Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 208094 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hutajulu, Victrin Christy Marhasak Partogi
"ABSTRAK
Program Corporate Social Responsibility menjadi fokus dalam penelitian
ini. Secara khusus penelitian ini meneliti mengenai strategi komunikasi yang
dijalankan oleh organisasi dalam upaya pencapaian objektif formal dari program
CSR. Teori yang menjadi pedoman dalam penyusunan tesis ini adalah The
Management Strategic yang dikemukakan oleh Grunig (1992). Grunig
menyatakan bahwa untuk mencapai tujuan dari organisasi maka perlu dilakukan
tujuh langkah yang dilakukan secara bertahap yaitu analisis stakeholders, analisis
pubik, analisis isu, menyusun objektif formal, perencanaan, implementasi dan
evaluasi.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi
kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Unit observasi dalam penelitian ini adalah
CCFI, SBS dan ketiga target sasaran PerpuSeru, yaitu perempuan, pemuda dan
pengusaha Usaha Kecil Menengah. Pengamatan yang hanya didasari kedekatan
latar belakang budaya tidak cukup untuk memahami karakteristik target sasaran.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa memahami target sasaran menjadi kunci
utama keberhasilan sebuah program.

ABSTRACT
The Corporate Social Responsibility program is the focus of this study.
Specifically, this study examines the communication strategies undertaken by the
organization in achieving the objective of formal CSR programs. Theories that
guide in the preparation of this thesis is The Managemen Strategic by Public
Realtion proposed by Grunig (1992). Grunig states that to achieve the goals of the
organization, it is necessary to seven steps undertaken in stages: analysis of
stakeholders, pubic analysis, issue analysis, establish a formal objective, planning
strategy and tactics, implementing strategic and tactics and evaluate the impact of
the strategy and tactics.
The methodology used in this study is a qualitative methodology to
approach the description. The unit of observation in this study is CCFI, SBS and
strategic publis of PerpuSeru, namely women, youth and entrepreneurs.
Observations were only based on the proximity of cultural background is not
enough to understand the characteristics of the target. This study concludes that
the target understands the key of the success of a program."
Jakarta: [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2014
T41846
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prita Lasaliesanti
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi program, kesulitan apa saja yang terjadi dalam pelaksanaannya dan faktor pendukung pada program ini. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, hasil dari penelitian ini yaitu: (1) implementasi program telah berjalan dengan baik, terlihat bahwa perusahaan melaksanakan program Corporate Social Responsibility yang fokus terhadap lingkungan, terutama di Pantai Kuta Bali. Terlihat dari metode Plan, Do, Check dan Improve bahwa latar belakang program telah direncanakan dengan baik, tujuan program fokus pada kebersihan lingkungan, program telah berjalan selama 12 tahun, meskipun jumlah sampah di Pantai Kuta Bali hingga saat ini masih terbilang banyak hingga menjadi sorotan dunia ; (2) kendala yang dialami dalam program ini antara lain mundurnya partner menyebabkan kondisi keuangan program kurang stabil, beberapa kru Bali Beach Clean Up menginginkan jaminan kesehatan dan keselamatan kerja dari perusahaan, faktor cuaca yang kurang mendukung kru dalam bekerja, dan pihak Coca-Cola Amatil Indonesia yang belum melaksanakan evaluasi program BBCU; (3) kerjasama antara Coca-Cola Amatil Indonesia dengan stakeholders seperti pemerintah, masyarakat, desa adat dan NGO menunjukkan perubahan yang cukup baik yaitu jumlah sampah yang dikumpulkan dalam lima tahun terakhir cenderung menurun.

