Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 121238 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amalya Fitriani Hernowo
"Penelitian ini membahas mengenai preservasi pengetahuan di Bank Indonesia Institute melalui progam yang mereka selenggarakan yang disebut Begawanship. Topik preservasi pengetahuan dipilih karena pentingnya dilakukan kegiatan preservasi pengetahuan yang dimiliki oleh Bank Indonesia terhadap business process lembaga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami keberlangsungan proses preservasi pengetahuan yang dilakukan di Bank Indonesia Institute dalam memenuhi program kerjanya, bagaimana Bank Indonesia Institute mengatasi kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan berbagi pengetahuan, serta pentingnya sustainablility program Begawanship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses preservasi pengetahuan di Bank Indonesia Institute memiliki empat tahap yaitu sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, serta internalisasi. Pengetahuan yang dipreservasikan merupakan pengetahuan Gubernur dan Dewan Gubernur Bank Indonesia saja, preservasi pengetahuan pegawai selain yang disebutkan belum dilakukan. Transfer pengetahuan serta artikulasi dari pengetahuan yang ditangkap dan dieksplisitkan menentukan keberhasilan dari program Begawanship. Sustainablility dari program Begawanship menjadi penting karena business process di Bank Indonesia bisa berjalan dengan baik dan mendapat nilai bagus dari konsultan yang ditugaskan untuk melakukan penilaian terhadap business process di Bank Indonesia.

This study discusses the preservation of knowledge at Bank Indonesia Institute through a program they held called Begawanship. Knowledge preservation was chosen as the topic of this study because of the importance of preservation of knowledge towards the institutions business process. The objectives of this study are to understand the sustainability of the knowledge preservation process carried out at Bank Indonesia Institute in fulfilling its work program, how Bank Indonesia Institute overcomes the obstacles found in the implementation of knowledge sharing, and the importance of Begawanship program sustainability. This study uses a qualitative approach with case study. The results of this study indicate that the process of knowledge preservation at Bank Indonesia Institute has four stages which are socialization, externalization, combination, and internalization. The knowledge that is preserved is the knowledge of the Governor and the Board of Governors of Bank Indonesia only, knowledge preservation of employees other than those mentioned has not been done. The transfer of knowledge and the articulation of knowledge captured and externalized determine the success of the Begawanship program. The sustainability of the Begawanship program is important because the business process at Bank Indonesia can run well and get good feedback from consultants assigned to assess the business process at Bank Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tivanni Mahacantika Putri
"Saat ini pengetahuan telah menjadi modal penting yang berpengaruh terhadap pertumbuhan organisasi. Terlebih dengan berkembangnya teknologi informasi yang dapat memudahkan penggunanya dalam berbagi pengetahuan, khususnya bagi perusahaan yang diharapkan dapat menciptakan inovasi melalui kreativitas pegawainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-learning dalam
knowledge transfer terhadap kreativitas pegawai di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., melalui work engagement dan job crafting sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode
survei. Peneliti menggunakan hierarchical multiple regression analysis untuk menganalisis data. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 310 orang yang merupakan pegawai tetap di kantor pusat PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa knowledge transfer memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas pegawai dan work engagement sebagai variabel mediasi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas pegawai, sedangkan job crafting sebagai variabel mediasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas pegawai.
