Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115716 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mirza Raevan Faisal
"Pandemi COVID-19 telah membuat perkembangan digital semakin pesat diluar negeri maupun di Indonesia. Perkembangan digital ini tentunya berpengaruh juga terhadap Digital piracy yang menjadi perhatian utama pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Continuance Intention pengguna dalam melakukan pembajakan digital. Teori Religiosity, Ethics, Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology, dan Expectation Confirmation Model akan diangkat sebagai kerangka teoritis untuk kami menggali lebih dalam mengenai perilaku pengguna dalam pembajakan terhadap konten digital. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 479 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 partisipan. Data kuantitatif kami analisis menggunakan metode CB-SEM dengan bantuan perangkat lunak AMOS 24, sementara data kualitatif kami analisis melalui pendekatan content analysis. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa effort expectancy, performance expectancy, dan perceived benefits memengaruhi confirmation dari ekspektasi pelaku pembajakan digital. Ditemukan juga bahwa confirmation memengaruhi satisfaction, dan satisfaction memengaruhi continuance intention pengguna untuk terus melakukan digital piracy. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa ternyata intrinsic religioisty, extrinsic religiosity, social influence, dan moral obligation tidak terbukti memengaruhi confirmation. Hasil penelitian ini kami harap dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi pihak terkait, termasuk pembuat kebijakan, penyedia platform, dan developer konten digital dalam merancang strategi penanganan dan pencegahan praktek pembajakan konten digital ini.

The COVID-19 pandemic has accelerated digital development both internationally and in Indonesia. This digital development also influences digital piracy, which is the main focus of this research. The aim of this study is to investigate the factors affecting users continuance intention in engaging into digital piracy. The religiosity theory, ethics theory, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), and Expectation Confirmation Model (ECM) will be used as the theoretical framework to dig down deeper into user behavior regarding the piracy of digital content. Our research method involves collecting quantitative data from 479 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 30 participants. We analyze our quantitative data using the CB-SEM method with the assistance of AMOS 24 software, while the qualitative data is analyzed through a content analysis approach. Our research results indicate that effort expectancy, performance expectancy, and perceived benefits influence the confirmation of digital piracy actors' expectations. It is also found that confirmation affects satisfaction, and satisfaction influences users continuance intention to persist in digital piracy. Also from the results of this study, it was found that intrinsic religiosity, extrinsic religiosity, social influence, and moral obligation were not proven to affects confirmation. We hope that the findings of this research will provide more insights for relevant stakeholders, including the policy makers, platform providers, and digital content developers in designing strategies to address and prevent the practices of digital content piracy."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewinta Dyah Maharani
"Pandemi COVID-19 telah membuat perkembangan digital semakin pesat diluar negeri maupun di Indonesia. Perkembangan digital ini tentunya berpengaruh juga terhadap Digital piracy yang menjadi perhatian utama pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi Continuance Intention pengguna dalam melakukan pembajakan digital. Teori Religiosity, Ethics, Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology, dan Expectation Confirmation Model akan diangkat sebagai kerangka teoritis untuk kami menggali lebih dalam mengenai perilaku pengguna dalam pembajakan terhadap konten digital. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 479 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 30 partisipan. Data kuantitatif kami analisis menggunakan metode CB-SEM dengan bantuan perangkat lunak AMOS 24, sementara data kualitatif kami analisis melalui pendekatan content analysis. Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa effort expectancy, performance expectancy, dan perceived benefits memengaruhi confirmation dari ekspektasi pelaku pembajakan digital. Ditemukan juga bahwa confirmation memengaruhi satisfaction, dan satisfaction memengaruhi continuance intention pengguna untuk terus melakukan digital piracy. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa ternyata intrinsic religioisty, extrinsic religiosity, social influence, dan moral obligation tidak terbukti memengaruhi confirmation. Hasil penelitian ini kami harap dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi pihak terkait, termasuk pembuat kebijakan, penyedia platform, dan developer konten digital dalam merancang strategi penanganan dan pencegahan praktek pembajakan konten digital ini.