The purpose of this study was to see about implementation of the program, obstacles on the program, and supporting factors of the program. Using descriptive qualitative methods, the results of this study are: (1) program implementation has been going well, the company running Corporate Social Responsibility that focus on environmental system, specifically at Kuta Bali Beach. According to Plan, Do, Check, Improve methods, CSR program background are well planed, purpose of the program focused on environmental waste, this program has been running for 12 years, even the trash amount at Kuta Bali Beach are still much and still be the spotlight issues in the world; (2) obstacles of the program are some CCAI partner leaving this program that affected to financial condition of the program, some Bali Beach Clean Up crew asking for health and safety working assurance, and Coca-Cola Amatil Indonesia haven’t execute program evaluation; (3) cooperation between Coca-Cola Amatil Indonesia, Desa Adat, community, government and NGO giving a better change such as decreasing the amount of the trash five years later."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dicky Affandi
"Penelitian ini membahas tentang pengaruh iklim komunikasi internal terhadap employee engagement sehingga karyawan ikut mengkomunikasikan implementasi CSR kepada pihak eksternal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (mixed methods) yaitu mengkombinasikan metode penelitian kuantitatif dan metode kualitatif dalam satu penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di Kantor Pusat PT. Freeport Indonesia. Iklim komunikasi internal diukur dengan menggunakan Dennis communication climate survey (Dennis, 1974), employee engagement diukur menggunakan model AON Hewitt (2015) dan komunikasi CSR diukur dengan turunan definisi dari Podnar (2008). Hasil penelitian ini adalah iklim komunikasi internal berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan karyawan (employee engagement). Sedangkan employee engagement berpengaruh signifikan terhadap komunikasi CSR. Iklim komunikasi internal juga memiliki peran stratejik dan sentral dalam perusahaan sehingga akan berpengaruh kepada produktifitas dan reputasi perusahaan.

This study discusses about the effect of internal communication climate over employee engagement so that employees participate in communicating the implementation of CSR to external parties.The research used in this study is mixed methods research, which combines quantitative research methods and qualitative methods. Respondents in this study were employees working at PT. Freeport Indonesia's Head Office. Internal communication climate measured by using the Dennis communication climate survey (Dennis, 1974), employee engagement measured by using the AON Hewitt (2015), and CSR communication measured by derivative definitions from Podnar (2008). The results of this study are the internal communication climate has a significant effect on employee engagement. While employee engagement has a significant effect on CSR communication. The internal communication climate also has a strategic and central role in the company so that it will affect the productivity and the reputation of the company."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asifa Nur Aisyah
"Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) merupakan kebijakan manajemen yang dilakukan perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial atas apa yang sudah ?diambil? oleh perusahaan dan diperlukan kegiatan komunikasi untuk mengkomunikasikan program CSR tersebut. Sebagai perusahaan minyak dan gas bumi, PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) membuat program Orang Tua Asuh Pohon (OTAP) sebagai program CSR dan menggunakan komunikasi persuasif dan sosialisasi sebagai strategi komunikasi.
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi dari strategi komunikasi, berupa komunikasi persuasif dan sosialisasi yang telah dilakukan pada program OTAP. Evaluasi yang dilakukan adalah untuk melihat apakah sosialisasi yang dilakukan sudah mampu mengubah persepsi, sikap dan perilaku masyarakat terkait dengan penanaman mangrove. Metode penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan studi melalui wawancara mendalam dan observasi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa sosialisasi yang dilakukan telah mampu mengubah persepsi, sikap dan perilaku masyarakat terkait dengan penanaman mangrove. Hal ini dapat dilihat dari tingkat partisipatif dan inisiatif masyarakat terkait dengan penanaman mangrove sudah mulai meningkat. Namun, didalam pelaksanaan strategi komunikasi itu sendiri, masih belum optimal dikarenakan masih kurangnya keterlibatan perusahaan dan belum adanya peran serta aparat Desa dalam rangka menerapkan peraturan terkait dengan hama penganggu tanaman mangrove.

Corporate Social Responsibility (CSR) program is a management policy of the company as a form of social responsibility for what has been ?taken? by the company and required communication activities for communicating the CSR program. As an oil and gas company, PT Pertamina Hulu Energi Offshore West Java (PHE ONWJ) make the program Orang Tua Asuh Pohon (OTAP) as a CSR program and use persuasive communication and socialization as a communication strategy.
This study aimed to evaluate the implementation of communication strategy in the form of persuasive communication and socialization has been done on OTAP program. The evaluation is to see whether the persuasive communication and socialization done already capable in order to changing perceptions, attitudes and behavior related to the mangrove implantation. This reserach method performed qualitative study through interviews and observations.
The results obtained from this study is that persuasive communication and socialization has been able to change perceptions, attitudes and behaviour related to mangrove implantation. It can be seen from the level of partisipatory and community initiatives related to mangrove implantation has begun rise. However, in the implementation of the communication strategy itself, is still not optimal due to the lack of involvement of companiees and the lack of participation of village officials in order to apply the regulations relating to pest of mangrove plants."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T45662
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pradhivi Ayunda B.M.
"Penelitian ini merupakan suatu bentuk evaluasi untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan program CSR Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam oleh Yayasan Unilever Indonesia, serta untuk melihat pengaruh struktur sosial dan budaya terhadap keberhasilan program tersebut. Penelitian ini mengambil Kabupaten Nganjuk sebagai cakupan wilayah penelitian dengan populasi sampel petani kedelai hitam di Kecamatan Gondang. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik pengumpulan data survey dengan menggunakan instrument kuesioner. Selain itu dilakukan pula wawancara tidak terstruktur kepada pihak-pihak terkait sebagai upaya memperkaya data temuan penelitian.

