Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177632 dokumen yang sesuai dengan query
cover
I Made Harry Kurniawan
"Bisnis UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Indonesia telah membuktikan signifikansinya melalui kontribusi yang diberikan atas PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia dan penyerapan tenaga kerja selama bertahun-tahun. Sekalipun dengan dukungan pemerintah Indonesia lewat berbagai peraturan yang ditujukan untuk mendorong bisnisUMKM secara finansial,  sebagian besar UMKM masih menghadapi masalah dengan kendala yang lebih besar yaitu pengetahuan pelaku UMKM terhadap strategi pemasaran dan manajemen organisasi. Masalah yang sama terjadi juga pada PT Korma Jaya Utama yang merupakan bisnis milik keluarga yang telah memproduksi kecap manis kedelai hitam berkualitas premium lebih dari 70 tahun. Melalui business coaching, penelitian kualitatif dilaksanakan untuk mengidentifikasi masalah yang ada di perusahaan dan dengan pendekatan studi literatur beberapa solusi yang layak kemudian direkomendasikan untuk mengatasi masalah tersebut. Selama proses business coaching, ditemukan bahwa tidak ada dokumentasi SOP penjualan (Standard Operating Procedure) yang  rapi tersedia untuk tenaga penjualan, sehingga aktivitas penjualan dilakukan hanya berdasarkan pengalaman kerja masing-masing  individu mitra penjualan. Diketahui juga bahwa perusahaan telah memiliki situs web resmi yang tujuan utamanya hanya digunakan untuk memfasilitasi transaksi e-commerce melalui platform belanja online. Kurangnya pengetahuan terhadap ilmu pemasaran juga membatasi pilihan perusahaan untuk mengembangkan alternatif strategi pemasaran. Beberapa solusi berhasil direkomendasikan terkait penyelesaian masalah bagi perusahaan termasuk didalamnya adalah pengaturan dan pendokumentasian SOP penjualan, perbaikan situs web dan persiapan strategi pemasaran alternatif melalui pendekatan endorser. Survey atas website dilakukan untuk membandingkan elemen penting dalam website serta penilaian antara website lama dan website baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu PT Korma Jaya Utama dalam mengelola secara lebih baik aktivitas pemasaran mereka melalui pengembangan website resmi perusahaan, pendokumentasian SOP penjualan serta mempersiapkan perusahaan terhadap strategi penggunaan endorser sebagai alternatif strategi pemasaran.

MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises) business in Indonesia has proven its significance through contribution given to Indonesia GDP (Gross Domestic Product) and labor absorbtion for many years. With several regulatory support from Indonesian Government to encourage the business financially, most MSMEs are still facing problem with broader issue namely marketing knowledge and organizational management.
The same problem happens to PT Korma Jaya Utama, a family-own business producing premium quality sweet soy souce that has existed over 70 years in the industry. Through business coaching, a qualitative research is implemented to identify the problems exist in the company and with literature study approach several feasible solutions are recommended to overcome the problems. During the process of business coaching, it was found that no sales SOP (Standard Operating Procedure) documentation available for salesperson, thus the sales activities performed based solely on individuals best practices. It was also noticed that the company already has an official website which main soley purpose is focused on facilitating e-commerce through online shopping platforms. Lack of marketing knowledge also limits the companys option for alternative marketing strategies exposure. Several solutions to tackle the problems are recommended for this company which includes website improvement, organizing and documenting sales SOP and preparation for alternative marketing strategy through endorsement approach. Survey was performed to compare the significance elements and features between old and new website after the improvement. The objective of this study is to help PT Korma Jaya Utama to manage their marketing activities by better documentation process of their sales SOP, improving their official website and preparing necessary steps to support the strategy on the use of endorser as an approach for alternative marketing strategy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lery Anggityo
"UMKM memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia dan menyerap banyak tenaga kerja dari seluruh angkatan kerja. Akan tetapi, banyak UMKM yang menghadapi begitu banyak masalah dalam operasi bisnis mereka. Baik masalah yang timbul dari faktor internal seperti manajemen atau faktor eksternal seperti pandemi COVID-19, oleh karena itu UMKM membutuhkan dukungan dan wawasan dari para ahli tentang cara menyelesaikan masalah mereka. Business Coaching ini dilakukan di PT Bumi Perkasa Internasional, sebuah usaha menengah yang berlokasi di Bekasi Jawa Barat dan bergerak di bidang industri manufaktur dengan ruang lingkup keahlian di bidang Dust Collector System. Business Coaching ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memetakan kondisi dan permasalahan riil UMKM, kemudian mengusulkan solusi dari permasalahan tersebut, dan mengimplementasikannya untuk perbaikan UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan tidak memiliki website yang efektif sebagai marketing channel dan pricing strategy yang kurang baik, ditunjukkan dengan tidak adanya lead yang berasal dari website perusahaan dan ketidakmampuan untuk mendapatkan banyak keuntungan dari proyek tersebut. Business Coaching menyarankan manajemen untuk mengembangkan website mereka dan pricing strategy untuk memperbaiki kondisi mereka.

