Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 167811 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alfito Adri Thufail Sutandi
"Fenomena yang ditemui oleh peneliti pada mahasiswa baru menunjukkan ketika mengikuti kegiatan akademik dengan baik, maka mereka menjadi percaya diri dan merasa dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan di kampus. Salah satu hal yang dapat membantu keberhasilan belajar adalah konsep belajar (Saljo, 1979). Penelitian  (ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan konsep belajar dan penyesuaian diri mahasiswa baru di perguruan tinggi. Partisipan penelitian adalah mahasiswa baru semester satu program sarjana di perguruan tinggi berusia 18-21 tahun (N = 138). Alat ukur konsep belajar adalah The Conception of Learning Inventory dari Purdie dan Hattie (2002) dan alat ukur penyesuaian diri adalah College Adaptation Questionnaire dari O’Donnell et al. (2018). Hasil uji hipotesis menunjukkan konsep belajar yang dimiliki mahasiswa baru tidak memiliki hubungan dengan penyesuaian diri mahasiswa di perguruan tinggi (p > .05). Terdapat hubungan positif dan signifikan antara konsep belajar sebagai kewajiban dengan penyesuaian diri di kampus (p < .01; r= .26). Hasil tersebut mengindikasikan adanya hubungan antara konsep belajar pada mahasiswa bahwa belajar adalah merupakan kewajiban dengan penyesuaian diri di kampus. Peneliti memberikan beberapa saran, antara lain memperluas sampel penelitian, melakukan studi longitudinal, dan perguruan tinggi terus melakukan usaha pembelajaran yang berorientasi pada mahasiswa.

The phenomenon encountered by researchers in new students shows that when they follow academic activities well, they become confident and feel they can adjust to life on campus. One of the things that can help learning success is the concept of learning (Säljö, 1979). This study aims to see whether there is a relationship between the concept of learning and the adjustment of new students in college. The participants of this study were first-semester undergraduate freshmen in college-aged 18-21 years (N = 138). The learning concept measurement tool was The Conception of Learning Inventory from Purdie and Hattie (2002), and the self-adjustment measurement tool was the College Adaptation Questionnaire from O'Donnell et al. (2018). The results of hypothesis testing showed that the concept of learning owned by new students did not have a relationship with student adjustment in college (p> .05). There is a positive and significant correlation between the conception of learning as an obligation and adjustment on campus (p <  .01; r= .26). These results indicate a relationship between the concept of learning in students that learning is an obligation with adjustment on campus. The researcher made several suggestions, including expanding the research sample, conducting longitudinal studies, and universities continuing to make student-oriented learning efforts."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Cyrilla
"Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat apakah learning approach (pendekatan belajar) mahasiswa, yaitu pendekatan belajar deep,strategic, atau surface memiliki hubungan dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi, khususnya pada masa pembelajaran secara hybrid setelah sebelumnya mahasiswa mengalami pembelajaran jarak jauh di masa sekolah menengah atas mereka. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama angkatan 2022 di Indonesia (N = 122). Pengumpulan data penelitian dilakukan secara online dengan cara menyebarkan link Google form melalui media sosial. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur penyesuaian diri di perguruan tinggi adalah College Adjustment Questionnaire (CAQ), sedangkan untuk pendekatan belajar adalah The Approaches and Study Skills Inventory for Student (ASSIST). Teknik analisis yang digunakan untuk melihat hubungan antara dua variabel adalah Pearson Product Moment Correlation Coefficient. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan belajar memiliki hubungan yang signifikan dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi (r = 0.335, p < 0.01) dan pendekatan belajar strategic memiliki hubungan yang paling kuat terhadap penyesuaian diri mahasiswa (r = 0.527, p < 0.01). Untuk penelitian selanjutnya diharapkan agar sampel dapat merepresentasikan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

