Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 31495 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Billa Ashaninka
"Perkembangan teknologi informasi memicu munculnya perusahaan-perusaahan jenis baru, termasuk perusahaan-perusahaan rintisan yang bersifat global, multikultural, dengan anggota yang berlokasi jauh dari satu sama lain seperti Influx.com. Seperti jenis organisasi tradisional, perusahaan jenis ini juga membutuhkan adanya iklim komunikasi yang sehat untuk keberlangsungan perusahaan, maka audit perlu dilakukan untuk memberikan gambaran penilaian pegawai terhadap iklim komunikasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif (N=53) dengan penyebaran kuesioner online untuk mengukur persepsi karyawan atas iklim komunikasi organisasi berdasar komponen-komponen yang diuraikan Redding dalam Roberts (2007), yakni rasa percaya, keyakinan, dan kredibilitas; pembuatan keputusan yang partisipatif; lingkungan yang suportif; keterbukaan dan keterusterangan; serta perhatian terhadap kinerja baik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa meski komunikasi dilakukan nyaris secara ekslusif lewat media online, iklim komunikasi yang ada tetap terbangun dengan baik.

The development of information technology encouraged an emergence of a new model of companies, especially, multicultural online startup with employees working remotely from each other, such as Influx.com. Like any other kind of businesses, online startups also need a healthy organizational communication climate for the sustainability of the company. Thus, a communication climate audit is a necessity, and is aimed to give managers a broad sense of what communication issues are happening in the field. This research uses a quantitative approach (N=53) with the method of online self-administered questionnaire to measure the employees' perception of the organizational communication climate based on the components stated by Redding as discussed by Roberts (2007), which are trust, confidence, and credibility; participative decision making; supportiveness; openness and candor; and concern toward high-performance goals. This research yields the conclusion that even though the communication in this kind of business is done almost exclusively through online means, the organizational communication climate is still well-nurtured."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61447
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mas Achmad Suhendar
"Komunikasi mempunyai peranan cukup penting pada dunia industri terkait hal tersebut yaitu perusahaan, Seberapa baik seseorang dapat menyampaikan pesan atau informasi dengan cara yang mudah dipahami, manusiawi, dan efisien disebut kemampuan komunikasi.
Tujuan dari penelitian yang dilakukan untuk (1) menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap komunikasi organisasi di Auto Honda Serang, (2) menganalisis pengaruh gaya komunikasi pimpinan terhadap komunikasi organisasi di Auto Honda Serang, (3) menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap sikap karyawan di Auto Honda Serang, (4) menganalisis pengaruh gaya komunikasi pimpinan terhadap sikap karyawan di Auto Honda Serang, (5) menganalisis pengaruh komunikasi organiasi terhadap sikap karyawan di Auto Honda Serang, (6) menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap sikap karyawan melalui komunikasi organisasi di Auto Honda Serang, dan (7) menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap sikap karyawan melalui komunikasi organisasi di Auto Honda Serang.
Teknik pengumpulan data primer berupa survei dengan responden adalah karyawan Honda Auto Serang dengan sampel sebanyak 240 karyawan. Analisis data menggunakan teknik analisis Kuadrat Terkecil Parsial (PLS) dengan alat statistik SmartPLS versi 4.0.
Hasil penelitian menyatakan bahwa budaya organisasi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan pada komunikasi organisasi karyawan. Gaya komunikasi pimpinan secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan pada komunikasi organisasi karyawan. Budaya organisasi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan pada sikap karyawan. Gaya komunikasi pimpinan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan pada sikap karyawan. Komunikasi organisasi secara langsung berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada sikap karyawan. Budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan pada sikap karyawan melalui komunikas organisasi dan gaya komunikasi pimpinan tidak berpengaruh signifikan pada sikap karyawan melalui komunikasi organisasi.

Communication plays a very important role in the world of industry related to the company, how well a person can communicate messages or information in a way that is understandable, humane, and efficient called the communication ability.
