Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 64242 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Malik Ibrahim
"Persaingan usaha jasa konstruksi dalam melaksanakan proyek-proyek pembangunan sudah dimulai sejak pengurusan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) di Kantor Wilayah Departemen Pekerjaan Umum. Perusahaan yang tidak dapat memenuhi persyaratannya, tidak akan diberikan izin, sehingga tidak dapat beroperasi/melakukan kegiatan usaha jasa konstruksi. Sedangkan perusahaan yang dapat memenuhi persyaratannya akan diberikan SIUJK. Sesudah SIUJK diperoleh, barulah perusahaan tersebut dapat melakukan kegiatan usaha jasa konstruksi, bersaing dengan perusahaan-perusahaan jasa konstruksi yang sudah ada, maupun dengan perusahaan-perusahaan yang kemudian masuk ke arena persaingan.
Perusahaan jasa konstruksi yang ingin mengerjakan proyek-proyek milik Pemerintah harus mengikuti prakualifikasi. Prakualifikasi ini dapat disebut sebagai persaingan kedua. Perusahaan yang tidak lulus seleksi pada prakualifikasi, tidak dapat mengikuti persaingan berikutnya pada waktu ada pelelangan/tender. Sedangkan perusahaan yang lulus seleksi prakualifikasi dapat mengikuti persaingan selanjutnya yaitu pada saat ada pelelangan suatu proyek. Pada saat pelaksanaan tender itulah yang merupakan puncak persaingan bagi perusahaan-perusahaan jasa konstruksi guna mendapatkan pekerjaan/ proyek.
Persaingan itu sendiri merupakan metode atau alat bagi penyeleksian dan efisiensi; penentuan tampilan kerja (apa) yang terbaik, di dalam lingkungan tertentu; pemastian siapa yang merupakan penampil kerja terbaik; penyeleksi cara pemecahan yang optimal dari suatu masalah.
Keuntungan dari adanya persaingan dalam tender suatu proyek adalah untuk mendapatkan harga yang paling menguntungkan bagi pemilik proyek (swasta atau negara) dengan kualitas hasil proyek yang baik. Akan tetapi, sering terjadi persaingan yang tidak sehat/tidak jujur dalam pelaksanaan tender proyek milik Pemerintah, seperti kolusi dengan pimpinan proyek (pimpro); ada persekongkolan di antara para kontraktor; ada interlocking directores dalam berbagai kualifikasi perusahaan jasa konstruksi dan lain-lain.
Penulisan tesis ini bertujuan untuk membahas mengenai : 1) Pengaturan persaingan usaha di Indonesia; 2). Aspek-aspek hukum usaha jasa konstruksi; 3). Hubungan hukum para pihak dalam pelaksanaan pembangunan suatu proyek; 4). Penyelesaian perselisihan/sengketa; 5). Peranan asosiasi profesi dan Kadinda terhadap usaha jasa konstruksi; 6). Persaingan usaha jasa konstruksi; 7). Dampak persaingan usaha jasa konstruksi; dan 8).Upaya pencegahan dan penanggulangan persaingan tidak sehat di bidang usaha jasa konstruksi. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis-normatif, yang dianalisis secara normatif kualitatif.
Persaingan yang sehat di bidang usaha jasa konstruksi dapat menimbulkan dampak positif, baik bagi perusahaan itu sendiri maupun bagi pemilik proyek. Bagi perusahaan akan ada peningkatan efisiensi dan daya saing, sedangkan bagi pemilik proyek akan mendapatkan harga yang lebih wajar dari pada harga yang didapat dengan tanpa persaingan, dan mutu pekerjaan yang dapat dipertangungjawabkan. Sebaliknya, persaingan yang tidak sehat di bidang usaha jasa konstruksi dapat menimbulkan dampak yang negatif. Bagi perusahaan akan mengakibatkan lemahnya daya saing, karena perusahaan beroperasi secara tidak efisien. Sedangkan bagi pemilik proyek tidak akan mendapatkan hasil pekerjaan dengan kualitas yang memadai. Selain itu, masyarakat pemakaipun dapat dirugikan. Misalnya, karena kualitas pekerjaan tidak baik, lalu jalan menjadi cepat berlobang-lobang dan mobil pemakai jalan tersebut lebih cepat rusak, dan sebagainya.
