Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 124753 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Silmi Aprilia Andari
"Menurut penelitian, Reconfigurable Manufacturing System (RMS) adalah konsep yang paling mungkin untuk membantu produsen agar tetap kompetitif di persaingan pasar. RMS adalah kelas sistem manufaktur yang kompleks, dimana memerlukan pemahaman menyeluruh tentang perencanaan proses dan penjadwalan untuk mendapatkan hasil yang efisien, oleh karena itu masih dianggap sulit untuk dipahami oleh para praktisi. Meskipun begitu, RMS tidak berkembang dan terkenal di kalangan industri. Di sisi lain, serious game adalah media pembelajaran yang efektif bagi para insinyur untuk membuat keputusan praktis yang masuk akal dengan menggabungkan perolehan pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang langkah awal dalam membuat serious game yang akan meningkatkan pemahaman tentang RMS dengan memperkenalkan karakteristik intinya. Permainan ini akan mengharuskan pemain untuk menentukan peningkatan optimal pada sistem manufaktur dengan mengkonfigurasi ulang elemen pada sistem tersebut. Model awal yang dihasilkan dalam penelitian ini akan mencakup elemen sistem yang menggambarkan karakteristik inti RMS dan bagaimana elemen tersebut diimplementasikan dalam serious game.

According to studies, the Reconfigurable Manufacturing System (RMS) is the most likely concept to assist manufacturers in remaining competitive in the market. RMS is a complex class of manufacturing systems, which necessitates a thorough understanding of process planning and scheduling to produce efficiently, and is, therefore, difficult to understand by practitioners. Besides their interest, RMS is not developed and is well known in the industry. On the other hand, serious games were an effective learning tool for engineers to make sensible, practical decisions by combining knowledge and skill acquisition. This research aims to design the first steps of creating a serious game that would improve understanding of RMS by introducing its core characteristics. This game would require the player to determine the optimum upgrade for a manufacturing system by reconfiguring the system's elements. The preliminary model generated in this study will include system elements that describe the core characteristics of RMS and how they are implemented in the serious game.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Azelia Puteri
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan prosedur kerja atau Standard Operating Procedure (SOP) rancangan sistem pemantauan kualitas supplier yang mempertimbangkan level non-conformity. Sistem yang ada di manufaktur elektronik sebagai tempat penelitian belum cukup efektif, penanganan untuk semua non-conformity yang terjadi menggunakan Corrective Action Request (CAR) form. Untuk merancang sistem ini, metode utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function Deployment (QFD).
Penelitian ini menggunakan historical data dari non-conformity yang terjadi selama bulan Juli – Desember 2021. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah sistem pemantauan kualitas supplier berupa prosedur kerja atau SOP yang mengklasifikasikan level non-conformity berdasarkan critical level yang merujuk pada dampak non-conformity tersebut pada bisnis perusahaan dan juga dihasilkan corrective action yang sesuai dengan level non-conformity.

The purpose of this study is to obtain working procedures or Standard Operating Procedures (SOPs) of supplier quality monitoring system designs that consider the level of non-conformity. The existing approach used in electronics production is ineffective in handling all non-conformities that occur utilizing the Corrective Action Request (CAR) form. The key method employed in this research to design this system is Quality Function Deployment (QFD).
This research used the non-conformities data that happened between July and December 2021. This study yielded a supplier quality monitoring system in the form of work procedures or SOP, which classifies the level of non-conformity based on the critical level, which refers to the impact of the non-conformity on the company's business and also produces corrective actions based on the level of non-conformity.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Padantya Adi Wijaya
"Industri konstruksi merupakan salah satu industri yang memiliki risiko tinggi terhadap lingkungan. Proses rantai pasok menjadi salah satu perhatian utama karena dampaknya yang besar pada lingkungan. Rendahnya penerapan praktik ramah lingkungan pada industi konstruksi di indonesia menyebabkan konsumsi energi dan produksi gas rumah kaca terus mengalami kenaikan tiap tahun yang akan berdampak buruk pada lingkungan salah satunya menyebabkan perubahan iklim. Selain itu, kurangnya penerapan praktik hijau ini akan berdampak pada kinerja ekonomi dan organisasi perusahaan. Pemilihan strategi yang tepat dalam penerapan manajemen rantai pasok hijau (GSCM) merupakan solusi untuk menghadapi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemilihan strategi implementasi GSCM yang optimal pada industri konstruksi untuk meningkatkan kinerja keberlanjutan dengan metode Analytic Network Process (ANP) dan korelasi sederhana. Metode ANP digunakan untuk menentukan prioritas dari strategi GSCM dan metode korelasi sederhana digunakan untuk menentukan hubungan dari strategi GSCM dengan keberlanjutan. Berdasarkan analisis ANP, strategi berbasis efisiensi merupakan strategi yang menempati peringkat pertama sehingga strategi berbasis efisiensi dipilih sebagai strategi GSCM di industri konstruksi. Hubungan yang terjadi antara strategi berbasis efisiensi dengan keberlanjutan baik pada kinerja lingkungan, ekonomi dan sosial memiliki nilai positif secara signifikan dengan kategori moderat. Dengan hal ini, penerapan strategi berbasis efisiensi dapat meningkatkan kinerja keberlanjutan melalui implementasi praktik GSCM di konstruksi. 

