Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 139180 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hikmah Septia Rosa
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran hubungan antara locus of control dengan career decision self-efficacy mahasiswa Univesitas Indonesia. Sampel yang diambil adalah mahasiswa semester empat dari seluruh fakultas. Partisipan berjumlah 146 mahasiswa. Pengukuran locus of control menggunakan alat ukur Internal-External Locus of Control Scale (I-E Scale) yang disusun oleh Rotter (1966) dan pengukuran career decision self-efficacy menggunakan alat ukur Career Decision Self-Efficacy Short Form (CDSE-SF) yang disusun oleh Betz dan Taylor (1984). Terdapat dua hasil penelitian, yang petama menunjukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara locus of control internal dengan career decision self-efficacy pada mahasiswa semester empat Universitas Indonesia. Artinya, semakin tinggi kecenderungan locus of control internal yang dimiliki mahasiswa maka, semakin tinggi career decision self-efficacy mahasiswa tersebut. Yang kedua, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara locus of control eksternal dengan career decision self-efficacy pada mahasiswa semester empat Universitas Indonesia. Artinya, semakin tinggi kecenderungan locus of control eksternal yang dimiliki mahasiswa maka, semakin rendah career decision self-efficacy mahasiswa tersebut. Berdasarkan hal tersebut, perlu untuk mengembangkan locus of control internal pada mahasiswa agar kemampuan career decision self-efficacy mahasiswa dapat meningkat.Taylor 1984 Terdapat dua hasil penelitian yang petama menunjukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara locus of control internal dengan career decision self efficacy pada mahasiswa semester empat Universitas Indonesia Artinya semakin tinggi kecenderungan locus of control internal yang dimiliki mahasiswa maka semakin tinggi career decision self efficacy mahasiswa tersebut Yang kedua terdapat hubungan negatif yang signifikan antara locus of control eksternal dengan career decision self efficacy pada mahasiswa semester empat Universitas Indonesia Artinya semakin tinggi kecenderungan locus of control eksternal yang dimiliki mahasiswa maka semakin rendah career decision self efficacy mahasiswa tersebut Berdasarkan hal tersebut perlu untuk mengembangkan locus of control internal pada mahasiswa agar kemampuan career decision self efficacy mahasiswa dapat meningkat.

This study aimed to get an overview of the relationship between locus of control and career decision self-efficacy on undergraduate students of University of Indonesia. Samples are fourth semester undergraduate students of all faculties. The total of participan are 146 students. Locus of control measured using Internal-External Locus of Control Scale (IE Scale) developed by Rotter (1966) and career decision selfefficacy measured using Career Decision Self-Efficacy Short Form (CDSE-SF) developed by Betz and Taylor (1984). There are two results of the study. First, there is a significant positive relationship between internal locus of control and career decision self-efficacy on fourth semester undergraduate students of University of Indonesia. That is, the higher the tendency of students? internal locus of control, the higher the students? career decision self-efficacy. Second, there is a significant negative relationship between external locus of control and career decision selfefficacy on fourth semester undergraduate students of University of Indonesia. That is, the higher the tendency of students? external locus of control, the lower the students? career decision self-efficacy. Based on this finding, developing an internal locus of control on the students is necessary to improve students? career decision selfefficacy.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59109
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Suciati
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji tiga tipe career specific parenting behavior (support, interference, dan lack of engagement) sebagai moderator pengaruh job insecurity orang tua terhadap career decision self-efficacy mahasiswa. Mahasiswa tingkat akhir (18-22 tahun) dan ayahnya (N = 55) mengisi kuesioner yang berbeda. Mahasiswa mengisi kuesioner yang mengukur persepsi career specific parenting behavior dan career decision self-efficacy; ayah mengisi kuesioner job insecurity. Uji moderator dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis sequential multiple regression.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga tipe career specific parenting behavior tidak memoderasi pengaruh job insecurity orang tua terhadap career deicision self-efficacy. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa tiga tipe career specific parenting behavior tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh job insecurity orang tua terhadap career decision self-efficacy.

The objective of this study is to examine that three types of career specific parenting behavior (support, interference, and lack of engagement) moderate the effect of parental job insecurity on career decision self-efficacy. Students (18-22 years old) and their father (N = 55) filled in the different questionnaire. Perceived career specific parenting behavior was assessed on students; parental job insecurity was assessed on father. To measure moderation effect, this study was using sequential multiple regression.
The result showed that three types of career specific parenting behavior was not moderating the effect of parental job insecurity to career decision self-efficacy. Therefore this research showed that three types of career specific parenting behavior do not strengthen or weaken the effect of parental job insecurity on career decision self-efficacy.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S47122
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lakudus
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self esteem dengan sexual compulsivity pada kelompok gay. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Untuk mengukur self esteem dan sexual compulsivity peneltiti menggunakan alat ukur RSES (Rosenberg Self Esteem Scale) dan KSCS (Kalichman Sexual Compulsivity Scale). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 145 orang pria dewasa dari rentang usia 20 sampai 40 tahun, dengan orientasi homoseksual. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self esteem dengan sexual compulsivity dengan nilai r= -0,241 ; p=0,01.

