Ditemukan 158033 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Reyhan Mauladi Besila
"
ABSTRAKTesis ini membahas kegiatan business coaching pada agen pos Asha Zafhina yang merupakan UMKM yang bergerak di bidang jasa ekspedisi, bedomisili di daerah Ciangsana. Agen pos merupakan usaha berbentuk kemitraan antara PT.Pos Indonesia dengan individu. Produk utama yang ditawarkan UMKM ini adalah jasa pengiriman surat dan barang. Permasalahan yang menjadi topik utama penulisan tesis ini adalah kondisi keuangan UMKM yang relatif mengalami kerugian setiap bulannya dikarenakan kurangnya masyarakat atau konsumen yang menggunakan jasa UMKM ini.
Tujuan dari penulisan tesis ini adalah untuk memberikan gambaran tentang analisis laporan keuangan UMKM, memberikan gambaran apakah UMKM ini dapat menghindari kerugian melalui analisis break even point (BEP) serta usulan strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan dengan cara memperluas jaringan konsumen.
ABSTRACTThis thesis discusses the business coaching activities in the postal agent Asha Zafhina which are MSMEs engaged in freight forwarding services, located in Ciangsana?s area. Postal agent is a business in the form of a partnership between PT.Pos Indonesia and an individual. The main products offered by MSMEs are mail and goods delivery services. The problem that became the main topic of this thesis is the financial condition of MSMEs that relatively losses every month due to lack of people or consumers who use the services of these MSMEs.The purpose of this thesis is to provide an overview of the analysis of financial statements of MSMEs, gives an idea whether MSMEs can avoid losses through the analysis of break-even point (BEP) as well as the proposed marketing strategy to increase revenue by expanding the network."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Andinna Eva Habiba
"
ABSTRAKPeran UMKM yang sangat luas, baik dalam penyerapan tenaga kerja maupun sumbangan pada Produk Domestik Bruto menyebabkan sebuah NGO bernama Women For the World tertarik untuk membina para UMKM. Usaha mikro pada makanan ringan adalah salah satu binaan Women For the World. UMKM ini berharap agar saluran distribusinya dapat meluas, namun belum memiliki kapasitas yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk mencapai tujuan utama tersebut, beberapa tujuan antara dibuat agar UMKM memenuhi kapasitas tersebut secara bertahap. Hasil dari program business coaching ini adalah UMKM berhasil mencapai salah satu tujuan antara dan masih terus berporses untuk mencapai tujuan utama.
ABSTRACTThe huge role of SMEs, both in creating employment and its contribution in producing Gross Domestic Product invite a NGO, named Women For the World intereted in developing these SMEs. One of micro-scale entreprise in snacks build upon to do expansion of its distribution channel, however, it needs more capacity to make it comes true. To reach its goal, some intermediate goals created to make the SME fulfill the capacity gradually. The result of the business coaching program is the SME can reach one of intermediate goals and still in process to reach the final go."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Jeral Putra Raspati
"Usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia memiliki salah satu kontribusi terbesar terhadap kekuatan ekonomi negara, dimana 99 persen dari total pelaku usaha berasal dari kuadran ini dan jumlah daya serap tenaga kerja hampir mencapai 120 juta tenaga kerja. Jumlah kian terus bertambah, dengan bantuan pemanfaatan terobosan digital yang disebut media sosial. Terlepas dari momentum positif ini, banyak usaha kecil menengah berjuang untuk tumbuh karena mereka masih kekurangan pengetahuan tentang pemasaran digital untuk mempromosikan produk mereka secara efisien dan literasi keuangan terbatas yang menghabambat dalam membuat laporan keuangan mereka, sehingga hal ini membatasi pertumbuhan mereka. Penelitian kualitatif ini mengamati, mengkaji dan menganalisis salah satu usaha mikro yang bergerak di bidang detailing mobil, di mana kami mengidentifikasi masalah inti dari bisnis ini dan memberikan strategi spesifik yang komprehensif untuk memoles sisi pemasaran digital yang masih kurang dimanfaatkan dan sisi keuangan guna meningkatkan kemungkinan untuk berhasil dalam pengejaran mereka dalam memperluas bisnis. Kami menggunakan analisis internal dan eksternal seperti analisis SWOT, business model canvas (BMC), marketing mix dan porter’s five competitive forces.
