Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 40469 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syaiful Iman
"ABSTRACT
Penelitian ini membahas mengenai gambaran pelaksanaan program kewirausahaan sebagai upaya pemberdayaan pemuda melalui program Entrepreneur Scholarship Development for Youth ENVOY yang dilakukan oleh Mien R Uno Foundation. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti melakukan wawancara mendalam kepada informan yang terdiri dari peserta program ENVOY serta staff Mien R Uno Foundation dan juga melalui observasi yang peneliti lakukan. Pemberdayaan pemuda melalui program kewirausahaan sedang marak diadakan di Indonesia seiring dengan upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan melalui peningkatan jumlah wirausaha. Mien R Uno Foundation merupakan salah satu NGO yang menginiasi program kewirausahaan yang ditujukan kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil wawancara, program ENVOY menunjukkan proses pemberdayaan pemuda melalui berbagai program didalamnya seperti training, coaching, mentoring dan juga pameran. Dalam prosesnya, terdapat faktor pendorong dan penghambat yang dirasakan baik peserta maupun officer selama menjalankan program. Modal sosial, modal manusia, modal fisik, modal finansial, modal teknologi menjadi factor-faktor pendorong yang seringkali diungkapkan oleh informan. Sedangkan faktor penghambat yang terjadi dari internal dan eksternal meliputi kebiasaan, ketergantungan, tidak bisa menentukan prioritas, tidak percaya diri.

ABSTRACT
This research explained about Enterpreneur Development Scholarship for Youth ENVOY Program Implementation as Form of Youth Empowerment which initiated by Mien R Uno Foundation. Qualitative methods used in this research. To collect the data needed, the researcher interviewed informants who are participants of ENVOY program and Mien R Uno Foundation officers as well as using observation. In Indonesia, there are many others youth empowerment process through entrepreneurship program in line with the government concerns on reducing poverty with increasing the number of entrepreneurs. Mien R Uno Foundation is one of NGO who made an entrepreneurship program targeted to undergraduate students. From the interviews, ENVOY program shows the youth empowerment process through entrepreneurship. ENVOY had several programs which are training, coaching, mentoring and also an exhibition. In the process, there are some supporting and obstacle factors. Social capital, human capital, physics capital, financial capital and technological capital are the supporting factors. for the obstacles, there are habit, dependence, self distrust, family and many others factors. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Aldy Nugraha
"ABSTRAK
LPDP berperan penting dalam mendukung salah satu program prioritas pemerintah, yaitu membangun kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagai pendonor beasiswa Pendidikan tinggi. Namun, studi mengenai pengaruh program persiapan keberangkatan beasiswa LPDP terhadap kinerja alumni beasiswa LPDP masih belum banyak dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nasionalisme dan kepemimpinan transformasional alumni LPDP terhadap kinerja alumni penerima beasiswa LPDP yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Data 597 responden dikumpulkan melalui survei online dan dianalisis menggunakan CB-SEM. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nasionalisme dan kepemimpinan transformasional dapat mempengaruhi kepuasan kerja secara positif dan berada pada nilai signifikansi dibawah 5%, namun nasionalisme tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai signifikansi diatas 5% berbanding terbalik dengan kepemimpinan transformasional, serta kepuasan kerja alumni dapat mempengaruhi kinerja secara positif dan berada pada nilai signifikansi dibawah 5%.

