Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 100174 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yoddya Brakumara
"ABSTRAK
Pada era modern ini, persaingan di antara industri fesyen akan menjadi semakin ketat yang menyebabkan perusahaan perlu untuk membuat inovasi sehingga kepuasaan dari konsumen dapat terjaga. Proses pengembngan produk akan menjadi aspek penting di dalam industri fesyen untuk menjaga kualitas dari produk serta memastikan keinginan dari konsumen tetap terpenuhi agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberi nilai tambah bagi perusahaan. Namun permasalahan yang terjadi adalah siklus hidup produk fesyen bertahan lebih pendek dari siklus hidup produk dasar, terlebih lagi semakin bertambahnya fitur fesyen suatu produk, siklus hidup akan semakin menurun atau semakin singkat dan mengakibatkan butuhnya proses pengembangan produk yang dapat menyesuaikan kecepatan siklus hidup dari produk fesyen itu sendiri. PT. Pismatex pemegang merk dagang Gajah Duduk sebagai salah satu pelaku usaha dibidang fesyen sarung perlu menjaga daya saing agar tidak kalah dengan kompetitor baik dalam negeri maupun luar negeri. Upaya yang dilakukan adalah dengan mengefisiensikan waktu pengerjaan pembuatan sarung mulai dari tahap pengembangan ide sampai produk siap dipasarkan dengan mengeliminasi pemborosan yang ada pada rangkaian proses pembuatan sebuah produk menjadi lebih ramping dan efisien. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki proses pengembangan produk pada PT. Pismatex menggunakan metode lean product developmen. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi perbaikan proses pengembangan produk yang didalamnya terdapat perubahan sistem dari berbasis kompetitor menjadi berbasis konsumen dimana dalam perubahan itu digunakan metode conjoint analysis untuk mengetahui preferensi konsumen sehingga meningkatkan efisiensi dan efektifitas dari proses pengembangan produk PT. Pismatex.

ABSTRACT
In this modern era, competition among the fashion industry will become increasingly tight that causes companies need to make innovations so that satisfaction from consumers can be maintained. The process of product development will be an important aspect in the fashion industry to maintain the quality of the product and to ensure the customer 39 s wishes are fulfilled in order to increase customer satisfaction and competitive advantage to the company. But the problem that occurs is the lifecycle of fashion products lasting shorter than the life cycle of the basic product, moreover the increasing fashion features of a product, the life cycle will decrease or shorten and its lead to the product development process that can adjust the lifecycle speed of fashion products itself. Pismatex trademark holder of Gajah Duduk brand as one of the business actors in the field of fashion sarong need to maintain competitiveness so they can compete with competitors both domestically and abroad. Efforts are made by streamlining the workmanship of making the sarong from the idea development stage until the product is ready to be marketed by eliminating waste in the series process of making a product becomes more streamlined and efficient. Therefore, this research is done to improve product development process at Pismatex company using lean product developmen method. The result of this research is recommendation of improvement of process of product development in which there is a change of system from competitor based to consumer based where in the change it used conjoint analysis method to know consumer preference so as to increase efficiency and effectivity of Pismatex product development process."
2017
S67206
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Oktavia
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian internal pada proses pengembangan produk bancassurance dan merekomendasikan tindakan perbaikan atas masalah yang timbul dalam proses pengembangan produk bancassurance. Unit analisis yang digunakan adalah aspek pengembangan produk bancassurance dalam Divisi Wealth Management pada sebuah perbankan terkemuka di Indonesia (PT. X). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara. Penelitian ini membahas mengenai sistem pengendalian internal pada proses pengembangan produk bancassurance yang dievaluasi dengan menggunakan kerangka kerja pengendalian internal COSO (2013) yang terdiri dari 5 (lima) komponen (lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, kegiatan pemantauan) dan 17 prinsip yang mewakili konsep dasar yang terkait dengan setiap komponen. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisis kelemahan beserta upaya perbaikan atas sistem pengendalian internal pada Divisi Wealth Management PT. X. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menurut kerangka kerja pengendalian internal COSO (2013), penerapan sistem pengendalian internal pada Divisi Wealth Management PT. X sudah terbilang baik dan efektif. Namun apabila ditinjau lebih lanjut dalam pelaksanaannya terutama dalam aspek pengembangan produk bancassurance, masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi sistem pengendalian internal pada Divisi Wealth Management PT. X menjadi kurang efektif sehingga sebaiknya dilakukan perbaikan agar tujuan Divisi Wealth Management PT. X dapat tercapai secara optimal.

