Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 223601 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kalinsha Rahmadini
"ABSTRAK
Laporan Magang ini membahas mengenai Payroll Cycle yang diterapkan pada Lembaga
KJI. Selain itu laporan ini juga membahas mengenai proses implementasi Human
Resource Information System yang dilakukan pada sistem baru di Lembaga KJI tersebut.
Lembaga KJI merupakan salah satu Lembaga Negara. Analisis dilakukan dengan
memberikan penjelasan mengenai bagaimana siklus Payroll, serta proses tahapan
implementasi sistem yang dilakukan, dan membandingkannya dengan konsep konsep
Payroll Cycle yang dikemukakan oleh Romney (2018), dan System Development Life
Cycle. Berdasarkan hasil analisis, secara garis besar payroll cycle pada Lembaga KJI telah
mengikuti konsep yang sama dengan Romney, namun proses payroll cycle pada Lembaga
KJI lebih rumit karena proses bisnis Lembaga Negara yang besar. Selain itu, hasil analisis
juga menunjukkan bahwa proses yang dilakukan dalam melakukan impelementasi sistem
baru telah sesuai dengan konsep System Development Life Cycle.

ABSTRACT
This internship report aims to analyze the payroll cycle that implemented at KJI. This
internship report also analyze the implementation of Human Resource Information
System in the new system at KJI. KJI is one of State Instituion. The analysis is conducted
by explaining the payroll cycle and the process involved in implementing Human
Resource Information System, and the conformity of its content with the concept that is
stated by Romney (2018), and the concept of System Development Life Cycle. Based on
the analysis, in broad terms, the payroll cycle in the KJI Institution have followed the
same concept as Romney, but the payroll cycle at KJI Institution is more complex due to
its large business processes. The result of the analysis also shows that, the implementation
of Human Resource Information System have been in line with the concept of System
Development Life Cycle."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Sri Martini
"Payroll System yang merupakan sub-sistem dari Management Information System memerlukan informasi, apakah itu jumlah pegawai, besarnya gaji dan tunjangan yang dibayar, besarnya pajak dan lain-lain. Mengingat kebutuhan informasi yang begitu banyak tidaklah mengherankan jika Payroll System perlu ditunjang oleh alat bantu yakni komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang dengan kemampuannya dapat mengolah data dengan cepat menjadi informasi. Dengan dasar inilah akan dijelaskan bagaimana komputer berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi yang diperlukan dalam Payroll System. Penelitian dilakukan lewat penelitian kepustakaan serta peneli-tian lapangan yakni dengan melakukan wawancara dengan pihak-pihak yang menangani payroll pada PT "X", serta observasi langsung untuk memperoleh data. Hasil studi menunjukkan Total Payroll System yang merupakan salah satu perangkat lunak aplikasi, dapat memenuhi kebutuhan informasi dalam Payroll System. Total Payroll System terdiri dari menu-menu Personnel, Overtime, Potongan Jam Kerja, Allowance, Insurance, Bonus, Loan, Potongan Lain, Calculation, Report, Utilities dan Housekeeping. Lewat menu-menu ini Total Payroll System dapat melakukan pencatatan dan penghitungan gaji pegawai. Untuk menghindari masalah kelebihan dan kekurangan pembayaran pajak, Total Payroll System menyediakan fasi1itas untuk mengestimasi pajak yang harus dibayar pada satu tahun, sehingga pihak manajemen dapat melakukan tax adjustment. Di samping menyediakan laporan yang sifatnya intern, Total Payroll System juga menyediakan laporan yang sifatnya ekstern seperti Surat Pemberitahuan Tahunan untuk pajak penghasilan pegawai. Total Payroll System dapat memberi informasi kepada pihak yang berkepentingan, apakah itu pihak manajemen, pegawai, pemerintah dan lain-lain. Total Payroll System mampu mengolah data dan membuat laporan kepegawaian yang bersifat bulanan dan tahunan. Dan dengan kemampuannya mencetak Surat Pemberitahuan Tahunan bagi kepentingan perpajakan, Total Payroll System jelas akan sangat membantu kelancaran administrasi penggajian pegawai."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alif Faridalthaf
"Industri Perhiasan Indonesia merupakan sektor unggulan dalam perekonomian dengan nilai ekspor mencapai 5,42 miliar USD pada tahun 2021. Tingginya nilai ekspor ini tentunya dipicu oleh peruhasaan-perusahaan lokal yang bekerja dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu perusahaan perhiasan lokal di Indonesia dalam menajalankan bisnis perhiasan emas adalah PT Sentral Kreasi Kencana (PT SKK). PT SKK merupakan anak perusahaan dari CMK Group, yang merupakan manufaktur perhiasan terbesar di Asia Tenggara yang memulai usahanya pada periode 1970-an. Selama menjalankan bisnisnya, PT SKK menghadapi beberapa tantangan di bagian produksi. Salah satunya mengelola kebutuhan bahan baku perhiasan pada manufaktur. Maka dari itu, dibuatlah suatu perancangan sistem informasi kebutuhan bahan baku pada PT SKK. Sebelum perancangan sistem informasi ini menggunakan metode, Importance Perfomance Analysis dan Economic Order Quantity (EOQ) untuk menentukan strategi dan jenis inventory management yang akan digunakan, selanjutnya menggunakan pendeketan System Development Life Cycle (SDLC) untuk menggambarkan perancangan sistem informasi. Dampak dari perancangan sistem informasi ini adalah membantu PT SKK untuk mengurangi waktu transaksi dalam memenuhi kebutuhan bahan baku dan penghematan biaya. Hasilnya adalah PT SKK tidak lagi mengalami kekurangan bahan baku dan mengeliminasi waktu pengadaan bahan baku.