The objectives of the research carried out to (1) analyze the impact of organizational culture on organizational communication in Auto Honda Attack, (2) analyse the influence of leadership communication style on organization communication in auto Honda Attacks, (3) analyze organization culture influence on employee attitude in auto honda Attacke, (4) analyze leadership style influence upon employee behavior in auto hondana Attacker, (5) analyze organizational communications influence over employee attack attitude, (6) analyze organisational culture impact on employees’ attitude through organization communications in auto Hondana Attacker, and (7) analyze organisation culture influences on employees' attitudes through organization communication at auto Honda attacke.
The primary data collection technique of the survey with respondents is Honda Auto Attack employees with a sample of 240 employees. Data analysis using the smallest partial square (PLS) analysis technique with the statistical tool SmartPLS version 4.0
The results of the study show that organizational culture directly has a positive and significant influence on the organization’s communication of employees. Leadership style of communication has a direct positive and insignificant impact on employee organization communication. Organizational culture directly has a positive and significant influence on employee attitudes. Leadership communication style directly has a positive and significant influence on employee attitudes. Organizational communication directly negatively and insignificantly affects the attitude of employees. Organizational culture has no significant influence on the attitude of employees through organizational communication and leadership communication styles have no significant impact on employee attitude through organization communication.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulistiana Rudianti
"Komunikasi organisasi merupakan proses yang memberikan manfaat untuk peningkatan kinerja karyawan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi organisasi dengan kinerja perawat pelaksana. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional terhadap 156 perawat pelaksana. Instrumen penelitian memiliki reliabilitas 0,8716-0,8776. Hasil uji Chi Square (p=0,046; α=0,05) membuktikan adanya hubungan antara komunikasi organisasi dengan kinerja perawat pelaksana. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja perawat pelaksana adalah supervisi dan pengarahan. Upaya meningkatkan komunikasi organisasi dengan cara melakukan supervisi dan pengarahan sesuai pedoman perlu dilakukan sehingga dihasilkan kinerja yang semakin baik.

Communicational organization is a process that is useful to improve the quality of nursing performance. The aim of this study is finding the relationship between organizational communication with the performance of nursing service. The study used correlationally descriptive design with cross sectional approach from 156 respondents (nursing service). The reliability value of questionnaire was from 0,8716 until 0,8776. Chi Square analysis result (p=0,046; α=0,05) proved that there was relationship between communicational organization with performance of nursing service. The most influential variables to nursing performance were supervision and directing. The effort to improve communicational organization by conducting appropriate supervision and directing with guidelines is needed so that creating better nurse performance."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2011
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Azwar Sanusi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan iklim komunikasi organisasi terhadap komitmen keorganisasian pegawai Arsip Nasional Republik Indonesia. Penelitian dilakukan di ANRI, pada bulan April sampai dengan Mei 2012.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanasi, dengan melibatkan 86 responden yang dipilih secara acak. Kuisioner yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuisioner tertutup dengan menggunakan skala likert. Kuisioner telah diuji validitas dan realibilitasnya dengan teknik pearson product moment dan teknik cronbach alpha.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat komitmen pegawai ANRI berada pada tingkat sedang atau cukup baik. Iklim komunikasi organisasi secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Motivasi kerja secara parsial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi. Iklim komunikasi organisasi dan motivasi kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan mempengaruhi komitmen organisasi.
Penelitian diharapkan dapat memperkaya hasil-hasil penelitian mengenai komitmen organisasi khususnya di sektor publik. Untuk Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan metode eksploratif guna mengetahui secara mendalam faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi komitmen organisasi pegawai di sektor publik.

This research was aim to determine the influence of work motivation and organizational communication climate on organizational commitment of National Archives of the Republic of Indonesia (ANRI) employees. The research was conducted at the ANRI, in April to May 2012.
The method used in this study was a quantitative explanation, involving 86 randomly selected respondents. The questionnaire used in this study were covered by the questionnaire using Likert scale. Validity and reliability of the questionnaire tested with Pearson product moment technique and the cronbach alpha technique.
The results showed that the level of employee commitment ANRI were at moderate. Partially, organizational communication climate and work motivation had a positive and significant impact on organizational commitment. Simultaneously, organizational communication climate and work motivation had a positive and significant impact on organizational commitment.