ABSTRACT
This research aims to evaluate the internal control system in the bancassurance product development process and recommend corrective actions for problems that arise in the bancassurance product development process. The research subject used is the aspect of bancassurance product development in the Wealth Management Division of a leading banking in Indonesia (PT. X). This research uses a descriptive qualitative research method with a case study approach. The data used in this research are collected through observation and interview methods. This research discusses about internal control system in the bancassurance product development process that are evaluated using the COSO's internal control-integrated framework (2013) which consists of 5 (five) components (control environment, risk assessment, control activities, information and communication, monitoring activities) and 17 principles that representing the fundamental concepts associated with each component. Then proceed with analyzing the weaknesses along with efforts to improve the internal control system at PT. X's Wealth Management Division. From this research, it can be concluded that according to COSO's internal control-integrated framework (2013), the implementation of the internal control system in PT. X's Wealth Management Division has been considered good and effective. However, if further reviewed in its implementation, especially in the aspect of bancassurance product development process, there are still several factors that influence the internal control system of PT. X's Wealth Management Division to be less effective so it needs improvements in orders to achieve the goal of PT. X's Wealth Management Division optimally."
2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Amir Perdana
"ABSTRAK
Permasalahan paling dominan yang dialami sub sektor ekonomi kreatif di Indonesia adalah pembiayaan. Crowdfunding adalah cara baru untuk mendapatkan pendanaan melalui internet. Berdasarkan pengamatan, hampir semua reward-based crowdfunding di dunia ditujukan untuk kampanye industri kreatif, sehingga reward-based crowdfunding diyakini mampu membantu perkembangan industri kreatif di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan rancangan situs web reward-based crowdfunding yang sesuai dengan kebutuhan pengguna di Indonesia. Pendekatan Lean Product Process, yang merupakan pengembangan dari Lean Startup, digunakan untuk mendapatkan rancangan situs web yang tepat. Terdapat enam tahapan pada kerangka kerja Lean Product Process dengan masing-masing metode yang berbeda disetiap tahapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Persona untuk menentukan target pengguna, Kano Model untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna, Product Value Proposition untuk menentukan nilai tambah, User Stories untuk menentukan fitur set MVP, User Experience Design Framework untuk membuat rancangan purwarupa, dan Usability Testing untuk menguji purwarupa. Penelitian ini melakukan dua kali iterasi. Pada iterasi pertama diperoleh rancangan situs web clickable mockup, sedangkan pada iterasi kedua diperoleh rancangan situs web interactive prototype.

ABSTRACT
The most dominant problem experienced by sub sector of creative economy in Indonesia is funding. Crowdfunding is a new way to get funds via internet. Based on observations, almost all of the world 39 s reward based crowdfunding is intended for creative industry campaigns, so reward based crowdfunding is believed to help the development of creative industry in Indonesia. The purpose of this research is to get the design of reward based crowdfunding website that suits user needs in Indonesia. The Lean Product Process approach, which is the development of Lean Startup, is used to get the appropriate website design. There are six stages in the Lean Product Process framework with different methods in each stage. The methods used in this study were Persona to determine user target, Kano Model to identify user needs, Product Value Proposition to determine the added value, User Stories to determine the feature set of MVP, User Experience Design Framework to create prototype design, and Usability Testing to test the prototypes. This study conducted two time iteration. In the first iteration, website design of clickable mockup was obtained, while in the second iteration web site design of interactive prototype was obtained."
