Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56205 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Astrid Octavia
"Untuk dapat mengelola kegiatan manufaktur dengan baik tentu saja diperlukan sebuah sistem terkomputerisasi yang akan sangat memudahkan perencanaan persediaan dan produksi terutama bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki jenis persediaan yang sangat banyak dengan proses produksi yang rumit dan beraneka ragam. Sistem yang demikian biasa disebut sebagai Sistem Informasi Manufaktur dengan menggunakan Manufacturing Resource Planning (MRP 11) sebagai konsep dasar atau logika bisnisnya.
Tesis ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem informasi dalam industri manufaktur khususnya di PT. KG. Tesis ini meliputi penelitian mengenai konsep MRP II yang diperoleh dari berbagai sumber untuk memperoleh metodologi penerapan yang paling tepat. Kemudian konsep tersebut akan digunakan untuk melakukan perancangan sistem informasi manufaktur di PT. KG ini.
Mengingat luasnya cakupan MRP II, maka dalam tesis ini hanya akan dibatasi pada manajemen persediaan untuk kebutuhan produksi, yang mencakup mulai dari perencanaan kapasitas, penerimaan bahan baku, barang setengah jadi sampai penyimpanan barang jadi dan pengiriman ke pelanggan, juga termasuk pelacakan persediaan. Dikarenakan masalah keuangan dikelola langsung oleh induk perusahaan, maka rancangan sistem ini dibatasi hanya akan mengelola data kuantitas, sedangkan data-data mengenai nilai akan diabaikan.
Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat diperoleh rancangan lengkap mengenai sistem informasi manufaktur yang selanjutnya dapat digunakan oleh pihak manajemen PT. KG untuk merencanakan pengimplementasiannya di dalam perusahaan mereka.

To be able to manage manufacturing process well, we need a computerized system that help companies with vast range of inventory and complex production planning do inventory and production planning. Such system is often called Manufacturing Information System with Manufacturing Resource Planning (MRP II) as the basic concept I business logic. This thesis contains the design of manufacturing information system for PT. KG.
This thesis covers research on MRP II concepts from various sources to attain the most applicable implementation methodology. This concepts later are used as the basis in designing the manufacturing information system for PT KG.
Considering the complexity of MRP II application in industries, this thesis will be limited only to inventory management for production purposes that covers: capacity planning, material receving, WIP, storage, delivery, and inventory tracking. Since the financial transactions are directly handled by the holding company, this system design will be limited only to quantitative transactions, while financials transactions will be omitted.
The writer hope that this research will result in comprehensive manufacturing information system design that later can be implemented by PT KG's management at the company.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40546
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Budi Haryanto
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
T40218
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deddy Utomo
"ABSTRAK
Sekarang ini adalah era globalisasi informasi hal ini menjadikan informasi merupakan sesuatu yang sangat penting dan aset yang sangat berharga Suatu perusahaan yang bergerak dibidang bisnis yang menguasai atau telah memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal akan dapat memperoleh Keunggulan dalam persaingan bisnis dan memperoleh banyak keuntungan. Perusahaan XYZ bergerak dibidang Jasa Angkutan Barang yang berkonsentrasi pada dua tempat tujuan pengiriman barang yaitu dari Surabaya Jakarta dan sebaliknya dengan menggunakan Kereta Api Sampai saat ini sistem yang berjalan sepenuhnya masih manual dan belum terkomputerisasi. Sehingga ruang gerak proses bisnis yang berjalan kurang dapat berkembang secara lebih optimal Banvak permasalahan yang sering muncul karena kurang efisien dan efektifnya aktititas operasional dalam memanfaatkan informasi yang ada, sehingga berdampak pada pelayanan kepuasan pelanggan, tingginya biaya operasional, kesulitan dalam pengambilan keputusan bayi tingkat pimpinan untuk penentukan kebijakan, dan koordinasi kerja yang kurang optimal serta tidak terjalin dengan rapi antar bagian unit kerja, antara Kantor Pusat dan Kantor Cabang.
