Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 189388 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmalia Hidayati
"ABSTRAK
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus melakukan perubahan untuk dapat
memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakatnya. Melalui
pembentukan Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) diharapkan menjadi
solusi perizinan warga Jakarta. Salah satu perizinan yang dilanyani oleh BPTSP
adalah IMB. Izin Mendirikan Bangunan merupakan salah satu perizinan yang
terpenting. Akan tetapi lamanya waktu proses penerbitan IMB di BPTSP belum
seperti yang diharapkan. Melalui identifikasi permasalahan dalam pengelolaan
komunikasi pada penerbitan IMB didapatkan faktor-faktor dominan yang
mempengaruhi kinerja waktu. Salah satu faktor yang paling dominan adalah tidak
adanya SOP yang baku. Melalui analisa risiko sebagai solusi permasalahan
diusulkan untuk pembuatan SOP yang ditetapkan dalam peraturan gubernur

ABSTRACT
Jakarta Provincial Government continue to make changes in order to provide the
best service to the community. Through the establishment of Badan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu ( BPTSP ) expected to be a solution permitting the citizens of
Jakarta . One licensing services by BPTSP is IMB . Building permit is one of the
most important licensing. But the length of time the process of IMB in BPTSP
were not as expected. Through the identification of problems in the management
of communication at IMB obtained dominant factors that affect the performance
time. One of the most dominant factor is the lack of standard SOP . Through risk
analysis as proposed solutions to problems for the manufacture of SOP stipulated
in the regulations of the governor"
2016
T46096
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fany Adrianie Bachtiar
"ABSTRAK
Tesis ini menganalisis risiko penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan di Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan PTSP Prov. DKI Jakart dengan menerapkan ilmu mengenai manajemen risiko dan mengaplikasikan penilaian risiko yang digunakan pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dan merupakan penelitian deskriptif, dengan desain penelitian kualitatif kuantitatif yang terpisah. Wawancara, pengamatan, studi kepustakaan dan survei digunakan untuk mengumpulkan data, dan menggunakan fishbone analisis sebagai metode analisis. Hasil penelitian adalah identifikasi risiko, penilaian risiko dan usulan tindakan mitigasi risiko pelayanan perizinan dan non perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan PTSP Prov. DKI Jakarta.

ABSTRACT
This thesis analyzes the risk of licensing and non licensing services in DKI Jakarta Province organized by the Agency of Investment and One Stop Integrated Service DKI Jakarta Province by applying knowledge on risk management and applying risk assessments used at the Financial and Development Supervisory Board. This research is case study research and is a descriptive research, with separate quantitative qualitative research design. Interviews, observations, literature and survey studies are used to collect data, and use fishbone analysis as a method of analysis. The results of the research are risk identification, risk assessment and risk mitigation action proposal of licensing service and non licensing at Dinas Penanaman Modal and PTSP Prov. DKI Jakarta."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yohana Carolina
"Perwujudan peran APIP yang efektif yaitu untuk memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi instansi Pemerintah sesuai mandat pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Dalam mewujudkan peran tersebut, APIP mendorong peningkatan level maturitas SPIP dan level penilaian kapabilitas APIP melalui penetapan kebijakan manajemen risiko dan aktivitas audit internal. Namun implementasi manajemen risiko belum berdampak optimal dalam mengantisipasi permasalahan organisasi dalam mencapai tujuannya dengan masih terdapat temuan kelemahan atas SPIP dan peran APIP yang belum memberikan nilai tambah pada perbaikan pengendalian organisasi. Evaluasi dilakukan untuk memberikan perbaikan atas peran APIP dalam manajemen risiko sesuai dengan prinsip COSO Internal Control Framework (ICF) dan Institute of Internal Auditors (IIA) Standard. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisa perbandingan dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menemukan kelemahan bahwa praktik manajemen risiko baru dalam tahap penerapan dan belum menjadi budaya dalam organisasi, kurangnya kompetensi SDM terkait manajemen risiko, proses manajemen risiko sudah didokumentasikan namun belum terintegrasi dengan proses bisnis dan belum dilakukan tepat waktu. Aktivitas audit internal belum optimal dalam menjamin kualitas manajemen risiko. Diharapkan hasil penelitian memberikan perbaikan peran APIP dalam proses manajemen risiko melalui pedoman, aktivitas audit internal, dan prosedur audit yang tepat.