SMEs make a very large contribution to Indonesia's gross domestic product (GDP) and absorb a lot of labor from the entire workforce. Unfortunately, many SMEs face so many problems in their business operation. Whether the issues arising from internal factors such as management or external factors such as the COVID- 19 pandemic, therefore they need support and insights from the experts on how to solve their problems. The current business coaching was conducted in PT Bumi Perkasa Internasional, a small business located in Bekasi, West Java and is engaged in the manufacturing industry with the scope of expertise in the Dust Collector System. The Business Coaching used a qualitative approach that mapping the real conditions and problems of SMEs, then propose solutions, and implement them for SMEs improvement. The result shows that the company did not have an effective website as its marketing channel and an unfavorable pricing strategy, indicated by no leads originating from the company's website and inability to profit from the project. The business coaching suggests the management to develop their website and pricing strategy to improve their conditions."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joshua Randy Pradipta
"Meningkatnya jumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia telah memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia, Saat ini pun bisnis dibidang kuliner semakin bertumbuh secara signifikan dari tahun 2010 hingga 2021 berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik . Penelitian penulis terhadap PT Atasnama Kopi tergolong UMKM yang bergerak di industri kuliner atau food and beverages, yang menjual aneka varian inovasi kopi. Mayoritas konsumen Atasnama Kopi adalah kalangan milenial B2C dan para pebisnis yang ingin memulai usaha yang sudah layak B2B . Penelitian menggunakan metoda kualitatif dengan cara business coaching. Penulis melakukan riset kualitatif untuk memetakan kondisi dan masalah UMKM. Hasil menunjukkan bahwa UMKM Atasnama Kopi belum memiliki Branding yang baik, serta rendahnya Brand Awareness yang terdapat pada kalangan milenial. Sehingga penulis mengambil tindakan korektif untuk mengimplementasikan solusi perbaikan. Penulis berharap business coaching ini dapat dijadikan panduan agar aktifitas marketing dapat dilakukan dengan cara menentukan channel distribusi, metode dan strategi yang tepat. Maka solusi yang dilakukan adalah memanfaatkan peran marketing endorser yang dituangkan sebagai objek dari konten marketing pada PT Atasnama Kopi. Survei dilakukan untuk mendukung bukti hasil perbaikan. Hasilnya, terdapat peningkatan signifikan penilaian oleh responden pada aspek visual, informasi dan tampilan keseluruhan konten yang ada dengan mengunakan objek endorser yang baru dibandingkan yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk membantu PT Atasnama Kopi mengelola kegiatan pemasarannya dengan memanfaatkan marketing endorser, dan dalam upaya perbaikan untuk meningkatkan kinerja karyawan maka perlu diadakan nya sistem penilaian kinerja karyawan yang terstruktur sebagai solusi praktis dari adanya permasalahan.