The background of this research is to see whether the student learning approach, namely deep, strategic, or surface learning approaches has a relationship with the adjustment of first-year students in tertiary institutions, especially during the hybrid learning period after previously students experienced distance learning in their high school. The participants in this study were first-year students from batch 2022 in Indonesia (N = 122). Research data was collected online by distributing Google form links via social media. The measuring tool used to measure college adjustment was the College Adjustment Questionnaire (CAQ), while the learning approach was The Approaches and Study Skills Inventory for Students (ASSIST). The analysis technique used to see the relationship between the two variables isthe Pearson Product Moment Correlation Coefficient. The results showed that the learning approach had a significant relationship with the adjustment of first-year students in tertiary institutions (r = 0.335, p < 0.01), and the strategic learning approach had the strongest relationship with the adjustment of students in their first year (r = 0.527, p < 0.01). Forfurther research, it is hoped that the sample can represent students from various tertiary institutions in Indonesia."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aat Nurlela
"Transisi dan penyesuaian dari SMA ke Perguruan Tinggi (PT) merupakan proses yang cukup sulit dan menantang bagi hampir semua orang di tahun pertama kuliah. Dalam masa adaptasinya, tantangan yang dihadapi mahasiswa di tahun pertama memiliki kemungkinan potensi risiko kesehatan mental yang buruk, seperti kesepian, kurangnya aktivitas sosial, dan merasa harga diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dan distres psikologis pada mahasiswa baru di Indonesia. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa semester satu program sarjana di perguruan tinggi di Indonesia yang berusia 18-21 tahun (N = 137). Alat ukur yang digunakan untuk mengukur penyesuaian diri adalah College Adaptation Questionnaire (CAQ) dari O’Donnell (2018) dan Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25) untuk mengukur distres psikologis yang telah diadaptasi oleh Turnip dan Hauff (2007). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penyesuaian diri dan distres psikologis (r=-0.311, p<0.01). Artinya, semakin tinggi penyesuaian diri di perguruan tinggi, maka semakin rendah distres psikologis pada mahasiswa baru dan begitupun sebaliknya. Hasil penelitian, diharapkan menjadi bahan rujukan bagi perguruan tinggi dalam upaya pembuatan kebijakan preventif untuk mencegah meningkatnya distres psikologis pada mahasiswa baru.

Transitioning from high school to university is challenging for most individuals in their first year of college. During this period of adaptation, first-year students face challenges that potentially risk their mental health, manifesting as feelings of loneliness, a lack of social activities, and low self-esteem. This study explored the relationship between college adjustment and psychological distress among Indonesian first-year students. The participants were first-semester undergraduate students at universities in Indonesia, aged between 18-21 years old (N = 137). The College Adaptation Questionnaire (CAQ) from O’Donnell (2018) was used to measure college adjustment, while the Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25), adapted by Turnip and Hauff (2007), was used to measure psychological distress. The results showed a significant negative relationship between college-adjustment and psychological distress (r = -0.311, p <0.01). suggesting that the higher the levels of college adjustment, the lower the psychological distress in new students and vice versa. The study results are expected to reference universities' preventive policy-making efforts to prevent increased psychological distress in first-year undergraduate students."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Tasliatul Fuad
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dan stres psikologispada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat ukur Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) untuk mengetahui gambaran penyesuaian diri di perguruan tinggi partisipan dan alat ukur Hopkins Symptom Checklist-25 (HSCL-25) untuk mengetahui tingkat stres psikologis partisipan.Partisipan dalam penelitian ini adalah 94 orang mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Teknik analisis data menggunakan pearson correlation untuk menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara penyesuaian diri di perguruan tinggi dan stres psikologis(r = -.284).

This research was conducted to determine the correlation between college adjustment and psychological distress on Faculty of Psychology University of Indonesia First-year Students. This research method use quantitative approach using Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ) to get the descriptive data about participant‟s college adjustment and Hopnkins Sympton Checklist-25 (HSCL-25) to determine the level of psychological distress on participants. Participants in this study were 94 Faculty of Psychology University of Indonesia first-year students. Pearson Correlation analysis technique was used to answer the research problem. Result showed that there is negative and significant correlation between college adjustment and psychological distress on Faculty of Psychology University of Indonesia first-year students (r = -.284)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S45741
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardan Aziz Rahman
"ABSTRAK
Mahasiswa tahun pertama rentan mengalami masalah adaptasi akibat lingkungan kuliah yang berbeda dengan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan penyesuaian diri mahasiswa baru college adjustment antar tipe identity processing style. Partisipan pada penelitian ini adalah 544 mahasiswa angkatan 2017 Universitas Indonesia. College adjustment diukur menggunakan Student Adaptation of College Questionnaire SACQ oleh Baker dan Siryk 1984 dan identity processing style diukur menggunakan Identity Style Inventory 6th Generation ISI 6G oleh White, Wampler, dan Winn 1998. Penelitian ini menggunakan teknik statistik One Way MANCOVA. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan college adjustment antar tipe identity processing style. F 8,1072 =5.480, P 0,05.

