Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 57170 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Farid Hasan
"Negara Indonesia merupakan negara yang banyak sekali memiliki potensi bencana alam, salah satunya adalah bencana tanah longsor. Oleh karena itu keberadaan tim Basarnas Special Group (BSG) berfungsi untuk tanggap cepat ketika terjadi bencana tanah longsor, namun penggunaan teknologi pada proses evakuasi masih tergolong minim, salah satu teknologi yang berpotensi dapat membantu adalah Automated Guided Vehicle (AGV), pada penelitian kali ini berfokus pada perancangan antarmuka menggunakan Design Thinking untuk AGV yang ditujukan untuk membantu proses evakuasi tanah longsor. Dari hasil prototipe antarmuka penelitian menunjukkan dari kuesioner Computer System Usability Questionnaire (CSUQ) bahwa skor keseluruhan 5.65, dilakukan juga konversi nilai kedalam skala System Usability Scale (SUS) sehingga mendapatkan skor 77.6 sehingga masuk dalam kategori Good.

Indonesia is a country that has a lot of potential for natural disasters, one of which is landslides. Therefore, the existence of the Basarnas Special Group (BSG) team functions to respond quickly when a landslide occurs, but the use of technology in the evacuation process is still relatively minimal, one technology that has the potential to help is the Automated Guided Vehicle (AGV), in this study focuses on interface design using Design Thinking method for AGV which is intended to assist the landslide evacuation process. From the results of the research interface prototype, it is shown from the Computer System Usability Questionnaire (CSUQ) that the overall score is 5.65, converting the value into the System Usability Scale (SUS) scale so that it gets a score of 77.6 so it is in a Good category."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fira Atiqah Ramadhani
"Munculnya pandemi COVID-19 di Indonesia memberikan dampak bagi seluruh masyarakat, khususnya teknisi servis perangkat elektronik. Kegiatan jual-beli untuk servis menjadi terganggu akibat adanya pembatasan sosial yang diterapkan di Indonesia. Urgent.id adalah salah satu aplikasi buatan Indonesia yang menawarkan servis perangkat elektronik secara online. Tinggi nya angka pengguna smartphone serta internet di Indonesia dapat membuka peluang Urgent.id untuk terus berkembang, salah satu nya pada desain antar muka. Dengan mengimplementasi pendekatan Design Thinking serta Kansei Engineering, studi ini memiliki tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kualitas aplikasi Urgent.id. Hasil akhir yang dikeluarkan dari studi ini adalah prototipe high-fidelity desain antarmuka baru aplikasi Urgent.id.

The outbreak of the COVID-19 pandemic in Indonesia has impacted the entire community, particularly electronic device service personnel. Trading operations for services have been hampered as a result of societal constraints imposed in Indonesia. Urgent.id is an Indonesian application that provides online assistance for electronic gadgets. The high number of smartphone and internet users in Indonesia may provide potential for Urgent.id to expand, one of which is in interface design. This study's major goal is to improve the quality of the Urgent.id application by adopting the Design Thinking and Kansei Engineering techniques. The study's final product is a high-fidelity prototype of the redesigned Urgent.id application interface design."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brink, Randall
London: Bloomsbury, 1994
629.130 BRO l (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Naila Zaafira
"Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan antarmuka pengguna SIAK-NG (Sistem Informasi Akademik Next Generation), website portal akademik milik Universitas Indonesia melalui pendekatan design thinking. Meskipun SIAK-NG telah ada selama beberapa dekade dan mengalami beberapa perbaikan, belum ada upaya khusus untuk mengevaluasi kualitas antarmuka pengguna. Dalam rangka perombakan SIAK-NG sesuai dengan masterplan Universitas Indonesia 2019-2024, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang diperlukan. Penelitian ini berfokus pada perancangan ulang antarmuka website SIAK-NG untuk mengatasi keluhan dan kesulitan pengguna, terutama terkait dengan desain antarmuka yang belum memuaskan. Pendekatan Design Thinking digunakan untuk menghasilkan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa aktif Universitas Indonesia sebagai pengguna utama. Melalui metode seperti storyboarding, empathy map, usability testing, dan tools lainnya, penulis akan merancang rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