The study was expected to enrich the results of research on organizational commitment, especially in the public sector. Further research was recommended to use exploratory methods to know in depth what factors are affecting the organizational commitment of employees in the public sector."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T31750
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Marcya Nuraini
"Tesis ini membahas pengaruh komunikasi internal dalam membentuk budaya perusahaan berdasarkan pedoman kerja, studi pada How We Operate BP Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif, responden adalah karyawan BP Indonesia yang berjumlah 248 orang. Metode analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa regresi linear sederhana untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan dimensi yang paling dominan pada variabel aktivitas komunikasi internal yang dapat membentuk sikap dan perilaku karyawan adalah manager role dan employee feedback channel. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa komunikasi internal memberikan pengaruh signifikan terhadap budaya perusahaan.

This thesis disscusses about the influence of internal communication to established corporate culture based on company's procedure. This research use quantitative explanatory design, the respondents are the employees of BP Indonesia in Jakarta and Papua, total respondents 248. Data analysis method are descriptive statistical analysis and simple linear regression to prove the hypothesis in this research.
Results from this research are: internal communication activities is a dominant variable that influence the corporate culture. Manager role and employee feedback channel are two main dimensions that forms corporate culture based on company's procedure. The findings also prove that there is significant influence of internal communication to corporate culture based on company's procedure."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41531
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Radityo Dwisnu Saputro
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan di PT INTI (Persero). Variabel independen dalam penelitian ini adalah iklim komunikasi organisasi yang diukur dengan Communication Climate Inventory (CCI). Sedangkan variabel dependen dari penelitian ini adalah kepuasan kerja yang diukur dengan Michigan Organizational Assessment Questionnaire Job Satisfaction Subscale. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sample purposive, dengan jumlah responden sebanyak 100 karyawan non-manajerial di PT INTI (Persero). Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif dari penlitian ini menunjukan bahwa terdapat iklim komunikasi organisasi yang berlangsung sangat baik di dalam perusahaan, serta tingkat kepuasan kerja karyawan tetap non-manajerial termasuk ke dalam kategori "puas". Selain itu, berdasarkan hasil analisis inferensial dapat diketahui bahwa iklim komunikasi organisasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan non-manajerial PT INTI (Persero).

The purpose of this study is to analyze the influence of organizational communication climate on employee job satisfaction in PT INTI (Persero). The independent variable in this study is organizational communication climate which is measured by using Communication Climate Inventory (CCI). The dependent variable in this study is employee job satisfaction which is measured by using Michigan Organizational Assessment Questionnaire Job Satisfaction Subscale. This research uses quantitative methods with questionnaire as an research instrument. The sampling technique in this study is sample purposive with total of respondents are 100 permanent nonmanagerial employees in PT INTI (Persero). The data in this study were analyzed by using descriptive analysis and inferential analysis. The descriptive analysis results shows that there is an organizational communication climate which goes very well in this company and job satisfaction levels from non-managerial employees are categorized in "satisfied" level. Moreover, based on inferential analysis results, it can be known that organizational communication climate has an significant impact on non-managerial employees job satisfaction in PT INTI (Persero)."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S55230
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juni Mahzur
"Kredibilitas suatu organisasi sebagai komunikator dalam penyampaian pesan yang berupa program-program instansinya ditentukan oleh kondisi internal organisasi dan partisipasi para individu yang ada didalamnya. Berawal dari kepedulian untuk tetap menjaga nama baik atau citra sebuah instansi pemerintah yaitu BkkbN, maka memperhatikan dampak internal yang terjadi merupakan prioritas yang utama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan tentang strategi dan implementasi komunikasi internal serta resepsi pegawai yang dimediasikan melalui penggunaan pesan slogan 'Dua Anak Cukup' dan kebijakan organisasi dalam mencapai tujuannya. Melalui wawancara yang mendalam terhadap 5 pegawai dengan masa kerja antara 5 tahun sampai dengan 15 tahun, maka dapat disimpulkan bahwa karakteristik komunikasi internal tentang pesan slogan dalam kebijakan internal organisasi mempunyai peranan penting dalam mendukung tujuan dan visi misi organisasi, dan resepsi pegawai yang ditampilkan turut menentukan terbentuknya citra dan kredibilitas organisasi pemerintah tersebut di lingkungan publiknya.

