Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175128 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anis Adinizam
"Focus penelitian ini adalah untuk menganlisa empat portofolio bisnis yang dikelola PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) yaitu Bisnis Ferry Komersial, Bisnis Ferry Keperintisan, Bisnis Pelabuhan Ferry dan Bisnis Usaha Aneka. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi dan merekomendasikan strategi level korporasi yang sesuai yang dapat diimplementasikan oleh perusahaan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan. Strategi level korporasi merupakan hal yang mendasar karena menyangkut keseluruhan tujuan dan ruang lingkup organisasi, bagaimana nilai akan ditambahkan kepada bagian-bagian perusahaan yang berbeda dan akhirnya menciptakan nilai bagi pemegang saham.
Penelitan ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif-studi kasus dimana data diperoleh dari wawancara dengan manajemen korporasi dan manajer unit bisnis, laporan-laporan perusahaan, referensi buku, jurnal ilmiah dan materi publikasi lainnya. Konsep utama dalam analisis penelitian berdasarkan kerangka Corporate Parenting dari Goold, Campbell & Alexander (1994), Strategi Level Korporasi dari Coulter (2002) and Restrukturisasi dari Hill & Jones (2002). Analisis portofolio dengan kerangka Corporate Parenting mengidentifikasi tingkat kesesuaian antara kebutuhan unit bisnis dengan keahlian yang dimiliki perusahaan induk yang akan berdampak pada pembentukan nilai perusahaan atau penghancuran nilai perusahaan.
Berdasarkan hasil analisis, Bisnis Ferry Komersial dan Bisnis Pelabuhan berada di wilayah Heartland dan strategi level korporasi terbaik adalah melalui Strategi Pertumbuhan, sementara Bisnis Ferry Keperintisan dan Usaha Aneka Jasa masing-masing berada di wilayah Value Trap dan Edge of Heartland dimana strategi terbaik adalah dengan Strategi Restrukturisasi. Namun, penelitian ini tidak secara lebih jauh mendiskusikan tentang strategi level bisnis untuk setiap unit bisnis dan bagaimana pelaksanaan strateginya. Terakhir, pendekatan penelitian yang sama perlu dilakukan untuk subjek perusahaan yang berbeda khusunya pada Badan Usaha Milik Negara.

The focus of this research is to analyze four business portfolio managed by PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) which are Commercial Ferry, Pioneer Ferry, Port Business and Auxiliary Business. The main objective is to identify and recommend suitable corporate level strategy that might be implemented by corporation in order to enhance value. Corporate level strategy is very fundamental because it concerns with overall purpose and scope of an organization, how value will be added to different part of the organization and finally create shareholder value.
The research was performed with qualititave-case study research where data collected from interview with corporate management and business unit manager, company?s reports, reference books, journal and publication.The main concept in research analysis is base on Corporate Parenting Framework of Goold, Campbell & Alexander (1994), Corporate Level Strategy of Coulter (2002) and Restructuring from Hill & Jones (2002). Portfolio analysis using Corporate Parenting Framework is identifying the level of fitness between business unit needs and corporate parent skills that will affect corporate?s value creating or value destroying.
Based on analysis, Commercial Ferry and Port Business are in Heartland area which best corporate strategy is Growth, while Pioneer Ferry and Auxiliary Business is each in Value Trap and Edge of Heartland area which best strategy is Restructuring. However this research does not further discuss about business level strategy for each business and it implementation. Lastly, same approach of research is need to be conducted to another subject of corporate parenting strategy especially for stated-owned company.
"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nancy Dwi Jayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Value Added yang didapatkan PT Aneka Tambang Tbk melalui informasi tanggungjawab sosial perusahaan secara khusus sesuai dengan tema sosial ekonomi dan lingkungan dimana merupakan bagian tema yang diusulkan dalam Global Reporting Initiative (GRI, 2002) dari Sustainability Reporting Guidelines. Penelitian ini termasuk kategori studi kasus (case study), yang merupakan tipe penelitian yang digunakan untuk menyelidiki secara mendalam mengenai Value Added dan informasi dari pertanggungjawaban sosial di PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, yang menjadi subjek yang diteliti, dengan data sekunder dan primer. Hasil analisis menunjukkan bahwa menganalisis Value Added informasi dari pertanggungjawaban sosial di PT Antam Tbk yang diukur dengan tingkat pengungkapan berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI) dalam Laporan Tahunan serta melakukan riset. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah, Value Added informasi pertanggungjawaban sosial di Antam menunjukkan bahwa setiap tema yang diungkapkan oleh Antam baik tema pengungkapan dari ekonomi sosial dan lingkungan memiliki implementasi yang baik dan berdampak baik bagi lingkungan sekitar Antam, karena Antam mengungkapkan setiap kegiatan pertanggungjawaban sosialnya sesuai dengan regulasi yang berlaku.

