Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 148024 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vilianty Rizki Utami
"Model bisnis Perpustakaan Universitas ABC saat ini tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna atau civitas akademika Universitas ABC dengan kecepatan pertumbuhan dan disrupsi teknologi di sektor pendidikan serta krisis akibat pandemi Covid-19, dan perubahan perilaku pengguna. Studi ini berfokus pada penanganan satu situasi bahwa model bisnis perpustakaan ABC pada saat penelitian tidak cukup adaptif terhadap lingkungan yang disrupsi dan digital saat ini. Lantas, model bisnis apa yang tepat bagi Perpustakaan Universitas ABC untuk adaptif dalam memenuhi kebutuhan pengguna internal universitas? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, analisis dokumen, dan wawancara. Model penelitian dilakukan dengan evaluasi lingkungan bisnis dan evaluasi SWOT kanvas model bisnis. Hasilnya, dibuatlah proposal model bisnis baru untuk ABC University Library dengan konsep perpustakaan hibrida, yaitu perpustakaan yang menyelaraskan koleksi elektronik dan cetak secara berdampingan, serta menyediakan layanan yang mengintegrasikan perpustakaan tradisional dengan perpustakaan berbasis digital, dan bahkan berpeluang dalam melayani tidak saja civitas akademika Universitas ABC tetapi juga pihak eksternal atau para mitra Universitas ABC individual atau organisasi dalam memanfaatkan Perpustakaan Universitas ABC.

The current ABC University Library business model does not match the needs of users or academic community of ABC University with the speed of technology growth and disruption in the education sector as well as the crisis due to Covid-19 pandemic, and changes in users’ behavior. The study focuses on handling one situation that the ABC library business model at the time of the research was insufficiently adaptive to the current disruptive and digitized environment. This research was conducted using a qualitative case study method, with data collection by observation, document analysis, and interviews. The research model is carried out by evaluating the business environment and SWOT evaluation of the business model canvas. As a result, a new business model proposal was made for the ABC University Library with the concept of a hybrid library, namely a library that harmonizes electronic and printed collections side by side and provides services that integrate traditional libraries with digital-based libraries and even can serve not only the ABC University academic community but also the upper management. as well as external parties or individuals or organizational partners."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rismanti Amalia Nurahmawati
"Di era pandemi COVID-19, PT ABC sedang berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepuasan pelanggan yang membutuhkan produk/layanan jasa teknologi dibidang kecerdasan buatan. Hal ini dapat dilihat melalui laporan Customer Journey yang dimiliki oleh perusahaan dimana pada kenyataannya perusahaan belum dapat mencapai target pengelolaan kepuasan pelanggan sebesar 39% yang diukur menggunakan Net Promoter Score (NPS). Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini melakukan evaluasi terhadap model bisnis aktual dan memberikan rekomendasi perbaikan model bisnis perusahaan untuk seluruh elemen model bisnis melalui proses wawancara kepada tiga narasumber. Evaluasi model bisnis dilakukan dengan menggunakan business model canvas. Hasil dari penelitian ini berupa perurmusan rekomendasi perbaikan model bisnis dengan adanya penambahan komponen pada beberapa elemen guna mendukung peningkatan pada nilai NPS, pendapatan perusahaan dan customer experience. Evaluasi model bisnis divalidasi oleh tiga orang perwakilan perusahaan yang menjabat sebagai CEO, COO, dan Head of Finance. Rekomendasi perbaikan model bisnis berupaya dalam peningkatan customer experience dan pendapatan perusahaan yang dilakukan melalui kemudahan dalam delivery layanan, penyederhanaan proses internal perusahaan, penawaran produk/layanan baru, dan peningkatan cara untuk menggali kebutuhan pelanggan. Rekomendasi ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi model bisnis sehingga dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, mengurangi churn rate, dan meningkatkan customer experience yang dirasakan pelanggan.

