Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 153164 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ira Putri Devitasari
"ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena praktik manipulasi ukuran (vanity sizing) dan perbandingan sosial yang terjadi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur bagaimana pengaruh praktik vanity sizing dan perbandingan sosial terhadap keputusan pembelian produk busana siap pakai. Dengan metode eksperimen, akan diuji pengaruh manipulasi ukuran yang terbagi menjadi 3 kelompok,yaitu ukuran pakaian normal, ukuran 1x lebih kecil, dan ukuran 2x lebih besar. Variabel lain yaitu perbandingan sosial juga akan terbagi menjadi 3 yaitu, upward comparison,  downward comparison dan kontrol.

Hasil dari penelitian mebuktikan bahwa praktik manipulasi ukuran pakaian dan perbandingan sosial dapat memppengaruhi keputusan pembelian secara positif, dan terbukti juga  secara signifikan bahwa perbandingan sosial dapat memberikan efek berbeda sesuai dengan ukuran pakaian. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi pemasar dalam menyusunstrategi pemasaran industry busana siap pakai.


ABSTRACT
This research conduct based on phenomenon, the practice of vanity sizing and social comparison that occurs in female students of the Faculty of Economics and Business, University of Indonesia. The purpose of this study was to measure how the influence of the vanity sizing and social comparison on purchase intention, ready to wear fashion products. With the experimental method, the effect of size manipulation will be tested which is divided into 3 groups, such as normal clothing size, 1x smaller size, and 2x larger size. Other variables, namely social comparison will also be divided into 3, such as, upward comparison, downward comparison and control. The results of the study prove that the practice of clothing size manipulation and social comparison can positively influence purchase intention, and it is also proven that social comparisons can occur different effects according to clothing size. This research can be useful for marketers in developing a marketing strategy in ready to wear fashion industry."
2019
T55198
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Gunawan
"Banyak individu yang kehidupan sehari-harinya menjadi terhambat dan tak tertahankan akibat adanya rasa cemas akan situasi sosial. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat dampak moderasi komparasi sosial pada pengaruh rasa bangga terhadap kecemasan sosial untuk mencari tahu lebih jauh faktor yang bisa mengurangi dampak tidak diinginkan dari kecemasan sosial. Pengukuran rasa bangga menggunakan alat ukur Authentic and Hubristic Pride Scale (AHPS), kecemasan sosial menggunakan alat ukur Social Phobia Inventory (SPIN), dan komparasi sosial menggunakan metode narasi yang diadministrasikan melaui media daring. Partisipan berjumlah 160 orang emerging adulthood dalam rentang usia 18-29 tahun. Teknik korelasi Pearson digunakan untuk melihat hubungan antarvariabel dan Hayes Process Macro digunakan untuk melihat dampak moderasi komparasi sosial dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komparasi sosial downward contrastive memoderasi hubungan authentic pride dengan kecemasan sosial.

Many individuals had their daily lives hampered and become unbearable due to social anxiety. This quantitative research aims to examine the moderation effects of social comparison on the interaction effect of pride on social anxiety in order to look further into factors that may reduce the undesirable effects of social anxiety. Pride is measured using the Authentic and Hubristic Pride Scale (AHPS), social anxiety is measured using the Social Phobia Inventory (SPIN), and social comparison is measured by using the narrative method administered online. 160 emerging adulthood participants with age range 18-29 years were assessed. Pearson correlation is used to define the relationship between variables and the Hayes Process Macro is used to see the moderating effects of social comparison in this study. The results of this study indicate that downward contrastive social comparison moderates the relationship between authentic pride and social anxiety."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Nugroho
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social comparison dan citra tubuh pada mahasiswa. Pengukuran social comparison menggunakan alat ukur Body Comparison Scale milik Fisher, Dunn, & Thompsom (2002). Untuk pengukuran citra tubuh menggunakan alat ukur MBSRQ dari Thomas Cash (1989). Partisipan berjumlah 102 responden mahasiswa dengan rentang usia 18 sampai 29 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara social comparison dan citra tubuh pada mahasiswa. (r=0,121; p=0,210). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi data dasar dalam mengembangkan penelitian selanjutnya mengenai social comparison dan citra tubuh.