ABSTRACT
LPDP plays an important role in supporting one of the government's priority programs, namely building the quality of Indonesian human resources as a donor of higher education scholarships. However, studies on the effect of the LPDP scholarship departure preparation program on LPDP scholarship alumni performance have not been done much. The purpose of this study was to determine the effect of nationalism and transformational leadership of LPDP alumni on the performance of alumni of LPDP scholarship recipients mediated by job satisfaction. Data on 597 respondents were collected through online surveys and analyzed using CB-SEM. The test results show that nationalism and transformational leadership can positively affect job satisfaction with a significance value below 5%, but nationalism does not have a significant effect on performance with a significance value above 5% which is inversely proportional to transformational leadership, and alumni job satisfaction can affect performance positively with a significance value below 5%."
2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Defit Djamil
"Beasiswa untuk pendidikan lanjutan jenjang Strata 2 (S2) Dalam Negeri dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melalui Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) mempunyai program baru yang mulai dilaksanakan pada tahun 2003. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesempatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) menimba pendidikan tingkat lanjutan dan mempunyai jangka waktu 13 bulan.
Seiring dengan meningkatnya minat PNS untuk melanjutkan pendidikannya ke S2 dan terbatasnya kesempatan PNS (mendapatkan beasiswa), maka Pusbindiklatren berupaya mengakomodasi hal tersebut dengan menyusun suatu piranti untuk menyaring PNS yang berminat. Piranti penyaringan tersebut adalah dengan memberikan beberapa persyaratan yaitu persyaratan administrasi dan seleksi.
Tesis ini berupaya untuk mengetahui faktor yang menentukan keberhasilan belajar peserta beasiswa program S2 di Dalam Negeri. Penelitian ini berlandaskan pada penelitian sebelumnya. Variabel yang ambil dalam penelitian ini adalah nilai TPA, TOEFL, IPK S1, jenis Kelamin (]K), Pengalaman Kerja (PK) dan Instansi asal sebagai variabel babas, dan IPK S2 semester pertama sebagai variabel terikat.
Penelitian menggunakan data sekunder 5 universitas yaitu : MEPP UNPAD (Magister Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan di Universitas Padjadjaran), MAP UNIBRAW ( Magister Administrasi Publik di Universitas Brawijaya), MPKP UI (Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik di Univesitas Indonesia), MPP UNAND (Magister Perencanaan Pembangunan di Universitas Andalas), MPWK UNDIP (Magister Pembangunan Wilayah dan Kota di Universitas Diponegoro).
Hasil penelitian menemukan bahwa faktor yang menentukan keberhasilan belajar seluruh peserta beasiswa yang diteliti adalah TPA, IPK S1 dan Instansi asal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T20545
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muammar Akbar Al Qhuraissy
"Perkembangan dunia yang semakin maju menyebabkan kebutuhan akan tenaga terampil pada aspek keilmuan dari jenjang pendidikan formal semakin tinggi, sedangkan untuk dapat mengakses pendidikan formal membutuhkan biaya yang sulit dijangkau oleh masyarakat kurang mampu sehingga perusahaan ikut berkontribusi dengan bentuk program Corporate social responsibility (CSR). Keterlibatan dan kontribusi perusahaan sebagai tanggung jawab filantropi pada CSR untuk masyarakat tersebut dilakukan dalam berbagai macam bentuk, salah satunya adalah bantuan pada bidang pendidikan dalam bentuk beasiswa. Bantuan beasiswa dinilai menjadi salah satu partisipasi perusahaan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan program beasiswa dan mendeskripsikan manfaat program “Beasiswa mahasiswa asal Sulawesi Selatan”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Pelaksanaan beasiswa didorong karena masih terbatasnya kapasitas sebagian kelompok masyarakat dalam menempuh pendidikan, sehingga dengan adanya bantuan beasiswa dapat memberikan ruang serta peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kapasitas serta kontribusinya bagi kelompoknya dimasa mendatang yang sejalan dengan tujuan perusahaan melakukan program-program CSR. Kesimpulan pada penelitian ini memperlihatkan bahwa pelaksanaan program beasiswa Kalla Group dimulai dari tahap pendaftaran, verifkasi dan seleksi penerima beasiswa dengan memprioritaskan penerima dari masyarakat dengan keterbatasan keuangan untuk melanjutkan pendidikan. Kemudian pada pelaksanaan program, penerima beasiswa juga diwajibkan mengikuti kegiatan community development ataupun kegiatan sosial mandiri yang mengakibatkan peningkatan kepedulian penerima beasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat sekitar. Sedangkan manfaat program beasiswa terhadap prestasi memberikan manfaat dalam mendukung peningkatan nilai akademik dan prestasi non-akademik pada beneficiaries.