This study is an evaluation form to determine the extent of the success of the CSR program, Black Soybean Farmer Empowerment by Yayasan Unilever Indonesia, as well as to see the influence of the social structure and culture to the success of the program. This study takes Nganjuk coverage area of research with a sample population of black soybean farmers in the district of Gondang. The method used in this study is to use the survey data collection techniques using a questionnaire instrument. In addition, it has also been conducted unstructured interviews to relevant parties in an effort to enrich the data findings of the study."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwinanda Rendy Friadi
"Masyarakat desa di Kabupaten Batang, Jawa Tengah menolak kehadiran PT Bhimasena Power Indonesia dalam membangun proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap PLTU Jawa Tengah. Proyek pembangkit listrik ini merupakan upaya Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan energi nasional. Penolakan tersebut terjadi akibat informasi dampak negatif yang akan terjadi jika pembangunan PLTU ini dilaksanakan di sekitar wilayah mereka. Perusahaan melakukan implementasi program Corporate Social Responsibility CSR sebagai strategi untuk mendekati masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma post positivism. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana evaluasi implementasi program Corporate Social Responsibility CSR dan bagaimana hasil yang diperoleh dari implementasi program Corporate Social Responsibility CSR yang dilakukan Perusahaan pada masyarakat di sekitar pembangunan Proyek PLTU.

This Thesis discusses about Villagers in Batang, Central Java rejected the presence of PT Bhimasena Power Indonesia in the construction of the Central Java Power Plant project PLTU . This power plant project is the Government 39 s effort to meet national energy needs. The rejection occurs due to negative information that will occur if the construction of this power plant is implemented around their area. The Company implemented the Corporate Social Responsibility CSR program as a strategy to approach the community. This research uses qualitative approach with post positivism paradigm. The purpose of this research is to know how to evaluate the implementation of Corporate Social Responsibility CSR program and how the results obtained from the implementation of Corporate Social Responsibility CSR program conducted by the Company to the community around the development of PLTU Project."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T49084
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rininta Octarini
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas program Corporate Social Responsibility di
perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods. Metode yang digunakan
adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana
implementasi sebuah program CSR dapat membentuk reputasi perusahaan di mata
stakeholder-nya dan juga membentuk perilaku masyarakat terkait kesehatan gigi
dan mulut. Melalui penelitian ini diketahui implementasi program ini sudah
sangat baik, namun belum ditunjang oleh strategi komunikasi yang dapat
membentuk perubahan perilaku masyarakat. Meskipun demikian, program CSR
terbukti dapat membentuk reputasi perusahaan di mata para peserta program.
Untuk masa mendatang, penelitian ini dapat disertai dengan melakukan evaluasi
perencanaan dan evaluasi proses untuk dapat memperkaya hasil penelitian
terhadap reputasi dan tercapainya tujuan CSR.

ABSTRACT
This research discusses the CSR Program in the consumer goods
company. The research uses qualitative method in order to describe how the
implementation of a CSR program could form the reputation of a company by its
stakeholder and also in shaping societies’ behavior. The research discovered that
the implementation of the program is already been well-executed but haven’t been
supported by a communication strategy that could help shape the societies’
behavior. However, the CSR program is proved to have been successful in
forming the corporate reputation on its participant. In the future, this research
should be equipped with a planning and process evaluation in order to enrich the
result of the research related on reputation and reaches the CSR purposes."
2014
T42098
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Noviera
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis praktek Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) dalam unit PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) di PT Taspen (Persero). Hasil evaluasi dan analisis tersebut digunakan dalam persiapan penyusunan roadmap unit ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan pelaksanaan kegiatan unit PKBL. Pelaksanaan kegiatan dianalisis dan dievaluasi dengan mengacu pada beberapa konsep dan teori yang terkait dengan TJSP.
Diketahui bahwa unit ini memiliki laporan tahunan tersendiri (Success Story). Selain itu, ringkasan mengenai kegiatan serta keuangan unit PKBL tersebut juga diungkapkan dalam Laporan Tahunan perusahaan (Annual Report). Hal ini mengindikasikan adanya transparansi dan dapat memberi pengaruh positif pada Laporan Tahunan PT Taspen karena terlihat mulai menjadi laporan yang terintegrasi dan komprehensif. Selain itu diketahui bahwa Program Kemitraan unit PKBL PT Taspen telah memenuhi karakteristik TJSP dan mengarah pada TJSP strategis sementara untuk program Bina Lingkungan sendiri belum memiliki karakteristik TJSP dan kurang memiliki keterkaitan dengan TJSP strategis.

