Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Riri Rafiani
Abstrak :

ABSTRAK
Skripsi ini didasari oleh banyaknya kegiatan komersialisasi perpustakaan yang terjadi selama beberapa tahun terakhir ini. Pada awalnya komersialisasi perpustakaan dianggap sebagai hal yang tabu dilakukan mengingat misi perpustakaan yang seharusnya menyediakan informasi secara gratis bagi masyarakat luas. Namun dengan adanya pemotongan dana untuk kegiatan operasional perpustakaan, para pustakawan mulai memikirkan kemungkinan untuk menggalang dana dari sumber-sumber yang mereka miliki.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan oleh pustakawan untuk mengkomersialisasikan pelayanannya, bagaimana mereka menjalankannya, kendala-kendala yang mereka hadapi, dan mengetahui prospeknya di masa depan. Perpustakaan perguruan tinggi dipilih sebagai obyek penelitian karena penulis beranggapan bahwa perpustakaan jenis ini mempunyai koleksi dan sumber_-sumber lain yang bisa dikomersialkan, memiliki pasar yang cukup jelas, yaitu mahasiswa, peneliti dan dosen di lingkungan kampus, dan juga pemakai luar yang cukup potensial untuk dijadikan target pemasaran. Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai pustakawan di perpustakaan tersebut, datang langsung ke tempat penelitian untuk pengamatan, dan mengumpulkan sumber-sumber tertulis.
,br> Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum perpustakaan melakukan komersialisasi, yaitu peraturan, sarana, dan sumber daya manusia. Sementara kendala yang dihadapi adalah kelengkapan koleksi, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, serta dana. Hasil yang diperoleh dari komersialisasi ini digunakan untuk membeli sarana perkantoran, menutup biaya-_biaya yang sifatnya darurat, dan meningkatkan kesejahteraan pegawai. Para nara sumber juga berpendapat bahwa perpustakaan perguruan tinggi bisa bersaing dengan perusahaan atau organisasi lain yang rnenyediakan jasa yang sama, asalkan didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan dana yang kuat.
,br> Saran-saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kualitas komersialisasi layanan perpustakaan, meningkatkan sumber daya manusia, meneliti lebih lanjut potensi-potensi yang dimiliki oleh perpustakaan, dan meningkatkan kerjasama antar perpustakaan.
1998
S15561
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Universitas Indonesia, 2007
R 378.2 UNI b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Universitas Indonesia, 2007
R 378.2 Uni b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Universitas Indonesia, 2006
R 378.2 UNI b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Universitas Indonesia, 2006
R 378.2 UNI b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Universitas Indonesia, 2006
R 378.2 UNI b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Universitas Indonesia, 2006
R 378.2 UNI b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Muldian
Abstrak :
Promosi layanan perpustakaan adalah salah satu langkah praktis yang dapat dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan pemanfaatan dan pelayanan perpustakaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula citra dan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan. Promosi jasa layanan perpustakaan pada perpustakaan perguruan tinggi, dalam hal ini Perpustakaan FEUI Kampus UI Depok, dapat menjadi titik temu antara perpustakaan sebagai pemberi jasa dengan sivitas akademika sebagai pemakai jasa. Penelitian ini menggambarkan bagaimana peran pustakawan, dalam hal ini staf Perpustakaan FEUI melakukan kegiatan promosi jasa layanan perpustakaan dalam upaya meningkatkan layanan kepada pengguna perpustakaan. Dalam penelitian ini juga mengkaji kegiatan promosi apa saja yang sesuai dengan perpustakaan perguruan tinggi dan juga menjelaskan keterlibatan dan partisipasi lenbaga induk, dalam hal ini perguruan tinggi.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Ningtiyas Lestari
Abstrak :
Penelitian mengenai evaluasi kinerja output layanan telah dilakukan di perpustakaan FE UI, pada bulan April-Mei 2007. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memantau perkembangan kinerja perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan mengukur kinerja perpustakaan pada tahun 2005 dan membandingkannya dengan kinerja perpustakaan pada tahun 2006 berdasarkan ISO 11620-1998. Hasil evaluasi penyusunan program kerja perpustakaan berikutnya. Manfaat akademis penelitian ini adalah untuk menambah wawasan mengenai pengukuran kinerja perpustakaan perguruan tinggi, khususnya kinerja output layanan perpustakaan. Manfaat praktis penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan kinerja output layanan perpustakan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2005 dan membandingkannya dengan kinerja output layanan pada tahun 2006. Hasil ini diharapakan dapat menjadi bahan serta penilaian obyektif dan diharapkan dapat menjadi landasan dalam pengambilan keputusan organisasi maupun manajemen mengenai kinerja output layanan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi terhadap data statistik yang dimiliki oleh perpustakaan dari tahun 2005 hingga tahun 2006, wawancara terhadap staf perpustakaan, kuesioner, dan observasi lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa evaluasi kinerja output layanan di perpustakaan Fakultas Ekonomi bervariasi di setiap indikator yang diukur. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kondisi umum lingkungan perpustakaan serta kondisi civitas academia Fakultas Ekonomi, dan faktor dari luar yang mempengaruhi kinerja perpustakaan seperti kebijakan yang diterapkan di fakultas.
2007
S15192
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library