Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 237944 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lia Rahmenisa
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh self-image, norma subjektif, perceived value, perceived ease of use, dan perceived usefulness pada intensi penggunaan ebooking pengguna muda di Indonesia dengan studi kasus Booking.com. Responden adalah orang Indonesia berusia 18 - 25 tahun dan belum pernah menggunakan Booking.com. Penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball sampling. Data diolah dengan Structural Equation Modelling (SEM). Jumlah responden valid adalah167 responden. Hasil menunjukkan perceived usefulness dan perceived value berpengaruh positif pada intensi untuk menggunakan layanan Booking.com, namun perceived ease of use tidak. Selain itu self-image dan norma subjektif melalui mediasi TAM mampu mempengaruhi intensi untuk menggunakan.

ABSTRACT
Skripsi ini bertujuan untuk meneliti pengaruh self-image, norma subjektif, perceived value, perceived ease of use, dan perceived usefulness pada intensi penggunaan ebooking pengguna muda di Indonesia dengan studi kasus Booking.com. Responden adalah orang Indonesia berusia 18 - 25 tahun dan belum pernah menggunakan Booking.com. Penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling dan snowball sampling. Data diolah dengan Structural Equation Modelling (SEM). Jumlah responden valid adalah167 responden. Hasil menunjukkan perceived usefulness dan perceived value berpengaruh positif pada intensi untuk menggunakan layanan Booking.com, namun perceived ease of use tidak. Selain itu self-image dan norma subjektif melalui mediasi TAM mampu mempengaruhi intensi untuk menggunakan.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Indonesia, 2016
S62925
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kemala Andiyani
"

Meningkatnya penggunaan teknologi membuat masyarakat beralih untuk memesan tiket pesawat secara daring. Selain itu, kepemilikan smartphone membuat aplikasi menjadi media yang paling sering digunakan untuk melakukan pemesanan. Meskipun demikian, loyalitas pengguna masih menjadi permasalahan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat. Hal ini dikarenakan pengguna masih sering berpindah-pindah layanan secara tidak menentu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perceived value dan hubungannya dengan loyalitas dan kepuasan pengguna aplikasi pemesanan tiket pesawat di Indonesia berdasarkan alasan transaksi pengguna. Faktor-faktor tersebut dikelompokkan berdasarkan siklus transaksi, yaitu pre purchase, purchase, dan post purchase. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 1.160 responden yang pernah melakukan pembelian tiket pesawat melalui aplikasi. Data diolah dengan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) menggunakan AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perceived value, kepuasan pengguna, dan loyalitas pengguna. Selain itu, ditemukan bahwa pengguna hedonic lebih mengutamakan pengalaman sebelum, saat, dan sesudah melakukan transaksi dibandingkan pengguna utilitarian yang lebih mengutamakan transaksi yang cepat, aman, mudah, dan ringkas. Hasil penelitian dapat digunakan bagi penelitian selanjutnya dengan topik serupa dan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dalam mengelola loyalitas pengguna.

 


The use of technology make people switch to order flight tickets by online. In addition, the increasing of smartphone usage makes the application the most often use medium for booking tickets. However, user loyalty is still a problem for flight booking service providers. This is because users still move from one-to-another service provider. Therefore, this study aim to determine the factors that influence perceived value, user loyalty and satisfaction of flight ticket booking applications in Indonesia based on user’s reason to make a transactions. These factors are grouped based on transaction cycle: pre-purchase, purchase, and post-purchase. This study uses a quantitative approach by surveying 1.160 respondents who had purchase flight tickets through applications. Data is processed by Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) using  AMOS 24.0. The results show that there is a relation between perceived value, user satisfaction, and user loyalty. In addition, this study is also found that hedonic users are more prioritize experiences before, during, and after making transactions, utilitarian users who prefer transaction that fast, safe, easy, and concise. The results of this study can be use for further research with similar topics and flight ticket booking service providers to manage user loyalty. 