The construction industry is one of the industries that have high environmental risks. The construction supply chain process is the main concern due to environmental damage.  The lack of green practices implementation in the Indonesian construction industry causes energy consumption and gas emissions to continue to rise every year which will negatively impact the environment. In addition, the lack of green practices implementation can impact the economic and organizational performance. The strategy selection of green supply chain management (GSCM) is the solution to overcome this problem. This study aims to select the right GSCM strategy in the Indonesian construction industry to increase sustainability performance using the Analytic Network Process (ANP) and correlation analysis. The ANP method is used to prioritize the GSCM strategies, whereas correlation analysis is used to identify the correlation between GSCM strategy and sustainability performance. Based on the ANP, the efficiency-based strategy has the highest weight and is selected to be the GSCM strategy to implement in the Indonesian construction industry. The correlation that occurs between efficiency-based strategy and sustainability performance (environmental, economic, and social) has a significant and positive impact with a moderate category. Therefore, the implementation of an efficiency-based strategy can improve sustainability performance through the implementation of GSCM practices in construction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adizty Suparno
"Indonesia merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang optimis dengan konsep industri 4.0 yang dapat mengubah model bisnis untuk menghadapi persaingan kedepannya. Tetapi masih sedikit perusahaan yang melakukan transformasi industri 4.0. Salah satu penghambat transformasi tersebut adalah kesulitan dalam melakukan integrasi. Pada kenyatannya hal tersebut adalah salah satu target akhir dari industri 4.0 dan memerlukan perubahan secara bertahap untuk mewujudkannya salah satunya dengan tahapan maturitas. Hal tersebut menunjukan ada perbedaan pemahaman pada perusahaan. Serious simulation game dapat membantu perusahaan untuk menganbil keputusan tanpa ragu akan kegagalan dan mendapatkan umpan balik untuk membangun model keputusan yang baru. Serious simulation game masih sedikit dilakukan untuk media pembelajaran industri 4.0 dan belum ada yang menekankan pada tingkat maturitas. Pembelajaran tingkat maturitas dapat membantu perusahaan dalam mengevaluasi transformasi industri 4.0. Tujuan permainan ini adalah untuk mengedukasi pemain mengenai tahapan transformasi industri 4.0 dengan mencapai tingkat maturitas dan keuntungan aktual yang maksimal. Permainan berinfrastruktur multi player untuk memunculkan interaksi antar pemain sehingga menimbulkan kolaborasi dan integrasi antar pemain.

Indonesia is one of the Southeast Asian countries that are optimistic about the concept of industry 4.0 that can change the business model to overcome future competition. Only a few companies did industry transformation 4.0. One obstacle to this transformation is the difficulty in integration. It is one of the final targets of Industry 4.0 and needs stages of changes to make it happen such as maturity model. The discrepancy shows the difference in understanding. Serious simulation games can help companies to take decisions without hesitation to return and get feedback to create new decision models. Serious simulation games are still little done for industry learning media 4.0 and no one has been supported at the level of maturity. Maturity level learning can help companies create a road map to transform industry 4.0. This game aims to educate players about the industry 4.0 transition by achieving maximum maturitas and actual profit levels-Multi-player infrastructure game to bring out the interaction between players to create collaboration and facilitate between players."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Winoto
"Reconfigurable Manufacturing Systems (RMS) adalah sistem manufaktur yang mempunyai kemampuan mengkonfigurasi ulang hardware, software dan pusat kontrol pada level fungsional dan organisasional supaya secara cepat menyesuaikan kapasitas dan fungsionalitas produksi sebagai respon terhadap pasar atau syarat pengaturan sistem yang berubah secara tiba-tiba.
Tesis ini membahas mengenai pengembangan model simulasi RMS dalam rangka perancangan RMS yang dilihat berdasarkan hasil produksi dan penggunaan waktu produksi. Model ini dibuat dengan menggunakan metode simulasi berorientasi objek.
Dari hasil simulasi dan analisis model dapat disimpulkan bahwa model simulasi RMS ini telah mengandung kaidah dari keenam karakteristik RMS (scalability, convertibility, integrability, modularity, customization dan diagnosability) sehingga dapat digunakan sebagai alat bantu dalam rangka perancangan dan penerapan RMS pada industri manufaktur.