2017
T48666
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Ashri Boydalexa Bachtiar
"Penelitian ini dilakukan pada lini produksi tablet effervescent di sebuah perusahaan farmasi di Depok, Indonesia. Masalah berawal dari tingginya throughput time (8,89 jam/batch) lini produksi yang belum mencapai target yang diharapkan, yaitu sebesar 7,35 jam/batch. Setelah melakukan penjabaran komponen yang mempengaruhi, didapatkan kontribusi terbesar diberikan oleh reworking time atau jumlah barang defect. Oleh karena itu dibuatlah tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat mengurangi jumlah barang defect sehingga throughput time dapat ditekan. Untuk melakukannya, digunakan pendekatan lean-six sigma dan metodologi DMAIC yang secara sistematis dapat menentukan akar permasalahan serta memberikan rekomendasi perbaikan yang paling sesuai. Hasil pemantauan pelaksanaan implementasi empat (4) dari delapan (8) solusi perbaikan yang diajukan telah menghasilkan 21% penurunan throughput time menjadi 6,98 jam/batch, 12,54% peningkatan sigma level serta penghematan biaya sebesar lebih dari 600juta rupiah per tahun. Penurunan throughput time tersebut menandakan tujuan penelitian ini telah tercapai.

This study was conducted on effervescent line production in a pharmaceutical company at Depok, Indonesia. The main problem was the throughput time value (8.89 hours/batch) that was too high compared to the company’s target, 7.35 hours/batch. After pulling some historical data, reworking time or number of defect products was determined to be the component that had the largest non-value added time contributing to throughput time. Thus, the objective of this study was to recommend some improvement actions which reduce number of defect products and therefore minimize the throughput time value. DMAIC methodology from Lean-Six Sigma approach was used to specify the root cause and provide the most feasible improvement actions systematically. Controlling and monitoring session after implementation of 4 (out of 8) improvement solutions action resulted 21% reduction of throughput time to 6.98 hours/batch, 12.54% of sigma level enhancement and also over 600 million rupiah annual saving. The decreasing of throughput time finalized that the objective of this study was successfully achieved.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59296
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debora Gebby Tumundo
"Insomnia dikarakterisasikan dengan keluhan subjektif mengenai ketidakpuasan terhadap kualitas dan durasi tidur, kesulitan untuk menginisiasi tidur pada jam tidur, atau terbangun di tengah malam. Pengobatan herbal efektif dalam mengatasi gangguan tidur karena mengandung senyawa aktif yang memiliki efek sedatif hipnotik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merancang produk herbal yang membantu meringankan gangguan sulit tidur, menganalisis market dalam negeri maupun luar negeri produk serupa, menganalisis kompetitor produk sejenis, membuat rencana branding produk dan membuat rencana marketing produk. Hasil yang didapat adalah bahan aktif dalam rancangan produk obat herbal ini terdiri dari Valerianae radix extract (Akar Valerian), Myristica frograns semen extract (Biji Pala), Curcumae domestica extract (Kunyit), Alyxia reinwardtii extract (Kulit Pulasari), Foeniculum vulgare extract (Adas), Anacardium occidentale (Daun jambu mete). Masing-masing bahan aktif herbal ini mempunyai zat aktif yang memiliki aktivitas hipnotik sedatif, sehingga bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Berdasarkan analisa pasar, total penjualan produk serupa menurut data IQVIA 2021 adalah sebesar Rp25,786,851,721 dan juga kompetitor pada produk herbal serupa masih minim sehingga membuat peluang bisnis untuk produk herbal ini sangat besar. Berdasarkan tinjauan produksi, PT. Indofarma memiliki kapasitas untuk memproduksi obat herbal. Rencana branding dan marketing akan menggunakan marketing ATL serta BTL untuk meningkatkan penjualan produk.

