Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 68923 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Restu Putri Sholikhah
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pemenuhan kebutuhan informasi pengguna wanita melalui situs komunitas yaitu femaledaily.com. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengidentifikasi pemenuhan kebutuhan informasi pengguna wanita melalui femaledaily.com serta jenis informasi apa yang banyak dibutuhkan oleh pengguna wanita melalui femaledaily.com. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan informasi pengguna wanita telah terpenuhi dengan baik melalui femaledaily.com. Informasi yang banyak dicari melalui situs tersebut adalah jenis informasi berupa review, yaitu informasi yang ditulis pengguna lain berdasarkan pengalaman dan pengetahuannya. Namun sayangnya, hal itu berbanding terbalik dengan data yang menunjukkan bahwa mayoritas pengguna enggan untuk berbagi pengetahuan yang dimilikinya di situs tersebut.

ABSTRACT
This study investigates women information needs through a community website femaledaily.com. This study aims to identify women rsquo s information needs, particularly in types of information needed through the website. This study is classified as a quantitative description research using survey method. The data showed that womens information needs had been well fulfilled through the website. Reviews or other users commentary based on their experience of using certain products is the most frequently searched type of information by the respondents. However, the result was incoherent to another data showed that the majority of respondents were unwilling to share opinions and knowledge on the website."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pandu Dilas Pratama
"Skripsi ini membahas mengenai kebutuhan informasi pengguna di situs komunitas anakUl.com serta alasan pengguna memenuhi kebutuhan informasinya di situs tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa jenis jenis informasi yang dibutuhkan dan dicari oleh pengguna terdiri dari beragam jenis informasi, namun ada beberapa jenis informasi yang kurang diminati oleh pengguna, seperti kewirausahaan, ekonomi, hukum dan pemerintahan. Alasan pengguna memenuhi kebutuhan informasinya di situs komunitas anakUI.com karena kemutakhiran informasi dan kemudahan akses. Pengguna juga menggunakan anakUl.com sebagai wahana berdiskusi untuk berbagi pengetahuan dan informasi.

This study is about the information needs of users of anakUl.com community's website and the reasons why they use this site in meeting their needs of information. This study uses a quantitative, approach with survey method. The result of the study shows that anakUI.com have provided various types of information that fulfilled users, however some types of information such as information on entrepreneurship, economic, law and governmental issues are less needed. The users reasons in fulfilling their information needs are its easy access and it's currency. The users also use anakUI.com as a discussion forum to share knowledge and information."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15391
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nana Maulana
"Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan komunitas melalui pemanfaatan TIK oleh komunitas rewo-rewo di desa Kaliabu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pemberdayaan komunitas pada komunitas rewo-rewo melalui pemanfaatan TIK dapat meningkatkan kedua aspek yaitu dimensi pemberdayaan komunitas dan dimensi pemberdayaan individu. Dimana dalam dimensi berbasis komunitas terdapat peningkatan pada dimensi konsep informasional, dimensi pembangunan ekonomi dan dimensi pembangunan sosial. Sedangkan dalam dimensi individu terdapat peningkatan kemampuan pada dimensi informasional, dimensi sosial, dimensi psikologis dan dimensi ekonomi.