Oleh karena persaingan yang tidak sehat di bidang usaha jasa konstruksi menimbulkan dampak negatif, maka perlu ada upaya pencegahan dan penanggulangannya. Upaya penanggulangan dapat dilakukan dengan mengadakan undangundang yang mengatur mengenai Persaingan Usaha (termasuk di dalamnya diatur mengenai persaingan usaha jasa konstruksi) sejenis Anti Trust Law di Amerika Serikat atau sejenis Undang-undang Anti Monopoli di Jepang, dan sekaligus membentuk badan pengawas persaingan, yang berfungsi untuk mengawasi jalannya persaingan usaha, dan milakukan tindakan terhadap setiap pelanggaran ketentuan undang-undang tersebut."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Nathalia
"Industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri yang kompetitif terutama di DKI Jakarta yang menjadi provinsi dengan jumlah usaha penyedia makanan dan minuman terbanyak. Oleh karena itu, pelaku usaha didorong untuk menghadapi kompetisi yang intens sehingga competitiveness perlu dimiliki oleh setiap pelaku usaha agar dapat bertahan dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh critical success factors (CSF) terhadap competitiveness usaha kecil makanan dan minuman di DKI Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dari bulan November hingga Desember 2023 secara daring melalui Google Form dengan teknik purposive sampling kepada total 132 responden yang merupakan pelaku usaha kecil makanan dan minuman di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data yang didapatkan diolah menggunakan software SPSS 29.0. Hasil dari penelitian ini berupa terdapat pengaruh antara critical success factors (CSF) terhadap competitiveness pada usaha kecil makanan dan minuman di DKI Jakarta dan seluruh dimensi entrepreneurial factors, enterprise factors, serta environmental factors secara positif memengaruhi competitiveness.

Food and beverage industry is one of the competitive sectors, especially in DKI Jakarta, which is the province with the highest number of food and beverage businesses. Therefore, business actors are encouraged to face intense competition and competitiveness is essential for every business actors to survive and thrive. This research aims to analyze the influence of critical success factors (CSF) on competitiveness of small food and beverage businesses in DKI Jakarta. Data collection was conducted online from November to December 2023 through Google Form with purposive sampling technique, involving a total of 132 respondents who are small food and beverage business actors in DKI Jakarta. This research used quantitative approach and the data obtained are processed using SPSS 29.0 software. The results of this study indicate that there is an influence of critical success factors (CSF) on competitiveness of small food and beverage businesses in DKI Jakarta. All dimensions of entrepreneurial factors, enterprise factors, and environmental factors positively affect competitiveness."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Wiratamaasmono
"Salah satu tujuan pendirian Badan Usaha Milik Daerah adalah memperoleh keuntungan. PT Jakarta Tourisindo sebagai Badan Usaha Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalami kerugian berturut-turut sejak tahun 2016. Penelitian ini membahas mengenai analisis SWOT dalam meningkatkan daya saing PT Jakarta Tourisindo sebagai tindakan yang diambil untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivism dengan jenis penelitian deskriptif, murni, cross-sectional, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalamdan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan 4 alternatif strategi PT Jakarta Tourisindo dalam meningkatkan daya saing perusahaan yaitu strategi weakness-opportunity (WO), strategi strength-opportunity (SO), strategi strength-threat (ST), strategi weakness-threat (WT). Pemprov DKI Jakarta dapat mendukung strategi tersebut dengan memberikan peluang kepada PT Jakarta Tourisindo untuk menyelenggarakan rapat dan pelatihan yang diadakan di hotel-hotel PT Jakarta Tourisindo, memberikan PMD untuk mendukung kebutuhan perbaikan fasilitas alat produksi, dan menyelesaikan pengurusan legalitas aset BUMD agar dapat dikerjasamakan dengan pihak lain.