The credibility of an organization as a communicator in the delivery of messages in the form of programs is determined by the internal conditions of the organization and the individuals in it. Starting from a concern to maintain the good name or image of a government’s agency, in this case BkkbN, paying attention to the internal impact becomes main priority. This study is using qualitative methods which aim to explain the internal communications strategy and implementation as well as the employee's receptions which are mediated through the use of messaging slogan 'two children are enough' and the organization’s policies in achieving its objectives. Through in-depth interviews to 5 employees with tenure between 5 years to 15 years, it can be concluded that the internal communication characteristics about slogan message in the organization's internal policy have an important role in supporting the visions and missions of the organization and the employee's reception that displayed also determines the image and credibility of this government organization in the public."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42306
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bonny Raynata
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas pengaruh kompetensi komunikasi interpersonal dan motivasi terhadap kualitas pelayanan account representative Direktorat Jenderal Pajak di Lingkungan Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan Penelitian ini menggunakan paradigma positivis dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei kepada 194 responden dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis data multivariat dengan menggunakan analisis regresi. Hasil dari penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan dari Kompetensi Komunikasi Interpersonal , motivasi terhadap kualitas pelayanan. Baik secara sendiri sendiri maupun secara bersama. Walau tidak besar pengaruhnya , hal ini menunjukaan kompetensi komunikasi tidak bisa dianggap tidak penting dalam memberikan pelayan. Kompetensi Komunikasi interpersonal yang tinggi dengan penerapan yang benar, dapat menghasilkan kualitas pelayanan yang prima .

ABSTRACT
This research explores the influence of interpersonal communication competence and motivation to the quality of service of the Directorate General of Tax representative account in regional offices South Jakarta Research uses a quantitative approach with the positivist paradigm. Data collection methods used in this research is a survey to a 194 respondents using a questionnaire. The analysis of the data used is the multivariate data analysis using regression analysis. The result of this research showed there were significant effects of Interpersonal Communication Competence, motivation to quality of service. Either by himself alone or together. Although not a great influence, it shows the communication competence cannot be deemed not important in giving a maid. Interpersonal Communication competence is high with the correct application, can produce excellent quality of service."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2014
T41645
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Sutedy Prabowo
"Organisasi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan anggotanya dalam mencapai tujuan bersama secara efisien dan efektif. Di dalarn organisasi, manusia merupakan salah satu sumber daya yang penting. Perilaku manusia dalam organisasi timbul akibat interaksi dan komunikasi yang tercipta diantara anggota. Sehingga dengan demikian organisasi dapat dikatakan interaksi antar anggota organisasi dalam mencapai tujuan bersama.
Komunikasi memiliki peran penting di dalarn setiap organisasi. Organisasi tidak mungkin ada tanpa adanya komunikasi. Komunikasi yang efektif dapat mendorong timbulnya prestasi lebih baik dan kepuasan kerja meningkat. Kepuasan anggota organisasi terhadap kecukupan informasi akan memberikan kepuasan komunikasi organisasi. Kepuasan komunikasi anggota organisasi merupakan salah satu indikator iklim komunikasi organisasi. Menurut Little John, ada 3 faktor yang mempengaruhi perkembangan iklim komunikasi dalam suatu organisasi yaitu struktur organisasi itu sendiri, aparatur pencipta iklim komunikasi dan karakteristik anggota organisasi.
Komunikasi yang efektif adalah hasil pemahaman bersama antara komunikator dan penerima, Disain organisasi harus memungkinkan terjadinya komunikasi keempat arah yang berbeda yaitu vertikal, horizontal dan diagonal. Konsekuensi dari struktur organisasi adanya pembagian tugas antara atasan dan bawahan. Seorang pemimpin dalam organisasi adalah orang yang dapat membujuk, memerintah, mempengaruhi dan memberi semangat bawahan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Keberhasilan gaya kepemimpinan tergantung pada bagaimana bawahan menerima penampilannya sesuai dengan kebutuhan bawahan dan dampak yang dirasakan bawahan.