The research is about the community development through utilization of information and communication technology by rewo-rewo community in Kaliabu village. The research is qualitative research with descriptive design. The result of the research shows that community development in rewo-rewo community through utilization of information and communication technology can increase 2 aspects. They are community development dimension and individual development dimension. In community based dimension, there are upgrading on informational concept, economic development and social development dimensions. While in individual dimension, it shows that there are upgrading on informational, social, psychology and economy dimensions."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Triyanto
"ABSTRACT
Penggunaan internet dalam memenuhi kebutuhan informasi mencakup berbagai aspek kehidupan salah satunya dalam proses mencari pekerjaan. Salah satu media online yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan adalah situs web JobStreet. Situs web JobStreet merupakan situs web penyedia informasi lowongan pekerjaan terkemuka di Asia Tenggara khususnya Singapura, Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Menurut laporan tahunannya, situs web JobStreet memiliki 4 juta pengguna di Indonesia pada tahun 2016. Selain itu, terdapat lebih dari 32 ribu lowongan pekerjaan di Indonesia pada situs web JobStreet. Dari latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk mengidentifikasi pengaruh situs web JobStreet terhadap pemenuhan kebutuhan informasi lowongan pekerjaan bagi Sarjana Strata-1 (S1) Program Studi Ilmu Perpustakaan UI angkatan 2013. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif melalui survei. Responden pada penelitian ini adalah Sarjana Strata-1 (S1) Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia angkatan 2013 yang lulus pada tahun 2017 dan menggunakan situs web JobStreet berjumlah 44 responden. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori WebQual yang terdiri dari tiga dimensi utama yaitu usability, information quality, dan service interaction quality untuk menilai kualitas situs web JobStreet dari sudut pandang pengguna. Data yang diperoleh melalui survei, dianalisis menggunakan metode analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan perhitungan koefisien regresi dari semua variabel bebas menunjukkan nilai yang positif dengan nilai usability (0,927), nilai information quality (0,983), dan nilai service interaction quality (1,343). Data tersebut menunjukkan bahwa semua variabel bebas mempunyai hubungan yang searah/positif terhadap variabel terikatnya. Berdasarkan ketiga dimensi tersebut yang memberi pengaruh dominan adalah dimensi service interaction quality dengan koefisien regresinya sebesar 1,343. Berdasarkan uji koefisiensi determinasi (R-Square) menunjukan nilai sebesar 0,426, yang berarti 42,6% variabel kualitas situs web mampu menjelaskan variabel kebutuhan informasi. Sedangkan 57,4% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

ABSTRACT
People now relied on the internet in satisfying their information needs in various aspects of life and one of them is job-searching process. One of the websites that provides job vacancy information is JobStreet. JobStreet is a leading web service that provides job information in Southeast Asia especially Singapore, Malaysia, Philippines, and Indonesia. In their 2016 annual report, there are 4 million active users and over 32,000 job vacancy opened in Indonesia. See that fact, the researcher interested to identifying how the JobStreet.com fulfill their users information needs. The research discuss how some factors of the JobStreet website influenced job vacancy information needs of undergraduate student of Library Studies Universitas Indonesia class 2013 through surveys with 44 respondents. Three main dimensions such usability, information quality, and service interaction quality based on theory of WebQual used to assess the quality of JobStreet.com website from the user's perspective. Data were analyzed using simple linear regression analysis method. Based on the calculation of the regression coefficients, all the variables showed a positive value to usability (0,927), information quality (0,983), and service interaction quality (1,343). The results shows that all independent variables have a direct positive relationship to the dependent variable. The independent variables which give the dominant influence is service interaction quality with a regression coefficient 1,343. The test coefficient determination (R-Square) shows 0,426, which means 42,6% of quality of the JobStreet website capable explaining all of the information needs variables. While the 57,4% are influenced by other variables that are not examined in this study."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Henny Setia Ningsih
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk memahami kebutuhan informasi dan upaya
pemenuhan kebutuhan informasi remaja kota. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini
adalah identifikasi terhadap berbagai kebutuhan informasi pada diri remaja dan
upaya pemenuhannya. Remaja memenuhi kebutuhan informasinya dengan
menggunakan sumber informasi seperti media elektonik, media cetak dan sumber
informasi manusia. Penelitian ini menyarankan bahwa perpustakaan seharusnya
dapat menyediakan layanan khusus untuk remaja, memperluas atau menambahkan
jenis informasi yang sesuai dengan kebutuhan remaja dan membuat perpustakaan
menjadi trend dikalangan remaja.

