UI - Tugas Akhir :: Kembali

UI - Tugas Akhir :: Kembali

Pengaruh Physical Servicescape terhadap Satisfaction dan Revisit Intention Pengunjung di Perpustakaan Jakarta = The Impact of Physical Servicescape on Visitor Satisfaction and Revisit Intention: A Case Study at Jakarta Library

Az Zahra Hasna; Wiwit Ratnasari, supervisor; Fuad Gani, examiner; Taufik Asmiyanto, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025)

 Abstrak

Perpustakaan memiliki peran strategis terhadap kebutuhan masyarakat akan ruang. Namun, hal ini tidak luput dari tantangan untuk membuat pengunjung merasa puas (satisfaction) dan memiliki minat untuk berkunjung kembali (revisit intention). Studi ini menjelaskan pengaruh physical servicescape terhadap satisfaction dan revisit intention pengunjung Perpustakan Jakarta melalui place attachment dengan menggunakan kerangka konseptual SOR (stimulus-organism-response). Metode penelitian menggunakan metode eksplanatori dengan teknik pengambilan data menggunakan metode survei dan teknik purposive sampling dalam penentuan sampel. Total sampel yang terkumpul berjumlah 317 responden dengan kriteria pernah mengunjungi Perpustakaan Jakarta minimal sekali. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan perhitungan atau teknik PLS-SEM (partial least square-structural equation model). Studi ini menemukan bahwa faktor ambience dengan place dependence dan place identity, facility aesthetic dengan place identity, seating comfort dengan place dependence, dan place affect dengan revisit intention tidak memiliki pengaruh terhadap pengunjung di Perpustakaan Jakarta. Studi ini juga memiliki implikasi yang dapat dimanfaatkan oleh tim Perpustakaan Jakarta untuk menaruh perhatian kualitas layanan fisiknya untuk meningkatkan satisfaction dan revisit intention dari pengunjung.

Library play a strategic role in fulfilling society's need for space. However, this does not come without challenges, particularly in ensuring visitor satisfaction and encouraging revisit intention. This study examines the influence of the physical servicescape on visitor satisfaction and revisit intention at the Jakarta Library through place attachment, using the SOR (Stimulus-Organism-Response) conceptual framework. The research adopts an explanatory method with data collection conducted through surveys and purposive sampling for sample selection. A total of 317 respondents who had visited the Jakarta Library at least once were included in the sample. The data were analyzed using the PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model) technique. The study found that factors such as ambience with place dependence and place identity, facility aesthetics with place identity, seating comfort with place dependence, and place influence with revisit intention do not significantly affect visitor perceptions of the Jakarta Library.This study also provides implications for the Jakarta Library team to focus on the quality of its physical services to enhance visitor satisfaction and revisit intention.

 File Digital: 1

Shelf
 TA-Az Zahra Hasna .pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tugas Akhir
No. Panggil : TA-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : libUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer (rdmedia)
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 34 pages + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
TA-pdf 16-25-33668749 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 9999920565070
Cover