Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50118 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aldiansah Prayogi
"Pandemik Covid 19 dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat di Indonesia telah dilalui juga dengan terjadinya peningkatan 71% transaksi mobile banking. Bank XYZ merupakan salah satu Bank milik BUMN dan sebagian sahamnya juga dimiliki oleh publik ikut berdampak dengan delapan kali lipat pengguna dan lima kali lipat transaksi mobile banking hingga 2022. Melihat peningkatan pengguna dan transaksi mobile banking ini juga menjadi perhatian penjahat siber untuk mengambil kesempatan. Hal ini ditunjukkan dengan ditangkapnya 13 pelaku pengambilalihan 493 akun nasabah mobile banking dengan kerugian 12 milyar Rupiah melalui social engineering, phishing, dan file .apk palsu untuk mengakses inbox SMS OTP atau Magic Link. Bank XYZ pun terkena serangan tersebut dengan didapatkannya 1008 akun impersonasi Bank XYZ di Whatsapp dan 500 kasus pengambilalihan akun serta pencurian uang nasabah mobile banking sejak 2022 dengan kerugian milyaran Rupiah. Akar masalah telah dianalisis dari sisi People, Process, dan Technology serta telah ditentukan sisi Technology untuk diberikan solusi untuk pencegahannya. Tinjauan literatur digunakan untuk mencari penelitian sebelumnya dan referensi pendukung penelitian ini dengan 3C+2S serta membentuk kerangka teoretis. Desain dan tahapan penelitian ini dibuat, mulai dari identifikasi masalah, tinjauan literatur, penggunaan kerangka kerja NIST CSF dan COBIT untuk menerapkan teknologi pencegahan pengambilalihan akun mobile banking, dan validasi rancangannya dengan manajemen PT Bank XYZ. Teknologi yang disarankan untuk menjadi solusi pencegahan pengambilalihan akun mobile banking adalah pengembangan atau pengganti SMS OTP atau Magic Link dengan memanfaatkan infrastruktur seluler. Verifikasi dilakukan pada jaringan inti seluler (MME, SGW, dan GGSN/PGW) dengan membandingkan kesesuaian nomor telepon yang terdaftar di aplikasi dengan nomor telepon yang sedang digunakan di smartphone atau tablet menggunakan Header Enrichment. Dengan demikian, penjahat siber yang memiliki kredensial korban, tidak bisa mengambilalih akun dan mencuri uang nasabah di mobile banking, karena penjahat siber tidak memiliki nomor telepon yang terpasang di smartphone atau tablet-nya. Pengetesan dilakukan dengan API yang disediakan salah satu operator seluler dengan mengintegrasikan ke aplikasi prototype yang dibuat. Hasil yang diperoleh dari beberapa skenario pengetesan, pengambilalihan akun tidak dapat terjadi, rancangan desain aksi penerapan teknologi autentikasi sudah tervalidasi, dan dapat dijadikan acuan.

The Corona virus 19 pandemic and the gathering activity restrictions in Indonesia have been passed with an increase of 71% in mobile banking transactions. Bank XYZ is a state-owned bank and which part of its shares are also owned by the public has had an impact too with eight times more users and five times more transactions of mobile banking until 2022. Seeing the increase in mobile banking users and transactions, it is also a concern for cybercriminals to take advantage. This was shown by the arrest of 13 threat actors who have taken over 493 mobile banking customer accounts with a loss of 12 billion Rupiah through social engineering, phishing, and fake .apk files to access OTP SMS inboxes or Magic Link. The attack also hit Bank XYZ by obtaining 1008 Bank XYZ impersonation accounts on Whatsapp and 500 cases of account takeover and theft of mobile banking customer money since 2022 with losses about billions of Rupiah. The root cause problem has been analyzed from the People, Process, and Technology side, then a Technology side has been determined to provide a solution for its prevention. The Literature review is used to find previous research and references to support this research with 3C + 2S also build a theoretical framework. The design and stages of this research were made, starting from identifying the problem, reviewing the literature, using the NIST CSF and COBIT frameworks for technology implementation to prevent takeover of mobile banking accounts, and validating the design with management of Bank XYZ. The recommended technology to be a solution to prevent takeover of mobile banking accounts is the development or replacement of SMS OTP or Magic Link by utilizing cellular infrastructure. Verification is carried out on the cellular core network (MME, SGW, and GGSN/PGW) to do comparison between the suitability of the phone number registered in the application with the phone number being used on a smartphone or tablet using Header Enrichment. Thus, cyber criminals who have the victim's credentials cannot take over accounts and steal customer money in mobile banking, because cyber criminals do not have a phone number installed on their smartphone or tablet. The test was carried out using an API provided by one of the mobile operators with a prototype application that has been built. The results obtained from several test scenarios, account takeover cannot occur, the action plan for implementing authentication technology has been validated and can be used as a guide or reference."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Juanita
"ABSTRAK
Laporan ini bertujuan untuk memaparkan keadaan mobile banking PT XXX, sebuah
perusahaan yang bergerak di industri perbankan, yang dalam beberapa bulan terakhir
sedang dikembangkan. Tingkat kapabilitas mobile banking PT XXX ini dievaluasi
menggunakan kerangka COBIT 5. Hasil evaluasi menyimpulkan bahwa aktivitas
mobile banking PT XXX perlu perbaikan dibeberapa aspek.

