Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 195765 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dyah Ayu Tantri Maharani
"[ABSTRAK
Chanoyu adalah seni upacara minum teh Jepang. Didalam Chanoyu terdapat beberapa unsur pendukung yaitu chashitsu atau ruang teh dan chaniwa atau taman teh. Seni arsitektur chashitsu dan chaniwa mendapatkan pengaruh besar dari ajaran Buddha Zen. Dalam estetika wabi sabi terdapat beberapa konsep keindahan yang berkaitan dengan ajaran Zen Buddha. Konsep-konsep tersebut juga diterapkan dalam desain arsitektur yang ada dalam chashitsu dan chaniwa. Penelitian ini membahas dan membuktikan bahwa didalam chashitsu dan chaniwa terdapat nilai wabi sabi sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh Hisamatsu Shini?ichi.ABSTRACT Chanoyu is the art of the Japanese tea ceremony. Inside chanoyu there are several supporting things like chashitsu or tea rooms, and chaniwa or tea garden. Chashitsu and Chaniwa architectural design got a lot influence from Zen Buddhism. Inside wabi sabi aesthetic beauty there are some beauty aspect that related to the Zen Buddhism. Those concepts also applied in the architectural art of chaniwa and chashitsu. This research discussed and proves that wabi sabi aesthetic values are applied in chashitsu and chaniwa architectural, using Hisamatsu Shinichi?s theory.;Chanoyu is the art of the Japanese tea ceremony. Inside chanoyu there are several supporting things like chashitsu or tea rooms, and chaniwa or tea garden. Chashitsu and Chaniwa architectural design got a lot influence from Zen Buddhism. Inside wabi sabi aesthetic beauty there are some beauty aspect that related to the Zen Buddhism. Those concepts also applied in the architectural art of chaniwa and chashitsu. This research discussed and proves that wabi sabi aesthetic values are applied in chashitsu and chaniwa architectural, using Hisamatsu Shinichi?s theory., Chanoyu is the art of the Japanese tea ceremony. Inside chanoyu there are several supporting things like chashitsu or tea rooms, and chaniwa or tea garden. Chashitsu and Chaniwa architectural design got a lot influence from Zen Buddhism. Inside wabi sabi aesthetic beauty there are some beauty aspect that related to the Zen Buddhism. Those concepts also applied in the architectural art of chaniwa and chashitsu. This research discussed and proves that wabi sabi aesthetic values are applied in chashitsu and chaniwa architectural, using Hisamatsu Shinichi’s theory.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Elita Fitria Azhar
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimanakah nilai-nilai estetika yang terdapat dalam Taman Jepang, khususnya dalam Taman Karesansui.Pengumpulan data dilakukan dengan metode deskriptif analitis, yaitu melalui studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendapatkan data-data yang relevan terhadap penelitian dan kemudian dianalisa.Sedangkan teori yang digunakan dalam bab analisis adalah teori Estetika wabi dan sabi, dan teori Estetika Zen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam taman karesansui terkandung nilai-nilai estetika wabi dan sabi, serta nilai-nilai estetika Zen yang sama-sama ditunjukkan melalui ciri-ciri seperti sederhana, alami, asimetris, tenang, memiliki makna yang dalam, dan mencerminkan adanya esensi waktu.

The Study_s objective is to analyze the aesthetic values found in the art of Japanese Garden, especially in karesansui garden. This study used analytical descriptive method based on literature approach to collect, describe, and analyze data relevant to the objective. Theories used for this analysis are aesthetic theory of wabi and sabi in addition to the Zen aesthetic theory. Conclusion of the analysis shows that in karesansui garden, contains wabi and sabi aesthetic values also the aesthetic values of Zen which both represent the beauty of simplicity, naturalness, asymmetry, tranquility, deep reserve, and the essence of time."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S13633
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pujiasrini Eliza Puteri
"Fokus dari tulisan ini adalah membahas komponen-komponen pembentuk tata ruang chashitsu bergaya sōan berdasarkan konsep wabi-sabi. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk menunjukan chashitsu bergaya sōan merefleksikan nilai estetika wabi dan sabi. Wabi dan sabi merepresentasikan pandangan tradisional Jepang akan keindahan yang fokus pada penerimaan atas ketidaksempurnaan. Wabi merepresentasikan keindahan dalam kemelaratan, kesedihan, kemiskinan, kekecewaan, ketidak sempurnaan, kesederhanaan, dan apresiasi dari proses penuaan. Sedangkan sabi merepresentasikan keindahan dalam seauatu yang pudar, dingin, sepi, terlantar, dan berkarat. Sōan chashitsu adalah ruang minum teh yang dibangun terpisah dari rumah utama. Karena sōan chashitsu mengandung nilai estetika wabi dan sabi, walau hanya berupa bangunan yang kecil, namun mengandung keindahan yang luar biasa.