Perancangan Sistem Informasi Jasa Angkutan Barang (SIJAB) pada Studi Kasus Perusahaan XYZ mempunyai sasaran pada penekanan efisiensi proses kerja atau aktifitas operasional perusahaan, memaksimalkan produktifitas perusahaan serta dapat sebagai masukan dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat. cermat dan akurat bagi ungkat pimpinan untuk menentukan kebijakan perusahaan. Sasaran lainnya dapat dihasilkan suatu bakuan proses kerja pada tiap bagian unit kerja maupun antara Kantor Pusat dan Kantor Cabang yang lebih terkoordinasi dengan baik Sehingga berujung pada pencapaian hasil yang maksimal pada pelayanan kepuasan pelanggan (misalnya, penanganan order, keinhan, tagihan, distribusi barang, dan lain-lain), menaikan citra perusahaan dan dapat menekan biaya operasional vang akan berakibat pada kenaikan keuntungan pendapatan perusahaan.
Perancangan Sistem Informasi Jasa Angkutan Barang (SUAB) menggunakan pendekatan metodologi prenorpung dan metodologi SDLC (system development life cycle) melalui beberapa tahapan Tahapan pada metodologi SDLC ini, dimulai dari tahap perencanaan dimana akan dilakukan studi kelayakan pada perusahaan dengan mengidentitikası permasalahan yang ada, misalnya keluhan pelanggan, proses tagihan proses distribusi, proses bongkar muat pembuatan dokumen dan lain-lain. Permasalahan yang telah teridentifikasi akan dilakukan analisis untuk mendefinisikan kebutuhaan informasi, kemudian akan dirancang suatu sistem yang baru atau diperbarui dengan berbasis komputerisasi Bertolak dari hasil tahap desain sistem ini akan diperoleh suatu prototipe sistem baru yang dapat diimplementasikan. Ruang lingkup dan batasan proyek ini adalah sampai pengimplementasian perancangan Sistem Informasi yang melipati perancangan airan proses data, perancangan basisdata, dan pemodelan networking.
ABSTRACT
Today is the era of information globalization ; therefore, information becomes very important and valuable asset. A business company, which has mastered and taken advantage of information technology maximally, will gain many benefits. XYZ Company deals with Goods Transportation Service, which concentrates on two shipping destination, Surabava to Jakarta or the other way around by train. Up to the present, the company has been using manual and uncomputerized system. Hence, the movement of business process couldnot be develop more optimally. There are many problems the appeared because lack of efficiency and effectiveness of operational activity . in using the present information. It effects . on customer satisfaction. ' on high operational expenses, on the difficulty of decision making by the management to decide the policy and on the less optimal work coordination between departments, and between Head Office and Branch Office.
The design of Goods Transportation Service Information System (SIJAB) of XYZ company is has targeting the emphasize of work process efficiency or company operational activity, which maximize company productivity and input to make a quick-accu rate-precise decision making for the management of the company to define company policy. The other target is to achieve a fixed working process in each department/unit between the Head Office and Branch Office with a better coordination. Therefore, the company will achieve maximal result on the customer satisfac;tion such as order-taking, complaint-handling, claim, and goods distribut ion. Moreover the company can raise its image, and - reduce operational expenses which will increase the company-profits.
The design of Goods Transportation Service Information System (SIJAB) uses prototyping methodology approach and SDLC (system development life cycle) methodology which pass trough several steps. Steps on SDLe methodology start with planning step with a proper study in the company by identifying present problems, such _as customer complaint, claim process, - distribution process, loading and unloading process, and document making . The identified problems will be analyzed as to define information needs, then it will be used to design a new system ora renew one with computer-based system. Leaving from this design system step, we will obtain a new system prototype, which can be _implemented. The coverage and constraints of th is project is up -to implementat ion of Information system .desion that covers data/process design, database design, and networking modeling."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40369
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arnold D. Daniel P.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40449
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Effendi
"Sistem Informasi pada saat ini sudah sangat di perlukan danmerupakan aset yang sangat penting pada suatu perusahaan untuk menjalankan roda bisnisnya dan dapat bertahan maupun memenangkan persaingan bisnisnya. Untuk menerapkan teknologi informasi dalam sebuah perusahaan diperlukan perencanaan strategis yang baik bagi perusahaan guna meningkatkan produktifitas serta menghasilkan benefit yang cukup besar bagi perusahaan tersebut, sehingga implementasinya dapat mendukung terhadap pencapaian tujuan yang sesuai dengan visi dan misi suatu perusahaan. Karya tulis ini merupakan studi kasus pada PT. Mahkota Aman Sentosa (Golden Crown), yaitu perusahaan swasta yang bergerak di bisnis entertainment. PT. MAS sendiri selain menjual produknya juga berfungsi memberikan pelayanan terhadap para customers.