The Indonesian Jewelry Industry is a leading sector in the economy with an export value of 5.42 billion USD in 2021. The high value of this export is certainly triggered by local companies that work in running their business. One of the local jewelry companies in Indonesia in running the gold jewelry business is PT Sentral Kreasi Kencana (PT SKK). PT SKK is a subsidiary of CMK Group, which is the largest jewelry manufacturer in Southeast Asia which started its business in the 1970s. During its business, PT SKK faced several challenges in the production department. One of them is managing the needs of jewelry raw materials in the production process. Therefore, an information system design for raw material needs was made at PT SKK. Before designing the information system, using Importance Perfomance Analysis and Economic Order Quantity (EOQ) Method to define strategy and type of inventory management, then uses the System Development Life Cycle (SDLC) method. to The impact of designing this information system is to help PT SKK to reduce transaction time in meeting raw material needs and reducing inventory cost. The result is PT SKK has no longer run out the raw materials and eliminated procurement time of raw material."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debrina Rosalyn
"Laporan magang ini membahas tentang implementasi sistem informasi akuntansi SIA beserta pengendalian internal di PT SAF Tbk. Ruang lingkup pembahasan difokuskan pada siklus pengeluaran untuk kegiatan perdagangan. Penyusunan laporan magang ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan pada laporan magang ini, implementasi SIA di PT SAF Tbk telah memenuhi tiga fungsi utama SIA melalui ketersediaan seluruh komponen SIA. Namun, penerapan SIA di PT SAF Tbk belum menghasilkan informasi yang berkualitas, ditunjukan dengan permasalahan-permasalahan yang muncul di setiap komponen SIA dan ketidakefektivan pengendalian internal. Penulis memberikan saran untuk improvisasi kepada PT SAF Tbk yang ditujukkan untuk setiap permasalahan yang muncul serta prinsip pengendalian internal yang belum terpenuhi.

This report examines implementation of Accounting Information System AIS and information system control in PT SAF Tbk. Analysis and discussion is narrowed to expenditure cycle in trading section. Data were collected by individual observation and user interview. Result of this report indicates that PT SAF Tbk conducts sufficient practice of AIS to satisfy its three main function by implementing full existence of AIS components. However, in further explanation, the implementation of AIS does not meet criterias to produce qualified information, evidenced by issuess in each of AIS rsquo components and ineffective internal control. Writer suggests recommendations for improvement to PT SAF Tbk in order to achieve the best practice of AIS and internal control for its business activities.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Tinitah Kusumastuti
"PT. X merupakan perusahaan perdagangan alat-alat kesehatan yang bertempat di Jakarta. Saat ini sistem informasi pada siklus pendapatan PT. X belum terintegrasi sehingga menimbulkan beberapa masalah dalam pelaksanaan siklus pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi terintegrasi pada siklus pendapatan PT. X dengan harapan rancangan sistem informasi tersebut ketika diimplementasikan dapat mengurangi masalah yang terjadi pada siklus pendapatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode FAST (Framework for The Application of System Thinking) hingga tahap desain logikal berupa logical system model dan spesifikasi dari sistem yang akan dikembangkan.

