Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 160212 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dahlia Mega Mayrisa
"ABSTRAK
Artikel ini membahas variasi negosiasi informal (decoupling) di era digital yang terjadi pada relasi antar pelaku usaha dengan pengelola UKM dalam pengembangan UKM. Hal ini didasarkan pada mekanisme pemasaran dalam industri rumah tangga. Victor Nee (2003) menjelaskan bahwa decoupling adalah negosiasi yang dilakukan secara informal, namun Nee tidak melihat secara detail bahwa proses decoupling itu bervariasi, disisi lain, Groot Ruiz, Ramer dan Schram (2016) melihat adanya polarisasi pada proses negosiasi informal. Penulis berargumen bahwa dalam mempertahankan eksistensi usaha kecil dan menengah di era digital, negosiasi informal memegang fungsi penting namun ada berbagai variasi negosiasi informal secara online maupun offline yang berpengaruh pada outcome yang dihasilkan. Artikel ini mengangkat kasus pemasaran produk industri UKM Belimbing di Depok, Jawa Barat melalui penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif.

ABSTRACT
This article discusses the variation of informal negotiations (decoupling) in the digital era that occur in the relations between business actors and SME managers in the development of SMEs. This is based on the marketing mechanism in the home
2
industry. Victor Nee (2003) explains that decoupling is negotiation conducted informally, but Nee does not see in detail that the decoupling process varies, on the other hand, Groot Ruiz, Ramer and Schram (2016) see polarization in the informal negotiation process. The author argues that in maintaining the existence of small and medium enterprises in the digital era, informal negotiations hold an important function but there are various variations of informal negotiations online and offline that affect the outcome produced. This article raised the case of marketing industry Belimbing SME products in Depok, West Java through research using a qualitative approach."
2019
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Penelitian Pranata Pembangunan Universitas Indonesia , 1986
339.2 STU
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Irsyad Sayuti
"Tesis ini mengkaji proses pemukiman informal yang fokus pada pembentukannya dan mekanisme penguasaan lahan oleh pemukim. Penelitan ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menemukan dua hal berikut. Pertama, permukiman informal di bantaran Drain Cakung berada di atas lahan milik orang lain yang pertama kali digarap sejak 1961 dan semakin intensif pasca pembangunan Drain Cakung dan Jalan Raya Cakung Cilincing. Kedua, mekanisme penguasaan lahan garapan terjadi melalui tiga cara, yaitu pendudukan yang dikompromikan oleh pemilik formal lahan, pendudukan semena-mena, dan jual beli di atas lahan garapan.

This study examines the process of informal settlements that focus on the formation process and land tenure mechanisms by settlers. This study used a qualitative approach. The study found the following two points. First, the informal settlements on the banks of Cakung Drain is located on land owned by another person since 1961 and more intensively after the construction of Cakung Drain and Cakung Cilincing Road. Second, there are three mechanism of land tenure by settlers, namely occupation compromised by the formal owner of the land, the occupation of arbitrary, and purchase of lsquo garapan rsquo land.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audinta Andiza Setio Safitri
"Penelitian ini berupa business coaching yang dilaksanakan di UMKM Hani Mandiri yang berlokasi di PIK Pulogadung, Jakarta Timur. Tujuan dari pelaksanaan business coaching ini adalah untuk mengembangkan saluran pemasaran digital melalui website dan mendesain ulang logo Hani Mandiri. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis menggunakan analisis SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s 5 Forces, gap analysis, dan pareto analysis. Temuan menunjukkan bahwa terdapat dua masalah utama yang dihadapi UMKM, yaitu: 1) Belum memaksimalkan saluran pemasaran digital, 2) Belum dapat membuat logo yang menarik dan sesuai dengan identitas perusahaan. Proses business coaching ini diharapakan dapat membantu Hani Mandiri dan UMKM lainnya untuk meningkatkan kinerjanya.