ABSTRACT
The focus of this report is to show the condition of mobile banking in PT XXX, a
company in banking industry, which has been actively developed for the past few
months. The capability of this mobile banking in PT XXX is evaluated using the
COBIT 5 framework. The evaluation report said that some aspects of the mobile
banking activity in PT XXX have to be improved."
2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
R.A. Soffie Andriani Hadi
"Pertumbuhan bisnis bank semakin berkembang dan tidak hanya terfokus pada kebutuhan nasabah perorangan, namun juga melibatkan kebutuhan nasabah non-perorangan atau nasabah institusi. Kebutuhan nasabah non-perorangan yang paling utama adalah kebutuhan pada layanan cash management yang efisien, efektif, aman, dan handal untuk mengatur kas keuangan perusahaan secara terpadu. Layanan internet banking merupakan salah satu solusi yang ditawarkan oleh bank di Indonesia untuk nasabah non-perorangan yang dapat mempermudah pengelolaan cash management perusahaan. Layanan internet banking untuk nasabah non-perorangan memiliki perbedaan dengan layanan bagi nasabah perorangan karena melibatkan faktor organisasi dalam proses penerimaan pada suatu perusahaan.
Penelitian kuantitatif dengan kuesioner akan dilakukan dengan menggunakan model penerimaan technology-organization-environment TOE yang melibatkan pengumpulan data dari nasabah salah satu bank BUMN. Terdapat sebelas variabel yang akan diuji. Data valid yang terkumpul sebanyak 334 sampel dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis SEM.
Hasil dari penelitian ini adalah persepsi biaya, keamanan, dukungan manajemen puncak, dukungan penyedia jasa, dan dukungan pemerintah sebagai faktor yang memengaruhi penerimaan ABC pada nasabah non-perorangan. Faktor-faktor tersebut diharapkan menjadi perhatian khusus bagi pihak manajemen XYZ untuk meningkatkan pelayanan ABC sehingga jumlah nasabah yang aktif menggunakan ABC semakin bertambah.

Growth of banking business is not only focusing on the needs of individual customers, but also the needs of non individual customers or institutional customers. The most important needs of non individual customers are cash management services which are efficient, effective, safe, and reliable to manage integrated financial cash. Internet banking services is a solution offered by banks in Indonesia for non individual customers that can provide cash management for company. Internet banking services for non individual customers differ from internet banking services for individual customers because it involves organizational factors in acceptance from company.
Quantitative research with questionnaires will be conducted using a technology organization environment TOE acceptance model that involves collecting data from a customer of a state owned bank. There are eleven variables to be tested. The collected ammount of valid data were 334 samples and analyzed using SEM analysis method.
The results of this study are cost perception, security, top management support, service provider support, and government support as factors affecting ABC acceptance for non individul customer. These factors are expected to be special attention for XYZ Management to improve ABC services, so that the number of active customers using ABC is increasing.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin
"Perkembangan gim pada platform mobile meningkat sehingga dibutuhkan gim porting, khususnya dari gim PC ke gim mobile. Hasil dari gim porting meliputi transformasi user interface yang memerlukan banyak penyesuaian dari karakteristik PC ke karakteristik mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil transformasi user interface gim PC menjadi gim mobile untuk mengetahui komponen yang berpengaruh dan perubahannya. Berdasarkan penelitian sebelumnya, penelitian tersebut baru terbatas web ke mobile dan dekstop ke mobile dan adapun peneletian yang hanya membandingkan komponen yang ada tanpa memberikan penjelasan dibalik perubahan yang terjadi. Peneliti menggunakan pengumpulan data dengan play-test dan wawancara, kemudian hasil dievaluasi dengan metode analisis kualitatif yang melibatkan perhitungan variabel yang dijelaskan dan pengelompokan dalam beberapa kategori. Hasil yang didapat adalah komponen yang berpengaruh adalah resolusi dan rasio aspek layar, kontrol input, dan kinerja dan kapasitas. Kemudian, perubahan yang dilakukan adalah menyesuaikan kontrol fungsionalitas dari kedua platform dibuat mirip sedemikian rupa, kontrol joystick menjadi opsi kontrol yang cukup sering digunakan untuk gim yang membutuhkan pergerakan, komponen.Komponen ukurannya mengalami penyesuaian ukuran di platform mobile, View gim mengalami penyesuaian tergantung aspek ration dan ukuran layar, dan Fitur pada platform mobile dibuat lebih sederhana dibandingkan dengan fitur di platform PC