This research is conducted in order to evaluate and analyze the CSR practice in Partnership and Community Development Programs (PCDP) unit of PT Taspen (Persero). The evaluation and analysis results are used in the preparation of the Roadmap for this unit. This research used qualitative method in order to explain the activities conducted in this unit. The activities are analyzed and evaluated based on some concepts and theories related to Corporate Social Responsibilites (CSR).
Based on the result it is known that this unit has their own annual report, namely Success Story. Not only that, the summary of unit activities and finance also disclosed in the company's Annual Report. It indicates the transparency and this can give positive impact for the company's Annual Report as it has tendency to become a comprehensive and integrated reporting. Another result shows that the Partnership Program (PP) already fulfill the CSR characteristic and tends to be strategic CSR while Community Development Program doesn't have the CSR characteristic and has less or even no connectivity with strategic CSR.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T31455
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fibrina Diamanti Fahardini
"Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan paradigma post-positivist yang membahas evaluasi efektivitas program Corporate Social Responsibility (CSR) Bangkit Bersama PJB Muara Karang yang ada pada PT Pembangkitan Jawa Bali Unit Pembangkitan Muara Karang (PT PJB UPMKR). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penguatan secara kuantitatif.
Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan teknik survey dan in depth interview, serta studi kepustakaan/literatur. Penekanan evaluasi adalah pada evaluasi input, output dan outcome program Bangkit Bersama PJB Muara Karang. Responden pada penelitian ini adalah stakeholder penerima manfaat program CSR.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR Bangkit Bersama PJB Muara Karang ini telah terkonsep baik namun memiliki kekurangan yang kiranya dapat diperbaiki ke depannya. Namun yang terpenting, program CSR yang telah dilakukan sudah memberi dampak positif bagi masyarakat.

This research is a descriptive study with post-positivist paradigm that addresses the evaluation of the effectiveness of Corporate Social Responsibility (CSR) program Bangkit Bersama PJB Muara Karang in PT Pembangkitan Jawa Bali Muara Karang Power Plant (PT PJB UPMKR). This study is a qualitative research with quantitative reinforcement.
The method used is the case study method with survey techniques and in-depth interviews, and library research / literature. The emphasis of the evaluation is the evaluation of inputs, outputs and program outcomes of Bangkit Bersama PJB Muara Karang program. Respondents in this study were beneficiaries of CSR stakeholders.
The results showed that the CSR program Bangkit Bersama PJB Muara Karang been conceptualized well but has shortcomings that would be corrected in the future. But most importantly, CSR programs that have been undertaken have a positive impact for the community.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42450
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayusriasih
"Tesis ini membahas mengenai pembentukan loyalitas masyarakat khususnya masyarakat sekitar kantor pusat PT Televisi Transformasi Indonesia melalui kegiatan Corporate Social Responsibility. Penclitian ini dilakukan melalui penelitian kualitatif dengan disain deskriptif- evaluative. Dari basil penelitian ini dampak kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan bam mencapai tingkat pembentukan citra dan belum mencapai tingkat loyalitas masyaralcat. Oleh karenanya dari penelitian ini disarankan kcgiatan CSR yang dilakukan lebih terencana, bersifat mendalam, adanya kontak langsung dengan masyarakat serta pelaksanaan kegiatan yang seutuhnya dan konsisten.

This thesis, study about the developing loyal society trough Corporate Social Responsibility especially from to the people around head quarter of PT Televisi Transformasi Indonesia. This research trough to qualitative research designed descriptive-evaluative. Through this research, known that impact of CSR that done by new company could develop the image of the company but not yet reached the level of loyalties of society. There for based on this research is suggested that activity of CSR more planned, depth, and there’s an existence of direct contact with society and also consistency activity."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33847
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>