Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 88491 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jacobus W. Danudibroto
"ABSTRAK
pokok permasalahan yang dihadapi adalah beberapa klien
lama meninggalkan Kantor Akuntan HD dan sulit untuk
mendapatkan calon klien potensial seperti klien lama tersebut.
Masalah yang menyebabkan hal tersebut adalah masih lemahnya
pemahaman konsep jasa, belum efektifnya bauran pemasaran dan
belum jelasnya pandangan kemasa depan.
Konsep jasa meliputi pengertian total service (paket
jasa) yang terdiri dari beberapa lapisan jasa, yaitu : core
service, expected service, augmented service dan potential
service. Core service yang merupakan lapisan pertama dari
total service merupakan inti jasa. Inti jasa ini dihasilkan
oleh semua perusahaan jasa dalam satu industri. Perbedaan satu
perusahaan dengan perusahaan lainnya terletak diluar inti jasa
tersebut. Oleb sebab itu persaingan terjadi pada lapisan
diluar inti jasa. Inti jasa dan Kantor Akuntan HD adalah jasa
pemeriksaan, jasa management dan assistance services, jasa
penyusunan sistem akuntansi dan jasa konsultasi perpajakan.
Expected service merupakan kebutuhan minimal klien yang harus
dipenuhi, berhubungan dengan personnel, quality level, service
time, waiting time, supporting equipment dan new ideas.
Augment service adalah suatu usaha memberikan lebih banyak
lagi kepada klien dan pada hanya sekedar memenuhi expected
servicenya Sedangkan potential service meliputi segala
Sesuatu yang mungkin dilakukan untuk menarik klien.
Sifat jasa adalah jasa itu tidak berujud, sangat
bervariasi, tidak Standar, tidak dapat dipisahkan dari pemberi
jasa dan tidak dapat disimpan. Setelah mengetahui hal tersebut
barulah dapat dirumuskan bauran pemasaran jasa. Bauran
pemasaran jasa yang dikenal dengan 7 p (produk/jasa, harga,
lokasi, promosi, partisipasi, penampilan phisik dan proses)
harus dikeloja dengari baik. Variabej. produk/jasa merupakan
inti jasa yang dihasilkan oleb Kantor Akuntan HD. Variabel
harga dan promosi merupakan variabel utama yang harus
dikendalikan oleh partner. Sedangkan variabel partisipasi dan
proses merupakan variabel yang harus dijalankan oleh tingkatan
supervisor kebawah. Variabel lokasi dan penampilan phisik
tidak terlalu diperhatikan.
Pandangan kemasa depan meliputi penentuan identitas,
pelayanan kepada klien, pengembangan sumber daya manusia dan
aspek multi disiplin. Identitas berhubungan dengan membangun
citra Kantor Akuntan HD. Pelayanan kepada klien mengandung
arti untuk membina golongan klien tertentu dengan melakukan
pengembangan sumber daya manusia. Sedangkan aspek multi
disiplin memberikan berbagai macam jasa yang berkaitan dengan
bidang akuntansi seperti penggunaan komputer, menelaah ramalan
keuangan klien dan menjadi ahli di bidang pasar modal.
Pemecahan masalah yang dihadapi Kantor Akuntan HD dapat
dilakukan dengan menanamkan pemahaman konsep jasa, melakukan
mobilisasi dan kombinasi bauran pemasaran jasa secara labih
efektif sehingga dicapai hasil optimal. Pandangan kemasa
depan harus lebih jelas dirumuskan dan dijabarkan kedalam
kebijakan Kantor Akuntan HD, sehingga setiap karyawan
mengetahui arah perkembangan yang akan dituju.
"
1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Buchari Alma
Bandung: Alfabeta , 2014
658.8 BUC m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Trisakti International Center for Service studies FE-Usakti, 2006
JMPJ 2005/2006
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Rambat Lupiyoadi
Jakarta: Salemba Empat, 2013
658.8 RAM m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rusalina Dwiwanti
"Perkembangan situasi perekonomian sekarang akibat dampak krisis moneter yang berawal pada tahun 1997. Industri perbankan nasional merupakan salah satu sektor yang paling merasakan dampaknya. Untuk itu pendapatan bank yang semula hanya mengandalkan bunga kredit sebagai tulang punggung penghasilan bank secara berangsur-angsur akan beralih mengandalkan imbalan atau komisi jasa-jasa yang diberikan (fee based income).
Kustodian sebagai salah satu pelayanan perbankan yang pendapatannya berasal dari fee dapat menjadi berkembang di Indonesia sejalan dengan semakin berkembangnya pasar modal di Indonesia. Kustodian sebagai salah satu layanan yang diberikan Bank "Z" harus mengidentifikasi posisinya, kekuatan, peluang yang dapat dimanfaatkan untuk bersaing, sehingga dapat memformulasikan strategi pemasaran yang tepat.
Dengan menggunakan kerangka perencanaan pemasaran strategik, penelitian diawali dengan mengidentifikasi posisi perusahaan dengan menggunakan GE Matrik, yang penentuan derajat kepentingannya menggunakan metode Proses Hierarki Analitik (PHA). Dengan menentukan perencanaan strategi pemasaran yang selaras dengan strategi yang dipilih.
