Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159730 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Natasha Putri Soraya
"Industri kuliner merupakan salah satu sektor industri yang cukup potensial di DKI Jakarta. Oleh karena itu, potensinya perlu dikembangkan secara optimal dengan terus berinovasi. Meskipun demikian, melakukan inovasi saja tidaklah cukup. Inovasi tersebut perlu diikuti dengan laju yang semakin singkat dan didukung oleh penciptaan creative destruction sehingga industri kuliner mampu memiliki daya saing yang semakin unggul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi innovation speed pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kuliner di DKI Jakarta untuk melihat pengaruhnya terhadap competitiveness melalui mediasi creative destruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatif melalui penyebaran kuesioner kepada 100 pemilik UKM Kuliner di DKI Jakarta sebagai responden penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa innovation speed berpengaruh signifikan terhadap competitiveness UKM kuliner di DKI Jakarta dengan dukungan creative destruction sebagai mediasi, baik melalui peningkatan kompetensi maupun mempertahankan inovasi yang telah dilakukan. Penelitian ini menghasilkan bahwa UKM kuliner di DKI Jakarta mampu mendapatkan ide inovasi produk dengan lebih cepat, memiliki resep khusus untuk menjaga kualitas produknya, dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pemasok sehingga memiliki hasil penjualan yang meningkat dan menawarkan produk berkualitas sesuai dengan harapan pelanggan dalam tiga tahun terakhir (2018-2020). Oleh karena itu, pelaksanaan innovation speed yang didukung oleh creative destruction pada UKM kuliner di DKI Jakarta mendorong terciptanya competitiveness pada UKM.

The Culinary Industry is one of the potential industrial sectors in Special Capital Region of Jakarta. Therefore, its potential needs to be developed optimally by continuing to innovate. However, innovating is not enough. Innovations need to be followed at a faster pace and supported by creative destruction so its competitiveness can increase. This study aims to analyze the implementation of Innovation Speed in Culinary Small and Medium Enterprises (SMEs) in Special Capital Region of Jakarta to see its effect on competitiveness mediated by creative destruction. This study uses a quantitative approach with an explanatory type by distributing questionnaires to 100 Culinary SMEs Owners in Special Capital Region of Jakarta as research respondents. The results of this study indicates that there is an influence between innovation speed on competitiveness through creative destruction in Culinary SMEs. The result of this study shows that innovation speed has a significant effect on competitiveness of Culinary SMEs in Special Capital Region of Jakarta with the support of creative destruction as a mediation, through increase competence and maintain innovations that have been achieved. This research shows that culinary SMEs in Special Capital Region of Jakarta can get product innovation ideas more quickly, have special recipes to maintain product quality, and build stronger relationships with suppliers so that they have increased sales results and offer quality products in accordance with customer expectations within the last three years (2018-2020). Therefore, the implementation of innovation speed supported by creative destruction of culinary SMEs in Special Capital Region of Jakarta encourages the creation of competitiveness in SMEs."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Virgiawan Yuska
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh innovation capability dan open innovation terhadap operational performance. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuesioner melalui Google Form kepada 139 responden yang merupakan pemilik atau manajer lini atas UMKM di DKI Jakarta, yang merupakan UMKM kelas mikro, kecil ataupun menengah dan telah beroperasi selama lebih dari 3 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data lewat survei dan dipilih menggunakan cara purposive sampling. Data yang didapatkan diolah kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis linier berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Penelitian memberikan hasil bahwa innovation capability dan open innovation memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap operational performance.

