Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 143990 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Astrid Ardiani
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai kegiatan business coaching pada PT Duta Laserindo Metal, perusahaan UMKM yang bergerak dalam bidang manufaktur jasa pemotongan lembaran metal yang berdomisili di Cikarang. Produk yang dihasilkan antara lain komponen-komponen bagi perusahaan lain, produk arsitektur, dan kiosk. Permasalahan yang terjadi pada PT DLM adalah fluktuasi jumlah produksi yang mempengaruhi komposisi jumlah karyawan. Hackman dan Oldham mengembangkan pengukuran persepsi karyawan terhadap pekerjaannya melalui job diagnostic survey yang didasarkan pada teori karakteristik pekerjaan. Instrumen tersebut juga dapat menunjukkan potensi motivasi dari suatu pekerjaan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai MPS karyawan tergolong rendah, terutama pada aspek autonomy dan feedback. Selanjutnya penulis akan mencoba meningkatkan nilai MPS tersebut melalui pendekatan job enrichment. Karena aspek autonomy tidak dapat diterapkan pada karyawan produksi, penulis akan mengembangkan aspek feedback from the job melalui pembuatan laporan kerusakan produk. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan ini adalah membuat tools perhitungan optimalisasi karyawan dan menerapkan metode job enrichment agar dapat membantu PT DLM untuk meningkatkan produktivitas perusahaan.

ABSTRACT
This thesis examines the business coaching activities at PT Duta Laserindo Metal, a Small and Medium Enterprise SME , which operates in sheet metal fabrication and contract manufacturing service located in Cikarang. The company products are components for other companies, architectural products, and kiosk manufacturing. The main problem of the company is the fluctuations in production volume that affect the number of employees. To measure employees rsquo perceptions of their jobs, Hackman and Oldham developed the Job Diagnostic Survey based on the Job Characteristics Theory JCT . This instrument is also possible to calculate a motivating potential score MPS for a job. The low score results indicate that the employee will not experience high intrinsic motivation from the job, especially on autonomy and feedback. Furthemore, the writer will try to increase the MPS score through job enrichment approach. Because lsquo autonomy rsquo cannot be applied to production employees, the writer will develop lsquo feedback rsquo through the product damage reports.Therefore, the purposes of this paper are to create tools that can calculate the optimization number of employees and apply job enrichment method to help PT DLM improve their productivity."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Restio Rahadyan M P
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan hasil penelitian dan analisa dari proses business coaching yang dilakukan pada PT XZY yang berlokasi di Kawasan Industri MM2100 Cibitung dengan melakukan wawancara dan observasi secara langsung kepada pemilik UMKM. Permasalahan pertama yang ditemukan adalah belum adanya alur proses bisnis yang jelas atas seluruh kegiatan yang terdapat di PT XZY. Permasalahan berikutnya yaitu PT XZY masih belum memiliki sistem penganggaran. Selama ini perusahaan melakukan peninjauan secara keuangan hanya berdasarkan tahun sebelumnya, sehingga penetapan target pendapatan ataupun pengeluaran selama ini hanya didasarkan oleh harga pokok produksi dan beban lainnya. Tujuan dari business coaching ini adalah menerapkan sistem penganggaran perusahaan. Tujuan dari menerapkan sistem penganggaran adalah agar PT XZY dapat menetapkan dan meninjau target penjualan tahun depan dan menetapkan target pengeluaran. Dalam penelitian ini, penerapan sistem penganggaran dilakukan pada PT XZY dan dilakukan proyeksi pada PT XZY dalam berbagai kondisi optimis, moderat atau pesimis.

ABSTRACT
This thesis is the output of business coaching that is conduct at PT XZY which is located in MM2100 Industrial Area, Cibitung. The data collection method that is use in this paper are interviews and observation with SME rsquo s owner as an interviewees. The first problem is the unavailability of company business process flow. The main problem from finance division is PT XZY doesn rsquo t have budgeting system for the company. Currently, the company set their target or expenses based on last year benchmark. The objective of this business coaching is to analyze company rsquo s business process, formulate company rsquo s business model, and impelement budgeting system for the company. The objectives of budgeting system at PT XZY is to help PT XZY setting their target for revenue next year or setting their target for expenses or supervise any kind of expenses. In this thesis, the implementation of the budgeting system was given to PT XZY to make a projection in any kind of condition optimist, moderate or pessimist ."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Fitriyani
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kegiatan business coaching dengan PT Duta Karya Mandiri, UMKM yang memproduksi komponen otomotif dan produk berbahan dasar besi. Produk PT Duta Karya Mandiri adalah komponen bar-headrest untuk kendaraan Xenia dan Avanza yang diproduksi oleh PT Astra Internasional Tbk., dan barang kustom berbahan dasar besi. Tujuan dari tesis ini adalah menerapkan strategi diversifikasi, yaitu perusahaan mengembangkan usahanya dengan menghasilkan produk baru di pasar yang berbada dari bisnisnya selama ini, dengan cara merumuskan produk baru dan harganya. Data yang didapat dari kegiatan business coaching didapat dari wawancara secara mendalam dan terstruktur kepada pemilik UMKM dan melakukan observasi di PT Duta Karya Mandiri. Hasil yang diperoleh dari business coaching adalah menentukan segmentasi produk baru, jenis produk baru yang akan dijual dan harga jualnya, beserta paket penjualan yang disusun dalam bentuk katalog produk.