The embodiment of an effective APIP role is to provide early warning and increase the effectiveness of risk management in carrying out the duties and functions of government agencies according to the mandate in Government Regulation Number 60 of 2008 concerning the Government Internal Control System (SPIP). In realizing this role, APIP encourages an increase in the level of SPIP maturity and the level of APIP capability assessment through the establishment of risk management policies and internal audit activities. However, the implementation of risk management has not had an optimal impact in anticipating organizational problems in achieving its goals with findings of weaknesses in SPIP and the role of APIP which have not added value to improving organizational control. The evaluation is carried out to provide improvements to APIP's role in risk management in accordance with the principles of the COSO Internal Control Framework (ICF) and the Institute of Internal Auditors (IIA) Standard. The research method was carried out in a qualitative descriptive and comparative analysis using a case study approach. The results of the study found weaknesses that risk management practices were only in the implementation stage and had not yet become a culture within the organization, lack of HR competency related to risk management, risk management processes had been documented but had not been integrated with business processes and had not been carried out on time. Internal audit activity is not yet optimal in guaranteeing the quality of risk management. It is hoped that the research results will improve APIP's role in the risk management process through guidelines, internal audit activities and appropriate audit procedures."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhani Ramdhani
"Penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen risiko pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Analisis dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap faktor kapabilitas dan faktor hasil implementasi manajemen risiko berdasarkan pendekatan Risk Management Assessment Framework yang diterbitkan oleh HM Treasury.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPPN di wilayah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pemenuhan unsur-unsur pembentuk faktor kapabilitas dan faktor hasil secara memadai. Namun demikian, hasil penelitian juga menunjukkan perlunya pengembangan terhadap peran strategis seksi teknis terhadap implementasi manajemen risiko, pengembangan terhadap strategi komunikasi risiko bersama stakeholders, serta pengembangan kapasitas SDM untuk mendukung keseluruhan proses manajemen risiko.

This research is a case study that aims to analyze the implementation of risk management in State Treasury Office at Region of DKI Jakarta Province. The analysis is conducted by evaluating the capability and result factors which criterias is adopted from Risk Management Assessment Framework model issued by HM Treasury.
The result shows that implementation of risk management in State Treasury Office at Region of DKI Jakarta Province has fulfill the factors of capability and result. However, the research also find several factors that must be improved in risk management implementation which are improvement in strategic role of technical division, the strategy of risk management communication and partnership, and also human resources competency.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Putri Sortaria Permata
"Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah yang memiliki kerentanan tinggi terhadap bencana. PMI hadir memberikan peningkatan kapasitas penanggulangan bencana melalui program PERTAMA OD/CB. Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah sebuah program berbasis masyarakat dengan pesan utama pengurangan risiko bencana dapat disampaikan dengan pendekatan pengembangan organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Meskipun Program berhasil menyampaikan pesan pengurangan risiko bencana kepada warga Jorong, namun pengembangan organisasi merupakan proses yang berkesinambungan dan membutuhkan proses untuk dapat mencapai sebuah bentuk keberlanjutan. Diperlukan kemitraan yang kuat dengan pemangku kepentingan potensial yaitu Pemerintah Daerah Setempat untuk mencapai keberhasilan program.