This study aims to analyze the effect of innovation capability and open innovation on operational performance. The research was conducted using a questionnaire through Google Form to 139 respondents who are owners or top line managers of MSMEs in DKI Jakarta, which are micro, small or medium class MSMEs and have been operating for more than 3 years. This research uses a quantitative approach with data collection through surveys and is selected using purposive sampling. The data obtained is processed and then processed using the multiple linear analysis method using SPSS software. The research provides results that innovation capability and open innovation have a positive and significant influence on operational performance."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diella Alvina
"Meningkatnya emisi karbon mengarahkan dunia pada perubahan iklim yang menjadi ancaman global bagi kehidupan manusia. Bersamaan dengan hal tersebut, sektor kuliner menjadi salah satu sumber emisi gas rumah kaca yang signifikan. Hal tersebut menimbulkan tuntutan dari stakeholder agar sektor bisnis lebih memperhatikan aspek sustainability dengan mengimplementasikan manajemen yang lebih ramah lingkungan, salah satunya melalui green innovation. Corporate social responsibility (CSR) merupakan salah satu faktor yang dinilai dapat meningkatkan green innovation. Namun, perbedaan hasil penelitian masih ditemukan terkait pengaruh CSR terhadap green innovation. Sehingga, hubungan keduanya masih perlu diteliti. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh CSR terhadap green innovation. Penelitian ini juga meneliti pengaruh green dynamic capability sebagai variabel yang memediasi hubungan antara keduanya. Sampel penelitian diambil dari 108 usaha kuliner berskala kecil di DKI Jakarta. Data kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji Sobel menggunakan SPSS. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) CSR berpengaruh secara signifikan terhadap green innovation; (2) CSR mendukung green dynamic capability; (3) Green dynamic capability berpengaruh signifikan terhadap green innovation; dan (4) Green dynamic capability berperan sebagai mediator antara CSR terhadap green innovation.

The rise of carbon emissions is directing the world to climate change which is a global threat to human life. Along with that, the culinary sector is a significant source of greenhouse gas emissions. This raises demands from stakeholders for the business sector to pay more attention to sustainability aspects by implementing more environmentally friendly management, one of which is through green innovation. Corporate social responsibility (CSR) is considered to be one of the factors that support green innovation. However, differences in research results are still found regarding the influence of CSR on green innovation. Thus, the relationship between the two still needs to be investigated. Therefore, this study aims to examine the effect of CSR on green innovation. This study also examines the effect of green dynamic capability as a variable that mediates the relationship between the two. By surveying 108 small-scale culinary businesses in DKI Jakarta and analyzing with linear regression and the Sobel test using SPSS, this study find that: (1) CSR has a significant effect on green innovation; (2) CSR supports green dynamic capability; (3) Green dynamic capability has a significant effect on green innovation; and (4) Green dynamic capability acts as a mediator between CSR and green innovation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Nafissa Bagjana
"Pengetahuan adalah landasan penting bagi setiap bisnis dalam berinovasi. Perolehan, penyebaran, dan penerapan pengetahuan, atau yang disebut proses knowledge management, memudahkan terciptanya gagasan untuk berinovasi. Perubahan signifikan pada produk, proses, atau pasar dari hasil inovasi tersebut selanjutnya dapat berdampak pada kinerja bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi knowledge management pada tingkat Usaha Kecil Menengah (UKM), di Kabupaten Gunungkidul untuk melihat pengaruhnya
terhadap business perfomance melalui innovation sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, berjenis eksplanatif melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pemilik dan manajer pada UKM di Kabupaten Gunungkidul menggunakan teknik sampel non probability yakni purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara knowledge management terhadap business performance melalui innovation pada UKM. Umur UKM yang mayoritas cenderung baru serta jumlah
karyawan yang sedikit membuat UKM lebih banyak memperoleh pengetahuan secara internal. Para UKM juga mampu merespon perkembangan teknologi, melakukan perbaikan kecil pada produk yang ada, serta membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggannya sehingga mampu meningkatkan laba bersih dan pertumbuhan penjualannya selama 2 tahun terakhir (2018-2019). Oleh karena itu, pelaksanaan knowledge management pada UKM di Gunungkidul mendorong terciptanya innovation yang memengaruhi business performance UKM tersebut.

