Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23685 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Pelayanan keperawatan merupakan bentuk pelayanan profesional yang manusiawi kepada klien agar menjadi individu yang sehat baik fisik, psikologis, sosial maupun spiritual. Pelayanan keperawatan sebagai inti dari pelayanan kesehatan seyogyanya diberikan berlandaskan kepada standar dan etik profesi keperawatan,
Pada beberapa tahun terakbir ini terjadi beberapa perubahan mendasar dalam pelayanan keperawatan. Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi terutama dibidamg kesehatan, maka pelayanan keperawatan juga menghadapi tantangan baru untuk selalu meningkatkan upaya pelayanannya kepada klien dan keluarganya. Para pemberi pelayanan keperawatan telah menempatkan klien dan keluarga sebagai orientasi utama pelayanan. Para manajer keperawatan seyogyanya bertanggung jawab untuk mengarahkan dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan multi disiplin dalam rangka menjamin suatu mutu pelayanan yang dapat diterima oleh masyarakat.
"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 1998
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Hospital Nursing Service Hospital nursing service as an integral part of the hospital care service is the essential or the central part of the hospital service. Naming service is given continuously to the clients within 24 hours and the nature of the nurse-client relationship is the closest and the most intense relationship among health professional in the health care system.
In other words, if the hospital nursing service is managed well as professional service, it could become the greatest influencing factor in the achievement of the quality of the hospital care service.
There are seven component to be considered and standardized in hospital nursing service includes organization, nursing care management, staffing, facilities, policies, staf development and quality control."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 1997
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Purwanto
Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2022
610.73 IKA s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Peningkatan pendidikan masyarakat telah banyak mengubah pola pikir termasuk tuntutan terhadap pelayanan keperawatan yang professional komprehensip mencakup pelayanan biopsikososio dan spiritual. Dari data yang terkumpul pada bulan Januari sampai dengan Juni 2004 di pusat pelayanan pelanggan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita didapatkan bahwa hanya 18,25% saja yag menyatakan puas terhadap pelayanan perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan professional dilihat dari aspek biopsikososiospiriual di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif sederhana. Responden diambil dari ruang rawat RS Jantung Harapan Kita dengan kriteria klien sedang dirawat, klien bisa membaca dan menulis Serta berjenis kelamin laki-laki dan perempuan. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang dibagi menjadi dua bagian, data pertama tentang demografi yang berisi 4 pertanyaan dan data kedua berisi tentang persepsi klien sebanyak 31 pertanyaan.
Dari kuesioner yang dirancang peneliti, didapatkan bahwa persepsi klien yang menyatakan baik terhadap pelayanan keperawatan dari aspek biologis sebesar 30% dan yang kurang baik 70%, yang menyatakan pelayanan baik dari aspek psikologis sebesar 75% dan yang kurung baik 25%, yang menyatakan pelayanan baik dari aspek sosial sebesar 52,5% dan yang kurang baik 47,5%, yang menyatakan pelayanan baik dari aspek spiritual sebesar 43,7% dan yang kurang baik 56,3%.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa persepsi klien yang menyatakan pelayanan keperawatan baik ditinjau dari aspek biopsikososiospiritual sebesar 57,5% dan yang kurang baik sebesar 42.5%. Selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi peneliti lainnya."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2004
TA5319
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Elly Nurachmah
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Sirait, Paul
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor karakteristik individu perawat, pekerjaan dan situasi pekerjaan yang berhubungan dengan mutu asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUP H. Adam Malik Medan. Penelitian ini merupakan desla-iptif analisis yang pengumpulan datanya secara cross sectional. Hipotesis yang dibuktikan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan antara karakteristik perawat, pekerjaan dan situasi pekerjaan perawat pelaksana dengan mutu asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUP H. Adam Malik Medan.