The increasing number of MSME (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia has made a positive contribution to the Indonesian economy. Culinary business sector is growing significantly from 2010 to 2021, based on data from the Central Statistics Agency. The author conducted research on PT Atasnama Kopi, an MSME engaged in the culinary of food and beverages industry, which sells various variations of coffee inovations, The majority of Atasnama Kopi’s consumers are millennials (B2B) and businessman who want to start a viable business (B2B). The research was conducted using qualitative methods by means of business coaching. The author conducted qualitative research to map the conditions and problems of the MSME. The results show that MSME Atasnama Kopi not yet have good branding, as well as low Brand Awareness among millennials. From these result the authors take corrective action to implement the corrective solution. The author hopes that this business coaching can be used as a guide so that marketing activities can be carried out by determining the right distribution channel, method and strategy. Therefore the solution is to take advantage of the marketing endorser role as the object of marketing content at PT Atasnama Kopi. The survey was conducted to support the evidence of improvement results. As a result, there is a significant increase in the assessment by respondents on the visual information, and overall appearance of existing content by using the new endorser object compared to the old one. This study aims to help PT Atasnama Kopi manage its marketing activities by utilizing marketing endorsers, and in an effort to improve employee performance, it is necessary to hold a structured employee performance appraisal system as a practical solution to ptoblem.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syda Dhea Ardhela
"Pengelolaan infrastruktur optimal memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu infrastruktur vital yang ada di Indonesia yang memiliki peranan penting untuk pengelolaan sumber daya air adalah bendungan. Pada 10 tahun terakhir, pemerintah telah menetapkan bendungan sebagai Proyek Strategis Nasional dan telah membangun 43 bendungan. Peningkatan jumlah bendungan di Indonesia menandakan bahwa perlu adanya peningkatan kegiatan pemeliharaan agar dapat mempertahankan fungsi bendungan sesuai umur rencana. Kegiatan pemeliharaan bendungan dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi hingga kerusakan pada komponen bendungan yang dapat merugikan masyarakat. Kegagalan bendungan dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kurangnya penerapan regulasi dan kinerja SOP yang kurang optimal. Maka dari itu, pengembangan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemeliharaan bendungan berbasis Work Breakdown Structure (WBS) diharapkan dapat meningkatkan kinerja SOP pemeliharaan dan dapat diterapkan bagi para pihak yang terlibat dalam pemeliharaan bendungan dengan menjabarkan uraian dari setiap aktivitas untuk setiap komponen yang ada pada bendungan. Produk yang dihasilkan berupa Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemeliharaan Bendungan untuk komponen Jalan, Jembatan, dan Bendungan Utama yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja SOP pemeliharaan bendungan.

The management of optimal infrastructure is crucial to economic growth in Indonesia. One of the vital infrastructures in Indonesia that plays a significant role in water resources management is dams. In the last 10 years, the government has designated dams as National Strategic Projects and has built 43 dams. The increase in the number of dams in Indonesia indicates that there is a need for increased maintenance activities in order to maintain the function of the dam according to the planned life. Dam maintenance activities can prevent a decline in function to damage to dam components that can harm the community. Dam failure can be caused by many factors, one of which is the lack of application of regulations and suboptimal performance of SOPs. Therefore, the development of a Work Breakdown Structure (WBS)-based dam maintenance Standard Operating Procedure (SOP) is expected to improve the performance of the maintenance SOP and can be applied to the parties involved in dam maintenance by describing the description of each activity for each component in the dam. The resulting product is a Dam Maintenance Standard Operating Procedure (SOP) for the Road, Bridge, and Main Dam components which is expected to improve the performance of the dam maintenance SOP.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fabian Danandjaya Puspadewa
"Meningkatnya jumlah UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia telah memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia, tetapi banyak UMKM yang tidak dapat mengelola bisnisnya dengan baik. PT Selula Dwiphaloka Technologi adalah UMKM, bisnis keluarga di Kota Bekasi, yang menjual mesin berdesain khusus untuk pelanggan B2B. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode business coaching, sebuah riset kualitatif, untuk memetakan kondisi dan masalah UMKM, dilanjutkan dengan mengambil tindakan korektif untuk mengimplementasikan solusi perbaikan. Hasilnya menunjukkan bahwa UMKM tidak memiliki SOP tertulis yang dapat dijadikan panduan agar aktivitas personal selling dapat dilakukan konsisten, serta website dan company profile yang dimiliki kurang menarik. Maka solusi yang dilakukan adalah menyusun SOP personal selling, memperbaiki website dan company profile untuk mendukung kegiatan pemasaran. Survei dilakukan untuk mendukung bukti hasil perbaikan. Hasilnya, terdapat peningkatan signifikan penilaian oleh responden pada aspek visual, informasi dan tampilan keseluruhan website dan company profile yang baru dibanding yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk membantu PT Selula Dwiphaloka Teknologi mengelola kegiatan pemasaranya dengan menyusun SOP personal selling, memperbaiki website dan company profile UMKM.