ABSTRACT
This thesis discusses business coaching process with PT Duta Karya Mandiri, SMEs which produces automotive components and iron based products. PT Duta Karya Mandiri products are bar headrest components for Xenia and Avanza vehicles manufactured by PT Astra International Tbk., and iron based custom items. The purpose of this thesis is to implement a diversification strategy, that is, the company develops its business by producing new products in different markets of its business so far, by formulating new products and the price. The data obtained from the business coaching activities obtained from interviews in depth and structured to the owners of SMEs and make observations in PT Duta Karya Mandiri. The results obtained from business coaching is to determine the segmentation of new products, types of new products to be sold and the selling price, also package sales that arranged in the form of product catalogs."
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49945
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ihsan Indra Oetama
"ABSTRAK
Tesis ini merupakan hasil analisa dari proses business coaching kepada PT Global Asia Pratama dengan melakukan wawancara dan observasi kepada pemilik UMKM. Pada UMKM mempunyai banyak permasalahan terutama pada kinerja tiap fungsi yang tidak optimal dan pencatatan keuangan yang tidak baik. Penambahan pegawai di bidang keuangan, melakukan job enlargement kepada pegawai, perancangan struktur organisasi, formalisasi beban kerja, mengusulkan pembelian perangkat lunak untuk alat pencatatan atau membuat alat pencatatan data yang rapih dan terstruktur adalah usulan model usaha yang diajukan kepada UMKM. Job enlargement dan penambahan pegawai di bidang keuangan bertujuan untuk mengurangi beban kerja pada bagian administrasi, motivasi kerja kepada setiap fungsi dan mengoptimalkan kinerja dari manajemen perhitungan cost benefit analysis terkait penambahan pegawai di bidang marketing dan keuangan sebagai analisa kelayakan dari penambahan manfaat.

ABSTRACT
This thesis is the output of business coaching given to PT Global Asia Pratama through data collection through observation and in-depth interview. SME has a lot of problems regarding to management function performance and financial record. Hiring new employee in financial division, job enlargement, designing new organizational structure, pruchasing a software for recording instruments or make a recording instrument data are business model that addressed to MSMEs. Job enlargement and the addition of financial employees aiming to reduce the workload on the administration function, motivation to every function and optimize the performance of management calculation of cost benefit analysis related to the addition of employees in the field of marketing and finance for analizing feasibility of additional benefits.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Putra Sangaji
"ABSTRAK
Tesis ini merancang value proposition pada kedai kopi yang ingin didirikan oleh pemilik PT. XYZ. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa pemotongan pelat baja. Namun, pemilik PT. XYZ memiliki minat dalam mendirikan kedai kopi dikarenakan mempunyai pengalaman dalam membuat alat sangrai kopi. Kemudian, dengan melihat pertumbuhan tingkat konsumsi dan produksi kopi di Indonesia yang terus meningkat, membuat pemilik PT. XYZ berminat untuk bergerak dalam usaha kopi. Pemilik PT. XYZ belum mampu dalam menentukan nilai-nilai pada kedai kopi yang dapat bersaing dengan kedai kopi lainnya. Penelitian ini akan menggunakan five porter forces, PESTLE analysis, value proposition canvas, value driver tree, value curve analysis dalam menentukan nilai-nilai yang dapat diterapkan pada kedai kopi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kedai kopi harus berperan sebagai tempat yang kondusif untuk beraktivitas atau rehat break time dan menyediakan minuman kopi. Selain itu, kedai kopi juga harus dekat dengan perkantoran, memberikan promo pembelian, dan menyediakan suasana tenang dan nyaman yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung serta dekorasi yang unik. Kemudian, untuk mengelola profit yang dihasilkan pemilik PT. XYZ harus melakukan alokasi modal yang baik dan meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan jumlah penjualan serta mengurangi biaya operasi yang dikeluarkan.

