Ditemukan 98269 dokumen yang sesuai dengan query
Ruli Bestari
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis derajat akuntabilitas donasi online berbasis crowdfunding dalam mengungkapkan laporan keuangan, laporan kegiatan, dan laporan kampanye kepada pemangku kepentingan. Tidak sedikitnya penyalahgunaan dana donasi online dan belum adanya regulasi spesifik terkait donasi online berbasis crowdfundingmenjadi latar belakang penelitian ini. Teori yang digunakan adalah teori sinyal dan teori pemangku kepentingan. Dua pendekatan model stakeholder engagement yang digunakan untuk menganalisa derajat akuntabilitas pengungkapan adalah self enlightened interest dan (genuine) accountability. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus pada Kitabisa.com. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari instrumen wawancara dan dokumentasi yang terpublikasi. Analisis data menggunakan analisis konten dan tematik dengan bantuan aplikasi NVivo 12 Pro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan self enlightened interest mendominasi motivasi pengungkapan laporan Kitabisa.com. Penelitian ini merekomendasikan pengungkapan tentang deskripsi kampanye, publikasi dan klarifikasi, rincian laporan setiap kampanye, time limit pengungkapan, rekap dan rencana penggunaan dana, interaksi antara donatur dan pengkampanye, serta dokumen visual, untuk dapat menurunkan informasi asimetris. Implikasi praktikal atas penelitian ini antara lain dapat menjadi bahan evaluasi dari situs online crowdfunding atas pengungkapan yang perlu ditambahkan, memberikan pertimbangan pada regulator sebagai untuk menyusun persyaratan pengungkapan donasi online berbasis crowdfunding, dan mengedukasi donatur dalam berdonasi.
This study aimed to understand the degree of accountability related to disclosure of online donation crowdfunding report and provide some recommendation for adequate disclosure of crowdfunding online donation from stakeholder. This study is motivated by the fact that cyber scam of online donation increased and absence spesific regulation about donation crowdfunding from regulator to mitigate. This fact generate big question from donors, where is my money go? This study are driven by a question on what motivates company in disclosing online donation crowdfunding report and how company disclose their report that is adequate to donors. Signaling theory and stakeholder theory are applied in this study. Two different approaches to asses motivation of online donation crowdfunding disclosure, such as the self enlightened interest consider as ethical business and genuine accountability as mandatory business. Kitabisa.com choosen as single unit analysis for this study. This study employ mixed method with content and thematic analysis processed by Nvivo 12 pro. Interview and archived documentation such as Audited financial report, online giving report and press release from are applied as intruments data. It is found that self enlightened interest still dominant and play important role in Kitabisa.com disclosure report. Recommendations for disclosure from donors to answer where is their money go such as campaign detail description, publication or clarification, campaign detail financial report, time limit for disclose campaign report, recap or plan for funding utilization, interaction between donors and campaigner and add visual document to reduce assymetri information and strength stakeholder engagement. Implication practical from this study are to evaluate donation online crowdfunding disclosure, give consideration for regulator to create specific mandatory regulation for donation crowdfunding, and educate donors before giving donation in online crowdfunding."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Laras Yunita Rachmaningsih
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi online terhadap keputusan pendanaan pada platform crowdfunding berbasis donasi di Indonesia pada tahun 2013-2017. Dengan menggunakan 206 proyek dari platform Kitabisa, penelitian ini mengaitkan konsep elaboration likelihood model untuk menentukan variabelnya. Berdasarkan estimasi regresi OLS dengan robust, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rute sentral yang terdiri atas panjang deskripsi, jumlah video, jumlah update dan promosi oleh platform sebagai sinyal akan kualitas proyek memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap keputusan pendanaan yang diukur dengan banyaknya funders yang berdonasi. Hal ini menunjukkan bahwa donatur tertarik dengan sinyal kualitas proyek yang baik. Selain itu, rute perifer yang terdiri atas jumlah 'Like', jumlah 'Share' dan relasi Facebook juga terbukti berpengaruh terhadap peningkatan jumlah funders yang berdonasi pada proyek crowdfunding. Hal ini menunjukkan bahwa proyek yang memiliki banyak jumlah 'Like', 'Share', dan relasi Facebook membuat donatur merasa jika proyek tersebut memiliki word-of-mouth elektronik yang baik.