The development of an increasingly advanced world causes the need for skilled workers in the scientific aspect from the formal education level to be higher, while being able to access formal education requires costs that are difficult to reach for the poor so that companies contribute to the form of Corporate social responsibility (CSR) programs. The involvement and contribution of the company as a philanthropic responsibility to CSR for the community is carried out in various forms, one of which is assistance in the field of education in the form of scholarships. Scholarship assistance is considered to be one of the company's participation in efforts to improve the quality of education. The purpose of this research is to describe how the scholarship program is implemented and to describe the benefits of the “South Sulawesi Student Scholarship” program. This study used qualitative research methods, data collection was carried out by in-depth interview techniques. The implementation of scholarships is encouraged due to the limited capacity of some community groups in pursuing education, so that the scholarship assistance can provide space and opportunities for the community to increase their capacity and contribution to their group in the future which is in line with the company's objectives of conducting CSR programs. The conclusion of this study shows that the implementation of the Kalla Group scholarship program starts from the registration, verification and selection stages of scholarship recipients by prioritizing recipients from the community with financial limitations to continue their education. Then in the implementation of the program, scholarship recipients are also required to participate in community development activities or independent social activities which result in increased awareness of scholarship recipients to contribute to the surrounding community. Meanwhile, the benefits of the scholarship program on achievement provide benefits in supporting the increase in academic scores and non-academic achievements of beneficiaries."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dany Rizkiawan
"Dalam tesis ini dikembangkan Sistem Penilaian Ujian Lisan (SIPENILAI) dalam bahasa Jepang. SIPENILAI memiliki 3 fitur utama: Kata yang Cocok, Fitur Menjawab Pertanyaan, dan Fitur Esai. Skripsi ini akan membahas dan memberikan disain terkait penggunaan Julius sebagai pengenal pidato dan LSA sebagai metode penilaian untuk mendapatkan akurasi dalam fitur esai. Julius menggunakan metode N-gram sebagai algoritma pengenalan suara. LSA menggunakan norma SVD dan forterenius untuk mendapatkan nilai dari jawaban atas referensi. Tesis ini juga membahas tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil penilaian dan kinerja sistem. Pengujian dilakukan terhadap 12 responden dengan kefasihan dan jenis kelamin yang berbeda untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil penilaian dan kinerja sistem. Hasil akurasi sistem adalah 84.89% dan kecepatan sistem 63.01 KB/s. Faktor kefasihan dapat mempengaruhi keakuratan dan kecepatan sistem, sedangkan jenis kelamin tidak berpengaruh. Secara keseluruhan, SIPENILAI dapat menjadi sistem yang digunakan untuk melakukan penilaian ujian lisan pada fitur esai bahasa Jepang.

In this thesis, the Oral Exam Assessment System (SIPENILAI) is developed in Japanese. SIPENILAI has 3 main features: Word Match, Question Answering Feature, and Essay Feature. This thesis will discuss and provide designs related to the use of Julius as a speech recognition and LSA as an assessment method to obtain accuracy in essay features. Julius uses the N-gram method as a speech recognition algorithm. The LSA uses the SVD and forterenius norms to get values ​​from answers to references. This thesis also discusses the factors that can affect the results of the assessment and system performance. Tests were conducted on 12 respondents with different fluency and gender to determine the factors that could affect the results of the assessment and system performance. The result of system accuracy is 84.89% and system speed is 63.01 KB/s. The fluency factor can affect the accuracy and speed of the system, while gender does not. Overall, CIVIL ASSESSMENT can be a system used for conducting oral exam assessments on the Japanese essay feature."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitia Wardani Fauzyyah
"Tahapan perkembangan usia remaja umumnya berada pada usia siswa SLTA yang dibekali dengan tugas perkembangan untuk memiliki identitas diri yang baik. Penelitian sebelumnya menyebutkan adanya anggapan masyarakat bahwa salah satu bentuk pencapaian identitas diri siswa yang berhasil adalah mereka berhasil menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Demi memenuhi ekspektasi yang sempurna tersebut, sebagian siswa berusaha untuk istiqomah dalam belajar dengan mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan pengambilan data menggunakan purposive random sampling, penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimana hubungan antara istiqomah belajar dan perfekstionisme siswa SLTA peserta bimbingan belajar serta mencoba untuk melihat pengaruh self-compassion sebagai variable moderator. Data yang diperoleh dari 90 responden menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara istiqomah belajar dengan perfeksionisme siswa (r = 0.417, p = 0.00), terdapat hubungan negatif antara perfectionism dan self-compassion (r = -0.329, p = 0.002), sementara self-compassion sebagai moderator tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam hubungan kedua variable lainnya ((Int_1 t= -0.3052, p = 0.7609).

The stages of adolescent development are generally at the age of high school students who are equipped with developmental tasks to have a good self-identity. Previous research mentioned that there was a public opinion that one form of achieving successful students' self-identity is that they succeed in becoming students at the State Higher Education Universities (PTN). In order to meet these perfect expectations, some students try to be istiqomah in learning by following tutoring program outside of school. By using quantitative research and data collection using purposive random sampling, this research tries to see how the relationship between istiqomah learning and perfectionism of high school students participating in tutoring and trying to see the effect of self-compassion as a moderator variable. Data obtained from 90 respondents showed that there is a significant relationship between Istiqomah learning and student perfectionism (r = 0.417, p = 0.00), there is a negative relationship between perfectionism and self-compassion (r = -0.329, p = 0.002), while self-compassion as a moderator has no significant effect on the relationship between the other two variables (Int_1 t= -0.3052, p = 0.7609).