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesilia Adriyanti
"Pertumbuhan industri akomodasi home-sharing dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. Co-living salah satu industri home-sharing menjadi tren yang menarik dalam real estate perkotaan karena menawarkan fleksibilitas dan adanya akomodasi bersama (share accommodation). Niat untuk memesan akomodasi co-living menjadi faktor penting dalam keberhasilan bisnis home-sharing khususnya pada layanan co-living. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi guest booking intention dengan menggunakan teori atribusi yang terdiri dari variabel reputation, trust, price consciousness, dan perceived value. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 155 masyarakat di JABODETABEK yang pernah menggunakan co-living. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear sederhana dan uji sobel dengan hasil terdapat pengaruh positif dan signifikan antar variabel reputation, trust, price consciousness, dan perceived value terhadap guest booking intention. Selanjutnya, penelitian juga menemukan bahwa reputation memiliki pengaruh positif terhadap guest booking intention yang dimediasi oleh trust. Selain itu, price consciousness berpengaruh positif terhadap guest booking intention yang dimediasi oleh perceived value.

The growth of the home-sharing accommodation industry in recent years has increased significantly. Co-living, one of the home-sharing industries, has become an attractive trend in urban real estate because it offers flexibility and shared accommodation. The intention to book co-living accommodation is an important factor in the success of the home-sharing business, especially in co-living services. This study aims to analyze the factors that influence guest booking intention using attribution theory, which consists of reputation, trust, price consciousness, and perceived value variables. This research uses an explanatory type of research with a quantitative approach by distributing online questionnaires to 155 people in JABODETABEK area who have used co-living. Research data analysis using simple linear regression and the Sobel test shows a positive and significant influence between reputation, trust, price consciousness, and perceived value variables on guest booking intention. Moreover, the study also found that reputation has a positive influence on guest booking intention mediated by trust. Additionally, price consciousness has a positive effect on guest booking intention which is mediated by perceived value."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Zhafira Grasiela Huwaidah
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control terhadap minat wirausaha mahasiswa Universitas Indonesia dan menjelaskan perbandingan minat wirausaha antar rumpun ilmu Sosial Humaniora (Soshum), Sains dan Teknologi (Saintek), dan Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK).
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan teknik penarikan sampel kuota untuk mahasiswa semester akhir. Penelitian ini mengacu kepada theory of planned behavior (Ajzen, 1991) yang menyatakan bahwa sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control merupakan faktor yang mempengaruhi minat, dan minat merupakan prediktor terbaik dari behavior.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap dan perceived behavioral control berpengaruh terhadap minat wirausaha mahasiswa Universitas Indonesia, sedangkan norma subjektif tidak berpengaruh. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara minat wirausaha mahasiswa rumpun ilmu Sosial Humaniora, Sains dan Teknologi, dan Rumpun Ilmu Kesehatan, meskipun mahasiswa Sains dan Teknologi memiliki nilai mean minat wirausaha tertinggi dibandingkan Rumpun Ilmu Kesehatan dan Sosial Humaniora.

This study aims to explain the effect of attitude, subjective norm, and perceived behavioral control toward entrepreneurial intention of University of Indonesia students and to explain the comparison of entrepreneurial intention between Social Humanities, Science and Technology, and health major.
This study used survey method using quota sampling approach to students in their final year. The theory used in this study was from Ajzens Theory of Planned Behavior (1991), which developed the idea that attitude, subjective norm, and perceived behavioral control is the influencing factors of intention and intention is the best predictor of behavior.
The result of this study showed that attitude and perceived behavioral control gave significant effect toward entrepreneurial intention, whereas subjective norm was not give any influence toward entrepreneurial intention. Moreover, this study showed that there is no significant difference in students of Social Humanities, Science and Technology, and Health majors intention toward entrepreneurship, eventhough Science and Technology students had greater mean value than Social Humanities and Health students.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Demetrius Christian Israelli Kia
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan memahami keterkaitan antar variabel di dalam penerimaan terhadap teknologi mobile learning menggunakan model teori TAM. Persepsi aksesibilitas informasi IA hendak diuji efeknya terhadap niat menggunakan BI dengan dimediasi oleh persepsi kemudahan PEU dan persepsi kegunaan PU penggunaan teknologi mobile learning pada 160 siswa SMA di Jabodetabek. Analisis data dilakukan menggunakan PROCESS Macro model 6, untuk mediasi serial majemuk, untuk mengetahui efek langsung, efek mediasi, dan efek total dari IA terhadap BI. Hasil analisis menunjukkan total efek IA ke BI yang didapatkan adalah signifikan c = 1.51, p < 0.001, tetapi efek mediasi yang signifikan ab = 0.81, CI [0.2997, 1.4016] berkontribusi melebihi efek langsung yang tidak signifikan c = 0.70, p = 0123. Penemuan lain juga menyarankan bahwa posisi PEU dan PU sebagai prediktor dipertahankan dan TAM valid untuk digunakan di Indonesia.