The focus of this study is in researching the layout components of sōan chashitsu based on the concept of wabi-sabi. The aims of this paper is to show that sōan chasitsu truly reflects the aesthetic of wabi and sabi. Wabi and sabi represents a view of Japanese aesthetic centered on the acceptance of imperfection. Wabi represents beauty through poverty, imperfection, asperity, simplicity, austerity, modesty, and appreciation of natural aging process. Whereas sabi represents beauty through the dull, cold, withered, and rust. Sōan chashitsu is a tea house which built separate from the main house. Because it contains the Japanese aesthetic of beauty of wabi and sabi, even though sōan chashitsu is a tiny building, it contains tremendous amount of beauty."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42332
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Iswidayati Isnaoen
"The trend of a community or nation to keep maintaining its own identity on the one hand, and on the other hand to be forced to face global challenges is an undeniable symptom. Although globalization as a phenomenon of spreading aboard cultural pattern creates as it were a uniform world, on the other hand there are increasing efforts of certain nations in search of their own cultural identity based on local or national traditional roots.
In such a condition, in this dissertation it is called into question how the Japanese people place themselves and realize themselves in the field of art, especially in the art of painting.
The study has the aim to understand and to provide a comprehensive picture on the position of painting as a cultural living expression in the Japanese community; the change of design and its meaning in the contemporary Japanese of art of painting in the 1980-1990 period; the extra aesthetic factor toward change or the preservation of design and its meaning in contemporary Japanese painting; and wabi-sabi as Zen value expressed in the 1980-1990 period of contemporary Japanese painting. The study is specifically directed toward the contemporary paintings exhibited in the Nitten exhibition of the 1980-1990 period.
Study of the problem is carried out in the framework of the following three strategies. The first strategy of quantitative character is used to obtain a general comprehension on the design of Japanese painting in general. The second strategy of qualitative character constitutes an inter-field study by using various concepts as a unity of explanation, while placing "culture? as its main concept. The third strategy by using a semiotic approach, looks at Japanese contemporary painting as signs formed from visual elements and principles.
Research shows that the Japanese art of painting runs parallel to other forms of art, and is not exempt from religious and natural relations. At certain time also as temple decoration. The development of its aesthetic concept is visible from the shift of the Myabi concept- namely aesthetic values which give priority to luxury, influenced by Chinese and Korean traditional values, toward the Hirrabi concept- mainly focused on values of simplicity- which further on were developed by Sen no Rikyu, later known as wabi-sabi. Afterwards Japanese panting was influenced by Western art, having an impact on the change of function, technique and measurement of paintings, with a trend to be accommodated to interior spatial needs. Painting at that time functioned as decorations of doors, walls, or screens.
Research also shows that Zen Buddhism is oen of extra aesthetic factors toward change in Japanese painting. The value of Zen Buddhism, as one of the religions adhered to by the Japanese community, seems to provide a strong impact on art. Zen teaching, reflected in the wabi- sabi aesthetic system cover two factors. First the external factor consisting of spiritual value, moral teachings and a metaphysical basis; and secondly the external factor functioning as support in order to materialize works of art consisting of quality of substance, material, and techniques.
As a conclusion, Zen culture and its teachings have provided a frame for the realization of Japanese art, and have empirically shown a design of art and artistic aspirations, indicated by simplicity and genuineness reflected in the wabi- sabi aesthetics, covering movement in motionlessness, natural values, and comprehensiveness."
Jakarta: Universitas Indonesia, 2002
D529
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reni Perwita Sari
"Jepang merupakan negara yang berhasil mempertahankan kebudayaan tradisionalnya di era modern. Budaya tradisional tersebut adalah upacara minum teh yang penuh makna baik secara spiritual dan material. Chanoyu telah tertanam dalam budaya Jepang dan setiap aspek dalam upacara ini memiliki makna. Chaniwa dan chashitsu adalah elemen penting dalam chanoyu yang memiliki kekhasan pada seni tata ruangnya. Penataan taman, design ruangan dan ornamen yang sederhana mampu mencerminkan kebudayaan tradisional Jepang. Ruangan dengan segala perwujudan bentuk, fungsi dan maknanya senantiasa diatur sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan kesan sederhana, alami serta mengedepankan muatan spiritual dan estetika. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimana penataan pola tata ruang pada chaniwa dan chashitsu.