This research was conducted to find the correlation between social comparison and body image among college students. Social comparison was measured using instrument of Body Comparison Scale from Fisher, Dunn, & Thompsom (2002). Body image was measured using instrument of MBSRQ from Thomas Cash (1989). The participants of this research are 102 responden of college studets who have emerging adulthood ages, 18 until 29 years old (r=0,121; p=0,210). The main results of this study showed no significant relationship between social comparison and body image among college students. The results of this study are expected to be the basis of data in developing further research on social comparison and body image.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S63799
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanifah Mutia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Social Comparison, Self Presentation, Constraints, Travel Envy Terhadap Intention To Visit Destination. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan menggunakan teknik snowball sampling dengan menggunakan googleforms. Kuesioner dibuat secara online pada link berikut: http://bit.ly/risettravelenvy Kemudian tautan kuesioner ini disebarkan melalui berbagai aplikasi instant messaging seperti LINE, WhatsApp, dan Instagram Message. Total kuesioner yang tersebar dan terkumpul adalah sejumlah 229 dengan jumlah responden yang lolos dalam kualifikasi sejumlah 229 responden. Sampel penelitian yang telah terkumpul sebanyak 229 tersebut merupakan representatif dari pengguna Social Network Site Instagram terdiri dari jenis kelamin pria sebanyak 103 (44,7%) dan wanita sebanyak 126 (55,3%). Metode statistik menggunakan Structural Equation Model dengan software AMOS 24.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima dan berpengaruh signifikan, hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Nick Hajli, Yichuan Wang, Mina Tajvidi (2018).

This study aims to determine the relationship of Social Comparison, Self Presentation, Constraints, Travel Envy to Intention to Visit Destination. Data collection was done by questionnaire distributed using the snowball sampling technique using googleforms. The questionnaire was made online at the following link: http://bit.ly/risettravelenvy Then the link to this questionnaire was disseminated through various instant messaging applications such as LINE, WhatsApp, and Instagram Message. Total questionnaires spread and collected were 229 with the number of respondents who passed the qualifications of 229 respondents. 229 research samples that have been collected are representative of Instagram Social Network Site users consisting of 103 (44.7%) male and 126 (55.3%) women. The statistical method uses the Structural Equation Model with AMOS 24.0 software. The results of this study indicate that all hypotheses are accepted and have a significant effect, this is in line with previous research conducted by Nick Hajli, Yichuan Wang, Mina Tajvidi (2018)."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Janah Dwi Setyawati
"Dengan latar belakang perkembangan teknologi yang semakin masif, penelitian ini menguji pengaruh antara Social Network Marketing, Consumer Engagement dan Purchase Intention. Objek penelitian difokuskan pada pengantin perempuan di Jakarta dan media sosial instagram sebagai media sosial yang banyak digunakan oleh perempuan. Penelitian dilakukan dengan metode SEM menggunakan aplikasi Smart-PLS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik survey dengan menyebar kuesioner online pada tagar #weddingjakarta dari Oktober 2022-Desember 2022. Kriteria responden yang dicari dalam penelitian ini adalah perempuan yang, berdomisili atau melaksanakan pernikahan di Jakarta, dan menggunakan instagram. Kuesioner disebar melalui media sosial seperti whatsapp dan instagram. Sebanyak 385 responden yang terpilih untuk dapat dijadikan data. Hasil penelitian menyebutkan bahwa Consumer Engagement berpengaruh positif signifikan terhadap Purchase Intention, Social Network Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Consumer Engagement, Social Network Marketing berpengaruh positif signifikan terhadap Purchase Intention, dan Social Network Marketing berpengaruh terhadap Purchase Intention melalui Consumer Engagement. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat dinyatakan bahwa ketiga konsep teruji. Temuan ini dapat diterapkan pada subjek perempuan kota yang berniat melakukan pembelian penyedia jasa pernikahan Wedding Planner. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah fokus pada konsep WOM dan E-WOM.

