Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 198917 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arrijal Dzurrahman
"Penelitian ini bertujuan melakukan analisa implementasi ERP dan implikasinya, serta mendalami keberhasilan, hambatan dan juga tantangannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode telaah sistematis atau systematic review. Telaah sistematis digunakan untuk melakukan tinjauan terhadap literatur terkait dengan ERP. Metode telaah sistematis ini diawali dengan kegiatan pencarian literatur / jurnal terkait pembahasan implementasi ERP. Pencarian literatur menetapkan periode pencarian mulai dari tahun 1990 hingga 2016 menghasilkan sebanyak 4,519 jurnal, dan terdapat 10 jurnal yang memenuhi kriteria. Informasi juga dikumpulkan melalui in-depth interview dengan pihak yang memiliki keterkaitan. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu tidak semua faktor kritikal dibahas pada penelitian ini dikarenakan penggunaan data sekunder sebagai bahan analisis.

This study aims to analyze the implementation of ERP and its implications, as well as explore the successes, obstacles and challenges. It was conducted using systematic review method. Systematic review is used to perform a review of the literature related to the ERP. Systematic review begins with a literature search journals related to the discussion of ERP implementations. Literature searching period starting from 1990 to 2016, resulted as many as 4.519 journals, and 10 journals that meet the inclusion criteria. Information were also gathered through in depth interviews with related parties. The limitations of the study were not all critical factors discussed because it uses secondary data for analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67123
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sonya Marthayori
"Penelitian ini menganalisis tentang Critical Success Factor yang berpengaruh terhadap implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ dan peran stakeholder PT XYZ dalam mendukung keberadaan Critical Success Factor tersebut dilihat dari perspektif pengguna ERP di PT XYZ. Critical Success Factor dalam penelitian ini terdiri dari 13 faktor dan penulis dapatkan dari salah satu jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 faktor tersebut, semuanya berpengaruh terhadap implementasi ERP di PT XYZ. Penelitian juga menunjukkan bahwa peran stakeholder akan sangat menentukan keberhasilan implementasi ERP di suatu perusahaan.

This research analyzes Critical Success Factor that influence the implementation of Enterprise Resource Planning (ERP) system at PT XYZ and role of PT XYZ stakeholders in supporting the existence of these Critical Success Factor based on ERP users perspective at PT XYZ. These Critical Success Factor consist of 13 factors and obtained from one of scientific journal. This research shows that all of 13 factors had an impact on ERP implementation at PT XYZ. This research also shows that the role of stakeholders will greatly determine the success of ERP implementation in a company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sigalingging, Paulus Manuturi
"Skripsi ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan yang mendasari antara komitmen organisasi dan keberhasilan Enterprise Resource Planning (ERP) implementasi di perusahaan. Selain itu, dua dari faktor penentu keberhasilan terkuat, yaitu budaya organisasi dan kepemimpinan, dan strategi manajemen perubahan akan diidentifikasi apakah mereka memiliki pengaruh langsung terhadap komponen komitmen organisasi, yang afektif, normatif, dan komitmen berkelanjutan. Selain itu, analisis dan penggabungan beberapa model yang berkaitan dengan faktor-faktor keberhasilan dan komponen organisasi diperlukan untuk menjelaskan hubungan dan implikasinya terhadap keberhasilan implementasi dari ERP tersebut.
Ada bukti kuat untuk membuktikan bahwa dua faktor penentu keberhasilan memiliki pengaruh langsung yanh kuat pada komitmen afektif dan normatif. Lebih dari itu, implikasi ini menghasilkan beberapa keunggulan dan manfaat, seperti lingkungan kerja yang kolaboratif , perilaku kewargaan organisasional ( OCB/ Organizational Citizenship Behavior), perilaku mengorbankan diri karyawan demi kepentingan organisasi, dan keberhasilan dari pengadopsian sistem ERP. Di sisi lain, komitmen berkelanjutan memiliki kecenderungan kecil untuk meningkatkan kesuksesan implementasi karena dua faktor, yaitu lingkungan eksternal seperti krisis ekonomi dan tingkat pengangguran diluar kontrol organisasi secara keseluruhan . Maka dari itu, hubungan-hubungan ini dapat meningkatkan tingkat produktivitas karyawan dalam perusahaan dan tingkat kehadiran, yang tentunya membawa manfaat terhadap proses implementasi ERP.
Kesimpulannya, komitmen organisasi karyawan memang memiliki pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan implementasi ERP. Namun, masih ada kebutuhan untuk melakukan penelitian statistik di masa depan dan eksperimen untuk mengukur tingkat komitmen organisasi berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi ERP. CEO dapat memperoleh manfaat dari penelitian ini untuk memberikan panduan yang jelas dalam membina komitmen organisasi melalui budaya organisasi yang sempurna untuk ERP, kepemimpinan yang sesuai, dan strategi manajemen perubahan yang tepat untuk memperlancar proses implementasi ERP. Selain itu, ada beberapa keterbatasan dan rekomendasi akademis yang tertera di karya ilmiaah ini yang terletak pada bab terakhir."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56425
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hikariati, Yoshiko
"Tesis ini mengidentifikasi risiko yang mempengaruhi pasca implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) melalui persepsi para operator dan pengguna layanan sistem ERP di PT Indofarma Tbk terhadap aspek kemungkinan, dampak dan frekuensi terjadinya peristiwa risiko yang timbul pada tahap pascaimplementasi sistem ERP.
Hasil penelitian menemukan 34 risiko harus dicermati oleh perusahaan dalam rangka perbaikan layanan sistem ERP di masa mendatang. Diantara 34 risiko tersebut, risiko yang paling mempengaruhi pascaimplementasi sistem ERP perusahaan didominasi oleh risiko yang berhubungan dengan organisasi dan sumberdaya manusia yang terlibat dalam sistem ERP baik sebagai operator maupun pengguna sistem bukan risiko yang berakar dari permasalahan teknis.

