Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150772 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Purba, Elvis F.
"ABSTRAK
This paper is shown the leading sector in seven regencies in The National Strategic Area of Lake Toba, i.e. Tapanuli Utara, Simalungun, Karo, Dairi, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, and Samosir. There are three approaches which used, i.e. the location quotient (LQ) to determine the base sector, sectoral typology to determine the prime sector, and overlay of the base sector and prime sector to determine the leading sector. The data analyzed is the gross regional domestic product (GRDP, PDRB) in the year of 2010 to 2016 at 2010 constant market prices.
The result of data analysis show that all of the prime sector are as leading sector and not all of base sector as the prime sector. With the overlay method between the base sector and the prime sector, the leading sector are: (1) agriculture, forestry, and fishing; (2) construction; (3) accommodation and food service; and (4) public administration and defence; compulsory social security. However, only one of them as the leading sector among the seven regencies, namely public administration and defense; compulsory social security sector. From the data analysis, all prime sectors are the leading sector and not all base sectors are the prime sector. So, the overlay results indicate that the prime sector as well as the leading sector. Thus, to determine the leading sector simply by using the approach of sectoral typology.
"
Universitas HKBP Nonmensen, 2018
050 VISI 26:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Mai, Robert P.
Chicago: Astd & Irwin, 1996
658.31 MAI l (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Muhammad Arvin Athallah Wiryawan
"Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang penting bagi perekonomian negara. Mulai dari kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) hingga penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Namun, masih banyak kendala, hambatan, serta masalah yang dihadapi pelaku UMKM di Indonesia. PT. Karabha Digdaya (PT KD) berupaya untuk mensejahterakan para pelaku UMKM melalui Corporate Social Responsibility (CSR), khususnya dalam program Pengembangan Produk UMKM Standar Ekspor. Dari perspektif ilmu kesejahteraan sosial (kesos), program ini tidak hanya memberdayakan pelaku UMKM, tetapi juga memperkuat modal sosial dan meningkatkan kapasitas ekonomi pelaku yang bermanfaat pada peningkatan taraf hidup masyarakat Kecamatan Tapos. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan proses perencanaan Program Pengembangan Produk UMKM Standar Ekspor dalam CSR PT. Karabha Digdaya yang akan dianalisis secara keseluruhan menggunakan tahapan proses perencanaan oleh Kettner. Teori Kettner diantaranya adalah defining programs, problem analysis, needs assessment, selecting a strategy and establishing objective, program design, data requirements for performance measurement, monitoring and using information technology, program evaluation, dan budgeting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif melalui wawancara semi-struktur, studi literatur , dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Metode sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa program ini didesain dengan tujuan untuk memperkenalkan produk UMKM Tapos ke pasar global dan mensejahterakan para pelaku UMKM. Proses perencanaan program melibatkan kerja sama antara PT KD dan pemerintah setempat, serta dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu penilaian produk UMKM, klasifikasi produk UMKM, dan kolaborasi dengan mitra. Adapun faktor-faktor yang mendukung program ini, antara lain adalah semangat kewirausahaan yang tinggi dari para pelaku UMKM, kemitraan kolaboratif dengan lembaga lain, dan dukungan dari karyawan PT KD serta pemerintah setempat. Namun, terdapat juga beberapa faktor penghambat, seperti mindset pelaku UMKM yang belum siap untuk bersaing di pasar global, kemampuan pemasaran yang minim, dan tingkat pendidikan masyarakat yang rendah.

Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are an important sector for the country's economy. Starting from contribution to GDP (Gross Domestic Product) to employment in Indonesia. However, there are still many obstacles and problems faced by MSMEs in Indonesia. PT. Karabha Digdaya (PT KD) strives to improve the welfare of MSME players through Corporate Social Responsibility (CSR), especially in the Export Standard MSME Product Development program. From a social welfare science perspective, this program not only empowers MSME actors, but also strengthens social capital and increases the economic capacity of actors which is beneficial in increasing the living standards of the people of Tapos District. This research seeks to explain the planning process for the MSME Export Standard Product Development Program in PT's CSR. Karabha Digdaya which will be analyzed as a whole using the planning process stages by Kettner. Kettner's theories include defining programs, problem analysis, needs assessment, selecting a strategy and achieving objectives, program design, data requirements for performance measurement, monitoring and using information technology, program evaluation, and budgeting. This research uses a qualitative approach with a descriptive study through semi-structured interviews, literature study, and observation as data collection methods. The sampling method in this research uses purposive sampling. The research findings show that this program was designed with the aim of introducing Tapos MSME products to the global market and improving the welfare of their local MSMEs. The program planning process involves collaboration between PT KD and the local government, and is carried out through several stages, namely MSME product assessment, MSME product classification, and collaboration with partners. The factors that support this program include the high entrepreneurial spirit of their local MSMEs, collaborative partnerships with other institutions, and support from PT KD employees and the local government. However, there are also several inhibiting factors, such as the mindset of MSME players who are not ready to compete in the global market, minimal marketing capabilities, and low levels of public education."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dizhaldy Ratulangie Ichwan
"Kendaraan berat (HV) memiliki sifat yang berbeda dibandingkan dengan mobil penumpang biasa. Sifat ini termasuk kinerja HV sendiri, seperti kemampuan HV untuk mempercepat, mengurangi kecepatan dan mempertahankan kecepatan konstan. Sifat lain yang berbeda untuk HV adalah dimensi mereka. Lebar HV bijaksana dan panjang bijaksana jauh lebih besar dari mobil penumpang normal. HV yang membawa barang juga memiliki kecenderungan untuk membawa lebih banyak muatan daripada yang mampu mereka lakukan, yang mengakibatkan situasi kelebihan muatan. Faktor Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) membantu menentukan pengaruh HV terhadap kapasitas jalan. Faktor ini mengubah HV menjadi unit yang disatukan, yang merupakan unit mobil penumpang (UMP). Ada berbagai cara untuk menentukan nilai EMP, dalam penelitian ini, metode lagging headway digunakan. Upaya ini juga membahas efek gradien terhadap kecepatan HV yang kelebihan beban dan dengan demikian berkorelasi dengan nilai EMP. Metode lagging headway menggunakan rata-rata lagging headway dari HV dan mobil penumpang untuk memperkirakan nilai EMP. Metode ini mempertimbangkan panjang kendaraan, yang mewakili jumlah ruang yang ditempati oleh HV. Metode lain yang serupa juga digunakan sebagai perbandingan dengan metode primer, yang merupakan metode leading headway. Metode ini mirip dengan metode lagging headway, tetapi sebaliknya menggunakan leading headway yang dipertahankan oleh HV untuk menghitung nilai EMP.

Heavy vehicles (HV) have different properties compared to passenger cars. These properties include the performance of HV themselves, such a HV ability to accelerate, decelerate and maintain a constant speed. Another property that is different for HV is their dimensions. HV width wise and length wise are far larger than normal passenger cars. HV that carry goods also have a tendency to carry more load than they are able to, resulting in an overloaded situation. Passenger Car Equivalent (PCE) factor helps determine the effect of HV on capacity of a roadway. This factor converts HV to units that are unified, which is the passenger car unit (PCU). There are various ways to determine PCE values, in this effort, the lagging headway method is used. This effort also discusses the effects of gradient towards the speed of an overloaded HV and thus correlate to the PCE value. Lagging headway method uses the mean lagging headway of HV and passenger car to estimate the value of PCE. This method takes into consideration the length of vehicles, which represents the amount of space that a HV occupies. Another method that is similar is also used as a comparison to the primary method, which is the leading headway method. This method is similar to the lagging headway method, but instead uses the leading headway maintained by HV to calculate the PCE value.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wheelwright, Steven C.