This thesis research is in form of business coaching conducted at SME Hani Mandiri, located in PIK Pulogadung, East Jakarta. The purposes of this study is to develop the digital marketing channel website and logo improvement for SME Hani Mandiri. The results of structured interviews were analyzed using SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s 5 Forces, gap analysis, and Pareto Analysis. The finding shows that there were two main problems faced by the SME, which were: 1) Lack of marketing channel, especially in digital marketing, 2) Not being able to create attractive logos and in accordance with company identity. This business coaching process is expected to help Hani Mandiri and other SMEs to improve their performance"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeffery Febrian Lesmana
"ABSTRAK
UKM Stella Florist adalah UKM yang beroperasi pada jasa rangkaian bunga, dimana core bisnis dari Stella Florist adalah pemasaran. Untuk mengembangkan bisnisnya dan menambah omzet yang dimiliki, Stella Florist belum konsisten dalam melakukan pembaruan konten pada social media dan website yang dimiliki. Penelitian ini membahas mengenai analisa bisnis Stella Florist, dan solusi yang bisa dilakukan, termasuk di dalamnya tentang kegiatan pemasaran dan pengembangan produk yang ditawarkan Stella Florist. Dengan menggunakan SWOT, Ishikawa Fishbone, dan Business Model Canvas, didapatkan analisa bisnis Stella Florist. Langkah yang diambil adalah pembuatan website baru yang lebih interaktif dan berpotensi untuk pengembangan e-commerce serta rencana pengembangan produk baru. Hasil dalam jangka pendek adalah meningkatnya omzet Stella Florist dalam beberapa bulan ini.

ABSTRACT
Stella Florist SMEs is an SMEs that operates on the services of flower arrangements, where the core business of Stella Florist SMEs is marketing. Unfortunately, to grow its business and increase turnover owned, Stella Florist has not been consistent in updating the content on social media and websites owned. This research study will discuss Stella Florist?s business analysis, and the possible solutions, including marketing activities and product development offered by Stella Florist. By using SWOT analysis, Ishikawa Fishbone analysis, and the Business Model Canvas, we will obtained Stella Florist?s business analysis. Action that has been taken is the creation of a new, more interactive website and the potential for a development of e-commerce website as well as new product development plan. The result in the short term is showed by the increased turnover of Stella Florist in recent months.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Kostantia Helviana
"ABSTRAK
Penelitian tesis ini berupa business coaching yang dilaksanakan di UKM Mudah Aqiqah Dan Katering yang berlokasi di Bekasi Timur. Tujuan penelitian ini adalah fokus dalam mengembangkan website dan memanfaatkan sosial media sebagai sarana promosi serta melakukan pembukuan keuangan sederhana menggunakan aplikasi akuntansi keuangan dan menerapkan hasilnya dalam strategi penjualan. Data yang digunakan menggunakan teknik wawancara dan selanjutnya dianalisis dengan metode analisis five force Porter rsquo;s, analisis segmenting targeting positioning, analisis SWOT, analisis bauran pemasaran, analisis kanvas model bisnis, serta analisis kesenjangan. Hasil pencapaian dari business coaching ini adalah Mudah Aqiqah Dan Katering memiliki website, logo dan tagline bisnis, desain brosur baru, serta media sosial berupa akun instagram. Selain itu Mudah Aqiqah Dan Katering telah melakukan pencatatan keuangan sehingga mengetahui harga pokok produksi dari bisnisnya. Setelah dilakukan bisnis coaching ini diharapkan Mudah Aqiqah Dan Katering semakin dikenal publik dan memperluas jangkauan pasar dan dapat dapat meningkatkan daya saing usaha.

ABSTRACT
This thesis research is in the form of business coaching conducted in SME of Mudah Aqiqah Dan Catering located in Bekasi Timur. The purpose of this study is to focus on developing the website and utilize social media as promotional media and also doing simple financial bookkeeping using financial accounting applications and applying the results in the sales strategy. Data obtained from the interview technique and then analyzed by Porter 39 s five force analysis method, segmenting targeting positioning analysis, SWOT analysis, marketing mix analysis, business model canvas analysis, and gap analysis. The achievement result of this business coaching is Mudah Aqiqah Dan Catering now already has website, logo and tagline business, new brochure design, and social media in the form of instagram account. In addition Mudah Aqiqah Dan Catering has been doing financial recording so the cost of good sold can be known. Expectedly after doing this business coaching, Mudah Aqiqah Dan Catering is increasingly recognized by the public and expanding its market reach also can can improve business competitiveness."
2017
T50732
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Fadhli Fadhilla Pangerang
"Kabupaten Kolaka dalam 5 tahun terakhir mengalami perlambatan pertumbuhan pada kategori Industri Pengolahan. Pada tahun 2020 terjadi penurunan pertumbuhan mencapai 0,46% di Kabupaten Kolaka. Penurunan pertumbuhan telah dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Salah satu sektor manufaktur yang terdampak di Kabupaten Kolaka adalah industri kecil dan menengah (IKM). Fokus penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis pemberdayaan industri kecil dan menengah di Kabupaten Kolaka dengan pendekatan endogenous development. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif seperti yang dikemukakan Newman (2016). Wawancara dilakukan kepada 21 informan dengan teknik informan penelitian menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat karakteristik endogegenous development dalam pemberdayaan industri kecil dan menengah namun belum sepenuhnya didukung oleh kebijakan pemerintah daerah di Kabupaten Kolaka.

