Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 161107 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simamora, Ivanto Petrus
"Penelitian ini merupakan kegiatan pembinaan bisnis (business coaching) yang dilakukan pada UMKM Dayum Burger yang berlokasi di Jakarta Pusat, Indonesia. Rangkaian wawancara selanjutnya dianalisis menggunakan beberapa teori analisis, seperti STP, Bauran Pemasaran, Business Model Canvas, PESTEL, Porters 5 Forces, SWOT, analisis gap dan analisis pareto. Analisis kesenjangan dan analisis pareto menegaskan bahwa permasalahan tersebut paling penting dan layak untuk diselesaikan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang laporan keuangan yang terstruktur sehingga dapat menganalisis kinerja keuangan perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan digital marketing pada UMKM Dayum Burger. Setelah dilakukan penyusunan dan analisis rasio keuangan, ditemukan beberapa hal yang mempengaruhi kinerja keuangan dari UMKM Dayum Burger. Peningkatan digital marketing melalui aktivitas di Instagram yang berguna untuk memasarkan dan memperkenalkan produk yang nantinya dapat menarik perhatian para konsumen.

.This research is a business coaching activities carried out on Dayum Burger MSMEs located in Central Jakarta, Indonesia. The series of interviews conducted were analyzed using several analysis theories, such as STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, PESTEL, Porters 5 Forces, SWOT, gap analysis and pareto analysis. Gaps analysis and pareto analysis confirms those problems are the most important and feasible to be solved The purpose of this study is to design a structured financial statement so that it can analyze the company's financial performance. In addition, this research also aims to improve digital marketing at Dayum Burger UMKM. After compiling and analyzing financial ratios, several things were found that affected the financial performance of Dayum Burger MSMEs. Improving the digital marketing through activities on Instagram for marketing and introducing products than can attract the attention of consumers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alan Fatih
"Meskipun jumlah UMKM di Indonesia cukup besar, namun kontribusi UMKM terhadap PDB negara relatif rendah. Beberapa kendala yang dihadapi UMKM antara lain akses permodalan, sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung. Kendala tersebut juga dihadapi oleh salah satu UMKM di Jakarta yaitu IT’s Buah yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala oleh akses permodalan. Selain itu, kurangnya evaluasi kinerja oleh IT’s Buah khususnya pada aktivitas digital marketing juga menjadi kendala sehingga peningkatan kinerja kurang terencana dengan baik. Studi ini menjelaskan program business coaching kepada IT’s Buah dengan membantu pembuatan proyeksi keuangan dan pengukuran digital marketing. Dengan demikian, IT’s Buah dapat lebih akuntabel dalam mencari pendanaan dan dapat melakukan evaluasi kinerjanya secara kontinyu. Program business coaching ini diharapkan dapat meningkatkan akses permodalan dan meningkatkan produktivitas IT’s Buah. Peningkatan kompetensi UMKM untuk dapat semakin bersaing dan produktif memerlukan dukungan dari berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang dihadapi UMKM dapat diatasi.

Meskipun jumlah UMKM di Indonesia cukup besar, namun kontribusi UMKM terhadap PDB negara relatif rendah. Beberapa kendala yang dihadapi UMKM antara lain akses permodalan, sumber daya manusia, dan fasilitas pendukung. Kendala tersebut juga dihadapi oleh salah satu UMKM di Jakarta yaitu IT’s Buah yang ingin mengembangkan usahanya namun terkendala oleh akses permodalan. Selain itu, kurangnya evaluasi kinerja oleh IT’s Buah khususnya pada aktivitas digital marketing juga menjadi kendala sehingga peningkatan kinerja kurang terencana dengan baik. Studi ini menjelaskan program business coaching kepada IT’s Buah dengan membantu pembuatan proyeksi keuangan dan pengukuran digital marketing. Dengan demikian, IT’s Buah dapat lebih akuntabel dalam mencari pendanaan dan dapat melakukan evaluasi kinerjanya secara kontinyu. Program business coaching ini diharapkan dapat meningkatkan akses permodalan dan meningkatkan produktivitas IT’s Buah. Peningkatan kompetensi UMKM untuk dapat semakin bersaing dan produktif memerlukan dukungan dari berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang dihadapi UMKM dapat diatasi.
Despite a large number of MSMEs in Indonesia, the contribution of the MSMEs to the country’s GDP is relatively low. Some of the obstacles faced by MSMEs include access to capital, human resources, and supporting facilities. These obstacles were also faced by IT’s Buah, one of the MSMEs in Jakarta, who wanted to expand its business but was constrained by access to capital. Furthermore, the lack of performance evaluation by IT’s Buah, especially in digital marketing activities, is also an obstacle so that the performance improvement plan is not well planned. This study describes a business coaching program for IT’s Buah by building the financial projection and measuring digital marketing activities. Thus, IT’s Buah can be more accountable in seeking funding and can evaluate their performance continuously. This business coaching program is expected to increase access to capital and increase the productivity of IT’s Buah. To accelerate the competence of MSMEs to be more competitive and productive, support from various parties is needed so that SMEs can overcome their obstacles.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
hapus4
"Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak perekonomian. Peran penting keberadaan UMKM di Indonesia semakin terasa dalam proses pembangunan ekonomi nasional di Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui proses business coaching, di mana coach membantu coachee (pemilik UMKM) dan serangkaian wawancara terstruktur dan observasi dengan pemilik UMKM Mochibo, sebuah UMKM yang bergerak dalam usaha oleh-oleh khas Kota Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan terkait dengan penyusunan laporan keuangan, dan meningkatkan brand awareness dengan penerapan strategi promosi yang tepat pada UMKM Mochibo. Penelitian ini menggunakan metodologi Analisis Business Model Canvas, Analisis Marketing Mix, Analisis STP, Analisis PESTEL, Analisis Porter's Five Forces, Analisis GAP, Analisis SWOT, dan Analisis Pareto.