Insomnia is characterized by subjective complaints of dissatisfaction with sleep quality and duration, difficulty initiating sleep at bedtime, or waking up in the middle of the night. Herbal medicine is effective in overcoming sleep disorders because it contains active compounds that have a sedative-hypnotic effect. The purpose of this research is to design herbal products that help relieve insomnia, analyze domestic and foreign markets for similar products, analyze competitors for similar products, make product branding plans and make product marketing plans. The results obtained are that the active ingredients in the design of this herbal medicinal product consist of Valerianae radix extract (Valerian root), Myristica frograns semen extract (Nutmeg Seed), Curcumae domestica extract (Turmeric), Alyxia reinwardtii extract (Pulasari peel), Foeniculum vulgare extract ( Fennel), Anacardium occidentale (Cashew leaves). Each of these herbal active ingredients has an active substance that has sedative-hypnotic activity, making it useful for treating insomnia. Based on market analysis, total sales of similar products according to IQVIA 2021 data amounted to IDR 25,786,851,721 and also competitors for similar herbal products are still minimal, making the business opportunities for these herbal products very large. Based on the production review, PT. Indofarma has the capacity to manufacture herbal medicines. The branding and marketing plan will use ATL and BTL marketing to increase product sales.
"
Depok: 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Cha`iru Reza
"Penelitian ini dilakukan di Stuja coffee shop dengan tujuan untuk menerapkan konsep Lean Production menggunakan pendekatan Value Stream Mapping (VSM) pada proses pembuatan minuman Es Caramel Latte dan Es Taro. VSM digunakan untuk dapat melihat proses secara menyeluruh sehingga dapat melakukan identifikasi waste di setiap tahapan proses pembuatan minuman Stuja. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif untuk menjelaskan waste serta usulan perbaikan bagi Stuja. Pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung (time study) dan wawancara bersama manajer toko Stuja. Berdasarkan data yang diperoleh pada proses pembuatan minuman Es Caramel Latte dan Es Taro, terdapat beberapa waste seperti waktu menunggu dalam proses pemesanan dan memanggil pesanan pelanggan, perpindahan Barista yang belum efisien, beberapa metode dalam aktivitas proses yang belum sesuai atau belum ada standar durasi pengerjaan, dan pengelolaan persediaan yang belum efektif. Usulan perbaikan seperti pemberian pelatihan, perubahan layout bar, perhitungan waktu baku dan beberapa usulan lain ditargetkan dapat mengatasi waste di Stuja dengan menurunkan cycle time pembuatan Es Caramel Latte sebesar 45,77% dan cycle time pembuatan Es Taro sebesar 49,58%. Penurunan cycle time diperkirakan dapat meningkatkan penjualan Es Caramel Latte dan Es Taro sebesar 15%.

This research was conducted at Stuja coffee shop with the aim to implement the Lean Production concept of Ice Caramel Latte and Ice Taro products with Value Stream Mapping (VSM) approach to see its whole process. By finding the whole process, it is possible to identify waste in each of Stuja’s production process. This research will utilize a descriptive-quantitative approach to define said waste and give suggestions regarding improvements for Stuja. Data is collected through field observations (time-study) and interviews with Stuja’s store manager. According to the data collected from the production of Iced Caramel Latte and Iced Taro, several wastes were found such as Barista’s lead time inefficiency, inappropriate activity processes, and ineffective inventory management. Improvements such as training opportunities, changes in bar layouts, calculations on standard time, and several suggestions are targeted to overcome waste in Stuja by reducing the cycle time for making of Ice Caramel Latte by 45.77% and the cycle time for making of Ice Taro by 49.58%. A decrease in cycle time can be expected to increase sales of Ice Caramel Latte and Ice Taro by 15%."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Ardiansyah
"Bertambahnya jumlah perusahaan start-up, khususnya financial technology (fintech), berdampak signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional Indonesia sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Namun, perusahaan rintisan teknologi lebih banyak gagal daripada berhasil. Studi menunjukkan bahwa start-up yang menerapkan prinsip lean menghasilkan lebih sedikit kegagalan daripada start-up yang menggunakan metode tradisional. Studi ini berupaya untuk mengelaborasi penerapan praktik umum dan tantangan kerangka kerja lean dalam pengembangan produk baru dari start-up berdasarkan tahapan pendanaan mereka menggunakan tinjauan literatur sistematis dan analisis kualitatif. Penulis menganalisis dua puluh delapan publikasi berdasarkan peringkat dan relevansinya, kemudian melakukan wawancara mendalam dengan dua belas informan dari enam start-up. Analisis penelitian mengelaborasi tiga framework implementasi lean start-up mulai dari vision, steer, dan acceleration yang masing-masing memiliki empat variabel yang berbeda. Studi ini mengungkapkan perbedaan mendasar antara masing-masing perusahaan start-up dalam mengimplementasikan lean framework saat mengembangkan produk baru dan masalah yang mereka hadapi. Penelitian tentang start-up lean ini diharapkan dapat digunakan sebagai panduan untuk mengimplementasikan lean start-up dalam pengembangan produk baru dengan mempelajari informasi yang diperoleh dari berbagai start-up berdasarkan tahapannya.

