Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39113 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dostoyevsky, Fyodor, 1821-1881
Jakarta: UI-Press, 1999
P-Pdf
UI - Publikasi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1986
R 617.6 UNI b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
DEKDIKBUD
Jakarta: Depdiknas, 1980,
W3 Ind W80h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ishak
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menggambarkan kebutuhan informasi mahasiswa PPDS Angkatan 2004 FK-UI dalam memenuhi tugas journal reading. Identifikasi tersebut mengenai subjek yang dipilih, manfaat informasi, jenis koleksi, format informasi, sumber informasi dan layanan perpustakaan yang dibutuhkan. Penelitian ini bersifat deskriptif dan dilakukan terhadap 35 mahasiswa yang tersebar pada 24 program studi pendidikan dokter spesialis FK-UI dengan cara menyebarkan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang dipilih dalam memenuhi tugas journal reading umumnya berhubungan dengan program studi responden. Jenis koleksi yang dibutuhkan adalah jurnal ilmiah. Buku, laporan penelitian, tesis/disertasi, dan abstrak juga dibutuhkan mahasiswa sebagai bahan pendukung. Penelitian ini juga dapat menggambarkan bahwa mahasiswa PPDS FK-UI angkatan 2004 cenderung menggunakan jurnal elektronik. Informasi yang diperoleh umumnya dimanfaatkan untuk mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan atau sebagai fungsi aktualisasi informasi (current awareness), khususnya dibidang kedokteran.
Internet merupakan salah satu sumber informasi yang dimanfaatkan mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan informasi, khususnya untuk tugas journal reading. Untuk memenuhi kebutuhan informasi, mahasiswa PPDS memanfaatkan perpustakaan program studi dan perpustakaan FK-UI. Selain itu mereka juga memanfaatkan perpustakaan di luar FK UI, diantaranya perpustakaan Bristol Myers dan Eikman.
Layanan perpustakaan FK-UI yang paling diminati adalah layanan fotokopi dokumen dan layanan penelusuran informasi. Umumnya mahasiswa datang langsung ke perpustakaan FK-UI untuk mencari informasi yang dibutuhkannya. Fasilitas seperti e-mail, telepon dan faksimili tidak pernah digunakan sebagai sarana pencarian infomnasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kebutuhan informasi mahasiswa PPDS Angakatan 2004 dalam memenuhi tugas journal reading berbeda antara satu responden dengan responden lainnya, sehingga berpengaruh pada sumber informasi dan jenis koleksi yang dipilih. Fotokopi dokumen dan layanan penelusuran informasi di perpustakaan merupakan layanan penting bagi mahasiswa dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

The objective of this research is to identify and describe the information need of postgraduate medical students, group 2004, Faculty of Medicine, University of Indonesia, in supporting journal reading assignment This research tries to identify selected subject, information use, type of collections, information format, information resources, and the library service needed. This research was conducted to 35 students from 24 specialist education programs in medical by giving questionnaires.
The result of this research denotes that subject selected in supporting journal reading, generally, related to study program of respondents. To fulfill the assignment, respondents need scientific journal. Students also need the type of collection, such as book, research report, thesisldisertation, and abstract as supported reading. This research also describes that most students of the medical program use electronic journal. Generally, the information got from this research is used to know development of medical science, or as current awareness.
Internet is one of information resources used by the students to fulfill their information needs in supporting journal reading. To fulfill the information, medical students use both the library of Department and Faculty.
Beside that, they also use the library outside the Faculty, such as Bristol Myers Squibb Indonesia and Eijkmen Library.