Selain struktur dan kepemimpinan, salah satu hambatan daiam komunikasi yaitu perbedaan persepsi. Persepsi ini ditentukan oleh faktor fungsional yang yang berasal dari kebutuhan (motivasi), pengalaman masa lalu, pendidikan dan sistem nilai individu. Perbedaan persepsi akan menimbulkan prasangka dan asumsi yang tidak benar dalam berkomunikasi antara atasan dan bawahan. Tujuan penelitian ini melihat hubungan aspek organisasi yaitu struktur organisasi, gaya komunikasi dan motivasi dengan iklim komunikasi di gramedia majalah dan mengetahui variabel-variabel mana yang paling berpengaruh terhadap iklim komunikasi di gramedia majalah.
Penelitian ini bersifat eksplanatif dengan metode penelitian survey yaitu mengumpulkan informasi tentang orang yang jumlahnya besar, dengan cara mewawancarai sejumlah kecil dari populasi. Hipotesis penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara variabel struklur organisasi, gaya komunikasi, motivasi dengan iklim komunikasi. Uji reliabilitas menggunakan metode abaha cronbach dan validitas data menggunakan analisis faktor. Data yang terkumpul lewat kuisioner dilalcukan uji analisis statistik dengan analisis univariat, analisis bivariat menggunakan korelasi pearson's r dan analisis multivariat menggunakan multiple regression.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa terciptanya iklim komunikasi yang baik diantara setiap karyawan gramedia majalah. Dari dimensi yang terdapat dalam variabel iklim komunikasi menunjukkan persepsi yang baik yaitu adanya saling dukung antar karyawan, keikutsertaan dalam proses pengambilan keputusan, adanya keterbukaan dan keterusterangan dalam berkomunikasi, kepercayaan dan dipahaminya tujuan kinerja prestasi tinggi.
Struktur organisasi gramedia dapat dikatakan baik dengan formalitas tinggi, sentralisasi dan kompleksitas yang cukup tinggi sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada atau sesuai dengan apa yang ditetapkan di dalam susunan tugas dan fungsi organisasi. Perilaku atasan cenderung memiliki orientasi yang rendah terhadap tugas, memiliki hubungan yang tinggi antara atasan bawahan dan atasan memiliki posisi kewenangan yang cukup kuat. Dengan demikian maka seorang atasan akan menyajikan ide kepada bawahan dalam gaya komunikasinya. Setiap atasan memainkan peranan sebagai fasilitator untuk mempelancar tugas para bawahan dengan menggunakan saluran komunikasi yang ada secara efektif.
Kebutuhan untuk berprestasi memiliki kecenderungan yang cukup besar pada setiap karyawan, hal ini terlihat dari mayoritas karyawan dengan masa kerja yang masih relatif muda. Kecenderungan karyawan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi berupa dorongan untuk mengatasi segala tantangan dan hambatan dalam mencapai tujuan. Bagi seorang atasan mereka cenclenmg mempercayai bawahan mereka, mau berbagi dan menerima gagasan secara terbuka, menetapkan tujuan tinggi, dan berharap bahwa pegawai akan berorientasi prestasi.
Atasan maupun bawahan menginginkan iklim yang baik dan sehat sehingga timbul suasana yang menyenangkan dan berharap dapat meningkatkan prestasi dan kepuasan kerja setiap karyawan. Oleh karena itu untuk menciptakan iklim komunikasi yang sehat maka perlu didorong dengan peningkatan kemampuan gaya komunikasi yang tinggi sehingga tercipta suasana kerja yang nyaman dan memotivasi karyawan untuk terus berprestasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T22204
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dalam dua dekade lalu, jumlah peneliti yang menggunakan metode kualitatif untuk meneliti berbagai aspek dalam komunikasi organisasi semakin meningkat . dalam tulisan ini akan dibahas isu-isu dan perubahan-perubahan yang berkaitan dengan perseptif kritis dalam penelitian kualitatif."
302 WACA 5:17 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>