Tanah Datar District, in West Sumatera is one of disaster prone area. PMI is working in the community to enhanced their capacity to cope with disaster through Program PERTAMA OD/CB. The objective of research is to describe a disaster risk reduction program in community being delivered by organizational development approach. A Qualitative descriptive research describe eventough Program addressed DRR messages successfuly to the community of Village, but organizational development is a continuous long proccess before it reach a sustainability. Therefore, program need strong relationship with potential stakeholders such as local government to ensure the activity of DRR is maintained well."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35395
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galuh Rizma Maharani
"Salah satu hal yang dilakukan dalam menjamin tercapainya sasaran adalah dengan mengelolarisikonya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi risiko biaya dan waktu pada tahap konstruksi struktur bawah dari bangunan gedung bertingkat tinggi di Jakarta serta bagaimana respon risikonya. Penelitian dilakukan dengan survey kepada para kontraktor utama untuk mengetahui frekuensi dan pengaruh risiko yang kemudian dianalisis dengan AHP. Lalu metode Delphi Technique dilakukan untuk mencapai consensus dari para pakar mengenai hasil penelitian berupa identifikasi risiko dan rekomendasi respon. Hasil penelitian memperlihatkan peringkat risiko yang dominan pada masing-masing tahapan pekerjaan struktur bawah. Lalu, diperoleh pula rekomendasi respon untuk risiko dominan tersebut.

One thing that can be done to guarantee the achievement of the objective is by managing the risks. The objective of this research is to identify the risks on project cost and project time during substructure phase of high-rise building in Jakarta and also how to response ones. This research was done by surveying towards main contractors to discover risks frequency and impacts which are analyzed with AHP afterwards. Next, the Delphi Technique method is performed to reach consensus from the experts about the result of this research which are include risk identification and response recommendation. Then the recommended response for the dominant risks are also collected."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S42455
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Chenny Muljawan
"Manajemen risiko klinis wajib dijalankan rumah sakit dalam upaya menerapkan standar keselamatan pasien. Tujuan penelitian adalah mengetahui penerapan proses manajemen risiko klinis di SHLV. Penelitian kualitatif dilakukan pada periode Maret – Mei 2013, pengumpulan data melalui teknik pengamatan, telaah dokumen dan wawancara mendalam. Informan adalah CEO, Head of Q&R Dept, komite medik, dan PSO. Analisis data dilakukan dengan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan proses manajemen risiko klinis mulai dari menentukan konteks, identifikasi risiko, analisis, evaluasi, pengelolaan, monitoring dan review, serta komunikasi dan konsultasi, dilakukan sesuai standar AS/NZS, ISO 31000:2009. Kendala ditemukan dalam penggunaan risk register serta pelaporan dokter.
Hospitals must apply clinical risk management in order to apply patient safety standards. The purpose of this research is to understand the application of clinical risk management process at SHLV. Qualitative research was done during the period between March – May 2013, gathering information through observation, document studies and in-depth interviews. The informant is the CEO, Head of Q&R Dept, medical committee and PSOs. Data analysis was done by analyzing the content. Research shows that the application of clinical risk management process begins by establish the context, identifying risk, analysis, evaluation, risk treatment, monitoring & review and communication & consultation, in accordance with AS/NZS, ISO 31000:2009 standards. Some constraints were discovered in using the risk register and the reporting done by the physicians."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2013
T36755
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Grace Evasari
"Masih minimnya penelitian tentang analisis risiko food safety, terutama di industri jasaboga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat risiko dalam setiap proses pengelolaan makanan pada catering X. Proses pengelolaan makanan di catering X meliputi proses penerimaan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, persiapan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan jadi/masak, pengangkutan makanan, dan penyajian makanan. Setiap tahapan proses ini mengandung bahaya dan risiko yang dapat mengontaminasi makanan. Penelitian mengacu pada standar Food Safety Risk Analysis FAO/WHO (2006) dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian adalah gambaran penerapan food safety dan tingkat risiko berdasarkan proses pengelolaan makanan.