This research aims to improve the user interface of SIAK-NG (Next Generation Academic Information System), the academic portal website of the University of Indonesia through a design thinking approach. Despite being in existence for several decades and undergoing multiple improvements, there has been no specific effort to evaluate the quality of the user interface. In line with the revamping of SIAK-NG according to the University of Indonesia 2019-2024 master plan, this study aims to provide the necessary insights. The research focuses on redesigning the website interface of SIAK-NG to address user complaints and difficulties, particularly related to the unsatisfactory interface design. The Design Thinking approach is employed to generate solutions that meet the needs of active University of Indonesia students who are the primary users. Through methods such as storyboarding, empathy mapping, usability testing, and others, the author will design recommendations that align with user requirements."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akmal Dutasatria
"SAR (Search and Rescue) menjadi topik yang menarik dibahas di seluruh dunia karena urgensinya untuk menyelamatkan nyawa manusia. Bencana alam baru-baru ini di Palu, Sulawesi Tengah Indonesia menunjukkan kurangnya mobilitas yang dapat menyebabkan masalah bagi tim SAR untuk menjangkau korban di daerah terpencil. Pekerjaan yang tidak nyaman bagi tim SAR menjadi lebih menantang dalam waktu tanggap dan dalam menemukan dan menyelamatkan korban bencana. Melihat kenyataan tersebut, perlu dikembangkan cara-cara yang lebih efisien dan efektif untuk menemukan dan menyelamatkan korban. Penggunaan Quadcopter dapat mengatasi masalah tersebut. Sayangnya Quadcopter masih dikendalikan secara konvensional dengan remote dan untuk selanjutnya harus berada di tanah statis setiap kali lepas landas atau mendarat. Studi ini melaporkan bahwa Quadcopter dilengkapi dengan sistem lepas landas dan mendarat otonom yang dinamis. Dengan demikian dapat memanfaatkan kendaraan SAR taktis atau platform seluler lainnya. Menggunakan pendekatan deteksi objek, sistem navigasi berbasis gambar di Quadcopter atau disebut visual servoing adalah penggunaan visi mesin sebagai kontrol posisi loop tertutup untuk gerakan. Gambar dapat dideteksi menggunakan YOLO v3 Real Time Object Detector, dan melacaknya dengan memperkirakan gerakan objek dalam bingkai video yang berurutan. Menggunakan rekonstruksi 3D, jarak dan posisi target yang ditentukan dan Quadcopter dapat ditentukan. Kemudian estimasi posisi relatif objek tersebut digunakan sebagai input untuk sistem kontrol pada Quadcopter menggunakan kontroler PID. Controller menginstruksikan Quadcopter untuk mendekati target, sedangkan image processing memeriksa posisi relatif antara keduanya. Jika posisi memenuhi parameter pendaratan minimum, maka pengontrol memerintahkan pendaratan. Sementara untuk lepas landas kami menerapkan kontrol untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan yang cukup untuk memperlambat