In Indonesia, micro, small and medium enterprises (MSMEs) are one of the drivers of the economy. The important role of the existence of MSMEs in Indonesia is increasingly felt in the process of national economic development in Indonesia. This research was conducted through a business coaching process, in which the coach helped the coachee (MSME owner) and a series of structured interviews and observations with the MSME owner Mochibo, an MSME engaged in souvenirs typical of the City of Bogor.
This study aims to analyze problems related to preparing a financial statement, and to increase brand awareness by implementing appropriate promotional strategies at Mochibo MSME. This research uses Business Model Canvas Analysis methodology, Marketing Mix Analysis, STP Analysis, PESTEL Analysis, Porter's Five Forces Analysis, GAP Analysis, SWOT Analysis, and Pareto Analysis.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nyimas Dewi Andriani
"Toko Emas XYZ merupakan UMKM yang bergerak dibidang jual beli perhiasan emas yang berlokasi di Jakarta Selatan. Dalam mencapai target pengembangan usaha toko, pemilik terkendala permasalahan internal, salah satunya adalah permasalahan dalam0bidang keuangan. Permasalahan dalam bidang keuangan yang dijumpai adalah masalah penyusunan laporan keuangan dan evaluasi strategi penetapan harga yang saat ini diterapkan oleh Toko Emas XYZ. Permasalahan penyusunan laporan keuangan timbul dikarenakan kurangnya pencatatan transaksi keuangan yang memadai dan terbatasnya pengetahuan pemilik toko akan akuntansi keuangan. Permasalahan evaluasi strategi penetapan harga muncul dikarenakan dalam penetapan harga yang saat ini dilakukan oleh pemilik hanya berdasarkan pada pengalaman tanpa disertai dengan data keuangan dan perhitungan yang memadai. Proses business coaching dilakukan dengan tujuan untuk membantu UMKM dalam menyelesaikan kedua permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode business coaching. Pengumpulan data dilakukan dengan in-depth interview, observasi dan studi dokumentasi. Beberapa alat analisis digunakan seperti STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, Porters Five Forces, SWOT, Gap dan Pareto analysis. Hasil dari penelitian ini adalah penyusunan laporan keuangan toko dan evaluasi strategi penetapan harga.

Jewelry Store, called XYZ, is a MSME engaged in buying and selling gold jewelry located in South Jakarta. In achieving the target of its business development, the owner faced several internal constrains, one of them is related to financial areas. The problem faces related to financial reporting and evaluation of pricing strategy applied by XYZ Store.  The problem of preparing financial statements arises because of the lack of adequate recording of financial transactions and the limited knowledge of the owners on financial accounting. The problem of evaluating the pricing strategy arises because in the price setting that is currently applied by the owner based solely on the owner experiences without supported by adequate financial data and calculation. The business coaching was carried out with the aim of helping MSMEs to prepare financial reports and evaluation of pricing strategy. This research used qualitative approach. Data were collected through in-depth interviews, observation and study of documentation. Several tools were used to analyse the data such as STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, Porters Five Forces, SWOT/TOWS, Gap and Pareto analysis. The results of this study are preparation of financial statements and evaluation of pricing strategies.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53474
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cecilia Puspita Wijaya
"Tujuan dari studi ini adalah untuk membuat laporan keuangan dan melakukan analisis kinerja keuangan pada salah satu Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang bernama Luxe Dental and Aesthetic Center yang bergerak di industri klinik kecantikan estetik. Ini adalah studi kualitatif dengan menggunakan metode business coaching. Hasilnya menunjukkan proses pembuatan laporan keuangan yang terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan laba rugi dan laporan arus kas dan melakukan analisis kinerja keuangan dengan menggunakan common-size laporan keuangan dan rasio profitabilitas. Hasil dari pembuatan laporan keuangan dan analisis kinerja keuangan berguna untuk memetakan dan menjelaskan kondisi dari kinerja UMKM dan meningkatkan kemampuan UMKM untuk mengevaluasi kinerjanya dibandingkan kompetitor guna meningkatkan efisiensi kinerja.