ABSTRACT
This thesis aims to understand the needs of information for urban teenagers and
the effort to fulfill that needs. This study used a qualitative approach with the case
study method. The results of this research are the identification variety of
information needed by urban teenagers, and the effort to fulfill it. Teens try to
fulfill their information needs using information sources such as electronic media,
print media and human resources. This research suggests that the library provide
services especially for teenagers, expanding and adding any kind of information
that meet the needs of teenagers and making the library as a trend among teens.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43723
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Retno Pratiwi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kegiatan-kegiatan promosi perpustakaan melalui situs web PUSTAKA Bogor dan mengidentifikasi kendala-kendala kegiatan promosi melalui sites web di PUSTAKA Bogor. PUSTAKA Bogor selama ini telah melakukan kegiatan promosi perpustakaannya hanya dalam bentuk menyebarkan daftar hasil-hasil penelitian, daftar artikel-artikel penelitian, daftar bibliografi, indeks dan abstrak.
Data penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Snowball sampling digunakan dalam penelitian ini untuk pemilihan informan. Penelitian ini menggunakan tiga orang informan, yaitu seorang kepala perptustakaan, kepala unit promosi perpustakaan dan kepala unit teknologi informasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan promosi perpustakaan melalui situs web yang dilakukan PUS'l'AKA Bogor adalah banyaknya responden tanggapan dari pengguna situs yang menginginkan artikel-artikel penelitian bidang pertanian, hat tersebut dapat dilihat dengan adanya permintaan artikel melalui email dan fax, Terlihat Pula banyaknya jumlah pengguna situs web dengan membuka tampilan menu pangkalan data dan jurnal elektronik.
Kendala yang dialami PUSTAKA Bogor dalam melakukan promosi perpustakaan melalui sites web adalah terlalu cepatnya menu infonnasi silos web yang ditampilkan dan kecermatan staf dalam mengetik tampilan menu informasi situs web PUSTAKA Bogor.
The aims of the research arc: to analyze activities of library promotion through website and to identify constraints of library promotion through website.
This research is based on qualitative approach with the use or case study method. The data was collected by means of depth interview and observation. The informan consists of three interviewee. They are the head of the library, staff of the library and the staff of the information technology division.
The result shown that: 1) the demands at research article have increased. 2) The visits of library website has increased. They have accessed electronic journal and other sites.
The weaknesses of PUSTAKA Bogor in promoting library website are: 1) The lack of appearance and navigation. 2) The lack of staff who has experienced on information technology.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T17643
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syahmi Kasmanely
"Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konstruksi seksualitas perempuan terutama pada pengalaman ibu saat dirinya baru menjadi ibu melalui praktik digital di komunitas virtual. Studi-studi terdahulu menyatakan bahwa perempuan yang baru menjadi ibu mengalami sejumlah perubahan besar dalam memposisikan identitas dirinya yang berdampak pada pemaknaan kehidupan seksual perempuan. Definisi yang sempit mengenai seksualitas perempuan telah membatasi perempuan mengakses informasi dan mencari dukungan mengenai masalah seksual yang dihadapi. Namun, terdapat studi yang menunjukkan bahwa komunitas virtual yang terbentuk dalam ruang digital mampu memberikan wadah untuk mendiskusikan hal-hal yang tabu, seperti seksualitas perempuan. Dengan demikian, peneliti berargumen bahwa komunitas virtual dapat menjadi ruang baru untuk mendiskusikan dan mencari informasi seputar isu perempuan yang tabu dibicarakan, seperti seksualitas, sehingga memungkinkan terjadinya proses konstruksi seksualitas perempuan pada perempuan saat mereka baru menjadi ibu. Pengumpulan data dilakukan secara kualitatif yang mencakup proses wawancara mendalam dan observasi terhadap interaksi yang ada di dalam media sosial dan grup Whatsapp komunitas Halo Ibu. Informan dalam penelitian ini adalah (1) informan merupakan perempuan yang memiliki anak untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 1-2 tahun setelah menikah; (2) informan merupakan perempuan yang termasuk ke dalam anggota Komunitas Halo Ibu; (3) informan merupakan perempuan yang memiliki pengalaman melahirkan sebelumnya yang menunjukkan adanya pengalaman seksual berbeda dari satu anak ke anak lainnya; (4) informan merupakan perempuan yang memiliki anak berusia 0-5 tahun; (5) informan merupakan perempuan yang bertempat tinggal di Indonesia. Temuan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa karakteristik komunitas virtual telah menyediakan ruang terbuka dan aman untuk membahas isu-isu tabu mampu mengintervensi perempuan dalam memaknai seksualitas mereka. Pemaknaan seksualitas perempuan ditinjau dari pengalaman kehidupan seksual yang meliputi pola hubungan dengan pasangan, perilaku seksual, praktik seksual, yang sejalan dengan konsep sexuality in gender framework Dixon Mueller.

