Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19754 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rininta Oktaviani
"ABSTRAK
Industri makanan dan minuman di Indonesia telah mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir. Di era teknologi ini, orang cenderung mencari informasi kuliner melalui media berbasis internet. Perilaku pencarian informasi ini dimaksudkan untuk mengurangi ketidakpastian yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang restoran atau memberi konsumen gambaran mendalam tentang tempat terbaik untuk dikunjungi. Salah satu jenis informasi yang banyak dicari di media berbasis internet adalah ulasan online yang dituliskan oleh pelanggan sebelumnya. Makalah ini membahas sejauh mana ulasan online ini berdampak pada minat pembelian konsumen. Hubungan antara topik yang dipilih dengan tinjauan teoritis yang digunakan terletak pada kebebasan khalayak yang secara aktif mencari media dalam penelitian ini ialah Zomato dan konten yang spesifik informasi kuliner untuk menghasilkan gratifikasi tertentu dalam hal ini purchase intention . Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ulasan online menempati posisi penting dalam pembentukan purchase intention kuliner.
ABSTRACT
Food and beverage industry in Indonesia has grown in the last couple of years. In this technology era, people tend to look up for culinary information through internet based media. This information seeking behaviour is intended to reduce uncertainty caused by lack of knowledge about the restaurants or to give consumers in depth descriptions of the best places to go. One of the existing type of information that many people seek out is online review made by previous customers. This paper examines the extent to which these online reviews have impacts on consumers rsquo purchase intention. The link between the selected topic and the theoretical review used lies in the freedom of the audience who actively searches for media in this study, Zomato and the specific content culinary information to fulfill a certain gratification in this case purchase intention . The result of this study concludes that online review occupies a significant position in the formation of culinary purchase intention."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Puri Indah Lestari
"Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM) dan merupakan usaha yang dapat membantu meningkatkan perekonomian negara, terutama negara berkembang seperti Indonesia. Di Indonesia, jumlah usaha mikro sendiri mencapai 98,7% dari total usaha yang ada. meskipun jumlah usaha mikro sangat banyak, peningkatan usaha mikro paling kecil diantara jenis usaha lainnya yaitu hanya sekitar 17,1% pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor mediasi yang dapat meningkatkan kinerja usaha mikro pada sektor makanan dan minuman melalui penggunaan media sosial dan menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja usaha mikro. Analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi Micro Enterprises performance. Setelah faktor teridentifikasi dilakukan analisis konfirmatori dengan menggunakan PLS-SEM dari data 266 responden pengusaha mikro di Jabodetabek. Hasil penelitian ini menemukan bahwa social media marketing berpengaruh secara langsung dan sebagai mediator antara social media usage dan Micro Enterprises performance. Sedangkan innovation, brand awareness, dan digital presence tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja usaha mikro dan tidak berperan sebagai mediator diantara social media usage dan Micro Enterprises performance. Berdasarkan hasil temuan tersebut, penelitian ini menyusun rekomendasi penggunaan media sosial untuk usaha mikro dengan menggunakan Aware/attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA).

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) are businesses that can help improve the country's economy, especially in developing countries such as Indonesia. In Indonesia, micro-enterprises reach 98.7% of the total existing businesses. Although the number of micro-enterprises is enormous, the smallest increase in micro-enterprises among other types of businesses is only around 17.1% in 2020. This study aims to explore mediating factors that can improve micro-enterprises' performance in the food and beverage sector through social media usage and develop strategies to improve business performance. Thematic analysis is carried out to identify factors that affect the performance of Micro Enterprises. After a confirmatory factor analysis was carried out using PLS-SEM from the data of 266 micro-entrepreneurs in Jabodetabek. The results of this study concluded that social media marketing has a direct effect and is a mediator between the use of social media and the performance of Micro Enterprises. Meanwhile, innovation, brand awareness, and digital presence do not directly affect the performance of micro-enterprises and do not act as a mediator between the use of social media and micro-enterprises performance. Based on these findings, this study compiles recommendations for the use of social media for micro-enterprises using Aware/Attention, Interest, Desire, and Action (AIDA)."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Wijaya Maheswara Pratomo
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh online review dalam platform Zomato terhadap niat membeli konsumen (Studi pada Restoran di DKI Jakarta). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei yang didasari dengan metode non-probability sampling jenis judgemental sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 146 responden dengan melakukan penyebaran kuesioner secara daring. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan IBM SPSS 26 melalui analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hubungan yang positif antara variabel online review dengan variabel niat membeli.