New York: The Free Press, 1992
658.575 WHE r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Shellinna Kurniawati
"Sistem pemastian mutu harus dilakukan dan dievaluasi secara berkala dengan melihat berbagai macam hasil uji yang dilakukan. Berdasarkan Cara Produksi Obat yang Baik (CPOB) 2018, pemastian mutu produk dapat dilakukan melalui Pengkajian Mutu Produk (PMP) atau Product Quality Review (PQR). PQR dilakukan untuk membuktikan konsistensi proses, kesesuaian dari spesifikasi bahan awal, bahan pengemas, dan produk jadi. PQR dilaksanakan setiap tahun dan didokumentasi untuk melihat tren dan mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk produk dan proses di tahun berikutnya. Pada laporan ini, penulis melakukan trending terhadap kualitas produk tablet X dan tablet Xx yang diproduksi dan diedarkan pada tahun 2021 oleh PT Mahakam Beta Farma. Hasil trend tersebut akan dianalisis dan dituangkan ke dalam laporan PQR. Metode pengambilan data menggunakan metode deskriptif dimana data didapatkan melalui penelusuran literatur dan penelusuran raw data yang tercantum dalam batch record. Penerapan PQR di PT Mahakam Beta Farma telah diterapkan sesuai CPOB yang dilakukan secara berkala terhadap semua produk yang terdaftar untuk melihat tren dan mengidentifikasi perbaikan yang diperlukan untuk produk dan proses. Tablet X dan Tablet XX merupakan produk Generik dan Branded yang identik. Kedua produk ini memiliki bentuk sediaan yang sama, yaitu sediaan tablet dengan komposisi yang sama dan tidak ada perbedaan formula dan material bahan kemas sehingga laporan PQR dapat digabungkan agar mendapatkan lebih banyak data dalam melakukan review tren data. Penyusunan PQR Tablet X dan Tablet XX Periode 2021 dimulai dari melakukan review raw data PQR, analisa dan evaluasi tren, dan selanjutnya dibuatkan laporan PQR.

The quality assurance system must be carried out and evaluated periodically by looking at the various types of test results. Based on the Indonesia Good Manufacturing Practices (GMP) in 2018, product quality assurance can be carried out through a Product Quality Review (PQR) which is performed to prove process consistency, suitability of specifications for starting materials, packaging materials, and finished products. PQR is conducted annually and documented to track trends and identify necessary improvements to products and processes in the following year. In this report, the data used are from Tablet X and Tablet Xx produced and distributed in 2021 by PT Mahakam Beta Farma. The trend results will be analyzed and poured into the PQR report. The data collection used a descriptive method where the data is obtained through a literature search and raw data search listed in the batch record. The PQR at PT Mahakam Beta Farma has been implemented according to GMP and carried out periodically for all registered products. Tablet X and Tablet XX are identical Generic and Branded products. These two products have the same dosage forms, namely tablet preparations with the same composition with no differences in formula and packaging materials so that PQR reports can be combined in order to obtain more data in reviewing the trends. The PQR of Tablet X and Tablet XX for 2021 period starts with reviewing PQR raw data, analyzing and evaluating trends, and then preparing a PQR report."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Taufan Sulistyo Darmawan
"Industri saat ini dihadapkan pada preferensi konsumen yang berubah dengan cepat. Peraturan baru dan iklim persaingan di antara perusahaan merangsang perubahan pada produk yang dipasarkan. Tim pengembangan produk baru ditantang untuk mempercepat pekerjaan mereka agar mempersingkat waktu produk ke pasar. Hal ini disebabkan oleh siklus hidup produk semakin pendek dan untuk menghindari perubahan preferensi sebelum produk diluncurkan. Pengetahuan tim pengembangan produk baru tentang karakter produk dan proses sebelumnya diperlukan untuk mempercepat proses pengembangan produk baru. Keterlibatan pemasok dan pengguna dalam menyiapkan produk baru tidak boleh dilupakan. Pengetahuan yang mereka miliki tentang produk dan proses terdahulu juga harus dikumpulkan. Pengguna mungkin memiliki keluhan tentang produk terdahulu, sementara pemasok mungkin mengalami kesulitan dalam menciptakan persediaan. Makalah ini mengusulkan kerangka kerja manajemen pengetahuan dalam mengembangkan produk baru untuk meningkatkan kualitas produk dan mempersingkat waktu ke pasar dengan melibatkan perspektif pengguna dan pemasok. Sebuah model dikembangkan berdasarkan tinjauan literatur dan wawancara ahli. Model yang diusulkan memiliki tiga proses dinamis: penciptaan pengetahuan, difusi pengetahuan, dan penyimpanan pengetahuan. Desain matriks terstruktur (DSM) dibuat untuk menganalisis hubungan antara tahapan dalam kerangka kerja. Untuk menguji kerangka kerja, studi kasus telah dilakukan di sebuah perusahaan otomotif. Studi kasus membuktikan bahwa model yang dikembangkan berkontribusi untuk mempersingkat waktu produk ke pasar. Penelitian di masa depan harus menerapkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi waktu produk ke pasar dan menguji model untuk industri lain.