The purpose of this research is to discusses the relationship between self-esteem and sexual compulsivity among adulthood gay. This research methodhology using a quantitative study with a correlational design. To measure self-esteem and parental support, the author using Rosenberg?s Self-Esteem Scale (RSES) and Kalichman Sexual Compulsivity Scale (KSCS). Respondents in this research were 145 adulthood age 20-40 years old. The result showed there is a significant negative correlation between self-esteem and sexual compulsivity with r=0,241; p=0,01.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S59178
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iskhaq Zulkarnain
"Mahasiswa tingkat akhir diharapkan telah memiliki keyakinan terhadap keputusan karier yang akan ditekuni karena sebentar lagi mereka akan memasuki dunia pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran vocational identity terhadap career decision self-efficacy CDSE mahasiswa tingkat akhir. Partisipan penelitian ini terdiri dari 302 mahasiswa tingkat akhir Universitas Indonesia yang tersebar di seluruh Fakultas. Vocational identity diukur menggunakan alat ukur vocational identity scale VIS yang merupakan sub-skala dari alat ukur My Vocational Situation MVS Holland, Daiger, Power, 1980 yang terdiri dari 18 item. Selanjutnya, konstruk CDSE diukur menggunakan Career Decision Self-Efficacy scale - Short Form Betz, Klein, Taylor, 1996 yang telah diadaptasi ke Indonesia yang terdiri dari 25 item. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peran vocational identity yang signifikan terhadap CDSE mahasiswa tingkat akhir ? = .489, p

Senior year undergraduate students should have confidence in career decisions because they soon to be graduated and starting the transition stage from student to professional life. The purpose of this research is to know the role of vocational identity to career decision self efficacy CDSE of senior year undergraduate students. The participants of this study consisted of 302 Universitas Indonesia senior year undergraduate students from all Faculty. Vocational identity is measured using a vocational identity scale VIS which is a sub scale of My Vocational Situation MVS Holland, Daiger, Power, 1980 and consisting of 18 items. Furthermore, the CDSE were measured using a 25 items Self Efficacy Scale Short Form Betz, Klein, Taylor, 1996 that adapted to Indonesia. The result indicates that there is a significant role of vocational identity toward CDSE of senior year undergraduate students .489, p
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah
"Penelitian yang dilakukan pada mahasiswa Universitas ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara hambatan kontekstual dan efikasi diri dalam keputusan karier pada mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan sampel 518 mahasiswa Universitas Indonesia S1 regular angkatan 2013. Penelitian kuantitatif ini menggunakan alat ukur CDSE-SF (Taylor dan Betz, 1983) untuk mengukur efikasi diri dalam keputusan karier dan alat ukur contextual barriers scale (Lent dan Brown, 2001) untuk mengukur hambatan kontekstual. Hasilnya penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan negatif antara hambatan kontekstual hambatan kontekstual dan efikasi diri dalam keputusan karier. Artinya, semakin tinggi hambatan kontekstual yang dihadapi mahasiswa Univesitas Indonesia, maka semakin rendah efikasi diri dalam keputusan karier yang dimiliki mahasiswa Universitas Indonesia. Perbandingan besarnya kontribusi dimensi-dimensi hambatan kontekstual terhadap efikasi diri dalam keputusan karier menunjukkan bahwa dimensi lingkungan perguruan tinggi memiliki kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan dimensi-dimensi lainnya. Sedangkan dimensi keluarga merupakan dimensi dengan kontribusi terrendah. Berdasarkan hasil penelitian ini, Badan Konseling Mahasiswa (BKM) bekerja sama dengan Career Development Center (CDC) dan pihak fakultas disarankan membentuk pelatihan-pelatihan yang membekali mahasiswa Universitas Indonesia untuk dapat menghadapi berbagai hambatan kontekstual dalam pekembangan karier.