ABSTRACT
The present study aimed to understand the linkage between variables, within the context of acceptance towards mobile learning, using the technology acceptance model theory framework. Perceived informational technology was to be tested for its effects on behavioral intention to use mobile learning technology through the mediation role of perceived ease of use and perceived usefulness in 160 high school students in Jabodetabek. Data analysis was done by using PROCESS Macro model 6 for serial multuple mediation to investigate the direct effect, mediated effect, and total effect, of IA towards BI. The analysis results show that the acquired total effect of IA towards BI is significant c 1.51, p 0.001, but the significant mediated effect ab 0.81, CI 0.2997, 1.4016 contributes more than the insignificant direct effect c 0.70, p 0123. Other findings also suggest that the positions of PEU and PU as predictors for the TAM are retained and TAM is valid for use in Indonesia. Keywords mobile learning, technology acceptance model, behavioral intention to use technology, perceived informational accessibility, educational technology."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafidh Mahasin Erianddi Usman
"Perkembangan teknologi financial technology berkembang dengan pesat dan telah banyak produk turunan dari financial technology tersebut. Salah satu produk turunan baru dari financial technology adalah donasi online dimana masyarakat dapat melakukan aktivitas filantropi ditangan mereka sendiri. Sistem ini tergolong baru dan belum dikenal luas oleh masyarakat. Technology Acceptance Model yang dicetuskan oleh Davis pada tahun 1989 digunakan sebagai model untuk mengukur tingkat penerimaan masyarakat atas teknologi/sistem baru. Dikarenakan jasa penerimaan pemberian donasi secara online adalah produk turunan dari fintech, maka banyak produk lain yang menggunakan fintech dari satu perusahaan. Oleh sebab itu unsur kepercayaan dimasukan untuk menambah daya penjelasan dari TAM. Penelitian ini melibatkan 154 responden yang mengisi kuesioner melalui google forms dan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengolahan data menunjukan bahwa benar adanya pengaruh dari persepsi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), persepsi kegunaan (perceived usefulness), dan kepercayaan terhadap sikap terhadap sistem donasi online (attitude). Sedangkan intensi menggunakan sistem donasi online (intention to use) dipengaruhi secara positif oleh sikap terhadap sistem donasi online dan kepercayaan serta dipengaruhi secara negatif oleh persepsi kegunaan.

The development of financial technology has been growing exponentially and has produced countless of derivated product. One of the lastest product derivation from financial technology is online donation in which society can do a philanthropic activities on their fingertip. This system is new thus not all of people know that we can make donation through website/apps/etc. Technology Acceptance Model, introduce by Davis on 1989 has been widely used as model to measure acceptance of a new technology or system. And because online donation system is one of new product of fintech and fintech has been around for sometimes, thats why fintech product is plenty even only on one firm. Thus this is where trust come in to reinforce the explanatory power of TAM. This research involved 154 respondent whom fill their quessionaire via google forms. To estimate the model, Structural Equation Modelling (SEM) is employed. Result of this research shows that perceived usefulness, perceived ease of use, and trust has their own role influencing attitude toward online donation. Intention of online donation usage was positively influenced by attitude and trust. Perceived usefulness gave negative influence toward intention of online donation usage.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Carolina
"