Currently, knowledge has become an important capital that influences organizational growth. Especially with the development of information technology that can make it easier for users to share knowledge, especially for companies that are expected to create innovation through the creativity of their employees. This study aims to analyze the effect of using e-learning in knowledge transfer on employee creativity at PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk., through work engagement and job crafting as mediating variables. This study uses a quantitative approach with data collection using the method survey. The researcher used hierarchical multiple regression analysis to analyze the data. The number of respondents in this study were 310 people who are permanent employees at the head office of PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. The results of this study indicate that knowledge transfer has a significant effect on significant effect on employee creativity and work engagement as a mediating variable also has a significant effect on employee creativity, while job crafting as a mediating variable does not have a significant effect on employee creativity."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Thomy Prasetyo
"[Skripsi ini membahas tentang pengaruh dari motivasi intrinsik (intrinsic
motivation), budaya inovatif organisasi (innovative culture) dan pengetahuan yang
diperoleh dari perguruan tinggi (acquired knowledge) terhadap transfer
pengetahuan mahasiswa magang (transfer knowledge). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menjelaskan dampak dari motivasi intrinsik, pengetahuan yang
didapat dan budaya inovatif organisasi terhadap transfer pengetahuan pada yang
melakukan program magang. Studi kasus yang dipilih adalah para mahasiswa
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, karena pengetahuan yang didapat dari
Fakultas Teknik merupakan pengetahuan terapan dan Fakultas Teknik Universitas
Indonesia mewajibkan program magang pada semester genap. Analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis Sturctural Equation Modelling (SEM) di
program Lisrel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang
didapat di perguruan tinggi dan budaya inovatif organisasi memiliki hubungan
yang signifikan terhadap transfer pengetahuan para mahasiswa yang melakukan
magang. Selain itu, penelitian ini juga memperlihatkan adanya pengaruh
signifikan antara motivasi intrinsik mahasiswa terhadap pengetahuan yang
didapat, dan budaya inovatif organisasi terhadap motivasi intrinsik mahasiswa.
Untuk meningkatkan motivasi intrinsik dan transfer pengetahuan mahasiswa yang
dapat meningkatkan performa kerja, maka perguruan tinggi diharapkan dapat
memicu transfer pengetahuan serta menciptakan suasana belajar yang menarik dan
menyenangkan serta memberikan pengetahuan dan keterampilan yang berguna
dan relevan bagi mahasiswa. Selain itu, perusahaan tempat mahasiswa magang
diharapkan dapat memberikan mahasiswa kesempatan untuk berinovasi serta
menumbuhkan budaya inovatif.;This paper discusses the influence of intrinsic motivation, innovative
organizational culture and knowledge gained from college (acquired knowledge)
to transfer knowledge of student interns. The purpose of this study was to describe
the impact of intrinsic motivation, acquired knowledge and organizational
innovative culture to transfer knowledge on conducting internship program. The
selected case studies are the students of the Faculty of Engineering, University of
Indonesia, because the knowledge gained from the Faculty of Engineering is an
applied science and Faculty of Engineering, University of Indonesia require an
apprenticeship program in the second semester. Analysis of the data in this study
using analysis Sturctural Equation Modeling (SEM) in lisrel program. These
results indicate that the knowledge gained in college and innovative organizational
culture has a significant relationship to knowledge transfer students who do
internships. In addition, this study also showed a significant effect between
intrinsic motivation of students to knowledge gained, and the innovative culture of
the organization to the intrinsic motivation of students. To increase students
intrinsic motivation and knowledge transfer that can improve work performance,
then the university is expected to trigger the transfer of knowledge and create an
atmosphere of learning interesting and fun as well as providing knowledge and
skills that are useful and relevant for students. In addition, the company where the
student intern is expected to provide students an opportunity to innovate and foster
an innovative culture., This paper discusses the influence of intrinsic motivation, innovative
organizational culture and knowledge gained from college (acquired knowledge)
to transfer knowledge of student interns. The purpose of this study was to describe
the impact of intrinsic motivation, acquired knowledge and organizational
innovative culture to transfer knowledge on conducting internship program. The
selected case studies are the students of the Faculty of Engineering, University of
Indonesia, because the knowledge gained from the Faculty of Engineering is an
applied science and Faculty of Engineering, University of Indonesia require an
apprenticeship program in the second semester. Analysis of the data in this study
using analysis Sturctural Equation Modeling (SEM) in lisrel program. These
results indicate that the knowledge gained in college and innovative organizational
culture has a significant relationship to knowledge transfer students who do
internships. In addition, this study also showed a significant effect between
intrinsic motivation of students to knowledge gained, and the innovative culture of
the organization to the intrinsic motivation of students. To increase students
intrinsic motivation and knowledge transfer that can improve work performance,
then the university is expected to trigger the transfer of knowledge and create an
atmosphere of learning interesting and fun as well as providing knowledge and
skills that are useful and relevant for students. In addition, the company where the
student intern is expected to provide students an opportunity to innovate and foster
an innovative culture.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S59306
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syiti Rommalla
"ABSTRAK
Penelitian ini mengusulkan bahwa tacit degree of knowledge memberikan pengaruh terhadap knowledge transfer melalui proses team task dan job engagement. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan menggunakan software LISREL 8.51 dengan jumlah data sebanyak 175 responden yang didapatkan dari penyebaran kuesioner kepada salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Berdasarkan hasil pegujian dan olah data, ditemukan bahwa team task tidak dapat memediasi tacit degree of knowledge terhadap knowledge transfer didalam perusahaan.