This study aims to indentify the influence of online information on funding decisions of donation based crowdfunding in Indonesia from 2013 to 2017. Using 206 projects from Kitabisa, this study referring elaboration likelihood model to determine the variables. Based on estimation using OLS with robust, this study finds that central route which consists of description length, number of video, number of update, and promotion by the platform as the signals of project quality are positively significant in influencing number of funders. It shows that funders are interested to fund on projects with good quality signals. This study also shows that peripheral route which consists of number of 'Like' , number of 'Share' , and social network ties have significant positive relationship with the number of donating funders in crowdfunding projects. It indicates that higher number of 'Like' , 'Share' , and Facebook relation make funders feel the project has good electronic word of mouth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69151
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rendy Adhi Pratama
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Informasi Online terhadap pengambilan keputusan seorang donatur pada Platform Crowdfunding berbasis Donasi yang ada di Indonesia yaitu Kitabisa.com dan variabel duration dan other project backed sebagai variabel kontrol dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu proyek-proyek donasi di Kitabisa.com yang Campaign telah berakhir. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model regresi data cross section dengan Elaboration likelihood model. Hasil penelitian ini menemukan bahwa informasi online berpengaruh signifikan terhadap keputusan donatur pada Platform Crowdfunding yang ada di Indonesia.
This research aims to analyze the role of Online information against a decision making a Crowdfunding Platform based donors on Donations that are in Indonesia namely Kitabisa.com and variable duration and other project backed as the kontrol variable in the study. This research using a sample donation projects namely in Kitabisa.com that the Campaign has ended. Testing is done using a regression model with cross section data Elaboration likelihood model. The results of this study found that online information is significant against the decision of influential donors on a Platform that is in Indonesia Crowdfunding."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Putri Dewi Purnama Sari
"Perkembangan teknologi sangat pesat dan memberikan kemudahan pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya kemudahan dalam melakukan donasi secara online. Saat ini terdapat sebuat metode penggalangan dana dari sejumlah orang untuk sebuah proyek tertentu melalui internet yang dikenal dengan istilah crowdfunding. Salah satu situs crowdfunding yang popular di Indonesia yaitu Kitabisa.com. Namun, saat ini penyaluran dana per bulan melalui Kitabisa.com belum sesuai target. Ternyata hanya 37 dari total campaign yang penggalangan dananya terdanai atau dinyatakan sukses, dengan rincian total penggalangan dana yang mencapai target hanya 6 . Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keinginan donasi online.Analisis data pada penelitian ini menggunakan Varian Based SEM VB-SEM yaitu PLS-SEM dengan alat bantu SmartPLS 3.2.6 terhadap 494 responden yang merupakan pengguna internet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keinginan untuk melakukan donasi online ditentukan oleh keterikatan emosional pada campaign emotional attachment toward campaign , ketergantungan fungsional pada platform functional dependence on platform , dan kepercayaan pada campaigner trust toward campaigner yang dipengaruhi oleh faktor sosial identifikasi dan faktor-faktor teknologi personalisasi, sistem achievement, dan fitur teknologi internet . Faktor kepercayaan pada campaigner memberikan pengaruh paling signifikan terhadap keinginan melakukan donasi online. Semakin tinggi kepercayaan pengguna pada campaigner maka keinginan melakukan donasi semakin meningkat.
