Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90415 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Susmiyati
Depok: Rajawali Pers, 2021
025.5 SRI l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Riri Rafiani
"
ABSTRAK
Skripsi ini didasari oleh banyaknya kegiatan komersialisasi perpustakaan yang terjadi selama beberapa tahun terakhir ini. Pada awalnya komersialisasi perpustakaan dianggap sebagai hal yang tabu dilakukan mengingat misi perpustakaan yang seharusnya menyediakan informasi secara gratis bagi masyarakat luas. Namun dengan adanya pemotongan dana untuk kegiatan operasional perpustakaan, para pustakawan mulai memikirkan kemungkinan untuk menggalang dana dari sumber-sumber yang mereka miliki.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan oleh pustakawan untuk mengkomersialisasikan pelayanannya, bagaimana mereka menjalankannya, kendala-kendala yang mereka hadapi, dan mengetahui prospeknya di masa depan. Perpustakaan perguruan tinggi dipilih sebagai obyek penelitian karena penulis beranggapan bahwa perpustakaan jenis ini mempunyai koleksi dan sumber_-sumber lain yang bisa dikomersialkan, memiliki pasar yang cukup jelas, yaitu mahasiswa, peneliti dan dosen di lingkungan kampus, dan juga pemakai luar yang cukup potensial untuk dijadikan target pemasaran. Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai pustakawan di perpustakaan tersebut, datang langsung ke tempat penelitian untuk pengamatan, dan mengumpulkan sumber-sumber tertulis.
,br>
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum perpustakaan melakukan komersialisasi, yaitu peraturan, sarana, dan sumber daya manusia. Sementara kendala yang dihadapi adalah kelengkapan koleksi, kualitas dan kuantitas sumber daya manusia, serta dana. Hasil yang diperoleh dari komersialisasi ini digunakan untuk membeli sarana perkantoran, menutup biaya-_biaya yang sifatnya darurat, dan meningkatkan kesejahteraan pegawai. Para nara sumber juga berpendapat bahwa perpustakaan perguruan tinggi bisa bersaing dengan perusahaan atau organisasi lain yang rnenyediakan jasa yang sama, asalkan didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas dan dana yang kuat.
,br>
Saran-saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kualitas komersialisasi layanan perpustakaan, meningkatkan sumber daya manusia, meneliti lebih lanjut potensi-potensi yang dimiliki oleh perpustakaan, dan meningkatkan kerjasama antar perpustakaan.
"
1998
S15561
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muldian
"Promosi layanan perpustakaan adalah salah satu langkah praktis yang dapat dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan pemanfaatan dan pelayanan perpustakaan, yang pada akhirnya akan meningkatkan pula citra dan apresiasi masyarakat terhadap perpustakaan. Promosi jasa layanan perpustakaan pada perpustakaan perguruan tinggi, dalam hal ini Perpustakaan FEUI Kampus UI Depok, dapat menjadi titik temu antara perpustakaan sebagai pemberi jasa dengan sivitas akademika sebagai pemakai jasa.
Penelitian ini menggambarkan bagaimana peran pustakawan, dalam hal ini staf Perpustakaan FEUI melakukan kegiatan promosi jasa layanan perpustakaan dalam upaya meningkatkan layanan kepada pengguna perpustakaan. Dalam penelitian ini juga mengkaji kegiatan promosi apa saja yang sesuai dengan perpustakaan perguruan tinggi dan juga menjelaskan keterlibatan dan partisipasi lenbaga induk, dalam hal ini perguruan tinggi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1998
S15571
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Moerdaningsih Marsoem
"ABSTRAK
Perkembangan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia mempengaruhi kemajuan semua bidang usaha, termasuk bidang ekonomi. Salah satu kegiatan dalam bidang ekonomi yang turut mengalami perkembangan yang sangat pesat adalah bidang perbankan. Di satu pihak perkembangan dalam sistem pelaksanaan kegiatan perbankan yang semakin baik, di pihak lain tenaga yang diperlukan untuk mencukupi dan mengimbangi perkembangan tersebut masih terbatas...