The growing number of start-up companies, especially financial technology (fintech), has a significant impact on Indonesia’s national gross domestic product (GDP), contributing to economic growth. However, tech start-up companies fail more than succeed. Study shows that start-ups that apply lean principles result in fewer failures than start-ups that use traditional methods. This study endeavors to elaborate on implementing general practices and challenges of the lean framework in new product development from start-ups based on their funding stages using a systematic literature review and qualitative analysis. The author analyzed twenty-eight publications based on their ratings and relevance, then conducted in-depth interviews with twelve informants from six start-ups. The research analysis elaborates on three lean start-up implementation frameworks starting from vision, steer, and accelerate, each of which has four different variables. This study reveals fundamental differences between each start-up company in implementing the lean framework when developing new products and the problems they face. This research on lean start-ups is expected to be used as a guide for implementing lean start-ups in new product development by studying information obtained from various start-ups based on their stage."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhwa Rana Sausan
"Studi terbaru menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan memegang peran yang sangat penting dalam menentukan inovasi perusahaan, terutama dalam proses pengembangan produk mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang proses bisnis yang menggabungkan proses pengembangan produk dan manajemen pengetahuan untuk Industri TI karena merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan inovasi tertinggi di Indonesia. Studi ini akan menggunakan kerangka kerja manajemen risiko untuk mengidentifikasi, menghilangkan dan meminimalkan risiko dalam merancang proses pengembangan produk dan kerangka kerja Tiwana akan digunakan dalam merancang cetak biru manajemen pengetahuan. Akhirnya, proses pengembangan produk dan cetak biru manajemen pengetahuan akan digabungkan dan dipetakan sebagai satu proses bisnis yang utuh sebagai pedoman proses inovasi untuk Industri TI di Indonesia

Recent studies have shown that knowledge management holds a very important role in determining a company
innovation, especially when it comes to their product development process. This study aims to design a business
process that will combine both product development process and knowledge management for IT Industry as it is
one of the industries with the highest innovation growth in Indonesia. This study will use risk management
framework to identify, eliminate and minimize risk in designing the product development process and Tiwana’s
framework will be used in designing the knowledge management blueprint. At last, both product development
process and knowledge management blueprint will be combined and mapped as one whole business process as an
innovation process guideline for IT Industry in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oosterwal, Dantar P.
"There may be no more iconic American brand than Harley-Davidson. But like many storied companies, Harley has had to evolve to stay on top and at times its very existence has been threatened. Practically extinct in the mid-1980's, the company began a miraculous turnaround centered on a product development and manufacturing revolution. With dramatic improvements in efficiency and bottom-line results, Harley returned to dominance. At the core of this incredible story was author Dantar Oosterwal, who brings the transformation of Harley-Davidson to life in "The Lean Machine". Filled with crucial lessons for any product development environment, it's also a great American success story."
New York: American Management Association;, 2010
e20440721
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Ella Herlany
"New Product development has become an important part of a company success and survival. In the steel industry where product is the same, every steel companies is vulnerable to price cut. To defend them self, these steel companies need to develop new product that will put them in a better competitive position. This research aims to describe new product development process at PT. Krakatau Steel and the process effected the speed, cost, and quality of the new product. This research is a descriptive research. The new product development process at PT. Krakatau Steel follow a sequential phase. The speed of the development is steel low compare to leading steel company. The cost of the new product development was never evaluated. The company only rely on new product production cost to determine profitability. The quality of the new product conforms with industrial standard because the new products are derivatives of existing and improvement of existing product."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2001
S19205
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>