This thesis identifies risks that could affect post-implementation system of Enterprise Resource Planning (ERP). The risks were identified as a result from the perception of the operators and user ofERP system at PT Indofarma Tbk on the probability, impact and frequency of risks that occurred post-implementation of the ERP system.
This study also identifies 34 risks that should be carefully monitored by the Company in order to improve the ERP system in the future. Amongst these risks, it was evident that the most critical risks to post implementation of the ERP system is related to organization and human resources that are involved in the ERP system both who functions as the operators and system users which implies that these risks are not originated to technical matter.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32283
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Puspadewi Natalia Yosoenarto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kerangka yang dapat digunakan untuk menilai kesiapan perusahaan dengan skala usaha kecil dan menengah dalam mengimplementasikan Enterprise Resource Planning ERP . Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara. Penelitian ini melakukan studi empiris pada jurnal penelitian terdahulu, serta studi kasus pada tiga perusahaan dengan skala kecil dan menengah yang bergerak pada bidang manufaktur di Indonesia. Narasumber perusahaan studi kasus adalah para manajemen puncak yang memiliki akan terlibat dalam pengimplementasian ERP. Kerangka tersebut memiliki tiga domain utama yaitu teknologi cth. perubahan sistem, infrastruktur, keuntungan relatif, kemudahan penggunaan, hasil inovasi, sumber daya, penugasan tim, pembentukan tim, dan pengetahuan dan keahlian , organisasi cth. keselarasan objektif, perubahan proses, dukungan pimpinan, cakupan, perencanaan risiko, uji kelayakan, bantuan konsultan, ukuran perusahaan, dan manajer proyek , dan lingkungan cth. budaya, mekanisme pengambilan keputusan, komunikasi, kompetitor, jenis industri, dan mitra dan target pasar . Kerangka kesiapan tersebut kemudian diuji pada perusahaan studi kasus untuk menilai kesiapan mengimplementasikan sistem ERP. Model kerangka penilaian kesiapan akan membantu menilai kesiapan perusahaan dalam mengimplementasi sistem ERP, serta mengidentifikasi variabel yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kesiapan perusahaan tersebut.