Against the background of increasingly massive technological developments, this research examines impact of Social Network Marketing, and Consumer Engagement on Purchase Intention. The object of research is focused on brides in Jakarta and Instagram as social media that is widely used by women. The research was conducted using the SEM method with the Smart-PLS application. Data collection was carried out using a survey technique by distributing online questionnaires on the hashtag #weddingjakarta from October 2022-December 2022. The criteria for respondents sought in this study were women, domiciled or carrying out marriages in Jakarta, and using Instagram. Questionnaires were distributed via social media such as WhatsApp and Instagram. A total of 385 respondents were selected to be used as data. The results of the study stated that Consumer Engagement had a significant positive effect on Purchase Intention, Social Network Marketing had a significant positive effect on Consumer Engagement, Social Network Marketing had a significant positive effect on Purchase Intention, and Social Network Marketing influenced Purchase Intention through Consumer Engagement. Based on the results of this study, it can be stated that the three tested concepts can be applied to female who intend to buy a Wedding Planner service provider. Suggestions for further research are to focus on the concept of WOM and E-WOM."
2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Natasya Berliana Putri
"Kebijakan pembatasan dalam melakukan interaksi sosial, menyebabkan penggunaan media sosial meningkat selama pandemi COVID-19. Mahasiswa merupakan pengguna media sosial terbanyak di Indonesia, dimana media sosial Instagram dan TikTok populer di kalangan mahasiswa. Adanya beragam fitur yang ada pada Instagram dan TikTok dapat menyebabkan mahasiswa melakukan social comparison, dimana hal tersebut dapat menimbulkan emosi negatif yang mengarah pada penurunan subjective well-being mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat hubungan antara social comparison dan subjective well-being pada mahasiswa pengguna Instagram dan TikTok. Terdapat dua alat ukur yang digunakan, yaitu The Iowa-Netherlands Comparison Orientation Scale untuk mengukur social comparison dan The Perma-Profiler untuk mengukur subjective well-being. Partisipan di dalam penelitian ini berjumlah 191 mahasiswa pengguna media sosial Instagram dan TikTok, yang terdiri dari laki-laki dan perempuan, dengan rentang usia 19-25 tahun (M = 21,37, SD = 1,028) dari berbagai wilayah di Indonesia. Berdasarkan uji korelasi yang dilakukan menggunakan teknik analisis Pearson Correlation, ditemukan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara social comparison dan subjective well-being pada mahasiswa pengguna Instagram dan TikTok (r (191) = -0,130, p < 0,05). Oleh karena itu, semakin tinggi social comparison yang dilakukan mahasiswa, semakin rendah pula subjective well-being mahasiswa, demikian pula dengan sebaliknya.

The policy of limiting social interactions caused the use of social media increases during the COVID-19 pandemic. College students are amongst the most active users on social media, also Instagram and TikTok are popular among them. The various features on Instagram and Tiktok can cause college students to do social comparison, which can elevate negative emotions that lead to decreased student’s subjective well-being. Thus, this study aims to find out whether social comparison has an effect on college student’s subjective well-being. There are two measurement instruments used, The Iowa-Netherlands Comparison Orientation Scale to measure social comparison and The Perma-Profiler to measure subjective well-being. Participants in this study were 191 college students using Instagram and TikTok, consisting of male and female, with an age range of 19-25 years (M = 21,37, SD = 1,028) from various areas in Indonesia. According to the correlation test that conducted using Pearson Correlation, there is a negative and significant correlation between social comparison and subjective well-being of college students using Instagram and TikTok (r (191) = -0,130, p < 0,05). Thus, the higher level of social comparison that students did, the lower the subjective well-being of college students using Instagram and TikTok as well, and vice versa."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Choerunnisa Adzwafar Muwardi
"Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat faktor internal dan eksternal yang mempengangaruhi perilaku konsumen produk fashion. Peneliti mengukur pengaruh Social Influence dan vanity terhadap passionate desire seseorang terhadap fashion. Selain itu, penelitian ini juga ingin melihat peran kecenderungan eksibisionisme sebagai variabel mediator dan social comparison sebagai moderator dari passionate desire seseorang terhadap self expression word of mouth. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan metode online survey. Partisipan penelitian merupakan wanita berusia 18-35 tahun. Hasil dari penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh antara social influence dan vanity, terhadap passionate desire. Passionate desire juga ditemukan memiliki hubungan
terhadap self expression word of mouth yang di mediasi oleh exhibitionism tendency. Sementara social comparison tidak memiliki peran sebagai moderator antara passionate desire terhadap self expression word of mouth.