The aim of this study was to make financial statements and to conduct financial performance analysis at Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) called Luxe Dental and Aesthetic Center which is engaged in the aesthetic beauty clinic industry. This study is a qualitative study using the business coaching method. The results showed the process of making financial statements consisting of balance sheet, income statement and cash flow statement as well as analyzing financial performance using common size financial statements and profitability ratios. The results of making financial reports and financial performance analysis are useful for mapping and explaining the financial performance of MSME and increasing the ability of MSME to evaluate their performance compared to competitors in order to improve performance efficiency."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Velicia Faustine
"Tulisan ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam upaya mengembangkan penyusunan anggaran operasional & mekanisme kontrol kinerja keuangan dan memperbaiki katalog produk dengan kegiatan business coaching. Penelitian ini didasarkan pada studi kasus UMKM di Industri Kimia dan Pengelolaan Limbah B3, PT. Nebraska Pratama, yang berlokasi di Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan business coaching. Melalui penelitian ini, penulis menemukan bahwa UMKM memiliki tujuan untuk lebih mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan penjualan & pangsa pasarnya, dan penulis juga menemukan serangkaian potensi UMKM yang dimiliki untuk mendukung tujuannya. Namun setelah melakukan serangkaian analisis berdasarkan penelitian dan wawancara mendalam pula, penulis mengidentifikasi berbagai kelemahan yang dapat menghambat usaha bisnis tersebut.
Dalam studi ini, penulis berfokus pada dua masalah utama sebagai pusat kegiatan business coaching. Isu pertama terkait dengan penyusunan anggaran operasional dan mekanisme kontrol kinerja keuangan yang menitikberatkan pada bagaimana merumuskan anggaran operasional yang bermakna dan lebih sesuai untuk UMKM. Budgeting adalah alat penting untuk membantu dalam pengambilan keputusan dan memberikan tujuan yang jelas bagi UMKM. Kedua, adalah masalah terkait dengan katalog produk, yang merupakan salah satu pendukung strategi pemasaran penting bagi bisnis untuk menawarkan proposisi nilainya kepada pelanggan. Oleh karena itu, sebuah katalog yang menarik penting bagi bisnis dalam meningkatkan customer engagement. Namun, dibandingkan dengan pesaing, katalog UMKM belum mencerminkan karakteristik profesional perusahaan dan kontennya belum diperbarui. Dengan mengembangkan penyusunan anggaran dan pemasaran katalog UMKM, hasil penelitian memiliki potensi untuk diterapkan di seluruh kasus serupa agar dapat memberikan peningkatan positif bagi UMKM.