In recent year, industries consumer preferences are subject to changes quickly. New regulations and the climate of competitions among companies stimulate changes at the market placed product. New product development teams are challenged to accelerate their work. This is due to the product life cycle is getting shorter and to avoid change of preference before the product launched. The new product team's knowledge of the character of the previous products and processes is needed to accelerate the process of developing new products. The involvement of supplier and user in preparing new product should not be forgotten. The knowledge they have about previous products and processes must also be collected. Users may have complaints on the previous product, while suppliers may have difficulties in creating the supply. This paper proposes a knowledge management framework in developing new product in order to improve product quality and shorten time-to-market with involvement of user and supplier perspective. A model was developed based on literature review and expert interview. The proposed model has three dynamic processes: knowledge creation, knowledge diffusion, and knowledge storage. A design structured matrix (DSM) was created to analyze the relationship between stages in the framework. To test the framework, a case study has done in an automotive company. The case study resulting on a proof that the developed model contributes to shorten the product's time-to-market. Future research shall apply other factors that affect product time-to-market and test the model to the other industries."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Oktavia
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem pengendalian internal pada proses pengembangan produk bancassurance dan merekomendasikan tindakan perbaikan atas masalah yang timbul dalam proses pengembangan produk bancassurance. Unit analisis yang digunakan adalah aspek pengembangan produk bancassurance dalam Divisi Wealth Management pada sebuah perbankan terkemuka di Indonesia (PT. X). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi dan wawancara. Penelitian ini membahas mengenai sistem pengendalian internal pada proses pengembangan produk bancassurance yang dievaluasi dengan menggunakan kerangka kerja pengendalian internal COSO (2013) yang terdiri dari 5 (lima) komponen (lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, kegiatan pemantauan) dan 17 prinsip yang mewakili konsep dasar yang terkait dengan setiap komponen. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisis kelemahan beserta upaya perbaikan atas sistem pengendalian internal pada Divisi Wealth Management PT. X. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menurut kerangka kerja pengendalian internal COSO (2013), penerapan sistem pengendalian internal pada Divisi Wealth Management PT. X sudah terbilang baik dan efektif. Namun apabila ditinjau lebih lanjut dalam pelaksanaannya terutama dalam aspek pengembangan produk bancassurance, masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi sistem pengendalian internal pada Divisi Wealth Management PT. X menjadi kurang efektif sehingga sebaiknya dilakukan perbaikan agar tujuan Divisi Wealth Management PT. X dapat tercapai secara optimal.

ABSTRACT
This research aims to evaluate the internal control system in the bancassurance product development process and recommend corrective actions for problems that arise in the bancassurance product development process. The research subject used is the aspect of bancassurance product development in the Wealth Management Division of a leading banking in Indonesia (PT. X). This research uses a descriptive qualitative research method with a case study approach. The data used in this research are collected through observation and interview methods. This research discusses about internal control system in the bancassurance product development process that are evaluated using the COSO's internal control-integrated framework (2013) which consists of 5 (five) components (control environment, risk assessment, control activities, information and communication, monitoring activities) and 17 principles that representing the fundamental concepts associated with each component. Then proceed with analyzing the weaknesses along with efforts to improve the internal control system at PT. X's Wealth Management Division. From this research, it can be concluded that according to COSO's internal control-integrated framework (2013), the implementation of the internal control system in PT. X's Wealth Management Division has been considered good and effective. However, if further reviewed in its implementation, especially in the aspect of bancassurance product development process, there are still several factors that influence the internal control system of PT. X's Wealth Management Division to be less effective so it needs improvements in orders to achieve the goal of PT. X's Wealth Management Division optimally."
2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>