ABSTRACT
This study suggests that tacit degree of knowledge which related to knowledge transfer through the process of team task and job engagement. Hypothesis tested using Stuctural Equation Modelling (SEM) method and software LISREL 8.51 for data processing of 175 respondents by spreading questionnaires to one of e-commerce company in Indonesia. Result test and data processing found that team task did not have the intended effects on tacit degree of knowledge which related to knowledge transfer in those company."
2015
S59133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yayan Mardianah
"ABSTRAK
Transfer pengetahuan adalah komunikasi pengetahuan dari sumber sehingga dipelajari dan diterapkan oleh penerima. Transfer pengetahuan tersebut dapat dilakukan melalui percakapan secara tatap muka alami dan interaksi sosial umum. Transfer pengetahuan dapat diterapkan pada berbagai bidang pengajaran, termasuk didalamnya pengajaran literasi informasi berupa orientasi perpustakaan. Literasi informasi merupakan faktor kunci dalam pembelajaran seumur hidup dan langkah pertama dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini membahas transfer pengetahuan pada kegiatan literasi informasi di perpustakaan Universitas Prasetiya Mulya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis transfer pengetahuan dalam Introductory Program di Perpustakaan Universitas Prasetiya Mulya dan menganalisis hambatan-hambatan yang terjadi pada penerapan transfer pengetahuan. Proses transfer pengetahuan dapat tergambar melalui rangkaian kegiatan dalam program tersebut menggunakan model konversi pengetahuan SECI. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi partisipan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya secara umum mahasiswa merasa ldquo;mereka tidak mengetahui bahwa mereka tidak tahu rdquo;, artinya dalam hal memiliki keterampilan literasi informasi sebagai pembelajaran sepanjang hayat, mereka tidak menganggap ketrampilan tersebut penting untuk dimiliki. Hambatan dalam transfer pengetahuan di perpustakaan berkaitan dengan budaya dan struktur organisasi.

ABSTRACT
Knowledge transfer is knowledge communication from source so as to be learned and applied by recipient. Knowledge transfer can be performed through natural face to face conversation and general social interaction. Knowledge transfer can be applied on various teaching fields, including information literacy teaching in the form of library orientation. Information literacy is a key factor in life long learning and the first step in achieving education objectives. This research discusses knowledge transfer in information literacy activity at Universitas Prasetiya Mulya Library. The purpose of this research is to analyze knowledge transfer in Introductory Program at Universitas Prasetiya Mulya Library and obstacles in knowledge transfer implementation. Knowledge transfer process can be depicted through a series of activities in the program using SECI knowledge conversion model. The approach used in this research is qualitative with case study method. Data in this research were collected through participant observation and interview. The result of this research shows that Universitas Prasetiya Mulya students feel ldquo they do not know that they do not know rdquo , meaning that in terms of possessing information literacy skill as life long learning, they do not consider it important to have such skill. Obstacles in knowledge transfer at the library are related to culture and organization structure.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T49681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan
"ABSTRAK
Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari personil bergantung pada pengetahuan personil lainnya dalam menyelesaikan masalah. Itu artinya mereka tidak bisa memecahkan masalahnya sendiri tanpa bantuan dari personil lain yang kompeten dan berpengetahuan dalam hal tertentu. Mengarnbil studi kasus pada divisi pemeliharaan alat berat, penelitian ini berkontribusi pada transfer pengetahuan tingkat individu antar member non-management level danbertujuan mendapatkan strategi manajemen pengetahuan.