The COVID-19 pandemic has accelerated digital development both internationally and in Indonesia. This digital development also influences digital piracy, which is the main focus of this research. The aim of this study is to investigate the factors affecting users continuance intention in engaging into digital piracy. The religiosity theory, ethics theory, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), and Expectation Confirmation Model (ECM) will be used as the theoretical framework to dig down deeper into user behavior regarding the piracy of digital content. Our research method involves collecting quantitative data from 479 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 30 participants. We analyze our quantitative data using the CB-SEM method with the assistance of AMOS 24 software, while the qualitative data is analyzed through a content analysis approach. Our research results indicate that effort expectancy, performance expectancy, and perceived benefits influence the confirmation of digital piracy actors' expectations. It is also found that confirmation affects satisfaction, and satisfaction influences users continuance intention to persist in digital piracy. Also from the results of this study, it was found that intrinsic religiosity, extrinsic religiosity, social influence, and moral obligation were not proven to affects confirmation. We hope that the findings of this research will provide more insights for relevant stakeholders, including the policy makers, platform providers, and digital content developers in designing strategies to address and prevent the practices of digital content piracy."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Miftah Musefi Saputra
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention dalam melakukan online gambling pada permainan slot di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dimulai dengan tahapan kualitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang relevan, dilanjutkan dengan tahapan kuantitatif untuk menguji model penelitian, dan diakhiri dengan tahapan kualitatif untuk memvalidasi hasil penelitian. Teori yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2, Expectation Confirmation Model, dan teori Perceived Risk serta Technology Organization Environment. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 529 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 10 partisipan, serta 10 partipisan lagi untuk wawancara validasi hasil analisis. Data kualitatif dianalisis menggunakan pendekatan thematic analysis, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence, Anticipated Enjoyment, dan Hedonic Motivation berpengaruh secara positif terhadap Satisfaction, sedangkan Financial Risk berpengaruh secara negatif terhadap Satisfaction. Selain itu, Government Regulation and Policy berpengaruh secara negatif terhadap Continuance Intention, dan Satisfaction berpengaruh secara positif terhadap Continuance Intention. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan yang lebih luas terkait online gambling pada permainan slot kepada pihak terkait, seperti pembuat kebijakan serta instansi yang berkaitan dengan keuangan untuk merancang strategi penanganan dan pencegahan praktik online gambling di Indonesia.

This study aims to analyze the factors influencing continuance intention in online gambling on slot games in Indonesia. The research employs a mixed methods approach, beginning with a qualitative phase to identify relevant factors, followed by a quantitative phase to test the research model, and concluding with a qualitative phase to validate the results. The theories used in this study include the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, the Expectation Confirmation Model, and the theories of Perceived Risk and Technology Organization Environment. The research methods involved collecting quantitative data from 529 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 10 participants, along with 10 additional participants for validation interviews. Qualitative data were analyzed using thematic analysis, while quantitative data were analyzed using the PLS-SEM method with SmartPLS 3. The results show that Social Influence, Anticipated Enjoyment, and Hedonic Motivation positively affect Satisfaction, whereas Financial Risk negatively affects Satisfaction. Additionally, Government Regulation and Policy negatively affect Continuance Intention, and Satisfaction positively affects Continuance Intention. The implications of this research provide broader insights into online gambling on slot games for relevant stakeholders, such as policymakers and financial institutions, to devise strategies for handling and preventing online gambling practices in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dafiq Achmad
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention dalam melakukan online gambling pada permainan slot di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dimulai dengan tahapan kualitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang relevan, dilanjutkan dengan tahapan kuantitatif untuk menguji model penelitian, dan diakhiri dengan tahapan kualitatif untuk memvalidasi hasil penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2, Expectation Confirmation Model, dan teori Perceived Risk serta Technology Organization Environment. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 529 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 10 partisipan, serta 10 partipisan lagi untuk wawancara validasi hasil analisis. Data kualitatif dianalisis menggunakan pendekatan thematic analysis, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence, Anticipated Enjoyment, dan Hedonic Motivation berpengaruh secara positif terhadap Satisfaction, sedangkan Financial Risk berpengaruh secara negatif terhadap Satisfaction. Selain itu, Government Regulation and Policy berpengaruh secara negatif terhadap Continuance Intention, dan Satisfaction berpengaruh secara positif terhadap Continuance Intention. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan yang lebih luas terkait online gambling pada permainan slot kepada pihak terkait, seperti pembuat kebijakan serta instansi yang berkaitan dengan keuangan untuk merancang strategi penanganan dan pencegahan praktik online gambling di Indonesia.