The development of games on mobile platforms has increased, resulting in a need for game porting, particularly from PC games to mobile games. The outcomes of game porting include user interface transformations that require significant adjustments from PC characteristics to mobile characteristics. This research aims to evaluate the results of transforming the user interface of PC games into mobile games in order to identify influential components and their changes. Previous studies have mainly focused on web to mobile and desktop to mobile transformations, and there are limited studies that compare the components without providing explanations behind the observed changes. The researcher collects data through play-testing and interviews, and then evaluates the results using qualitative analysis methods involving the calculation of described variables and grouping into several categories. The findings indicate that influential components include screen resolution and aspect ratio, input controls, and performance and capacity. The changes made involve adapting the functional controls of both platforms to be similar, making the joystick control option frequently used for games requiring movement, adjusting the size of components to fit the mobile platform, adjusting the view of the game based on aspect ratio and screen size, and simplifying features on the mobile platform compared to the PC platform"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boston: Artech, 1990
621.38 MOB
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Erry Suprayogi
"Popularitas telepon pintar dan aplikasi seluler membuat unduhan dan pengguna aplikasi meningkat secara eksponensial. Pengguna dapat memberikan ulasan terkait dengan penggalaman menggunakan aplikasi, ulasan ini dapat berisi keluhan atau saran yang berharga untuk dikaji lebih lanjut. Namun jumlah ulasan yang sangat banyak menyulitkan untuk mencari dan memahami informasi yang terkandung pada teks ulasan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pada penelitian ini mengusulkan model yang dapat menggali informasi serta mengkategorikan konten dan sentimen ulasan dengan menggunakan teknik pembelajaran mesin. Algoritme SentiStrength, Support Vector Machine SVM , Na ve Bayes, Logistic Regresion, Latent Dirichlet Allocation LDA dan Non-negative Matrix Factorization NMF digunakan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian didapatkan rerata presisi sentimen ulasan mencapai 85 dan algoritme terbaik untuk klasifikasi konten ulasan didapatkan menggunakan SVM dengan nilai rerata f1-score 84.38 menggunakan fitur unigram sedangkan NMF berkerja lebih baik daripada LDA untuk menemukan topik pada teks ulasan.

The popularity of smartphones and mobile applications makes app downloads and users of applications rises exponentially. Users can provide reviews related to their experience during using the app, these reviews may contain valuable complaints or suggestions which can be used for further in depth review based on the reviews given before. However, the large number volume of the reviews can make it very difficult to find and understand the information contained in a review. To solve the problem in this study proposes a model that can diging information by categorizing the content and sentiment reviews using machine learning technique. The algorithm SentiStrength, Support Vector Machine SVM , Na ve Bayes, Logistic Regression, Latent Dirichlet Allocation LDA and Non-negative Matrix Factorization NMF are used in this study. The result of the research shows that the average sentiment precision of review is 85 and the best algorithm for the review content classification is obtained using SVM with an average f1-score 84.38 using unigram feature whereas the NMF works better than LDA to find topics in a reviews.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Eljihad Akbari Syukriah Mathori
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi yang timbul dari pribadi konsumen terhadap suatu produk perbankan, yaitu produk Mobile Banking Bank XYZ, berpengaruh pada pembentukan behavioral to adopt terhadap produk Mobile Banking itu sendiri. Sehubungan dengan tujuan tersebut hipotesis yang diajukan adalah untuk mengetahui apakah variable TAM (Technology Acceptance Model) yaitu : Perceived Usefulness,Perceived Ease of Use,Social Norm, Perceived Risk,Relative Advantage,Personal innovativeness mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel behavioral to adopt serta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank XYZ. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling, dan penentuan besarnya sampel adalah dengan menggunakan convenience sampling yaitu sebesar 130 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer adalah dengan metode kuesioner. Analisis penelitian ini dengan menggunakan pengujian instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan analisis kuantitatif (Regresi Linier Berganda, Uji R2, Uji Statistik-t, Uji F). Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua variabel TAM mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Behavioral to adopt.