This study aims to determine whether there is added value obtained by PT Aneka Tambang Tbk through information on corporate social responsibility specifically in accordance with the socio-economic and environmental themes which are part of the themes proposed in the Global Reporting Initiative (GRI, 2002) from the Sustainability Reporting Guidelines. This research is a case study category, which is a type of research used to investigate in depth the Value Added and information from social responsibility at PT Aneka Tambang (Antam) Tbk, which is the subject under study, with secondary and primary data. The results of the analysis show that analyzing the Value Added information from social responsibility at PT Antam Tbk as measured by the level of disclosure based on the Global Reporting Initiative (GRI) in the Annual Report and conducting research. The results obtained in this study are, Value Added information on social responsibility at Antam shows that each theme expressed by Antam, both the theme of disclosure from the social economy and the environment, has a good implementation and has a good impact on the environment around Antam, because Antam discloses every social responsibility activity. in accordance with applicable regulations."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hanni Iswarini
"ABSTRAK
Penelitian ini secara umum membahas mengenai pengaruh kinerja perusahaan terhadap Market Value Added perusahaan tersebut dengan menggunakan perusahaan nonfinansial yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selamaperiode 2010-2014. Data diolah dengan menggunakan data panel dan permodelan FEM (Fixed Effect Method). Kinerja perusahaan pada penelitian ini diproksikan dengan ROA, ROE, WACC, dan EVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA (Return on Asset), WACC (Weighted Average Cost of Capital), dan EVA (Economic Value Added) memiliki pengaruh terhadap nilai MVA (Market Value Added). Sedangkan ROE (Return on Equity) tidakmemberikanpengaruhterhadap MVA (Market Value Added

ABSTRACT
Generally, this study discusses the influence of company?s performance againts company?s Market Value Added using nonfinancial companies that listed in Indonesia Stock Exchange during period 2010-2014. Data were processed using panel data modeling, FEM (Fixed Effect Method). Company?s performance proxied by the ROA, ROE, WACC and EVA. The results showed that the ROA (Return on Assets), WACC (Weighted Average Cost of Capital), and EVA (Economic Value Added) has an influence on the value of MVA (Market Value Added). While ROE (Return on Equity) does not give effect to the MVA (Market Value Added)."
2016
S63848
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maygita Putri Utami
"Nilai perusahaan menjadi pedoman bagi para karyawan dalam memahami apa yang dihargai oleh perusahaan dan mengidentifikasi peluang untuk belajar dan tumbuh secara strategis di dalam perusahaan. Penerapan nilai perusahaan dipengaruhi oleh faktor internal diri sendiri dan lingkungan kerja. Makalah ilmiah ini mencakup tentang refleksi saya saat menerapkan nilai Campaign.com dalam program Campaign #ForChange Class dan pengaruhnya pada perilaku profesional saya selama menjadi karyawan magang di Campaign.com. Seluruh refleksi dan kesimpulan pada tulisan ini berasal dari pengalaman pribadi dan didukung dengan penggunaan metode wawancara yang bebas dan tidak terstruktur. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan nilai Campaign.com, yaitu Full Collaboration, Social Only, Safe Space, dan Have Fun, dalam praktik kerja sehari-hari dapat menumbuhkan perilaku profesional saya dan mempermudah pekerjaan saya di tempat kerja. Tulisan ini akan menjabarkan data pengalaman saya mulai dari proses pengenalan, adaptasi, dan penerapan nilai perusahaan dalam program Campaign #ForChange Class serta perkembangan perilaku profesional saya. Tujuan dari tulisan ini adalah memberikan gambaran mengenai bagaimana penerapan nilai perusahaan dalam praktik kerja sehari-hari dapat menumbuhkan perilaku profesional di tempat kerja.

Corporate values guide employees in understanding what the company values ​​and finding opportunities to learn and grow strategically. The implementation of corporate values ​​is affected by internal factors of oneself and the work environment. This scientific paper covers my reflections on applying the values ​​of Campaign.com in the Campaign #ForChange Class program and its impact on my professional behavior during my time as an intern at Campaign.com. All reflections and conclusions in this paper come from personal experience and are supported by the use of free and unstructured interview methods. The results of the analysis show that the implementation of Campaign.com's values, that is Full Collaboration, Social Only, Safe Space, and Have Fun, in daily work practices can foster my professional behavior and make it easier for me to work. This paper will describe my experience data starting from the process of introducing, adapting, and implementing company values in the Campaign #ForChange Class program as well as the development of my professional behavior. The purpose of this paper is to provide an overview of how the implementation of corporate values in daily work practices can foster professional behavior in the workplace."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Fabiola, aauthor
"ABSTRAK
Tesis ini membahas analisa keberhasilan atau hasil dari strategi pada tingkatan
bisnis yang dilakukan oleh perusahaan korporasi media yang diambil setelah
disesuaikan dengan kondisi dimana perusahaan berada pada struktur pasar.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif dan menggunakan teknis analisis naratif. Hasil penelitian strategi paket
iklan bundling yang dirasa sebagai turunan strategi konvergensi media, dengan
menjual paket iklan lintas media dalam jangka pendek memang menguntungkan
namun dalam jangka panjang tidak menguntungkan karena akan merugikan salah
satu media. Strategi jangka panjang padahal dibutuhkan untuk bertahan dalam
kondisi pasar persaingan sempurna dan agar tetap menjadi “market leader”.
Sehingga dihasilkan rekomendasi bentuk strategi paket iklan bundling yang lebih
sesuai dengan strategi konvergensi.