ABSTRACT
This thesis designs the value proposition of the coffee shop that the owner of PT. XYZ. PT. XYZ is a company engaged in steel plate cutting services. However, the owner of PT. XYZ has an interest in establishing a coffee shop because it has experience in making coffee roasting equipment. Then, given the growing rate of consumption and production of coffee in Indonesia, the owner of PT. XYZ is interested to move in the coffee business. Owner of PT. XYZ has not been able to determine the values in coffee shops that can compete with other coffee shops. This study will use five porter forces, PESTLE analysis, value proposition canvas, value tree driver, value curve analysis in determining values that can be applied to coffee shops. From the research results, it can be concluded that the coffee shop should serve as a conducive place to move or break break time and provide coffee drinks. In addition, the coffee shop should also be close to offices, provide purchase promo, and provide a quiet and comfortable atmosphere equipped with support facilities as well as unique decorations. Then, to manage the profit generated by the owner of PT. XYZ must make a good capital allocation and increase revenue by increasing the number of sales and reduce operating costs incurred."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Rahmi Fauzi
"ABSTRAK
Usaha Mikro Kecil dan Menengah berperan secara signifikan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terutama pada industri tekstil busana muslim. Karena potensi pasar yang cukup besar, Ibu Leony terdorong untuk mendirikan suatu badan usaha dengan nama CV Azka Syahrani yang kini telah memiliki pegawai tetap sebanyak 22 orang. Di tengah ketatnya persaingan bisnis, Ibu Leony harus menghadapi permasalahan internal, salah satunya adalah permasalahan sumber daya manusia. Kendala utama yang dihadapi CV Azka Syahrani dalam bidang sumber daya manusia adalah belum memiliki peraturan perusahaan dan belum memiliki pembagian kerja yang jelas. Oleh karena itu, kegiatan business coaching ini akan difokuskan untuk merumuskan peraturan perusahaan dan job description bagi CV Azka Syahrani.

ABSTRACT
Small and Medium Micro Enterprises effects significantly in economic growth in Indonesia, especially in Muslim textile industry. Due to the large market potential, Mrs. Leony was encouraged to establish a business entity under the name CV Azka Syahrani which now already has 22 people. In the midst of intense business competition, Mrs. Leony must face internal problems, one of them is related to human resource. The main obstacle that caused CV Azka Syahrani in the field of human resources is not having company regulation and clear job description. Therefore, this business coaching activity will discuss to formulate company regulations and job description for CV Azka Syahrani"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50488
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Medisa Aris Ginanjar
"Tesis ini membahas hasil dari proses business coaching terhadap UKM yang bergerak dalam bidang makanan di kota Bogor. UKM ini belum memiliki badan hukum, namun sudah memiliki berbagai sertifikat produk sehingga memiliki kualitas standar industri. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha UKM agar dapat memenuhi permintaan pasar sekaligus melakukan efisiensi. Permintaan pasar dicapai dengan melakukan peningkatan kapasitas produksi sedangkan efisiensi dicapai dengan perbaikan struktur biaya. Dengan dicapainya kedua indikator, maka diharapkan UKM ini akan dapat berkompetisi dengan kompetitor yang sudah ada di pasar

The focus of this study is to develop Small Medium Enterprise (SME) Business which runs on Food industries on Bogor. SME needs to create more product in order to grab bigger market opportunity by adopting consignee business model. Another thing is, SME also need to very efficient in order to perform overall cost leadership. This thesis is about helping SME reaching those two objectives by increasing production capacity and improving cost structure."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Veranita Br
"Tesis ini membahas tentang pelaksanaan business coaching yang dilakukan penulis dengan Smart Kid, UKM yang memproduksi mainan edukasi yang terbuat dari kayu. Tujuan utama dari tesis ini adalah pengembangan model bisnis lama menjadi model bisnis baru dengan fokus utama menyelesaikan permasalahan utama dari kegiatan bisnis UKM.
Pengembangan model bisnis yang dilakukan adalah efisiensi proses produksi, manajemen sumber daya manusia, mengatasi permasalahan pada lingkungan kerja dan meningkatkan brand awareness pada masyarakat. Pengembangan ini bertujuan guna mengurangi tingkat keterlambatan produksi sehingga UKM dapat meningkatkan pangsa pasar.
Hasil yang diperoleh dari tesis ini adalah model bisnis yang baru, efisiensi proses produksi sebesar 48%, standard operating procedure (SOP), sistem administrasi yang saling terintegrasi, perubahan sistem kompensasi, tindakan pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja (K3), perubahan nama dan logo UKM, pembuatan website dan media sosial.