PT. X is a medical equipment trading company located in Jakarta. Currently, PT. X's revenue cycle information system has not been integrated causing some problems in implementing revenue cycle. The purpose of this study is to design an integrated information system on the revenue cycle PT. X with the expectation that the design of the information system when it’s implemented can reduce the problems in the cycle. The research was done by using FAST method (Framework for the Application of System Thinking) up to logical design phase in the form of logical system model and specification of the system to be developed."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astaria Widiati
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2002
S19363
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriela Rentasari
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi (SIA) dan pengendalian internal dalam siklus pendapatan pada perusahaan skala UMKM, Takana Coffee, dengan penerapan sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Latar belakang penelitian ini adalah peningkatan kompleksitas dan risiko sistem pembayaran akibat inovasi teknologi QRIS. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Evaluasi dilakukan menggunakan kerangka kerja COSO ICIF 2013 untuk menilai efektivitas SIA dan pengendalian internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS menciptakan prosedur yang berbeda dari pembayaran lainnya dan meningkatkan risiko kesalahan perangkat lunak, gangguan peralatan, serta tindakan kecurangan. Rekomendasi penelitian mencakup peningkatan aktivitas pengendalian, identifikasi risiko yang komprehensif, dan pemantauan keamanan sistem secara menyeluruh guna memitigasi risiko yang muncul akibat penggunaan QRIS dalam siklus pendapatan perusahaan. Implementasi rekomendasi dapat dilakukan melalui pemisahan tugas antara barista dan kasir, penggantian koneksi internet menjadi koneksi privat, serta pelatihan rutin dan evaluasi sistem secara berkala. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pemahaman tentang implementasi QRIS dalam konteks UMKM dan pengelolaan risiko yang terkait.

This study aims to evaluate the accounting information system (AIS) and internal control within the revenue cycle of a small to medium-sized enterprise (SME), Takana Coffee, with the implementation of the Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) payment system. The background of this research is the increased complexity and risk in the payment system due to the innovation of QRIS technology. The research method used is a qualitative approach. Data was collected through observation, interviews, and document studies. The evaluation was conducted using the COSO ICIF 2013 framework to assess the effectiveness of AIS and internal control. The results of the study indicate that the use of QRIS creates different procedures from other payment methods and increases the risk of software errors, equipment failures, and fraud. The research recommendations include enhancing control activities, comprehensive risk identification, and thorough system security monitoring to mitigate risks arising from the use of QRIS in the company's revenue cycle. Recommendations can be implemented by separating duties between baristas and cashiers, switching to private internet connections, and conducting regular training and system evaluations. This research is expected to contribute to the understanding of QRIS implementation in the context of SMEs and related risk management.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Rachman Putra
"Laporan ini memaparkan proses pengendalian internal yang diterapkan pada siklus penggajian di PT AB. Proses penggajian yang dibahas mencakup pengupdate-an master file penggajian jika ada perekrutan karyawan baru, atau karyawan yang naik level atau grade, perhitungan kompensasi dan keuntungan karyawan, proses absen ke aplikasi ATA, perhitungan piutang atau pengurangan karyawan yang akan mempengaruhi potongan gajinya, perhitungan gaji karyawan, pembayaran gaji karyawan melalui bank ke rekening masing-masing, pembayaran pajak penghasilan, dan potongan jamsostek ke perusahaan asuransi. Pengendalian Internal PT AB sudah memadai, serta siklus penggajian yang diterapkan PT AB telah berjalan dengan baik.