The increasing number of MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) in Indonesia has had a positive contribution to Indonesias economy, but many MSMEs unable to manage their business well. PT Selula Dwiphaloka Technologi is an MSME, a family business located in Bekasi City, Indonesia, that sells a custom-design machine for B2B customer. The data were collected using business coaching methods, a qualitative research that used to mapping MSMEs condition and problem, then take a corrective action to implement solutions for improvement. The result shows that the MSME dont have a written SOP that can be used as guidance so the personal selling activity can be done consistenly, and also the website and company profile of MSME dont look very interesting. So, the solution is by developing SOP of personal selling, improving the website and company profile to support marketing activities. Surveys were also conducted to support evidence of the improvement result.  As the results, there was a significant increase in the respondents assessment of the visual aspects, information and overall appearance of the new website and company profile compared to the old ones. This study aims to help PT Selula Dwiphaloka Teknologi manage their marketing activities by creating SOP of personal selling, designing new website and company profile proposal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54663
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Muhammad Mahesa Renjana
"Tesis ini membahas tentang strategi pengembangan pasar melalui pembuatan profil perusahaan dan website pada UMKM yang bergerak pada industri usaha penjahitan dan pembuatan jas, yaitu PT Lora Blessindo. Aktivitas pemasaran yang dilakukan oleh PT Lora Blessindo masih sangat minim. Untuk itu, tujuan dari business coaching ini adalah membuat profil perusahaan yang dapat merepresentasikan identitas perusahaan secara umum. Tujuan kedua adalah mengembangkan saluran pemasaran melalui pemasaran digital dengan pembuatan website. Kemudian, PT Lora Blessindo memiliki potensi untuk mengembangkan layanan yang dimiliki melalui pengembangan pasar, sehingga strategi pengembangan pasar perlu diterapkan untuk menggarap pasar yang baru. Setelah proses business coaching ini, perubahan yang positif diharapkan terjadi pada model bisnis PT Lora Blessindo. Sehingga, identitas merek PT Lora Blessindo diciptakan melalui profil perusahaan, lalu memanfaatkan website untuk memasarkan layannnya, dan dapat menggarap pasar baru melalui strategi pengembangan pasar.

This thesis research is focusing on the market development strategy through company profile and website creation for SME in tailoring formal and customized suit industry, which is Lora Blessindo. Furthermore, it caused by Lora Blessindo lack of marketing activities itself too. Therefore, the purpose of business coaching is to create a company profile that can represents the companys identity generally. The second purpose is to develop marketing channels through digital marketing by website creation. Then, Lora Blessindo has the potential to develop their existing service through market development, hence a market development strategy needs to be implemented in order to serve new markets. After the process of business coaching, positive changes are expected to occur on Lora Blessindos business model. Thus, Lora Blessindos brand identity is created through company profile, then they can utilize website to market their services, and enable to serve new market through market development strategy"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Panji Seto Damarjati
"Tesis ini membahas perumusan strategi operasi pada PT ECS Indo Jaya (ECS) yang akan menjalankan bisnis jasa sebagai pendamping penjualan produk. Saat ini ECS menjalankan bisnis jasa sebagai pendamping penjualan produk hanya untuk satu jenis produk dari merk Cisco, sementara ECS sering menerima permintaan jasa untuk beragam jenis produk dari merk Cisco juga sehingga ECS terpaksa kehilangan kesempatan bisnis tersebut. Oleh karena itu ECS membutuhkan strategi operasi sebagai bagian dari strategi bisnisnya. Perumusan strategi operasi dilakukan dengan menggunakan metode pemodelan Slack. Perumusan strategi operasi menghasilkan bahwa ECS harus mulai membangun kapasitas dan mengembangkannya agar dapat menghasilkan keunggulan kompetitif pasar.