This study aims to analyze the factors influencing continuance intention in online gambling on slot games in Indonesia. The research employs a mixed methods approach, beginning with a qualitative phase to identify relevant factors, followed by a quantitative phase to test the research model, and concluding with a qualitative phase to validate the results. The theories used in this study include the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, the Expectation Confirmation Model, and the theories of Perceived Risk and Technology Organization Environment. The research methods involved collecting quantitative data from 529 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 10 participants, along with 10 additional participants for validation interviews. Qualitative data were analyzed using thematic analysis, while quantitative data were analyzed using the PLS-SEM method with SmartPLS 3. The results show that Social Influence, Anticipated Enjoyment, and Hedonic Motivation positively affect Satisfaction, whereas Financial Risk negatively affects Satisfaction. Additionally, Government Regulation and Policy negatively affect Continuance Intention, and Satisfaction positively affects Continuance Intention. The implications of this research provide broader insights into online gambling on slot games for relevant stakeholders, such as policymakers and financial institutions, to devise strategies for handling and preventing online gambling practices in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfred Prasetio
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi continuance intention dalam melakukan online gambling pada permainan slot di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods, dimulai dengan tahapan kualitatif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang relevan, dilanjutkan dengan tahapan kuantitatif untuk menguji model penelitian, dan diakhiri dengan tahapan kualitatif untuk memvalidasi hasil penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2, Expectation Confirmation Model, dan teori Perceived Risk serta Technology Organization Environment. Metode penelitian yang kami lakukan melibatkan pengumpulan data kuantitatif sebanyak 529 responden melalui kuesioner online dan data kualitatif melalui wawancara dengan 10 partisipan, serta 10 partipisan lagi untuk wawancara validasi hasil analisis. Data kualitatif dianalisis menggunakan pendekatan thematic analysis, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Influence, Anticipated Enjoyment, dan Hedonic Motivation berpengaruh secara positif terhadap Satisfaction, sedangkan Financial Risk berpengaruh secara negatif terhadap Satisfaction. Selain itu, Government Regulation and Policy berpengaruh secara negatif terhadap Continuance Intention, dan Satisfaction berpengaruh secara positif terhadap Continuance Intention. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan yang lebih luas terkait online gambling pada permainan slot kepada pihak terkait, seperti pembuat kebijakan serta instansi yang berkaitan dengan keuangan untuk merancang strategi penanganan dan pencegahan praktik online gambling di Indonesia.