Reconfigurable Manufacturing Systems (RMS) is a manufacturing system that has an ability to reconfigure hardware, software and control resources at all on the functional and organizational levels, in order to quickly adjust production capacity and functionality in response to sudden changes in market or in regulatory requirements.
This thesis discusses the development of simulation model in order to design the RMS which is observed based on the production result and the use of production time. This model was made by using the method of object-oriented simulation.
From the results of simulation and analysis models can be concluded that the RMS simulation model already contains the rules of the six characteristics of RMS (scalability, convertibility, integrability, modularity, customization and diagnosability) so it can be used as a tool in the design and implementation of RMS in manufacturing industry.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T36115
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yaser Ali Husen
"Lean Manufacturing telah menjadi pendekatan utama untuk menciptakan proses manufaktur yang sangat efisien sejak awal 1990-an. Ini mungkin sangat berhasil karena keefektifannya dalam mengurangi kompleksitas dan menghentikan pekerjaan atau pemborosan yang tidak perlu. Saat ini, istilah Industri 4.0 menggambarkan visi sistem manufaktur masa depan. Penelitian sebelumnya menunjukkan kemungkinan untuk mengintegrasikan dan menggabungkan pendekatan lean dan sistem Industry 4.0. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kedua konsep tersebut. Selain itu, mereka menyimpulkan bahwa mengintegrasikan pendekatan lean dan Industry 4.0 mengarah pada pengurangan biaya yang lebih besar daripada hanya menerapkan salah satunya. Penelitian ini merangkum dan mengusulkan kerangka kerja (framework) yang dapat memandu implementasi integrasi Lean Manufacturing dan Industry 4.0.

Lean manufacturing has been the primary approach for creating highly efficient manufacturing processes since the early 1990s. It may be very successful due to its effectiveness in reducing complexity and heading off unnecessary works or waste. At present, the term Industry 4.0 depicts a vision of the future manufacturing system. Previous researches indicate the possibility to integrate and combine the lean approach and Industry 4.0 system. Previous researches suggest that there are positive relationships between the two concepts. Besides, they conclude that integrating the lean approach and Industry 4.0 leads to a greater cost reduction than implementing only one of them. The current paper summarizes and proposes a framework that can guide the implementation of the integration of lean manufacturing and Industry 4.0."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diana Wangsa H.
"Peran industri manufaktur terhadap perekonomian Indonesia yang semakin meningkat tentunya harus didukung dengan melakukan continuous improvement pada industri manufaktur. Penelitian ini membahas mengenai perancangan serious simulation game (SSG) sebagai media pembelajaran aktif mengenai manajemen sistem produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu meningkatkan kemampuan manajemen sistem produksi baik oleh akademisi dan juga praktisi dengan metode pembelajaran experiential learning. Perancangan serious simulation game ini berbasis pada konsep Triadic Game Design. Penelitian ini berfokus pada perancangan serious simulation game dengan papan permainan. Berdasarkan hasil Focus Group Discussion untuk mengevaluasi SSG yang dirancang, pemain mendapatkan pemahaman mengenai variabel dalam sistem produksi dan kemampuan mengaturnya.