In the era of COVID-19 pandemic, PT ABC is trying to provide the best service and maintain customer experience which requires technological products/services in the field of artificial intelligence. This can be seen through the customer journey report owned by the company where the company has not been able to achieve the target in managing customer experience of 39% as measured using the Net Promoter Score (NPS). Departing from these problems, this study evaluates the actual business model and provides recommendations for improving the company's business model and provides recommendations for improving company business model for all elements of the business model through an interview process with three sources. The evaluation of business model is carried out using the business model canvas. The result of this study are in the form of formulating recommendations for improving business models by adding components to several elements to support an increase in NPS values, company revenues, and customer experience. The evaluation of the business model was validated by three company representatives who served as CEO, COO, and Head of Finance. The effort to improve customer experience are carried out through ease of service delivery, simplification of company internal processes, offering new products/services, and improving ways to explore customer needs. This recommendations can be by company as a business model reference that can increase company revenues, reduce churn rates, and improve customer experience felt by the customer."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rachman Pratama
"PT XYZ adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi untuk memberikan solusi TI yang dibutuhkan oleh perusahaan. PT XYZ memiliki solusisolusi produk sendiri yang dikelola di divisi ABC. Terdapat beberapa proyek yang sudah di kerjakan seperti proyek A, B, C, D, dan E. Pada praktiknya, beberapa proyek yang dikerjakan mengalami keterlambatan. Keterlambatan dalam pengerjaan proyek menyebabkan dampak yang cukup berarti bagi perusahaan terutama dalam hal biaya dan resource, jumlah biaya yang dikeluarkan untuk elemen sumber daya menjadi naik sehingga mengurangi jumlah keuntungan yang didapat. Dalam melakukan analisis permasalahan, digunakan diagram fishbone untuk melihat akar permasalahan yang dihadapi. Setelah dilakukan analisis terhadap beberapa akar permasalahan. Akar permasalahan yang akan diteliti pada penelitian ini adalah proses
pengembangan perangkat lunak. Proses pengembangan perangkat lunak yang digunakan pada divisi ABC adalah metode 4D. Keterlambatan proyek terjadi karena 50% pekerjaan yang dilakukan adalah pengerjaan ulang. Pengerjaan ulang terjadi karena kualitas dari proses yang digunakan masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan usulan perbaikan kualitas proses pengembangan perangkat lunak yaitu metode 4D dengan menggunakan kerangka kerja CMMI-Dev dan menggunakan representasi continuous. Metode penilaian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah SCAMPI C. Hasil pada penelitian ini adalah rekomendasi-rekomendasi untuk meningkatkan kualitas proses pengembangan perangkat lunak. Rekomendasi yang diberikan diambil berdasarkan best practice CMMI-Dev. Dengan meningkatkatnya kualitas proses pengembangan perangkat lunak yaitu metode 4D, permasalahan keterlambatan pengerjaan proyek bisa teratasi karena proses pengerjaan ulang yang dilakukan bisa dihilangkan.

PT XYZ is a company engaged in information technology. PT XYZ makes several product. It has been managed by the ABC department. There are several projects that have been done such as projects A, B, C, D, and E. Four of the five projects experienced delays. This has a significant impact on the company. The amount of costs incurred increases and reduces profits. Fishbone diagrams are used to analyze the root cause of a problem. The root of the problem to be examined is the software development process. The software development process used in the ABC division is the 4D method. Project delays occur because 50% of the work done is reworking. Reworking occurs because the quality of the process used is still lacking. The CMMI-Dev framework is used to evaluate software processes. Continuous presentations that will be used in this study. The valuation
method used in this study is SCAMPI C. The results of this study are recommendations to improve the quality of the software development process. Recommendations based on CMMI-Dev best practices. With the increasing quality of the software development process. Problems with the delay in
project execution can be overcome, because the reworking process can be removed.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Resty
"Sejak tahun 2007 pemerintah Indonesia melaksanakan program konversi untuk penggunaan bahan bakar minyak tanah ke Elpiji. Dengan meningkatnya permintaan LPG, kesempatan usaha Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) juga meningkat. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi model bisnis PT ABC sebagai salah satu SPPBE. Pada awal operasional perusahaan, PT ABC adalah satu-satunya stasiun pengisian LPG yang melayani pengisian tabung 3 kg di Bali. Pada tiga tahun pertama operasional, Perusahaan mengalami peningkatan produksi yang signifikan sehinga pendapatan Perusahaan meningkat. Namun, seiring dengan tumbuhnya industri jumlah pesaing pun meningkat yang menyebabkan penurunan pangsa pasar dan laba Perseroan. Penelitian ini kemudian mencoba mengembangkan model bisnis Perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dengan melakukan efisiensi dan meningkatkan produksi. Hasilnya meski pertumbuhan industri berdampak negatif terhadap Perusahaan namun PT ABC masih tetap menarik karena terus meningkatnya permintaan akan LPG. Sejak 2004-2011 konsumsi LPG meningkat 57.57% per tahunnya dan diperkirakan terus berlanjut karena pertumbuhan penduduk dan keberhasilan atas program konversi tersebut.

