved and resource security guard.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>