Sampel penelitian adalah perawat pelaksana yang bekerja di ruang rawat inap RSUP H. Adam Malik Medan, berjumlah 73 orang yang dipilih secara acak. Untuk akurasi data, pengamatan dilakukan sebanyak 3 kali berlangsung selama 3 minggu. Pengumpulan data dilakukan dengan melibatkan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara sebanyak 12 orang membantu peneliti. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pengukuran karakteristik individu (Stoner, 1996) dan isntrumen pengukuran dokumentasi proses keperawatan (Dep.Kes. RI, 1977), Kedua instrumen tersebut disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Hasil uji coba validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach, dengan hasil baik.
Hasil penelitian pada analisis univariat menunjukkan bahwa mutu asuhan keperawatan oleh perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUP H. Adam Malik Medan berada pada kategori baik( (50,7%). Dan hasil analisis bivariat diketahui bahwa karakteristik perawat secara statistik mempunyai hubungan yang signifikan dengan mutu asuhan keperawatan melalui pendekatan proses keperawatan adalah dimensi pendidikan formal dengan nilai p = 0,011, dimensi ruang perawatan rawat inap dengan nilai p = 0,045. hasil analisis multivariat dengan uji regresi logistik menggunakan metode Backward (CI = 95 %) menunjukkan bahwa dimensi pendidikan formal dengan nilai p = 0,0296 dan dimensi supervisi dengan nilai p = 0,0280 mempunyai hubungan paling signifikan secara statistik dengan mutu asuhan keperawatan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka pihak RSVP K Adam malik Medan khususnya bidang keperawatan perlu memperhatikan job description sesuai dengan kemampuan tenaga keperawatan yang ada, melakukan penilaian dan rekrutmen tenaga keperawatan sesuai kebutuhan, mengembangkan Model Praktik Keperawatan Profesional untuk meningkatkan mutu asuhan keperawatan , melakukan pelatihan berkelanjutan dalam lingkup mutu asuhan keperawatan dan supervisi. Selain itu, untuk penelitian lanjutan agar dilakukan dengan disain eksperimental menggunakan variabel mutu asuhan keperawatan dilakukan dengan Tara observasi langsung.
Daftar Pustaka 60 (1981- 2001)

Analysis of Factors Related to Quality of Nursing Upbringing in the Room of Stay Overnight Treatment of Central Public Hospital H. Adam Malik Medan Year 2001These research is have purpose to know characteristic factors of individual nurse, working and work situation related to quality of nursing upbringing in the room of stay overnight treatment of Central Hospital of H. Adam Malik Medan.
These research is constitute the descriptive analysis which is data collecting in the cross sectional. Hypothesis which are proved in these research is the existence of relation between nurse characteristic, working and work situation of performer nurse with quality of nursing upbringing in the room of stay overnight treatment of Central Hospital of K Adam Malik Medan.
Sample of research is the performer nurse which are working in the room of stay overnight treatment of central hospital of H. Adam Malik Medan, in a number of 73 persons who are selected in random manner. For data accuracy, the observation is performed in 3 times performed during 3 weeks. Data collecting is performed with involved university student of Program Study of Nursing Knowledge of Medical of North Sumatera University in a number of 12 persons is gave assist to researcher. Instrument which are used is the instrument of measuring of individual characteristic (Stoner, 1996) and instrument of measuring nursing process documentation (Health Departement of Republic of Indonesia, 1977). The result of validity test and reliability instrument is using alpha cronbach, with good result.
Result of research in the univariat analysis is shown that quality of nursing upbringing in the room of stay overnight treatment of Central Hospital of H. Adam Malik Medan located in the good category (50,77 %). From the result bivariat analysis is known that characteristic of nurse in statistically is having significant relationship with quality of nursing upbringing through approach of nursing process is the dimension of formal education with value p = 0,011, dimension of room of stay overnight treatment with value p = 0,045. result of multivariate with logistic regression test is using Backward method (CI = 95 %) and dimension of supervision with value p = 0,0296 is having the most significant relationship in statistically with quality of nursing upbringing.
Based on these result of research, then party of Central Hospital of H. Adam Malik Medan especially in the field of nursing is need to be considering the job description in accordance with the ability of nursing manpower which have, performing valuation and recruitment of nursing manpower according to the need, developing professional nursing practice model to increase quality of nursing upbringing, performing training in continuous in the scope of quality of nursing upbringing and supervision. Beside that, for the advanced research in order to be made with experimental design using qualitative approach. Therefore is suggested in order that the data collecting method for the variable of nursing upbringing is performed with direct observation manner.
