Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 117174 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sabrina Maidah
Jakarta: Andam, 2024
155.25 SAB h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Ardiyanti
Yogyakarta: Scritto Books Publisher, 2022
155.25 DEV s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Yusak Anshori
"HIDUP selalu menghadirkan berbagai tantangan, peluang, dan pelajaran yang bisa membawa kita menuju pertumbuhan. Kemampuan mengatur diri adalah fondasi yang penting dalam mencapai tujuan, baik besar maupun kecil. Buku ini menyoroti aspek krusial pengelolaan diri, mulai dari cara efektif mengatur waktu, memahai makna hidup, hingga membangun hubungan yang sehat dan memelihara keseimbangan emosi. Dengan refleksi mendalam, pembaca diajak mengeksplorasi nilai-nilai hidup yang mendorong kedisiplinan dan motivasi diri, menghargai proses, serta belajar dari kegagalan. Seni Mengatur Diri bukan hanya membantu Anda mengatasi tantangan sehari-hari, melainkan juga menginspirasi untuk menjalani hidup yang lebih bermakna."
Jakarta: KPG (Kepustakaan Popular Gramedia), 2025
155.25 MOH s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Kennedy
"“Buku The Diamond within You: Menemukan Kekuatan Sejati dalam Diri Anda ini seperti telur yang menetas karena kekuatan dari dalam sehingga muncul kehidupan baru. Bacalah buku karya Andreas Kennedy ini, tentu Anda akan menemukan kehidupan baru yang luar biasa seperti impian Anda yang berasal dari kekuatan dalam diri Anda sendiri. Bersama Tuhan Anda pasti bisa."
Jakarta: PT Grasindo, 2022
155.25 AND t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Priebe, Heidi
"This Is Me Letting You Go karya Heidi Priebe adalah kumpulan esai yang mengeksplorasi
tema cinta, kehilangan, dan proses melepaskan seseorang yang bermakna dalam hidup
kita. Dengan gaya tulisan yang puitis dan emosional, Priebe membawa pembaca melalui
berbagai fase perpisahan—dari rasa sakit, penyangkalan, hingga akhirnya menerima
kenyataan dan menemukan ketenangan.
Dalam buku ini, Priebe mengajak pembaca untuk menghadapi perpisahan dengan
keberanian, memahami bahwa kehilangan adalah bagian alami dari kehidupan, dan
belajar menemukan makna serta pertumbuhan dari setiap pengalaman yang menyakitkan.
Buku ini cocok bagi mereka yang sedang dalam proses penyembuhan dari hubungan yang
telah berakhir dan mencari kata-kata yang dapat menguatkan hati."
Jakarta: Renebook, 2025
155.25 PRI t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sony Adams
Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia, 2024
155.25 SON s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Tamashiro, Tim
"Mengapa tidak setiap hari terasa bermakna bagi setiap orang?
Mungkinkah kita menjalani setiap hari dengan cara yang bermakna?
Tentu saja bisa!
Di sebuah pulau kecil di selatan Jepang, hiduplah orang-orang yang menjalani tujuan setiap hari. Mereka bahagia, merasa terpenuhi, dan merupakan beberapa orang yang hidup paling lama di dunia. Rahasia mereka?
Ikigai—sebuah konsep kebijaksanaan kuno dari Okinawa, Jepang, yang telah teruji oleh waktu. Ikigai adalah peta sederhana untuk menjalani hidup yang bermakna dengan empat arahan utama: lakukan apa yang kamu sukai, lakukan apa yang kamu kuasai, lakukan apa yang dibutuhkan dunia, dan lakukan apa yang memberimu imbalan.
Buku ini akan membantu mengubah konsep ikigai yang abstrak menjadi praktik sederhana yang dapat diterapkan oleh siapa saja. Jika konsep ini beresonansi denganmu, mungkin sudah waktunya kamu mengeksplorasi bagaimana melakukan lebih dari yang kamu sukai, yang kamu kuasai, dan yang dibutuhkan dunia sehingga hidupmu terasa lebih berarti dan memuaskan."