Japan is a country that has successfully maintained its traditional culture amidst the current modernization. Its cultural tradition is the Japanese tea ceremony, which is both spiritually and materially significant. Chanoyu is embedded deep within the Japanese culture, and every aspect of this ceremony is meaningful. Chaniwa and chashitsu are important elements in chanoyu, where the designs of both elements have a specific uniqueness. The garden design, room design, and simple ornaments in chanoyu reflect the Japanese traditional culture. Its rooms, with all its forms, functions, and meanings are arranged in such a way to create a simple and natural ambience that highlights spiritual and aesthetical qualities. This research attempts to study the pattern of the interior and spatial designs of chaniwa and chashitsu.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Palmosa Teguh Wibawa
"ABSTRAK
Keindahan adalah hal yang telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Walaupun bukan merupakan kebutuhan pokok, keindahan membuat kehidupan manusia menjadi lebih berarti. Setiap individu mempunyai nilai keindahan yang berbeda-beda. Demikian pula dalam cakupan bangsa. Setiap bangsa juga pas ti memiliki ciri keindahannya sendiri.
Nilai keindahan di Jepang mempunyai sejarah perkembangan yang panjang. Tidak hanya perkembangan di dalam negeri, tapi juga mendapatkan pengaruh dari luar, yang memperkaya kebudayaan Jepang.
Shinto dan Buddha adalah agama yang paling banyak dianut orang Jepang hingga saat ini' . Shinto yang sering dikatakan sebagai agama asli bangsa Jepang mempunyai pengaruh besar dalam penghargaan orang Jepang terhadap alam. Dalam pandangan Shinto, segala sesuatu dalam alam memiliki jiwa. Alam adalah sesuatu yang harus dipahami. Alam bukanlah sesuatu yang harus ditaklukkan. Setiap hal dalam alam harus dihargai.
Kebudayaan Jepang telah menerima pengaruh besar dari Buddhisme dan peradaban Cina....

"
2001
S13808
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Fadila Muhammad
"Pengembangan Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral pertama dan terbesar di Indonesia diproyeksikan akan menjadi episentrum baru dari
pergerakan masyarakat di kawasan Jabodetabek. Seiring berkembangnya kawasan Manggarai, kebutuhan masyarakatnya akan turut berkembang
termasuk kebutuhan tersier untuk hobi dan hiburan. Peningkatan minat ini mendorong industri kecantikan untuk terus berinovasi untuk menghadirkan
produk dan pelayanan yang baru. Maka dari itu didirikan Beauty Store & Salon untuk menyalurkan hobi dan kreativitas masyarakat sekitar serta
pengunjung daerah Manggarai.

The development of Manggarai Station to become the first and largest central station in Indonesia is projected to become the new epicenter of
community movement in the Jabodetabek area. As the Manggarai area develops, the needs of its people will also develop, including tertiary
needs for hobbies and entertainment. This increase in interest encourages the beauty industry to continue to innovate to present new products
and services. Therefore, the Beauty Store & Salon was established to channel the hobbies and creativity of the local community and visitors to
the Manggarai area.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Sigma Exacta
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimanakah nilai-nilai estetika yang terdapat dalam kue khas Jepang, wagashi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode deskriptif analitis, yaitu melalui studi kepustakaan yang bertujuan untuk mendapatkan data-data yang relevan terhadap obyek penelitian dan kemudian dianalisis. Teori yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah ini adalah teori estetika Wabi dan teori estetika Zen Buddhisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam wagashi terkandung nilai-nilai estetika wabi dan nilai-nilai estetika Zen yang ditunjukan melalui ciri-ciri seperti alami, sederhana, asimetris, tenang dan makna yang mendalam.