Memasuki era Healthcare 4.0, Indonesia melakakun berbagai upaya dalam meningkatkan penggunaan teknologi digital pada rumah sakit yang ada di Indonesia. Salah satu teknologi yang telah mulai diimplementasikan dan dikembangkan adalah teknologi Rekam Medis Elektronik (RME). Namun dalam implementasinya, masih banyak rumah sakit yang belum mengimplementasikan teknologi RME dengan maksimal. Di dalam penelitian-penelitian sebelumnya disebutkan bahwa kesiapan dan penerimaan suatu teknologi akan mempengaruhi keberhasilan implementasi teknologi tersebut. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan dalam menggunakan teknologi khususnya teknologi RME berdasarkan model Technology Readiness Index 2.0 (TRI 2.0), serta melihat pengaruh setiap variabel terhadap penerimaan teknologi RME yang mengacu pada Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM). Berdasarkan hasil pengukuran skor kesiapan, didapatkan bahwa pengguna RME di berbagai rumah sakit di Indonesia termasuk dalam kategori high technology readiness. Dari analisis yang dilakukan pada penelitian ini, ditemukan bahwa kesiapan teknologi yang tinggi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap penerimaan teknologi RME. Variabel yang ditemukan memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan teknologi RME pada rumah sakit di Indonesia adalah perceived ease of use dan innovativeness. Kedua variabel yang berpengaruh ini kemudian dijadikan dasar untuk membangun strategi dengan menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) sehingga didapatkan atribut yang dijadikan prioritas untuk dilakukan strategi peningkatan atau perbaikan. 


Entering the era of Healthcare 4.0, Indonesia has made various efforts in increasing the use of digital technology in hospitals in Indonesia. One of the technologies that has begun to be implemented and developed is Electronic Medical Record (EMR) technology. But in the implementation of the EMR technology, there are still many hospitals that have not been very successful. The previous studies mentioned that the readiness and acceptance of a technology will affect the successful implementation of the technology. Therefore, this study aims to measure the level of readiness in using technology, especially EMR technology based on the Technology Readiness Index 2.0 (TRI 2.0), and analyzing the effect of each variable on the acceptance of EMR technology using Technology Readiness and Acceptance Model (TRAM). Based on the technology readiness measurement results, it was found that EMR users in various hospitals in Indonesia are in the category of high technology readiness. From the analysis conducted in this study, it was found that high technology readiness had no direct significant effect on the acceptance of EMR technology. Perceived ease of use and innovativeness are the variables that were found to have a significant influence on the acceptance of EMR technology in hospitals in Indonesia. These two influential variables are then used as the basis for building a strategy using Importance-Performance Analysis (IPA) so that the attributes that are prioritized for an improvement strategy are obtained.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Debby Erwina
"Kompetisi dan tantangan pada industri penerbangan semakin ketat, salah satunya akibat semakin banyaknya bermunculan maskapai dengan konsep Low Cost Carrier (LCC) dan kebijakan Open Sky Policy ASEAN pada 2015. Oleh karena itu, tentu sangat perlu bagi maskapai untuk mempelajari hal-hal yang mempengaruhi pelanggannya dalam melakukan pembelian. Melalui metode SEM (Structural Equation Modeling), penelitian ini membahas pengaruh Perceived Quality, dengan variabel mediasi Perceived Equity, Perceived Value, Customer Satisfaction, Expected Switching Cost, & Brand Preference terhadap Repurchase Intention pelanggan maskapai Garuda Indonesia yang beroperasi dengan konsep Full Service Carrier (FSC).
Hasil penelitian ini menunjukkan Brand Preference memiliki efek positif secara langsung atas Repurchase Intention, Expected Switching Cost memiliki efek positif secara langsung terhadap Brand Preference, Customer Satisfaction tidak berpengaruh secara langsung terhadap Brand Preference namun berpengaruh terhadap Expected Switching Cost, Perceived Value tidak berpengaruh terhadap Brand Preference namun berpengaruh terhadap Customer Satisafaction, Perceived Equity tidak berpengaruh baik terhadap Customer Satisfaction maupun Perceived Value, sedangkan Perceived Quality Service memiliki pengaruh positif langsung terhadap Perceived Equity Service dan Perceived Value.