Knowledge is an important foundation for every business to innovate. The acquisition, dissemination, and application of knowledge, or called knowledge
management process, facilitates the creation of ideas for learning. Significant changes in products, processes or markets resulting from these innovations can further impact its business performance. This study aims to analyze the implementation of knowledge management at the level of Small and Medium
Enterprises (SMEs), in Gunungkidul Regency to see its effect on business performance through innovation as an intervention variable. This study uses a quantitative approach, the type of spread is explanatory through a questionnaire to 100 respondents who are owners and managers of SMEs in Gunungkidul Regency using a non-probability sampling technique, namely purposive. The results show that there is an influence between knowledge management on business performance through innovation in SMEs. The age of the majority of SMEs tend to be new and the number of employees who are few makes more SMEs obtained
knowledge internally. SMEs are also able to respond to technological
developments, make small improvements to existing products, and build stronger
relationships with their customers so as to increase net profit and product sales
growth for the last 2 years from 2018-2019. Therefore, it is the implementation of
knowledge management in SMEs in Gunungkidul that encourages the creation of
innovations that affect the business performance of these SMEs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Nathalia
"Industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri yang kompetitif terutama di DKI Jakarta yang menjadi provinsi dengan jumlah usaha penyedia makanan dan minuman terbanyak. Oleh karena itu, pelaku usaha didorong untuk menghadapi kompetisi yang intens sehingga competitiveness perlu dimiliki oleh setiap pelaku usaha agar dapat bertahan dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh critical success factors (CSF) terhadap competitiveness usaha kecil makanan dan minuman di DKI Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dari bulan November hingga Desember 2023 secara daring melalui Google Form dengan teknik purposive sampling kepada total 132 responden yang merupakan pelaku usaha kecil makanan dan minuman di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan data yang didapatkan diolah menggunakan software SPSS 29.0. Hasil dari penelitian ini berupa terdapat pengaruh antara critical success factors (CSF) terhadap competitiveness pada usaha kecil makanan dan minuman di DKI Jakarta dan seluruh dimensi entrepreneurial factors, enterprise factors, serta environmental factors secara positif memengaruhi competitiveness.

Food and beverage industry is one of the competitive sectors, especially in DKI Jakarta, which is the province with the highest number of food and beverage businesses. Therefore, business actors are encouraged to face intense competition and competitiveness is essential for every business actors to survive and thrive. This research aims to analyze the influence of critical success factors (CSF) on competitiveness of small food and beverage businesses in DKI Jakarta. Data collection was conducted online from November to December 2023 through Google Form with purposive sampling technique, involving a total of 132 respondents who are small food and beverage business actors in DKI Jakarta. This research used quantitative approach and the data obtained are processed using SPSS 29.0 software. The results of this study indicate that there is an influence of critical success factors (CSF) on competitiveness of small food and beverage businesses in DKI Jakarta. All dimensions of entrepreneurial factors, enterprise factors, and environmental factors positively affect competitiveness."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sagitha Fadhilah Nur’aini
"Skala usaha pada UMKM memang menjadi salah satu upaya yang ingin dicapai oleh para pelaku usaha untuk melihat perkembangan usahanya. Peran digitalisasi dalam kegiatan usaha juga menjadi faktor pendukung skala usaha. Beberapa studi juga berpendapat bahwa adopsi digitalisasi berkorelasi positif terhadap kegiatan UMKM terutama di masa pandemi Covid-19. Adopsi digitalisasi dilihat sebagai pendorong tingginya tingkat skala usaha melalui tingkat pendapatan dan jumlah tenaga kerja. Peneliti menambahkan tingkat pendidikan sebagai variabel kontrol antara pengaruh adopsi digitalisasi dengan skala usaha. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada UMKM kuliner di Kota Depok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adopsi digitalisasi tidak memiliki pengaruh signifikan dengan skala usaha. Namun, jika dikontrol dengan tingkat pendidikan menunjukkan adanya pengaruh antara adopsi digitalisasi dan skala usaha meskipun arah pengaruh berbeda. Dengan demikian, hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa pengaruh antara adopsi digitalisasi dan skala usaha dapat dimoderasi oleh tingkat pendidikan sebagai faktor-faktor sosiologis.