The focus of this thesis is to formulate an operation strategy for PT ECS Indo Jaya (ECS) who will run services business as value-added for Cisco Systems product distribution. ECS runs services business as value-added for single type of product from Cisco, while ECS often receive services requests for various types of products therefore ECS has lost business opportunities. To overcome this problem ECS requires operating strategy as part of its business strategy. This study uses Slack method to formulate the operation strategy. The results shows that ECS has to setup and develop its capacity, in order to create its market competitive advantage."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrianto
"Laporan magang ini membahas proses pemutakhiran SOP proses revenue, subproses prepaid dan penerimaan kas atau bank yang dapat meningkatkan internal kontrol dari penerimaan kas atau bank dari PT.EFG. PT.EFG bergerak dalam telekomunikasi di Indonesia. Dalam laporan magang ini juga membahas analisis pengendalian umum dan aplikasi atas proses penerimaan kas dari PT.EFG.
Kesimpulan pada laporan magang ini adalah praktek dalam pengendalian internal PT.EFG atas proses revenue subproses penjualan prepaid sudah sangat baik dan tidak terdapat risikoyang besar yang mungkin diterima PT.EFG.
Laporan magang ini menyarankan ketelitian dan analisis yang lebih mendalam untuk diperhatikan pada pihak yang terkait pada proses penyusunan SOP dan implementasi SOP yang sudah dibuat untuk meningkatkan kualitas pengendalian yang lebih baik.

This Internship report is to discusses the process updating SOP that affected the internal controls of the revenue process, prepaid subprocesses in cash receipts or bank PT.EFG engaged in telecommunications in Indonesia. In this report is also described the analysis of general and application controls over the cash receipts from PT.EFG.
The conclusion is the practice internship in internal controls over the revenue subprocesses PT.EFG prepaid sales have been very good and there is no major risk that might receive PT.EFG.
The report suggests rigor and analytical depth to be considered at the relevant parties in the process of formulation and implementation of SOP and that has been improving to be the best quality control.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S54700
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jessie Mesa
"Kontribusi UKM terhadap PDB Indonesia meningkat dari 57,84% menjadi 60,34% dalam lima tahun terakhir, penyerapan tenaga kerja di sektor ini juga meningkat dari 96,99% menjadi 97,22% pada periode yang sama. Terlepas dari kenaikan faktor di atas, ada 2 kendala utama yang dihadapi UMKM baik secara internal maupun eksternal. Alka F.A adalah salah satu UKM Indonesia yang menjual jilbab ke target pasar mereka, generasi Y. Sebagai UKM juga memiliki masalah utama yang sama seperti yang dinyatakan sebelumnya. Alka F. Tujuan utama tahun 2018 adalah untuk meningkatkan pendapatan dari saat ini Rp 100.000.000,00 menjadi Rp 150.000.000,00. Penulis sebagai pelatih bisnis sedang berusaha mencari strategi yang paling tepat untuk membantu ALKA F.A memenuhi tujuannya. Penulis menggunakan wawancara mendalam, survei kepada pelanggan dan pasar terbuka dan menganalisis data yang terkumpul dengan menggunakan alat strategi seperti kanvas model bisnis, analisis eksternal, analisis internal, matriks ANSOF dan analisis gap. Hasil analisis strategis sedang diterjemahkan ke dalam pareto chart. Hal ini ditunjukkan dari analisis untuk mencapai tujuannya, ALKA F.A harus menerapkan strategi pengembangan pasar dengan menargetkan Generasi X dengan mengembangkan kemasan produk baru untuk meningkatkan perspektif pelanggan baru yang ditargetkan dan mengembangkan situs web korporat baru.