SAR (Search and Rescue) is an interesting topic discussed around the world because of its urgency to save human lives. The recent natural disaster in Palu, Central Sulawesi Indonesia demonstrated a lack of mobility which could cause problems for SAR teams to reach victims in remote areas. An inconvenient job for the SAR team becomes more challenging in response time and in finding and rescuing disaster victims. Seeing this reality, it is necessary to develop more efficient and effective ways to find and save victims. The use of Quadcopter can solve this problem. Unfortunately the Quadcopter is still conventionally controlled by remote and henceforth must be on static ground every time it takes off or lands. The study reports that the Quadcopter is equipped with a dynamic autonomous take-off and landing system. Thus can take advantage of tactical SAR vehicles or other mobile platforms. Using object detection approach, image based navigation system in Quadcopter or called visual servoing is the use of machine vision as closed loop position control for movement. Images can be detected using the YOLO v3 Real Time Object Detector, and track them by estimating the motion of objects in successive video frames. Using 3D reconstruction, the distance and position of the specified target and the Quadcopter can be determined. Then the estimated relative position of the object is used as input for the control system on the Quadcopter using a PID controller. The controller instructs the Quadcopter to approach the target, while image processing checks the relative position between the two. If the position meets the minimum landing parameters, then the controller orders a landing. While for takeoff we apply controls to maintain balance and enough force to slow down"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sardy S.
"ABSTRAK
Pada penelitian tahapan kedua ini telah dilakukan koreksi geometrik terhadap citra hasil pengambilan (akuisisi) data yang dikerjakan pada tahap tahap pertama dengan menggunakan kamera CCD (Charge Coupled Device) berwarna terhadap suatu maket pemandangan yang terdiri dari beberapa kelas obyek. Karena respon sesuatu obyek terhadap beberapa panjang gelombang elektromagnetik adalah berbeda-beda, maka data hasil rekaman oleh kamera tersebut dipecah menjadi tiga jenis warna yakni : biru, hijau, dan merah., sedangkan pada penelitian untuk koreksi ini hanya dipakai kanal biru.
Untuk melaksanakan koreksi geometrik tersebut, telah dibuat suatu perangkat lunak komputer GeoPro, yang ditulis dalam bahasa pemrograman C, dan bekerja di bawah MS-DOS serta dapat dijalankan pada IBMIPC-AT microcomputer jenis 386 ke-atas. Beberapa fasilitas tambahan seperti : histogram display, 3-D display, mozaicking, rotating, trimming, flipping, dan sebagainya telah pula-diikut sertakan.
Proses koreksi ini diterapkan guna menguji unjuk kerja beberapa pasangan teknik transformasi dan teknik resampling, terutama waktu proses serta hasil citra keluaran. Dari hasil yang diperoleh ternyata bahwa untuk citra masukan yang digunakan, maka metode transforrnasi dengan memakai orde satu dan teknik resampling dengan cara nearest-neigbor telah cukup memadai dengan proses eksekusinya yang relatif lebih cepat.

ABSTRACT
In the second stage of this research, it is done the geometric data correction to an image consisting of several objects from an artificial maquette scene which had been taken by a color CCD camera. Due to object's responses in several electromagnetic waves are different to each other, then the recorded data can be splitted into three different colors channels, i.e. blue, green, and red, but in this correction research it is only used the blue channel.
In order to conduct the above correction, it is designed a computer software called GeoPro, which is written in C-language, under MS-DOS, and can be run on an IBMIPC-AT microcomputer 386 processor or above. Several additional supporting features such as : histogram display, 3-D display, mozaicking, rotating, trimming, flipping,, etc. are also included in the software.
The correction is applied for testing the performance of several combination of transformation methods and resampling methods, especially for computation time, and also results of the corrected images visually. From the obtained results, it is concluded that the combination of first order transformation method with the nearest neighbor resampling method, has provided an adequate result due to its faster excecution time and the acceptable corrected images.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Akbar Luthfie Iskandar Daulay
"Berkembangnya virus COVID-19 di Indonesia diperparah dengan masih tingginya mobilitas penduduk dan kurangnya kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Selain itu, Contact Tracing pun kurang memuaskan dengan masih dibawah standar yang diberikan oleh WHO. Kelalaian masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan memiliki beberapa faktor; kurang ketatnya pembatasan aktivitas yang diberlakukan pemerintah, merasa pandemic fatigue karena lamanya pandemi berlangsung, dan pemerintah belum menggunakan teknologi sebagai alat untuk melawan pandemi. Upaya dalam mengurangi resiko penularan COVID-19 terutama di tempat-tempat umum; lebih khusus lagi, merancang solusi digital dalam bentuk aplikasi seluler sebagai platform di mana pengguna dapat diberitahu tentang tindakan kesehatan di lokasi untuk menghindari ekspos terhadap situasi berisiko tinggi infeksi. Untuk merancang aplikasi menggunakan metode Design Thinking, dimana metode ini bertujuan untuk memberikan empati kepada pengguna untuk mempelajari tingkah laku , memperdalami keinginan setiap kelompok orang dan berdiskusi untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai. Penelitian ini nantinya akan melakukan Usability Testing, untuk menganalisa hasil dari User Experience dari setiap seklompok orang, sehingga akan diketahui keluhan dan keinginan yang diinginkan oleh pengguna.