This study aims to understand how the construction of women's sexuality, especially in the experience of new mothers through digital practices in virtual communities. Previous studies suggest that women who have just become mothers experience a number of major changes in the positioning of their identity, which has an impact on the meaning of women's sexual lives. Narrow definitions of women's sexuality have restricted women from accessing information and seeking support about their sexual problems. However, there are studies that show that virtual communities formed in digital spaces are able to provide a platform to discuss taboo subjects, such as women's sexuality. Thus, the researcher argues that virtual communities can be a new space to discuss and seek information about taboo women's issues, such as sexuality, thus enabling the process of constructing women's sexuality in women when they are new mothers. Data collection was conducted qualitatively, including in-depth interviews and observations of interactions within the social media and Whatsapp groups of the Halo Ibu community. The informants in this study are (1) women who have children for the first time within 1-2 years after marriage; (2) informants are women who are members of the Halo Ibu Community; (3) informants are women who have previous childbirth experiences that show different sexual experiences from one child to another; (4) informants are women who have children aged 0-5 years; (5) informants are women who live in Indonesia. The findings in this study show that the characteristics of virtual communities have provided an open and safe space to discuss taboo issues that can intervene women in interpreting their sexuality. The meaning of women's sexuality is reviewed from the experience of sexual life which includes patterns of relationships with partners, sexual behavior, sexual practices, which are in line with the concept of sexuality in gender framework Dixon Mueller."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nike Dwi Pertiwi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai apa saja kebutuhan informasi mengenai seks pada remaja dan bagaimana mereka memenuhi kebutuhan informasi tersebut di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penggunaan metode studi kasus. Kebutuhan informasi remaja juga dibagi menjadi 6 bagian, yakni kegiatan yang berhubungan dengan pelajaran; gaya hidup saat ini; rencana masa depan; hubungan dengan orang lain; kesehatan behubungan dengan kesehatan jasmani, kecantikan, alkohol/ narkoba dan seks dan; informasi umum. Informasi mengenai seks yang dibutuhkan remaja dan yang paling sering dibicarakan antar remaja adalah mengenai kesehatan reproduksi, penyakit menular seksual, gangguan seksual, dan pencegahan dari perilaku seks yang tidak diinginkan. Hasil dari penelitian ini adalah remaja banyak membutuhkan informasi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan atau permasalahan dirinya, sebagai proses pembelajaran dan pemahaman, dan untuk menambah pengetahuan. Saluran yang mereka gunakan secara dominan adalah media internet, kemudian informasi dari kelompok sebaya, media cetak seperti majalah, dan yang terakhir adalah keluarga.