One of the aims of establishing a Regionally Owned Enterprise is to make a profit. PT Jakarta Tourisindo as a DKI Jakarta Provincial Government-Owned Enterprise suffered successive losses since 2016. This study discusses the SWOT analysis in increasing the competitiveness of PT Jakarta Tourisindo as an action taken to take advantage of existing strengths and opportunities, while minimizing weaknesses and threats. This study uses a post-positivism approach with descriptive, pure, cross-sectional, data collection techniques with in-depth interviews and literature studies. The data analysis technique used is the SWOT analysis method. Based on the results of the study, four alternative strategies and the follow-up carried out by PT Jakarta Tourisindo and the DKI Jakarta Provincial Government to support the SWOT matrix of PT Jakarta Tourisindo namely 4 alternative strategies of PT Jakarta Tourisindo in increasing the company's competitiveness, namely the weakness-opportunity strategy (WO), the strength-opportunity strategy (SO), the strength-threat strategy (ST), the weakness-threat strategy (WT). The DKI Jakarta Provincial Government can support this strategy by providing opportunities for PT Jakarta Tourisindo to hold meetings and training held at PT Jakarta Tourisindo hotels, provide PMD to support the need for repair of production equipment facilities, and complete legality management of BUMD assets so that they can be cooperated with other parties.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Tata Yuga
"Dinamika aliansi stratejik antara umkm dan perusahaan merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan. Pentingnya aliansi strategis bagi UMKM sebagai sarana untuk meningkatkan pertumbuhan harus disertai dengan terciptanya kemitraan yang adil antara UMKM dan perusahaan besar"
Jakarta: The Ary Suta Center, 2020
330 ASCSM 51 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Parlindungan Binter, Frans
"Tanjung Lesung telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus zona pariwisata berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2012. Sejak ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, terdapat 2 (dua) permasalahan di Tanjung Lesung yaitu regulasi dan infrastruktur wilayah. Penelitian ini memfokuskan pada kesiapan daya saing Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Teori yang digunakan untuk menganalisis kesiapan daya saing Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung adalah teori daya saing destinasi yang dikembangkan oleh Ritchie dan Crouch. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung belum siap berdaya saing karena memiliki permasalahan utama yaitu infrastruktur wilayah khususnya pembebasan lahan. Peneliti menyarankan agar Pemerintah Pusat dan Daerah perlu segera melakukan percepatan pembangunan infrastruktur wilayah dan perlunya insentif daerah dalam bentuk Peraturan Derah untuk menarik minat investor agar Tanjung Lesung siap berdaya saing.

Tanjung Lesung has been designated as a Special Economic Zone of tourism zone based on Government Regulation No.26 of 2012. Since established as Special Economic Zone, there are two problems in Tanjung Lesung that is regulation and regional infrastructure. This research focuses on the readiness of the competitiveness of Tanjung Lesung Special Economic Zone. The theory used to analyze the readiness of the competitiveness of Tanjung Lesung Special Economic Zone is a destination competitiveness theory developed by Ritchie and Crouch. This research uses qualitative method.
The result showed that Tanjung Lesung Special Economic Zone is not ready to compete because the main problem that is regional infrastructure particularly land acquisition. Researcher suggest that the Federal and Local Governments need to immediately accelerate the development of regional infrastructure and the need for regional incentive in the form of Local Regulation to attract investors so that Tanjung Lesung Special Economic Zone ready to compete."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T48412
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emil Fadri
"ABSTRAK
Produk manufaktur bagi Indonesia memegang peranan penting dalam penerimaan devisa, lebih kurang 70,8% dari ekspor non migas Indonesia merupakan produk manufaktur. Sedangkan pasar tujuan ekspomya adalah Jepang dan Uni Eropa.
Perkembangan perdagangan pada dekade terakhir ini adalah kecenderungan pada beberapa negara di kawasan tertentu untuk membentuk blok perdagangan seperti negara-negara anggota ME dalam pasar Tunggal Eropa.