This report describes the internal control process in payroll cycle. The payroll process consist of updating the master file of payroll if there are new employee, or employee that upgrade their level/grade, calculating employee?s compensation and benefit, calculating employee?s receivable or any deduction that have an impact to their salary, calculating employee?s salary, payment employees salary via bank to their bank account, paying employee?s income taxes, and "jamsostek" dedcution to insurance company. The internal control in PT AB is adequate, as well as the payroll cycle that applied in PT AB has gone well."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44283
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Roostiati Sutrisno Wanda
"Permenkes 1575 tahun 2005 menyatakan, bahwa Pusdiklat SDM Kesehatan bertanggung jawab mengkoordinasikan seluruh pelatihan yang ada, guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam menunjang terwujudnya sumber daya manusia kesehatan yang profesional. Selain itu dalam Kepmenkes No.725/Menkes/SK/V/ 2003, Pusdiklat SDM Kesehatan bertanggung jawab dalam akreditasi dan sertifikasi pelatihan kesehatan serta institusi diktat kesehatan. Pusdiklat SDM Kesehatan sebagai institusi diklat kesehatan dilengkapi dengan fasilitas penunjang diklat berupa tempat untuk penyelenggaraan pelatihan yaitu fasilitas akomodasi dan ruang belajar. Pemanfaatan fasilitas penunjang diklat ini tidak hanya diperuntukan oleh Pudiklat sendiri tetapi dapat untuk unit program kesehatan serta instansi-instansi lain. Oleh karena itu Pusdiklat SDM Kesehatan masuk dalam aturan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) seperti tertera dalam PP nomor 7 tahun 2006 tentang jenis dan tarif atas jenis PNBP yang berlaku pada Departemen Kesehatan, sehingga laporan pemanfaatan fasilitas diklat harus terekam dan dilaporkan.
Pusdiklat SDM Kesehatan sebagai sebuah unit organisasi di jajaran Departeman Kesehatan tentunya bertujuan menjadi satu organisasi yang unggul di bidang pelatihan, sehingga segala informnasi yang berkaitan dengan kegiatan pelatihan tersedia. Tentunya informasi tentang pelatihan kesehatan diharapkan tersedia dan mudah didapat. Namun kenyataannya sampai saat ini tidak semua variabel tersedia datanya sehingga tidak dapat dikeluarkan infomaasinya, selain itu memerlukan waktu yang cukup lama untuk memperolelmya.
Penelitian pengembangan sistem informasi pemanfaatan fasilitas diklat di Pusdiklat SDM Kesehatan, menggunakan desalt" penelitian dengan pendekatan sistem untuk menyelesaikan masalah. Dengan Metode pendekatan sistem yang digunakan adalah system development life cycle yang meliputi beberapa tahapan yaitu entitas, langkah pengembangan sistem, langkah analisis sistem, langkah perancangan sistem dan pembuatan prototype. Sehingga menjadi kekuatan dalam Sistem Informasi Pemanfaatan Fasilitas Diklat. (SIMANFAS). Hasil analisis sistem dapat mengidentifikasi permasalahan yang ada dalarn sistem yang sedang berjalan serta altematif solusi pada level input, proses dan output.
SIMANFAS didesain untuk kemudahan input data dan otomasi proses pengolahannya menjadi informasi. Output yang dihasilkan berupa penjadwalan, laporan, tabulasi indikator pernanfaatan fasilitas diklat, dan grafik indikator pemanfaatan fasilitas diklat. Interpretasi lebih lanjut akan didapatkan trend pemanfaatan fasilitas diktat, sehingga dapat dilihat bulan apa saja pemakaian fasilitas penuh, jenis pengguna darimana saja yang banyak memakai fasilitas. Aplikasi SIMANFAS ini dapat menjadi alat manajemen dalam pengambilan keputusan, untuk pelayanan akomodasi, clan dapat memudahkan dalam perhitungan BOR dan SOR, untuk keperluan pelaporan Penerimaan Negara Bukan, Pajak (PNBP), serta laporan pemanfaatan fasilitas diklat. SIMANFAS ini diharapkan dapat dijadikan alat bagi pengelola institusi diklat kesehatan lainnya.

The regulation of the health minister number 1575", in 2005 declared that the center of training and education for the health of human resource is responsible to coordinate all training in order to increase the human resource capacity to support realization of professional the health of human resource. Moreover, in the health ministry decision number 725"Ythe Health Minister/ SK/V/2003, center for training and education of health human resource is responsible in accrediting and certifying on the health training and the health institution of training and education. Center for training and education of health human resource as an institution of the health training and education is completed of supporting facilities for education and training such as the location to hold a training that is accommodation facility and study room. The utilization of supporting facility of training and education as not only for themselves but also for the health programme unit as for other institution. Nevertheless, center for training and education of health human resource is included in regulation of Non Taxes State Revenue (PNBP) as mentioned in PP Number 7 2006 about types and tariff of kinds of PNBP which occur in the health department, so the report of training and education facility utilization must be recorded and reported.
Center for training and education of health human resource as unit organization among the health department aims to be one out standing organization in training line, in order to supply all information related with training activity. Not only available those informations must be easy to achieve. In fact, until now those informations are still hard to obtain. The research of information system development of training and education facility utilization at the center of training and education for the health of human resource is using design with approach system to solve problem. The approach system method used is system development life cycle which covers some phases, those are entity, system development, system analysis, system design and prototype making. Until they all become the power in the System of Information of Training and Education facility Utilization (SIMANFAS). The result of system analysis can identify the recent problem in system and alternative solution on level input, process and output. SIIVIANFAS is designed to easy the data input and automatic process tabulation to become information. The result output are scheduling, report, training and education facility utilization indicator tabulation and also training and education facility utilization indicator graphic. The application SIMANFAS can be management tools in the decision making, not only for accommodation service but also to easy calculation BOR and SOR, this also for non taxes state revenue report, training and education facility utilization report. This SI:MAN-FAS is expected to be a medium for other health training and education institution organizer.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007
T34314
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Laudon, Kenneth C., 1944-
Fortworter : The Dryden Press , 1995
005.04 LAU i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>