The need interesting library services of the Medical Faculty are photocopying and information searching. In general, the students visit the library to get information that they need. In searching information, the students never use e-mail, telephone and facsimile. The conclusion in this research is that the information need of postgraduate medical students, group 2004 in supporting their journal reading assignment is different among respondents. So, it influences the choice of information resources and type of collection. The library services, such as photocopy and information searching are important for students in getting information that they need.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15350
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendarto Natadidjaja
"Menghitung biaya pendidikan PSPD FK Usakti di Rumah Sakit Pendidikan Fatmawati merupakan hal yang penting. Tidak saja hal itu berguna bagi FK Usakti dan RS Fatmawati sendiri untuk membuat penghitungan seluruh pendapatan dan pengeluaran dalam penyelenggaraan pendidikan itu secara lebih tepat, tetapi juga dapat menjadi masukan bagi pemerintah selain dapat dipakai sebagai acuan bagi rumah sakit serta fakultas kedokteran lain. Menghitung biaya pendidikan dokter di Rumah Sakit Pendidikan bukanlah hal yang mudah, karena standar untuk itu tidak ada. Khususnya di rumah sakit milik pemerintah yang menjalin kerjasama dalam penyelenggaraan pendidikan dengan fakultas kedokteran swasta. Jadi, menghitung biaya itu semata-mata hanya didasarkanAtaskesepakatan tanpa menyalahi peraturan-peraturan yang mengikat masing-masing pihak.
Hal yang pertama perlu disepakati adalah batasan tentang biaya pendidikan. Kedua, perlu disepakati komponen-komponen biaya yang diikutsertakan dalam penghitungan biaya untuk pendidikan. Ketiga, adalah bagaimana cara masing-masing komponen itu dihitung sebagai biaya pendidikan.
Biaya pendidikan yang mesti dikeluarkan ditujukan untuk memperoleh hasil yang diharapkan, yaitu terselenggaranya suatu program pendidikan yang bagi calon dokter dari FK Usakti harus dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan tujuan pendidikan yang ditetapkan oleh FK Usakti dan pelaksanaannya tertuang dalam isi Piagam Kerja Sama antara FK Usakti dengan Rumah Sakit Fatmawati.
Permasalahan yang timbul disebabkan karena selama ini biaya untuk pendidikan itu hanya ditetapkan secara aktual berdasarkan atas kesepakatan kedua belah pihak semata, tanpa memperhatikan ketentuan-ketentuan normatif yang berlaku. Sementara pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan itu merasa bahwa penetapan secara demikian kurang adil dan tidak sesuai dengan kenyataan.
Penelitian ini membuktikan bahwa biaya pendidikan aktual tidak berbeda dengan bila dihitung secara normatif dalam hal total biaya maupun biaya satuan pendidikan, tetapi amat berbeda dalam pengalokasian biaya tersebut terutama untuk biaya investasi gedung dan biaya untuk gaji/honorarium. Perhitungan secara normative dalam penelitian ini juga memperlihatkan adanya inefisiensi tenaga yang dilibatkan dalam pendidikan.
Berdasarkan hasil yang didapat maka disarankan agar perhitungan biaya pendidikan yang berjalan saat ini segera dikaji kembali dan rekrutmen tenaga yang dilibatkan ditinjau ulang sesuai dengan ketentuan-ketentuan normatif yang ada, untukmenghindarkan dampak negatif terhadap program yang berlarut-larut.

Education Cost for the Medical Doctor Profession Study Program of Trisakti Medical School at Fatmawati HospitalCalculating the education cost of medical doctor profession, study program of The Trisakti Medical School at Fatmawati Hospital is an important work. It could be used not only by both institutions to figure out the real cost of the education program, but it could also be as an input for the government and used as a reference for other medical schools and teaching hospitals as well.
Calculating the medical doctor education cost at a teaching hospital is not an easy work, because there is no standard reference. It is especially true for a government owned teaching hospital which cooperates with a private medical school such as Fatmawati Hospital and Trisakti Medical School. Accordingly, calculating this solely based on agreement made by both institutions without prejudice to the regulations prevailing to the respective parties.
The things need to be agreed upon are, firstly the definition of the education cost itself, secondly the components of cost associated with the education program, and thirdly the manner to calculate the components respectively.
The education cost spent is intended to establish educational program according to the curriculum and the educational objectives provided by Trisakti Medical School, of which implementations are contained in the cooperation agreement between Trisakti Medical School and Fatmawati Hospital.
The problem is that to date the education program is determined only by an agreement without considering the existing normative regulations. Meanwhile, some persons involved in the program feel that such determination is unfair and not in accordance with the fact.
This study shows that the total and the unit cost of the education program calculated on normative basis are equal to the actual cost, but the amount for each cost allocation is significantly different. This is true especially in the case of investment cost for the building and the cost of salary. It also shows that there are inefficiencies in the recruitment of persons involved in this program.