 

"
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizky Susanty
"Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan hasil-hasil yang bertentangan dan tidak konsisten mengenai hubungan antara performance goal orientation dan self-regulated learning. Terdapat dua tipe performance goal orientation, yaitu performance-approach goal orientation dan performance-avoidance goal orientation. Sebagian besar ahli berpendapat bahwa performance goal orientation tidak menunjang self-regulated learning. Namun, beberapa penelitian membuktikan bahwa performance goal orientation, khususnya tipe performance-approach goal orientation dapat memberikan efek yang menguntungkan bagi siswa dengan konteks atau kondisi tertentu. Penelitian ini menguji trait extraversion dan neuroticism dari Five Factor Model yang merupakan salah satu kondisi siswa sebagai moderator pada hubungan masing-masing dari kedua tipe performance goal orientation dan self-regulated learning. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 293 siswa dari tiga SMA yang menerapkan Kurikulum 2013. Hasilnya menunjukkan bahwa performance-approach goal orientation tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan self-regulated learning. Performance-avoidance goal orientation ditemukan secara signifikan berkorelasi negatif dengan self-regulated learning. Sementara itu, trait extraversion dan neuroticism sama-sama terbukti tidak signifikan sebagai moderator.
Previous research suggested contradictive and inconsistent result about the correlation between performance goal orientation and self regulated learning. There are two types of performance goal orientation. They are performance approach goal orientation and performance avoidance goal orientation. Most of theorists suggested that performance goal orientation doesn rsquo t support self regulated learning. However, some researches found that performance goal orientation, especially performance approach goal orientation could be beneficial for students with certain context or condition. This study examines trait extraversion and neuroticism from Five Factor Model, which is one of students rsquo condition, as moderator in the correlation between each of the two types of performance goal orientation and self regulated learning. Participant involved are 293 students from three high schools that implements Kurikulum 2013. The result suggets that performance approach goal orientation has no significant correlation with self regulated learning. Performance avoidance goal orientation is found significantly has negative correlation with self regulated learning. Trait extraversion and neuroticism are not significant as moderator."
2017
T48604
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asih Priamsari
"Masa transisi yang dijalani oleh mahasiswa tingkat awal dapat berpengaruh dalam proses belajarnya. Mahasiswa semester awal yang memiliki prestasi akademis yang kurang memuaskan dapat mengarah pada putus kuliah dan hal ini dapat diatasi dengan keterlibatan belajar. Dengan menggunakan perspektif Self Determination Theory, penelitian ini ingin mengetahui apakah pemenuhan kebutuhan dasar psikologis memiliki peran mediasi pada hubungan antara dukungan makna belajar dari orang tua dan keterlibatan belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan self report questionaire, yang diisi oleh 736 mahasiswa aktif yang duduk di tingkat pertama Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Jakarta. Hasil analisa dengan menggunakan Process macro by Andrew Hayes menunjukkan bahwa dukungan makna belajar dari orang tua memiliki pengaruh yang lebih besar pada keterlibatan belajar mahasiswa melalui pemenuhan kebutuhan dasar psikologis. Penelitian ini merekomendasikan agar orang tua dalam memberikan dukungan akan makna belajar tetap memperhatikan pemenuhan kebutuhan otonomi, kompetensi dan hubungan dengan orang lain agar mahasiswa dapat terlibat dalam belajar.