Tujuan dari penulisan ini adalah mempelajari daya saing produk manufaktur Indonesia di pasar Uni Eropa, serta kebijaksanaan yang mendukung perkembangan ekspor produk ekspor Indonesia khususnya produk manufaktur di pasar uni Eropa.
Konsep penelitian yang digunakan yaitu analitis sintetis, dengan berorientasi pada permasalahan di lapangan. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan solusi pemecahan masalah dan memberikan penjelasan secara generalis empiris, yang dimulai dari perumusan masalah sampai dengan menarik kesimpulan secara anaiitis.
Teknik pengumpulan data berdasarkan "data sekunder". Pengumpulan data yang meliputi data kuantitatif dan data kualitatif ekspor manufaktur ke negara tujuan ekspor dengan SITC 3 digit periode tahun 1993-1997 serta negara pesaing Indonesia di pasar-pasar Uni Eropa. Untuk melakukan analisis daya saing produk Indonesia dilakukan dengan menghitung RCA, AR, serta ISP, dilajutkan dengan analisis SWOT.
Dari 15 produk manufaktur yang diekspor Indonesia yang mempunyai daya saing di pasar Uni Eropa, 6 (enam) produk menunjukan peningkatan keunggulan komparatifnya. Tahap industri dari 15 kelompok tersebut, 8 kelompok produk berada pada tahap kemapanan, 5 kelompok produk berada pada tahap pertumbuhan, 1 kelompok produk berada pads tahap substitusi impor dan 1 kelompok produk mempcrlihatkan penurunan pola perdagangan.
Peningkatan ekspor ke pasar Uni Eropa tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan promosi. Untuk mengatasi pembatasan cakupan produk yang mendapat fasilitas GSP, diperlukan kerja sama dengan negara berkembang lainnya dalam rangka negosiasi cakupan produk (product coverage) yang mendapat fasilitas GSP.
"
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Heriawan Saleh
Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2005
331.12 HAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Siswandi Kulipah
"Dalam dunia usaha, persaingan antar perusahaan memperebutkan pangsa pasar dan posisi yang kuat merupakan hal yang lumrah. Untuk dapat merebut pangsa pasar yang cukup besar dan posisi yang kuat dalam industri, perusahaan harus menjalankan berbagai strategi bersaing.
Strategi, merupakan suatu rencana yang sistematis untuk mengarahkan perusahaan memenuhi sasaran yang telah ditetapkan. Perusahaan menentukan strategi bersaing setelah melakukan analisis kekuatan dan kelemahan lingkungan internal dalam menghadapi peluang dan ancaman lingkungan eksternal. Jadi, perusahaan yang dapat bertahan dalam persaingan industri adalah perusahaan mampu memilih dan menjalankan strategi yang tepat.
Sebagai bahan studi, penulis menganalisis strategi bersaing PT. Cumawis dalam industri jasa pelayaran lepas pantai. Hal ini diteliti seiring dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang didukung oleh transportasi laut yang tangguh sehingga peranannya sangat penting. Berbagai jenis perusahaan pelayaran ikut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia seperti pelayaran samudera, nusantara, lokal, rakyat, perintis, dan lepas pantai/khusus.
Analisis dan pembahasan meliputi misi perusahaan, keadaan lingkungan eksternal, profit perusahaan, sasaran jangka panjang, strategi dasar, dan strategi generik, strategi pemasaran. Pembahasan misi perusahaan dilakukan untuk melihat kemantapan arah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Dengan misi yang baik, faktor internal perusahaan dapat berjalan secara terintegrasi.
Lingkungan eksternal merupakan sumber peluang dan ancaman bagi industri. Analisis lingkungan ekstemal mencakup lingkungan "remote" dan lingkungan industri. Faktor ekonomi, sosial, politik, teknologi, dan ekologi merupakan unsur dari lingkungan "remote". Analisis lingkungan industri meliputi pemasok, pembeli, kekuatan tawar-menawar pembeli, tingkat persaingan industri jasa pelayaran lepas pantai, ancaman produk substitusi, dan ancaman pendatang baru. Sedangkan lingkungan internal meliputi fungsi pemasaran organisasi dan manajemen umum, fungsi produksi, fungsi keuangan, dan fungsi sumber daya manusia, fungsi organisasi manajemen umum.
