Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177119 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Afifah Nurul Hidayah
"Resiliensi akademik adalah kemampuan untuk bertahan pada kondisi yang sulit, beradaptasi secara positif, serta kemampuan menghadapi hambatan dan tantangan dalam konteks akademik. Perbedaan karakteristik yang terdiri atas usia, jenis kelamin, masa studi, dan prestasi akademik, serta kesejahteraan spiritual mampu menjadi prediksi terbentuknya resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara karakteristik dan kesejahteraan spiritual dengan resiliensi akademik mahasiswa santri di pondok pesantren. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif-korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Sebanyak 111 mahasiswa santri tingkat satu dan dua pondok pesantren di Depok diambil sebagai sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Berdasarkan hasil analisis hubungan, ditemukan tidak ada hubungan yang signifikan antara karakteristik usia (p=0,908), jenis kelamin (p=0,361), dan masa studi (p=0,519) dengan resiliensi akademik. Hasil analisis korelasi Pearson, peneliti menemukan bahwa terdapat hubungan bermakna positif antara karakteristik prestasi dengan resiliensi akademik (p=0,048) dan kesejahteraan spiritual dengan resiliensi akademik (p=0,001). Hasil penelitian ini dapat diaplikasikan dalam bidang pengembangan pendidikan dan penelitian keperawatan.

Academic resilience is the ability to survive in difficult conditions, adapt positively, and deal with obstacles as well as challenges in academic contexts. The difference in characteristics, including age, gender, study year, academic achievement, and spiritual well-being, can predict resilience. This study aims to identify the relationship between characteristics and spiritual well-being with the academic resilience of Islamic boarding school students. This study used descriptive-correlation with a cross-sectional approach. A total of 111 first- and second-year undergraduate students of Islamic boarding school in Depok were taken as samples using a stratified random sampling technique. The result showed that there was no significant relationship between characteristics of age (p=0.908), gender (p=0.361), and study year (p=0.519) with academic resilience. Pearson correlation test found that there was a significant positive relationship between the characteristic of academic achievement and academic resilience (p=0.048) also spiritual well-being and academic resilience (p=0.001). The results of this study can be used for nursing education and research development."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Syaiful Huda
"

Prestasi akademik dalam rangkaian proses pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya spiritual well-being dan resiliensi. Berdasarkan data dan laporan hasil ujian nasional, siswa sekolah Islam berasrama pada umumnya belum mampu mendapatkan prestasi akademik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Spiritual well-being dan resiliensi dengan prestasi akademik siswa sekolah Islam berasrama. sampel penelitian ini adalah madrasah tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Hamidiyah. penelitian ini menggunakan metode campuran, teknik pengumpulan data untuk penelitian kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan dua kuesioner yaitu spiritual well-being scale untuk mengukur spiritual well-being, dan resilience scale untuk mengukur resiliensi, sedangkan untuk pengukuran prestasi akademik menggunakan nilai rapor siswa. Untuk pengumpulan data kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Partisipan dalam penelitian kuantitatif adalah 263 siswa, dan partisipan penelitian kualitatif adalah 3 guru dan 4 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa spiritual well-being tidak berkorelasi secara signifikan dengan prestasi akademik. Resiliensi ditemukan berkorelasi secara signifikan dengan prestasi akademik. Sementara itu spiritual well-being dan resiliensi secara bersamaan terbukti tidak berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi akademik.

 

Kata Kunci : Prestasi Akademik, Spiritual well-being, Resiliensi, Sekolah Islam Berasrama


Academic achievement in the series of educational processes is influenced by many factors, including spiritual well-being and resilience. Based on the data and national exam results report, generally the boarding school students have not been able to obtain good academic achievement. The study aims to find out the relationship between Spiritual well-being and resilience with the academic achievement of boarding schools of Islamic students. This research sample is Madrasah tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Hamidiyah. This study uses mixed methods, data collection techniques for quantitative research in this study using two questionnaires which are Spiritual well-being scale, resilience scale. and student`s raport book to measure student`s academic achievement, while data collection for qualitative reseach, the researcher uses the interview techniques. Participants in quantitative research were 263 students, and qualitative research participants were 3 teachers and 4 students. The results of this study show that Spiritual well-being is not significantly correlated with academic achievement. Resiliency is found to be significantly correlated with academic achievement. While Spiritual well-being and resilience are simultaneously proved to not contribute significantly to academic achievement.