"
1989
S15570
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arlinah Imam Rahardjo
"Dalam rumusan pola pengembangan perpustakaan perguruan tinggi dikatakan bahwa fungsi utama perguruan tinggi di Indonesia adalah mendukung dan memperkaya program pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dari perguruan tinggi tempat ia bernaung. Disebutkan lebih lanjut bahwa agar fungsi tersebut dapat dipenuhi, maka tugas perpustakaan adalah melaksanakan pemilihan bahan pustaka yang sesuai dengna kebutuhan para pemakai perpustakaan yaitu mahasiswa atau penelitiserta pihak lainnya yang membutuhkan informasi, mengolah bahan pustakayang tersedia sehingga dengan mudah dapat dipergunakan oleh pemakai, menyelenggarakan peminjaman bahan pustaka dengan cara yang efisien, membantu para pemakai perpustakaan untuk mendapatkan dan memakai bahan pustaka yang diperlukannya baik dalam bentuk program bimbingan penggunaan perpustakaan yang bersifat resmi/kurikuler maupun secara perseorangan, Menyelenggarakan kerjasama antar perpustakaan dengan memanfaatan system jaringan informasi yang ada dalam rangka meluaskan cakupan koleksi dan pelayanan informasi masing-masing perpustakaan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S15162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ketut Hartana
"Administrasi peminjaman yang baik, akan sangat membantu kelancaran dalam pelayanan peminjaman. Petugas sirkulasi yang ramah dan mau membantu dengan senang hati, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemakai untuk mengunjungi perpustakaan itu kembali. Peminjam akan puas bila mendapat pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Sebaliknya untuk menunjang kelancaran sirkulasi, para peminjam dituntut pula untuk mentaati peraturan-pe_raturan peminjaman. Salah satu peraturan adalah agar pe_makai mengembalikan buku yang telah dipinjamnya tidak bo_leh lebih dari batas waktu yang diberikan. Untuk menjamin bahan pustaka dikembalikan, pustakawan mengadakan sanksi hukuman berupa denda uang. Hukuman denda uang di perpustakaan bukanlah merupakan hal yang baru, melainkan telah dimulai 133 tahun yang lalu, yaitu di perpustakaan universitas di Amerika Serikat pada tahun 1848, sudah dilaporkan mengadakan hukuman denda uang. Tujuan hukuman denda ini pada mulanya adalah semata-mata untuk menjamin pengembalian buku, dan kemudian berkembang menjadi suatu masalah_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1981
S15471
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hari Reswanto
"ABSTRAK
Penelitian mengenai pengadaan bahan pustaka melalui hadiah telah dilakukan di perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia, Depok, pada bulan Maret hingga Mei 1995. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimana pengadaan melalui hadiah telah dimanfaatkan, mengetahui apa manfaat pengadaan melalui hadiah, mengetahui apa masalah pengadaan melalui hadiah, dan mengidentifikasi kebijakan / langkah -langkah atau cara untuk meningkatkan manfaat metode pengadaan ini bagi perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan teori-teori yang dapat dipakai untuk mengkaji penelitian, Melalui wawancara terhadap kepala perpustakaan, pustakawan senior maupun staf yang bertugas di bagian yang terkait dan penelitian terhadap berbagai dokumen yang relevan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa selain dengan jalan pembelian, pengadaan bahan pustaka di perpustakaan FSUI juga dilakukan dengan jalan menerima hadiah. Buku hadiah yang diterima mencapai 54 % dari keseluruhan penambahan buku dari tahun 1990-1995. Hal ini merupakan kandisi yang kurang baik..