Business scale in MSMEs is one of the efforts that business actors want to achieve to see the development of their business. The role of digitalization in business activities is also a supporting factor for business scale. Several studies also argue that the adoption of digitalization has a positive correlation with MSME activities, especially during the Covid-19 pandemic. The adoption of digitalization is seen as driving high levels of business scale through income levels and the number of workers. Researchers added education level as a control variable between the influence of digitalization adoption and business scale. In this research, researchers used a quantitative approach with a survey method on culinary MSMEs in Depok City. The results of this research show that digitalization adoption does not have a significant influence on business scale. However, if controlled for education level, it shows that there is an influence between digitalization adoption and business scale, although the direction of influence is different. Thus, the results of this study show that the influence between digitalization adoption and business scale can be moderated by the level of education as sociological factors."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muh. Zidni Mubarok
"Pengembangan produk baru merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Proses pengembangan produk yang matang akan menjamin kesuksesan produk baru ketika diluncurkan ke pasar. Usaha Kecil Menengah (UKM) Kreatif merupakan salah satu pelaku ekonomi yang signifikan di Indonesia, tetapi produk UKM Kreatif kurang memiliki kemampuan untuk memenuhi prasyarat memasuki pasar global. Padahal, banyak potensi ekspor pada produk UKM di Indonesia. Berbeda dengan perusahaan besar yang mempunyai banyak sumber daya dalam melakukan pengembangan produk baru, UKM menghadapi banyak kendala.
Pada situasi ini, UKM dituntut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melakukan inovasi. Jadi, diperlukan panduan langkah-langkah pengembangan produk yang sistematis dan terstruktur bagi UKM pada industri kreatif di Indonesia yang berorientasi ekspor dengan pendekatan makroergonomi. Dengan adanya panduan ini, produk UKM diharapkan bisa bersaing di pasar global, sukses masuk ke pasar, dan mengatasi kendala yang biasanya terjadi saat ekspor barang ke luar negeri.
Pendekatan makroergonomi dengan Macroergonomics Intervention Program akan menganalisa keadaan internal UKM kreatif dan keadaan sosioteknis Indonesia dalam proses pengembangan produk UKM kreatif yang berorientasi ekspor. Hasil dari pendekatan tersebut akan digunakan untuk menganalisa Stage-Gate Model proses pengembangan produk untuk kemudian dibuat template proses pengembangan produk yang sesuai bagi UKM Kreatif di Indonesia yang berorientasi ekspor dalam bentuk buku panduan.

New product development is important for the company. The mature product development process will ensure the success of the new products when it launched into the market. Creative SMEs (Small and Medium Enterprises) is one of the significant economic actors in Indonesia, but Creative SME’s products have less ability to meet the requirements to enter the global market. In fact, there is a lot of export potential of SMEs in Indonesia. Unlike the big companies that have a lot of resources in doing new product development, SMEs face many obstacles.
In this situation, SMEs are required to improve the knowledge and skills to innovate. Thus, it is required systematic and structured product development guideline for SMEs in the creative industries in Indonesia that export oriented with macroergonomic approach. With this guideline, SME products are expected to compete in the global marketplace, successfully enter the market, and overcome obstacles that normally occurs when exporting goods to foreign countries.
Macroergonomic approach with Macroergonomics Intervention Program will analyze the internal state of Creative SMEs and the sociotechnical system at Indonesia in the product development process of Creative SMEs that export-oriented. The results of this approach will be used to analyze the Stage-Gate Models of product development process and then created a suitable product development process’s template for Creative SMEs in Indonesia that export oriented in the form of guide books.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52830
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meliza
"Penelitian bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan usaha kecil menengah (UKM) di Jakarta seperti yang dilakukan oleh Chittithaworn dalam penelitiannya di Thailand. Delapan faktor digunakan sebagai penentu kesuksesan usaha UKM antara lain entrepreneur characteristics, management and know-how, products and services, customer and market, the way of doing business and cooperation, resource and fiinance, strategy, and external environment. Responden penelitian ini adalah 99 pemilik dan pengelola UKM yang berada di wilayah Jakarta. Pengujian dilakukan terhadap delapan hipotesis berdasarkan hasil dari estimasi analisis regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi kesuseksesan usaha UKM di Jakarta adalah entrepreneur characteristics, products and services, the way of doing business and cooperation, resource and finance, dan external environment. Sedangkan ketiga faktor lainnya tidak signifikan mempengaruhi kesuksesan usaha UKM di DKI Jakarta.