PT. MAS sendiri juga di tuntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para tamunya. Oleh sebab itu di perlukan sistem informasi yang cukup handal guna tercapainya visi dan misi PT. MAS. Memang pada saat ini benefit perusahaan sudah dapat dikatakan lebih dari cukup, namun seiring dengan waktu serta kompetitor yang sudah cukup banyak yang bergerak di bidang yang sama seperti PT. MAS, maka PT. MAS harus mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang ada. Untuk itu studi yang dilakukan menitik beratkan kepada pemaksimalan sumber daya manusia (SDM) serta peng upgrade an sistem yang ada. Diharapkan perencanaan strategis ini dapat menjadi acuan dalam memformulasikan penggunaan teknologi informasi secara maksimal. Dalam kajian ini penyusunan Perencanaan Strategis Sistem Informasi terhadap proses bisnis di ujicobakan pada organisasi PT. Mahkota Aman Sentosa dengan menggunakan metodologi Ward & Peppard. Dari hasil kajian diperoleh gambaran tentang kondisi sistem informasi yang ada saat ini. Trend perkembangan sistem informasi yang potensial untuk dimanfaatkan yang di dasari oleh visi dan misi sistem informasi organisasi, strategi SI (sistem informasi) yang mencakup portfolio aplikasi SI serta strategi pengembangan SI. Pada proses perencanaan strategi SI tersebut, penentuan strategi SI dan identifikasi SI didasarkan pada konfigurasi kajian perumusan organisasi yang diuraikan dalam tujuan dan CSF (critical success factor) setiap divisi di dalam organisasi tersebut.

Nowadays, information technology (IT) system is urgently needed and very valuable for the company in order to run its business, maintain its endurance and win the competition. To implement a robust IT system within the company, a strategic plan should be properly conducted to improve the productivity and to gain significant benefits for the company itself. Therefore, the implementation of IT system is expected to align with the company?s vision and mission. This thesis is a case study for the company of PT. Mahkota Aman Sentosa (MAS), where its core business is entertainment.
PT. MAS is required to serve its customers an excellent service. Thus, they realize the significance of the robust IT system to align with their vision and mission and to anticipate any threat from their competitors. This case study emphasizes on the human resource (HR) along with the upgrade of the existing IT system within the company. This strategic plan is essential to maximize the formulation of IT system. In this assessment, the set up of Strategic Planning of Information System on the business process will be implemented on PT. MAS using the methodology of Ward & Peppard. This assessment shows the current condition of Information System. The trend to develop the information system on each organization should be aligned with the mission and vision of organization?s business that covers its application portfolio information system. Therefore, during the set up of Strategic Planning of Information System, we need to determine IS identification and strategy based on the organization?s configuration and address it using CSF (critical success factor) for each division within that organization.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rindang Karyadin
"Kemajuan teknologi informasi memaksa perusahaan untuk menerapkannya agar dapat tetap bertahan di lingkungan bisnisnya. Demikian juga halnya dengan PT. WGI sebagai perusahaan manufaktur. Dengan semakin meningkatnya volume transaksi dan jumlah konsumen, juga peningkatan persaingan dengan kompetitor, maka sistem manual menjadi penghambat kegiatm bisnis. Sebagai perusahaan manufaktur, inventori sering menjadi masalah karena kekurangan bahan baku menghambat proses produksi. Demikian juga bila informasi stok inventori dari produk tidak diketahui secara akurat, mengakibatkan proses pengoiahan order pesanan dari konsumen rnenjadi lambat yang dapat menyebabkan ketidakpuasan konsumen. Untuk mempercepat proses administrasi dan meningkatkan kepuasan konsumen, maka PT. WGI perlu menerapkan sistem informasi yang tepat. Penelitian ini dimaksudkan untuk merancang sistem informasi yang dapat melakukan kontrol inventori secara akurat pada perusahaan manufaktur. Perancangan dilakukan dengan melakukan analisis terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di PT. WGI, dan membuat desain sistem informasi yang sesuai. Dalam perancangannya digunakan metodologi System Development Life Cycle, sedangkan untuk basis datanya menggunakan model relasi.