The role of manufacturing industry keep growing in Indonesia’s economy needs to be supported by doing the continuous improvement. This research discuss about the serious simulation game design game as learning media for production sistem management. The purpose of this research is to enhance the production sistem managerial ability for both academician and practition through experiential learning method. This game was designed with Triadic Game Design and focused on board game. The focus group discussion shows that game participant get understanding about the variabels consist in the production system and the ability to manage the production system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47021
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laksmi Ambarwati
"Sistem pengelolaan limbah elektronik formal di negara berkembang, sebagian besar belum dikembangkan, termasuk di Indonesia. Pemerintah dan perusaan peralatan elektronik masih memiliki pengetahuan yang minimum mengenai limbah elektronik dan pentingnya pengelolaan limbah elektronik ini. Di sisi lain, permainan simulasi dengan tujuan yang serius (serious simulation game) menawarkan pendekatan yang efektif sebagai media pembelajaran bagi penggunanya melalui lingkungan yang menarik, pengalaman dan pengambilan keputusan. Serious simulation game sebagai media pembelajaran bukan lagi bidang penelitian baru. Namun, masih sedikit penelitian serious simulation game yang mengambil topik pengelolaan limbah, dan belum ada yang berfokus pada pengajaran sistem pengelolaan limbah elektronik bagi pemangku kepentingan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan rancangan serious simulation game untuk pengelolaan limbah elektronik yang dapat mengedukasi pemangku kepentingan tentang apa itu limbah elektronik, mengapa itu perlu dikelola, dan bagaimana itu harus dikelola. Tujuan permainan ini adalah untuk menemukan skenario terbaik yang menghasilkan volume koleksi WEEE terbanyak. Infrastruktur permainan dengan multi player diimplementasikan untuk memungkinkan interaksi antar pemain. Dengan demikian, hal ini memungkinkan pemain untuk memahami hasil yang berbeda untuk keputusan berbeda

In a developing country like Indonesia, waste electrical and electronic equipment (WEEE) management system is not yet established. Government and the electrical and electronic equipment (EEE) manufacture still have minimum knowledge about WEEE. In the other side, serious simulation game is found to be effective for educating users through its engaging environment and experiencing the decision. Serious simulation game as environmental learning media is no longer a new field of research. However, there are still few serious simulation game researches that bring waste management issues, and none focusing on WEEE Management education for the stakeholder. Thus, the purpose of this research is to develop serious simulation game to educate the stakeholders about WEEE, why it is need to be managed, and how it should be managed. The aim of this game is to find the best scenario that resulting the most volume of WEEE collection. A multiplayer game infrastructure enables the player to interact and understand the different result for different decision taken."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T54375
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Syahid Zakaria
"ABSTRACT
Design thinking DT merupakan sebuah pendekatan yang mengintegrasikan sebuah prinsip, pola pikir, dan sikap kerja menjadi sebuah metode penyelesaian masalah yang berfokus pada inovasi dan human value. Meskipun tren popularitas dari DT terus meningkat, masih banyak yang berpendapat bahwa konsep tersebut sangat sulit untuk dipahami. Studi awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kesulitan pemahaman konsep ini terkerucut pada pemahaman prinsip dan mindset dasar. Dalam banyak kasus, konsep ini hanya diajarkan sebagai metode instan tanpa pengajaran tentang konsep dasarnya. Hal ini dikarenakan materi yang bersifat abstrak dan praktikal sehingga sulit untuk diartikulasikan. Serious Game SG hadir sebagai solusi yang telah terbukti dapat memberikan pengaruh positif pada proses pembelajaran karena dapat memberikan pengalaman yang imersif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan motivasi seseorang dalam belajar. Secara umum penelitian ini akan membahas dua hal pokok yaitu bagaimana rancangan SG yang paling sesuai untuk menanamkan konsep dasar DT dan bagaimana pengaruhnya pada proses pembelajaran DT secara umum. Penelitian ini membahas secara komprehensif proses perancangan SG dengan menggunakan pendekatan desain berbasis pengguna UCD mulai dari model permainan, spesifikasi kebutuhan desain, minimum viable product, hingga prototipe akhir. Output dari perancangan ini berupa serangkaian permainan edukatif bernama UnderstadMe yang tersusun atas beberapa aspek meaning dan play tentang konsep dasar DT. Pada penelitian ini juga dilakukan evaluasi hasil perancangan dengan pendekatan kirkpatrick evaluation model, yang menunjukkan hasil level of reaction yang positif serta adanya peningkatan level of learning peserta belajar setelah memainkan UnderstadMe.