Keywords: Academic achievement, Spiritual well-being, Resilience, Islamic Boarding School

"
2019
T53225
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meidy Hanifah
"Kecerdasan emosional dinilai sebagai salah satu indikator untuk mengetahui tingkat kesejahteraan spiritual seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kecerdasan emosioanl dengan kesejahteraan spiritual pada mahasiswa. Desain penelitian ini menggunakan cross-sectional pada 212 responden mahasiswa keperawatan di Indonesia dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Trait Emotional Intelligence Questionnaire – Short Form (TEIQue-SF) untuk mengukur tingkat kecerdasan emosional dan Spiritual Well-Being Questionnaire (SWBQ) untuk mengukur kesejahteraan spiritual. Hasil uji statistika t test didapatkan nilai p value sebesar 0.000 < 0.05 sehingga disimpulkan terdapat hubungan yang bermakna antara kecerdasan emosional dengan kesejahteraan spiritual pada mahasiswa keperawatan. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat diteliti lebih lanjut mengenai karakteristik lain yang dapat memengaruhi kesejahteraan spiritual mahasiswa keperawatan serta menggunakan metode penelitian yang berbeda seperti metode kualitatif.

Emotional intelligence is considered as an indicator to determine the level of one's spiritual well-being. This study aims to identify the relationship between emotional intelligence and spiritual well-being in college students. The design of this research used a cross-sectional study on 212 respondents from Indonesian nursing college students using a purposive sampling technique. The research instruments used were the Trait Emotional Intelligence Questionnaire – Short Form (TEIQue-SF) to measure the level of emotional intelligence and the Spiritual Well-Being Questionnaire (SWBQ) to measure spiritual well-being. The results of the t test statistical test obtained a p value of 0.000 <0.05 so that indiate there was a significant relationship between emotional intelligence and spiritual well-being in nursing students. Regarding further research, we suggest to examine other variables that can affect spiritual well-being of nursing students and use different research methods such as qualitative methods."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zaini
"[ABSTRAK
Bencana alam menimbulkan masalah psikologi. Masyarakat yang menjadi korban
harus memiliki resiliensi dan kesejahteraan spiritual supaya bersikap adaptif.
Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang berhubungan dengan resiliensi
dan kesejahteraan spiritual survivor erupsi Gunung Kelud. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif korelasi cross sectional, jumlah sampel sebanyak
136 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor paling dominan
berhubungan dengan resiliensi adalah riwayat trauma. Faktor paling dominan
berhubungan dengan kesejahteraan spiritual adalah pendidikan. Pelayanan
keperawatan pasca bencana perlu dilakukan secara komprehensif, melibatkan
dukungan sosial serta nilai kepercayaan atau budaya sehingga meningkatkan
resiliensi dan kesejahteraan spiritual.