Global competitive pres.sures and continuous innovations are forcing many organizations to run a competitive busines.s with a computerized information system. PT. WGI, as a manufacturing company, should think about implementing such information system. With the increase in sales order transactions and the growing of customers, in a competitive environment, the manual transactions wol!ld not capable to perform the business activities. As a manufacturing company, inventory control used to be a problem since it is haid to provide accurate information about inventory. The delayed in raw material stocking would result in delayed production. When information about product inventory is not accurate, the sales order process will be time consuming and the postponed delivery to customer would result in the frustration, and the worst the los.s of the customer. To overcome this problem PT, WGI needs to implement information system that match with the organization. This thesis covers the design of information system in PT. WGL System Development Life Cycle methodology is used in designing this information system, and relational database is used for the database. The implementation of the design is not covered here.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2001
T40569
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Sukarni
"Tesis ini membahas anallsa dan perancangan Sistem Informasi Penggajian yang mencakup Sistem Personalia, Sistem Penggajian dan Sistem Penagihan pada PT. KNE. Tekhnik analisa dan perancangan yang dignnakan adalah metode FAST (Framework for the Applicolion of Systems Techniques). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan informasi-informasi sebagai bahan penelitian berupa hasil wawancara dengan manajemen dan karyawan PT. KNE dan juga basil dokumentasi data. Hasil . penelitian ini menyarankan agar PT. KNE - Jakarta segera mengimplementasikan Sistem HRD, agar proses bisnis yang ada menjadi Jebih efisien danefektif.

The focus of this study is about Payroll Infonnation System analysis and design. This system including Personeel System, Payroll System and Invoicing System in PT.KNE. Systems analysis technic and·design methods in this thesis is FAST (For the Application of Systems Techniques) methods. This research .is a qualitative research that documenting all informations as a research resources such as direct interview with PT. KNE employee and management and also data documentations. The research shows that PT. KNE have to implemented the Payroll Infonnation Systems in order to gain a more efficient and effective business process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25606
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Novianti
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25610
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Tjahjono
"Proyek akhir ini berisi tentang perancangan sebuah sistem informasi; yaitu sistem informasi manajemen nota dinas, yang akan diimplementasikan pada sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perancangan sistem menggunakan metodologi Rational Unified Procees (RUP), sebuah metodologi rekayasa perangkat lunak yang dikembangkan oleh Rational Software Corporation. Perancangan sistem kali ini hanya fokus pada 3 (tiga) proses kerja yang terdapat dalam RUP, yaitu: pemodelan bisnis, kebutuhan sistem, dan analisis & desain.
Hasil pemodelan sistem digambarkan dengan menggunakan notasi Unified Modeling Language (UML), sebuah bahasa grafis yang digunakan untuk proses visualisasi, perancangan, dan pendokumentasian sebuah sistem. Pada proyek akhir ini dilakukan analisis terhadap kondisi eksisting penggunaan nota dinas sebagai sarana komunikasi dan koordinasi antar unit bisnis di organisasi, dimana masih terdapat banyak kelemahan terutama pada pemantauan progress nota dinas.
Hasil dari proyek akhir ini adalah sebuah rancangan atau pemodelan sistem informasi manajemen nota dinas yang memiliki fitur-fitur untuk memonitor progress nota dinas dan memantau kinerja staff. Rancangan ini dapat digunakan oleh PT (Persero) Angkasa Pura I Bandara Juanda sebagai panduan untuk membangun sistem informasi manajemen nota dinas.

This paper contains about the information system planning of internal business letter management, which will be implemented at a state-owned enterprise in Indonesia. The planning process uses Rational Unified Process (RUP), a software engineering process which is developed by Rational Software Corporation. The main focus about this project is in the three RUP's disciplines, which are business modeling, requirements, and analysis & design.
Unified Modeling Language notation is used to represent the result of the modeling process. UML is a general-purpose visual modeling language that is used to specify, visualize, construct, and document the artifacts of a software system. The first stage of this project is to examine the current condition about the usage of the letter in the company. The letter itself is a business documents which is used to communicate among business units in the company. Several weaknesses are found during the examination, particularly is in the monitoring of its progress.
The result of this project is a model plan of an internal business letter management system which has several new features such as, the ability to monitor the progress and to monitor employee?s performance. This result plan can be used by PT (Persero) Angkasa Pura I Juanda International Airport as a guideline to develop an internal business letter management system.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
T625
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kresna Priawan Djokosoetono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35376
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>