ABSTRACT
Transtition to college is one of problem first year student in college. The aim of this study is to examine the difference of college adjustment between three types of identity processing style informational processing style, normative processing style, dan diffuse avoidant processing style in first year student. The participants used in this study are 544 first year student in Universitas Indonesia. College adjustment was measured by Student Adaptation of College Questionnaire SACQ by Baker and Siryk 1984 and identity style was measured by Identity Style Inventory 6th Generation ISI 6G by White, Wampler, and Winn 1998 . One way MANCOVA statistic technique was used to process the data. There is a significant difference of college adjustment between identity processing style processing style F 8,1072 5.480, P0.05."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naila Arrania
"Pada tahun pertama perkuliahan, mahasiswa baru dituntut untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan akademis, sosial, dan emosional baru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran resiliensi dan masing-masing dimensinya, yakni kompetensi personal serta penerimaan diri dan hidup, dalam memprediksi penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru. Studi kuantitatif dilakukan terhadap mahasiswa baru dalam rentang usia 18-20 tahun dari berbagai universitas di Indonesia (N = 130). Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa dimensi kompetensi personal serta dimensi penerimaan diri dan hidup dapat memprediksi penyesuaian diri di perguruan tinggi, dengan dimensi penerimaan diri dan hidup sebagai prediktor yang paling signifikan atas penyesuaian diri di perguruan tinggi. Institusi pendidikan perguruan tinggi dapat mempertimbangkan aktivitas yang dapat membangun resiliensi pada individu untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian diri di perguruan tinggi pada mahasiswa baru.

During the first year of college, college freshmen must adapt to many novel academic, social, and emotional challenges. The goal of this study is to examine the role of resilience and its dimensions, which are personal competence and acceptance of self and life, as a predictor for college adjustment among college freshmen. A quantitative study was conducted on college freshmen aged between 18-20 years old across universities in Indonesia (N = 130). Based on our findings, personal competence and acceptance of self and life simultaneously and significantly predicted college adjustment, with acceptance of self and life as the most significant predictor of college adjustment. Higher education institutions need to consider developing certain activities that can build resilience in individuals to improve college adjustment among college freshmen.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Devianti
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan academic self-concept dan penyesuaian diri mahasiswa baru lintas jurusan dan sejurusan di perguruan tinggi Indonesia serta menguji hubungan antara academic self-concept dan penyesuaian diri tersebut. Mahasiswa lintas jurusan merupakan mahasiswa rumpun Sosial dan Humaniora (Soshum) yang berasal dari jurusan IPA di SMA atau mahasiswa rumpun Sains dan Teknologi (Saintek) yang berasal dari jurusan IPS dan Bahasa di SMA sementara mahasiswa sejurusan merupakan mahasiswa Soshum dari jurusan IPS dan Bahasa atau mahasiswa Saintek dari jurusan IPA. Mahasiswa lintas jurusan mengalami ketidaksesuaian antara jurusan dengan latar belakang pendidikannya. Responden penelitian adalah mahasiswa angkatan 2021 program sarjana yang berkuliah secara daring (N = 378). Data diperoleh secara daring menggunakan teknik non-probabilty sampling dan diolah menggunakan Mann-Whitney U Test dan Spearman’s Rank pada SPSS. Ditemukan bahwa academic self-concept mahasiswa sejurusan secara signifikan lebih rendah, tetapi penyesuaian diri secara signifikan lebih tinggi dari mahasiswa lintas jurusan, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara academic self-concept dan penyesuaian diri mahasiswa. Penelitian selanjutnya dapat membandingkan academic self-concept mahasiswa lintas jurusan dan mahasiswa sejurusan di awal perkuliahan dan di akhir perkuliahan tingkat 1 dan menggunakan teknik stratified random sampling dalam memilih responden agar setiap kelompoknya memiliki perwakilan yang setara dalam sampel.