Small medium enterprise businesses in Indonesia have one of the biggest contributions for its economic buoyancy, where 99 percent of the total business players are coming from this quadrant and the amount of working force absorption capacity is almost reaching 120 million workers. This amount keeps growing as well, with the help from unprecedented utilization of digital breakthroughs called social media. Despite this positive momentum, many small medium enterprise businesses struggled to grow due the fact they still lack the knowledge of digital marketing to promote their product efficiently and financial literacy for their financial report, which limits their growth This qualitative research observes, examines and analyzes one of the small medium enterprises that specialized in car detailing, where we identified the core problems of this business and provide the specific comprehensive strategy to polish the digital marketing side, which is still underutilized and financial side to enhance the possibilities to succeed in their pursuit to expand the business. We use internal and external analysis such as SWOT analysis, business model canvas, marketing mix and porter’s five competitive forces."
2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Lumbantobing, Evy Charlia
"
ABSTRAKTesis ini membahas mengenai proses Business Coaching pada UMKM yang bergerak di bidang kuliner Betawi yaitu UD Cemilan Jakarta. Business coaching terdiri dari proses diskusi struktural dan diadakan secara berkala untuk membangun kesadaran dan perilaku UMKM sehingga dapat meningkatkan usaha yang dikelolanya. Tujuan dari proses ini adalah membantu UMKM untuk memiliki gambaran mengenai rencana produksi dan penyusunan anggaran modal sebagai dasar pengambilan keputusan investasi dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi.
Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan kesimpulan bahwa perencanaan produksi dengan peningkatan kapasitas produksi minimal 67% dan pemesanan bahan baku secara reguler memungkinkan pengurangan biaya sebesar 47.27%, penggunaan mesin memungkinkan peningkatan kapasitas dan kualitas produk, berdasarkan perhitungan 4 dari 5 kriteria investasi menyatakan investasi layak dilakukan, dan cash flow sensitif terhadap perubahan biaya dan pendapatan, perbedaan 5% dari target menghasilkan 3 dari 5 indikator investasi menjadi tidak layak.
ABSTRACTThis thesis discuss about Business Coaching process in culinary MSME named UD Cemilan Jakarta. Business coaching consists of structural discussions process that held regularly to create awareness and enhance MSME?s owners? behavior, so they can improve their business in the future. The objectives of the process are helping the owner to have a proper production plan and building a capital budgeting proposal. Capital budgeting proposal will be used for evaluation process of new machine investment.The result of the calculation showed that increase the production capacity least 67%, will give possibility of 47.27% cost reduction from raw material through regular purchase. Cost reduction will give extra cash to increase capacity and quality of products. Based on calculations, 4 out of 5 investment criterias stated that investment is feasible, but cash flows are sensitive to cost and revenue differences. Sensitivity analysis shows that 5% deviation from target will lead 3 out 5 indicators of investment are not feasible."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Zaki Hutama
"
ABSTRAKTesis ini merupakan hasil penelitian dan analisa dari proses business coaching yang dilakukan pada UMKM Masato Catur Coating yang berlokasi di kawasan industri MM2100, Cibitung. UMKM Masato Catur Coating merupakan perusahaan jasa pelapisan cat komponen otomotif. Dengan melakukan wawancara dan observasi secara langsung kepada pemilik dan karyawan UMKM ditemukan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yaitu proses bisnis yang dapat terhambat akibat keterbatasan tenaga kerja yang dimiliki, sementara dari segi financial UMKM masih belum mampu untuk merekrut atau menggaji karyawan baru. Tujuan dari business coaching ini adalah mengembangkan Sumber Daya Manusia SDM yang dimiliki UMKM Masato Catur Coating. Tujuan dari pengembangan SDM yang dimiliki UMKM adalah agar setiap karyawan dapat mengerti proses bisnis secara keseluruhan serta menguasai departemen lain melalui perluasan kerja dan pelatihan, serta mengisi kekosongan dari departemen lain apabila terdapat kondisi karyawan yang izin dan berhalangan hadir.