ABSTRACT
The objective of this research is to discover if the personal perception of a consumer toward a Banking product, which is Mobile Banking Bank XYZ, have a relation in creating consumer behavioral toward Mobile Banking it self. According to the objective, the hipotesis is to find if TAM (Technology Acceptance Model) with variable: Perceived Usefulness,Perceived Ease of Use,Social Norm, Perceived Risk,Relative Advantage,Personal innovativeness have a significant relation toward variable behavioral to adopt. The population in this research is the customers of Bank XYZ. The sampling technique is using non probability sampling and number of sampel decided by using convenience sampling which is 130 respondents. Data resources come from primary and secondary data. The primary data collected using questionaire. The analysis is using instrumen test (validity and reliability test) and quantity test (Multiple Linear Regresion, R2 test, T-test, F-test). The result of research is showing that not all TAM variables have significant relations with Behavioral to adopt variable."
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34736
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Daviro Rafa Tampi
"Pengadopsian layanan Mobile Banking semakin berkembang pesat di Indonesia, namun dengan semakin banyaknya pengguna layanan tersebut maka semakin banyak pula pengguna layanan yang terpapar risiko-risiko dalam penggunaan layanan Mobile Banking. Sehingga, dengan semakin banyaknya pengguna layanan maka semakin penting bagi Bank Umum untuk menerapkan Prinsip Kehati-hatian dalam menyediakan layanan Mobile Banking. Berdasarkan hal tersebut, Penulis mengangkat dua pokok permasalahan yaitu bagaimana pengaturan dan praktik Prinsip Kehati-hatian dalam penyediaan layanan Mobile Banking oleh Bank X. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaturan dan praktik Prinsip Kehati-hatian dalam penyediaan layanan Mobile Banking oleh Bank Umum. Lebih lanjut, Penelitian ini menggunakan metodologi yuridis-normatif dengan tipologi penelitian deskriptif analitis. Kesimpulan yang didapat adalah: 1) Pengaturan terkait Prinsip Kehati-hatian dalam penyediaan layanan Mobile Banking secara garis besar dapat ditemukan pada PBI Nomor 23/6/PBI/2021 Tahun 2021 tentang Penyedia Jasa Pembayaran, PBI Nomor 22/20/PBI/2020 Tahun 2020 tentang Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, dan POJK Nomor 55/POJK.03/2016 Tahun 2016 tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Umum, dan 2) praktik Prinsip Kehati-hatian pada Bank X telah dilaksanakan melalui Good Corporate Governance, Manajemen Risiko, dan Perlindungan Konsumen sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Penulis memberikan saran bahwa dalam hal penyediaan layanan Mobile Banking, Bank Indonesia selaku pengawas dan regulator di bidang Sistem Pembayaran sebaiknya lebih gencar untuk memperbarui pengaturan terkait Mobile Banking dan juga lebih giat melakukan sosialisasi terkait kejahatan-kejahatan dalam penyediaan layanan Mobile Banking.

The adoption of Mobile Banking services is growing rapidly in Indonesia, but with the increasing number of service users, more users are exposed to risks in using Mobile Banking services. Thus, with the increasing number of service users, it is increasingly important for Commercial Banks to apply the Prudential Principle in providing Mobile Banking services. Based on this, the author raises two main issues, namely how is the regulation and practice of the Prudential Principle in the provision of Mobile Banking services by Commercial Banks. The purpose of this research is to find out and analyze the regulation and practice of the Prudential Principle in the provision of Mobile Banking services by Bank X. Furthermore, this study utilizes a juridical-normative methodology with a descriptive analytical research typology. The conclusions drawn are: 1) Regulations related to the Prudential Principle in providing Mobile Banking services in general can be found in PBI Number 23/6/PBI/2021 of 2021 on Payment System Service Providers, PBI Number 22/20/PBI/2020 of 2020 on Bank Indonesia Consumer Protection, and POJK Nomor 55/POJK.03/2016 Tahun 2016 on Implementation of Governance for Commercial Banks and 2) The practice of Prudential Principles at Bank X has been implemented through good corporate governance, risk management and consumer protection which is in accordance with the laws and regulation. The author suggests that in terms of providing Mobile Banking services, Bank Indonesia as the supervisor and regulator in the field of Payment Systems should be more active in updating regulations related to Mobile Banking and also be more active in socializing information related to crimes in the provision of Mobile Banking services.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raynanda Syarifudin
"Industri perbankan menjadi salah satu sektor yang memimpin dalam penggunaan teknologi informasi. Salah satunya adalah layanan keuangan digital dalam bentuk aplikasi mobile banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi mobile banking terhadap profitabilitas perbankan Indonesia. Penelitian ini menggunakan data panel dari 12 bank di Indonesia yang sudah memiliki aplikasi mobile banking dan diolah menggunakan metode random effect model selama periode 2006-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mobile banking memiliki hubungan positif dengan profitabilitas tetapi tidak signifikan. Hubungan positif ini dapat mendorong perbankan untuk menghadirkan keuangan inklusif melalui layanan keuangan digital di Indonesia.