The purpose of this study was to analyze the effect of online review on the Zomato platform on consumer purchase intention (Study on Restaurants in DKI Jakarta). This study uses a quantitative approach through a survey based on the non-probability sampling method, the type of judgmental sampling. The number of respondents in this study amounted to 146 respondents by distributing online questionnaires. The data obtained were then processed using IBM SPSS 26 through descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results of this study indicate that there is a positive relationship between the online review and purchase intention."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Nadya Fadhila
"Industri kuliner di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan, didorong oleh globalisasi, perubahan perilaku konsumen, dan kesadaran akan keberlanjutan. Data Badan Ekonomi Kreatif menunjukkan kontribusi kuliner sebesar 41,4% terhadap ekonomi kreatif pada 2016. Penelitian ini mengkaji pengaruh karakteristik influencer media sosial (intimate self-disclosure, environmental concern, dan spending self-control) terhadap nilai konsumsi (social value dan epistemic value) dan niat beli konsumen, serta peran moderasi pendapatan dan generasi. Data dikumpulkan dari 260 responden di Jabodetabek melalui kuesioner dan dianalisis dengan Structural Equation Model (SEM) menggunakan SmartPLS. Hasil menunjukkan intimate self-disclosure signifikan mempengaruhi epistemic value, sementara environmental concern mempengaruhi social value dan epistemic value. Spending self-control tidak signifikan mempengaruhi kedua nilai konsumsi. Social value dan epistemic value signifikan mempengaruhi purchase intention. Income tidak memoderasi hubungan tersebut, sedangkan generation memoderasi pengaruh intimate self-disclosure terhadap social value dan social value terhadap purchase intention. Studi ini berkontribusi pada literatur pemasaran digital dan perilaku konsumen, serta memberikan panduan praktis bagi industri kuliner dalam strategi pemasaran melalui influencer.

The culinary industry in Indonesia has experienced significant growth driven by globalization, changes in consumer behaviour, and increased awareness of sustainability. Data from the Indonesian Creative Economy Agency shows that the culinary sub-sector contributed 41.4% to the creative economy in 2016. This study examines the influence of social media influencers' characteristics (intimate self-disclosure, environmental concern, and spending self-control) on consumption values (social value and epistemic value) and consumer purchase intention, as well as the moderating roles of income and generation. Data were collected from 260 respondents in the Greater Jakarta area using questionnaires and analysed with Structural Equation Modeling (SEM) via SmartPLS. Results show that intimate self-disclosure significantly influences epistemic value, while environmental concern affects both social value and epistemic value. Spending self-control does not significantly influence either consumption value. Both social value and epistemic value significantly impact purchase intention. Income does not moderate these relationships, whereas generation moderates the influence of intimate self-disclosure on social value and social value on purchase intention. This study contributes to digital marketing and consumer behaviour literature, providing practical guidance for the culinary industry in designing marketing strategies through influencers."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gebyar Mekkah
"ABSTRAK
Konsumen mulai mencari informasi dari sumber yang berguna untuk meminimalisir usaha pencarian informasi dan memaksimalkan keuntungan yang dapat mereka dapatkan dengan melihat user-generated review yang dibuat berdasarkan pengalaman konsumen terdahulu. Penelitian ini menganalisis bagaimana user-generated review dapat mempengaruhi minat beli konsumen pada konteks layanan rekomendasi tempat makan Zomato. Adapun user-generated review pada penelitian ini ditinjau dari motif konsumen untuk menggunakannya sebagai sumber informasi yang dipercaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 135 pengguna Zomato di Jakarta dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa user-generated review memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pengguna Zomato pada suatu kafe.