Kerangka Delphi-AHP-TOPSIS digunakan dalam penelitian ini yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama yaitu metode Delphi, dimana faktor-faktor penting transfer pengetahuan diidentifikasi. Tahap kedua yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk membobotkan faktor tersebut. Dan tahap ketiga yai'ni Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk menentukan prioritas strategi manajemen pengetahuan. Penelitian ini menghasilkan tiga strategi utama untuk member nonmanogement level diantaranya pelatihan dan penugasan/terlibat dalam proyek, membuat mekanisme sistem reward dan after action review. Dimana strategi personalisasi menjadi strategi yang paling disukai.

ABSTRACT
In their day-to-day work, personnel rely on the knowledge of other personnel in solving problems. It means they could not solve their own problems without help from other persorurel who are competent and knowledgeable in certain cases. Drawing on a case study of heavy equipment maintenance division, this study contributes to knowledge transfer individual level among members of nonmanagement level and aims to formulate knowledge management strategy.
Framework Delphi-AHP-TOPSIS was used in this study which divided into three stages. The first stage is Delphi method, where important factors of knowledge transfer were identified. The second stage is Analytical Hierarchy Process (AHP), where the weight of these factors obtained. And the third stage is Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) to determine the priority of knowledge management strategy. This study found three major strategies for non-management level member such as training and assignment/ involved in the project, making mechanism of reward system and after-action reviews. Where the personalization strategy is the most preferred strategy.
"
2015
T43905
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maha, Rahmadani Ningsih
"Tesis ini membahas pola interaksi dan komunikasi berbagi pengetahuan para peneliti dalam menciptakan inovasi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan faktor-faktor yang mempengaruhi berbagi pengetahuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran peneliti dan interpretasi makna berbagi pengetahuan yang dilandasi oleh nilai, keyakinan, motivasi dan norma mempengaruhi tindakan berbagi pengetahuan.
Saran yang diajukan adalah: lembaga perlu membangun kedekatan dan kerja sama antar peneliti guna mengembangkan pengetahuan yang menunjang penciptaan inovasi; peran perpustakaan sebagai pusat informasi harus lebih diberdayakan dalam manajemen pengetahuan; penanaman nilai-nilai organisasi, seperti nilai kebersamaan, kepercayaan terhadap individu lainnya hendaknya diwujudkan dalam program nyata, bukan hanya berupa slogan sehingga dapat dirasakan dan diingat oleh seluruh individu dalam lembaga.

This thesis discusses the patterns of interaction and communication researchers to share knowledge in creating innovations at Indonesian Institute of Sciences (LIPI) and the factors that influence knowledge sharing. This research is a qualitative study with phenomenology approach. The result showed that researcher‟s awareness and meaning interpretations of knowledge sharing were based on values, beliefs, motivations and norms.
