Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 207369 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Az Zahra Hasna
"Perpustakaan memiliki peran strategis terhadap kebutuhan masyarakat akan ruang. Namun, hal ini tidak luput dari tantangan untuk membuat pengunjung merasa puas (satisfaction) dan memiliki minat untuk berkunjung kembali (revisit intention). Studi ini menjelaskan pengaruh physical servicescape terhadap satisfaction dan revisit intention pengunjung Perpustakan Jakarta melalui place attachment dengan menggunakan kerangka konseptual SOR (stimulus-organism-response). Metode penelitian menggunakan metode eksplanatori dengan teknik pengambilan data menggunakan metode survei dan teknik purposive sampling dalam penentuan sampel. Total sampel yang terkumpul berjumlah 317 responden dengan kriteria pernah mengunjungi Perpustakaan Jakarta minimal sekali. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan perhitungan atau teknik PLS-SEM (partial least square-structural equation model). Studi ini menemukan bahwa faktor ambience dengan place dependence dan place identity, facility aesthetic dengan place identity, seating comfort dengan place dependence, dan place affect dengan revisit intention tidak memiliki pengaruh terhadap pengunjung di Perpustakaan Jakarta. Studi ini juga memiliki implikasi yang dapat dimanfaatkan oleh tim Perpustakaan Jakarta untuk menaruh perhatian kualitas layanan fisiknya untuk meningkatkan satisfaction dan revisit intention dari pengunjung.

Library play a strategic role in fulfilling society's need for space. However, this does not come without challenges, particularly in ensuring visitor satisfaction and encouraging revisit intention. This study examines the influence of the physical servicescape on visitor satisfaction and revisit intention at the Jakarta Library through place attachment, using the SOR (Stimulus-Organism-Response) conceptual framework. The research adopts an explanatory method with data collection conducted through surveys and purposive sampling for sample selection. A total of 317 respondents who had visited the Jakarta Library at least once were included in the sample. The data were analyzed using the PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model) technique. The study found that factors such as ambience with place dependence and place identity, facility aesthetics with place identity, seating comfort with place dependence, and place influence with revisit intention do not significantly affect visitor perceptions of the Jakarta Library.This study also provides implications for the Jakarta Library team to focus on the quality of its physical services to enhance visitor satisfaction and revisit intention."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hafizna Alfi Hamidah
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Service Quality terhadap Revisit Intention melalui Visitor Satisfaction pada Pengunjung Museum Nasional Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik purposive sampling pada 165 responden yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara luring. Data yang didapatkan diolah menggunakan SPSS melalui analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa pengaruh yang signifikan yaitu pengaruh service quality terhadap revisit intention, pengaruh service quality terhadap visitor satisfaction, dan pengaruh visitor satisfaction terhadap revisit intention. Pada uji mediasi menunjukkan bahwa visitor satisfaction memiliki pengaruh mediasi parsial pada hubungan service quality terhadap revisit intention pada pengunjung Museum Nasional Indonesia.

The purpose of this study is to analyze the effect of service quality on revisit intention with visitor satisfaction as mediating variable with a study on Museum Nasional Indonesia’s visitors. The study used a quantitative approach through purposive sampling technique on 165 respondents obtained direct distribution of questionnaires. The data obtained were processed using SPSS through descriptive statistical analysis and linier regression analysis. The results of this study indicate that there are several significant effects, namely the effect of service quality on revisit intention, the effect of service quality on visitor satisfaction, and the effect of visitor satisfaction on revisit intention. The mediation test showed that visitor satisfaction has a partial mediating effect on the relationship between service quality and revisit intention to Museum Nasional Indonesia’s visitors."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Ferdinand Slamet
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai atribut-atribut lingkungan jasa (servicescape) yang memengaruhi keinginan pengunjung pusat perbelanjaan untuk berkunjung kembali (revisit intention). Pengaruh antara servicescape dan revisit intention dimediasi oleh variabel perceived quality, affect, dan satisfaction. Penelitian ini melibatkan 221 orang responden yang pernah mengunjungi Grand Indonesia selama satu bulan sebelum pengisian kuesioner. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan Stuctural Equation Modelling (SEM) yang diolah menggunakan program SPSS 20 dan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen cleanliness dan spatial layout memiliki pengaruh signifikan terhadap perceived quality. Penelitian ini juga menunjukkan signifikasi pengaruh perceived quality terhadap afeksi pengunjung pusat perbelanjaan. Selain itu, penelitian ini pun menunjukkan pengaruh signifikan afeksi pengunjung terhadap kepuasan pengunjung dan kepuasan pengunjung memengaruhi revisit intention secara signifikan.