ABSTRACT
Consumers tend to seek information from useful sources to minimize the efforts and maximizing their benefits by looking to user generated reviews made by previous consumer rsquo s experience. This research analyzes how user generated reviews can influence consumer rsquo s purchase intention on using Zomato, a where to eat recommendation service. The context of user generated review in this research is derived from its consumer rsquo s motives to using it as a reliable information sources. This quantitative research was accomplished by collecting questionnaires from 135 Zomato users in Jakarta and analyzed with linear regression. The result of this research indicate that the influence of user generated review to purchase intention of Zomato users on a cafe is significant. "
2016
S66554
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meily Dwi Lestari
"Pertumbuhan industri restoran menengah dan atas di Indonesia, khususnya Jabodetabek menjadi semakin pesat. Hal ini mendorong terciptanya kebiasaan makan diluar pada masyarakat Indonesia, khususnya di Jabodetabek. Beragam pilihan restoran dapat membingungkan konsumen terlebih jika konsumen belum pernah mencoba restoran tersebut sebelumnya, sehingga menggunakan situs gastronomi pencarian restoran seperti Zomato Indonesia menjadi alternatif yang dapat dipilih para konsumen sebelum mencoba restoran tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa signifikan faktor-faktor yang terdapat pada Zomato Indonesia dalam mempengaruhi behavioral intention to taste pembacanya (readers), dimana behavioral intention to taste berpotensi dipengaruhi oleh tujuh variabel yang digolongkan kedalam tiga kategori variabel utama yaitu (1) inspiring taste desire (yang terdiri dari variabel: experiencing appeal dan generating empathy), (2) forming taste awareness (yang terdiri dari variabel: providing image, delivering knowledge dan presenting guide), dan (3) facilitating interpersonal interaction (yang terdiri dari variabel: social influence dan cybercommunity influence). Sampel penelitian merupakan para anggota Zomato Indonesia. Data diolah dengan menggunakan metode regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa generating empathy, presenting guide, social influence dan cybercommunity influence secara positif mempengaruhi behavioral intention to taste pembaca (readers). Sedangkan experiencing appeal, providing image, dan delivering knowledge tidak berpengaruh secara positif terhadap behavioral intention to taste.

The growth of the middle and upper class restaurant industry in Indonesia, especially Jabodetabek becoming increasingly rapid. This encourages the eating out habits of Indonesian people, particularly in Jabodetabek. A wide selection of restaurants can confuse consumers, especially when consumers have never tried the restaurant before, so using gastronomy website like Zomato Indonesia can be chosen by consumers before trying the restaurant.
This study aims to determine how significant all factors of Zomato Indonesia in influencing reader's behavioral intention to taste, where behavioral intention to taste potentially affected by the seven variables that are classified into three main categories of variables: (1) inspiring taste desire (which consists of: experiencing appeal and generating empathy), (2) forming taste awareness (which consists of: providing image, delivering knowledge and presenting guide), and (3) facilitating interpersonal interaction (which consists of: social influence and cybercommunity influence). The research samples are Zomato Indonesia members. The data is processed by multiple regression method.
The result shows that the generating empathy, presenting guide, social influence and cybercommunity influence positively affect reader's behavioral intention to taste. While experiencing appeal, providing images, and delivering knowledge do not affect positively reader's behavioral intention to taste.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60690
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kirana Maharani
"ABSTRAK
Penelitian ini menguji pengaruh faktor-faktor dari theory of planned behaviour seperti sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, serta faktor lain seperti keterlibatan ego, motif membalas dendam, dan motif untuk membantu restoran terhadap intensi seseorang untuk menulis ulasan online pada Zomato. Penelitian ini mengumpulkan 279 responden yang tinggal di Indonesia untuk mengisi kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, motif membalas dendam, dan motif untuk membantu restoran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi konsumen untuk menulis ulasan online pada Zomato. Di sisi lain, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan keterlibatan ego secara signifikan memengaruhi intensi konsumen untuk menulis ulasan online pada Zomato. Penelitian ini menerapkan model yang telah diajukan sebelumnya namun untuk kasus yang berbeda yaitu bukan pada suatu restoran melainkan pada suatu platform yang spesifik yakni Zomato.