This research was conducted to examine the relationship between contextual barriers and career decision self-efficacy on students at University of Indonesia. This research was conducted with a sample of students at University of Indonesia S1 2013. This quantitative study uses CDSE-SF (Taylor dan Betz, 1983) to measure career decision self-efficacy and contextual barriers scale (Lent dan Brown, 2001) to measure contextual barriers. The result of research showed a significant negative correlation between contextual barriers and career decision self-efficacy. That is, the higher of contextual barries faced by students at University of Indonesia, the lower career decision self-efficacy owned by students at University of Indonesa. Comparisons of contribution of dimension of contextual barriers to career decision self-efficacy shows that the education environmental dimension have a greater contribution than the other dimensions. While the family dimension is the dimension with the lowest contribution. Based on the result, Badan Konseling Mahasiswa (BKM) in collaboration with Career Development Center (CDC) and the faculy recomended form of training which equip students at University of Indonesia to be able to confront various contextual barriers in career development."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60457
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ariani Dewi Setyaningtyas
"Dalam perjalanan karier, keputusan karier merupakan hal yang sangat pentingdan untuk mampu memilih dan mengambil keputusan karier yang baik dibutuhkan adalah efikasi diri keputusan karier. Efikasi diri keputusan karier berhubungan dengan dukungan kontekstual dari lingkungan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan antara efikasi diri keputusan karier dengan dukungan kontekstualpada mahasiswa S1 Universitas Indonesia. Partisipan penelitian ini terdiri dari 516 mahasiswa S1 Universitas Indonesia dari seluruh fakultas. Efikasi diri keputusan karier diukur menggunakan Career Decision Self-Efficacy Short Form yang telah diadaptasi dan dimodifikasi oleh peneliti. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang signifikan positif antara efikasi diri keputusan karier dengan dukungan kontekstual. Melihat hasil dari penelitian ini, disarankan Badan Konseling Mahasiswa (BKM) untuk mempertimbangkan pengaruh kontekstual khususnya dukungan kontekstual dalam konseling permasalahan karier mahasiswa.

Career decision is an important factor to be able to choose career wisely. In the course of someone?s life, career is important because career carve outcome of someone education and experience. Career decision self-efficacy correlate with contextual support from a college student's life. The aim of this research is to find the correlation between career decision self-efficacy and contextual support amongst undergraduate student in University of Indonesia. 516 participant from each faculty take part in this research. Career decision self-efficacy was measured with Career Decision Self-Efficacy Short Form that modified to suit research condition. The outcome of this research is positive and significant correlation between contextual support and career decision self-efficacy. Considering the result of this research, Badan Konseling Mahasiswa (BKM) should consider contextual influences, particularly contextual support for better understanding about students career problem.
"
Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S58999
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryan Eka Prasetya
"Career decision self-efficacy CDSE merupakan hal yang penting untuk dimiliki mahasiswa tingkat akhir dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran peer support dan identitas etnis terhadap career decision self-efficacy. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian yakni Career Decision Making Self Efficacy - Short Form CDSE- SF untuk mengukur CDSE; sementara pengukuran peer support menggunakan Multidimensional Scale of Perceived Social Support; dan pengukuran identitas etnis menggunakan Multiple Ethnic Identity. Partisipan dalam penelitian ini merupakan 202 mahasiswa perantau tingkat akhir di Universitas Indonesia dengan metode pengambilan data secara daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel peer support yang berperan terhadap tingkat CDSE R2= 0,075, p < 0,05 . Hasil penelitian ini dapat bermanfaat dalam menentukan kebijakan yang tepat untuk meningkatkan CDSE mahasiswa perantau UI.

Career decision self efficacy CDSE is important for final year undergraduates to make them ready to face the competition at work. The purpose of this study is to examine the role of peer support and ethnic identity on career decision self efficacy. The measurements that used in this study were Career Decision Making Self Efficacy Short Form to measure CDSE Multidimensional Scale of Perceived Social Support to measure peer support and Multiple Ethnic Identity Measure Revised to measure ethnic identity. The participants in this study are 202 final year migrants undergraduates at Universitas Indonesia with online questionnaire method. Results of this study shows that peer support is the only variable that has a significant role towards CDSE R2 0,075, p 0,05 . The result of this study could help people to create policies and interventions related to migrants undergraduates at UI in order to increase their CDSE.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sihotang, Mario Enrico
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran masing-masing dimensi academic burnout terhadap career decision self-efficacy CDSE pada mahasiswa tahun pertama. CDSE adalah tingkat keyakinan seseorang bahwa dirinya dapat berhasil menyelesaikan tugas-tugas yang dibutuhkan untuk membuat keputusan karier Taylor Betz, 1983 . Partisipan penelitian ini adalah 388 mahasiswa tahun pertama dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Oleh karena itu, alat ukur Oldenburg Burnout Inventory-Student Reis, Xanthopoulou, Tsaousis, 2015 digunakan untuk mengukur academic burnout, sedangkan alat ukur Career Decision Self-Efficacy Scale ndash; Short Form Betz, Klein, Taylor, 1996 digunakan untuk mengukur CDSE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua dimensi academic burnout, yaitu dimensi exhaustion ? = - 0,3 dan disengagement ? = - 0,651 berperan secara signifikan terhadap CDSE mahasiswa tahun pertama p < 0,05 . Hasil tersebut dapat memperkaya teori karier berdasarkan pandangan sosial kognitif yang mengaitkan CDSE dengan academic burnout. Untuk penelitian mendatang perlu dilihat pula mengenai kesesuaian jurusan yang dipilih dengan jurusan yang diinginkan, karena hal ini diduga dapat berperan pula dalam CDSE dan academic burnout mahasiswa.