"
1996
S15298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Liana Boen
"Selama ini hampir-hampir tidak ada orang yang mengadakan penelitian mengenai perpustakaan perguruan tinggi swasta, sehingga kea_daan perpustakaan perguruan tinggi swasta masih jarang dikenal di kalangan masyarakat luas. Seperti kita ketahui, sesuai dengan Rencana Pembangunan Lima Tahun XX 1974/75-1978/79, salah satu tujuan pembangunan adalah da_lam bidang pendidikan dan pembinaan generasi muda. Tidak hanya per_guruan tinggi negeri saja yang membantu Pemerintah dalam program pendidikan, akan tetapi perguruan tinggi swastapun turut menyumbang_kan baktinya kepada nusa dan bangsa melalui pendidikan. Di Jakarta saja pada tahun 1977 tercatat tujuh puluh satu buah perguruan tinggi swasta yang telah didirikan untuk menampung para lulusan sekolah lanjutan atas dan telah banyak yang menghasilkan baik sarjana maupun sarjana muda dalam pelbagai cabang ilmu penge_tahuan. Banyak diantara perguruan tinggi swasta ini telah memiliki per-pustakaan dengan tujuan terutama untuk menunjang kurikulum bagi para mahasiswanya. Akan tetapi berapakah jumlah perguruan tinggi swasta yang telah memiliki perpustakaan dengan keadaan yang dapat membantu program universitas dalam Tridarma Perguruan Tinggi? Sedangkan fungsi dan tujuan suatu perpustakaan di dalam universitas adalah membantu universitas dalam mencapai Tridarma Perguruan Tinggi tersebut. Dari sekian banyak perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta, kami memilih Perguruan Tinggi Swasta Trisakti untuk skripsi ini yang berdasarkan Surat Keputusan Kopertis Wilayah II No. 1676/Kop 11/I-X/77 telah ditetapkan sebagai Universitas Swasta Terbaik I di lingkungan perguruan tinggi swasta Kopertis Wilayah II tahun 1976_"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1980
S15491
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farah Ningtiyas Lestari
"Penelitian mengenai evaluasi kinerja output layanan telah dilakukan di perpustakaan FE UI, pada bulan April-Mei 2007. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memantau perkembangan kinerja perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan mengukur kinerja perpustakaan pada tahun 2005 dan membandingkannya dengan kinerja perpustakaan pada tahun 2006 berdasarkan ISO 11620-1998. Hasil evaluasi penyusunan program kerja perpustakaan berikutnya. Manfaat akademis penelitian ini adalah untuk menambah wawasan mengenai pengukuran kinerja perpustakaan perguruan tinggi, khususnya kinerja output layanan perpustakaan. Manfaat praktis penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan kinerja output layanan perpustakan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 2005 dan membandingkannya dengan kinerja output layanan pada tahun 2006. Hasil ini diharapakan dapat menjadi bahan serta penilaian obyektif dan diharapkan dapat menjadi landasan dalam pengambilan keputusan organisasi maupun manajemen mengenai kinerja output layanan perpustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi terhadap data statistik yang dimiliki oleh perpustakaan dari tahun 2005 hingga tahun 2006, wawancara terhadap staf perpustakaan, kuesioner, dan observasi lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa evaluasi kinerja output layanan di perpustakaan Fakultas Ekonomi bervariasi di setiap indikator yang diukur. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kondisi umum lingkungan perpustakaan serta kondisi civitas academia Fakultas Ekonomi, dan faktor dari luar yang mempengaruhi kinerja perpustakaan seperti kebijakan yang diterapkan di fakultas."
2007
S15192
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Marnodi
"Pada umumnya keadaan dan perkembangan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia masih jauh dari memuaskan. Hal tersebut dapat dibaca dari laporan Patah dan Dunningham ( 1955 ), Krenetsky ( 1959 ), Noble ( 1960 ), Shank ( 1960 ), dan Williamson ( 1961 ). Kenyataan seperti itu tampaknya merupakan gejala umum bahkan menjadi masalah umum yang dihadapi dan harus selekas mungkin ditanggu_langi para pustakawan perguruan tinggi di Indonesia. Masih menjadi pertanyaan apakah Perpustakaan Pusat IKIP Yogyakarta keadaannya juga serupa dengan apa yang telah digambarkan tadi, karena menurut hasil survai pendahuluan yang kami lakukan dan dengan memperhatikan hasil yang telah dicapai oleh perpustakaan tersebut sela_ma perkembangannya dalam jangka waktu lima tahun terakhir ini ( 1971 - 1976 ) ternyata menunjukkan kemajuan yang cukup menggembirakan atau kalau boleh dikatakan pesat perkembangannnya. Akan tetapi yang menjadi masalah sekarang ini ialah meskipun perpustakaan telah berkembang pesat, namun sampai kini masih belum di_ketahui secara pasti sudah sampai seberapa jauh sumbangannya terhadap IKIP Yogyakarta dalam rangka mencapai tujuannya yakni tridharma pergu_ruan tinggi dan apakah sumbangan itu telah memadai dengan apa yang se_harusnya diberikan oleh suatu perpustakaan perguruan tinggi khususnya Perpustakaan Pusat IKIP Yogyakarta. Maka dengan mensurvai perpustakaan tersebut secara menyeluruh dapatlah diharapkan bahwa persoalan itu akan dapat segera terjawab."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1977
S15691
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>