The development of technology is very rapid and provide convenience to various areas of life, one of which ease to donate online. Currently there is a method of fundraising from a number of people for a particular project over the internet known as crowdfunding. One of the most popular crowdfunding sites in Indonesia is Kitabisa.com. However, the current monthly distribution of funds through Kitabisa.com has not been on target. It turns out that only 37 of the total campaign fund raising is funded or declared successful, with details of total fundraising achieve the target of only 6 . Therefore, this research aims to determine the factors affect the intention to donate online.The data analysis in this research is using Varian Based SEM VB SEM with SmartPLS 3.2.6 toward 494 respondents who are internet users. The results of this research indicate the intention to donate online is determined by emotional attachment toward campaign, functional dependence on platform, and trust toward campaigner, which are influenced by social factors identification and technological factors personalization, achievement system, and internet technology features . Trust to campaigner gives the most significant influence intention to donate online. The higher user 39 s trust to campaigner, then the more intention to donate online."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Adyanissa Farsya Kirana
"Donasi online kini semakin marak di Indonesia, terutama pada platform galang dana (crowdfunding). Seiring dengan bertambahnya pengguna pada platform tersebut, banyak pula kasus-kasus yang melibatkan kepercayaan pengguna terhadap platform crowdfunding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan dan ketidakpercayaan seseorang terhadap platform crowdfunding, dan pengaruhnya terhadap sikap dan intensi perilaku donasi online. Penelitian ini mengkaji lebih dalam mengenai behavioral intention untuk berdonasi dan konsep trust and distrust. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan melibatkan 865 responden Indonesia melalui kuesioner online pada media sosial. Data responden diolah dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek kualitas seperti system quality dan information quality dan aspek mekanisme institusi seperti perceived platform rules dan perceived monitoring memengaruhi kepercayaan dan ketidakpercayaan terhadap platform. Kepercayaan dan ketidakpercayaan terhadap platform berpengaruh secara signifikan terhadap sikap dan intensi seseorang dalam melakukan donasi online.
The amount of online donations has been increasing in Indonesia, especially in the online crowdfunding platform. Along with the increasing number of users, there are also many cases involving user trust in the platform. This study aims to explore factors that influence trust and distrust in the platform and their influence on attitude and online donation intention. This study focuses on behavioral intention in the online donation and the concept of trust and distrust. 865 Indonesian respondent data collected using an online survey through social media and analyzed using Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS). This study indicates that quality aspects such as system quality and information quality and institutional mechanism aspects such as perceived platform rules and perceived monitoring influence trust and distrust in the platform. Trust and distrust in platform influence attitude towards donation and online donation intention significantly."
Depok: Fakultas Ilmu Kompter Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Firman Adi Prasetyo
"Tesis ini membahas mengenai permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan kegiatan donation-based crowdfunding di Indonesia, baik dari segi peraturan maupun dalam penerapannya. Kegiatan donation-based crowdfunding dalam hukum positif di Indonesia pada dasarnya diatur dalam UU No. 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang beserta dengan peraturan pelaksana dan peraturan teknis lainnya. Dalam pelaksanaannya, terjadi beberapa kasus kesalahpahaman dan pelanggaran berupa penyalahgunaan dana donasi dan pelaksanaan kegiatan tanpa izin dari yang berwenang. Peraturan yang ada dirasa sudah tidak sesuai dengan keadaan yang ada sehingga terjadi banyak kerancuan dalam penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk penelitian yuridis normatif dengan cara studi kepustakaan yang dilakukan terhadap data sekunder. Penelitian ini bersifat preskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapatkan oleh penulis melalui penelitian ini adalah mengetahui bahwa peraturan perundang-undangan di Indonesia yang mengatur mengenai kegiatan donation-based crowdfunding tidak memiliki mekanisme yang mumpuni dalam melindungi hak-hak donatur dan dalam hal apabila donasi oleh donatur disalahgunakan oleh penyelenggara kegiatan donation-based crowdfunding, penulis berpendapat bahwa dalam keadaan seperti demikian hanya dapat bergantung kepada ketentuan dasar hukum perdata untuk melakukan gugatan dengan dasar Perbuatan Melawan Hukum dan hukum pidana, apabila melalui gugatan perdata tidak mendapatkan hasil, dengan dasar penipuan dan/atau penggelapan uang hasil donasi.