Hasil analisis SWOT dikuantifisir dengan menggunakan metode "Analitical Hirarchy Process (ADP)", dan hasilnya digambarkan dengan menggunakan "Analisis Diagram SWOT" yang menunjukkan posisi perusahaan dalam industri. Dari kuantifikasi yang sudah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa kondisi internal perusahaan lemah, dan menghadapi ancaman yang lebih kompleks dari pada peluang yang ada.
Pembahasan mencakup sasaran jangka panjang, strategi utarna, dan strategi generik yang dikaitkan dengan hasil kuantifikasi analisis SWOT. Selanjutnya, penulis merekomendasikan strategi utama dan strategi generik yang sesuai dengan karakteristikperusahaan dan industri.
Beberapa saran tentang strategi bersaing yang hams dipilih oleh PT. Cumawis yang perlu dilakukan guna meningkatkan keunggulan bersaingnya merupalcan penutup dari tugas akhir ini. Saran fungsional dititikberatkan pada manajemen pemasaran seperti strategi segmentasi, perbaikan jalur distribusi, dan personal selling. Saran lain diberikan untuk peningkatan kualitas manajemen produksi, manajemen umum, dan manajemen sumber daya manusia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuma Sanjaya Maris
"Aktivitas jasa di dalam perekonomian semakin lama menjadi faktor penting dalam proses bisnis. Aktifitas tersebut mengambil bentuk kompetensi perusahaan untuk melakukan penelitian pasar, perancangan produk, membuatnya, mendistribusikannya, serta pelayanan puma jual. Singkat kata, memberikan nilai tambah sedemikian rupa, sehingga perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pembeli masa sekarang dan kebutuhan baru yang akan timbul di masa yang akan datang, sehingga pada akhirnya pembeli selalu kembali kepadanya dalam memenuhi kebutuhannya. Perusahaan-perusahaan ini didasari bukan semata atas manajemen finansial atau aktiva berwujudnya, melainkan atas manajemen dan penggalian potensi yang terkandung di dalam kemampuan, pengetahuan & informasi organisasinya. Sumber daya ini terkandung di dalam sistematika kerja, hubungan dengan pihak luar dan dalam serta di dalam angkatan kerjanya. Semakin pentingnya aktivitas jasa di dalam rantai nilai perusahaan, serta input utamanya kemampuan, pengetahuan dan informasi, mendorong berbagai perusahaan untuk mengukur dan melaporkan secara eksplisit Knowledge Assets atau Intellectual Capital ini. Akan tetapi pengukuran sumber daya dan aset yang dibangun di atasnya, secara terpisah di dalam kerangka pelaporan akuntansi yang ada sekarang sulit sekali, bila tidak ingin dikatakan mustahil. Argumentasi utama adalah kerangka akuntansi yang dipergunakan sekarang tidak dapat menglcapitalisasi transaksi-transaksi yang pada dasarnya merupakan penciptaan dan perawatan atas Intellectual Capital dan aset-aset yang dibangun di atasnya (yang kebanyakan berupa aktiva tak berwujud). Sebagai contoh adalah pengeluaran dalam pelatihan, pengiklanan, riset pasar, sistem perusahaan dan sebagainya. Pengeluaran-pengeluaran ini diyakini memiliki manfaat meliputi beberapa periode pelaporan bagi sebuah perusahaan, dan bukan hanya satu periode pelaporan raja, seperti bila dilaporkan sebagai biaya di dalam kerangka pelaporan yang dipergunakan sekarang. Permasalahannya adalah pelaporan yang dipergunakan sekarang dikhawatirkan semakin lama semakin tidak merepresentasikan realita ekonomis sumber daya perusahaan yang dilaporkan. Perhitungan laba, aktiva dan ekuitas perusahaan dapat terpengaruh, dan dengan demikian, di dalam jangka pendek dan kemungkinan jangka panjang, menggambarkan posisi yang sulit bagi perusahaan yang memiliki investasi yang semakin lama semakin tergantung kepada aktiva-aktiva tak berwujud tersebut. Untuk dapat mengukur sumber daya perusahaan