ABSTRACT
Design thinking DT is an approach that integrates a principle, mindset, and works attitude into a problem solving method that focuses on innovation and human value. Despite the increasing popularity trend of DT, there are still many who argue that the concept is very difficult to understand. Initial studies have shown that the difficulty of an understanding concept lies in comprehension the basic principles and mindsets. In many cases, this concept is only taught as an instance method without teaching its basic concepts. This is because the material is abstract and practical so difficult to be articulated. Serious Game SG comes as a proven solution that can bring a positive influence on the learning process because it can provide an immersive and enjoyable experience and also can increase motivation in learning. In general, this research will discuss two main points, how to design the most appropriate SG to embed the basic concept of DT and how its influence on DT learning process in general. This study discusses comprehensively the design process of SG by using a user centered design approach UCD starting from game model, design requirement specification, minimum viable product, to final prototype. The output of this design is a series of educative games called 39 UnderstadMe 39 composed of several aspects of meaning and play about the basic concept of DT. In this study, evaluation of the design results with the Kirkpatrick evaluation model approach showed a positive result of the level of reaction and improved level of learning aspects of participants after playing 39 UnderstadMe 39."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gumiwang Natrat Cekas
"

Peningkatan populasi manusia yang bertambah setiap tahunnya, maka kebutuhkan energi pun meningkat di seluruh dunia. Hal tersebut akan berdampak pada ketersediaan energi yang menurun, salah satunya adalah bahan bakar. Diperlukan bahan bakar alternatif sebagai solusi dari masalah tersebut. Pemerintah telah mendorong penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar alternatif dengan dikeluarkannya Peratunan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 12/2015. Pada tahun 2020, telah ditetapkan bahwa penggunaan Biodiesel 30% (B30) menjadi mandat dari konsumsi energi nasional pada semua sektor. Namun, penggunaan biodiesel masih memiliki masalah terhadap ketahanan degradasi oksidatif selama penyimpanan. Penyimpanan bahan bakar dalam waktu lama dapat menyebabkan degradasi sifat bahan bakar yang mempengaruhi kualitas biodiesel itu sendiri. Studi dilakukan untuk menganalisa pengaruh penyimpanan biodiesel B30 terhadap pembentukan deposit. Sampel bahan bakar pada penelitian ini disimpan dalam tangki berbahan stainless steel selama 3 bulan. Variasi Storage Condition adalah : (1) Relative Humidity (RH) Tinggi, (2) RH Sedang, (3) RH Rendah. Pada penelitian ini dilakukan dengan metode tetes plat panas untuk mengetahui karakteristik pertumbuhan deposit pada masing-masing variasi kondisi penyimpanan bahan bakar yang diukur setiap bulan. Penelitian dilakukan dengan proses deposisi bahan bakar Diesel yang dilakukan secara berulang pada sebuah pelat panas. Pelat dipanaskan dengan variasi temperatur di dalam ruang tertutup, sehingga kondisinya hampir menyerupai kondisi pada titik-titik penting dalam sebuah mesin pembakaran dalam pada umumnya. Hasil studi menunjukan dalam periode 3 bulan pada kondisi penyimpanan RH Tinggi mengalami peningkatan massa deposit, sedangkan pada kondisi penyimpanan RH Sedang dan RH Rendah mengalami penurunan massa deposit. Jumlah massa deposit dipengaruhi oleh asam organik yang dihasilkan dari proses oksidasi berdasarkan hasil uji FTIR.


As the human population increases each year, the need for energy increases throughout the world. This will have an impact on decreased energy reserves, one of which is fuel. Alternative fuels are needed as a solution to the problem. The government has launched the use of biodiesel as an alternative fuel by issuing Minister of Energy and Mineral Resources Regulation No. 12/2015. In 2020, the use of Biodiesel 30% (B30) has been determined to be the mandate of national energy consumption for all sectors. However, the use of biodiesel still has problems with oxidative degradation resistance during storage. Storage of fuel for a long time can cause degradation of the nature of the fuel which affects the quality of biodiesel itself. A study was conducted to analyze the storage condition effect on B30 biodiesel deposit formation. Fuel samples in this study were stored in stainless steel tanks for 3 months. Storage Conditions Variations are: (1) Relative Humidity (RH) High, (2) Medium RH, (3) Low RH. This research was carried out with hot plate drop method to determine the characteristics of deposit growth in each variation of fuel storage, mass deposits data were collected every month. The study was conducted with the process of deposition of diesel fuel which is done repeatedly on a hot plate. Plates are heated with variations in temperature in a closed room, so that conditions are easier depending on the important temperature points in the manufacture of machines in general. The study results show that in a period of 3 months the storage conditions of High RH condition shows an increased deposit masses, whereas in storage conditions Medium RH and Low RH shows a decreased deposit masses. The amount of mass of the deposit is influenced by organic acids produced from the oxidation process based on the results of the FTIR test.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>