The suggestions are: institution needs to construct closeness and cooperation among researchers to develop knowledge that supports the creation of innovation: the role of libraries as information centers should be more empowered in knowledge management; Constructing the organizational values, such as sharing values, trusting to others should be realized in a real program, not only as a slogan/motto butit should be felt and implemented by all individuals in the institution.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
T30598
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lydia Christiani
"ABSTRAK
Tesis ini meneliti tentang pemaknaan preservasi pengetahuan pustakawan referen sebagai dasar konstruksi perpustakaan berbasis pengetahuan di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini berusaha menggali peran pengetahuan individu pustakawan referen sebagai faktor kunci kesinambungan siklus pengetahuan perpustakaan Universitas Indonesia. Kesinambungan siklus pengetahuan merupakan esensi dari perpustakaan berbasis pengetahuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data dalam penelitian ini bertumpu pada hasil wawancara, observasi, dan analisa dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesinambungan siklus pengetahuan di Perpustakaan Universitas Indonesia bertumpu pada pengetahuan individu koordinator bidang yang juga merupakan pustakawan referen. Siklus pengetahuan Perpustakaan Universitas Indonesia bertumpu pada tiga bidang yaitu bidang layanan koleksi UI-ana, bidang teknologi informasi, dan bidang layanan referensi. Arti penting preservasi pengetahuan yang dimiliki oleh pustakawan referen bagi eksistensi perpustakaan Universitas Indonesia telah disadari oleh kepala perpustakaan dan koordinator bidang, hanya saja kesadaran tersebut belum mencapai tingkat kesadaran pengetahuan sebagai aset. Hal tersebut disebabkan oleh adanya perbedaan pandangan terhadap realisasi nilai pengetahuan serta kurangnya motivasi untuk mendorong personil Perpustakaan Universitas Indonesia mengartikulasikan pengetahuan individu yang dimiliki. Perbedaan realisasi nilai pengetahuan serta kurangnya motivasi inilah yang menjadi faktor penghambat proses transfer pengetahuan pustakawan referen ke dalam memori kolektif Perpustakaan Universitas Indonesia.
ABSTRACT
This Thesis observe the meaning of knowledge preservation of reference librarian as the core of the Knowledge-based library construction. This research trying to explore the role of individual knowledge of reference librarian as the key factor of the sustainability of knowledge cycle of Universitas Indonesia Library. Continuity of cycle knowledge is the essence of knowledge-based library. This study is a qualitative research case study method. The data in this study based on interviews, observation, and document analysis. The results of this research indicate that the sustainability of the knowledge cycle in Universitas Indonesia Library relies on individual knowledge of the field coordinator who is also a reference librarian. Knowledge cycle of Universitas Indonesia relies on three areas, namely UI-ana collection services, information technology, and reference services. The importance of the knowledge preservation that possessed by reference librarians for the existence of the library of University of Indonesia has been recognized by the Chief librarian and the field coordinator, but the awareness of knowledge as an asset has not reached yet. This condition caused by the difference in views towards the realization of the knowledge value and a lack of motivation to encourage the personnel of Universitas Indonesia library to articulate their individual knowledge. The differences in the realization of the knowledge value and lack of motivation to articulate the knowledge is the inhibiting factors of knowledge transfer processes from reference librarian into the collective memory of the Universitas Indonesia Library."
2013
T34939
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shalita Anindya
"Program Knowledge Share (K-Share) merupakan salah satu program knowledge management berupa aplikasi yang dirancang untuk mengatur dokumen dan proses suatu kegiatan di Bank Indonesia dan telah berjalan sejak tahun 2008. Direktorat Riset Eknomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia merupakan salah satu direktorat pengguna program K-Share dengan tingkat penggunaan program tertinggi dibandingkan dengan direktorat lain. Studi implementasi ini dilakukan untuk melihat analisis implementasi K-Share di Direktorat Riset Eknomi dan Kebijakan Moneter yang pelaksanaannya semakin lama semakin menurun. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam.
Selama lima tahun pelaksanaan K-Share, terlihat bahwa pelaksanaan di Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter tidak berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa faktor yang memengaruhi menurunnya pelaksanaan program, yaitu kurangnya dukungan dan komitmen pimpinan, kurangnya komitmen pegawai selaku pengguna program, teknologi yang tidak mendukung pelaksanaan program, dan belum adanya peraturan formal yang mengatur pelaksanaan program K-Share.