The main goal of this research is to examine the role of each dimension of academic burnout on career decision self efficacy CDSE in the first year undergraduates. CDSE is the degree of belief that a person can successfully complete tasks necessary to making career decisions Taylor Betz, 1983 . This research recruited 388 first year undergraduates from various universities in Indonesia. This research is quantitative research. Therefore the Oldenburg Burnout Inventory Student Reis, Xanthopoulou, Tsaousis, 2015 was used to measure academic burnout, while Career Decision Self Efficacy Scale ndash Short Form Betz, Klein, Taylor, 1996 was used to measure CDSE. This research shows that the two academic burnout scales, exhaustion 0,3 and disengagement 0,651 have significant role on CDSE in first year undergraduates p 0,05 . This result can enrich social cognitive career theory. Furthermore, for further research it is important to analize whether the students rsquo college major decisions are identical with their major interests, because it is presumed that their compatibility has significant role in students rsquo CDSE and also in their academic burnout."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Neslianita
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keberfungsian keluarga dengan efikasi diri dalam keputusan karier pada siswa kelas 12 di Jabodetabek. Keberfungsian keluarga diukur menggunakan alat ukur Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale II FACES II dan Family Communication Scale FCS. Sedangkan efikasi diri dalam keputusan karier diukur menggunakan alat ukur Career Decision Self-Efficacy Short Form CDSE-SF. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 333 siswa kelas 12.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara keberfungsian keluarga dengan efikasi diri dalam keputusan karier pada siswa kelas 12 di Jabodetabek. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi keberfungsian keluarga yang dipersepsikan siswa maka semakin tinggi pula efikasi diri dalam keputusan karier yang dimilikinya. Penelitian ini juga memperoleh hasil bahwa terdapat dua dimensi keberfungsian keluarga yang berperan secara signifikan terhadap efikasi diri dalam keputusan karier pada siswa kelas 12 yaitu dimensi fleksibilitas dan dimensi komunikasi.
Pada penelitian ini, kontribusi keberfungsian keluarga terhadap efikasi diri dalam keputusan karier hanya 7, kemungkinan besar terdapat faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap efikasi diri dalam keputusan karier. Oleh karena itu, pada penelitian selanjutnya perlu dipertimbangkan faktor eksternal lainnya seperti peran guru atau teman sebaya pada siswa kelas 12.

This study was conducted to examine the relationship between family functioning and career decisions self efficacy on 12th grade students in Jabodetabek. Family functioning is measured by Family Adaptability and Cohesion Evaluation Scale II FACES II and Family Communication Scale FCS. Meanwhile, career decisions self efficacy is measured by Career Decision Self Efficacy Short Form CDSE SF. The total of sample used in this study amounts to 333 students of 12th grade.
The result of this study indicates a significant positive relationship between between family functioning and career decisions self efficacy on 12th grade students in Jabodetabek. This result indicates that the higher the family functioning that is perceived by 12th grade students, the higher their career decision self efficacy become. This study also found the result that there are two dimensions of family functioning that contribute significantly to career decision self efficacy on 12th grade students which is flexibility and communication.
In this study, the contribution of family functioning to career decision self efficacy is only 7, most likely there are other factors that contribute to career decision self efficacy. Therefore, further research should consider other external factors such as the role of the teacher or peer group on 12th grade students.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairana Masuna
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan locus of control dan adaptabilitas karir. Partisipan penelitian ini adalah lulusan sarjana Universitas Indonesia yang baru bekerja sebanyak 202 orang. Pengukuran locus of control dalam penelitian ini menggunakan Internal External Scale atau IE Scale yang dikembangkan oleh Rotter (1966), sedangkan adaptabilitas karir diukur menggunakan skala adaptabilitas karir (Indianti, 2015) yang diadaptasi dari Career Adapt-Abilities Scaleatau CAAS (Savickas & Porfeli 2012). Melalui teknik analisis Pearson, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan antara locus of control dan adaptabilitas karir.

The objective of this research was to find the correlation between locus of control and career adaptability. The participants of this research were 202 fresh graduates of Universitas Indonesia. Locus of Control was measured with Internal External Scale or IE Scale constructed by Rotter (1966), while career adaptability was measured with career adaptability scale by Indianti (2015) that has been adapted from Career Adapt Abilities-Scale by Savickas and Porfeli (2012). Pearson correlation indicated that locus of control correlated significantly with career adaptability. "
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60006
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>