ABSTRACTThis thesis is the result of research and analysis of business coaching process conducted at SME Masato Catur Coating located in industrial area MM2100, Cibitung. SME Masato Catur Coating is an automotive component coating services company. By conducting interviews and observations directly to the owners and employees of the SME, the problem that are found and faced by the SME is a business process that can be hampered due to limited manpower owned, while in terms of the SME rsquo s financial are still not able to recruit or hire new employees. The purpose of this business coaching is to develop the Human Resources HR that are owned by SME Masato Catur Coating. The purpose of developing human resources of the SME is that every employee can understand about the business process as a whole and master other departments through the expansion of work and training, and also fill vacancies from other departments if there are conditions of employees who are permitted and unable to attend."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Steffie Riski Prasetyani
"Tesis ini membahas mengenai pengembangan pemasaran melalui peningkatan identitas produk, perbaikan promosi, dan penambahan channel pada UMKM Kelapa Indung. UMKM Kelapa Indung bergerak pada industri makanan dan minuman, yang menjual produk serundeng. Metode analisis yang digunakan, yaitu STP, bauran pemasaran, peluang pasar, SWOT, dan Gap. Hasil yang diperoleh dari business coaching adalah peningkatan identitas produk dengan melakukan perubahan logo, pengembangan kemasan, perbaikan promosi dengan melakukan perbaikan media sosial dan penambahan website, dan penambahan channel secara online melalui media sosial dan secara offline melalui toko ritel, yaitu pasar swalayan dan pusat oleh-oleh.
This thesis discusses about marketing development through product enhancement, promotion improvement, and channel addition for SME Kelapa Indung. SME Kelapa Indung engages in food and beverage industry that sells roasted coconut product. Analysis methods used is STP, marketing mix, market opportunity, SWOT, and Gap. The results of business coaching are product identity enhancement by changing the logo and developing the packaging, online promotion improvement by improving social media and adding website, and channel addition by online through social media and by offline through retail stores, that is supermarket and merchandise center. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Steffie Riski Prasetyani
"Tesis ini membahas mengenai pengembangan pemasaran melalui peningkatan identitas produk, perbaikan promosi, dan penambahan channel pada UMKM Kelapa Indung. UMKM Kelapa Indung bergerak pada industri makanan dan minuman, yang menjual produk serundeng. Metode analisis yang digunakan, yaitu STP, bauran pemasaran, peluang pasar, SWOT, dan Gap.
Hasil yang diperoleh dari business coaching adalah peningkatan identitas produk dengan melakukan perubahan logo, pengembangan kemasan, perbaikan promosi dengan melakukan perbaikan media sosial dan penambahan website, dan penambahan channel secara online melalui media sosial dan secara offline melalui toko ritel, yaitu pasar swalayan dan pusat oleh-oleh.
This thesis discusses about marketing development through product enhancement, promotion improvement, and channel addition for SME Kelapa Indung. SME Kelapa Indung engages in food and beverage industry that sells roasted coconut product. Analysis methods used is STP, marketing mix, market opportunity, SWOT, and Gap. The results of business coaching are product identity enhancement by changing the logo and developing the packaging, online promotion improvement by improving social media and adding website, and channel addition by online through social media and by offline through retail stores, that is supermarket and merchandise center."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Avila Nadia Putri
"Penelitian ini berupa business coaching yang dilakukan pada UMKM Pecel Madiun Bu Pardi. Studi ini dilakukan dengan metode case study dan menggunakan beragam metode internal dan eksternal yang bertujuan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah yang dihadapi oleh UMKM. Dalam proses penelitian, terdapat masalah pada turunnya penjualan yang diakibatkan oleh pandemi yang sedang berlangsung dan minimnya dalam mempromosikan produknya. Penggunaan dan promosi melalui sosial media belum dikembangkan secara optimal. Selain itu terdapat ulasan beberapa ulasan buruk mengenai pelayanan yang ada di UMKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, terdapat beberapa solusi yang diberikan kepada UMKM untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Untuk menaikkan penjualan dan memperluas pasar dengen segmentasi baru, maka akan dilakukan pengembangan aktivitas promosi melalui media sosial. Selanjutnya, untuk memperbaiki pelayanan dan yang ada, maka akan dilakukan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam segi customer service-nya. Dengan proses business coaching ini diharapkan dapat membantu Pecel Madiun Bu Pardi dan UMKM lainnya untuk dapat meningkatkan produktivitas. Dari hasil kegiatan business coaching, Pecel Madiun Bu Pardi memperoleh kenaikan penjualan dan terjadi perubahan pada pelayanan yang dilakukan oleh karyawan.