The study's objective is to analize the aesthetic values on found in the art of Japanese confectionery, wagashi. This study used analytical descriptive method based on literature approach to collect, describe and analyze data relevant to the object. Theories used for this analysis are aesthetic theory of wabi and Zen aesthetic theory. Conclusion of the analysis shows that in wagashi, contains wabi and Zen values which both represent the beauty of simplicity, naturalness, asymmetry, tranquility and deep reserve."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47037
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mira Oktarina
"Manusia sebagai bagian dari alam, dimana alam tempat manusia menjalani kehidupan bersama dengan makhluk hidup lainnya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa hubungan antara manusia dengan makhluk hidup lain di alam ini adalah dekat dan saling membutuhkan. Setiap manusia memiliki Cara yang berbeda dalam mengungkapkan kedekatannya dengan alam. Salah satu cara yaitu dengan kegiatan seni. Berawal dari rasa dekat dan kecintaan manusia pada alam, manusia membawa unsur alam tersebut untuk dijadikan objek dalam kegiatan seni. Bila dikaitkan dengan seni Jepang, hal tersebut diperjelas oleh Yashiro Yukio dalam bukunya yang berjudul Characteristic of Japanese Art yang menerangkan bahwa "semua seni adalah sebuah tujuan untuk meniru alam".
Sehubungan dengan seni dan keinginan meniru alam, maka di Jepang berkembanglah seni yang mampu menciptakan miniatur alam dengan memanfaatkan salah satu elemen alam yaitu tanaman. atau pohon, yang dikenal dengan istilah bonsai. Melalui seni tanaman bonsai, manusia mampu menghadirkan unsur alam yang megah kedalam bentuk yang lebih ringkas atau sederhana. Bonsai merupakan tanaman atau pohon yang ditanam dalam pot yang mengerdil secara alami maupun dengan tehnik khusus hingga memberikan kesan pohon yang tua dan kokob, seperti yang terdapat di alam bebas. Bonsai, sebagai suatu tanaman yang kerdil dapat terjadi karena dua hal, yaitu melalui proses alami dan buatan.
Yang dimaksud dengan proses alami adalah bahwa suatu tanaman mengkerdil dikarenakan oleh pengaruh atau perubahan alam. Perubahan alam tersebut bisa berupa pergantian suhu sepanjang hari, terpaan air hujan, maupun sengatan matahari. Kondisi alam tersebut membuat pertumbuhan pohon menjadi terhambat sehingga bentuk pohon pun mengerdil dengan sendirinya. Pohon yang sudah mengerdil tersebut kemudian dipindahkan ke dalam wadah atau pot. Sedangkan yang dimaksud dengan proses buatan adalah, bahwa bonsai bisa dikembangkan mulai dari menyemai bibit, memangkas dan menggunting cabang pohon, memberi kawat pada batang dan cabang pohon, membuat agar akar dapat tumbuh kuat, memberikan nutrisi, air dan juga sinar matahari. Dengan melalui proses tersebut, suatu tanaman bisa menjadi kerdil. Selain dengan menyemai bibit, bonsai dapat dibuat dengan cara stek ataupun pencangkokan. Namun, inti dari kedua proses tersebut adalah pada tanaman bonsai tetap berusaha memunculkan kealamian tanaman seperti yang terdapat di alam bebas."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2001
S13592
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mishael Stefan Haholongan
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan keterkaitan antara arsitektur dan mode pakaian tentang bagaimana hal itu dipengaruhi oleh indera persepsi yang mengambil peran sebagai objek yang diinginkan yang melekat pada kehidupan manusia dalam menciptakan dan mewujudkan norma-norma yang diterapkan pada waktu tertentu. mengenai rasa kesepakatan bersama, mengusulkan ideologi untuk menyatukan atau menentang masyarakat pada intinya berdasarkan periode waktu di mana ia berada dan menentukan identitas komunitas budaya tertentu mengenai nilai kebiasaan dan tradisinya. Esensi-esensi ini diwakili dalam nilai estetika yang terhubung dengan indera persepsi individu dan oleh citra perwujudan fisik arsitektur dan mode pakaian mengenai hubungan konseptual. Konsep yang menembus nilai itu sendiri berbicara kepada manusia melalui representasi visual.

The objectives of this study are to find then interrelationship between architecture and fashion on how it is influenced by the sense of perceptions that take a role as a desirable object that attached to human lives in creating and embodying the applied norms of a certain time-being regarding the sense of collective agreement, proposing ideology to unify or defy the society in its essence based on the period of time where it belonged and determining the identities of a certain cultural communities regarding the value of its habit and tradition. These essences are represented in the value of aesthetics which connects to an individual's sense of perception and by the image of the physical embodiment of architecture and fashion regarding the conceptual relation. The concept that penetrates the value itself speaks to humans through visual representation.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>