This thesis analyzes about the problems that occur in the implementation of donation-based crowdfunding activities in Indonesia, both in terms of regulations and application. Donation-based crowdfunding activities in Indonesia are basically regulated in Law no. 9 of 1961 concerning the Collection of Money or Goods along with implementing regulations and other technical regulations. In its implementation, there have been several cases of misunderstanding and violations in the form of misuse of donations and carrying out activities without permission from the authorities. The existing regulations are deemed incompatible with the existing conditions so that there is a lot of confusion in their application. This research is a normative-juridical-shaped research by means of literature study conducted on secondary data. This research is prescriptive using a qualitative approach. The results obtained by the author through the research are to know that the laws and regulations in Indonesia that govern donation-based crowdfunding activities do not have a powerful mechanism in protecting the rights of donors and in the event that donations by donors are misused by donation-based activity organizers. crowdfunding, the author is of the opinion that in such circumstances it can only depend on the basic provisions of civil law to file a lawsuit on the basis of illegal actions and criminal law, if a civil lawsuit does not get results, on the basis of fraud and/or embezzlement of donated money."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Imam Abdul Aziz
"
Penggalangan donasi berbasis online dengan sistem crowdfunding lebih mampu menarik perhatian masyarakat karena cangkupannya yang luas dan dinilai lebih mudah digunakan untuk menggalang dana. Penelitian ini mengusung tema faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat menyalurkan donasi melalui crowdfunding berbasis online. Faktor-faktor yang akan diteliti adalah tingkat religiusitas, objektifitas kampanye, inovasi platform crowdfunding, dan jiwa sosial masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor tersebut mempengaruhi masyarakat dalam menyalurkan donasi secara online. Metode penelitian yang digunakan untuk menguji faktor-faktor tersebut berupa deskriptif kuantitatif dengan Structural Equation Modelling (SEM). Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa faktor religiusitas, efektifitas kampanye dan inovasi platform berpengaruh positif sedangkan faktor jiwa sosial masarakat berpengaruh negatif. Secara keseluruhan, semua faktor cukup signifikan dalam mempengaruhi masyarakat untuk berdonasi melalui crowdfunding berbasis online. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor jiwa sosial masyarakat berpengaruh negatif karena masyarakat berpendapat bahwa jika seseorang memiliki jiwa sosial tinggi maka lebih cenderung memilih untuk menyaluran bantuan atau berdonasi secara langsung dan tanpa menggunakan sistem online.
Raising online-based donations with crowdfunding systems is better able to attract attention of society because of its large scope and is considered easier to use to raise funds. This research theme carries of factors that influence society to channel donations through crowdfunding based online. The factors that will be examined are level of religiosity, campaign objectivity, crowdfunding platform innovation, and social soul of society. This study aims to determine whether these factors influence society in channeling online donations. The research method used to test these factors is quantitative descriptive with Structural Equation Modeling (SEM). Based on the data analysis conducted, the results of study showed that factors of religiosity, campaign effectiveness and platform innovation had a positive effect while the social soul factors of society had a negative effect. Overall, all factors are quite significant in influencing society to donate through crowdfunding based online. The findings of this study reveal that social soul factors of society have a negative effect because the public believes that if a person has a high social life then it is more likely to choose to channel aid or donate directly and without using an online system.
"
2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Andi Apriliani Balqis
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan, pengungkapan keuangan dan modal sosial terhadap kesuksesan pendanaan UMKM pada platform equity crowdfunding yang ada di Indonesia yaitu Santara.co.id. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa karakteristik perusahaan yaitu jumlah saham yang dipertahankan oleh perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap kesuksesan pendanaan equity crowdfunding. Selain itu pengungkapan keuangan yaitu laba bersih bersih perusahaan terbukti berpengaruh terhadap kesuksesan pendanaan UMKM pada platform UMKM yang mencari pendanaan melalui platform equity crowdfunding dan variabel jenis kelamin pemilik utama perusahaan sebagai variabel control dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini kesuksesan pendanaan yang diukur dengan jumlah pendanaan yang didapatkan melalui platform equity crowdfunding.
This study aims to identify the influence of company characteristics, financial disclosure and social capital on the success of MSME funding on the existing equity crowdfunding platform in Indonesia, Santara.co.id. This study found that the characteristics of the company under the number of shares retained by the company are positively significant in influencing the successfulness of equity crowdfunding MSME’s project probability. In addition, financial disclosure under the company's net income is proven to have an influence on the successfulness of MSME’s projects that seek funding through the equity crowdfunding platform and the gender of the company's main owner as a control variable in this study. In this study, the successfulness of equity crowdfunding is measured by the total amount of funds raised through the equity crowdfunding platform."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Chandatama Olivia Pramesti
"Keberadaan teknologi digital mempermudah manusia dalam melakukan berbagai aktivitas, salah satunya adalah melakukan donasi secara online. Indonesia sebagai negara yang memiliki asas gotong-royong membuat masyarakatnya terbiasa untuk saling membantu dengan memberikan donasi. Beberapa proyek penggalangan dana yang dilakukan secara online memiliki kesulitan untuk mencapai target dana yang dibutuhkan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi intensi masyarakat yang sebelumnya melakukan donasi secara konvensional menjadi online. Theory of Planned Behaviour digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi ketertarikan dan keputusan masyarakat untuk melakukan donasi secara online. Faktor tersebut adalah perceived behavioural control, descriptive norms, injunctive norms, moral norms, past behaviour, attitude, dan behavioural intention. Berdasarkan data penelitian yang didapatkan dari 336 responden di Indonesia dan dilakukan pengolahan data dengan Structural Equation Modeling ditemukan bahwa beberapa faktor dalam Theory of Planned Behaviour memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intensi dan keputusan individu dalam melakukan donasi secara online, yaitu injunctive norms, moral norms, past behaviour, attitude, dan behavioural intention. Sedangkan faktor perceived behavioural control dan descriptive norms ditemukan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi dan keputusan melakukan donasi secara online. Faktor yang memiliki pengaruh signifikan tersebut kemudian digunakan untuk merancang rekomendasi strategi dalam meningkatkan intensi dan keputusan masyarakat dalam melakukan donasi secara online.