Bibliographi 60 (1981-2001)"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2001
T8225
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitompul, Roswhita
"Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan yang mempunyai fungsi utama guna menyediakan dan menyelenggarakan upaya kesehatan. Keberhasilannya dalam memberi pelayanan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pelayanan keperawatan yang memberikan pelayanan terus-menerus selama 24 jam. Dengan demikian pelayanan keperawatan adalah ujung tombak pelayanan kesehatan di rumah sakit yang dapat menjadi salah satu indikator mutu pelayanan kesehatan serta berperan dalam menentukan kepuasan klien sebagai tolok ukur mutu pelayanan. Guna mencapai tujuan organisasi tersebut, organisasi rumah sakit perlu memperhatikan budaya organisasi pelayanan keperawatan, karena dianggap sebagai suatu mekanisme pembuat makna dan kendali yang memandu dan membentuk sikap serta perilaku perawat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenology, yang bertujuan untuk mengeksplorasi dimensi budaya organisasi pelayanan keperawatan. Data yang diperoleh adalah data primer yang dikumpulkan dari hasil wawancara mendalam pada 8 perawat dan focus group discussion (FGD) pada 2 kelompok dengan jumlah 15 perawat.
Pengolahan dan analisis data dilakukan manual dengan melakukan transkrip data dari rekaman dan pemberian kode. Kemudian, dilakukan penelusuran tema-tema dan dikelompokkan menjadi kategori. Berdasarkan hasil analisis diperoleh 6 kategori, yaitu 1) visi-misi, 2) komunikasi, 3) proses pembelajaran, 4) kekeluargaan dan senioritas, 5) simbol dan 6) penghargaan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi pelayanan keperawatan mempunyai ketiga elemen dasar budaya yaitu artefak, gabungan nilai dan asumsi dasar dengan constructive culture type. Dari enam kategori yang didapatkan ada dua kategori yang tidak terdapat pada tinjauan literatur yaitu proses pembelajaran serta kekeluargaan dan senioritas.

Dimension Analysis Organization Culture of Nursing Services at Cikini PGI's Hospital, Jakarta Hospital is a health service institution which has main function for providing and conducting the health services. Successfully in giving services are influenced by several factors; one of them is nursing services which give ongoing services twenty four hours. Thus, nursing service is a front main service in a hospital which becomes one of the indicators on the quality of health service and having a role in client satisfaction as a benchmark quality service. In order to achieve the organization purpose, hospital should take care the organization culture because it is considered as a mechanism in making sense and control which guide and forming the nurse attitude.
This research is a qualitative which phenomenology approach, to explore the dimension of the organization culture of nursing service. Data which were collected are primary data that is collected from interviews with 8 nurses and focus group discussion (FGD) in 2 groups with 15 nurses.
The data analysis is done manually by using data transcript from record and the utilization of code. Then, the themes are traced and to be grouped by category. Based on that analysis, it can be founded six categories: 1) vision-mission, 2) communication, 3) learning process, 4) family and seniority, 5) symbol, and 6) reward or renumeration.