There is still a lack of studies on food safety risk analysis, especially in the catering industry. This research aims to obtain rating risk level in each process of the food management. The food management processes at catering CV. X include groceries reception, groceries storage, preparation, food processing, food storage, food transporting, and food serving. Each stage of these processes contains hazards and risks that can contaminate food. This research is conducted based on FAO/WHO (2006) Food Safety Risk Analysis and uses qualitative risk analysis. The results of this study show an overview of the implementation of food safety and rating risk level based on the food management processes.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S60068
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisaa Dwiretnani
"Sehubungan dengan kompleksnya perkembangan proyek bangunan gedung, ditemukan fakta bahwa keterlambatan waktu perancangan menjadi masalah rutin yang tidak dapat dihindari sehingga melatarbelakangi penulisan tesis ini yang bertujuan untuk melakukan identifikasi faktor risiko dominan yang terdapat pada pekerjaan perancangan bangunan gedung yang berpengaruh terhadap kinerja waktu perancangan dan membuat respon atas risiko tersebut guna meminimalisir peristiwa dan dampak risiko yang terjadi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur, validasi variabel oleh pakar dan penyebaran kuesioner kepada responden. Adapun datanya kemudian diolah menggunakan software SPSS terkait analisis non parametrik, uji validitas dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, analisis pendekatan risiko berbasis ISO 31000 dan analisis korelasi. Pada akhirnya, didapat 6 faktor risiko dominan yang dinilai sangat mempengaruhi kinerja waktu perancangan sehingga harus dicari penyebab, dampak dan respon risikonya dengan cara melakukan validasi hasil akhir oleh pakar.

Along with the complex development of building projects, it was found that the design time delay becomes routine problem that can?t be avoided, so that the background of this thesis aimed to identify the dominant risk factors of building design work that affect design time performance and make response for that risks to minimize the risk?s occurence and impact. Data collection methods used are literature reviews, validation of variables by expert and questionnaires to the respondents. The data is then processed using SPSS software for non-parametric analysis, validity and reliability test, descriptive analysis, normality test, risk analysis approach of ISO 31000 and correlation analysis. In the end, found 6 dominant risk factors that most affecting design time performance so it must be sought the risk?s cause, impact and response by validate the final results to experts.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42565
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Hargo Wicaksono
"Tujuan dari penelitian adalah untuk merancang model dan matriks Key Risk Indicators (KRI) atau indikator risiko kunci atas risiko-risiko signifikan perusahaan, serta merancang proses penerapannya dalam proses manajemen risiko perusahaan. Penelitian merupakan studi kasus pada PT PJB Services yang bergerak dalam sektor ketenagalistrikan khususnya di bidang operasi dan pemeliharaan pembangkit listrik. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif (metode campuran). Analisis dan perancangan KRI yang dilakukan berupa penentuan akar risiko, indikator pemantauan, serta ambang batas dari risiko-risiko signifikan yang berpengaruh dan berpotensi menggagalkan pencapaian target dan tujuan perusahaan yang tertuang dalam indikator performa kinerja utama. Risiko-risiko yang signifikan tersebut diidentifikasi dari penjabaran risiko strategis yang ditetapkan perusahaan dalam pedoman manajemen risiko tahun 2021, diantaranya risiko kalah bersaing dalam kompetisi pelanggan baru non-PLN grup dan  risiko tingginya angka pencapaian umur piutang perusahaan yang menyebabkan ketidakstabilan kondisi keuangan. Perancangan KRI diharapkan membantu perusahaan untuk melakukan proses pemantauan, terutama terhadap peristiwa-peristiwa yang menjadi indikasi terjadinya suatu risiko. Berdasarkan peringatan dan informasi dini dari KRI, perusahaan dapat melakukan berbagai tindakan mitigasi lebih awal guna mengurangi kemungkinan terjadinya peristiwa risiko maupun dampak yang ditimbulkan oleh risiko tersebut.

The purpose of this research is to design a model and matrix of key risk indicators (KRI) for the company's significant risks, and to design a process for its implementation in the company's risk management process. This research is a case study at PT PJB Services that engaged in the electricity sector, especially in the field of operation and maintenance of power plants. The methods used are quantitative and qualitative (both methods). Analysis and design of KRI is carried out in the form of determining risk roots, monitoring indicators, as well as thresholds for significant risks that affect and have the potential to thwart the achievement of the company's targets and objectives as stated in its key performance indicators. These significant risks were identified from the strategic risk elaboration set by the company in the risk management guidelines for 2021, including the risk of losing out in the competition for new customers non-PLN group and the risk of the company's receivables aging rate being high which can lead to financial instability. The design of the KRI is expected to help the company to carry out the monitoring process, especially to events that are an indication of the occurrence of a risk. Based on early warnings and information from KRI, the company can take various mitigation actions earlier to reduce the possibility of risk events and impacts caused by these risks."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>