ABSTRACT
This thesis discusses the analysis of the success or outcome of the strategy at the
level of business done by the company in the corporate media taken after
adjusting to the conditions in which the company is in the market structure. This
study uses a qualitative approach with descriptive methods and technical TODD
narrative analysis. The results advertising package bundling strategy is perceived
as an instance of media convergence strategy, to sell cross-media advertising
packages are beneficial in the short term but in the long run is not beneficial
because it would harm one of the media. Whereas long-term strategy is needed to
survive in conditions of perfect competition and in order to remain a "market
leader". So that the resulting recommendation form advertising package bundling
strategy is more in line with the strategy of convergence."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernardus Erry Nugroho
"Driven by the challenging business environment as to the commoditization of voice services, the rise of mobile broadband technology and the changes in the competition landscape telecom operators are at the urgent need to redefine their business model. This thesis discussed the business model transformation of telecom operator by taking a case of PT. XYZ. The study was a qualitative study. The result of the study showed the success of PT. XYZ in adopting new business model in the broadband era as a basis for the company?s long term growth. However the study also found that the revenue growth from the broadband was still insufficient to compensate the declining growth of voice revenue. The study further suggested PT. XYZ to engage in the innovation industry to secure its sustainability."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T32208
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tshana Erfandi
"ABSTRAK
Kapailitan bukan suatu hal yang baru, karena menurut para sejarawan kepailitan sudah ada sejak abad ke-5 SM. Membahas mengenai kepailitan khsusunya di Indonesia tidak terlepas dari campur tangan para penjajah yang menerapkan peraturan mengenai hal tersebut. Dijajahnya Indonesia oleh Belanda 3,5 abad meninggalkan beberapa warisan hukum. Salah satunya mengenai hukum kepailitan. Saat ini pengaturan kepailitan di Indonesia diatur secara khusus dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan Dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. Pada tahun 2019 ini, PT.Kertas Leces yang notabennya adalah sebuah BUMN berbentuk persero dinyatakan pailit oleh pengadilan niaga sampai pada tingkat akhir yaitu peninjauan kembali. Kasus ini merupakan kali pertama dalam sejarah suatu BUMN dinyatakan pailit. Terhadap suatu BUMN berbentuk persero berdasarkan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara, terhadap BUMN berbentuk Persero berlaku segala ketentuan dan prinsip-prinsip yang berlaku bagi perseroan terbatas yaitu Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007. Mengenai eksekusi harta pailit suatu BUMN berbentuk persero yang identik dengan perseroan terbatas tidak terdapat kekhususan yang dalam arti sama dengan perseroan terbatas lainnya kecuali terdapat aset pemerintah yang dipinjamkan (belum dipindah tangankan) kepada suatu BUMN yang tidak dapat dimasukan dalam boedel pailit sehingga tidak dapat dieksekusi."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andreas Togi Lamsihar
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis transformasi yang terjadi di PT Pegadaian
(Persero) pada tahun 2011 hingga 2018. Proses perubahan bentuk kelembagaan dari
PERUM ke Perseroan Terbatas merupakan babak baru bagi PT Pegadaian (Persero)
menuju transformasi kelembagaan yang berdaya saing. Mengingat dengan disahkannya
UU POJK NO 31 tahun 2016 yang menandai berakhirnya monopoli industri gadai dan
tumbuhnya industri jasa keuangan yang semakin inklusif, sehingga eksistensi
pertumbuhan perusahaan mengalami ancaman yang serius. Transformasi merupakan
gagasan besar yang dipilih PT Pegadaian (Persero) dalam membingkai, menyusun,
merevitalisasi, dan memperbaharui konsep bisnis perusahaan kedepan.. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif Studi Kasus. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara mendalam dengan divisi terkait, observasi lapangan,
dokumentasi data dan studi literatur. Teknik analisa data pada penelitian ini
menggunakan pendekatan content analysis. Hasil penelitian menemukan bahwa proses
renewal dalam studi kasus ini menghasilkan business model baru