This study aims to examined internal and external factors that influence consumer behavior in fashion products. The researcher measured the impact of Social Influence and vanity to passionate desire for Fashion and the mediating role of Exhibitionist tendency and Social Comparison as a moderator to Self Expression word of mouth. The study was conducted with quantitative approach and used online survey methodology to collect data. Participants were 200 women aged 18-35.This research found that there is a significant impact from social influence and vanity to passionate desire. There's a significant role of exhibitionism as a mediator of passionate desire and self expression word of mouth. There's no significant role of social comparison as a moderator of passionate desire and self expression word of mouth."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Afifa
"ABSTRAK
Social media marketing efforts merupakan faktor penting dalam memprediksi perilaku pembelian, sehingga social media marketing efforts perlu diwujudkan agar consumer dapat memiliki minat untuk melakukan pembelian terhadap suatu brand. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh social media marketing efforts terhadap consumer purchase intention dengan objek penelitian yaitu Tokopedia, sebuah e-commerce di Indonesia. Sampel pada penelitian ini adalah 103 responden yang mengetahui dan pernah menerima postingan dari social media Tokopedia, serta belum pernah melakukan pembelian pada situs Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan analisis data menggunakan multiple regression dengan SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukan social media marketing efforts mempengaruhi consumer purchase intention, dengan entertainment dan wom merupakan dimensi yang paling berpengaruh.

ABSTRACT
Social media marketing efforts is an important factor in predicting the consumer behavior on purchase intention, therefore the social media marketing efforts need to be embodied on behalf of consumers can make intention to purchase towards a brand. The purpose of this research was to analyze the influence of social media marketing efforts of consumer purchase intention with the object of research is Tokopedia, an e commerce in Indonesia. The samples on this research were 103 respondents who knew social media account of Tokopedia, and never done any purchase on Tokopedia, with the purposive sampling technique. This research was a quantitative explanative research with data analysis using multiple regression with SPSS 23. The results of this research showed that social media marketing efforts affects consumer purchase intention and the entertainment WoM are the dimensions of the social media marketing efforts that has the most influential. "
2017
S68599
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beatrice Christjia
"Penelitian terdahulu menemukan bahwa mahasiswa akhir memiliki kecemasan tinggi karena mementingkan pencapaian akademik yang menunjang karir ke depannya. Posselt et al. (2016) juga menemukan bahwa berada pada lingkungan dengan kemampuan tinggi membuat individu lebih cemas dibandingkan berada di lingkungan dengan kemampuan beragam. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk melihat hubungan positif antara perbandingan sosial dan kecemasan akademik pada mahasiswa akhir di tiga perguruan tinggi terbaik Indonesia. Partisipan penelitian berjumlah 165 mahasiswa semester 7 hingga 14. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara perbandingan sosial dan kecemasan akademik mahasiswa akhir di UI, ITB, dan UGM (rs(165)=0.397,p<0.01,one-tailed). Mahasiswa diharapkan untuk fokus pada hal positif dari diri sendiri dan keadaan ketika melakukan perbandingan sosial.

Research has found that final-year students have high academic anxiety because they prioritizes academic achievements that support their future career development. Posselt et al. (2016) has also found that when students are in high-ability environment will be more anxious than in mixed-ability environment. Therefore, the research aims to see relationship between social comparison and academic anxiety in final students in top three Indonesian universities. This research’s participants are 165 students from 7 to 14 semesters. Recent research found that there were positive and significant relationship between social comparison and academic anxiety in final-year students of top three Indonesian universities (rs(165)=0.397, p<0.01, one-tailed). Students are expected to focus on the positive side of self and situation in social comparison."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Lidini Hanifa
"Pemanfaatan platform media sosial untuk berkomunikasi dan mempromosikan produk atau layanan telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena ini juga berdampak secara signifikan pada perubahan perilaku konsumen. Oleh karena itu, pada penelitian ini ingin mengetahui pengaruh social media marketing dan social brand engagement terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara daring dan memperoleh 142 responden. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan metode PLS- SEM untuk memverifikasi model penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa social media marketing dan social brand engagement memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap purchase intention. Namun, pada penelitian ini ditemukan bahwa social media marketing lebih mempengaruhi social brand engagement dibandingkan purchase intention.

The utilization of social media platforms for communication and promotion of products or services has experienced rapid growth in recent years. This phenomenon has significantly impacted changes in consumer behaviour. Therefore, this research aims to determine the influence of social media marketing and social brand engagement on purchase intention. This study employs a quantitative research method by distributing online questionnaires and obtaining 142 respondents. The collected data is analysed using the PLS-SEM method to verify the research model. The results of this study indicate that social media marketing, and social brand engagement have a positive and significant influence on purchase intention. However, it is found that in this research, social media marketing has a greater influence on social brand engagement compared to purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>