ABSTRACT
Natural disaster could inpact the psychological conditions of disaster affected
persons. The survivors must have resilience and spiritual well-being to enable
them to adapt positively to an unexpected situation. The purpose of this study was
to determine the factors related to resilience and spiritual well-being of
survivors. The design of this study was the correlation descriptive to wards 136
respondents. The results showed that the dominant factors related to resilience
was traumatic experiences. The dominant factors related to spiritual well-being
was level of education. The nursing care in the post disaster needs to be
comprehensive; involving community supports as well as spirituality in the
context of culture of survivors, so that it would improve the resilience and
spiritual well-being.;Natural disaster could inpact the psychological conditions of disaster affected
persons. The survivors must have resilience and spiritual well-being to enable
them to adapt positively to an unexpected situation. The purpose of this study was
to determine the factors related to resilience and spiritual well-being of
survivors. The design of this study was the correlation descriptive to wards 136
respondents. The results showed that the dominant factors related to resilience
was traumatic experiences. The dominant factors related to spiritual well-being
was level of education. The nursing care in the post disaster needs to be
comprehensive; involving community supports as well as spirituality in the
context of culture of survivors, so that it would improve the resilience and
spiritual well-being., Natural disaster could inpact the psychological conditions of disaster affected
persons. The survivors must have resilience and spiritual well-being to enable
them to adapt positively to an unexpected situation. The purpose of this study was
to determine the factors related to resilience and spiritual well-being of
survivors. The design of this study was the correlation descriptive to wards 136
respondents. The results showed that the dominant factors related to resilience
was traumatic experiences. The dominant factors related to spiritual well-being
was level of education. The nursing care in the post disaster needs to be
comprehensive; involving community supports as well as spirituality in the
context of culture of survivors, so that it would improve the resilience and
spiritual well-being.]"
2015
T42944
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ambarwati
"Mahasiswa tingkat pertama seringkali mengalami permasalahan saat menjalani kehidupan perkuliahan yang berpotensi menyebabkan gangguan mental emosional dan mempengaruhi ketangguhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gangguan mental emosional dan kesejahteraan spiritual dengan ketangguhan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 94 mahasiswa dengan teknik stratified random sampling. Mahasiswa tingkat pertama sebagian besar mengalami gangguan mental emosional (73,4%), kesejahteraan spiritual sedang (84%), dan ketangguhan sedang (78,7%). Gangguan mental emosional tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan ketangguhan, kesejahteraan spiritual memiliki hubungan yang bermakna dengan ketangguhan, dan kesejahteraan spiritual memiliki hubungan yang bermakna dengan gangguan mental emosional. Penelitian ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran institusi pendidikan dalam menciptakan program konseling kesehatan bagi mahasiswa.

First grade students often experience problems while living college life which has the potential to cause mental emotional disturbances and affect their toughness. This study aims to determine the relationship between mental emotional disorders and spiritual well-being with resilience. This study used a correlative descriptive design with a cross sectional approach involving 94 students using a stratified random sampling technique. Most first year students experience mental emotional disorders (73.4%), moderate spiritual well-being (84%), and moderate toughness (78.7%). Mental emotional disorders have no significant relationship with resilience, spiritual well-being has a significant relationship with toughness, and spiritual well-being has a significant relationship with mental-emotional disorders. This research is expected to optimize the role of educational institutions in creating health counseling programs for students."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anna Valentine
"Mahasiswa keperawatan dihadapkan oleh berbagai tekanan dalam menjalani proses perkuliahan di tingkat akhir yang mampu menyebabkan mahasiswa menjadi stres. Tingkat stres mahasiswa erat kaitannya dengan kondisi kesejahteraan spiritual seseorang sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kesejahteraan spiritual dengan tingkat stres pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional terhadap 78 mahasiswa tingkat akhir keperawatan UPN Veteran Jakarta dengan menggunakan metode pengambilan sampel total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Spiritual Well- Being Scale (SWBS) dan Student Nurse Stress Index (SNSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53,8% mahasiswa memiliki tingkat kesejahteraan spiritual tinggi dan 69,2% mahasiswa memiliki tingkat stres yang sedang. Lalu, hasil uji statistik Somers’d menunjukkan bahwa ada hubungan yang lemah (value = 0,032 < 0,05) antara kesejahteraan spiritual dengan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir keperawatan. Penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi bagi institusi pendidikan agar lebih mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai spiritual dalam konteks pembelajaran bagi mahasiswa.