The Kolaka Regency, in the last 5 years has experienced slowdown in growth in the Processing Industry category. In 2020 there was a decline of growth reaching 0.46% in the Kolaka Regency. The decline of growth has been affected by the Covid-19 pandemic. One of the affected manufacturing sectors in Kolaka Regency is the small and medium industry (SMI). The focus of the research is to describe and analyze the empowerment of small and medium industry in the Kolaka Regency with an endogenous development approach. The approach of the study is the qualitative one, and the type of study according to the purpose of study by Newman (2016) is descriptive research. Interviews were conducted to 21 informants with the research informant technique using purposive sampling. The results of the study show that there are characteristics of endogenous development in the empowerment of small and medium industry but have not been fully supported by local government policies in the Kolaka Regency."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muh. Zidni Mubarok
"Pengembangan produk baru merupakan hal yang penting bagi perusahaan. Proses pengembangan produk yang matang akan menjamin kesuksesan produk baru ketika diluncurkan ke pasar. Usaha Kecil Menengah (UKM) Kreatif merupakan salah satu pelaku ekonomi yang signifikan di Indonesia, tetapi produk UKM Kreatif kurang memiliki kemampuan untuk memenuhi prasyarat memasuki pasar global. Padahal, banyak potensi ekspor pada produk UKM di Indonesia. Berbeda dengan perusahaan besar yang mempunyai banyak sumber daya dalam melakukan pengembangan produk baru, UKM menghadapi banyak kendala.
Pada situasi ini, UKM dituntut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melakukan inovasi. Jadi, diperlukan panduan langkah-langkah pengembangan produk yang sistematis dan terstruktur bagi UKM pada industri kreatif di Indonesia yang berorientasi ekspor dengan pendekatan makroergonomi. Dengan adanya panduan ini, produk UKM diharapkan bisa bersaing di pasar global, sukses masuk ke pasar, dan mengatasi kendala yang biasanya terjadi saat ekspor barang ke luar negeri.
Pendekatan makroergonomi dengan Macroergonomics Intervention Program akan menganalisa keadaan internal UKM kreatif dan keadaan sosioteknis Indonesia dalam proses pengembangan produk UKM kreatif yang berorientasi ekspor. Hasil dari pendekatan tersebut akan digunakan untuk menganalisa Stage-Gate Model proses pengembangan produk untuk kemudian dibuat template proses pengembangan produk yang sesuai bagi UKM Kreatif di Indonesia yang berorientasi ekspor dalam bentuk buku panduan.