This paper aims to assist the MSME in developing its operational budgeting & control mechanism and reforming the product catalog with business coaching activity. This research is based on a case study of an MSME in the Chemical and B3 Waste Management Services Industry, PT. Nebraska Pratama, which was located in West Jakarta. The method used in this study is a qualitative method based on the business coaching approach. Here, we find from our engagement with the MSME that the coachee aims to further expand his business and increase its sales & market share, and we also find that the MSME possesses plenty of strengths to support its objective. However, after performing a series of analyses based on research and in-depth interviews, the authors identify various shortcomings that can hinder the business.
In this study, we focus on two main problems as the center of our business coaching activity. The first issue is pertaining to the development of its budgeting practice and financial performance control mechanism, which focuses on how to formulate a meaningful operating budget that is more fit for the MSME. Budgeting is an essential tool to aid in decision-making and give clear goals for the MSME. Second, the issue is related to the product catalog, which is one of the critical marketing strategies for the business to deliver its value proposition to customers. Hence, a winning catalog is important for the business in increasing its consumer engagement. However, in comparison to the competitors, the catalog has not yet reflected the professional characteristics of the company and is not enriched with an updated content. By developing budgeting practice and MSME’s catalog marketing, the research results have the potential across the similar case to deliver positive improvements for MSMEs.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cakra Wirabuana
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai dampak eXtensible
Business Reporting Language (XBRL) terhadap penyajian informasi keuangan
dan bisnis. XBRL merupakan bahasa markup yang dikembangkan dari bahasa
eXtensible Markup Language (XML). Ide dasar dari pengembangan bahasa
XBRL adalah untuk mengatasi kendala pertukaran data dan interoperabilitas
antara sistem informasi dalam penyajian dan distribusi laporan keuangan. XBRL
tidak mengubah struktur item-item yang harus dilaporkan pada laporan keuangan.
Fungsi XBRL hanyalah membungkus setiap data yang ada di dalam laporan
keuangan dengan konteks sehingga data tersebut memiliki identitas khusus.
Identitas inilah yang membuat data dapat dibaca oleh mesin komputer. Komputer
tidak hanya dapat menampilkan data pada laporan keuangan tetapi mampu
memahami dan membaca konteks dari data tersebut. Fungsi yang dimiliki oleh
XBRL ini ternyata memberikan dampak yang begitu besar di bidang akuntansi.
Perubahan paradigma pelaporan dari berbasis kertas menjadi pelaporan berbasis
XBRL telah menciptakan proses bisnis yang lebih cepat, lebih baik dan lebih
murah. XBRL juga memfasilitasi terciptanya rantai pelaporan keuangan yang
lebih ramping. Berbagai pihak baik eksternal maupun internal yang terlibat dalam
rantai pelaporan keuangan mendapatkan manfaat yang maksimal dari XBRL. Dari
hasil pengujian ini diperoleh, bahwa teknologi XBRL menghasilkan efisiensi
sebesar 22,42% dibandingkan dengan non-XBRL.

ABSTRACT
This paper aims to provide a description of the impact of the eXtensible Business
Reporting Language (XBRL) to the presentation of financial information and
business. XBRL is a markup language that developed from the language
eXtensible Markup Language (XML). The basic idea of the development of
XBRL is a language for addressing constraint data exchange and interoperability
between information systems in the preparation and distribution of financial
statements. XBRL does not change the structure of the items that must be reported
on the financial statements. XBRL functions simply wrap any existing data in the
context of the financial statements so that the data has a special identity. Identity
is what makes the data machine-readable computer. The computer not only can
display the data in the financial statements but are able to understand and read the
context of the data. Functions held by the XBRL turned out so great impact in the
field of accounting. The paradigm shift from paper-based reporting into XBRLbased
reporting has created business processes faster, better and cheaper. Also
facilitates the creation of XBRL financial reporting chain leaner. Various external
and internal parties involved in the financial reporting chain to get the maximum
benefit from XBRL.From the test results obtained, that the XBRL technology
produces an efficiency of 22.42% as compared with non-XBRL."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57470
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hairanisa Hazhar
"Penelitian ini merupakan business coaching yang dilaksanakan pada UMKM XYZ yang bergerak dalam industri fashion muslim yakni hijab. Tujuan dari pelaksanaan business coaching ini adalah untuk membantu UMKM dalam menghitung harga pokok penjualan produk, harga jual produk dengan komponen biaya yang lengkap dan memberikan pelatihan dalam penyusunan laporan keuangan. Sehingga, dapat memudahkan UMKM XYZ dalam mengukur kinerja keuangan dan menentukan keputusan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam menganalisa data adalah Analisis Bisnis Proses, Business Model Canvas, Analisis Market Opportunity (STP), Marketing Mix, Analisis VRIO, Porter Five Forces, Analisis SWOT/TOWS, Analisis Gap dan Analisa Pareto.
Dari analisis tersebut didapatkan bahwa masalah utama yang dihadapi oleh UMKM XYZ adalah pada bidang keuangan, yakni tidak adanya perhitungan harga pokok penjualan, tidak lengkapnya komponen perhitungan biaya dalam penetapan harga jual produk dan tidak adanya laporan keuangan pada UMKM XYZ. Sehingga, pemilik mengalami kesulitan untuk dapat mengukur kinerja keuangan dan menentukan keputusan bisnis. Solusi yang diberikan untuk UMKM XYZ adalah dengan membantu membuat model perhitungan harga pokok penjualan sebagai dasar dalam penetapan harga jual produk dan implementasi penggunaan software GNUCash sebagai aplikasi untuk menyusun laporan keuangan. Proses business coaching ini diharapkan dapat membantu UMKM XYZ dalam meningkatkan kinerjanya.