This study aims to analyze the factors influencing continuance intention in online gambling on slot games in Indonesia. The research employs a mixed methods approach, beginning with a qualitative phase to identify relevant factors, followed by a quantitative phase to test the research model, and concluding with a qualitative phase to validate the results. The theories used in this study include the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2, the Expectation Confirmation Model, and the theories of Perceived Risk and Technology Organization Environment. The research methods involved collecting quantitative data from 529 respondents through an online questionnaire and qualitative data through interviews with 10 participants, along with 10 additional participants for validation interviews. Qualitative data were analyzed using thematic analysis, while quantitative data were analyzed using the PLS-SEM method with SmartPLS 3. The results show that Social Influence, Anticipated Enjoyment, and Hedonic Motivation positively affect Satisfaction, whereas Financial Risk negatively affects Satisfaction. Additionally, Government Regulation and Policy negatively affect Continuance Intention, and Satisfaction positively affects Continuance Intention. The implications of this research provide broader insights into online gambling on slot games for relevant stakeholders, such as policymakers and financial institutions, to devise strategies for handling and preventing online gambling practices in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pramesti Anjani Putri
"Minat baca yang tinggi di Indonesia perlu dipertahankan karena merupakan indikator penting dalam pengembangan literasi dan pengetahuan masyarakat. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menghadirkan iPusnas, sebuah aplikasi e-library yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan minat baca terhadap literatur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi iPusnas secara berkelanjutan. Thematic analysis terhadap ulasan pengguna di Google Play Store dilakukan untuk membangun model penelitian. Dari hasil thematic analysis, didapatkan lima variabel yaitu kualitas aplikasi iPusnas, usability, prosedur peminjaman buku, koleksi buku, dan layanan bantuan. Variabel-variabel tersebut dipetakan ke dalam konstruk DeLone & McLean, di mana kualitas aplikasi iPusnas, usability, dan prosedur peminjaman buku adalah turunan dari konstruk kualitas sistem, koleksi buku adalah turunan dari konstruk kualitas informasi, dan layanan bantuan adalah turunan dari konstruk kualitas layanan. Hasil modifikasi terhadap model DeLone & McLean tersebut diajukan sebagai model penelitian. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data dari 426 responden dianalisis dengan metode PLS-SEM. Setelah itu dilakukan wawancara untuk memvalidasi hasil analisis kuantitatif yang diolah menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi, usability, koleksi buku, dan layanan bantuan memengaruhi kepuasan pengguna. Koleksi buku, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan, sementara kualitas aplikasi, usability, dan layanan bantuan tidak. Kepuasan pengguna juga memengaruhi manfaat bersih. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai iPusnas dan memberikan saran bagi pengembang aplikasi untuk perbaikan guna mendorong penggunaannya. Selain itu, karena iPusnas adalah salah satu aplikasi e-government di bidang pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis mengenai pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.

High reading interest in Indonesia needs to be maintained as it is an important indicator in the development of literacy and knowledge. The National Library of the Republic of Indonesia presents iPusnas, an e-library application that aims to increase access and interest in reading Indonesian literature. This study aims to identify factors that influence the intention to use the iPusnas application on an ongoing basis. Thematic analysis of user reviews on the Google Play Store was conducted to build a research model. From the results of the thematic analysis, five variables were obtained, namely iPusnas application quality, usability, book lending procedures, book collections, and assistance services. These variables are mapped into DeLone & McLean constructs, where iPusnas application quality, usability, and book lending procedures are derivatives of system quality constructs, book collections are derivatives of information quality constructs, and assistance services are derivatives of service quality constructs. The modified DeLone & McLean model was proposed as a research model. The quantitative approach was carried out by distributing questionnaires. Data from 426 respondents were analyzed using the PLS-SEM method. After that, interviews were conducted to validate the results of the quantitative analysis, which were processed using the content analysis method. The results showed that application quality, usability, book collection, and help services affect user satisfaction. Book collection, user satisfaction, and net benefits affect continuance intention, while app quality, usability, and support services do not. User satisfaction also affects net benefits. This research is expected to fill the research gap regarding iPusnas and provide suggestions for application developers on how to improve it to encourage its use. In addition, since iPusnas is one of the e-government applications in the field of education, this research is expected to provide theoretical contributions regarding the utilization of technology to improve access and quality of education. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tsabita Sarah Indah Anggayasti
"Minat baca yang tinggi di Indonesia perlu dipertahankan karena merupakan indikator penting dalam pengembangan literasi dan pengetahuan masyarakat. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menghadirkan iPusnas, sebuah aplikasi e-library yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan minat baca terhadap literatur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi iPusnas secara berkelanjutan. Thematic analysis terhadap ulasan pengguna di Google Play Store dilakukan untuk membangun model penelitian. Dari hasil thematic analysis, didapatkan lima variabel yaitu kualitas aplikasi iPusnas, usability, prosedur peminjaman buku, koleksi buku, dan layanan bantuan. Variabel-variabel tersebut dipetakan ke dalam konstruk DeLone & McLean, di mana kualitas aplikasi iPusnas, usability, dan prosedur peminjaman buku adalah turunan dari konstruk kualitas sistem, koleksi buku adalah turunan dari konstruk kualitas informasi, dan layanan bantuan adalah turunan dari konstruk kualitas layanan. Hasil modifikasi terhadap model DeLone & McLean tersebut diajukan sebagai model penelitian. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data dari 426 responden dianalisis dengan metode PLS-SEM. Setelah itu dilakukan wawancara untuk memvalidasi hasil analisis kuantitatif yang diolah menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi, usability, koleksi buku, dan layanan bantuan memengaruhi kepuasan pengguna. Koleksi buku, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan, sementara kualitas aplikasi, usability, dan layanan bantuan tidak. Kepuasan pengguna juga memengaruhi manfaat bersih. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai iPusnas dan memberikan saran bagi pengembang aplikasi untuk perbaikan guna mendorong penggunaannya. Selain itu, karena iPusnas adalah salah satu aplikasi e-government di bidang pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis mengenai pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.