ABSTRACT
This study aims to analyse the transformation happened in PT Pegadaian (A statedowned
company) during period of 2011-2018. This changing process from the form of
state-owned company is conducted for the purpose of transforming the company into
competitive era. With the legalisation of UU POJK No.31.2016. This Study uses a
qualitative research with the approach of Case Study. Data Collection is conducted by
in-depth interviews with related divisions. Data analysis techniques in this study used
content analysis approach. The result of the study found that the renewal process in this
case study resulted in a new business model"
2019
T52724
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Made Diah Ayu Maitriwaruni
"[ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis implementasi stakeholder mapping pada PT Sandoz Indonesia. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dengan manajemen tingkat atas perusahaan, tinjauan literatur, dan pengamatan peneliti selama magang di perusahaan. Studi penelitian ini adalah studi persepsi yang berarti bahwa pengelompokkan stakeholder pada satu perusahaan bisa saja berbeda dengan perusahaan lainnya. Berdasarkan penelitian atas stakeholder salience, ketergantungan stakeholder dengan perusahaan, power dan interest stakeholder, serta posisi stratejik stakeholder maka dapat disimpulkan bahwa stakeholder kunci dari perusahaan adalah konsumen, shareholder, manajemen, karyawan, regulator, Kementerian Kesehatan, distributor, dan Sandoz Global. Pengelolaan hubungan yang baik dengan stakeholder memberikan manfaat efisiensi baik biaya maupun aktifitas pengelolaan stakeholder, karena perusahaan dapat fokus menangani stakeholder yang utama. Dengan stakeholder mapping, perusahaan dapat menciptakan reputasi yang baik sebagai perusahaan yang peduli, dan dapat meningkatkan brand awareness dan customer loyalty sebagai bekal untuk menjamin keberlanjutan perusahaan.

ABSTRACT
, This study aims to investigate and analyze the implementation of stakeholder mapping in PT Sandoz Indonesia. Data collection was obtained through interview with top level management, literature review, and researcher’s observation during internship program.This study is a perception study which means classification of stakeholder in one company might be different with another company. According to assessment of stakeholder salience, stakeholder interdependence, stakeholder power and interest, and strategic position of stakeholder, it can be concluded that key stakeholder company are consumer, management, employee, regulatory, Kementerian Kesehatan, distributor, and Sandoz Global. Stakeholder mapping and management could give the company the advantage of efficiency, in cost, time and activities, in managing its important skaholders, with the limited resources it has. With stakeholders mapping, company could create and improve its good reputation, brand awareness and loyalty, and customers loyalty. All of those factors are needed for the sustainability of company.
]
"
2015
S58372
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmad Widzar Juny Saputra
"

Penelitian ini membahas mengenai Analisis dari implementasi pemberian fasilitas Pajak Pertambahan Nilai Terutang Tidak Dipungut atas transaksi perolehan barang dan  jasa tertentu kepada Perusahaan Pelayaran Niaga Nasional (Studi Pada PT. X). Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis implementasi pemberian fasilitas Pajak Pertambahan Nilai Terutang Tidak Dipungut atas perolehan barang dan/atau jasa tertentu pada PT X. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Pemberian Fasilitas PPN Terutang tidak dipungut ini sudah cukup baik. Dilihat dari variabel yang digunakan yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur organisasi, pada variabel komunikasi masih terdapat kekurangan, terutama pada proses transfer informasi dari KPP selaku Implementor kepada PT X. PT X juga mengalami beberapa kendala terkait dengan implementasi pemberian fasilitas PPN tidak dipungut ini. Hal ini disebabkan kurangnya informasi dari pihak DJP  selaku implementor dan juga lambatnya proses pengajuan izin agar dapat memanfaatkan fasilitas PPN terutang tidak dipungut, hal ini mengakibatkan terhambatnya kegiatan usaha PT X.


Development This research discusses about the analysis the implementation of the Value Added Tax not levies on the transaction of the acquisition of certain goods and services to the National Commercial Shipping Company (Study at X Company). The purpose of this research is to analyze the implementation of the Value Added Tax not levies facility for certain goods and / or services at X Company. This research was conducted using a qualitative approach and data collection techniques through in-depth interviews. The results of this research indicate that the implementation of the VAT not levies Facility collection policy is good enough. Based from the variables used, namely communication, resources, disposition, and organizational structure, the communication variable still lacks, especially in the process of transferring information from the tax office as the Implementer to X company. X company also experienced several obstacles related to the implementation of this VAT facility. picked up this. This is due to the lack of information from the DGT as the implementor and also the slow process of applying for a permit to obtain this VAT facility. This problem can cause a problem at X company business process.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>