The development of the COVID-19 virus in Indonesia is exacerbated by the high population density and non- compliance with health protocols. In addition, Contact Tracing is also unsatisfactory with still below the standards provided by WHO. People's negligence in implementing health protocols has several factors; the lack of strict activities imposed by the government, feeling exhausted due to the pandemic because the pandemic is ongoing, and the government has not used technology as a tool to fight the pandemic. Efforts to reduce the transmission of COVID-19, especially in public places; more specifically, designing digital solutions in the form of mobile applications as a platform where users can be informed about on-site health measures to avoid exposure to high-risk situations. For application design, this research uses Design Thinking, where this method aims to provide empathy for users to study behavior, deepen the desires of each group of people and learn to produce appropriate applications. This research will later carry out Usability Testing, to analyze the results of the User Experience from each group of people, so that the complaints and desires desired by the user will be known."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bates, Martin
"Interfacing PIC microcontrollers, is a great introductory text for those starting out in this field and as a source reference for more experienced engineers. Martin Bates has drawn upon 20 years of experience of teaching microprocessor systems to produce a book containing an excellent balance of theory and practice with numerous working examples throughout.
It provides comprehensive coverage of basic microcontroller system interfacing using the latest interactive software, proteus VSM, which allows real-time simulation of microcontroller based designs and supports the development of new applications from initial concept to final testing and deployment."
Oxford, UK: Newnes, 2014
e20427007
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Azzahra
"McDelivery Indonesia merupakan aplikasi layanan pesan-antar yang dimiliki oleh McDonald’s. Aplikasi McDelivery Indonesia memungkinkan pengguna untuk memesan menu yang diinginkan dan menerima pesanan dari outlet McDonald’s terdekat ke alamat tujuan. Namun, masih terdapat banyak keluhan pengguna yang berkaitan dengan tampilan maupun alur dari fitur-fitur yang tersedia. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi usability untuk menemukan masalah yang dirasakan pengguna, sehingga dapat merancang solusi berupa perancangan ulang desain antarmuka yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini menggunakan serangkaian metode evaluasi usability kepada lima expert dan 11 pengguna. Metode yang digunakan adalah heuristic evaluation dan competitive usability evaluation untuk expert, serta user interview, Usability Testing (UT), think aloud, first-click testing, dan System Usability Scale (SUS) untuk pengguna. Setelah dilakukan evaluasi, ditemukan 335 masalah usability dan dihasilkan 88 solusi desain. Solusi desain ini dievaluasi kembali menggunakan UT dan SUS. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan pada hasil evaluasi setelah dilakukan perancangan ulang. Pada UT, terdapat peningkatan success rate pengguna saat melakukan tasks pada aplikasi, yaitu dari 95.96% menjadi 98.35%. Pada SUS, terjadi peningkatan nilai dari 54.2 menjadi 82.6. Hasil ini menunjukkan bahwa perancangan solusi desain mendapatkan respon yang positif dari pengguna. Implikasi teoritis dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan baru terkait evaluasi usability dengan menggunakan pendekatan stage-based serta kombinasi metode heuristic evaluation, competitive usability evaluation, user interview, think aloud, first click testing, System Usability Scale (SUS), dan task analysis. Sementara itu, implikasi praktis dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah usability pada aplikasi McDelivery Indonesia.

McDelivery Indonesia is a food delivery application owned by McDonald’s. This application provides service for the users to order their preferred menus and receive the order sent from the nearest McDonald’s outlet to the receiver’s address. However, the application still receives many complaints from users about interface and flow of its features. Therefore, it is necessary to do usability evaluation to discover user problems and provide a solution in form of user interface redesign that can improve user’s experience. This study used a series of usability evaluation methods for five experts and 11 users. The methods used are heuristic evaluation and competitive usability evaluation for experts, as well as user interviews, Usability Testing (UT), think aloud, first-click testing, and the System Usability Scale (SUS) for users. After doing the evaluation, 335 usability problems were found and 88 design solutions were produced. The design solutions were then re-evaluated using UT & SUS. Overall, there was an increase in the evaluation results after the redesign. At UT, there was an increase in the user’s success rate when carrying out tasks in the application, from 95.96% to 98.35%. In SUS, there was an increase in scores from 54.2 to 82.6. These numbers indicate that the results of the design solution get a positive response from the users. The theoretical implication of this study is to add new insights regarding usability evaluation using a stage-based approach and a combination methods of heuristic evaluation, competitive usability evaluation, user interviews, think aloud, first click testing, the System Usability Scale (SUS), and task analysis. Meanwhile, the practical implication of this study is to find usability problems in the McDelivery Indonesia application."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>