Knowledge Share (K-Share) is one of knowledge management programs which designed to manage the documents and process of an activity in Bank Indonesia and has been implemented since 2008. Directorate of Economic Research and Monetary Policy is one of the user of K-Share with the highest usage compared to other directorate. The purpose of this study is conducted to analyze the implementation of K-Share in Directorate of Economic Research and Monetary Policy which is progressively decrease. Using qualitative method, this research used indepth interview to collect its data.
After five years of implementation, it appears that it does not run properly. It is proved by some factors that affect the decrease of implementation, such as the lack of support and commitment of the leader, the lack of commitment of the employees, the unsupported technology, and the regulation that has not been made.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Budiarti
"Sharing pengetahuan dapat memberikan manfaat untuk mencapai individu dan tujuan organisasi. Knowledge sharing diantara petugas pengelola BMN berperan penting dalam mewujudkan pengelolaan BMN yang tertib administrasi dan tertib pengelolaan. Namun, knowledge sharing pada komunitas pengelolaan BMN LIPI belum optimal, sehingga perlu diidentifikasi faktor apa saja yang mempengaruhi petugas pengelola BMN LIPI untuk melakukan knowledge sharing.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku knowledge sharing pada komunitas pengelolaan BMN LIPI. Model penelitian ini dikembangkan berdasarkan Theory of Planned Behavior sebagai kerangka teoritis dan diadaptasi ke dalam konteks knowledge sharing serta dikombinasikan dengan konstruk-konstruk yang didapat dari penelitian terdahulu. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dari hasil penyebaran kuesioner kepada petugas pengelola BMN satker LIPI serta pembina pengelola BMN LIPI. Sampel survei terdiri dari 101 responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dan analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan software AMOS (Analysis of Moment Structure).
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa attitude toward knowledge sharing dipengaruhi oleh expected reciprocal benefit, sedangkan perceived behavioral control dipengaruhi oleh resource availability dan technology. Attitude toward knowledge sharing dan perceived behavioral control berpengaruh positif terhadap intention to share yang pada akhirnya secara positif mempengaruhi knowledge sharing behavior. Perceived behavioral control juga terbukti dapat mempengaruhi perilaku knowledge sharing baik secara langsung maupun tidak langsung melalui niat (intention) untuk melakukan knowledge sharing. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk mengoptimalkan budaya knowledge sharing pada komunitas pengelolaan BMN di lingkungan LIPI.

Sharing knowledge can provide benefits to achieve individual and organization‟s goals. Sharing knowledge among state property management (SPM)‟s officer is very crucial in making a good state property management in administrative order. In fact, sharing knowledge in SPM‟s officer in LIPI is not optimum yet, so that it needs to be identified which factors that influence SPM‟s officer in LIPI to do so.
This study is aimed to identify the factors which influence the behavior of community of SPM‟s officer in LIPI to share knowledge. The model of this research is developed base on the Theory of Planned Behavior which is used as theoretical framework and adapted to the context of sharing knowledge as well as combined with the constructs from the previous study. The data that are used in this study are the primary data from the questionnaires which are spread to the officers and supervisors of SPM in LIPI. The survey‟s samples consist of 101 respondents and it uses Structural Equation Modeling (SEM) and Path Analysis as technical data analysis by using Analysis of Moment Structure (AMOS) software.
The result of analysis found that the attitude toward sharing knowledge is influenced by the expected reciprocal benefit, while, perceived behavioral control is influenced by resource availability and technology. The attitude toward knowledge sharing and perceived behavioral control has a positive impact to the intention to share which eventual positively influence the knowledge sharing behavior. The perceived behavioral control is also proved to influence the behavior of both direct and indirect knowledge sharing (intention). The result of this study is considered to be useful in optimizing the culture of sharing knowledge among SPM‟s officer community in LIPI.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>