This study aims to develop a framework that can be used to assess a SMEs'company's readiness to implement Enterprise Resource Planning ERP . This study used qualitative approach with interviews. This study also use an empirical study in relevant researches and case studies at three SMEs manufacturing company in Indonesia. Correspondent from the case study companies are top management officers that will be involved in ERP implementation process. This framework consists of three domains, i.e. technology e.g. system change, infrastructure, relative benefits, ease of use, innovation result, sources, team assignation, team creation, and knowledge and skill , organizational e.g. aligned objective, process change, top management support, scope, risk planning, feasibility study, consultant, company's size, and project manager , and environment e.g. culture, decision making mechanism, communication, competitor, industry type, and partner and target market . The readiness framework then used to test case study companies to assess its readiness to implement ERP system. The readiness framework model can help the company identify untouchable variable in order to increase the company's readiness."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Alviansyah Kuswidyatama
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesan implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) di PT AG dengan menggunakan DeLone-McLean Information System Success Model. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square-Structural Equation Method (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga dimensi kualitas sistem informasi yaitu kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan tidak berdampak signifikan terhadap penggunaan berkelanjutan, namun berdampak signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna. Tingkat kepuasan pengguna berdampak positif terhadap penggunaan berkelanjutan namun tidak berdampak signifikan terhadap net benefit pengguna. Penggunaan berkelanjutan sistem ERP berdampak signifikan terhadap net benefit pengguna.

This research aims to analyze factors that affecting Enterprise Resource Planning (ERP) implementation success on PT AG using DeLone-McLean Information System Success Model. Partial Least Square-Structural Equation Method (PLS-SEM) is used as analysis method. The results showed that three quality dimensions of information system such as system quality, information quality and service quality are not significantly affected on extended use, but they are significantly affected on user satisfaction. Moreover, user satisfaction has significant impact on extended use, but it has no significant impact on user?s net benefit. Extended use of ERP system has significant impact on user?s net benefit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S65971
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Listya Zufri
"ABSTRAK
Proses order management merupakan salah satu proses pada supply chain management yang memiliki peran penting terkait dengan kepuasan pelanggan dan keuntungan yang akan didapatkan perusahaan. Untuk dapat terus bersaing dengan kompetitor dan dapat responsif dalam memenuhi kebutuhan pelanggan diperlukan rekayasa proses bisnis dengan metodologi Business Process Reengineering (BPR) demi meningkatkan efisiensi proses. Metode IDEF0 digunakan untuk memetakan dan menganalisis proses bisnis saat ini. Dari penelitian, yang dilakukan dengan empat skenario, menghasilkan rancangan proses bisnis baru dengan penurunan 22,45 hari.

ABSTRACT
Order management process is one of supply chain management process, which has an important role related to the customer satisfaction and profit of the company. The company should reengineering their business process to compete with other company and responsive to customer needs using Business Process Reengineering (BPR) in order to efficiency improving their business process. IDEF0 method is used tomap, review, and analyze existing business process. In this research, the existing and new business process design is simulated using Igrafx and the result shows reduced process time by 22,45 days.
"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harianja, Kristian
"[ABSTRAK
Tesis ini dilakukan dengan tujuan apakah faktor-faktor seperti dukungan manajemen, partisipasi manajemen, komitmen manajemen, manajemen perubahan, dan kepuasan pengguna mempengaruhi keberhasilan sebuah implementasi ERP di PT Rahayu Santosa, sebuah perusahaan karoseri bus di Indonesia. Telaah kepustakaan digunakan sebagai langkah awal untuk dijadikan dasar penelitian. Kemudian dilakukan survei dan wawancara untuk mendapatkan informasi di lapangan sebagai bentuk konfirmasi dari teori yang ditelaah. Responden adalah seluruh pengguna Acumatica ERP di PT Rahayu santosa. Hasil penelitian menghasilkan faktor kepuasan pengguna, manajemen perubahan, dan komitmen manajemen menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan implementasi ERP di PT Rahayu Santosa.