ABSTRACT
This research examines the elements of servicescape that have impact on shopping mall visitor’s revisit intention. The impact of servicescape attributes to revisit intention is mediated by several variables: perceived quality, affect, and satisfaction. This study involved 221 respondents whom have been to Grand Indonesia Shoping Town in the last one month. The researcher use Stuctural Equation Modelling (SEM) to analyze the data with SPSS 20 and AMOS program. The research has provided us with an interesting result whereby only two elements of servicescape (cleanliness dan spatial layout) that have significant impact to visitor’s perceived quality. This study also showed us that perceived quality have significant impact to visitor’s affect. Furthermore, this research also identified that visitor’s affect significantly impacting their satisfaction and their satisfaction had significant effect to their revisit intention.
"
2015
S60376
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Savitri
"Perkembangan teknologi memberikan dampak bagi industri fashion untuk melakukan kegiatan pemasaran dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Penggunaan teknologi digital dalam kegiatan pemasaran menciptakan peluang bagi merek untuk dapat berinteraksi dengan konsumen tanpa adanya interaksi secara langsung yang disebut contactless marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh contactless marketing yang diterapkan brand fashion H&M terhadap customer satisfaction dan revisit intention. Terdapat empat tools yang digunakan H&M dalam contactless marketing-nya yaitu AI chatbot, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan live streaming. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 151 responden yang merupakan pelanggan dari brand fashion H&M yang pernah menggunakan tools contactless marketing yang disediakan H&M. Penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data statistik deskriptif, PLS-SEM, dan ANOVA dengan bantuan software SPSS dan SMART PLS-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara contactless marketing yang diterapkan H&M terhadap customer satisfaction dan revisit intention.

Technological developments have an impact on the fashion industry to carry out marketing activities to meet consumer needs. The use of digital technology in marketing activities creates opportunities for brands to interact with consumers without interaction in person called contactless marketing. This study aims to determine the impact of contactless marketing of H&M on customer satisfaction and revisit intention. This study also looks at differences in consumer motivation, namely motivation to seek information and motivation to seek enjoyment in using contactless marketing tools from H&M which leads to customer satisfaction and revisit intention. There are four tools used by H&M in its contactless marketing, such as AI chatbot, augmented reality (AR), virtual reality (VR), and live streaming. This research uses a quantitative approach with a survey method of 151 respondents who are customers of the H&M brand who have used contactless marketing tools provided by H&M. This study uses descriptive statistical data processing techniques, PLS-SEM, and ANOVA using SPSS and SMART PLS-3 software. The results showed that there is a positive influence between contactless marketing implemented by H&M on customer satisfaction and revisit intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Derry Herdiana Wiguna
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh elemen arsitektural, elemen sensorik visual, dan suasana terhadap kepuasan pemustaka di Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Barat (SUDIN PUSIP Jakarta Barat). Ini adalah penelitian kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemustaka Ruang Baca Layanan Remaja/Dewasa SUDIN PUSIP Jakarta Barat tahun 2018. Teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin, dengan jumlah sampel 100 pemustaka. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Dalam analisis data digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa elemen arsitektural, elemen sensorik visual dan suasana secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka.

This research aims to examine and analyze the influence of architectural elements, visual sensory elements, and ambiance on user satisfaction at the Library and Archives Department of West Jakarta Administrative City (SUDIN PUSIP West Jakarta). This is quantitative research, while the population in this study is all of the Youth/Adult Service Reading Room readers SUDIN PUSIP West Jakarta in 2018. The sampling technique is Slovin formula, with a sample of 100 users. The sampling technique used is accidental sampling. In the analysis of data used multiple linear regression. The results of the study revealed that architectural elements, visual sensory elements and ambiance together had a significantly positive effect on user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T53747
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julio Trijaya
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh yang dimiliki consumption values terhadap intention to revisit serta pengaruh mediasi yang dimiliki place attachment terhadap hubungan antara attitude dan intention to revisit dalam konteks konsumsi street food pada wisatawan domestik Gen Z yang mengunjungi Bali. Data didapatkan dari 287 responden menggunakan non-probability purposive sampling yang dianalisis menggunakan metode structural equation modelling (SEM) dengan software SmartPLS 3.3.7. Hasil analisis menunjukkan epistemic value sebagai pengaruh paling besar pada attitude yang dimiliki wisatawan domestik Gen Z yang diikuti oleh taste value. Place attachment juga ditemukan memiliki pengaruh mediasi komplementer pada hubungan attitude dan intention to revisit.