This research is in the form of business coaching conducted on MSME Pecel Madiun Bu Pardi. This study was conducted using a case study method and using a variety of internal and external methods that aim to find a solution to a problem faced by MSMEs. In the research process, there were problems with the lack of promotion of their products and a significant decline in sales due to COVID-19. The use and promotion through social media have not been developed optimally. In addition, there are reviews of some bad reviews about the services that exist in MSMEs. To overcome these problems, there are several solutions given to MSMEs to solve problems they face. Promotion activities will be developed through social media to increase sales and expand the market with new segmentation. Furthermore, to improve existing and existing services, a Standard Operating Procedure (SOP) will be made in terms of customer service. With this business coaching process, it is hoped to help Pecel Madiun Bu Pardi and other MSMEs increase productivity. From the results of business coaching activities, Pecel Madiun Bu Pardi received an increase in sales and there was a change in the services provided by employees."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fajar Gumilang Kosasih
"
ABSTRAKRynde Craft adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang menciptakan kerajinan dari koran bekas. Strategi bisnis yang dilakukan oleh Rynde Craft adalah pengembangan pasar untuk menambah jumlah konsumen. Meski sudah berlangsung sejak 2012, pertumbuhan bisnis perusahaan tidak optimal. Setelah memetakan kondisi bisnis, Coach telah mengidentifikasi bahwa masalah utama perusahaan adalah pengembangan jasa pelatihan dan promosi. Tujuan dari tesis ini adalah untuk membantu Rynde Craft dalam mengembangkan jasa pelatihan dan promosi melalui website. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Eksternal, Internal, Pelanggan, dan Analisis Pesaing; SWOT; dan GAP. Hasil dari Business Coaching adalah peningkatan identitas produk dengan pengembangan jasa pelatihan dan peningkatan promosi online dengan membuat website.
ABSTRACT Rynde Craft is a Micro, Small and Medium Enterprise that creates handicrafts from old newspapers. Business strategy undertaken by Rynde Craft is the development of the market to increase the number of consumers. Although it has been going on since 2012, the company 39 s business growth is not optimal. After mapping out the business conditions, the author has identified that the main problem of the company is the development of training and promotion activity. The purpose of this thesis is to assist Rynde Craft in developing training services and promotion through the website. Analytical methods used are External, Internal, Customer, and Competitor Analysis SWOT and Gap Analysis. The result of Business Coaching is the enhancement of product identity with the development of training services and enhancement of online promotion by creating a website."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50506
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Medisa Aris Ginanjar
"Tesis ini membahas hasil dari proses business coaching terhadap UKM yang bergerak dalam bidang makanan di kota Bogor. UKM ini belum memiliki badan hukum, namun sudah memiliki berbagai sertifikat produk sehingga memiliki kualitas standar industri. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha UKM agar dapat memenuhi permintaan pasar sekaligus melakukan efisiensi. Permintaan pasar dicapai dengan melakukan peningkatan kapasitas produksi sedangkan efisiensi dicapai dengan perbaikan struktur biaya. Dengan dicapainya kedua indikator, maka diharapkan UKM ini akan dapat berkompetisi dengan kompetitor yang sudah ada di pasar
The focus of this study is to develop Small Medium Enterprise (SME) Business which runs on Food industries on Bogor. SME needs to create more product in order to grab bigger market opportunity by adopting consignee business model. Another thing is, SME also need to very efficient in order to perform overall cost leadership. This thesis is about helping SME reaching those two objectives by increasing production capacity and improving cost structure."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library