Tangerang: PT Bentara Aksara Cahaya, 2025
155.25 TAM h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hyun-Jin, In
"Khawatir, cemas, depresi, perfeksionisme, mengkritik diri sendiri… “Kenapa aku mengulangi kebiasaan psikologis yang buruk?” “Kenapa aku banyak pikiran?” “Kenapa aku terpengaruh oleh emosi yang tidak nyaman?” “Kenapa aku mengulangi perbuatan yang kusesali?”"
Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2025
155.25 HYU s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Miller, David
Yogyakarta: Yash Media, 2024
155.25 MIL l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Harefa, Meilany
"
ABSTRAK
Pada dasarnya setiap orang memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda-
beda, sehingga kebutuhan akan pendidikan berbeda-beda pula (Utami
Munandar, 1985). Akan tetapi, pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi
siswa sangat sulit untuk dipenuhi pada sekolah yang heterogen, yakni
sekolah yang memberikan pengajaran secara seragam bagi siswa-siswa
yang sesungguhnya memiliki bakat dan kemampuan yang berlainan. Cara
yang paling umum dllakukan untuk mengatasi heterogenitas itu adalah
dengan mengelompokkan siswa-siswa menurut kemampuannya masing-
masing (Slavin, 1994). Cara semacam ini umumnya dikenal sebagai sistem
ability grouping. Dengan kelas yang relatif homogen, guru menjadi lebih
mudah menyesuaikan pengajaran dengan kemampuan siswa yang
diajarnya, sehingga siswa pun akan belajar dengan Iebih baik (Kulik & Kulik,
1982; Urevick dalam Clarizio, Craig, dan Mehrens, 1970). Kendati
demikian, dampak ability grouping terhadap siswa tidak selamanya positif.
Ability grouping ternyata dapat membawa dampak negatif terutama bagi
siswa non-unggulan. Di antara dampak negatif tersabut adalah yang
berkaitan dengan rendahnya academic self-esteem (harga diri akademik)
dan motivasi berprestasi siswa. Dengan terbentuknya kelas unggulan dan
non-unggulan, siswa-siswa non-unggulan seringkali merasa bahwa dirinya
mendapat stigma sebagai seorang anak yang tidak pandai dan tidak dapat
meraih keberhasilan dengan kemampuannya (Slavin, 1994). Mereka juga
kehilangan model peran positif dari siswa unggulan yang biasanya
menampakkan kebiasaan belajar, motlvasi, dan ketekunan yang tinggi yang
dapat mendorong motivasi berprestasi siswa non-unggulan (Rosenbaum,
1980 dalam Slavin, 194).
Dengan dasar pemikiran dan masalah sebagaimana diuraikan di atas,
penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya perbedaan harga diri akademik dan motivasi berprestasi siswa non-unggulan di sekolah
bersistem ability grouping dengan siswa non-unggulan di sekolah non-
ability grouping. Untuk meneliti perbedaan tersebut, digunakan alat ukur
berupa Skala Harga Diri Akademik ?95 dan Skala Motivasi Berprestasi,
serta Standard Progressive Matrices untuk mengukur inteligensi sebagai
variabel yang dikontrol. Teknlk analisa data yang dlgunakan adalah
Analysis of Covariance (ANCOVA), dengan inteligensi sebagai kovariabel.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan dalam harga diri akademik maupun motivasi berprestasi pada
kedua kelompok yang diteliti. Teriihat pula bahwa harga diri akademik dan
motivasi berprestasi slswa non-unggulan di sekolah non-ability grouping
Iebih tinggi daripada di sekolah ability grouping.
Saran yang dlsampaikan berdasarkan diskusi mengenal hasil penelitian,
Iebih ditujukan pada penggunaaan alat ukur dan sampel yang diikutsertakan
dalam penelitian ini, agar pada penelitian selanjutnya dapat dilakukan uji
coba tehadap alat, mengurangi efek social desirability pada alat ukur, dan
penggunaan sampel yang jumlahnya Iebih besar dan diambil dengan teknik
non-incidental sampling.
"
1998
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>