This research aims to investigate the difference of academic self-concept and college adjustment between cross-major students and same-major students in Indonesian higher education, and to test the correlation between academic self-concept and college adjustment. Cross-major students are Social and Humanities students who graduated from Science major in high school or Science and Technology students who graduated from Social and Language major meanwhile same-major students are Social and Humanities students from Social and Language major or Science and Technology students from Science major. What cross-major students learn in college differs from their educational background. The respondents of this study are year 2021 college freshmen who are in a full online learning system (N = 378). Data were gathered using an online survey with non-probability sampling technique and processed with Man-Whitney U Test and Spearman’s Rank on SPSS. The result showed that same-major students have lower academic self-concept but higher college adjustment and showed a significant positive correlation between academic self-concept and college adjustment.For further research, it is suggested to compare cross-major students' and same-major students' academic self-concept at the beginning and end of freshman year and use stratified random sampling technique to have an equal number of respondents in every group."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvin Adelino
"ABSTRAK
Masa transisi dari SMA ke perguruan tinggi dapat menyebabkan tekanan bagi mahasiswa Gall, Evans, Bellerose, 2000. Karena itu, dibutuhkan adanya proses penyesuaian diri yang dinamakan college adjustment. Tekanan tersebut dapat membuat mahasiswa kesulitan beradaptasi dan dapat menimbulkan efek samping seperti stres atau depresi. Masalah pada college adjustment penting karena berkaitan dengan antara lain masalah akademis dan tingkat putus studi Backhaus, 2009. Self-compassion dapat mengurangi dampak negatif dari tekanan tersebut sehingga memudahkan proses penyesuaian diri Terry, Leary, Mehta, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self-compassion dengan college adjustment pada mahasiswa tahun pertama. Pengukuran self-compassion menggunakan adaptasi alat ukur Self-Compassion Scale yang disusun oleh Neff 2003b dan pengukuran college adjustment menggunakan adaptasi alat ukur Student Adaptation to College Questionnaire yang disusun oleh Baker dan Siryk 1984. Partisipan penelitian ini berjumlah 373 mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia. Dengan metode statistik Pearson Product-Moment Correlation, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara self-compassion dan college adjustment pada mahasiswa tahun pertama r = .076, p = .142.

ABSTRACT
The transition period from high school to university may generate pressure towards students Gall, Evans, Bellerose, 2000 . Therefore, a form of adaptation is needed, which is called college adjustment. The pressure may cause students to adapt poorly and may cause side effects such as stress and depression. College adjustment problems are important because they relate with academic problems and drop out rate Backhaus, 2009. Self compassion may act as a buffer towards negative effects from that pressure and made the adaptation process easier Terry, Leary, Mehta, 2013. In this study, Self compassion was measured using an adaptation form of Self Compassion Scale by Neff 2003b, and college adjustment was measured using an adaptation form of Student Adaptation to College Questionnaire by Baker and Siryk 1984. The participants of this study were 373 first year college students of University of Indonesia. Using Pearson Product Moment Correlation method, main results of this study showed self compassion was not significantly related with college adjustment r .076, p .142 on first year college students."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratu Alia Cahyani
"Mahasiswa tahun pertama menjalani pembelajaran secara daring karena kondisi pandemi COVID-19. Untuk itu, mahasiswa tahun pertama perlu berusaha lebih keras dalam melakukan penyesuaian diri pada masa kuliah daring. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi penyesuaian diri mahasiswa adalah self-regulated learning yang memiliki kaitan erat dengan aspek akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai self-regulated learning dan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama dan hubungan antara self-regulated learning dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama pada masa perkuliahan secara daring. Responden penelitian adalah mahasiswa tahun pertama angkatan 2021 yang sedang menjalani pembelajaran secara daring (N = 205). Data diperoleh dengan teknik non-probability sampling dan analisa dilakukan menggunakan korelasi Pearson. Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa self-regulated learning memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan penyesuaian diri mahasiswa. Artinya, semakin tinggi self-regulated learning mahasiswa, maka semakin baik penyesuaian diri mahasiswa pada masa perkuliahan secara daring. Melalui analisis tambahan, tidak ditemukan perbedaan penyesuaian diri mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan. Hasil dari penelitian ini menyarankan perguruan tinggi agar dapat memberikan kegiatan untuk memupuk self-regulated learning mahasiswa tahun pertama melalui orientasi belajar dan pembelajaran di kelas.