High reading interest in Indonesia needs to be maintained as it is an important indicator in the development of literacy and knowledge. The National Library of the Republic of Indonesia presents iPusnas, an e-library application that aims to increase access and interest in reading Indonesian literature. This study aims to identify factors that influence the intention to use the iPusnas application on an ongoing basis. Thematic analysis of user reviews on the Google Play Store was conducted to build a research model. From the results of the thematic analysis, five variables were obtained, namely iPusnas application quality, usability, book lending procedures, book collections, and assistance services. These variables are mapped into DeLone & McLean constructs, where iPusnas application quality, usability, and book lending procedures are derivatives of system quality constructs, book collections are derivatives of information quality constructs, and assistance services are derivatives of service quality constructs. The modified DeLone & McLean model was proposed as a research model. The quantitative approach was carried out by distributing questionnaires. Data from 426 respondents were analyzed using the PLS-SEM method. After that, interviews were conducted to validate the results of the quantitative analysis, which were processed using the content analysis method. The results showed that application quality, usability, book collection, and help services affect user satisfaction. Book collection, user satisfaction, and net benefits affect continuance intention, while app quality, usability, and support services do not. User satisfaction also affects net benefits. This research is expected to fill the research gap regarding iPusnas and provide suggestions for application developers on how to improve it to encourage its use. In addition, since iPusnas is one of the e-government applications in the field of education, this research is expected to provide theoretical contributions regarding the utilization of technology to improve access and quality of education. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arsenius Wisnu Aji Patria Perkasa
"ABSTRAK
Pembajakan digital telah dianggap sebagai tindakan yang lumrah dan sering terjadi di dalam masyarakat. Terlepas dari sekian banyaknya penelitian yang membahas mengenai pembajakan digital, penelitian dengan perspektif korban masih lebih sedikit jika dibandingkan dengan perspektif lainnya. Tugas Karya Akhir ini memiliki tujuan untuk meneliti mengenai dampak dan respon yang dimiliki oleh korban pembajakan digital. Dengan menggunakan konsep victim cost, penulis berusaha memahami hal-hal yang dikorbankan oleh seorang content creator hingga kerugian apa yang harus ditanggung oleh mereka. Dilengkapi dengan konsep individual response yang dapat digunakan untuk mengetahui bagaimana respon dan reaksi para content creator terhadap pembajakan digital yang dialaminya. Kedua konsep ini digunakan untuk membantah pemahaman umum yang mengatakan bahwa pembajakan digital merupakan kejahatan tanpa korban karena faktanya content creator mengalami kerugian tertentu.

ABSTRACT
Digital piracy has been considered as a common thing and commonly practiced in society. Apart from many studies that discuss digital piracy, research with a victim perspective is still less compared to other perspectives. The objective of this study is to examine the impact and response from victims of digital piracy. By using the concept of victim cost, author tries to understand things that are sacrificed by a content creator to what loss must be borne by them. Equipped with the concept of individual response that can be used to find out how their responses and reactions to digital piracy they experience. Both of these concepts are used to refute the general understanding that digital piracy is a victimless crime due to the fact that content creators suffer certain losses."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Practical web analytics for user experience teaches you how to use web analytics to help answer the complicated questions facing UX professionals. Within this book, you'll find a quantitative approach for measuring a website's effectiveness and the methods for posing and answering specific questions about how users navigate a website. The book is organized according to the concerns UX practitioners face. Chapters are devoted to traffic, clickpath, and content use analysis, measuring the effectiveness of design changes, including A/B testing, building user profiles based on search habits, supporting usability test findings with reporting, and more. This is the must-have resource you need to start capitalizing on web analytics and analyze websites effectively."