This study suggests to recalculate the education cost and to review the recruitment policies according to the normative values as soon as possible to avoid unexpected impacts of prolonged feeling of unfairness to the program.
x + 101 Pages, 8 Tables, 1 Enclosure"
Depok: Universitas Indonesia, 1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1999
R 378.19 UNI p
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: UI Publishing, 2023
616.96 STA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1989
R 378.598 Uni b
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Wiriadidjaja
"Trauma oklusi adalah kerusakan jaringan periodonsium akibat tekanan oklusal yang melebihi kapasitas adaptasi jaringan periodonsium, tekanan oklusal yang menyebabkan kerusakan tersebut disebut oklusi traumatik. Oklusi traumatik banyak dijumpai di klinik Periodonsia FKG UI, tetapi prevalensi, penyebab dan pola kerusakannya belum pernah diteliti.
Tujuan : mengetahui prevalensi, penyebab dan pola kerusakan akibat oklusi traumatik pada gigi-gigi premolar.
Metode : data diambil dari kartu status pasien peserta PPDGS Periodonsia di RSGMP FKG UI periode 2005-2006. Dianalisa prevalensi, penyebab serta pola kerusakan akibat oklusi traumatik.
Hasil : dari 207 pasien yang diperiksa, didapatkan 98 pasien (47%) atau 392 elemen gigi yang mengalami oklusi traumatik, dari jumlah tersebut 67 gigi (17.1%) adalah oklusi traumatik pada gigi premolar. Penyebab oklusi traumatik yang ditemukan yaitu hambatan oklusal ketika sentrik oklusi (kontak prematur) (16%), hambatan oklusal pada gerak artikulasi (blocking) (70%), bruksism (5%), kombinasi blocking, perbandingan mahkota akar tidak seimbang (PMATS) dan cross bite 2%. Pola kerusakan yang terjadi yaitu resesi gingiva (1 mm-9 mm), kedalaman poket (1 mm?12 mm), kehilangan perlekatan epitel gingiva (1 mm?16 mm), kerusakan tulang alveolar (1/3 servikal-1/3 apikal), dan kegoyangan gigi (kegoyangan derajat 1-kegoyangan derajat 3).
Kesimpulan : prevalensi penyakit periodontal akibat oklusi traumatik pada penelitian ini cukup tinggi. Pada gigi premolar, penyebab yang paling banyak adalah hambatan oklusal pada gerak artikulasi (blocking) dan kerusakan yang terjadi bervariasi dari ringan hingga berat."
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Rizqy Setyarto
"ABSTRAK
Program Pendidikan Dokter Spesialis merupakan integrasi antara pelayanan dan pendidikan. Permasalahan timbul berkaitan dengan pembiayaan pendidikan dokter spesialis antara Fakultas Kedokteran dengan Rumah Sakit terutama berhubungan dengan penentuan biaya pendidikan.. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis besarnya biaya pendidikan di RSUP Dr. Kariadi Semarang sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan menggunakan metode activity based costing . Didapatkan bahwa sumber biaya meliputi biaya alat dan bahan habis, alat medik, alat non medik, gaji karyawan dan honor karyawan. Hasil perhitungan menggunakan metode activity based costing mendapatkan satuan biaya pendidikan sebesar Rp. 2.456.181,34 per mahasiswa per tahun.

ABSTRACT
Program Pendidikan Dokter Spesialis merupakan integrasi antara pelayanan dan pendidikan. Permasalahan timbul berkaitan dengan pembiayaan pendidikan dokter spesialis antara Fakultas Kedokteran dengan Rumah Sakit terutama berhubungan dengan penentuan biaya pendidikan.. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis besarnya biaya pendidikan di RSUP Dr. Kariadi Semarang sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dengan menggunakan metode activity based costing . Didapatkan bahwa sumber biaya meliputi biaya alat dan bahan habis, alat medik, alat non medik, gaji karyawan dan honor karyawan. Hasil perhitungan menggunakan metode activity based costing mendapatkan satuan biaya pendidikan sebesar Rp. 2.456.181,34 per mahasiswa per tahun."
2013
T39036
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>