The transition period undertaken by the early graduate students can be influential in the learning process. Early term students with unsatisfactory academic achievement may lead to drop out and this may be overcome by student engagement. Using the Self Determination Theory perspective, this study wanted to know whether basic psychological needs satisfaction has a mediating role in the relationship between parents support on meaning of learning and student engagement. This research uses self report quesionaire, filled by 736 active students who sit in first level of Faculty of Engineering, Faculty of Mathematics and Natural Sciences and Faculty of Social Sciences Universitas Negeri Jakarta. The result of analysis by using Process macro by Andrew Hayes shows that the parents support on meaning of learning has a bigger influence on student engagement through basic psychological needs satisfaction. This study recommends that parents in providing support on meaning of learning still pay attention to fullfill needs of autonomy, competence and relationships with others to form student engagement.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T48084
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahdiansyah Putra
"Tahun 2010, Pemerintah Indonesia membentuk Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN), yakni anggaran pendidikan yang dialokasikan untuk pembentukan endowment fund guna menjamin keberlangsungan program pendidikan generasi berikutnya sebagai bentuk pertanggungjawaban antargenerasi (intergenerational equity) yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). LPDP menyelenggarakan program beasiswa dengan misi “mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan Indonesia”. Hingga tahun 2017, penerima beasiswa LPDP sebanyak 18.466 orang. Dalam pelaksanaannya, ada ketidakjelasan antara target dan kinerja outcomes program beasiswa LPDP. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana rumusan target dan kinerja outcomes program beasiswa LPDP dengan model Targeting Outcomes of Program (TOP). Paradigma penelitiannya adalah postpositivisme dengan metode kualitatif untuk menggali rumusan target (program development) dan menilai kinerjanya (program performance). Ada 2 kesimpulan dari penelitian: (1) LPDP belum memiliki rumusan target outcomes yang jelas; dan (2) kinerja outcomes program belum selaras dengan amanah intergenerational equity dan misinya. Untuk itu, ada 4 saran penyempurnaan program beasiswa LPDP ke depan: (1) penyusunan vision study tentang kebutuhan pengembangan sumber daya manusia berbasis daerah/wilayah, industri, profesi, dan keilmuan di Indonesia; (2) pengembangan program beasiswa untuk strata pertama (diploma ataupun sarjana) terintegrasi dengan Program Indonesia Pintar (PIP) dan pengembangan pinjaman pendidikan;     (3) berkolaborasi dengan kementerian/lembaga pengelola program sejenis serta sektor industri; (4) penyesuaian standar biaya hidup dan mekanisme pembayarannya.

In 2010, the Government of Indonesia established the National Education Development Fund (DPPN), the education budget allocated for the endowment funds to ensure the continuation of the next generation education program as an intergenerational equity managed by the Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). LPDP organizes scholarship programs with the mission of "preparing future leaders and professionals of Indonesia". Until 2017, there were 18,466 LPDP scholarship recipients. In its implementation, there is a lack of clarity between the target and outcomes of the LPDP scholarship program outcomes. This study aims to see how the target formulation and outcomes of LPDP scholarship program outcomes with the Targeting Outcomes of Program (TOP) model. The research paradigm is postpositivism with qualitative methods to explore program development and assess its performance (program performance). There are 2 conclusions from the research: (1) LPDP does not have clear formulation of target outcomes; and (2) outcomes of program outcomes have not been aligned with the mandate of intergenerational equity and its mission. There are 4 suggestions for improving the LPDP scholarship program in the future: (1) the preparation of a vision study on the needs of developing human resources based on regions / regions, industries, professions, and science in Indonesia; (2) development of scholarship programs for the first strata (diploma or undergraduate) integrated with the Smart Indonesia Program (PIP) and the development of educational loans; (3) collaborating with ministries / institutions of similar program management and industry sectors; (4) adjusting the standard of living costs and the payment mechanism."
2019
T53735
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurshabrina Adani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengalaman parentificationterhadapkemampuan regulasi emosi pada mahasiswaperguruan tinggipenerima Bidikmisi. Pengukuran parentificationmenggunakan Parentification Inventory(Hooper, 2009), sedangkan kemampuan regulasi emosi diukur menggunakan The Brief Version of Difficulties in Emotion Regulation Scaleatau DERS-16 (Bjureberg dkk, 2016). Penelitian ini dilakukan pada 482 partisipan dengan rentang usia 18-25 tahun (M= 20,02, SD= 1,376)dengan jumlah 351 partisipan perempuan dan 131 partisipan laki-laki. Hasil analisis menunjukkan bahwa parentfication(β= 0,162, p<0,05) memiliki pengaruh yangpositif dan signifikan terhadapdisregulasi emosi, sehinggasemakin tinggi parentification yang dialamisemasa kecil dan remajamakasemakin buruk kemampuan regulasi emosi. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi emotional parentification(β= -0,196, p<0,01) dan instrumental parentification(β= 0,166, p<0,05) memiliki kontribusi terhadap kemampuan regulasi emosi

ABSTRACT
This study aim to examine the influence of parentification on theability ofemotional regulation among students of Bidikmisischolarship.The measurement of parentification is using the Parentification Inventory (Hooper, 2009), and the measurement of the ability in emotional regulation is using The Brief Version of Difficulties in Emotional Regulation Scaleor DERS-16 (Bjureberg, 2016). Resultindicate that parentification (β= 0,162, p<0,05) positively influence the dysregulation in emotion, which means the higher parentification, the worse the ability in emotional regulation. Furthermore, result indicate that both emotional parentification (β = -0,196, p<0,01) and instrumental parentification(β= 0,166, p<0,05) have variance in emotional regulation.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>