New product development is important for the company. The mature product development process will ensure the success of the new products when it launched into the market. Creative SMEs (Small and Medium Enterprises) is one of the significant economic actors in Indonesia, but Creative SME’s products have less ability to meet the requirements to enter the global market. In fact, there is a lot of export potential of SMEs in Indonesia. Unlike the big companies that have a lot of resources in doing new product development, SMEs face many obstacles.
In this situation, SMEs are required to improve the knowledge and skills to innovate. Thus, it is required systematic and structured product development guideline for SMEs in the creative industries in Indonesia that export oriented with macroergonomic approach. With this guideline, SME products are expected to compete in the global marketplace, successfully enter the market, and overcome obstacles that normally occurs when exporting goods to foreign countries.
Macroergonomic approach with Macroergonomics Intervention Program will analyze the internal state of Creative SMEs and the sociotechnical system at Indonesia in the product development process of Creative SMEs that export-oriented. The results of this approach will be used to analyze the Stage-Gate Models of product development process and then created a suitable product development process’s template for Creative SMEs in Indonesia that export oriented in the form of guide books.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52830
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini mengkaji pengaruh pembinaan pemerintah terhadap IKM-PED melalui pendampingan dan pelatihan terhadap pertumbuhan unit usaha dan kinerja usaha IKM-PED. Penelitian ini mengajukan lima hipotesis dengan jumlah sampel 190 pengusaha dan pengelola IKM-PED diseluruh Jawa Timur. Untuk menguji hipotesis penelitian maka dilakukan analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menemukan bahwa pembinaan pemerintah melalui pendampingan terhadap IKM-PED mampu meningkatkan pertumbuhan unit usaha dan kinerja usaha. Sedangkan pembinaan pemerintah melalui pelatihan
ternyata tidak mampu secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan unit usaha dan kenerja IKM-PED. Pemerintah perlu melaksanakan prinsip-prinsip pengembangan IKM-PED yang didasarkan pada pemanfaatan potensi sumber daya alam andalan lokal daerah, masyarakat IKM-PED setempat dan sebagai pemasok utama pasar lokal. Pelestarian dan pengembangan seni tradisional budaya daerah juga perlu mendapatkan perhatian utama.

Abstract
This paper presents the effects of Indonesian government?s developmental efforts of assistance and training performed on the growth of LED-SME business units and business performance. Both parameters of the government?s assistance and training were used to analyze the impact to the growth and performance of business unit. To achieve a comprehensive result, samples acquired in this research were about 190 entrepreneurs and managers of LED-SME from
East Java. Based on the parameters above, there are five hypotheses made to prove the relationship of the assistance and training to the growth and performance of business units. The structural equation modeling (SEM) was carried out to test the hypotheses. The results have shown that the government?s developmental efforts through both assistance and training for the LED-SME were capable on increasing growth and performance of business units. On the other hand, government?s developmental efforts through only trainings were incapable of directly affecting growth of LED-SME business units and performance. To improve the business unit and performance, the government needs to implement developmental principles of LED-SME with the basis of utilizing local natural resources and also the communities of LED-SME as main suppliers for their local markets. In a
ddition, preservation and development of local cultural and traditional arts also need to be the government?s main concern."
[Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, Universitas Trunojoyo, Madura. Fakultas Teknik], 2012
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Amelia
"Pekerjaan merupakan hal penting untuk seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, namun lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sesuai dengan jumlah pelamar yang ingin mendapatkan pekerjaan. Adanya perkembangan moda transportasi yang mengarah pada sebuah transportasi berbasis online justru membuka adanya lapangan pekerjaan baru. Penelitian ini bermaksud untuk melihat bahwa peran jaringan offline dirasa penting bagi seseorang unutk memperoleh sebuah pekerjaan tersebut, walaupun pekerjaan itu menerima rekrutmen online. Studi ini menemukan bahwa suatu jaringan sosial dapat berperan untuk mendorong seseorang dalam memperoleh suatu pekerjaan dalam konteks masyarakat jaringan yang membuat kesejahteraan ekonomi sesorang semakin besar melalui peningkatan pada ekonomi. Peran jaringan juga dapat meningkatkan solidaritas sosial dengan sesama rekan seprofesi. Peneliti memilih daerah Jakarta, karena kasus yang akan diangkat dalam penelitian ini merupakan fenomena yang baru dan sedang terjadi di Jakarta, sehingga penelitian ini berada di Jakarta. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dengan menetapkan beberapa kriteria dalam pemilihan informan, berdasarkan kriteria tersebut informan yang sesuai dapat dipilih dan dijadikan sebagai narasumber dalam penelitian ini.
Job is necessary so that people can fulfill their needs, but the job availability is not in accordance with the number of applicants. The development of transportation nowadays that leads to online based transportation actually opens jobs. This research heads for understanding that roles of offline network is important for people who would like to apply for the jobs although the company has online recruitment. This study finds that social network plays a role to lead someone to get a job in terms of the network society that enhances someone economic welfare through the development of economy. The role of network could also enhance social solidarity for people who have the same jobs. Researcher chose Jakarta because a case that would be pointed is a new phenomenon and is happening in Jakarta so that the research would be conducted in Jakarta. Researcher used qualitative approach by doing interview, before doing the interview researcher determined some criterion to choose the informants. The chosen informants would be chosen as interviewees for this research."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>