The existence of digital technology makes it easier for humans to do various activities, including making donations online. Indonesia as a country that has the principle of mutual assistance makes people accustomed to help each other by making donations. Some fundraising projects are carried out online and have difficulty achieving the required funding targets. Several factors influence the intentions of people who previously contributed to donate money conventionally to do it online. Theory of Planned Behavior (TPB) is used in this study to find out the factors that influence people's interest and decision to make donations online. These factors are perceived behavioral control, descriptive norms, injunctive norms, moral norms, past behavior, attitude, and behavioral intention. Based on research data obtained from 336 respondents in Indonesia and data processing using Structural Equation Modeling found several factors in TPB have significant influence on individual intentions and decisions in making donations online, namely injunctive norms, moral norms, past behavior, attitude, and behavioral intention. Perceived behavioral control and descriptive norms factors were found to have no significant influence on intention and decision to make donations online. The factors that have significant influence are used to design strategy recommendations in increasing intentions and decisions in making donations online."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hafidh Mahasin Erianddi Usman
"Perkembangan teknologi financial technology berkembang dengan pesat dan telah banyak produk turunan dari financial technology tersebut. Salah satu produk turunan baru dari financial technology adalah donasi online dimana masyarakat dapat melakukan aktivitas filantropi ditangan mereka sendiri. Sistem ini tergolong baru dan belum dikenal luas oleh masyarakat. Technology Acceptance Model yang dicetuskan oleh Davis pada tahun 1989 digunakan sebagai model untuk mengukur tingkat penerimaan masyarakat atas teknologi/sistem baru. Dikarenakan jasa penerimaan pemberian donasi secara online adalah produk turunan dari fintech, maka banyak produk lain yang menggunakan fintech dari satu perusahaan. Oleh sebab itu unsur kepercayaan dimasukan untuk menambah daya penjelasan dari TAM. Penelitian ini melibatkan 154 responden yang mengisi kuesioner melalui google forms dan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengolahan data menunjukan bahwa benar adanya pengaruh dari persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), persepsi kegunaan (perceived usefulness), dan kepercayaan terhadap sikap terhadap sistem donasi online (attitude). Sedangkan intensi menggunakan sistem donasi online (intention to use) dipengaruhi secara positif oleh sikap terhadap sistem donasi online dan kepercayaan serta dipengaruhi secara negatif oleh persepsi kegunaan.
The development of financial technology has been growing exponentially and has produced countless of derivated product. One of the lastest product derivation from financial technology is online donation in which society can do a philanthropic activities on their fingertip. This system is new thus not all of people know that we can make donation through website/apps/etc. Technology Acceptance Model, introduce by Davis on 1989 has been widely used as model to measure acceptance of a new technology or system. And because online donation system is one of new product of fintech and fintech has been around for sometimes, thats why fintech product is plenty even only on one firm. Thus this is where trust come in to reinforce the explanatory power of TAM. This research involved 154 respondent whom fill their quessionaire via google forms. To estimate the model, Structural Equation Modelling (SEM) is employed. Result of this research shows that perceived usefulness, perceived ease of use, and trust has their own role influencing attitude toward online donation. Intention of online donation usage was positively influenced by attitude and trust. Perceived usefulness gave negative influence toward intention of online donation usage."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library