Since 2007 Indonesian government started a conversion program to shift kerosene consumption to LPG. With a growing demand of LPG, the opportunity from LPG filling station industry has also rise. This research main purpose is to evaluate PT ABC?s business model as one of LPG filling stations. At the beginning of the Company?s operation, PT ABC is the only LPG filling station that caters LPG 3 kg in Bali. On the first three years operation, the Company has experienced a significant increase on their production which leads to the increase on their revenue. However, due to the industry growth the numbers of competitor has increased resulted a decrease on the Company?s market share and profit. This research tries to develop the Company?s business model to increase the Company?s revenue by conducting efficiency and increase the production. The result is although the Company has been negatively affected by the industry growth but the Company is remaining atrractive due to the growing demands. Since 2004 to 2011 LPG consumption has been increased by 57.57% per year in average and this increasing trend is expected to continue due to the growth of population and the success of the conversion program.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Mu`Adz
"Penelitian ini mengkaji mengenai evaluasi portal perpustakaan digital Universitas Indonesia dengan menggunakan teori Saracevic, yang difokuskan pada aspek user center dan sistem center yakni: user-centered dan system centered. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengevaluasi portal perpustakaan digital UI dari sudut pandang pengguna melalui penyebaran kuesioner ke 100 orang mahasiswa. yang telah menggunakan portal perpustakaan digital tersebut. Metode penyebaran dilakukan dengan metode accidental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa portal pada perpustakaan UI sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

This research study on evaluation portal library digital university of indonesia by using the theory saracevic. The quantitative approach used to evaluate portal library digital ui from the perspective of users through the distribution of the questionnaire to 100 student. Have used portal digital the library.A method of the spread of done with the methods accidental. This research result indicates that portal in the library ui very useful to university students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65518
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rabil Ramadhan
"Petir merupakan fenomena yang hampir selalu terjadi ketika hujan. Petir datang dengan suara yang menggelegar diikuti kilatan cahaya, dimana kilatan cahaya tersebut dapat mengandung arus listrik yang sangat besar yaitu antara 20 ndash; 200 Ka[2]. Dengan arus yang besar tersebut tentu akan membahayakan gedung-gedung tinggi, salah satunya gedung Perpustakaan UI dengan tinggi lebih kurang 40 meter. Untuk menghindari bahaya sambaran petir di Perpustakaan UI telah dipasang sistem proteksi petir SPP non-konvensional yaitu early streamer emission system ESE.
Skripsi ini bertujuan untuk mengevaluasi SPP yang sudah terpasang, komponen yang dievaluasi meliputi sistem eksternal dan internal. Caranya yaitu dengan mengaplikasikan rumus-rumus dan ketentuan yang terdapat pada standar SNI 03-7015-2004, PUIL 2011, IEC 62305 dan sebagainya. Hasilnya diperoleh bahwa SPP yang terpasang belum dapat melindungi seluruh permukaan gedung perpustakaan UI dari bahaya sambaran petir, sehingga diperlukan penambahan satu terminal udara baru yang dipasang pada tower A dengan tinggi 4 m dimana akan diperoleh radius proteksi tambahan sebesar 62,864 m.

Lightning is a phenomenon that almost always occurs when it rains. Thunderstorms come with a thunderous sound in the flash of light, where the flash of light can produce a very large electric current that is between 20 200 kA 2 . With large currents that would certainly endanger high rise buildings, this one include the UI Library with a height of approximately 40 meters. To avoid the danger of lightning strikes in the UI Library has been installed a non conventional lightning protection system LPS is the early streamer emission system ESE.
This thesis aims to evaluation the LPS that has been installed, components that are evaluated external and internal systems. The methode is to apply the restrictions and provisions that exist on SNI 03 7015 2004 standard, PUIL 2011, IEC 62305 and so on. The result is obtained that the LPS installed can not protect the entire surface of the UI library building from the danger of lightning strikes, so it is necessary to add a new air terminal thats installed on A tower with a height of 4 m which will be obtained an additional protection radius of 62.864 m.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
Spdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laila Rahmawati
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis program pengembangan koleksi, pemanfaatan dan kebutuhan pemustaka Perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin. Dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian kebutuhan pemustaka belum terpenuhi dengan koleksi yang tersedia. Secara khusus menyarankan kepada Perpustakaan IAIN Antasari Banjarmasin agar memberikan perhatian terhadap pengadaan koleksi untuk jurusan yang ketersediaan koleksinya masih kurang seperti jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Matematika, Ekonomi Islam, Perbankan Syari’ah, Bimbingan Penyuluhan Islam dan Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