Waltham, MA: Morgan Kaufmann, 2013
e20427535
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Hasiholan Pakpahan, Arif Yosia
"Semakin tingginya tingkat penetrasi internet di Indonesia menyebabkan masyarakat menjadi familiar dengan berbagai produk dan layanan digital berbasis internet, salah satunya yang sedang populer saat ini adalah layanan streaming musik. Namun, tak dapat dipungkiri perkembangan internet di Indonesia juga menyebabkan tersedianya berbagai saluran distribusi alternatif untuk mengakuisisi produk, konten dan layanan berbasis digital yang tidak berlisensi atau ilegal. Adopsi dan penggunaan layanan streaming musik premium yang merupakan saluran distribusi berlisensi, mampu menjadi bentuk inovasi yang terjangkau dan efisien untuk melawan pembajakan musik digital, terutama jika memiliki perceived usefulness dan perceived enjoyment yang tinggi. Secara khusus, perceived usefulness dan perceived enjoyment tersebut dipengaruhi oleh perceived ease of use, perceived creativity facilitation dan perceived community facilitation yang tercermin dalam fitur-fitur layanan streaming musik premium. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan intensi berlangganan layanan streaming musik premium terhadap pengurangan intensi membajak musik digital. Intensi berlangganan layanan streaming musik dipengaruhi oleh persepsi fungsional dan persepsi kesenangan, terutama yang didorong oleh persepsi kemudahan penggunaan serta fitur-fitur yang mampu memfasilitasi kebutuhan kreatif dan kebutuhan kolektivitas para pengguna layanan streaming musik premium. Kemudian intensi pembajakan musik digital juga dipengaruhi oleh sikap terhadap pembajakan digital dan persepsi harga layanan streaming musik premium. Metode purposive dan convenience sampling digunakan dalam penelitian ini dengan sebanyak 825 responden dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan streaming musik yang dipersepsikan memiliki usefulness dan enjoyment yang tinggi dapat meningkatkan purchase intention layanan streaming musik premium, dimana persepsi usefulness dan enjoyment tersebut dapat ditingkatkan oleh fitur-fitur yang dipersepsikan mampu memfasilitasi kebutuhan kreatif pengguna. Namun, perceived usefulness dan perceived enjoyment saja ternyata masih tidak cukup untuk mengurangi digital piracy intention.

With the vast increase of the internet’s penetration rate, Indonesians became familiarized with various products and services that are available digitally, which one of the most popular amongst them being music streaming service. However, this vast increase of the internet also caused many illegal alternatives to surface, such as peer-to-peer sharing networks that offer digital products, contents, and services without license. The adoption and usage of premium music streaming service offers a low cost yet legal alternative to tackle digital music piracy, especially if the service has a high perceived usefulness and perceived enjoyment to boot. Specifically, the perceived usefulness and perceived enjoyment can be improved with features that are perceived to facilitate the creativity and community aspects of the user, which is usually available after becoming a premium user. The purpose of this research is to analyze whether an increase of purchase intention of premium music streaming services can decrease the intention of downloading digital music illegally. The purchase intention is affected by perceived usefulness and perceived enjoyment, which can be reflected from features depicting the perceived ease of use, perceived creativity facilitation and perceived community facilitation. Additionally, attitude towards digital piracy and perceived cost are considered to further evaluate the digital piracy intention. Purposive and convenience sampling methods were used, which acquired 825 respondents and were analyzed using Partial Least Squares - Structural Equation Modelling (PLS-SEM). The findings concluded that perceived usefulness and perceived enjoyment positively affects the purchase intention of premium music streaming service, which are enhanced by the availability of features that could facilitate user’s creative needs. However, these features which contributes to the overall system usability and enjoyment still could not be associated with the reduction of digital music piracy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>