ABSTRACT
This research discusses about information needs of sex among teens and how they fulfill their own needs. This research is done by applying qualitative approach and case study method. Adolescent needs of information consist six categories course related activities, current lifestyles, future plans, relationship with others, health dealt primarily with fitness, beauty, alcohol drugs, sex, and birth control , and general information. Information which mostly talked among teens is health of reproduction, sexually transmitted disease, sexual disorders, and the prevention from unwanted sexual behavior. Results of this research showed that teenager needs lot of information to solve their problems, as learning process, and to expand their knowledge. Source of information that they used mostly is internet, peer groups, printed media such as magazine , and the last source from family especially to parents ."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S63593
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Iskandar
"Penelitian mengenai model struktural termasuk anteseden brand community commitment, brand community commitment, dan outcomes brand community commitment (loyalty behaviors) sudah pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti brand community commitment dengan obyek penelitian yang berbeda dari penelitian sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh trust dan affect terhadap sebuah brand community pada komitmen dari brand community, dan menyelidiki melalui mekanisme mana komitmen dari brand community mampu meningkatkan berbagai loyalty behaviors (repurchase intentions, positive word-of-mouth, dan constructive complaints). Untuk menguji hipotesis, sebanyak 120 fans JKT48 yang terdaftar sebagai member dalam Official Fan Club JKT48 digunakan sebagai sampel, kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling.
Dari hasil penelitian ini diperoleh jalur positif yang signifikan antara: brand community trust brand community commitment; brand community affect brand community commitment; brand community commitment brand loyalty behaviors. Penelitian ini menunjukkan trust dan affect adalah faktor penting dalam meningkatkan brand community commitment pelanggan. Manajer brand community harus membantu pengguna untuk mengembangkan ikatan emosional dengan brand community dan merek. Dalam penelitian ini, affect lebih berpengaruh daripada trust pada brand community commitment dan loyalty behavior. Situs brand community dan aktivitas pengguna komunitas harus dirancang untuk memfasilitasi peningkatan trust dan affect terhadap brand community.

Research on the structural model including antecedents of brand community commitment, brand community commitment, and brand community outcomes (loyalty behaviors) has been done before. This research intends to examine the brand community commitment with different research objects from previous research. The purpose of this research is to analyze the effect of trust and affect toward a brand community on the commitment of brand communities, and investigate the mechanism through which the commitment of a brand community is able to increase various loyalty behaviors (repurchase intentions, positive wordof-mouth, and constructive complaints). To test the hypotheses, a total of 120 fans of JKT48 listed as member of the Official Fan Club JKT48 was used as samples, then analyzed it using Structural Equation Modeling.
From the results of this research obtained the significant positive path between: brand community trust brand community commitment; brand community affect brand community commitment; brand community commitment brand loyalty behaviors. This research suggests trust and affect are vital factors in enhancing customers brand community commitment. Brand community managers should help users to develop an emotional bond with the brand community and the brand. In this research, affect is more influential than trust on brand community and loyalty behavior. Brand community website and community user activity should be designed to facilitate the enhancement of trust and affect toward the brand community.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stevie Sarasshati
"Tujuan dibuatnya skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari sikap dan perilaku anggota komunitas merek terhadap komitmen dan pengaruh dari komitmen terhadap tipe loyalitas dengan komitmen sebagai mediator. Studi kasus dilakukan kepada komunitas automotive Bintaro Bimmers Community. Penelitian ini diolah dengan software SPSS 20, menggunakan teknik Regresi Linier Berganda.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa sikap dan perilaku anggota komunitas BBC berpengaruh positif terhadap komitmen dan komitmen berpengaruh positif terhadap tipe loyalitas. Selain itu, Komitmen terbukti memediasi affect terhadap komplain yang membangun dan kepercayaan terhadap seluruh tipe loyalitas yaitu minat pembelian ulang, WOM, dan komplain yang membangun.

The objective of this thesis is to determine the effect of community member attitude and behavior toward brand community commitment and brand community commitment towards loyalty types whereas community commitment as a mediator. This study involves automotive community named Bintaro Bimmers Community. This research was processed with SPPS ver. 20 software, using multiple linear regression techniques.
The results show that there are positive effects between attitude and behavior of BBC members toward community commitment and community commitment has positive effect towards community commitment. Furthermore, commitment mediates between affect towards constructive complain and trust towards all loyalty types e.g repurchase intention, WOM, and constructive complaint.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>