SME contribution to Indonesia GDP is increase from 57.84% to 60.34% in the last five years, the labor absorption in this sector is also increase from 96.99% to 97.22% in the same period. Despite of the increase on above factors, there are 2 major obstacles faced by UMKM both internally and externally. Alka F.A is one of Indonesia’s SME who sell hijab to their target market, generation Y. As SME it also has the same main problem like stated before. Alka F.A main objective in 2018 is to increase the revenue from currently IDR 100,000,000.00 to IDR 150,000,000.00. Writer as the business coach is trying to find the most suitable strategy to help ALKA F.A meets their objective. Writer is using in depth interview, survey to customer and open market and analyse the collected data using strategical tools for instance business model canvas, external analysis, internal analysis, ANSOF matrix and gap analysis. The output of the strategical analysis is being translated into a pareto chart. It is shown from the analysis in order to achieve it goal, ALKA F.A has to implement the market development strategy by targeting Generation X by developing new product packaging to increase the new targeted customer perspective and developing new corporate website.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Hadi Ma`ruf Al, Anshori
"Pembangunan infrastruktur menjadi pilar penting pembangunan nasional maupun regional karena memegang peranan penting pendorong untuk perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Salah satu infrastuktur milik pemerintah sebagai pengelolaan sumber daya air dalah bendungngan. Pemerintah melalui Nawacita menetapkan bendungan sebagai Proyek Strategis Nasional dan dalam 10 tahun terakhir telah membangun 43 bendungan. Peningkatan jumlah bendungan membutuhkan kinerja kegiatan pemeliharaan yang maksimal untuk dapat menjaga fungsi dan performa pada setiap bendungan. Pemeliharaan pada setiap komponen bendungan yang terencana sangat penting untuk menjaga fungsinya dan mencegah kerusakan serius yang dapat menyebabkan bencana bagi masyarakat. Faktor kegagalan pemeliharaan meliputi rendahnya regulasi, standar material, dan kinerja SOP tidak optimal, tidakefektifan SOP. Dengan mengembangkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pekerjaan pemeliharaan bendungan berbasis Work Breakdown Structure (WBS) diharapkan dapat meningkatkan kinerja SOP Pemeliharaan serta memberikan panduan yang lebih komprehensif untuk pemilik dan pihak yang terlibat dalam pemeliharaan bendungan dalam merincikan kegiatan pemeliharaan berdasarkan aktivitas untuk komponen yang ditinjau. Penelitian ini menggunakan analisis arsip/studi literatur, validasi ahli, survei kuesioner dan Metode Delphi. Produk yag dihasilkan dari penelitian ini adalah Standar Operasional Prosedur (SOP) Pekerjaan Pemeliharaan Bendungan untuk Komponen Spillway, Intake, Emergency Spillway Berbasis Work Breakdown Structure (WBS) untuk meningkatkan kinerja SOP Pemeliharaan dari pekerjaan pemeliharaan bendungan.

Infrastructure development is an important pillar of national and regional development because it plays an important role in driving economic development and growth in Indonesia. One of the government-owned infrastructures for water resources management is dams. The government through Nawacita has designated dams as National Strategic Projects and in the last 10 years has built 43 dams. The increasing number of dams requires maximum performance of maintenance activities to maintain the function and performance of each dam. Planned maintenance of each dam component is essential to maintain its function and prevent serious damage that can cause disasters for the community. Factors of maintenance failure include low regulation, material standards, and suboptimal SOP performance, SOP ineffectiveness. By developing a Standard Operating Procedure (SOP) for dam maintenance work based on the Work Breakdown Structure (WBS), it is expected to improve the performance of the Maintenance SOP and provide more comprehensive guidance for owners and parties involved in dam maintenance in detailing maintenance activities based on activities for the components under review. This research using archive analysis/literature study, expert validation, questionnaire survey and Delphi Method. The product resulting from this research is a Standard Operating Procedure (SOP) for Dam Maintenance Work for Spillway, Intake, Emergency Spillway Components Based on Work Breakdown Structure (WBS) to improve the performance of the Maintenance SOP of dam maintenance work.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>