First-year students are studying through online learning due to the COVID-19 pandemic. For this reason, first-year students need to try harder to make adjustments during online learning. One of the factors that can influence college adjustment is self-regulated learning, which is closely related to academic aspects. This study aims to obtain an overview of self-regulated learning and college adjustment in first-year students and also determine the relationship between self-regulated learning and college adjustment of first-year students during online learning. Research respondents were first-year students of the class of 2021 who were undergoing online learnings (N = 205). The data were obtained by non-probability sampling technique and  analyzed using the Pearson correlation. The main result of this study showed that self-regulated learning had a positive and significant relationship with college adjustment. Thus, first-year students who have high levels of self-regulated learning tend to have better college adjustment during online learning. By additional analysis, this study found that there is no difference in college adjustment between male students and female students. The results of this study suggests that university should consider to providing activities to foster self-regulated learning for first-year students through learning orientation and classroom learning."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhistira Ghifari Adlani
"Pandemi COVID-19 berdampak secara internal dan eksternal terhadap bagaimana mahasiswa menjalankan perkuliahan di perguruan tinggi. Hal ini membuat tuntutan yang dialami oleh mahasiswa tahun pertama menjadi bertambah. Self-compassion sebagai strategi koping yang sehat dapat membantu mahasiswa tahun pertama dalam mengatasi tuntutan selama perkuliahan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self-compassion dengan penyesuaian diri mahasiswa tahun pertama selama perkuliahan secara daring di masa pandemi dan juga melihat perbandingan variabel self-compassion dan penyesuaian diri mahasiswa pada data demografis. Partisipan penelitian adalah mahasiswa angkatan 2021 program sarjana yang berkuliah secara daring (N = 351). Metode penelitian menggunakan desain non-eksperimental dan data diolah dengan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) self-compassion berkorelasi secara positif dan signifikan terhadap penyesuaian diri mahasiswa, 2) setiap komponen self-compassion berkorelasi secara positif dan signifikan terhadap penyesuaian diri mahasiswa dan 3) self-compassion menunjukkan perbedaan yang signifikan pada variabel demografis (umur dan jenis universitas). Implikasi dari penelitian ini adalah self-compassion dapat digunakan sebagai strategi koping dalam mengatasi tuntutan transisi mahasiswa tahun pertama pada masa perkuliahan secara daring di masa pandemi, dan perguruan tinggi perlu membekali mahasiswanya dengan strategi tersebut.

The COVID-19 pandemic has had an impact both internally and externally on how students carry out lectures at universities. This makes the things experienced by first-year college students increase. Self-compassion as a healthy coping strategy can help first-year college students in overcoming problems during lectures. This study aims to see the relationship between self-compassion and adjustment of first-year college students during lectures during the pandemic and also to compare the variables of self-compassion and college student adjustment to demographic data. Research participants are college students of the 2021 undergraduate program who study online (N = 351). The research method uses a non-experimental design and the data is processed by correlational analysis. The results showed that: 1) self-compassion was positively and significantly correlated with college student adjustment, 2) each component of self-compassion was positively and significantly correlated with college student adjustment and 3) self-compassion showed significant differences in demographic variables (age and type of university). The implication of this research is that self-compassion can be used as a coping strategy in dealing with the transition of first-year college students during online lectures during a pandemic, and universities need to equip their students with this strategy.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>