The purpose of this research is to identify and analyze the the collection development program, the use and the user’s needs of IAIN Antasari Banjarmasin Library. In this research, the researcher use quantitative and qualitative approaches to collect the data and uses descriptive analysis for the data analysis technique. The result of this research shows that the available collection cannot fulfill some of user’s need. It is suggested that the library of IAIN Antasari Banjarmasin give more attention to the collection acquisition for the program that has limited collection, such as Arabic education, English Education, Mathematics education, the Economy of Islam, Islamic Banking, Islamic counseling, and Islamic communication and publication in improving learning quality."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26396
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Feby Elita
"Penelitian ini membahas mengenai Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia, khususnya layanan referensi lantai 4. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana tingkat kualitas Layanan Referensi Lantai 4 Perpustakaan Universitas Indonesia berdasarkan dimensi kualitas layanan LibQual+TM. Dimensi-dimensi tersebut diantaranya, yaitu Affect of Service (kinerja pustakawan), Information Control (kualitas koleksi), dan Library as Place (perpustakaan sebagai tempat). Metode yang digunakan yaitu metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 80 sampel. Penentuan sampel, yaitu dengan cara accidental sampling.
Analisis menunjukkan bahwa secara umum seluruh kualitas layanan berada pada zone of tolerance, atau memenuhi harapan minimum pengguna. Namun, keseluruhan layanan tersebut belum dapat dikatakan sebagai layanan yang unggul (superior service). Hal ini dikarenakan keseluruhan dimensi layanan tidak ada yang memenuhi harapan yang benarbenar diinginkan oleh para pengguna.

The focus of this study is about the reference service at the University of Indonesia. The purpose of this study is to analyze the quality of the reference service, especially the reference service at the 4th floor, based on the service quality dimension of LibQual+TM. The dimensions are Affect of Service, Information Control, and Library as Place. This is a quantitative study with questionnaire as a data collection tool. The sample used were 80 respondents who are determined based on population of the reference services visitors.
The result shows that all the dimensions of quality service are within users zone of tolerance, or in other words have met the minimum expectaition of users. However, the overall dimensions of the services cannot be said as a superior service. This is because there is no services that meet with the maximum expectation of the users.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yani Soraya
"Skripsi ini membahas tentang kegiatan pengembangan koleksi buku tercetak di Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta serta penerapannya mulai dari analisis kebutuhan pemustaka, seleksi koleksi, pengadaan, penyiangan, evaluasi dan pemeliharaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini adalah bahwa perpustakaan UNJ belum memiliki kebijakan secara tertulis untuk kegiatan pengembangan koleksi. Saran penelitian ini adalah perpustakaan UNJ perlu membuat kebijakan pengembangan koleksi secara tertulis agar dapat membantu mengatur proses pengembangan koleksi. Kebijakan ini memerlukan kerjasama antara perpustakaan UNJ dengan pihak universitas dan fakultas sehingga pelaksanaan kegiatan pengembangan koleksi dapat dilakukan secara maksimal.

The focus of this study is collection development in The Jakarta State University Library and its implementations, from community analysis, selection, acquisition, weeding, evaluation and preservation. This research used qualitative approach with a case study methods. The results of this research revealed that Jakarta State University Library does not have a written collection development policy which makes the collection development. It is suggested that The Jakarta State University Library should have a written collection development policy for collection development process. This policy requires cooperation between The Jakarta State University Library with university administrator and faculty members so that the implementation of collection development activities can be done properly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46059
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anizah Fithrie Lettiezia
"Skripsi ini membahas tentang evaluasi penerapan perangkat keamanan koleksi perpustakaan di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyalahgunaan koleksi perpustakaan dan pengaruh yang ditimbulkan dari penggunaan perangkat keamanan, khususnya pada koleksi audio visual. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menyarankan agar perpustakaan lebih mengoptimalkan penggunaan perangkat keamanan dan meningkatkan kesadaran staf akan pentingnya keamanan koleksi perpustakaan. Perpustakaan juga perlu membuat kebijakan mengenai keamanan koleksi perpustakaan sebagai dasar dalam memberikan sanksi kepada pemustaka atau staf yang melakukan penyalahgunaan koleksi.

This research discusses the evaluation of the implementation of library collection security devices at the Library Ministry of Education and Culture. The purpose of this study is to identify the factors that cause the misuse of library collections and the influence arising from the use of security devices, particularly in the audio visual collections. This is a qualitative research with case study method. The researcher suggests that the library has to optimize the use of security devices and increase staff awareness of the importance of security of library collections. Library also needs to create policy on security of library collection as a basic in giving sanction to users or staff who do misuse the collection."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43235
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>