Nursing students are faced with various pressures in undergoing the lecture process at the final semester which can cause students to become stressed. The level of student stress is closely related to the condition of one's spiritual well-being as one of the basic human needs. This study aims to identify the relationship between spiritual well-being and stress levels in final year nursing students. The research design used was descriptive correlation with a cross sectional approach to 78 final year students of nursing at the UPN Veteran Jakarta using the total sampling method. The instruments used were the Spiritual Well-Being Scale (SWBS) and the Student Nurse Stress Index (SNSI). The results showed that 53.8% of students had a high level of spiritual well-being and 69.2% of students had moderate levels of stress. Then, the results of the Somers’d statistical test showed that there was a weak relationship (value = 0,032 < 0.05) between spiritual well-being and stress levels in final nursing students. This research can be used as a recommendation for educational institutions to further develop and instill spiritual values in the context of learning for students."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdau Siroj Amrulloh
"Penelitian ini membahas hubungan antara spiritualitas di tempat kerja dengan berbagai bentuk kesejahteraan karyawan dalam aspek kesehatan mental yaitu kesejahteraan emosional, sosial, psikologis, dan spiritual. Teknik pengumpulan datanya menggunakan desain survei, lalu dilakukan uji regresi menggunakan SPSS 20 untuk mengetahui hubungannya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 202 responden yang telah bekerja di Jakarta selama minimal 1 tahun dari berbagai latar belakang industri, instansi, jabatan, pengalaman kerja dan status kerja.
Temuan dalam penelitian ini adalah keempat bentuk kesejahteraan karyawan emosional, sosial, psikologis, dan spiritual memiliki hubungan yang positif terhadap spiritualitas di tempat kerja. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat berguna bagi ilmu pengetahuan dalam hal sumber daya manusia, bahwa spiritualitas di tempat kerja dapat menjadi sebuah anteseden bagi kesejahteraan karyawan khususnya dalam aspek kesejahteraan emosional, sosial, psikologis, dan spiritual.

This undergraduate thesis discusses the relationship between workplace spirituality and various forms of employee well being in the mental health aspects of emotional, social, psychological, and spiritual. Data collection techniques is used survey design, then tested the relationship using SPSS 20. The sample used in this study amounted to 202 respondents who have worked in Jakarta for at least 1 year from various industry background, agency, position, work experience and work status.
The findings in this study are the four of employee well being namely, emotional, social, psychological, and spiritual has a positive relationship with workplace spirituality. The implications of the results of this study can be useful to the science that workplace spirituality can be an antecedent to the employee well being, especially in aspects of emotional, social, psychological, and spiritual well being.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67111
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sapto Ashardianto
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara resiliensi dan psychological well-being pada mahasiswa relawan bencana. Sebagai tambahan, penelitian ini juga dilakukan untuk melihat gambaran resiliensi dan psychological well-being pada mahasiswa relawan bencana.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Resiliensi diukur menggunakan Resilience Scale berdasarkan modifikasi dari penelitian sebelumnya oleh Olga Sihombing di tahun 2009 sedangkan psychological well-being diukur menggunakan Ryff's Scale of Psychological Well-being yang diadaptasi dari penelitian sebelumnya oleh Rahardini Sekar dkk di tahun 2011. Responden penelitian ini berjumlah 85 orang mahasiswa yang pernah berkontribusi sebagai relawan bencana.
Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa resiliensi berkorelasi secara signifikan dengan psychological well-being (r = 0.493; p = 0.000, signifikan pada L.o.S 0.01). Ini berarti, semakin tinggi tingkat resiliensi seseorang maka menunjukkan semakin tinggi pula psychological well-beingnya.