ABSTRACT
This study examines the effect of the theory of planned behaviour factors such as attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control, as well as other factors such as ego involvement, taking vengeance, and helping the restaurant toward consumers intention to write online review on Zomato. This study collected 279 respondents who lived in Indonesia to fill the questionnaire. The result of this research shows that attitude, taking vengeance, and helping the restaurant does not have significant effect on customers intention to write online review on Zomato. On the other hand, subjective norms, perceived behavioral control, and ego involvement does have significant effect on customers intention to write online review on Zomato. This research applied a proposed model for a different case, which is not for a specific restaurant, but for a specific platform."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Fachria
"Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kehidupan manusia secara umum namun juga berdampak masif terhadap perekonomian dan kesejahteraan bisnis. Di Indonesia salah satu sektor usaha yang paling terdampak pada tahap awal penularan COVID-19 adalah industri penyedia makanan dan minuman. Di industri ini, karyawan mengalami guncangan akibat ketidakstabilan kebijakan yang ada sehingga menimbulkan kecemasan psikologis, apalagi sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan baru seperti pengurangan jam kerja, pemotongan gaji, dan pemutusan hubungan kerja. Dalam hal ini, komitmen organisasi menjadi salah satu aspek yang berharga untuk menjaga keberlangsungan perusahaan dalam menghadapi situasi VUCA. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peneliti mencoba melakukan analisis kuantitatif terhadap 292 responden dengan menggunakan metode structural equation modeling untuk mengetahui pengaruh keadaan modal psikologis dan rasa ketidakamanan pekerjaan terhadap komitmen organisasi karyawan dengan menggunakan aspek keterlibatan kerja sebagai mediator. Hasil penelitian menyatakan bahwa modal psikologis berpengaruh positif terhadap komitmen organisasi. Sebaliknya, ketidakamanan pekerjaan memiliki dampak negatif pada komitmen organisasi. Pengaruh tidak langsung dari keterlibatan kerja memiliki peran signifikan dalam memediasi hubungan antara modal psikologis dan komitmen organisasi, tetapi tidak untuk ketidakamanan pekerjaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi manajemen atau pelaku usaha khususnya pada industri penyedia makanan dan minuman, tentang aspek-aspek apa saja yang penting untuk mempertahankan komitmen karyawan di masa goncangan pandemi COVID-19

The COVID-19 pandemic does not only affect human life but also has massive effect on economics and business welfare. In Indonesia one of the most affected business sectors at the early stage of COVID-19 transmission was food and beverage service. In this sector, employees experience severe shocks due to the unstable existing policies causing psychological anxiety, moreover most of the company was implementing new policy such as reduced working hours, salary deduction, and temporary layoffs. Employee’s organizational commitment is one of the most valuable aspects to maintain company's sustainability in terms of VUCA situation. In this study, we tried to conduct a quantitative analysis of 292 respondents using the Structural Equation Model to know the effect of Psychological Capital and Job Insecurity on Organizational Commitment by using Work Engagement as a mediator. The results state that psychological capital affects employee organizational commitment positively. In contrast, job insecurity has a negative impact on organizational commitment. The indirect effect of work engagement has a significant role in mediating the relationship between psychological capital and organizational commitment, but not for job insecurity. This research is expected to provide new insight for the management or business owners especially in the food and beverage service sector, about which aspects are important to maintain workers during the shock of the COVID-19 pandemic so that both workers and organizations can survive in conditions full of uncertainty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reynaldi
"Glodok merupakan salah satu kawasan unik yang menjadi perhentian moda transportasi MRT fase 2. Glodok telah lama dikenal oleh masyarakat sebagai kawasan pecinan yang kental akan pusat elektronik dan kuliner. Kehadiran pemberhentian MRT pada kawasan Glodok dapat memberi peluang bagi kawasan dan masyarakat sekitar, baik dari segi usaha maupun peluang lainnya. Namun demikian, tanpa perencanaan yang jelas, daya tarik ini dapat perlahan menggusur identitas kawasan Glodok beserta masyarakatnya. Proyek Glodok Culinary Center berada pada sebuah masterplan kawasan TOD baru yang Bernama ‘Neo – Glo(w)dok’. Kawasan TOD baru ini bertujuan untuk menciptakan sebuah lingkungan dimana bisnis, masyarakat, serta identitas Glodok dapat bersinergi dengan tepat, sehingga tidak menghilangkan satu sama lain. Glodok Culinary Center merupakan sebuah pusat kuliner, tidak hanya terdapat proses jual beli makanan, proyek ini dirancang untuk dapat mewadahi proses penyaluran informasi melalui ruang-ruang workshop dan kelas memasak. Dengan kehadiran Glodok Culinary Center, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkannya tidak hanya untuk meningkatkan perekonomian melalui penjualan makanan, namun dapat melestarikan baik resep maupun budaya dalam kuliner kepada khalayak umum, serta menjadi pusat komunitas kuliner di Glodok.