The purpose of this study is to understand the impact of consumption values on intention to revisit and mediation of place attachment on the connection of attitudes and intention to revisit. In context of street food consumption among domestic Gen Z travelers who visit Bali. Data gathered from 287 respondents using non-probability purposive sampling that is analyzed using structural equation modelling (SEM) using SmartPLS 3.3.7. Result shows epistemic value has primary impact on attitudes of domestic Gen Z travelers that is followed by taste value. Moreover, place attachment appear to complementary mediate the relationship between Attitude and intention to revisit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asri Ariani Fauziah
"IndonesiaX adalah website pionir MOOC Massive Open Online Course yang berdiri sejak tahun 2015. Fokus penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Web Quality terhadap Customer Satisfaction dan Revisit Intention dengan responden pengguna website IndonesiaX. Penelitian ini menggunakan model WebQual 4.0 untuk melakukan pengukuran kualitas website, dengan pendekatan teori kepuasan konsumen dan niat berperilaku niat untuk berkunjung kembali . Penelitian ini merupakan studi deskriptif, menggunakan metode online survey dan teknik convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh dari Web Quality terhadap Customer Satisfaction dan Revisit Intention pengguna website Indonesia. Sebagai pionir MOOC lokal, IndonesiaX memiliki potensi untuk berkembang dan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, dengan meningkatkan kualitas website.

IndonesiaX is a pioneer website of MOOC Massive Open Online Course which has been established since 2015. The focus of this research is to see the influence of Web Quality on Customer Satisfaction and Revisit Intention, with IndonesiaX website user as respondents. This research uses WebQual 4.0 model to measure website quality, using theories of consumer satisfaction and behavioral intention revisit intention . This research is a descriptive study, using online survey method and convenience sampling technique. The results of this study indicate that there is influence of Web Quality on Customer Satisfaction and Revisit Intention of IndonesiaX website users. As a local MOOC pioneer, IndonesiaX has the potential to grow and be well received by the people of Indonesia, by improving its website quality."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T51228
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifki Wibisono
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, satisfaction terhadap revisit intention pada penonton play-off Mobile Legends Professional League Indonesia season 12 (MPL ID S12) untuk mengetahui motivasi dalam menonton play-off MPL ID S12. Metode penelitian kuantitatif dengan responden penonton MPL ID S12 menggunakan SEM-PLS (Structural Equation Modelling Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari motivasi, dan satisfaction terhadap revisit intention. Selain itu, terdapat pengaruh positif dan signifikan dari motivasi terhadap revisit intention dengan satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merekomendasikan agar penyelenggara dapat mengedepankan faktor hiburan pada pelaksanaan MPL ID dan meningkatkan kualitas venue pertandingan.

This study aims to analyze the influence of motivation, satisfaction on revisit intention in the Mobile Legends Professional League Indonesia season 12 (MPL ID S12) play-off audience to find out the motivation for watching the MPL ID S12 play-offs. Quantitative research method using SEM-PLS (Structural Equation Modeling Partial Least Square) are  applied with MPL ID S12 audience as the respondents. The results showed that there was a positive and significant influence of motivation, and satisfaction on revisit intention. In addition, there is a positive and significant influence of motivation on revisit intention with satisfaction as a mediating variable. This study recommends that organizers can prioritize entertainment factors in the implementation of MPL ID and improve the quality of match venues."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Pamela
"Servicescape merupakan penampilan dari lingkungan fisik jasa yang dapat memberikan kesan kepada pelanggan. Kesan yang ditimbulkan oleh servicescape dapat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap jasa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan pengaruh servicescape terhadap kepuasan pelanggan pada Pavilion Beauty Salon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanantif. Penelitian dilakukan dengan metode survei, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh servicescape terhadap kepuasan pelanggan.

Servicescape is the appearance service physical environment that can give impression to customer. The impression of servicescape can affect the customer rsquo s perception of the service. This study was conducted to explain the influence of servicescape on customer satisfaction at Pavilion Beauty Salon. This study used quantitative research approach with explanative type of research. This study was conducted with survey method, collected 100 surveys with non probability sampling technique. The result shows that servicescape has effect on customer satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S67636
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Al Iqbal
"Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan respon pengguna perpustakaan terhadap layanan yang disediakan atau diberikan oleh pihak Kantor perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan khususnya mengenai tingkat kepuasannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna layanan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa respon pengguna terhadap layanan yang diberikan merasa puas serta tidak ada hambatan yang berarti dalam memanfaatkan layanan yang disediakan oleh pihak Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Selatan.

This study aims to reveal the response of library users to the services provided or given by the Office of Library and Archives South Jakarta Administration particularly on the level of satisfaction. This research is a quantitative study using survey methods. Respondents in this study were users of the Office of Library and Archives South Jakarta Administration. The results of this study indicate that the user response to the services provided are satisfied and there is no significant obstacle in utilizing the services provided by the Office of Library and Archives South Jakarta Administration."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44802
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>