This research was conducted to find the correlation between resilience and psychological well-being among student disaster volunteers. In addition, this research also aimed to depict resilience and psychological well-being among student disaster volunteers.
This research used the quantitative approach. Resilience was measured using a Resilience Scale that was based on modifications from previous research by Olga Sihombing in 2009 and psychological well-being was measured using Ryff?s Scale of Psychological Well-being adopted from previous research by Rahardini Sekar et al. in 2011. The participant of this research are 85 students who have contributed as disaster volunteers.
The main result of this research showed that resilience correlated significantly with psychological well-being (r = 0.493; p = 0.000, significant at L.o.S 0.01). That is, the higher resilience of one?s own, the higher his/her psychological well-being."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nendra Yelena Sarina
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara stres akademis dengan psychological well being pada mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 122 mahasiswa tingkat pertama berusia 17-20 yang sedang menempuh semester dua di Universitas Indonesia. Pengukuran psychological well-being menggunakan alat ukur Ryff?s Psychological Well- Being Scale (1995) yang telah diadaptasi oleh Yorike dan rekan-rekan payung penelitian psychological well-being tahun 2011. Pengukuran stres akademis menggunakan alat ukur Student-Life Stress Inventory yang dikembangkan oleh Gadzella (1994) dan telah diadaptasikan ke dalam konteks bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penghitungan korelasi Pearson Product Moment, diperoleh hubungan yang negatif dan signifikan antara stres akademis dan psychological well -being pada mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia. Semakin tinggi skor stres akademis yang dimiliki maka semakin tinggi skor psychological wellbeing, begitu pula sebaliknya.

The objective of this research is to find the corelation between academic stress and psychological well-being among first-year college students in Universitas Indonesia . The participant for this research were 122 students aged 17-20 whose studied at the second term in Universitas Indonesia. Psychological well-being was measured with Ryff?s Psychological well-being Scale (1995) which was constructed by Carol D. Ryff and had been adapted to Indonesian context by Yorike and colleagues in 2011. Academic stress was measured with Student-Life Stress Inventory which constructed by Gadzella and had been adapted to Indonesian context. The coefficient of Pearson Product Moment correlation showed that there is negative and significant correlation between psychological well being and academic stress among first-year college students in Universitas Indonesia. The more academic stress suffered by first-year college students, the lower score of psychological well being they have and vice versa."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Annisa Meidina
"Motivasi belajar menjadi hal riskan bagi mahasiswa tingkat akhir yang memiliki banyak tuntutan dan tekanan untuk menyelesaikan masa perkuliahan dengan baik dan lulus menjadi seorang sarjana. Keseimbangan dalam motivasi belajar juga melibatkan kondisi kesejahteraan individu sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan kesejahteraan spiritual dengan motivasi belajar pada mahasiswa tingkat akhir. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional pada 95 responden mahasiswa tingkat akhir di Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia dengan teknik consecutive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Spiritual Well-Being Scale untuk mengukur kondisi kesejahteraan spiritual dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire untuk mengukur motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 51,6 mahasiswa memiliki tingkat kesejahteraan spiritual rendah dan 50,5 memiliki tingkat motivasi belajar yang tinggi. Namun hasil uji statistik Chi-square menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan p = 0,605 > 0,05 antara kesejahteraan spiritual dengan motivasi belajar dan nilai OR dalam penelitian ini sebesar 1,346 yang memiliki arti bahwa mahasiswa dengan kesejahteraan spiritual tinggi mempunyai peluang 1,3 kali untuk memiliki motivasi belajar tinggi dibandingkan mahasiswa yang kesejahteraan spiritualnya rendah. Penelitian ini dapat dijadikan rekomendasi bagi institusi pendidikan agar lebih mengembangkan dan menanamkan nilai-nilai spiritual dalam konteks pembelajaran bagi mahasiswa.

Learning motivation become a risk case for final year college students who have many demands and pressures to finish their college lifes and become scholars. Balance in learning motivation will involve one rsquo s spiritual well being as one of human basic needs. This study aim to identify the relationship of spiritual well being and learning motivation in final year students. The design used in this study is the cross sectional with 95 respondents of final year students in Health Sciences Cluster Universitas Indonesia, which uses consecutive sampling technique. The instruments used in this study are Spiritual Well Being Scale to measure the spiritual well being level and Motivated Strategies for Learning Questionnaire to measure the learning motivation.
This study shows 51,6 respondents have low spiritual well being level and 50,5 respondents have high learning motivation level. However the result with Chi square test shows that there is no significant relationship p 0,605 0,05 between spiritual well being and learning motivation and OR value 1,346 which means students with high spiritual well being level have a chance 1,3 to have high learning motivation level than other students with low spiritual well being level. This study can be a recommendation for the institution of education in order to develop and engraft the spiritual in learning context for students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>