secara keseluruhan, yang semakin lama semakin tergantung pada kemampuannya mencermati Intellectual Capital-nya, dibutuhkan model pelaporan yang dapat mengukur dan memberikan indikator yang mengimbangi indikator yang dilaporkan di dalam laporan keuangan konvensional. Mengapa? Penyusunan laporan keuangan konvensional didasarkan atas pelaporan apa yang telah terjadi, dan bukan potensi yang telah dibangun dan akan dicapai. Hal inilah sebenarnya yang merupakan esensi dari pengeluaran suatu perusahaan untuk memperoleh suatu aset: yakni manfaat yang diyakini terkandung di dalamnya dan pada akhirnya diharapkan akan berhasil menambah keuntungan perusahaan. Hal inilah yang belum digambarkan secara jelas oleh model pelaporan yang dipergunakan sekarang dan alasan mengapa Intellectual Capital dan aktiva tak berwujud yang dibangun di atasnya sulit dilaporkan. Melaporkan sesuatu yang tidak memiliki wujud nyata secara fisik atau legal dan tidak diperoleh di dalam transaksi yang jelas kurang andal untuk dapat dilaporkan di dalam kerangka pelaporan yang dipergunakan sekarang. Akan tetapi bisa saja sangat relevan bagi pengambilan keputusan. Hal inilah yang berusaha dianalisa di dalam penulisan ini dan penulis akan berusaha mengajukan argumentasi dan akhirnya saran yang jelas untuk meningkatkan model pelaporan akuntansi yang berguna bagi pengguna laporan keuangan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1997
S19178
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik
"Setiap pelaku usaha harus menggali keunggulan bersaing agar bisa memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan usaha. Upaya tersebut semakin mendesak untuk dilakukan mengingat perubahan lingkungan usaha yang berjalan begitu hebat, sebagai dampak dari globalisasi dan liberalisasi perdagangan dunia. Sebetulnya selama ini sudah banyak dikembangkan berbagai metode untuk mendapatkan keunggulan bersaing, sejak dari value chain analysis-nya Porter hingga ke total Quality management. Akan tetapi, banyak diantara metode tersebut dianggap kurang memadai untuk menghadapi globalisasi dan liberalisasi Akibatnya mulailah dikembangkan berbagai bersaing untuk lingkungan usaha yang baru. taranya adalah Business Process Reengineering perdagangan dunia. metode keunggulan Salah satu dianatau Reengineering yang dipelopori oleh Michael Hammer dan James Champy. Selain Hammer dan Champy, banyak kalangan yang mengembangkan metode ini versi mereka sendiri, seperti vresi Raymond Manganelli dan Mark Klien dan versi IBM Corporation. Namun kesemuanya memiliki kesamaan bahwa reengineering dianggap bisa meningkatkan perbaikan performansi secara radikal bukan hanya perbaikan inkremental sebagaimana metode yang telah banyak diterapkan sebelumnya. Di Indonesia sudah ada reengineering, seperti PT Astra International sejumlah perusahaan yang mulai menerapkan PT USI IBM (perusahaan multinasional) dan (perusahaan nasional). Tentu ini merupakan suatu hal yang menarik, bahwa perusahaan-perusahaan di Indonesia sudah menerapkan metode keunggulan bersaing. Penulis tertarik dengan fakta semacam ini. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui apa latar belakang penerapan tersebut dan apa dampak yang berhasil diperoleh. Akan tetapi, karena kesulitan teknis, maka studi penerapan reengineering di Indonesia hanya difokuskan di PT USI IBM. Meskipun tahapan pelaksanaan penerapan reengineering belum diselesaikan sepenuhnya, akan tetapi PT USI IBM telah mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan PT USI IBM menerapkan reengineering. Berupa peningkatan kepuasan pelanggan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S19038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>