This thesis discusses about business coaching process conducted by writer and Smart Kid, SMEs that produce educational toys made of wood. The main objective of this thesis is the development of old business model into a new business model, with main focus to solve the major problem from SME business activities.
The business model development consists of production processes efficiency, human resource management, working environment and increase brand awareness. The purpose of the development is to reduce the production delay time, to enable SMEs to increase their market share.
The results of this thesis are new business model, production process efficiency about 48%, standard operating procedure, integrated administration system, changes of compensation system, health and safety preventive action, changes of brand name and logo, website and social media.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jeral Putra Raspati
"Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia memiliki salah satu kontribusi terbesar terhadap kekuatan ekonomi negara, dimana 99 persen dari total pelaku usaha berasal dari kuadran ini dan jumlah daya serap tenaga kerja hampir mencapai 120 juta tenaga kerja. Jumlah kian terus bertambah, dengan bantuan pemanfaatan terobosan digital yang disebut media sosial. Terlepas dari momentum positif ini, banyak usaha kecil menengah berjuang untuk tumbuh karena mereka masih kekurangan pengetahuan tentang pemasaran digital untuk mempromosikan produk mereka secara efisien dan literasi keuangan terbatas yang menghabambat dalam membuat laporan keuangan mereka, sehingga hal ini membatasi pertumbuhan mereka. Penelitian kualitatif ini mengamati, mengkaji dan menganalisis salah satu usaha mikro yang bergerak di bidang detailing mobil, di mana kami mengidentifikasi masalah inti dari bisnis ini dan memberikan strategi spesifik yang komprehensif untuk memoles sisi pemasaran digital yang masih kurang dimanfaatkan dan sisi keuangan guna meningkatkan kemungkinan untuk berhasil dalam pengejaran mereka dalam memperluas bisnis. Kami menggunakan analisis internal dan eksternal seperti analisis SWOT, business model canvas (BMC), marketing mix dan porter’s five competitive forces.

Small medium enterprise businesses in Indonesia have one of the biggest contributions for its economic buoyancy, where 99 percent of the total business players are coming from this quadrant and the amount of working force absorption capacity is almost reaching 120 million workers. This amount keeps growing as well, with the help from unprecedented utilization of digital breakthroughs called social media. Despite this positive momentum, many small medium enterprise businesses struggled to grow due the fact they still lack the knowledge of digital marketing to promote their product efficiently and financial literacy for their financial report, which limits their growth This qualitative research observes, examines and analyzes one of the small medium enterprises that specialized in car detailing, where we identified the core problems of this business and provide the specific comprehensive strategy to polish the digital marketing side, which is still underutilized and financial side to enhance the possibilities to succeed in their pursuit to expand the business. We use internal and external analysis such as SWOT analysis, business model canvas, marketing mix and porter’s five competitive forces."
2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
hapus4
"Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak perekonomian. Peran penting keberadaan UMKM di Indonesia semakin terasa dalam proses pembangunan ekonomi nasional di Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui proses business coaching, di mana coach membantu coachee (pemilik UMKM) dan serangkaian wawancara terstruktur dan observasi dengan pemilik UMKM Mochibo, sebuah UMKM yang bergerak dalam usaha oleh-oleh khas Kota Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan terkait dengan penyusunan laporan keuangan, dan meningkatkan brand awareness dengan penerapan strategi promosi yang tepat pada UMKM Mochibo. Penelitian ini menggunakan metodologi Analisis Business Model Canvas, Analisis Marketing Mix, Analisis STP, Analisis PESTEL, Analisis Porter's Five Forces, Analisis GAP, Analisis SWOT, dan Analisis Pareto.

In Indonesia, micro, small and medium enterprises (MSMEs) are one of the drivers of the economy. The important role of the existence of MSMEs in Indonesia is increasingly felt in the process of national economic development in Indonesia. This research was conducted through a business coaching process, in which the coach helped the coachee (MSME owner) and a series of structured interviews and observations with the MSME owner Mochibo, an MSME engaged in souvenirs typical of the City of Bogor.
This study aims to analyze problems related to preparing a financial statement, and to increase brand awareness by implementing appropriate promotional strategies at Mochibo MSME. This research uses Business Model Canvas Analysis methodology, Marketing Mix Analysis, STP Analysis, PESTEL Analysis, Porter's Five Forces Analysis, GAP Analysis, SWOT Analysis, and Pareto Analysis.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>