ABSTARCT
This thesis is aimed to see wheter top management support, top management participation, top management commitment, change management, and user satisfaction influencing success in ERP (Enterprise Resource Planning) implementation in PT Rahayu Santosa, an Indonesian-based carroserrie company. This thesis is started with literature exploration to see what factors that commonly influence a success and also failure in ERP implementation. Then, survey and interview were conducted to confirm explorated literature with field reality. Survey and interview revealed that user satisfaction, change management, and top management commitment are factors which significantly influence success of ERP implementation., This thesis is aimed to see wheter top management support, top management participation, top management commitment, change management, and user satisfaction influencing success in ERP (Enterprise Resource Planning) implementation in PT Rahayu Santosa, an Indonesian-based carroserrie company. This thesis is started with literature exploration to see what factors that commonly influence a success and also failure in ERP implementation. Then, survey and interview were conducted to confirm explorated literature with field reality. Survey and interview revealed that user satisfaction, change management, and top management commitment are factors which significantly influence success of ERP implementation.]"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kathy Priscilla Glory
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan ERP dalam kegiatan akuntansi perusahaan terutama dikaji dari perspektif akuntan dan ahli Teknologi Informasi (TI) serta mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna ERP. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Principal Component Analysis untuk membantu mengidentifikasi variabel keunggulan ERP serta metode Ordinary Least-Squares Regression untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna. Penelitian ini menemukan keunggulan ERP dari tiga dimensi, yaitu Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan. Selain itu penelitian ini juga menemukan tidak adanya perbedaan perspektif yang signifikan tentang keunggulan ERP antara akuntan dan ahli TI, serta mengungkapkan dimensi yang mempengaruhi Kepuasan Pengguna. Kualitas Sistem merupakan faktor memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, sedangkan Kualitas Informasi dan Kualitas Layanan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengguna.

This study aims to determine ERP excellences in accounting activities in the company particularly studied from the perspective of accountants and IT professionals, and also investigate the dimensions that affect ERP user satisfaction. This study use Principal Component Analysis to identify ERP excellences and Ordinary Least-Squares Regression to discovers the dimensions that affect ERP user satisfaction. The empirical evidence finds a number of ERP excellences in accounting activities. No statistically significant differences found between the perception of accountants and IT professionals concerning ERP excellence in accounting activities. System Quality is the dimension that has a significant relationship to User Satisfaction, whereas Information Quality and Service Quality does not have a significant relationship to the User Satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55710
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuda Prawira
"ABSTRAK
Enterprise Resources Planning (ERP) merupakan sistem yang secara luas diterapkan sebagai tulang punggung di banyak perusahaan jasa dan manufaktur. Pada tahap setelah menerapkan sistem ERP, seringkali tantangan yang nyata akan muncul dan risiko yang lebih kritis dapat terjadi. Risiko yang tidak dinginkan pada tahap setelah menerapkan sistem dapat mengubah keberhasilan awal ERP menuju kegagalan dan mengakibatkan kebangkrutan bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap risiko dan membentuk prioritas kontrol risiko setelah menerapkan sistem ERP pada industri di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Define-Measure-Analyze-Improve-Control (DMAIC), metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Performance Evaluation Matrix (PEM), dan Quality Function Deployment (QFD) yang melibatkan dua pendapat ahli, 68 responden,. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 20 risiko yang berada di luar zona kinerja. Metode QFD menghasilkan 5 prioritas kontrol risiko setelah menerapkan sistem ERP.

ABSTRACT
Enterprise Resource Planning (ERP) is a system widely implemented as the backbone in many services and manufacturing industries. At the post-implementation stage, real challenges arise and more critical risks can occur. Unwanted risks in ERP post-implementation can change the initial success of ERP to failure and can also lead to bankruptcy of company's business. The purpose of this study is to assess risk and establish a risk control on post-implemention of ERP in Indonesian Industries. This study uses the Define-Measure-Analyze-Improve-Control (DMAIC) approach, Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Performance evaluation matrix (PEM), and Quality Function Deployment (QFD) method, that involves two expert opinions, 68 respondents. The results of study showed 20 risks beyond the performance zone. QFD method resulted 5 risk control priorities on ERP post-implemention"
2015
S58922
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>