Based on result of this research, it can be concluded that organization culture nursing service has three elements of culture such as artifact, value combination and basic assumption with constructive culture type. From the six categories are founded there are two categories which can not be founded on literatures observation that is process of learning, family, and seniority.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003
T 7845
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hartati
"Rumah sakit sebagai bagian dari kebutuhan masyarakat hendaknya mampu memberikan pelayanan yang maksimal sesuai dengan harapan masyarakat umumnya. Pelayanan maksimal disini dikategorikan sebagai pelayanan prima dimana masyarakat (baik klien maupun keluarga klien) mencapai kepuasan setelah menggunakan jasa rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif korelatif dengan jumlah sample 96 orang, dan pengambilan sample dilakukan dengan cara purposive sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan tingkat kepuasan keluarga dengan kualitas pelayanan keperawatan di instalasi gawat danirat rumah sakit pusat PERTAMINA Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 77,1 % (74 orang) merasa puas, 22,9 % (22 orang) merasa kurang puas dan 0 % responden merasa tidak puas. Hasil analisis data dengan menggunakan chi square didapatkan p-value sebesar 0,001 dengan hasil akhir penelitian bahwa hipotesa diterima, yaitu bahwa ada hubungan antara tingkat kepuasan keluarga klien dengan kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan di instalasi gawat darurat rumah sakit pusat PERTAMINA Jakarta (IGD RSPP Jakarta)."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2005
TA5388
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nancy Febriana
"Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pengaruh nursing round terhadap kepuasan pasien pada pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RS MMC Jakarta. Desai penelitian ini menggunakan desain quasi experimental with post test only. Hipotesa yang ingin dibuktikan adalah ada perbedaan kepuasan pasien antara kelompok kontrol dan intervensi. Jumlah sampel yang digunakan 84 pasien yang dibagi dalam kelompok intervensi dan kontrol, penelitian dilakukan bulan Mey sampai dengan Juni 2009. Hasil analisis memperlihatkan bahwa ada pengaruh kepuasan antara kelompok yang mendapat nursing round dengan menggunakan panduan terhadap kepuasan pasien pada pelayanan keperawatan (P = 0,02) dengan tingkat kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian maka nursing round disarankan untuk dijadikan sebagai salah satu cara untuk memenuhi kepuasan pasien.

The research goal in aimed to gain the description on the effect of nursing round with rounding protocols to patient satisfaction on nursing care in RS MMC hospital Jakarta. The design of this research was quasi experimental post test only with control. The proof in this research was difference patient satisfaction of nursing services at patient ward in RS MMC Jakarta 2009 between intervention group and control. Number of respondent are 84 patient treated in May until June 2009 divided into intervention a form of nursing round protocols of patient satisfaction of nursing services and control. The research demonstrated there was a significant difference satisfaction that nursing round with rounding protocols has a significant effect to patient satisfaction (P = 0,002) to the level significant 95%. Base on these result nursing round is recommended to improve patient satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Salah satu bentuk pelayanan kesehatan adalah pelayanan rumah sakit. Pelayanan
kesehatan yang bermutu didukung oleh sumber daya material yang cukup dan
sumber daya manusia yang memadai, handal dan berkompeten. Peran SDM
merupakan Salah satu kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan yag
bermutu. pelayanan keperawatan adalah kepuasan dan keamanan klien.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan faktor-faktor apa yang
mempengaruhi persepasi klien terhadap pelayanan keperawatan di Instalasi Rawat
Inap Umum RS Kusta Sitanala. Metodologi Penelitian ini menggunakan desain
Studi cross sectional in point time. Metode pengambilan sampel yaitu consecutive
sampling. Populasi penelitian adalah klien umum Rumah Sakit Kusta Sitanala
Tangerang, dengan jumlah sampel 42 responden dengan kriteria inklusi klien
umum yang telah dirawat minimal 3 X 24 jam. Manajemen data dilakukan pada
SPSS 12. Analisis bivariat yng digunakan adalah uji-t, uji ANOVA, dan uji
korelasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran persepsi klien terhadap kualitas
pelayanan keperawatan dan gambaran detennjnannya. Analisis bivariat antara
skor pengetahuan dengan skor-T persepsi terhadap kualitas pelayanan
keperawatan. Hasil analisis menggunakan uji korelasi Pearson ini diperoleh nilai
r= 0.270 dan nilai p = 0,431. Hasil uji statistik didapatkan tidak ada hubungan
yang signifikan antara skor pengetahuan dengan skor-T persepsi terhadap kualitas
pelayanan.(p = 0.431).
Semakin besar seseorang memperoleh informasi layanan Rumah Sakit, maka
akan meningkatkan persepsi seseorang tersebut dalam menilai suatu layanan
keperawatan. Oleh sebab itu kualitas pelayanan keperawatan dapat dijadikan
suatu modal bagi Rumah Sakit Kusta Sitanala dalam hal promosi atau pengenalan
melalui spanduk, media mass seminar-seminar."
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
TA5826
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>