Glodok is one of the unique areas that will be a stop for the MRT phase 2 transportation mode. Glodok has long been known by the public as a Chinatown area that is thick with electronic and culinary centers. The presence of the MRT stop in the Glodok area can provide opportunities for the area and surrounding communities in terms of business and other opportunities. However, without thoughtful planning, this attraction can slowly erode the identity of the Glodok area and its people. The Glodok Culinary Center project is located in a new TOD masterplan called 'Neo - Glo(w)dok'. This new TOD area aims to create an environment where business, community, and Glodok's identity can synergize appropriately, so as not to eliminate each other. Glodok Culinary Center is a culinary center, not only for the buying and selling of food, the project is designed to accommodate the process of information distribution through workshops and cooking classes. With the presence of Glodok Culinary Center, it is hoped that the community can use it not only to improve the economy through food sales, but can preserve both recipes and culture in culinary to the general public, and become the center of the culinary community in Glodok.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Grace Sheila Jonatan
"Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran makanan dan minuman terhadap pilihan makanan siswa remaja di Jakarta. Empat SMP dan empat SMA di Jakarta dipilih secara sengaja. Data dikumpulkan melalui delapan focus group discussions dengan siswa remaja kelas 7-12. Wawancara mendalam dilakukan dengan informan utama termasuk orang tua, guru, serta penjual makanan di kantin sekolah. Analisis data dilakukan melalui coding dan menentukan tema yang muncul dari transkrip verbatim. Lima tema ditemukan dari analisis data. Pertama, paparan pemasaran makanan dan minuman mempengaruhi pilihan makanan dengan menciptakan kesadaran. Berikutnya, remaja terpengaruh oleh pemasaran makanan dan minuman lewat peningkatan minat terhadap pilihan makanan. Ketiga, remaja membuat keputusan pada pilihan makanan sebagai hasil dari interaksi beberapa faktor. Selanjutnya, tema keempat menunjukan faktor yang penting untuk mengulang konsumsi atau pembelian. Terakhir, ada pengaruh online delivery application terhadap pemilihan makanan remaja. Penemuan studi ini mendorong sektor kesehatan atau pendidikan untuk membuat pendidikan nutrisi yang interaktif pada platform digital. Studi ini juga menyarankan dibuatnya regulasi untuk pemasaran makanan dan minuman yang menargetkan khusus pada remaja. Terutama makanan dan minuman yang mengandung lemak trans, serta tinggi lemak jenuh, gula, atau garam.
This qualitative study aimed to explore the influence of food and beverage marketing towards food choice among adolescent students in Jakarta. Four junior and senior high schools in Jakarta were purposively selected. Data was collected through eight focus group discussions with adolescent students grade 7 12. In depth interview was done with key informants including parents, teachers, and food sellers in the school canteen. Data analysis was done through coding and determining themes that emerged from the verbatim transcripts. Five themes were found from data analysis. First, the exposure of food and beverage marketing influenced food choice by creating awareness. Next, adolescents were influenced by food and beverage marketing through enhanced interests towards food choice. Third, adolescents made actions on food choice as a result of the interplay of several factors. Next, the fourth theme pointed out factors that were important to repeat consumption or purchases. Finally, there was an influence of online delivery application towards food choice among adolescents. Findings of this study encouraged health or education sector to create an interactive nutrition education on digital platforms. This study also recommended the regulation of food and beverage marketing specifically aimed at adolescents. Especially on food and beverage that contained trans fat, as well as high in saturated fat, sugar, or salt. "
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>