This research aims to determine the factors that are affecting perceived business sucess of SMEs in Jakarta as sugested by Chittithaworn who conducted research in Thailand. Eight factors are used as determinant of business success which are entrepreneur characteristics, management and know-how, products and services, customer and market, the way of doing business and cooperation, resource and fiinance, strategy, and external environment. Research respondents are 99 owners or managers from SMEs who operate their business in Jakarta. Eight hypotheses research model is then tested with based on estimation result from regression analysis. The result shows that significant factors affecting business success of SMEs in Jakarta were entrepreneur characteristics, products and services, the way of doing business and cooperation, resource and finance, external environment. While the three other factors were not significant to business success of SMEs in Jakarta."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44667
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinta Indirayani
"Tujuan dari penelitian ini adalah mengkomparasi pembinaan UMKM bagi penerima kredit mikro yang disalurkan oleh KJK-PEMK Karet Tengsin DKI Jakarta dan UKM Center FEB UI dengan memakai 9 indikator yang dikembangkan Feurstein. Ini dikombinasi dengan analisa SWOT atas masingmasing program. Pembobotan dilakukan melalui hasil olahan kuesioner terhadap Mitra Binaan dan Pemanfaat.
Hasilnya menunjukkan bahwa Mitra Binaan UKM Center FEB UI memeberikan penilaian kepuasan lebih tinggi terutama dalam pembinaan dan pendampingan, sementara dari sisi KJK-PEMK maka efisiensi dan kemudahan informasi tentang program menjadi faktor kekuatan yang menonjol. Program KJK-PEMK hanya melanjutkan program pemerintah sebelumnya, sementara UKMC FEB UI lebih aktif. Terdapat distorsi pemanfaatan dari masing-masing program digunakan untuk keperluan pribadi dan ini menjadi saran perbaikan program di masa depan.

The objective of this study is to compare the development of success coaching UMKMs through KJK-PEMK Karet Tengsin DKI Jakarta and UKM Center FEB UI, using 9 indicators developed by Feurstein. This combined with a SWOT analysis for each program. Scoring is given through the questionnaire method toward beneficiaries.
The results showed that the partners UKMC give higher satisfaction ratings, especially in coaching and mentoring. In terms of KJK PEMK the efficiency and ease of info about the program become a prominent force factor. KJK-PEMK program just continue the previous government program, while the SME Center FEB UI more active. There is a distortion of the utilization of each program are used for personal purposes and it became suggestion improvement program in the future.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T43245
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Hredaya
"Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah organizational innovation dan technological innovation capability memiliki pengaruh pada organizational performance di sektor UMKM di Indonesia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi organizational innovation di sektor UMKM di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui kuisioner dan diolah serta dianalisis menggunakan structural equation modelling (SEM) untuk menguji kecocokan model secara keseluruhan dan menguji hubungan kausalitas antar variabel. Sejumlah 265 UMKM yang memiliki akses terhadap marketplace digital menjadi sampel penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa organizational performance pada sektor UMKM dipengaruhi oleh organizational innovation dan technological innovation capability. Selain itu, organizational innovation juga terbukti hanya dipengaruhi oleh entrepreneurial orientation. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknologi dalam bentuk marketplace digital memiliki pengaruh pada performa bisnis UMKM di Indonesia. Namun, untuk dapat meningkatkan performa bisnis, diperlukan juga entrepreneurial orientation dari pemilik bisnis UMKM sehingga perkembangan teknologi yang digunakan oleh para pemilik UMKM juga diikuti dengan inovasi dari sisi UMKM sehingga mereka dapat meningkatkan performa bisnis.

The purpose of this research is to analyse whether organizational innovation and technological innovation capability affect organizational performance in Indonesian MSME sector. In addition, this research aims to analyse factors that could affect organizational innovation in Indonesian MSME sector. The data collection process was conducted by using questionnaires towards 265 MSME owners that has access towards digital marketplace applications and was analysed with using structural equation modelling software. Data analysis will consist of overall model fit analysis and relationships among variables analysis. The result of this research indicates that organizational innovation and technological innovation capability affect organizational performance. Furthermore, it was also proven that organizational innovation can only be affected by entrepreneurial orientation. Based on those results, it can be concluded that digital marketplace as technology could affect organizational performance of Indonesian MSME. However, to improve performance, entrepreneurial orientation from MSME owners are also required so the development of technology used by them are followed with business innovation which eventually leads to improved business performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>