Competition and challenges in the aviation industry is getting tighter, due to the increasing number of airlines with the concept of Low Cost Carrier (LCC) and the Open Sky Policy in 2015. Therefore, it is certainly very necessary for the airlines to learn the things that influence customers in their purchasing decision. Through the method of SEM (Structural Equation Modeling), this study discusses about the influence of Perceived Quality, with mediating variables of Perceived Equity, Perceived Value, Customer Satisfaction, Switching Expected Cost, & Brand Preference towards Repurchase Intention from Garuda Indonesia airline customers that operate with the concept of Full Service Carrier (FSC).
The results of this study showed that Brand Preference has a direct positive effect on the Repurchase Intention, Expected Switching Cost has a direct positive effect on Brand Preference, Customer Satisfaction has no direct influence on Brand Preference but have influence to the Expected Switching Cost, Perceived Value has no effect on Brand Preference but have influence to Customer satisfaction, Perceived Equity has no effect either on Customer Satisfaction or Perceived Value, while Perceived Quality Service has a direct positive effect on Perceived Equity Services and Perceived Value.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T38597
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Triandika Ramadhan
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana iPhone sebagai suatu merek smartphone dapat menghasilkan intensi pembelian ulang melalui daya tarik estetis, kultural, dan utilitarian yang ditawarkan produknya. Faktor- faktor tersebut akan menghasilkan gengsi/prestise bagi pengguna iPhone, yang berujung pada timbulnya intensi pembelian ulang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif, dengan pengolahan data menggunakan structural equation modeling SEM . Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membentuk intensi pembelian ulang, produk iPhone harus mampu untuk membentuk gengsi/prestise bagi para penggunanya.

This study focuses on how iPhone as smartphone brand manages to form repurchase intention of its customers through their aesthetics, cultural, and utilitarian appeal. These factors will eventually form a prestige for its users, which in the end will shape the customers repurchase intention. This study uses a quantitative method, with the design of a descriptive study, and data processing SEM. The result of this study shows that in order to form repurchase intention, iPhone would have to generate a prestige associated with the use of iPhone."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dila Fitriza Rulevy
"Saat ini, bentuk pembelajaran baru yang mengkombinasikan teknologi meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan diproyeksikan akan meningkat lebih banyak di tahun-tahun mendatang. Tren pembelajaran baru ini telah digambarkan sebagai revolusi e-learning.  Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar program e-learning menunjukkan tingkat kegagalan yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran tradisional. Mengingat semakin meningkatnya ketergantungan dan ketersediaan teknologi di dunia modern, dan potensi ekonomi yang tersedia untuk organisasi, sangat penting untuk memahami faktor-faktor yang dapat menyebabkan peningkatan adopsi e-learning dalam konteks organisasi. Studi ini akan melihat intensi karyawan untuk menggunakan e-learning, dengan mengembangkan Technologycal Acceptance Model (TAM) dengan melihat pengaruh dari faktor-faktor berikut, seperti learning goal orientation, management support, computer self efficacy, dan enjoyment. Penelitian ini dilakukan terhadap 213 responden penelitian di sebuah perusahaan yang memiliki e-learning dengan menggunakan kuesioner. Data yang didapatkan dianalisa menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software AMOS. Hasil menunjukkan bahwa dari empat variabel, learning goal orientation, dan enjoyment memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perceived ease of use dan perceived usefulness yang berperan sebagai mediasi terhadap intention to use dalam Technologycal Acceptance Model (TAM). Selain itu, variabel tambahan yaitu satisfaction, yang diteliti langsung pengaruhnya terhadap intention to use juga menunjukkan pengaruh positif signifikan.

New form of learning that combines technology has increased in recent years and is projected to increase more in the coming years. This new learning trend has been described as an e-learning revolution. Some recent research shows that most e-learning programs show a higher failure rate compared to traditional learning methods. However, some researches proved that most e-learning programs showed a higher failure rate compared to traditional learning methods. Technology addiction and its availability in the modern world, and the economic potential for organizations, make it important to understand the factors that might lead to increase e-learning adoption in the organizational context. This study will see the intention of employees to use e-learning, by extending Technological Acceptance Model (TAM) using some other related factors, such as goal orientation learning, management support, computer self efficacy, and enjoyment. This study was conducted on 213 respondents in a company that owns e-learning using a questionnaire. Data obtained were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) using AMOS software. The results show that of the four variables, learning goal orientation, and enjoyment have a significant positive effect on perceived ease of use and perceived usefulness, which acts as mediation towards the intention to use in the Technological Acceptance Model (TAM). In addition, an additional variable, which is satisfaction, proved a significant positive effect to intention to use."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T54638
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>