The banking industry has become one of the leading sectors in using the information technology; or instance digital finance service in the form of mobile banking application. This study discusses the impact of mobile banking application on Indonesian banking profitability. The study used panel data of 12 banks in Indonesia which have mobile banking application and was processed using the random effect model within the 2006 to 2013 period. The results show that the mobile banking application has a positive relationship with profitability although not significant. This positive relationship can encourage banks to enhance their profitability performance, since it may increase people participation in banking and financial systems.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56851
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sagala, Yosua Pangihutan
"Seiring berjalannya waktu hingga saat ini, manajemen Bank XYZ menilai bahwa value proposition yang ditawarkan oleh Bank XYZ sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Hal inilah yang menjadi salah satu dasar Bank XYZ untuk melakukan transformasi digital. Terdapat tiga alasan Bank XYZ harus melakukan transformasi digital, yang pertama adalah jenis bisnis yang sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini. Kedua, existing portofolio produk Bank XYZ yang sudah ketinggalan zaman. Ketiga, kompetisi yang semakin beragam, karena sekarang kompetisi layanan keuangan tidak hanya diisi oleh perbankan saja, namun financial technology (fintech) juga turut hadir dalam kompetisi ini. Penelitian ini menghasilkan perencanaan strategis yang mencakup strategi SI, strategi TI, dan strategi manajemen SI/TI yang selaras dengan 4 strategi bisnis yang sudah didefinisikan pada rencana bisnis bank dan satu strategi berdasarkan analisis lingkungan bisnis. Strategi SI yang dihasilkan adalah ada sebanyak 34 (tiga puluh empat) aplikasi yang dibutuhkan oleh Bank XYZ di masa mendatang. Aplikasi tersebut terdiri dari 3 (tiga) aplikasi pada kategori strategic, 1 (satu) aplikasi pada kategori high potential, 19 (Sembilan belas) aplikasi pada kategori key operational, dan 11 (sebelas) aplikasi pada kategori support. Ke-34 (tiga puluh empat) aplikasi ini diharapkan dapat membantu Bank XYZ dalam melaksanakan strategi bisnisnya. Strategi TI yang dihasilkan menuntut pembaruan operating system dari server server yang sudah tidak didukung oleh principal. Strategi manajemen SI/TI yang dihasilkan menuntut perbaikan tata kelola TI yang diperlukan Bank XYZ di masa mendatang. Penyediaan dokumen pedoman pelaksanaan, standar pelaksanaan operasional dan pelaporan mengacu pada ketentuan – ketentuan dari regulator baik OJK (Otoritas Jasa Keuangan) maupun BI (Bank Indonesia).

As time has passed until now, the management of Bank XYZ has evaluated that the value proposition offered by Bank XYZ is no longer relevant to the current conditions. This is one of the foundations for Bank XYZ to undergo digital transformation. There are three reasons why Bank XYZ needs to undergo digital transformation. First, the type of business is no longer relevant to the current conditions. Second, Bank XYZ's existing product portfolio is outdated. Third, the competition has become more diverse, as financial technology (fintech) is now also present in the competition, not just traditional banks. This research has resulted in a strategic plan that includes IS (Information Systems) strategy, IT (Information Technology) strategy, and IS/IT management strategy that aligns with the four business strategies defined in the bank's business plan, and one additional strategy as result from business environmental analysis. The resulting IS strategy includes a total of 34 (thirty-four) applications that will be needed by Bank XYZ in the future. These applications consist of 3 (three) applications in the strategic category, 1 (one) application in the high potential category, 19 (nineteen) applications in the key operational category, and 11 (eleven) applications in the support category. These 34 applications are expected to assist Bank XYZ in implementing its business strategy. The resulting IT strategy requires updating the operating system of servers that are no longer supported by the principal. The resulting IS/IT management strategy requires improving the IT governance necessary for Bank XYZ in the future. The provision of implementation guidelines, operational implementation standards, and reporting refer to the provisions set by regulators such as OJK (Otoritas Jasa Keuangan) and BI (Bank Indonesia).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>