Dari penelitian yang dilakukan, dihasilkan posisi perusahaan berada pada posisi bertahan dan memelihara. Strategi yang tepat adalah penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Dengan dilakukannya penelitian ini, maka dapat dilakukan strategi pemasaran yang tepat dan hasilnya akan dapat meningkatkan 'fee based income?."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T1441
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rambat Lupiyoadi
Jakarta: Salemba Empat, 2001
658.8 RAM m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ririn Trin Ratnasari
Bogor: Ghalia Indonesia, 2011
658.8 RIR t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Noerdin Soeryagama
"Sektor industri jasa, khususnya jasa pelayanan teknis, akan terus berkembang seiring dengan meningkatnya laju pertumbuhan industri, perkembangan teknologi Industri, dan mulai terbukanya era globalisasi. Sumber institusi penyedia jasa juga akan semakin beragam, tidak hanya dari pemerintah yang bertindak selaku agent of development, tetapi juga akan diikuti dari kalangan perguruan tinggi, dan kalangan swasta lainnya.
Balai Besar Litbang Industri Bahan dan Barang Tehnik (B4T) sebagai salah satu institusi litbang di lingkungan BPPIP, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, telah melakukan kegiatan Jasa Pelayanan Teknis-JPT yang diberikan kepada masyarakat industri. Masalah utama yang dihadapi B4T dalam kegiatan JPT adalah masih lemahnya kemampuan dalam bidang pemasaran dan kinerja organisasi untuk memuaskan pelanggan. Berkaitan dengan akan makin berkembangnya sektor industri jasa dan pasar persaingan yang meningkat, maka B4T harus memiliki strategi pemasaran yang tepat, agar B4T tetap mempunyai daya saing bahkan unggul di masa mendatang. Oleh karena itu, penulisan ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran bagi B4T berdasarkan kondisi internal dan eksternal, maupun posisi B4T dalam pasar yang kompetitif.
Untuk mengetahui lingkungan B4T dilakukan pengumpulan data primer dan sekunder, yang selanjutnya dianalisis melalui SWOT dan AHP. Hasil dari analisis ini diketahui posisi B4T terletak pada Kwadran I, yang mendukung strategi agresif, dan dengan analisis GE matrix diperoleh bahwa B4T berada pada area selective growth, yang menurut A.T. Kearney, B4T harus melakukan evaluasi terhadap potensi kepemimpinannya di pasar melalui segmentasi, mengidentifikasi kelemahannya, dan membangun kekuatannya. Dari analisis strategi generik, B4T dapat menerapkan keunggulan biaya menyeluruh, dan dari strategi bauran pemasaran, B4T lebih sesuai menerapkan strategi harga karena B4T memiliki keunggulan dalam menetapkan tarif jasa yang murah dibandingkan dengan pesaingnya. Namun, dalam kegiatan JPT ini, B4T sebagai institusi pemerintah disarankan untuk lebih menggalakkan upaya pemasaran interaktif, agar tidak kalah bersaing di pasar.

Marketing Strategy of Technical Service (Case Study on the Institute for Research and Development of Material and Technical Product Industry-B4T, Bandung)
Industrial services sector, especially technical services, will be increasing in line with developing of industries, industrial technologies, and globalization era. The provider of such services will vary also, not only from the government institutes that act as agent of development, but also from universities and other private sectors.
The Institute for Research and Development of Material and Technical Product Industry (B4T) as one of the institutes in the Agency for Industrial and Trade Research and Development, Ministry of Industry and Trade has undertaken technical services (JPT-Jasa Pelayanan Teknis) provided for industrial societies. The major constraint faced by B4T is the lack of capability in marketing and organization performance to satisfy the customers. In relation with increasing of industrial services and high competitive market, B4T should have marketing strategies in order to have competitiveness in the market and become a leader in the future. Therefore, the thesis is aimed to formulate the marketing strategies based on B4T's internal and external environment as well as its position in the competitive market.
To understand B4T's atmosphere, the author collected data both secondary and primary, then analyzed using Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats (SWOT) and Analytical Hierarchy Process (AHP). The result of such analysis represent that B4T's position is on Quadroon I, in which the strategy that should be practiced is an aggressive growth (growth oriented strategy). By using General Electric (GE) matrix can be explained that B4T is located on selective growth area, in which according to A.T. Kearney, B4T has to evaluate its potential for leadership via segmentation, identify the weaknesses, and build strengths. Through generic strategy, B4T could implement the total cost advantage in order to create safe position in the long run and achieve superior within industry. Marketing mix strategy suggests that B4T will have better strategy to implement price strategy since B4T has advantage in determining the lowest tariff compared to its competitors. However, in its activities, B4T is urged to activate interactive marketing in order to be competitive in the market.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
T8028
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Udjang Sulaksana
Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1987
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sofjan Assauri
Depok: Rajawali Pers, 2019
658.8 SOF m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>