This research is a business coaching conducted at MSME XYZ which engaged in the muslim fashion industry (hijab industry). The purpose of implementing this business coaching is to help MSME XYZ in calculating the cost of goods sold, calculating the product selling price with complete cost components and providing training in the preparation of financial statements. Thus, it can help MSME XYZ for measuring financial performance and determining business decisions. This research uses a qualitative approach. Data were collected from interviews, observation, and documentation. Then, the data were analyzes using several tools such as, Business Process Analysis, Business Model Canvas, Market Opportunity Analysis (STP), Marketing Mix, VRIO Analysis, Porter Five Forces, SWOT / TOWS Analysis, Gap Analysis and Pareto Analysis.
The finding shows that the main problem faced by MSME XYZ was in the financial sector, which were the absence of calculation of cost of goods sold, incomplete cost calculation components in product selling prices and the absence of financial reports on MSME Xyloshoop. Thus, the owner has difficulty in being able to measure financial performance and determine business decisions. The solution given for MSME XYZ is to help create a model for calculating cost of goods sold as the basis for product selling prices and implementation of the use of GNUCash software as an application for preparing the financial statements. This research is expected to help MSME XYZ to improve their performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Kusumapratiwi
"Penelitian ini menjelaskan penerapan program business coaching yang dilaksanakan pada salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yaitu ENF yang bergerak di industri makanan. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi potensi dan tantangan UMKM, menganalisis permasalahan yang dihadapi UMKM serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode riset kualitatif dan pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta dianalisis secara eksternal dan internal dengan analisis PEST; analisis Porter Five Forces; proses bisnis; bisnis model kanvas (BMC); segmentasi, targeting dan positioning (STP), bauran pemasaran, SWOT dan TOWS. Analisis menunjukkan bahwa UMKM ENF menghadapi permasalahan terkait isu keuangan dalam penyusunan laporan keuangan dan evaluasi harga jual produk untuk mengetahui posisi di pasar. Untuk isu keuangan, penulis merekomendasikan aplikasi keuangan mobile berbasis Android yakni Akuntansi UKM untuk informasi keuangan secara sistematik dan akurat. Untuk isu lainnya, penulis merekomendasikan strategi cost-based pricing untuk menghitung ulang harga pokok penjualan dan memformulasikan harga jual baru berdasarkan markup per unit.

This paper delineates the implementation of a business coaching program conducted in an Indonesian Micro Small Medium Enterprises (MSME), named ENF, operated in the food and beverage industry. The objectives of this study are to explore MSMEs potentials and challenges, analyze MSMEs problems, and provide solutions. This study is based on a qualitative method, which is gathering the data through interviews, observations and written documentations, and using several external and internal analysis tools, namely Pest analysis, Porters Five Forces, Business Process, Business Model Canvas (BMC), Segmentation, Targeting and Positioning (STP); Marketing Mix; SWOT and TOWS. The analysis shows that ENF is facing financial issues in preparing financial statements and evaluating the price setting. For the financial issues, we recommend using an Android-based mobile financial application called Akuntansi UKM to record financial information systematically and accurately. The application generates financial reports to improve the MSMEs performance. For the latter issue, we recommend cost-based pricing to recalculate the cost of goods sold and formulate price setting by markup per unit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifya Risya Putri
"Tesis ini bertujuan untuk membantu salah satu UMKM pada bidang otomotif di Indonesia yaitu Garasi 64 untuk berkembang dengan melakukan penyusunan laporan keuangan, spesialisasi pekerjaan karyawan, dan membuat individual development plan (IDP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan business coaching. Hasil dari wawancara dan observasi dianalisis menggunakan alat manajerial seperti analisis SWOT, STP, Business Model canvas, Marketing Mix, Porter’s Five Forces Model dan gap. Analisis menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi usaha yaitu: belum adanya laporan keuangan, spesialisasi pekerjaan, dan ketergantungan operasional bengkel kepada pemilik yang menghambat pengembangan usaha. Menggunakan analisis pareto, ketiga masalah tersebut merupakan masalah yang paling penting dan perlu diselesaikan. Proses business coaching diharapkan dapat membantu Garasi 64 untuk mengembangkan usahanya.

This thesis aimed to help one of automotive MSMEs in Indonesia, Garasi 64, to grow by doing financial statements preparation, employee specialization, and developing an individual development plan (IDP). This research used a qualitative and business coaching methods. Interviews and observation results were analyzed using several managerial tools such as SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s Five Forces Model, and gap. Analysis showed that issues faced by the business are the absence of financial statements, work specialization, and the business operational dependency on the owner. Using pareto analysis, those issues are important and needs to be solved. This business coaching process are expected to help Garasi 64 to develop its business."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>